Baby Chair Terbaik

10 Rekomendasi Baby Chair Terbaik (Terbaru 2020)

Written by 5:55 pm Ibu & Bayi

Salah satu kebutuhan khusus bagi bayi dan balita yang berbeda dengan anggota keluarga lainnya adalah baby chair. Mereka membutuhkan kursi khusus yang dapat menopang tubuh mungil mereka dengan aman dan nyaman karena struktur tubuhnya yang belum tumbuh secara sempurna. Oleh karena itu, baby chairpun kini menjadi salah satu perlengkapan bayi yang mulai dapat Anda pikirkan.

Bayi mulai membutuhkan baby chair saat berusia sekitar 5 hingga 6 bulan. Pada usia tersebut, bayi sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) sebagai pelengkap nutrisi. Dengan adanya baby chair, para ibu dapat lebih mudah menyuapi si kecil saat makan.

Ada banyak jenis dan tipe baby chair yang berbeda-beda beredar di pasaran. Pemilihan kursi bayi yang tepat dapat membantu perkembangan bayi sesuai dengan usianya. Berikut kami akan membahas tipe, jenis, produk baby chair terbaik dan berkualitas serta tips memilih baby chair yang tepat.

Apa itu Baby chair?

Baby chair atau dalam bahasa Indonesia kita sebut kursi bayi, merupakan kursi bayi yang digunakan untuk membantu menopang tubuhnya duduk. Bayi perlu dilatih memperkuat otot-otot tubuhnya sebelum benar-benar bisa duduk sendiri, salah satu caranya dengan menggunakan baby chair.

Baby Chair Terbaik di Indonesia

Baby chair umumnya terdiri dari kursi dengan sandaran tinggi dan bantalan empuk, sabuk pengaman, kaki yang kokoh dan beberapa ada yang menggunakan meja yang dapat dilepas pasang.

Top 10 Baby chair Terbaik di Indonesia

Berikut adalah 10 baby chair tebaik untuk menunjang keamanan dan kenyamanan bayi Anda. Setiap baby chair dalam list berikut dapat anda dapatkan di toko-toko terdekat atau di platform toko online di seluruh Indonesia.

1. Chicco – Pocket Snack Booster seat

Chicco Pocket Snack merupakan kursi makan multifungsi yang dapat digunakan langsung atau diletakan di atas kursi makan biasa. Kursi seharga 400 ribuan ini dapat dilipat sehingga tidak memakan banyak tempat saat disimpan dan mudah dibawa kemana-mana.

Chicco - Pocket Snack Booster seat

Selain itu, bagian kakinya juga antiselip dan dapat diatur ketinggiannya sesuai kebutuhan. Dengan bangku yang luas, kursi ini muat untuk anak dari umur 6 bulan hingga 3 tahun dengan berat maksimal 15 kg.

2. Summer Infant – Take Two Booster seat

Booster seat yang dikeluarkan dari Summer Infant ini dapat digunakan di tempat makan atau restoran yang tidak menyediakan baby chair.

Summer Infant - Take Two Booster seat

Produk ini memiliki meja yang dilepas dan dipasang, sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi meja restoran yang tidak aman untuk bayi. Kursi seharga 750 ribu ini dapat digunakan oleh bayi diatas 6 bulan dengan berat maksimal 16 kg.

3. Summer Infant – Pop ‘N Sit® Portable Booster

Untuk orang tua yang sering berpergian membawa bayi, kursi ini sangat cocok untuk Anda. Komponen rangka pada kursi makan ini dapat dilipat menjadi ukuran yang sangat kecil kemudian disimpan di tas khusus yang disediakan. Selain itu, kursi ini terbuat dari kain polyester sehingga mudah dibersihkan.

Summer Infant - Pop ‘N Sit® Portable Booster

Portable booster ini hanya memiliki bobot 2 kg untuk bayi dan anak-anak diatas 6 bulan dengan berat maksimal 17 kg. Tidak hanya itu, kursi seharga 300 ribuan ini dirilis dengan bermacam pilihan warna, seperti dusty blue, pink, teal and grey, dan aqua splash.

