8 Rekomendasi Air Cooler Terbaik (Terbaru 2020)

air cooler terbaik

Dengan menggunakan Air Cooler, anda bisa mendapatkan teknologi pendingin dan penyejuk ruangan dengan harga terjangkau dan rendah konsumsi energi, sehingga tidak perlu khawatir dengan tagihan listrik yang akan membengkak tiap bulannya.

Berikut akan kami ulas Top 8 Air Cooler terbaik dan berkualitas yang bisa anda temukan di market place di seluruh Indonesia dengan rentang harga dan pilihan fitur menarik dan yang bervariasi.

Apa itu Air Cooler?

Air Cooler merupakan suatu unit elektronik yang digunakan untuk menurunkan temperatur dan menyejukkan ruangan, serta dapat melembabkan udara dalam ruangan tersebut melalui proses penguapan.

Air Cooler didesain dalam ukuran yang minimalis dan portable sehingga mudah dipindah-pindah.

Air Cooler Terbaik

Lima brand/merk Air Cooler terbaik dan berkualitas 

Berikut 5 brand Air Cooler terbaik dan berkualitas yang bisa anda gunakan sebagai referensi untuk mempertimbangkan teknologi seperti apa yang benar-benar akan sesuai untuk memenuhi kebutuhan pendinginan ruang anda.

1. Air Cooler Sharp

PT SHARP Electronics Indonesia merupakan satu satu produsen barang-barang elektronik terbaik di Indonesia yang telah memenangkan beberapa award di ajang nasional di Indonesia.

Salah satu inovasi yang diberikan pada teknologi Air Cooler keluaran Sharp yaitu dilengkapi dengan remote control, yang memudahkan pengguna melakukan pengaturan jarak jauh tanpa harus menekan tombol secara langsung pada Air Cooler.

Air Cooler Sharp

Air Cooler Sharp juga dibandrol dengan harga terjangkau berkisar antara 700.000 sampai 1,5 juta rupiah.

2. Air Cooler Midea

Beberapa seri Air Cooler yang dikeluarkan oleh Midea, yaitu seri AC120-S, AC120-G, AC120-15F, dan AC90-E.

Kelebihan dari Air Cooler keluaran Mideo adalah kelengkapan teknologi ice boost yang membantu proses pendinginan lebih cepat dibandingkan dengan Air Cooler keluaran brand lainnya.

Air Cooler Midea

Air Cooler Midea juga dilegnkapi dengan humidifier untuk melelbabkan udara dan purifier untuk menjernihkan udara. Jika anda berencana untuk memiliki Air Cooler dari Midea, anda perlu mempersiapkan budget antara 1,3 sampai 1,9 juta rupiah.

3. Air Cooler Honeywell

Air Cooler keluaran Honeywell dengan desain minimalis ini menawarkan garansi hingga 2 tahun.

Tidak seperti 2 Air Cooler sebelumnya, harga Air Cooler keluaran Honeywell memiliki rentang yang cukup lebar, berkisar antara 925.000 sampai 3,9 juta rupiah, sehingga para calon penggunanya bisa memilih teknologi macam apa yang mereka butuhkan dan mereka sesuaikan dengan budget yang telah dipersiapkan.

Air Cooler Honeywell

3. Air Cooler Denpoo

Salah satu keunggulan dari Air Cooler keluaran Denpoo adalah pemanfaatan air dan es yang dicampurkan, menjadikan udara yang dihasilkan menjadi lebih dingin dibandingkan dengan Air Cooler lainnya.

Harga Air Cooler Denpoo juga bervariasi dari 800.000 hingga 2,3 juta rupiah.

Air Cooler Denpoo

4. Air Cooler Sanken

Air Cooler Sanken hadir dengan ionizer dan wide swing angle yang memungkinkan anda mendinginkan dan menyejukkan seluruh bagian ruangan karena memberikan jangkauan hembusan udara lebih luas.

Air Cooler Sanken

Air Cooler keluaran Sanken juga memiliki fitur water diagnose yang bisa secara otomatis mematikan Air Cooler ketika air dalam tangki habis, serta dilengkapi dengan remote control.

Air Cooler ini dibandrol dengan kisaran harga 890.000 sampai 1,5 juta rupiah.

Top 8 Air Cooler terbaik dan berkualitas di Indonesia

Berikut adalah Top 8 Air Cooler terbaik dan berkualitas yang pasti akan memenuhi kebutuhan anda, lengkap dengan fitur-fitur spesifiknya yang membedakan dengan Air Cooler lainnya, sebagai oembanding, sehingga anda dapat memilih Air Cooler mana yang cocok untuk anda.

Semua Air Cooler ini bisa anda beli melalui outlet atau market place berbasis online di seluruh Indonesia.

1. Air Cooler Midea AC100-A

Midea AC100-A merupakan seri Air Cooler keluaran Mideo yang miliki kapasitas tangki 6 liter untuk bekerja selama 4 jam.

Air Cooler yang memiliki tingkat kecepatan kipas 3 kali lipat ini memakan daya cukup kecil, hanya 55 watt dan dibandrol dengan harga 800 sampai 900 ribu rupiah.

Air Cooler Midea AC100-A

Inovasi terbaru yang dihadirkan oleh Midea AC100-A Air Cooler yang membedakannya dengan Air Cooler lainnya ialah fitur penutupnya pada bagian depan Air Cooler yang bsia digunakan ketika Air Cooler sedang tidak digunakan, sehingga bisa melindungi bagian dalam dari debu dan kotoran.

Midea AC100-A juga dilengkapi dengan 3 mode operasi, pengaturan waktu bekerja hingga 7 jam, wide angle oscillation, LED display, dan built in ionizer.

2. Air Cooler Sharp PJ-A26MY-B

PJ-A26MY-B Air Cooler merupakan seri Air Cooler keluaran sharp yang miliki kapasitas tangki 6 liter dengan 4 kantong es sehingga bisa menghasilkan udara yang lebih dingin dan lebih sejuk.

Air Cooler yang menawarkan 2 pilihan warna, yaitu hitam dan putih ini bekerja dengan daya relative kecil, hanya 66 watt saja.

Air Cooler Sharp PJ-A26MY-B

Inovasi terbaru yang dihadirkan oleh Sharp PJ-A26MY-B Air Cooler yang membedakannya dengan Air Cooler lainnya ialah fitur panel kontrolnya yang berbahasa Indonesia sehingga memudahkan kita-kita warga Indonesia dalam mengoperasikannya.

Selain itu, Air Cooler ini juga dilengkapi dengan teknologi Auto Swing Lovers, menjadikan angin yang dikeluarkan dapat tersirkulasi secara horizontal ke kanan dan kiri.

3. Air Cooler Changhong CMA-B16

CMA-B16 Air Cooler merupakan seri Air Cooler keluaran Changhong, salah satu brand asal Tiongkok yang miliki kapasitas tangki cukup besar, yaitu 16 liter dengan konsumsienergi 130 watt.

Air Cooler yang ditawarkan dengan kisaran harga 1,9 sampai 2,2 juta ini menawarkan beragam inovasi dalam bentuk fitur-fitur yang pastinya meningkatkan kenyamanan dalam penggunaannya.

Air Cooler Changhong CMA-B16

Inovasi tersebut diantaranya penggunaan serat tanaman pada komponen penyerap air sehingga Changhong CMA-B16 Air Cooler lebih ramah lingkungan dan memberikan efek dingin yang lebih maksimal, dengan kualitas udara lebih baik karena penggunaan bahan alami.

Selain itu, Changhong CMA-B16 Air Cooler juga mampu menghasilkan udara yang sejuk secara cepat dan tidak menghasilkan suara bising saat digunakan karena menggunakan motor kipas bertenaga besar.

4. Air Cooler Kangaroo KG-50F09

Dengan pemanfaatan fitur ionizer didalamnya, KG-50F09 Air Cooler yang merupakan seri Air Cooler keluaran Kangaroo ini mampu menyaring partikel kotor yang bertebaran di udara dan mengubahnya ke dalam bentuk udara yang bersih dan segar.

Air Cooler Kangaroo KG-50F09

Air Cooler yang memiliki kapasitas tangki 8 liter ini bekerja dengan konsumsi energy sebesar 65 watt dan bisa anda dapatkan dengan harga 1,2 sampai 1,5 juta rupiah. Kangaroo KG-50F09 Air Cooler juga dilengkapi dengan humidifier dan remote control.

5. Symphony Ice Cube i AC Portable

Symphony Ice Cube i AC Portable merupakan seri Air Cooler keluaran Symphony yang memiliki kapasitas tangki 17 liter dengan daya 150 watt.

Air Cooler yang dibandrol dengan kisaran harga 1,8 sampai 2 juta rupiah ini memiliki karakteristik fitur i-Pure yang mampu menyaring udara kotor untuk meningkatkan kualitas udara pada sebuah ruangan, dan menghasilkan udara yang sejuk dan bebas dari partikel berbahaya.

Symphony Ice Cube i AC Portable

Symphony Ice Cube i AC Portable juga dilengkapi dengan swing mode dan multi arah, dan pomba berdurabilitas tinggi yang mampu beroperasi jauh lebih lama dibandingkan dengan Air Cooler lainnya.

6. Air Cooler Sanken SAC-38 

SAC-38 Air Cooler merupakan seri Air Cooler keluaran Sanken yang memiliki kapasitas tangki 6 liter dengan daya 69 watt.

Air Cooler yang dibandrol dengan kisaran harga 900.000 sampai 1 juta rupiah ini memiliki karakteristik fitur water diagnose yang mampu secara otomatis mematikan pompa saat tangki air di dalam keadaan kosong.

Air Cooler Sanken SAC-38 

Sanken SAC-38 Air Cooler juga dilengkapi dengan teknologi lainnya meliputi teknologi ionizer dan wide swing angle dengan jangkauan pendinginan yang lebih luas.

7. Air Cooler Sanyo REF-B130

Air Cooler keluaran Sanyo ini memiliki fitur istimewa yaitu sleep mode, yang dapat membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak.

Sanyo REF-B130 Air Cooler digadang-gadang merupakan salah satu best seller produk Air Cooler karena teknologi penyejuk udaranya.

Air Cooler Sanyo REF-B130

Air Cooler yang didesain dengan kapasitas tangki air hanya 0.5 liter dengan 1 unit kantong es ini didesain memanjang ke atas sehingga lebih menghemat space dan bisa ditempatkan dimanapun tanpa perlu memikirkan space khusus.

Daya yang dikonsumsi pun cukup rendah, yaitu 70 watt. Jika anda tertarik dengan Air Cooler yang hemat tempat ini, anda bisa dapatkan dengan kisaran harga 1,3 sampai 1,5 juta rupiah.

8. Air Cooler Honeywell TC10PM

TC10PM Air Cooler merupakan seri Air Cooler keluaran Honeywell yang diproduksi dengan kapasitas tangki 10 liter dengan harga relative murah, sekitar 900.000 sampai 1 juta rupiah saja.

Air Cooler Honeywell TC10PM

Salah satu karakteristik dari Honeywell TC10PM Air Cooler ini adalah tidak adanya suara berisik yang akan mengganggu tidur nyenyak anda.

Air Cooler ini juga dilengkapi dengan Kompartemen es batu, louvre bergerak, dan alarm level air.

Apa perbedaan Air Cooler dan Air Conditioner (AC)?

Perbedaan utama antara Air Cooler dengan Air Conditioner terletak pada cairan pendinginnya. Air Conditioner atau AC menggunakan liquid freon yang tersirkulasi dalam saluran yang menghubungkan beberapa komponen pada AC untuk menghasilkan ruangan yang dingin, sedangkan Air Cooler menggunakan air dingin dalam tangki untuk menyejukkan dan menyegarkan udara dalam ruangan tersebut.

Air Cooler Terbaik para compra

Selain itu, berkaitan dengan proses sirkulasi udaranya, Air Conditioner bekerja dengan mensirkulasikan udara di dalam ruangan saja, yang oleh sebab itu mengharuskan ruangan tersebut dalam keadaan tertutup saat Air Conditioner ini dioperasikan agar proses pendinginan tidak terganggu karena bercampur dengan udara dan temperature di luar ruangan.

Sedangkan, proses sirkulasi udara pada Air Cooler bekerja dengan mengambil udara segar dari luar ruangan yang kemudian didinginkan. Karena kondisi operasional inilah, Air Cooler dianggap lebih baik dari Air Conditioner.

Apa kelebihan Air Cooler dibanding Air Conditioner (AC)?

Menghasilkan kualitas udara lebih baik dan sejuk 

penggunaan Air Cooler untuk mendinginkan ruangan dianggap lebih baik dibanding kan dengan AC terutama pada tempat yang panas dengan tingkat kelembaban rendah (kering) karena sistem kerja dari Air Cooler itu sendiri yang berfungsi selain mendinginkan, juga menyejukkan karena proses penyemprotan atau evaporasi (penguapan) air dari tangki, serta melembabkan udara disekitarkan.

Ramah lingkungan

Tidak seperti AC yang umunya mengkonsumsi energi lebih besar dan menghasilkan CO2 yg tidak baik bagi lingkungan, penguapan udara dengan Air Cooler mengkonsumsi energi relatif lebih rendah dan mengemisikan CO2 lebih rendah pula.

Jika anda menggunakan Air Cooler, maka secara tidak langsung anda berperan aktif dalam pengurangan emisi gas CO2 dan mencegah semakin parahnya bumi karena global warming.

Biaya perawatan lebih murah 

Air Cooler menggunakan komponen yang lebih simpel karena bertujuan untuk menekan serendah mungkin konsumsi energi sehingga menjadikan biaya perawatannya menjadi lebih rendah.

Tips membeli Air Cooler terbaik

Perhatikan jumlah pemakaian dayanya

Kemampuan Air Cooler dalam mendinginkan dan menyejukkan ruangan bergantung terutama pada daya yang dikonsumsinya. Makin tinggi daya yang dibutuhkan atau dikonsumsi, makin tinggi pula kemampuan pendinginannya.

Air Cooler Terbaik di Indonesia

Umumnya, konsumsi daya Air Cooler yang biasa digunakan di rumah berkisar antara 65 sampai 75 watt saja, sementara Air Cooler yang digunakan untuk ruang pertemuan atau ruang rapat yang lebih luas, atau Air Cooler yang digunakan untuk kegiatan diluar ruangan, membutuhkan atau mengkonsumsi daya mencapai 200 watt.

Perhatikan ukuran dan berat

Salah satu keunggulan Air Cooler dibandingkan dengan Air Conditioner adalah ukurannya yang kecil dan ringan, serta portable sehingga bisa dipindah kemanapun dengan mudah. Beberapa produk Air Cooler bahkan dilengkapi dengan 4 roda di bagian bawah untuk mempermudah mobilisasinya.

Dikarenakan kebutuhan untuk bisa dengan mudah dipindah-pindah inilah, pemilihan sesuai dengan ukuran terutama berat Air Cooler menjadi sangat penting. Pada umumnya, Air Cooler dirancang dengan berat dibawah 40 kg dengan dimensi ukuran yang bervariasi.

Walaupun ukurannya sudah dipastikan kecil, namun ada pentingnya pula mempertimbangkan dimensi Air Cooler sesuai dengan space yang telah anda persiapkan. Pembelian Air Cooler dengan ukuran yang sesuai akan membuat ruangan anda menjadi terlihat lebih luas.

Periksa kapasitas tangki air

Dikarenakan Air Cooler bekerja dengan memanfaatkan proses evaporasi atau penguapan air, maka air sebagai komponen utama Air Cooler harus dipastikan selalu ada dalam tangki air sebelum Air Cooler digunakan.

Akan menjadi sangat merepotkan jika anda harus melakukan pengisian secara terus-menerut dalam waktu operasi yang singkat. Oleh sebab itu, pilihlah Air Cooler dengan kapasitas tangki yang cukup besar dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Perhatikan kekuatan airflow

Air flow dalam Air Cooler digunakan untuk menentukan besarnya hembusan angin yang dihasilkan saat Air Cooler bekerja. Kekuatan air flow ini perlu anda perhatikan untuk menjamin Air Cooler anda bekerja secara maksimal mengembuskan angin ke seluruh sudut ruangan anda.

Panel untuk mengatur air flow dari yang paling rendah sampai ke tingkat maksimum pada Air Cooler juga biasanya tersedia sebagai salah satu fitur default, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Air Cooler Terbaik

Namun demikian, makin besar kekuatan air flow, makin cepat pula ruangan tersebut akan terasa sejuk, namun sekaligus semakin cepat pula lembap.

Jika air flow tetap dibiarkan dalam keadaan maksimal, maka udara dalam ruangan tersebut bisa menjadi terlalu lembab. Oleh sebab itu perlu dipastikan adanya ventilasi udara dalam ruangan tersebut agar kelembaban udaranya tetap stabil.

Cek fitur tambahan lainnya

Seiring dengan perkembangannya, para produsen Air Coooler terus berinovasi untuk bisa memproduksi Air Cooler terbaik dengan beragam pilihan fitur untuk memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya.

Beberapa diantara inovasi tersebut meliputi penambahan fitur ice pack yang berfungsi untuk mengoptimalkan hembusan udara dari Air Cooler sehingga akan terasa lebih dingin. Ice pack ini harus dimasukkan ke dalam freezer terlebih dahulu sebelum digunakan. Semakin banyak Ice pack pada suatu Air Cooler, maka akan semakin dingin pula udara yang dihasilkan.

Fitur tambahan lain yang juga tak kalah menarik adalah fitur timer. Sesuai dengan namanya, fitur timer mampu membantu anda mengatur waktu operasi Air Cooler.

Fitur ini sangat bermanfaat terutama bagi anda yang mudah lupa, yang mana secara kebetulan pada Air Cooler yang anda miliki tidak terdapat fitur water level detector atau water diagnose yang bisa secara otomatis mematikan Air Cooler ketika air dalam tangki habis.

Fitur timer bisa membantu mengantisipasi hal tersebut sehingga Air Cooler dapat mati secara otomatis dalam jangka waktu sesuai dengan yang sudah anda tentukan.

Air Cooler Terbaik

Selain itu, penggunaan timer juga mampu mendukung pola hidup hemat energi anda karena hanya akan beroperasi secara singkat sesuai dengan pengaturan yang anda lakukan.

Fitur terakhir dan tak kalah menarik dari Air Cooler adalah humidifier dan dehumidifier. Mungkin anda sudah sering mendengar istilah humidifier yang berguna untuk meningkatkan kelembaban udara di sekitar anda. Namun bagaimana dengan dehumidifier?

Yaa.. sama dengan humidifier, dehumidifier sama-sama berfungsi untuk mengatur kelembaban udara. Namun demikian, jika humidifier digunakan untuk meningkatkan kelembaban udara pada tempat yang kering, dehumidifier mampu menetralkan kembali tingkat kelembaban udara pada tempat tersebut sehingga tercipta suasana yang selalu nyaman.

Sesuaikan dengan kebutuhan pemakaian dan budget

Pada dasarnya, Air Cooler memiliki 3 tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda, sehingga bisa berfungsi secara maksimal dan tidak mubadzir.

Pemilihan teknologi yang tepat sesuai dengan kebutuhan memang sangat diperlukan agar anda tidak sia-sia dalam mengeluarkan biaya untuk teknologi tersebut. Tiga tiper Air Cooler tersebut meliputi personal cooler atau spot cooler, residential cooler dan semi-outdoor cooler.

Disamping itu, walaupun dipastikan anda bisa dapatkan Air Cooler dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan Air Conditioner, namun anda tetap harus menyesuaikan dan mempertimbangkan teknologi Air Cooler mana yang akan anda pilih sesuai dengan budget yang anda miliki.

Kekurangan Air Cooler

Tidak dapat bekerja pada tempat dengan kelembaban udara tinggi

Dikarenakan cara kerjanya yang mengkonversi air menjadi uap, maka kelembaban udara dalam ruangan tersebut akan meningkat karena kandungan air lebih tinggi.

Ketika Air Cooler diinstal dalam suatu tempat yang sudah memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, maka Air Cooler menjadi tidak efektif untuk digunakan.

Mengeluarkan bunyi yang mengganggu

Tidak seperti Air Conditioner, Air Cooler dirancang dengan 2 komponen utama yaitu blower atau baling-baling dan motor. Ketika bekerja, maka keduanya akan menghasilkan suara yang mungkin bisa mengganggu aktifitas anda.

Oleh sebab itu, salah satu tips agar suara yang dihasilkan tidak terlalu mengganggu kegiatan anda di dalam ruangan adalah dengan meletakkan Air Cooler diluar jendela ruangan saat dioperasikan.

Memicu tumbuhnya bakteri dan jamur

Seperti kita ketahui, kelembaban udara yang tinggi mampu memicu tumbuhnya bakteri dan jamur serta virus. Penggunaan Air Cooler terutama dalam waktu yang lama dikhawatirkan mampu memicu hal tersebut terjadi.

Air Cooler Terbaik

Dengan alasan ini pula, tak jarang disarankan bagi para penderita asma untuk berhati-hati saat menggunakan Air Cooler, atau bahkan disarankan untuk tidak menggunakannya karena dikhawatirkan akan memicu asma kambuh.

Kesimpulan

Air Cooler memiliki banyak keunggulan sebagai teknologi pendingin dan penyejuk udara dengan beragam fitur yang ditawarkan.

Dari top 8 Air Cooler terbaik dan berkualitas seperti yang telah dijelaskan di atas, secara keseluruhan yang dapat disimpulkan adalah bahwa Air Cooler bukan hanya bisa digunakan sebagai pendingin ruangan saja, melainkan juga mampu menghasilkan udara yang bersih dan bebas dari partikel-partikel dan kotoran yang mampu menganggu pernapasan kita.

Air Cooler juga mampu membantu menetralkan kelembaban udara sehingga menciptakan suasana yang selalu nyaman. Dan lagi, Air Cooler mengemisikan CO2 jauh lebih rendah dibanding Air Conditioner karena bekerja dengan mengkonsumsi energi lebih rendah.

Ayo berperan aktif dalam menyelamatkan bumi dari global warming dengan memilih Air Cooler Terbaik sebagai teknologi pendingin ruang anda!!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *