Tips Memilih AC ( Pendingin Ruangan) Terbaik yang Dingin dan Ramah Listrik

AC Terbaik
Tips Memilih AC ( Pendingin Ruangan) Terbaik yang Dingin dan Ramah Listrik
5 (100%) 6 votes

Inilah cara memilih pendingin ruangan yang terbaik sesuai kebutuhan dan ruangan anda dari banyaknya merk pendingin ruangan yang ada dipasaran.

Pendingin ruangan atau AC telah lama menjadi alat elektronik yang banyak dicari. Jika dahulu AC hanya terdapat di gedung-gedung perkantoran, pasar swalayan, mini market, ruko, atau apartemen saja, kini sudah banyak kita temui rumah tinggal dan rumah susun yang telah memakai AC. Bagi anda yang tinggal didaerah perkotaan ataupun daerah pantai yang kering, kebutuhan AC telah menjadi salah satu kebetuhan elektronik rumah tangga yang utama. Hal ini menjadi wajar disebabkan Indonesia berada didaerah tropis dengan musim kemarau yang panjang dan juga peningkatan suhu global yang meningkatkan suhu di Indonesia ketika musim kemarau.

AC Terbaik Indonesia

Peningkatan suhu global berdampak pada peningkatan iklim dan suhu suatu negara. Meningkatnya suhu udara dilingkungan kita, tentu akan membuat anda tidak nyaman dalam beraktifitas. Dan beresiko membuat tubuh kita kekurangan cairan. Karena panas dapat membuat cairan tubuh kita berkurang drastis. Faktor kenyamanan dalam beraktifitas adalah salah satu faktor yang harus anda pertimbangkan untuk memasang AC di dalam rumah anda.

Tapi tahu kah anda, ada banyak variasi jenis AC? Jika anda ingin memasang AC di rumah, maka anda harus mengetahui jenis AC yang cocok dipasang dirumah tinggal. Tidak hanya itu, harga, ukuran ruangan dan daya listrik yang digunakan juga harus menjadi salah satu bahan pertimbangan anda dalam memilih AC. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas seluk beluk AC, bagaimana memilih AC Terbaik yang tepat bagi rumah anda, dan juga rekomendasi merk-merk AC yang cocok bagi rumah dan kantong anda.

Yang perlu anda ketahui tentang AC

AC atau air conditioner merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk merubah kondisi suhu udara suatu ruangan. Di Indonesia, fungsi AC hanya dikenal sebagai alat pendingin ruangan. Tetapi yang banyak dari kita tidak ketahui adalah AC juga mempunyai fungsi sebagai penghangat ruangan. Dan tentunya fungsi ini sangat berguna bagi orang-orang yang tinggal dengan iklim 4 musim, dimana sebagian besar musimnya memiliki suhu yang rendah. Tetapi kali ini, kita akan membicarakan AC sebagai pendingin ruangan yang sangat dibutuhkan sebagian besar rumah tinggal dengan kondisi iklim tropis.

AC Terbaik

Cara kerja AC berbeda dengan pendingin suhu udara lainnya seperti kipas angin. Jika kipas angin bertumpu pada energi gerak untuk menciptakan angin yang memberikan suhu yang rendah, maka AC menggunakan refrigerant untuk menciptakan kondisi dingin pada ruangan. Refrigerant mempunyai dua bentuk yaitu cair dan gas. Tapi yang banyak digunakan adalah refrigerant yang berbentuk gas yang kita kenal dengan nama freon. Freon sendiri mempunyai beberapa tipe variasi sesuai dengan jenis dan tipe AC. Untuk memilih freon yang tepat bagi AC, anda harus mengetahui jenis AC yang kita miliki.

Jenis AC Paling Populer

Ada empat jenis AC yang biasa digunakan di Indonesia, baik di perkantoran, ruko, apartemen, dan rumah tinggal.

AC Central

Tipe jenis AC ini banyak digunakan dalam ruangan gedung-gedung komersil seperti gedung perkantoran, mall, pasar swalayan, dan bandar udara. Ukurannya yang besar dan harganya yang tidak murah, menjadi salah satu faktor AC ini jarang digunakan pada rumah tinggal.