4. Pliko Folding Booster seat

Pliko Folding Booster seat dapat digunakan untuk bayi usia empat bulan ke atas yang baru belajar duduk. Produk ini dapat digunakan sebagai kursi makan bayi maupun kursi bayi saat beraktivitas atau bermain. Kursi ini memiliki meja yang dapat dilepas pasang dan diatur sesuai dengan perkembangan ukuran badan anak.

Pliko Folding Booster seat

Kursi Pliko Folding Booster memiliki kapasitas maksimum mencapai 15 kg dengan empat varian warna yaitu merah, biru, coklat dan abu-abu. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau yaitu kisaran 300 ribu rupiah saja.

5. Baby Safe High chair 3 in 1

Jika orang tua yang mencari baby chair multifungsi dan dapat dipakai cukup lama, maka Baby Safe High chair 3 in 1 bisa jadi pilihan yang tepat. Baby Safe menciptakan kursi bayi yang bisa digunakan dalam 3 tahapan usia, yaitu 6 bulan sebagai high chair, 8 bulan sebagai booster dan 12 bulan keatas sebagai kursi anak di meja makan.

Baby Safe High chair 3 in 1

High chair ini memiliki tombol untuk melipat kursi menjadi kecil sehingga praktis untuk disimpan dan travel friendly. Memiliki kapasitas maksimal bayi hingga 18 kg, kursi ini dihargai berkisar 365 ribuan saja. Dengan bahan polyproylane (PP) BPA free, Baby Safe mengeluarkan dua warna cantik yaitu hijau dan pink.

6. BabyDoes CH04 JB Ultimo

Kelebihan high chair dari Baby Does adalah memiliki sandaran kaki yang nyaman dan dapat disesuaikan dengan panjang kaki bayi. Meja makannya bisa dilepas dan memiliki tiga titik sabuk pengaman. Selain itu, kursi ini dilengkapi dengan mainan di mejanya sehingga membuat pengalaman makan bayi semakin asik.

BabyDoes CH04 JB Ultimo

Kelemahan dari kursi ini dalah sandaran kepalanya yang tidak bisa diatur sehingga anak harus tetap duduk tegak saat makan. Kursi dengan harga 540 ribu ini memiliki kapastitas maksimum berat bayi sebesar 20 kg dan tersedia warna biru dan pink.

7. Yamatoya Sukusuku

Baby chair ini cocok sekali untuk Anda yang mencari produk yang dapat dipakai ole bayi hingga orang tuanya. Hal ini dikarenakan kursi tersebut dapat menampung beban maksimal hingga 60 kg. Selain meja yang bisa dilepas pasang, kursi ini juga dilengkapi sabuk pengaman dan pijakan kaki yang kokoh.

Yamatoya Sukusuku

Yamatoya mengeluarkan kursi bayi berbahan rubber wood yang kuat dan ramah lingkungan. Kursi makan seberat 7 kg ini hadir dalam ukuran 530 x 555 x 805 cm dengan harga jual sebesar 1,8 juta rupiah.

8. Joie Multiply™ 6in1 

High chair produksi Joie ini mempunyai enam fungsi special yaitu little lounger, little bites, little boost, big boost, table time dan play time. Semuanya bisa digunakan menurut usia dan aktivitas anak pada saat menggunakan kursi bayi ini. Kelebihan lain dari kursi ini adalah posisi sandaran dan ketinggian kursi yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Joie Multiply™ 6in1 

Kursi Joie Multiply™ 6in1 dilengkapi dengan meja dan bantalan empuk yang bisa dilepas pasang, sandaran kaki yang nyaman, dan roda dibagian depan agar dapat dipindah-pindah dengan mudah. Produk ini memiliki dua varian warna yaitu abu-abu dan hitam dengan kisaran harga 1,8 hingga 2,3 juta rupiah. Anak usia 6 bulan – 6 tahun dapat menggunakan kursi ini dengan berat maksimal 27 kg dapat menggunakan kursi ini.

9. Nuna Zaaz High chair

Nuna Zaaz High chair mempunyai desain modern dan minimalis yang banyak disukai para orang tua. Kursi ini juga dapat digunakan untuk waktu yang cukup lama hingga anak usia 12 tahun dengan berat maksimum 100 kilogram. Meja pada kursi ini juga bisa dilepas sehingga anak bisa makan di meja makan bersama orang tuanya.

Nuna Zaaz High chair

Produk ini berukuran 86 x 47 x 60 cm dengan batalan kursi yang empuk dan mudah dibersihkan. Harga untuk mendapatkan kursi ini berkisar 1,9 juta rupiah dengan banyak pilihan warna seperti almond, pewter, carbon, jade, plum, citrus, orange dan scarlet.

10. IKEA ANTILOP 

Baby chair IKEA ANTILOP memiliki bentuk yang simple dan minimalis serta berbahan plastik sehingga mudah dibersihkan. Bagian mejanya mempunyai pinggiran yang lebih tinggi sehingga mencegah makanan dan minuman tertumpah di lantai. Kekurangan dari kursi ini adalah tidak mempunyai pijakan kaki dan cukup memakan banyak tempat sehingga sulit dibawa kemana-mana.

IKEA ANTILOP 

Salah satu kelebihan dari kursi ini adalah harganya yang sangat ekonomis yaitu sekitar 230 ribu rupiah saja. Warna yang disediakan juga lucu dan menggemaskan yaitu warna putih, biru muda, dan merah muda. Kursi ini cocok untuk bayi hingga anak usia 3 tahun dengan berat maksimum 15 kg.

Tips memilih dan mendapatkan baby chair terbaik

Sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pemakaian

Langkah pertama dalam memilih baby chair adalah memperhatikan kebutuhan bayi. Pertimbangkan juga usia bayi dan kebutuhan prioritas yang lebih dekat. Misalnya ketika anak Anda sudah mulai makan, maka pilihan yang tepat adalah baby booster atau feeding chair.

Baby Chair Terbaik

Orang tua juga dapat mempetimbangkan baby chair yang dapat berfungsi sebagai high chair dan high chair agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Sesuaikan dengan bahan yang digunakan

Tiap anak memiliki kondisi dan tingkat kenyamanan yang berbeda-beda. Orang tua harus pintar memilih bahan mana yang cocok sesuai dengan perkembangan anak.

Beberapa anak juga memiliki alergi terhadap bahan tertentu yang sebaiknya tidak dipakai sebagai salah satu bahan baby chair.

Perhatikan keamanan dan kemudahan penggunaan

Hal terpenting dalam memilih baby char adalah memperhatikan keamanannya. Untuk bayi yang masih aktif bergerak dan duduknya belum stabil, perlu menggunakan baby chair dengan sabuk pengaman yang kuat dan tidak mudah lepas. Sabuk pengaman pada baby chair biasanya terletak di daerah selangkangan dan terhubung dengan kedua bahu anak.

Baby Chair Terbaik

Selain itu, kemudahan dalam penggunaan juga dapat diperhitungkan. Gunakan baby chair yang dapat dilipat dan dilengkapi tas tersendiri agar lebih mudah dibawa saat berpergian. Pilih juga baby chair dengan model yang simpel dan sederhana agar anak terasa aman dan nyaman ketika duduk.

Pilihlah produk yang mudah dibersihkan

Bayi sering menumpahkan dan memainkan makanan atau minumannya di meja baby chair. Oleh karena itu, pilihlah baby chair dengan meja yang bisa dilepas pasang agar lebih mudah membersihkannya dari kotoran sisa makanan yang tumpah. Kursi berbahan kayu atau plastik juga lebih mudah dibersihkan dengan kain lap basah.

Perhatikan Kemampuan Bayi

Perkembangan kemampuan sang bayi juga harus diperhatikan saat memilih baby chair. Jika bayi baru berumur beberapa bulan, maka membeli baby booster belum tentu menjadi pilihan yang tepat.

Perlu observasi terlebih dahulu kemampuan apa yang telah dicapai oleh bayi Anda. Bisa saja anak Anda sudah dapat duduk dengan tegak dan membutuhkan baby chair yang lebih tegak dari baby booster.

5 Merk Baby chair Terbaik dan Berkualitas

Chicco 

Chicco berdiri tahun 1958 yang mengembangkan usahanya ke dunia produk bayi dan mendedikasikan diri untuk menyediakan solusi terbaik bagi orangtua dan bayi. Chicco terus berkembang menjadi merk global yang hadir di 120 negara, siap membantu orangtua untuk beragam kebutuhan bayi – dari perlengkapan bayi, nursing, mainan, pakaian, sepatu, dan lain-lain.

Baby Chair Chicco 

Chicco menyediakan beberapa pilihan baby chair, seperti high chair dan booster seat dengan desain yang menarik dan nyaman digunakan. Produk-produk Chicco dipatok dengan kisaran harga 2 – 4 juta rupiah untuk highchair dan 400 – 900 ratus ribu untuk booster seat. Anda dapat menemukan outlet Chicco di Gandaria City Mall, Jakarta.

Summer Infant

Sebagai sebuah perusahaan, Summer Infants mengabdikan diri kepada bayi dan anak-anak sejak tahun 1985. Summer Infant mengembangkan produk yang aman dan inovatif sesuai dengan perkembangan jaman.

Baby Chair Summer Infant

Mereka bekerja sama dengan para profesional termasuk dokter anak, ahli perkembangan anak, dan konsultan laktasi untuk memastikan bahwa mereka aman dan bermanfaat bagi perkembangan anak.

Perusahaan ini mengeluarkan banyak varian jenis baby chair, seperti car seat, booster seat, high chair dan activity and floor seat. Harga yang ditawarkan mulai dari harga 30 – 200 dolar atau sekitar 450 ribu – 3 juta rupiah.

Baby Safe®

Perusahaan asal USA yang cukup terkenal di Indonesia ini menjual beberapa jenis feeding chair. Selain itu, Baby Safe juga menyediakan perlengkapan bayi yang cukup lengkap dan terkenal, seperti sterilizer, milk warmer, food processor, feeding bootle, breast pump dan masih banyak lagi.

Baby Chair Baby Safe®

Harga produk ini berkisar 300 ribu hingga 1 juta rupiah. Anda juga dapat memperoleh produk BabySafe® di toko-toko perlengkapan bayi yang tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia.

Pliko

Pliko dikenal sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang perlengkapan bayi yang dijamin awet untuk digunakan dalam waktu yang lama. Merek ini sudah banyak digunakan para ibu di berbagai negara karena kualitas produk yang berkualitas tinggi.

Baby Chair Pliko

Pliko mengeluarkan berbagai jenis perlengkapan bayi seperti stroller, kasur bayi, kursi makan, baby bouncer dan lain-lain, dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu berkisar antara 360 ribu hingga 1,3 juta rupiah.

Joie

Produk-produk dibuat dengan plastik berkualitas tinggi, kain yang kuat dan tahan lama serta didesain dengan fitur unik yang bisa di custom dengan perangkat Joie lainnya. Semua produk Joie dijamin bebas cacat produksi dan diberikan garansi selama setahun pertama, terhitung dari tanggal pembelian.

Anda dapat mendapatkan berbagai jenis baby chair Joie mulai dari harga 1 hingga 3 juta saja. Selain baby chair, perusahaan ini juga menyediakan berbagai perlengkapan bayi, seperti stroller dan ranjang bayi. Anda dapat menemukan produk-produk tersebut di toko Joie terdekat atau melalui platform toko online.

Manfaat Menggunakan Baby chair

Memastikan keamanan anak saat makan

Dengan menggunakan baby chair, orang tua dapat lebih mudah mengawasi anaknya ketika makan. Bayi juga akan fokus dengan makanan yang ada didepannya, tidak bergerak kesana kemari mengambil benda-benda lain disekitarnya. Dengan fitur sabuk pengaman yang kuat, anak akan terjaga dari kemungkinan jatuh dan tersedak karena banyak bergerak.

Baby Chair Terbaik

Mengajari anak disiplin dan mandiri

Bayi bisa mulai belajar makan dan mengeksplor makanannya sendiri dengan adanya kursi bayi. Ia dapat leluasa mengamati tekstur makanan hingga dapat menyendok makanannya sendiri tanpa disuapi terus menerus. Selain itu, anak juga dilatih kedisiplinannya dengan membiasakan anak duduk saat makan tanpa ke sana kemari.

Menjadi tempat bermain

Selain menjadi tempat untuk makan, baby chair dapat digunakan sebagai tempat bermain anak. Saat para orang tua sedang kerepotan, tidak ada salahnya untuk mendudukkan anak di baby chair dan memberikan beberapa mainan di atas meja. Si kecil yang tidak mau diam akan senang dengan baby chair yang memiliki fitur mainan diatasnya.

Baby Chair Terbaik

Anak dapat ikut makan keluarga

Saat acara makan Bersama keluarga, Anda dapat meletakkan anak Anda pada kursi makannya sendiri. Membiasakan anak makan bersama dengan keluarga sejak dini dapat berpengaruh pada perkembangan pola makan dan memiliki manfaat positif lain seperti menciptakan kedekatan dengan orang tua serta terbiasa berkomunikasi dengan keluarga.

Tipe-tipe baby chair

High chair

High chair digunakan ketika orang tua ingin melatih anaknya makan di meja tinggi seperti meja makan. Kursi tipe ini memberikan bayi Anda dengan pengalaman pertama mereka makan bersama keluarga. Karena tinggi kursi sama dengan kursi orang dewasa, orang tua akan lebih mudah mengontrol anak saat makan.

Baby Chair Terbaik

Ketika memilih high chair, sebaiknya orang tua mempertimbangkan fitur pijakan kaki yang dapat diatur sesuai perkembangan tubuh anak agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Kebanyakan high chair terbuat dari katu atau besi yang kokoh dan berat sehingga agak repot untuk dibawa kemana-mana.

High chair

Baby chair tipe low memiliki lebih banyak fungsi dibandingkan high chair misalnya sebagai kursi saat anak menggambar atau bermain. Anak tidak akan mudah terjatuh karena kursinya yang rendah. Kursi tipe ini dapat digunakan sejak bayi bisa mengangkat dan menahan kepalanya tetapi hanya dapat digunakan hingga anak usia sekolah dasar karena ukurannya yang relatif kecil.

Table Chair

Table chair digunakan saat orang tua ingin menikmati makan di restoran atau tempat makan bersama anak. Tipe kursi ini dapat digunakan di segala jenis meja. Walaupun terlihat seperti melayang si atas lantai, produk ini pasti sudah teruji dan memenuhi standar keamanan untuk anak.

Baby Chair Terbaik

Bahan-bahan pembentuk Baby chair

Kayu

Baby chair yang terbuat dari kayu memiliki kesan kokoh dan serasi dipadukan dengan berbagai jenis furniture kayu lain dirumah. Pemanfaatannya relatif tahan lama dan dapat digunakan hingga anak besar. Kursi yang sering dimanfaatkan sebagai high chair ini bersifat stabil, tidak mudah terguling dan dilengkapi oleh sabuk pengaman sehingga aman untuk digunakan. Sayangnya, kursi berbahan kayu ini biasanya berat dan tidak dapat dilipat sehingga tidak travel friendly.

Baby Chair Terbaik

Plastik

Bahan plastik sering digunakan untuk baby chair tipe baby bouncer karena relatif ringan dan tidak mengakomodasi gerak yang terlalu aktif. Kursi ini mudah dipindah dan dibawa kemana-mana karena bahannya yang ringan. Sebagian besar meja baby chair ini juga berbahan plastik yang mudah dilepas dan dibersihkan dari kotoran sisa makanan.

Baby Chair Terbaik

Kain

Baby chair yang terbuat dari kain akan terasa lembut pada kulit bayi. Tubuh bayi akan terasa fit saat didudukan di kursi ini sehingga menimbulkan rasa nyaman. Beberapa jenis kursi yang menggunakan bahan kain misalnya baby bouncer dan baby car seat.

Karet

Karet termasuk bahan pembuat baby chair yang ringan sehingga mudah dibawa dan dipindahkan. Bahan ini juga mudah dibersihkan sehingga cocok untuk bayi yang sedang aktif-aktifnya. Bahan ini biasanya digunakan pada kusi penyokong (booster seat).

Jenis baby chair berdasarkan kegunaannya

Kursi Pelambung Bayi (Baby Bouncer)

Baby bouncer merupakan kursi bayi yang digunakan sebagai alternatif tempat untuk menenangkan bayi selain digendong maupun diletakan di tempat tidur. Kursi ini dapat diberikan sejak bayi baru lahir. Beberapa baby bouncer dilengkapi dengan fitur getar dan mainan lucu yang dapat membuat bayi nyaman serasa sedang ditimang.

Baby Chair Terbaik

Kursi Penyokong (Booster seat)

Saat menginjak usia 4-5 bulan, bayi sudah mulai menikmati makanan pertamanya selain air susu ibu (ASI). Oleh karena itu, para ibu membutuhkan kursi khusus untuk menyokong sekaligus melatih bayi duduk. Booster seat biasanya dilengkapi dengan fitur meja yang dapat dibongkar pasang dengan mudah.

Kursi Mobil Khusus Bayi (Baby Car Seat)

Sesuai dengan namanya, kursi bayi ini digunakan saat berpergian menggunakan mobil. Kursi ini mengutamakan keamanan dan kenyamanan bayi selama berkendara dengan mobil. Kursi bayi ini diletakan di atas kursi penumpang orang dewasa kemudian dapat dihubungkan dengan sabuk pengaman yang terdapat pada mobil.

Kursi makan (Feeding Chair)

Feeding chair ini mirip dengan booster seat dari segi tujuannya yaitu sebagai tempat duduk ketika bayi makan. Kursi ini cocok untuk bayi usia 5 bulan sampai 12 tahun dimana mereka sudah bisa duduk dengan bantuan pengaman. Ukurannya juga beraneka ragam, ada yang berupa high chair dengan fitur tambahan meja kecil didepannya dan high chair yang digunakan saat bayi duduk dengan menggunakan meja makan biasa.

Kesimpulan

Baby chair memiliki tipe, jenis dan bahan pembentuk yang beraneka ragam. Untuk memilih baby chair, orang tua perlu mempertimbangkan segi keamanan, kemudahan penggunaan, tujuan pemakaian, bahan yang digunakan, serta kemampuan bayi itu sendiri. Kemudian, Anda dapat memilih berbagai merk dan jenis baby chair terbaik seperti telah dipaparkan di atas sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Namun, penting untuk diingat oleh para orangtua, jangan pernah sekalipun meninggalkan bayi belajar duduk sendirian di baby chair. Meskipun itu ia belajar duduk di baby chair yang nampaknya aman, tetapi selalu ada risiko terguling atau terjerembab yang dapat mengakibatkan cedera fatal pada bayi.

Semoga informasi ini dapat menginspirasi dan menambah pengetahuan orang tua mengenai pentingnya memilih baby chair yang tepat dan baik ya!

(Visited 1 times, 1 visits today)
Last modified: 30/09/2020
Close