Empeng Bayi Terbaik

10 Rekomendasi Empeng (dot) Bayi Terbaik 2020

Written by 5:09 pm Ibu & Bayi

Empeng bayi merupakan salah satu perlengkapan bayi yang esensial dan pasti dimiliki oleh semua ibu-ibu yang baru saja melahirkan. Selain bisa membantu bayi menjadi lebih tenang, empeng juga bisa digunakan untuk meditasi sang bayi, membuatnya bisa lebih fokus, serta bisa membuat bayi tertidur lebih lelap terutama jika diiringi dengan lantunan lagu-lagu lirih penidur bayi.

Pelatihan fokus dan meditasi memang sangat diperlukan terutama jika para ibu sudah terbiasa melakukannya sejak masa kehamilan, sehingga bayi terbiasa dan kembali diperkenalkan serta dilatih ketenangan dalam berfikir.

Berikut merupakan ulasan terkait keunggulan serta beberapa manfaat Empeng Bayi serta beberapa rekomendasi Empeng Bayi terbaik dan berkualitas yang bisa anda temukan di toko-toko perlengkapan bayi di seluruh Indonesia.

Apa itu Empeng Bayi?

Empeng bayi atau dot tanpa botol atau pacifier adalah suatu alat terbuat dari karet sebagai pengganti ASI untuk menyusui bayi. Pada dasarnya, empeng bayi tidak berisi cairan susu dan hanya digunakan untuk menghindari bayi mengisap jarinya sendiri yang dikhawatirkan akan menimbulkan luka. Selain itu, bayi juga menjadi lebih tenang dan bisa tertidur secara lelap.

Empeng Bayi Terbaik para compra

Top 10 Empeng Bayi terbaik dan berkualitas di Indonesia

1. Dr. Brown’s HappyPaci™ Silicone Pacifiers

Sesuai dengan namanya, Dr. Brown’s dibuat dengan bahan silikon asli 100% yang diperuntukan untuk bayi disegala usia, sejak newborn hingga 18 bulan. Dr. Brown’s memiliki bentuk dan tekstur bagian puting sama dengan dot botol susu dari Dr. Brown’s sehingga bayi akan sangat mudah beradaptasi.

Dr. Brown’s HappyPaci™ Silicone Pacifiers

Empeng produksi perusahaan Inggris yang sangat ringan serta sangat mudah dibersihkan ini masuk ke Indonesia dan dijual pada kisaran harga yang cukup terjangkau, yaitu antara 45.000 hingga 55.000 rupiah.

2. Baby Huki Orthodontic Soother

Populer di kalangan para ibu, Baby Huki yang merupakan salah satu brand ternama perlengkapan bayi mengeluarkan empeng bertajuk Orthodontic Soother yang telah tersertifikasi halal oleh MUI.

Dengan bentuk menyerupai puting ibu, Baby Huki Orthodontic Soother dibuat dengan bahan silikon yang sangat lembut dan mampu membantu merangkat dan merapikan pertumbuhan gigi sang bayi, sejak awal ia lahir hingga berusia 18 bulan bahkan 2 tahun.

Baby Huki Orthodontic Soother

Brand empeng asli Indonesia ini juga dilengkapi dengan penutup sehingga sangat higiesnis, dan dibandrol dengan harga pada kisaran 25.000 hingga 35.000 rupiah saja, yang mana berisi 2 empeng sekaligus sehingga memungkinkan anda menggunakannya secara bergantian.

3. Hevea Planet Crown Round Pacifier

Produk keluaran Denmark satu ini juga tak kalah berkualitas. Hevea Planet Crown Round Pacifier didesain dengan bentuk perisai kupu-kupu sehingga bayi menjadi lebih leluasa untuk bernapas dan menghindari lembabnya bagian mulut bayi karena terdapatnya lubang-lubang pada perisainya.

Hevea Planet Crown Round Pacifier

Sesusi dengan namanya, Hevea memanfatkan bahan Hevea brasiliensis atau tanaman karet 100% alami yang menjadikan pacifier keluarannya lebih lentur dan lembur serta ramah lingkungan. Ditujukan untuk bayi berusia 3-36 bulan, produk yang sangat mengedepankan kenyamanan bayi ini bisa anda miliki dengan kisaran harga 135.000 hingga 145.000 rupiah.

Hevea Planet Crown Round Pacifier memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan produk-produk empeng bayi lainnya, namun juga memiliki kualitas yang jauh di atas rata-rata.

4. Philips Avent Freeflow Pacifier

Salah satu brand yang juga sangat populer di Indonesia dalam berbagai perlengkapan rumah tangga terutama penerangan, Philips juga concern terhadap kenyamanan dan ingin berperan aktif dalam tumbuh kembang customernya bahkan sejak bayi, dengan mengeluarkan seri empeng bayi Philips Avent Freeflow.

Philips Avent Freeflow Pacifier

Menargetkan produknya untuk bayi berusia 0-6 bulan, Philips Avent Freeflow Pacifier seharga 100.000 hingga 120.000 rupiah ini mampu menjaga kenyamanan dan kesehatan kulit bayi dengan meletakkan 6 lubang pada perisai empengnya sehingga memungkinkan udara untuk masuk dan membuat mulut bayi tetap kering meski air liur terus mengucur.

Terbuat dari bahan silikon, produk unggulan satu ini pun mampu menjadikan Kulit bayi tetap sehat dan terbebas dari kelembaban serta iritasi.

5. NUK Night & Day Silicone Soother Size 2

Sesuai dengan namanya, NUK Night & Day Silicone Soother Size 2 sangat nyaman digunakan baik siang hingga malam. Dilengkapi dengan fitur glow in the dark pada bagian perisainya, perlengkapan bayi berbahan silikon dengan bentuk flat ini sangat pas di mulut bayi sehingga tidak mudah terjatuh.

NUK Night & Day Silicone Soother Size 2

NUK Night & Day Silicone Soother Size 2 juga di klaim mampu membantu perkembangan rahang dan gigi bayi dengan melatih gerak bibir, lidah, serta otot wajah pada saat penggunaan empeng.

Anda bisa dapatkan produk yang sangat multifungsi ini hanya dengan harga 110.000 hingga 120.000 rupiah saja. Jika anda memiliki bayi berusia 6 hingga 18 bulan dan sedang dalam pertumbuhan rahang dan gigi, maka empeng satu ini sangatlah direkomendasikan untuk anda miliki.

6. MAM Night Pacifier

Berbeda dengan pacifier lainnya, MAM Night Pacifier didesain dengan sangat lembut selembut sutra ketika menyentuh kulit (silk teat), sangat nyaman dan cocok untuk para bayi berusia 0 hingga 6 bulan.

MAM Night Pacifier

Pada bagian perisai MAM Night Pacifier juga dilengkapi dengan lubang-luvang sehingga memungkinkan udara masuk, menghidarkan kulit bayi dari iritasi karena terlalu lembab.

Selain itu, produk keluaran Austria ini juga diklaim mampu menjaga pertumbuhan rahang dan gigi, yang mana dibandrol pada kisaran harga 70.000 hingga 80.000.

7. Pigeon Rubber Pacifier Olive Flower

Brand lain yang juga tak kalah populer di Indonesia, Pigeon, mengeluarkan seri pacifiernya yang berbahan karet alami dengan keunggulan mampu melatih bayi menggerakkan dan menutup mulutnya secara benar.

Pigeon Rubber Pacifier Olive Flower

Produk keluaran perusahaan Jepang yang ditujukan untuk bayi berusia di atas 5 tahun ini dibuat dalam bentuk oval memanjang sehingga sangat nyaman digunakan, yang mana bisa anda dapatkan dengan kisaran harga 55.000 hingga 65.000 rupiah.

Jika bayi Anda sedang dalam masa belajar meminum susu dari botol, maka Pigeon Rubber Pacifier Olive Flower sangatlah direkomendasikan untuk anda miliki.

8. O51-Glow

Berbekal sertifikasi ISO 9002 yang dikantongi, Dodo Soother SO51-Glow hadir dengan keunggulan desain glow in the dark berbahan silikon yang lembut serta bebas BPA, cocok digunakan untuk bayi di segala usia.

Empeng bayi O51-Glow

Dodo merupakan produk lokal Indonesia yang juga melengkapi produk empengnya dengan penutup botol, yang sangat membantu untuk menjaga kebersihan serta higienitasnya.

Dibandrol dengan kisaran harga 19.000 hingga 20.000 rupiah, produk satu ini sangat cocok dan recommended untuk anda-anda para ibu cermat.

9. Pigeon Pacifier Step 3

Pigeon Pacifier Step 3 didesain untuk mengiringi perkembangan dan pertumbuhan gigi bayi secara lebih sehat dan rapi karena area kontak empeng dan bibir yang dibuat begitu kecil, menjadikan perkembangan gigi bayi terjaga.

Empeng bayi Pigeon Pacifier Step 3

Ditargetkan untuk bayi-bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan gigi, yaitu pada usia 8 bulan ke atas, Pigeon dibuat dengan bahan silikon yang pastinya nyaman dengan tekstur tebal pada bagian atas dan lembut pada bagian bawah.

Hanya dengan uang 25.000 hingga 35.000 saja, kini anda mampu memastikan bayi anda selalu tenang dan tidak rewel dalam masa pertumbuhan giginya.

10. Tommee Tippee Night Time Soother

Tommee Tippee Night Time Soother memiliki fitur glow in the dark yang akan sangat memudahkan anda untuk menemukannya di ruangan gelap seperti kolong tempat tidur.

Empeng bayi Tommee Tippee Night Time Soother

Meskipun dilapisi oleh bahan yang membuatnya mampu menyala dalam kegelapan, Tommee Tippee bebas dari BPA dengan bentuk dot simetris dan panjang, sangat nyaman dan aman bagi bayi berusia 0-6 bulan.

Dijual dengan kisaran harga 55.000 hingga 65.000 rupiah, anda juga dapat memiliki tali pengait empeng yang dijual secara terpisah.

Tips memilih dan mendapatkan Empeng Bayi terbaik

Sesuaikan ukuran dan tekstur dengan usia bayi

Hampir seluruh perusahaan pemroduksi pacifier mengklasifikasikan produk mereka berdasarkan ukuran serta tekstur kekerasannya, sehingga mampu disesuaikan dengan usia serta kemampuan bayi dalam menghisap.

Empeng Bayi Terbaik di Indonesia

Keterangan rentang usia biasanya tertera dibagian kemasan sehingga anda dapat mengetahuinya dengan mudah, mulai dari bayi baru lahir hingga bayi berusia 18 bulan, atau untuk bayi berusia 18 bulan ke atas. Oleh sebab itu, pastikan anda membaca keterangan di setiap kemasan agar tidak salah membeli.

Perhatikan bahan atau materialnya, sesuaikan dengan karasteristik mulut bayi 

Terdapat 2 bahan utama yang biasa digunakan untuk membuat empeng bayi, yaitu bahan silikon dan karet alami. Secara kualitas, bahan karet alami mampu menjadikan dot lebih lembut dan lentur menyesuaikan dengan mulut bayi, sangat cocok digunakan untuk bayi yang baru lahir (newborn baby).

Untuk anda yang memiliki bayi berusia 1 tahun ke atas dan sudah memiliki kemampuan menghisap, maka mengunakan dot dengan bahan silikon akan sesuai dan cukup memudahkan anda dalam perawatannya, karena dot dengan silikon umumnya lebih mudah dibersihkan dari pada dot dengan karet alami.

Pilih empeng bayi yang bebas dari kandungan bisphenol-A (BPA free)

Bisphenol-A merupakan zat kimia yang biasa digunakan pada bahan-bahan plastik untuk meningkatkan daya tahan produk. Beberapa penelitian yang dilakukan pada objek hewan mengaitkan penggunaan BPA mampu meningkatan risiko gangguan kesehatan seperti kanker, diabetes, sakit jantung, tekanan darah tinggi, masalah kesuburan, gangguan metabolisme, sindrom ovarium polikistik (PCOS), pubertas dini, serta gangguan hormon di tubuh.

Empeng Bayi Terbaik

Meski tidak menggunakan botol, empeng bayi biasa menggunakan bahan plastik di bagian pegangan dan perisainya. Oleh sebab itu, pastikan bagian ini tidak mengandung BPA.

Pilihlah empeng yang mudah untuk dibersihkan

Beberapa empeng memiliki cara-cara khusus untuk membersihkannya yang terkadang sangat merepotkan. Menjaga kebersihannya sangatlah penting terutama karena bayi belum memiliki sistem imun yang baik sehingga belum mampu menangkal kuman-kuman yang masuk dalam tubuhnya.

Pilihlah merek yang sama dengan botol susu yang biasa digunakan bayi

Untuk memudahkan serta mempraktiskan dalam penggunaan, pilihlah dot dengan brand yang sama dengan botol susu milik anda, sehingga kompatibel dan bisa digunakan dan diganti kapan saja. Bentuk dan teksturnya juga berbeda-beda dan memiliki karakteristik tersendiri tiap brandnnya, yang membuat bayi sulit untuk beradaptasi lagi jika anda membeli dot dari berbagai brand.

Empeng Bayi Terbaik

Perhatikan fitur tambahan lainnya

Beberapa fitur tambahan yang disematkan pada empeng dapat memudahkan anda dalam menggunakan serta memaksimalkan fungsinya, seperti fitur glow in the dark, yang didesain sehingga empeng dapat menyala dalam kegelapan, memudahkan anda mencarinya di malam hari.

Fitur lain yang juga tak kalah bermanfaat adalah adanya pengait yang memungkinkan dot dikaitkan dengan selendang, yang mana akan sangat memudahkan ketika anda tengah bepergian untuk menghindarkan dot terjatuh dan hilang. Beberapa empeng juga didesain sedemikian rupa sehingga dapat membantu merangsang serta merapikan pertumbuhan gigi bayi.

Manfaat menggunakan Empeng Bayi

Menurunkan risiko kematian bayi mendadak (SIDS)

Sudden Infant Death Syndrome(SIDS) atau sindrom kematian mendadak pada bayi merupakan salah satu peristiwa yang rawan dan harus dihindari untuk anda-anda yang baru memiliki bayi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa sebagian besar kematian atau SIDS terjadi ketika bayi sedang tertidur. Penggunaan empeng terutama saat bayi tengah tertidur disebutkan mampu mengurangi kemungkinan sindrome ini terjadi.

Membantu bayi merasa tenang

Seperti kita ketahui, bahwa asupan makanan bayi hanya bersumber dari ASI atau susu formula yang diberikan melalui botol dengan dot, sehingga bayi merasa nyaman dan kenyang. Penggunaan empeng bayi dapat membantu menjaga kenyamanan sehingga bayi dapat lebih tenang.

Empeng Bayi Terbaik

Penggunaan empeng dibandingkan dengan dot dnegan botol berisi susu juga membantu menghindari bayi terlalu kenyang yang akan mengakibatkan muntah karena terlalu banyak menerima asupan makanan.

Membantu ibu yang mengalami depresi pasca melahirkan

Pemberian empeng mampu membuat bayi menjadi lebih tenang sehingga mengurangi intensitas tangisan bayi, yang juga akan berdampak pada ketenangan terutama bagi para ibu yang memiliki trauma atau depresi pasca melahirkan.

Empeng juga mampu memberikan jeda kepada ibu untuk menyusui secara langsung. Dalam hal ini, empeng mampu menjadi terapi bukan hanya pada bayi, melainkan juga pada ibunya.

Bisa mengalihkan perhatian bayi

Bayi yang mengisap empeng cenderung akan lebih tenang dan fokus pada empengnya sehingga dapat menghiraukan hal lain disekitarnya. Hal ini sangat berguna terutama ketika anda akan memberinya vaksin melalui suntikan. Dengan teralihkannya perhatian bayi, dokter pun akan secara mudah menyuntikkan vaksin, menjadikan prosesnya lebih efisien dan cepat.

Bantu bayi cepat tertidur

Tak dapat dipungkiri, salah satu hal yang mampu mempercepat proses peniduran bayi adalah dengan memberinya ASI atau susu formula melalui dot, atau dengan empeng. Namun demikian, penggunaan empeng tidak akan berpengaruh pada lama durasi tidur si bayi. Jadi, pastikan tidur bayi anda nyenyak tanpa gangguan nyamuk serta suara-suara keras yang akan mengganggu tidur dan membangunkannya.

Empeng Bayi Terbaik

Berapa usia maksimum penggunaan Empeng Bayi?

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pemberian atau penggunaan empeng pada bayi baiknya dilakukan pada rentang usia 0 hingga 1 tahun, atau maksimal hingga usia 18 bulan. Lebih dari itu, anda dianjurkan untuk mulai menyapih bayi. Bayi yang terlalu lama menggunakan dot, baik yang dengan botol atau tanpa botol dikhawatirkan akan memiliki risiko maloklusi (hubungan rahang atas dan bawah menyimpang dari bentuk standar) dan karies serta kerusakan pada gigi.

Apa saja risiko penggunaan Empeng Bayi secara berlebih hingga usia bayi lebih dari 2 tahun?

Masalah pada gigi

Benar bahwa empeng memiliki fungsi untuk membantu mengatur pertumbuhan gigi, namun pada usia tertentu saja, yaitu berkisar antara 0 hingga 12 bulan. Selebihnya, penggunaan peralatan pengganti puting ibu ini secara berlebih bisa mengakiabtkan gigi bayi menjadi tidak sejajar atau bahkan tidak tumbuh dengan normal.

Empeng Bayi Terbaik

Tanda-tanda atau gejala masalah gigi tersebut biasanya muncul ketika bayi berusia 2 tahun, dan akan menjadi permanen atau memberi dampak berkepanjangan setelah usia bayi 4 tahun atau ketika gigi susunya mulai tanggal dan tumbuh gigi tetap.

Menimbulkan ketergantungan

Ketergantungan terhadap dot atau empeng akan sangat mengganggu terutama jika anak anda sudah mulai beranjak remaja. Bila anak anda terlalu terbiasa menggunakan empeng ini setiap kali akan tidur, maka dikhawatirkan ia akan selalu rewel jika tidak terdapat empeng dimulutnya setiap malam. Sama halnya dengan itu juga ketika anak anda tengah rewel.

Oleh sebab itu, berilah hal lain yang mampu mengalihkan perhatian atau meningkatkan ketenangannya ketika anak anda sedang rewel. Selain menghindari ketergantungan akan dot, memberinya permainan atau menyetelkannya musik dan lagu akan melatih anak secara motorik.

Saat apa saja yang paling tepat memberi Empeng Bayi?

Ketika sedang bersih-bersih rumah atau memasak

Menjadi seorang ibu yang baru melahirkan bukan berarti anda tidak bisa melakukan kegiatan-kegiatan simpel seperti membersihkan rumah atau memasak. Untuk menghindari agar bayi anda tidak terlalu rewel ketika anda tinggal sebentar, maka anda bisa memilih untuk memberinya empeng sehingga bayi akan merasa lebih tenang.

Namun demikian, hindarilah kebiasaan memberikan empeng kepada bayi sebagai bentuk pertolongan pertama saat ia rewel. Anda bisa mencoba cara lain seperti menggendongnya, mengajak bicara, atau menyanyikan serta menyetelkannya musik lirih dan lagu-lagu anak.

Ketika malam hari

Proses menyusui dengan posisi tidur sangat dianjurkan karena akan berdampak tidak baik pada ibu. Jika bayi anda rewel pada malam hari, ada baiknya anda memberinya empeng hingga ia terlelap kembali.

Empeng Bayi Terbaik

Setelah bayi disusui

Gunakanlah empeng setelah anda memberi bayi anda susu namun masih saja tetap rewel. Dalam hal ini, empeng berfungsi untuk menghindarkan bayi anda dari perasaan terlalu kenyang yang akan mengakibatkan muntah atau gumoh.

Tips membersihkan Empeng Bayi

Beberapa tips berikut bisa anda pilih sesuai dengan keadaan dan ketersediaan bahan-bahan dirumah anda. Jika anda ingin mencucinya dengan sabun, maka gunakanlah sabun khusus untuk mencuci dot atau empeng sehingga terhindar dari bahan-bahan kimia yang terkandung dalam sabun cuci biasa.

Rendam dengan air panas

Suhu yang tinggi mampu mematikan kuman-kuman serta bakteri yang menempel sehingga empeng kembali bersih dan higienis. Rendamlah sekitar 10 sampai 20 menit dengan air panas sebelum menggunakannya kembali, jangan terlalu sebentar, jangan juga terlalu lama karena pada dasarnya air memiliki sifat yang mampu merusak struktur benda ketika direndam terlalu lama.

Empeng Bayi Terbaik

Rendam dalam campuran cuka dan air

Bahan dapur satu ini memang selalu bisa berguna untuk menyelesaikan segala masalah dalam segala situasi. Medendam empeng dalam cuka mampu mematikan bakteri-bakteri serta kuman yang menempel padanya. Cara mencucinya pun mudah, anda hanya perlu merendamnya dalam campuran cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1 selama beberapa menit setiap harinya, kemudian basuh dengan air bersih dan keringkan.

Gunakan sterilizer

Bagi anda yang sangat concern dengan kebersihan, maka menggunakan sterilizer sangatlah dianjurkan setelah anda selesai mencuci empeng. Beberapa sterilizer telah tersedia dan menjamin kebersihan dan kehigienisan empeng hanya dengan 3 menit merendamnya. Beberapa sterilizer juga telah dilengkapi dengan teknologi UVC LED yang canggih sehingga mampu menghilangkan bau.

Bersihkan empeng dengan menghisapnya, sebelum diberikan ke bayi

Hasil penelitian menyebut bahwa orangtua yang mengisap dot anak mereka sebagai cara pembersihannya secara signifikan mampu meningkatkan kesehatan bayi di tahun pertama kehidupannya. Hal ini terjadi karena adanya efek perpindahan mikroba baik dari mulut ibu ke anak. Pembersihan dot dengan cara dihisap juga mampu mempengaruhi tingkat Immunogloblin E (IgE) pada anak menjadi lebih rendah, sehingga menurunkan risiko anak memiliki alergi dan asma.

Kesimpulan

Empeng bayi sangatlah penting untuk dimiliki dan diberikan kepada bayi-bayi dengan rentang usia 0 hingga 18 bulan. Selain sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rahang dan gigi serta melatih ketenangan bayi, penggunaan empeng juga mampu menjadi terapi baik bagi bayi maupun bagi ibunya, karena bayi yang tenang dan tidak rewel akan memberikan ketenangan dan mengurangi tingkat stress sang ibu, terutama bagi mereka yang memiliki depresi pasca melahirkan. Namun demikian, perhatikan pula jenis-jenis empeng dan sesuaikan dengan usia bayi agar fungsinya dapat dirasakan secara maksimal.

Sapihlah bayi anda ketika telah berusia 1 tahun atau maksimal 18 bulan. Meskipun memiliki banyak manfaat serta kegunaan, penggunaan empeng bayi yang terlalu lama dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan rahang dan mulut serta gigi bayi anda.

Disamping itu, melatih bayi untuk minum menggunakan gelas akan lebih sesuai terutama ketika bayi anda dirasa sudah siap dan mampu menerima asupan makanan lainnya selain ASI dan susu formula.

(Visited 21 times, 1 visits today)
Last modified: 01/10/2020
Close