AC Central

AC sentral biasanya dipasang diplafon suatu ruangan. Dan mempunyai 3 bagian utama yang dipasang baik diluar ruangan maupun didalam ruangan, yaitu unit pendingin atau chiller, AHU atau air handling unit, dan menara pendingin atau cooling tower. 3 bagian utama tersebut memiliki banyak bagian lainnya. Sehingga dibutuhkan biaya yang besar untuk memasang AC central. Disamping itu biaya listrik yang harus dikeluarkan setiap bulan juga tidak sedikit. Faktor inilah yang biasanya dijadikan bahan utama pertimbangan sebagian masyarakat tidak ingin memasang AC sentral dalam rumah tinggal mereka.

AC Floor Standing

Jenis AC ini tidak perlu dipasang pada salah satu bagian rumah anda. Disamping itu, AC ini dapat dipindahkan dari ruangan yang satu ke ruangan yang lainnya. AC ini cukup praktis jika anda memiliki acara pada salah satu ruangan, anda hanya tinggal memindahkannya keruangan tersebut.

Anda tidak perlu lagi membeli tambahan AC Terbaik untuk ruangan yang akan digunakan untuk acara tersebut. Dari segi harga, AC ini mempunyai banyak variasi harga mulai dari yang murah hingga yang mahal, tergantung dari besarnya ukuran kapasitas pendingin pada AC floor standing. Sayangnya, ukuran AC yang besar dapat memakan porsi ruangan anda dan menimbulkan suara yang bising jika ruangan pada rumah anda terlalu kecil.

AC Floor Standing

Cara kerja AC tipe ini hampir sama dengan AC lainnya. AC ini mengubah air menjadi udara dingin yang akan didistribusikan ke seluruh ruangan. AC standing floor ini memerlukan refrigerant cair atau liquid dalam pengepoerasiannya. Anda dapat membelinya ditoko-toko service AC, atau juga dapat menggunakan air biasa. Jika anda membuka AC tipe ini, didalamnya anda akan melihat tangki air yang dapat anda isi ulang. AC ini tidak memiliki komponen terpisah lainnya seperti halnya AC sentral atau AC split. Sehingga memudahkan anda dalam menjalankan AC tipe ini.

AC Window

Jenis AC ini yang sering kita jumpai pada rumah-rumah tinggal, juga bangunan komersil yang ukurannya relatif kecil dan hampir sama dengan rumah. AC ini biasanya harus dipasang dengan cara melubangi dinding ataupun dapat dipasang pada jendela atas rumah anda. Seperti halnya AC floor standing, AC window ini menggabungkan seluruh komponen utama baik komponen luar ruangan dan dalam ruangan dalam 1 unit. Sehingga, AC window ini harus terhubung dengan udara luar. Pemasangan, perawatan, dan juga harga dari AC window ini dapat dikatakan mudah, murah dan cukup terjangkau. Bahkan, Anda dapat memasang sendiri AC window ini dirumah anda. AC ini juga cocok bagi anda yang mempunyai daya listrik yang rendah.

AC Window

Kekurangan dari AC window ini adalah tidak dapat dipasang diruangan yang tidak terhubung dengan udara luar. Anda juga harus melubangi dinding anda cukup besar jika ingin memasang AC ini dan hal ini tentunya akan meninggalkan bekas. Alternatif lainnya adalah anda memasangnya pada salah satu jendela anda. Karena cara kerja AC jenis ini mengharuskan pembuangan udara panas ke udara luar. Disamping itu, AC window ini lebih menimbulkan suara bising yang lebih dari AC standing floor. Dibandingkan dengan AC lainnya, kapasitas pendingin AC ini relatif kecil. Sehingga tidak cocok untuk tipe ruangan yang luas, karena udara dingin yang dihasilkan tidak akan terdistribusi secara merata.

AC Split

Jenis AC yang terakhir kita akan bahas adalah jenis AC split. Tipe ini adalah tipe yang paling banyak digunakan dan dikenal di masyarakat luas, baik dalam gedung perkantoran, rumah tinggal, apartemen, ataupun mini market. Ukurannya yang sangat kecil dan mempunyai banyak variasi kapasitas pendingin cocok digunakan untuk ruangan yang kecil maupun sedang.

Kenapa tipe ini dikatakan AC split? Karena mempunyai 2 komponen utama yang terpisah. Yang pertama adalah komponen yang terpasang di luar rumah dan terhubung langsung oleh udara bebas, dan yang kedua adalah komponen dalam ruangan yang menditribusikan udara dingin ke dalam ruangan. Kedua komponen ini terhubung dengan menggunakan selang ataupun pipa yang kecil.  Sama seperti AC window, AC Split harus dipasang didinding, dengan cara melubangi dinding yang ada. Tetapi lubang yang diperlukan untuk memasang AC ini tidaklah sebesar AC window. Lubang tersebut hanya digunakan untuk pipa yang menyambungkan bagian luar AC dengan bagian dalam AC.

Dari segi harga, kemudahan pemasangan, perawatan dan biaya listrik, dapat dikatakan lebih murah, mudah dan terjangkau dibandingkan dengan jenis-jenis AC lainnya. Ukurannya yang relatif kecil dan memberikan distribusi dingin yang merata keseluruh ruangan, menjadikan jenis AC split pilihan favorit dikalangan masyarakat banyak.

Faktor yang harus diperhatikan ketika memilih AC Terbaik

Jika anda sudah mengetahui dan mengenal jenis-jenis AC, maka ada beberapa hal lain yang harus anda pertimbangkan dalam memilih AC untuk rumah anda. Berikut ini adalah faktor-faktor yang harus anda pertimbangkan, diantaranya :

Jenis AC sesuai kebutuhan

Setelah mengetahui jenis dan ukuran AC, anda harus menetapkan jenis AC apa yang anda butuhkan dalam rumah tinggal anda. Pada dasarnya semua jenis AC dapat digunakan dirumah tinggal untuk mendinginkan ruangan, termasuk AC sentral. Jika anda memiliki rumah yang besar dan ruangan yang luas cukup banyak, maka akan lebih baik dan hemat jika anda memilih AC sentral untuk dipasang dirumah anda. Anda juga dapat memilih AC standing floor, sebagai alternatif pilihan dari AC sentral.

Jika ruangan di rumah anda kecil atau tidak terlalu luas, maka AC window dan juga AC split adalah pilihan yang bagus sesuai kebutuhan anda. Kedua AC ini bekerja sangat efektif didalam ruangan yang tidak begitu besar. Disamping itu biaya perawatan maupun listriknya sangat terjangkau.

Daya listrik

Daya listrik yang tersedia dalam rumah anda juga menjadi salah satu pertimbangan yang utama dalam memilih AC. Semakin besar kapasitas pendingin dan ukuran AC, semakin besar juga daya listrik yang dibutuhkan. Anda harus mengerti terlebuh dahulu, berapa daya listrik yang anda pakai, sehingga ketika membeli AC anda membeli sesuai dengan daya listrik yang anda miliki. Jangan sampai aliran listrik anda konslet karena tidak kuat menanggung beban listrik AC, dikarenakan anda memilih AC yang tidak sesuai dengan daya listrik anda.

AC Terbaik

Kapasitas pendingin VS luas ruangan

Luas ruangan juga sangat menentukan dalam pemilihan AC, karena akan memnetukan kapasitas pendingin yang ada pada AC. Jika kapasitas pendingin tidak sesuai dengan luas ruangan yang ada dalam rumah anda, maka udara dingin yang dihasilkan oleh AC tidak akan terdistribusi secara merata dan AC tidak akan bekerja dengan efektif.

Lalu, darimana anda tahu berapa kapasitas pendingin yang anda butuhkan? Biasanya, para salesman atau salesgirl sudah bisa menghitung berapa kapasitas pendingin yang anda perlukan jika anda menyebutkan luas ruangan anda. Dengan mengetahui berapa kapasitas pendingin yang anda butuhkan, anda tidak akan mungkin salah dalam memilih tipe AC.

Budget, dan biaya-biaya lainnya

Permasalahan yang paling utama dan penting dalam menentukan AC yang akan anda gunakan adalah anggaran keuangan anda, baik saat anda akan membeli AC maupun anggaran keuangan berjalan. Jangan sampai, biaya listrik dan biaya lainnya yang berhubungan dengan AC menguras isi dompet anda.

Anda harus menentukan berapa harga AC yang dapat anda beli, biaya listrik yang sanggup anda bayar perbulannya dan biaya perawatan yang diperlukan dalam beberapa bulan sekali. Memang dengan menggunakan AC, anda lebih nyaman dalam beraktifitas dalam rumah. Tetapi, faktor ini jangan sampai memberatkan keuangan anda, karena banyaknya kebutuhan utama lainnya yang tetap harus anda penuhi. Untuk itu, pilihlah AC dengan daya listrik yang lebih rendah atau hemat listrik. Sehingga biaya listrik yang anda keluarkan setiap bulan tidak akan terlalu besar.

Fitur-fitur yang ada dalam AC

Seiring dengan berkembangnya teknologi, fitur-fitur yang ditawarkan oleh produsen AC semakin bervariasi. Mulai dari fitur hemat energi dan ramah lingkungan (Inverter dan eco friendly), fitur nanoe untuk memurnikan udara sehingga lebih sehat, hingga fitur untuk mendistribusikan udara yang lebih luas lagi.

AC Terbaik

Fitur-fitur yang ditawarkan tentu saja akan berpengaruh pada harga jual AC yang diberikan produsen AC. Selain itu tingkat kesulitan dan biaya perawatan nantinya juga akan berpengaruh. Dari beberapa fitur yang ada pada AC, fitur hemat energi dan ramah lingkungan yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Seiring dengan kenaikan tarif dasar listrik yang terus menerus, maka fitur hemat energi akan sangat berguna bagi anda dalam menekan biaya listrik.

Fitur pemurnian udara dengan teknologi nanoe, juga mulai populer dimasyarakat. Debu, kotoran, dan polusi yang mencemari udara jadi salah satu pertimbangan agar didalam rumah anda mendapatkan udara yang bersih dan segar. Sehingga tidak mengganggu kesehatan anda, terutama kesehatan organ pernafasan anda.Setelah mengetahui jenis AC, dan faktor-faktor yang harus anda pertimbangkan dalam memilih AC. Anda sudah dapat menentukan, AC mana yang cocok untuk anda pasanga dirumah tinggal anda.

Rekomendasi Merk AC Terbaik

Bagian ini, kami akan merekomendasikan 3 merk AC Split terbaik di Indonesia. Mengapa? Karena tipe AC jenis ini yang populer dan banyak dipasang dirumah-rumah tinggal. Berikut daftarnya :

Sharp Sayonara Panas Comfort ECO AH-A5SDL

Siapa yang tidak kenal dengan Merk Sharp? Perusahaan elektronik yang berasal dari Jepang ini memang terkenal memproduksi alat-alat elektronik rumah tangga yang tahan lama, hemat listrik dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah AC dengan nama Sayonara Panas tipe Comfort ECO AH-A5SDL. Tipe Comfort ECO AH-A5SDL ini menjadi salah satu rekomendasi kami, karena kemampuannya mendinginkan ruangan dengan cepat, hemat listrik dan juga ramah dengan lingkungan. Tiga fitur utama yang saat ini sangat diperlukan dalam rumah tinggal anda.

Sharp Sayonara Panas Comfort ECO AH-A5SDL

Walaupun suhu diluar rungan bertambah tinggi, merk Sharp Sayonara Panas Comfort ECO AH-A5SDL stabil dalam menghasilkan udara dingin dalam ruangan anda. Disamping itu, merk AC ini memakai Freon tipe R32 yang telah terkenal karena ramah lingkungan dan mengurangi kerusakan lapisan ozon. Fitur terakhir yang utama dari merk ini adalah hemat energi, sehingga tidak membuat biaya listrik yang anda keluarkan setiap bulan membesar. Harga yang harus anda keluarkan pun terjangkau.

Harga : Rp. 3.098.000 – Rp. 3.995.000

Sharp AH-XP10SHY J-TECH INVERTER SERIES

Tidak diragukan lagi, produsen elektronik Sharp memproduksi banyak AC elektronik yang mempunyai fitur-fitur unggulan dan tahan lama. Salah satunya adalah Sharp AH-XP10SHY J-TECH INVERTER SERIES. Dengan didukung teknologi Plasmacluster yang menyebarkan ion-ion positif dan negatif keudara dan dapat membunuh virus, bakteri, bau, alergen, dan jamur diudara dan membuat udara ruangan menjadi bersih dan sehat.

Sharp AH-XP10SHY

Tipe AC Sharp ini juga didukung fitur perlindungan khusus yang melindungi AC dari bahayanya sinar matahari, atau air hujan agar tidak cepat berkarat. Selain itu, fitur unggulan lainnya adalah tipe ini menjaga kestabilan voltase pada AC agar tidak mudah rusak ketika tegangan listrik turun secara tiba-tiba atau mati. Di Indonesia, masalah ketidakstabilan tegangan banyak dijumpai di berbagai daerah sehingga banyak alat elektronik yang mudah rusak karena permasalahan ini. Dengan adanya perlindungan kestabilan tegangan, tipe AC ini masih mampu beroperasi hingga daya 130 voltase ketika tegangan listrik turun secara tiba-tiba.

PANASONIC DELUXE INVERTER CS – S10RKP

Salah satu merk terkenal terbaik lainnya adalah panasonic. Lagi-lagi perusahaan yang berasal dari negeri matahari terbit itu, tidak main-main dalam menciptakan alat elektronik yang tahan lama dan mempunyai banyak fitur unggulan.

Tipe AC DELUXE INVERTER CS – S10RKP dari Panasonic dirancang dengan iAuto-X yang berfungsi mendinginkan suhu ruangan 35% lebih cepat daripada AC non-inverter lainnya dengan kekuatan kipas yang tinggi dan super. Tipe ini dilengkapi dengan P-Tech (PANASONIC Thermal Technology) Compressor yang dapat bekerja pada frekuensi yang tinggi pada saat pertama kali dinyalakan dan membuat AC dapat mendinginkan udara dalam waktu yang singkat.

PANASONIC DELUXE INVERTER CS – S10RKP

Disamping itu, teknologi nanoe G yang dimiliki dan dikembangkan oleh Panasonic, dapat memfilter partikel udara hingga yang terkecil (nano) menjadi lebih bersih dan sehat dengan bantuan Ion-ion negatif dan positifnya. Dari penelitian produk yang dikembangkan Panasonic, teknologi nanoe G efektif membunuh bakteri, jamur, virus influensa dan escherichia coli hingga 99%, setelah 5 menit AC dinyalakan ( dengan luas kamar 25m2 dan 200 liter).

Merk AC tipe ini dinobatkan sebagai merk AC paling dingin dengan kapasitas 1 PK saja. Karena tipe ini dilengkapi dengan fitur Aerowings pada bagian mulut AC yang dapat menggeser aliran udara keatas dan mendistribusikan aliran udara yang lebih jauh, luas, dan merata. Sistem ini memungkinkan anda mengontrol aliran udara lebih mudah, karena dilengkapi dengan kisi ganda. Dengan fitur yang lengkap dan banyak, pasti anda bertanya-tanya bagaimana dengan biaya listrik yang harus dikeluarkan setiap bulannya? Dan biaya perawatannya?

Jika anda memperhatikan kualitas udara dirumah anda demi kesehatan keluarga Anda, maka AC Panasonic dengan tipe DELUXE INVERTER CS – S10RKP sangat cocok terpasang dirumah anda. Anda tidak hanya mengurangi biaya kesehatan anda yang anda keluarkan ketika anda sakit, tetapi juga memberikan perhatian lebih kepada cara hidup sehat anda dan keluarga anda.
Harga : Rp. 4.600.000 – Rp. 5.650.000

Kesimpulan

Berbagai produk AC menyajikan aneka macam pilihan, mulai dari fungsi, harga, hingga fitur-fitur unggulan yang hemat listrik dan tahan lama. Jadi bagaimana menurut anda? Apakah Anda sudah memiliki bayangan akan memilih AC jenis apa dan merk apa? Fitur apa yang anda butuhkan dirumah anda?

Tidak ada salahnya anda mulai menghitung kesiapan anggaran keuangan untuk membeli AC dan biaya-biaya berjalan lainnya. Karena dengan membeli AC, anda dapat menambah kenyamanan anda dirumah sekaligus menambah biaya yang akan anda keluarkan setiap bulan dan beberapa bulan berikutnya. Selamat memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

You May Also Like

About the Author: Admin

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *