10 Rekomendasi Exhaust Fan Terbaik 2020

Anda masih sering bingung karena kamar mandi selalu basah dan bau? atau dapur yang selalu berasap dan bau makanan yang menyebar keseluruh sudut ruangan di rumah, menjadikan pakaian yang sudah dicuci menjadi tercemar oleh bau masakan?

Unit penyedot udara-udara kotor dan bau atau Exhaust Fan akan sangat berguna untuk anda. Unit ini mampu menghilangkan bau dan menyerap asap-sap dari dalam keluar ruangan sehingga sirkulasi udara di dalam ruangan tersebut bisa terjaga.

Saat ini, perangkat Exhaust Fan telah banyak digunakan pada instalasi rumah tangga terutama dapur dan kamar mandi. Hampir seluruh kamar mandi di fasilitas dan tempat-tempat umum seperti toilet di hotel dan di restoran-restoran juga telah dilengkapi dengan peralatan pengganti ventilasi konvensional ini.

Berikut akan kami ulas beberapa kelebihan unit Exhaust Fan disbanding dnegan ventilator konvensional, serta beberapa seri unggulan Exhaust Fan Terbaik yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Apa itu Exhaust Fan?

Exhaust Fan adalah suatu unit elektronik yang mampu membantu mensirkulasi udara dalam ruangan dengan cara membuang udara dari dalam ruangan tersebut keluar sehingga udara segar dapat masuk. Unit ini sangat banyak ditemukan pada ruangan yang cenderung sempit atau berukuran kecil seperti kamar mandi dan dapur.

Exhaust Fan Terbaik di Indonesia

pada kamar mandi, unit Exhaust Fan sangat berfungsi untuk menghilangkan uap air yang dihadilkan oleh shower air panas. Jika tidak ada ventilasi yang memungkinkan uap air pada kamar mandi keluar, maka uap ini akan terkondensasi yang kemudian bisa menimbulkan kelembaban dan jamur di kamar mandi.

Apa perbedaan Ventilation Fan dengan Exhaust Fan?

Ventilation fan atau kipas ventilasi berfungsi untuk mensirkulasikan udara layaknya ventilator konvensional seperti jendela dan pintu, yaitu dengan mengalirkan udara secara 2 arah (in and out / keluar dan masuk), sedangkan Exhaust Fan hanya berfungsi untuk membuang udara dari dalam keluar ruangan saja (1 arah, keluar).

Ada berapa jenis Exhaust Fan?  

Ada total 5 jenis Exhaust Fan yang dibedakan berdasarkan tempat instalasinya, meliputi Exhaust Fan untuk diinstal di langit-langit, di dinding, di jendela, inline Exhaust Fan yang diinstal pada saluran sambungan antara bagian luar dan dalam, serta Exhaust Fan di cooker hood yang biasa ada pada atas kompor. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Exhaust Fan Terbaik para compra

Exhaust Fan langit-langit

Jenis Exhaust Fan satu ini biasa di pasang di plafon rumah yang terhubung dengan saluran pembuangan udara bernama Mechanical Ventilation Heat Recovery System (MVHR), yang mana dihubungkan pula ke pipa sebagai penyalur udara ke luar rumah.

Umumnya, unit yang biasa di pasasng di langit-langit rumah ini memiliki ukuran standar mulai dari 8 inci, 10 inci, hingga 12 inci. Sebelum memasangnya, pastikan anda menyesuaikannya dengan luas ruangan agar proses sirkulasi udara bisa berjalan secara maksimal.

Exhaust Fan dinding

Satu jenis Exhaust Fan ini adalah yang paling umum ditemukan di Indonesia karena proses pemasangannya yang cenderung sederhana tanpa harus menyambungkannya ke saluran pipa.

Unit Exhaust Fan dinding ini biasa di pasang pada dinding-dinding rumah yang mana langsung bisa membuang udara kotor, bau, dan pengap dari dalam ke luar ruangan. Unit jenis ini sangat cocok dipasang pada ruangan yang berhadapan langsung dengan area terbuka seperti dapur atau ruang makan.

Exhaust Fan jendela

Selain mampu menjaga kesegaran udara, satu jenis unit Exhaust Fan ini sangat cocok dipasang pada ruang tamu atau ruang keluarga yang mana di install di area jendela dan bisa menambah estetika dan keindahan dekorasi rumah.

Sama seperti Exhaust Fan dinding, pastikan pula ruangan unit ini dipasang di dalam ruangan yang berhadapan langsung dengan area terbuka. Jika tidak, sesuaikanlah dan pastikan ruangan yang anda pilih berhubungan langsung dengan ruangan lain dengan ukuran lebih luas, misalnya antara kamar tidur dan garasi rumah.

Inline Exhaust Fan 

Inline Exhaust Fan memiliki beberapa komponen yang membuatnya kadang cukup menyulitkan saat instalasi. Beberapa komponen tersebut meliputi saringan dalam, saringan luar, kipas penyedot, dan pipa.

Exhaust Fan Terbaik

Tujuan dari inline Exhaust Fan, yang mana tak jauh berbeda dengan jenis Exhaust Fan yang lainnya adalah untuk menghisap uap air dan udara kotor dari dalam ruangan. Namun demikian, ruangan yang dimaksud disini adalah ruangan yang tidak memiliki akses ke ruangan terbuka di luar bangunan.

Exhaust Fan dipasang di tengah saluran yang menghubungkan saringan dalam dan saringan luar, sehingga memungkinkan suatu ruangan terhubung ke area terbuka. Inilah yang terkdang cukup dianggap merepotkan dalam proses instalasi karena harus menyiapkan saluran dan harus memasang kipas penyedot dibagian tengah saluran.

Beberapa ruangan yang cocok untuk unit jenis ini adalah kamar mandi atau ruangan lain yang terisolasi dari luar.

Exhaust Fan dalam Cooker Hood

Untuk sebagian orang yang belum familiar dengan jenis unit satu ini, maka terkadang membuat mereka bingung ketika makan di restoran hotpot atau restoran-restoran Jepang atau Korea yang memungkinkan pelanggannya memasak sendiri makanannya, karena uap dari masakan tersebut akan secara langsung hilang dan tidak menyebar ke seluruh ruangan.

Ya… ruangan tersebut sudah pasti menggunakan teknologi Exhaust Fan yang mampu menyedot asap dari masakan dan membuangnya ke area bebas melalui saluran yang biasa terhubung ke atap atau plafon ruangan.

Exhaust Fan Terbaik

Exhaust Fan cooker hood juga secara spesifik biasa dipasangkan pada unit tepat di atas kompor dengan kemampuan sangat kuat menyingkirkan asap, uap, serta bau yang dihasilkan dari proses masak-memasak di dapur. Selain itu, unit ini juga biasa di instal tepat di atas microwave yang juga menghasilkan asap dalam proses pemasakan makanannya.

Selain menghilangkan aroma masakan dan membersihkan bau gosong dan asap dari gagalnya eksperimen memasak yang terkadang cukup mengganggu, unit penyirkulasi udara ini menyedot uap air sehingga kelembaban yang disebabkan oleh asa-asap masakan tidak membahayakan di dalam dapur.

Tips memilih dan mendapatkan Exhaust Fan terbaik

Jika anda berminat untuk membeli Exhaust Fan untuk instalasi dirumah anda, maka beberapa tips berikut akan sangat bermanfaat untuk anda dalam memilih dan mendapatkan unit Exhaust Fan terbaik dan berkualitas.

1. Tentukan jenis Exhaust Fan yang akan digunakan, sesuaikan dengan kebutuhan

Dengan banyaknya jenis ventilator ruangan dan unit Exhaust Fan yang ditawarkan, maka tentukanlah terlebih dahulu fungsi utama serta dimana anda akan menginstalnya sehingga anda dapat menyesuaikan jenis unit mana yang sesuai. kesalahan dalam membeli jenis unit akan mengurangi kinerja unit sehingga Exhaust Fan tidak akan berfungsi secara maksimal.

2. Periksa ukuran 

Unit Exhaust Fan berukuran bessr akan sangat cocok jika diinstal atau dipasang pada ruang berukuran besar seperti ruang tamu atau dapur besar. Exhaust Fan berukuran juga bisa membantu anda lebih cepat menyerap udara yang ada di dalam ruangan dan membuangnya keluar, sehingga udara segar dapat lebih cepat masuk lagi mengisi ruangan tersebut.

Exhaust Fan Terbaik

Namun demikian, produk yang besar juga berakhir pada harga yang relatif lebih tinggi pula. Oleh sebab itu, untuk anda yang memiliki budget tidak terlalu besar, maka Exhaust Fan berukuran kecil pun akan berguna dan memberikan fungsi yang sama dengan exhaust fan berukuran besar.

3. Pilih Exhaust Fan dengan noise terendah

Perhatikan keterangan noise yang dihasilkan saat Exhaust Fan bekerjs pada bagian brosur atau pada kemasan. Pilihlah unit dengan suara noise terendah, yang ditunjukkan dengan satuan dB (desibel). Semakin kecil angkanya, semakin rendah pula suara noise yang akan dihasilkan ketika unit sedang bekerja.

4. Periksa besarnya volume udara 

Kapasitas udara arau air volume ditunjukkan dengan satuan CMH (cubic meter per hour). jiika anda ingin mendapatkan unit yang mampu menyerap udara secara lebih cepat, maka pilihlah yang memiliki CMH tinggi.

5. Perhatikan konsumsi dayanya 

Exhaust Fan umumnya bekerja sepanjang hari selama hampir 24 jam non stop. Oleh sebab itu, pilihlah unit dengan konsumsi daya rendah agar tagihan listrik bulanan anda tidak membengkak, terutama jika anda berencana menginstal exhaust fan di beberapa ruangan dirumah anda. Pilihlah unit dengan konsumsi daya rendah, namun dengan tingkat RPM yang tinggi sehingga volume udara yang diserap tetap tinggi.

6. Perhatikan fitur tambahan lainnya

Fitur-ffitur tambahan seperti penggunaan bahan anti karat dan penggunaan thermal fuse untuk mencegah overheat akan sangat berguna dan membuat unit exhaust fan di rumah anda menjadi lebih awet dan tahan lama. Oleh sebab itu, pertimbangkanlah fitur-fitur ini ketika anda memilih produk ini di toko favorit anda.

5 merk Exhaust Fan terbaik dan berkualitas

1. Exhaust Fan Maspion 

PT Maspion juga dikenal sebagai Maspion Group atau hanya dikenal sebagai Maspion adalah salah satu produsen perkakas yang cukup besar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1962 dan bertempat di Surabaya.

Exhaust Fan Maspion

Salah satu produk terbaru ventilator udara berbasis exhaust fan keluaran Maspion adalah seri Ezhaust Fan, yang mana bisa anda pasang pada ruang tidur, kamar mandi atau ruangan lainnya yang membutuhkan udara lebih sejuk. Unit baru ini mampu membuat udara dalam ruangan tetap kering dan tidak lembab hanya dengan konsumsi daya 30 watt.

2. Sekai 

PT Tripacific Electrindo adalah sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi peralatan rumah tangga yang sudah didirikan sejak tahun 1990, berbasis di Jakarta, Republik Indonesia, dengan tujuan untuk memudahkan dan melengkapi kebutuhan konsumen akan peralatan rumah tangga yang berkualitas.

Exhaust Fan Sekai 

Sekai menekankan bahwa kualitas adalah garansi mereka. Sekai senantiasa mendengarkan, mengumpulkan dan menganalisa masukan dari konsumen, sehingga kualitas dari Produk-produk Sekai semakin meningkat dan menjadi lebih baik.

Exhaust Fan Sekai diproduksi dengan desain elegan yang identik berwarna putih yang pastinya akan memperindah dekorasi ruangan anda. Salah satu produk Exhaust Fan Sekai juga dilengkapi dengan lampu LED sehingga lebih mempercantik tampilannya.

3. Panasonic

Hingga saat ini, terdapat total 12 unit Exhaust Fan yang dikeluarkan oleh Panasonic dengan beragam fitur dan kelebihannnya. Exhaust Fan panasonic diproduksi oleh Panasonic Gobel Indonesia. Perusahaan yang mengusung slogan A Better Life, A Better World ini telah berdiri sejak tahun 1954 di Cawang, Jakarta.

Exhaust Fan Panasonic

Seri terbaru Exhaust Fan panasonic FV-24CDUN mampu mengalirkan udara sehat dengan desain elegan yang hanya menggunakan konsumsi daya sebesar 19 watt saja. sangat cocok untuk instalasi di kamar mandi anda.

4. Krisbrow

Krisbow merupakan merek lokal yang dikeluarkan oleh seorang pengusaha kecil di Glodok yang saat ini telah menjadikan toko elektroniknya menjadi kerajaan bisnis perkakas se-Asia Tenggara. Krisbow merupakan salah satu merek dagang milik Grup Kawan Lama (GKL). Perusahaan tersebut memperkenalkan Krisbow pada tahun 1998.

Exhaust Fan Krisbrow

Berkaitan dengan kelengkapan produknya, saat ini Krisbow telah menyediakan sekitar 10.000 jenis barang, termasuk diantaranya adalah unit Exhaust Fan. Berbagai keunggulan yang dimiliki Krisbow berhasil menempatkannya sebagai peraih Top Brand Award Indonesia 2016 fase 2. Apresiasi ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi Krisbow pada Indonesia.

Krisbow telah melahirkan produk-produk murah tanpa mengabaikan sisi kualitas.

5. Exhaust Fan Mitsubishi

Mitsubishi Group of Companies, atau Mitsubishi Companies adalah sebuah perusahaan Jepang yang menaungi berbagai perusahaan yang berbagi merek dagang dan bagian perusahaan Mitsubishi.

Exhaust Fan Mitsubishi

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1870 sebagai perusahaan pelayaran oleh Yataro Iwasaki. Unit Exhaust Fan keluaran Mitsubishi memiliki lima keunggulan, meliputi desainnya yang unik sehingga mampu meningkatkan kenyamanan, mudah dibersihkan, dual barrier coating, design slim dan bertenaga, serta memiliki perlindungan ganda.

Top 10 Exhaust Fan terbaik dan berkualitas di Indonesia

1. Panasonic Ventilating Fan FV-40AFU

Brand pertama Exhaust Fan terbaik adalah Panasonic seri FV-40AFU yang dibadrol dengan harga 700.000 sampai 800.000 rupiah. Didesain dengan baling-baling metal plus ball bearing berkualitas tinggi, produk yang super durable ini dapat bekerja dengan menghasilkan noise hanya 48 dB saja, tidak akan berisik dan mengganggu aktivitasmu saat dinyalakan.

Panasonic Ventilating Fan FV-40AFU

Di cat dengan bahan anti karat dan baling-baling metal, unit ini memiliki ukuran 50 cm x 50 cm sehingga fleksibel diinstal dimana pun, dan memakan konsumsi lsitrik hanya 73,9 watt saja. Kemampuan lain yang juga tak kalah penting adalah bahwa seri FV-40AFU memiliki air volume 2.010 CMH dengan thermal fuse.

2. Mitsubishi Electric Exhaust Fan Ceiling Mounted Type EX-25SCT

Seri brand ternama Mitsubishi dengan mengadopsi teknologi easy cleaning ini dirancang dengan bahan yang membuatnya menjadi tahan api dan mudah dibersihkan.

Mitsubishi Electric Exhaust Fan Ceiling Mounted Type EX-25SCT

Dilengkapi Ceiling Mounted berukuran 10 inch, unit yang mengkonsumsi daya hanya 23 watt ini mampu mengurangi kelembaban udara dan mencegar keberadaan jamur pada ruangan. Beberapa fitur lain yang melekat pada seri EX-25SCT Mitsubishi ini diantaranya noise 40 dB, air volume mencapai 680 CMH, dengan extra winglet fan dan premium switch fuse. Unit ini bisa anda dapatkan hanya dengan harga 250.000 sampai 350.000 rupiah saja.

3. Panasonic Ventilating Fan FV-15TGU1

Berkeunggulan minim konsumsi daya listrik dan suara noise yang rendah, seri lain brand Panasonic ini mampu menghisap udara hingga 240 CMH. Dengan konsumsi daya hanya 11,2 watt, Panasonic FV-15TGU1 ini didesain dengan ukuran 25,2 cm x 25,2 cm x 12, 5 cm dan dibandrol dengan harga sangat terjangkau, berkisar antara 250.000 hingga 300.000 rupiah.

Panasonic Ventilating Fan FV-15TGU1

4. Suncoten Wall Mount Ventilation Fan 6 Inch

Suncoten Wall Mount Ventilation Fan merupakan unit dengan kemampuan penyedotan udara dengan kencang dengan desain yang kokoh, yang dijual dengan harga pada kisaran 500.0000 sampai 600.000 rupiah.

Suncoten Wall Mount Ventilation Fan 6 Inch

Dengan adanya tujuh baling-baling yang digunakan, produk Exhaust Fan merk ini mampu mengisap udara dari ruangan tanpa waktu lama dengan air volume mencapai 1.100 CMH. Mengkonsumsi daya hanya 40 watt dalam pengoperasiannya, unit unggulan satu ini tetap durable karena dirancang windproof dan rainproof.

Beberapa spesifikasi lain yang bisa untuk dipertimabngkan meliputi tipe wall mount, dengan ukuran 19 cm x 19 cm x 13,5 cm, dengan noise 60 dB, yang juga dilengkapi dengan fitur ball bearing machine dan anti-backflow vent.

5. KDK Window Exhaust Fan 20WUD

KDK Exhaust Fan merupakan salah satu brand cukup terkenal dan popular di kalangan para khalayak KasKus. Unit dengan noise hanya 31 dB ini dibandrol apda kisaran harga 700.000 hingga 800.000 rupiah saja.

KDK Window Exhaust Fan 20WUD

Noise yang sangat rendah dihasilkan berkat penggunaan motor berkualitas tinggi, sehingga suara yang keluar sangat halus dan tidak mengganggu. Dilengkapi thermal fuse, anda pun tidak perlu takut Exhaust Fan akan rusak akibat overheat.

Unit bertipe window mount ini diproduksi dengan ukuran 27,1 cm x 27,1 cm, dengan air volume 360 CMH dan konsumsi listrik sangat rendah, hanya 19 watt.

6. KDK Window Exhaust Fan 15WHCT

Seri lain exhaust fan berkualitas keluaran KDK Window adalah seri 15WHCT, yang mengkonsumsi daya rendah, lebih rendah dari seri 20WUD, yaitu hanya sebesar 13 watt saja. Berdaya hisap 230 CMH, unit yang bekerja dengan noise 44 dB ini sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan Exhaust Fan dengan konsumsi daya rendah namun dengan RPM yang tinggi. 15WHCT juga dilengkapi dengan thermal fuse dan dijual dengan harga 700.000 hingga 800.000 rupiah.

KDK Window Exhaust Fan 15WHCT

7. Maspion Exhaust Fan MV-200 NEX

Berbeda dengan unit Exhaust Fan brand lainnya, Maspion Exhaust Fan MV-200 NEX ini dilengkapi dengan pengaturan arah in-out yang memuatnya makin fungsional ketika dipakai. Fitur in-out ini memungkinkan anda untuk mengatur mode penyedotan udara, baik dari dalam ruangan maupun dari luar ruangan, sehingga pertukaran udara dapat terjadi.

Maspion Exhaust Fan MV-200 NEX

Unit bertipe wall mount ini dibandrol dengan harga sangat terjangkau, pada kisaran 200.000 hingga 300.000 rupiah saja. Dengan ukuran 35 cm x 22 cm x 39 cm, MV-200 NEX bisa diinstal secara fleksibel tanpa harus menyiapkan bidang yang luas dengan konsumsi daya hanya 30 watt saja.

8. Cosmos Kipas Angin Exhaust Fan – Wall 10-CL 252

Cosmos 10-CL 252 merupakan salah satu tipe dengan ceiling mount besar yang ekonomis, yang mana bisa anda dapatkan dengan kisaran harga 200.000 hingga 250.000 rupiah saja. Dengan ukuran sebesar 50 cm x 50 cm, Cosmos 10-CL 252 bekerja dengan konsumsi daya hanya 31 watt dan didesain dengan bahan anti karat yang juga dilengkapi dengan termostat, yang mana mampu menyedot udara dalam volume yang besar.

Cosmos Kipas Angin Exhaust Fan – Wall 10-CL 252

9. KDK Ceiling Mount 10EGSA

Dibandrol dengan harga pada kisaran 300.000 hingga 400.000 rupiah, KDK seri 10EGSA ini memiliki ukuran yang super kecil sehingga anda tidak perlu menyiapkan ruang yang cukup dalam proses pemasangannya.

KDK Ceiling Mount 10EGSA

Bekerja dengan konsumsi daya hanya 5,5 watt dan dengan noise 35 dB, unit berukuran hanya sekitar 10 cm ini di klaim mampu menyedot udara pada ruangan seluas hampir 15 meter, dengan air volume sebesar 75 CMH.

10. Sekai 8″ Mounted Ventilating Fan MVF893

Jika anda mencari unit Exhaust Fan paling murah namun mampu bekerja secara maksimal menyedot bau-bau dalam ruangan anda, maka Sekai MVF893 merupakan solusinya. Unit ini dibandrol dengan harga pada kisaran 100.000 hingga 150.000 rupaih saja.

Sekai 8" Mounted Ventilating Fan MVF893

Penggunaan bahan plastik membuat produk ini menjadi makin ringan dan mudah dipasang di plafon. Adanya sekring pengaman juga meningkatkan keamanan penggunaan MVF893, dimana unit ini bekerja dengan konsumsi daya hanya 30 watt.

Apa saja kekurangan Exhaust Fan?

Penggunaan Exhaust Fan dapat mengurangi efisiensi kerja dari perangkat pendingin atau perangkat pemanas ruangan yang di instal pada ruangan yang sama. Beberapa profesional juga mengatakan bahwa penggunaan Exhaust Fan dapat menurunkan tekanan pada ruangan tersebut.

Selain itu, tak jarang, unit Exhaust Fan akan menghasilkan noise saat sedang bekerja. Namun demikian, beberapa seri baru telah menawarkan Exhaust Fan dengan mereduksi noisenya sehingga lebih nyaman dan tidak berisik ketika digunakan.

Tips membersihkan Exhaust Fan

Membersihkan secara rutin Exhaust Fan yang anda gunakan akan meningkatkan masa hidupnya sehingga lebih awet dan tahan lama. Bersihkanlah pada seluruh bagian komponen terutama pada bagian jarring-jaring dan bilah kipas yang kerap kali tertempel oleh debu dan kotoran ketika udara melewatinya dari dalam keluar ruangan.

Pembersihan ini juga sangat berfungsi untuk memperlancar aliran udara dari dalam keluar rumah, sehingga tidak tersumbat oleh adanya kotoran yang menempel pada jarring-jaring dan kipas.

Kesimpulan

Udara yang bersih mencerminkan kehidupan yang bersih dan bisa meningkatkan ketenangan dalam berpikir serta meningkatkan kenyamanan. Unit Exhaust Fan hadir sebagai opsi lain dari ventilasi ruangan yang diproduksi dengan beragam kelebihan yang pastinya akan sangat membantu anda menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan. Untuk mendapatkan Exhaust Fan terbaik, pastikan anda memilih sesuai dengan jenis yang anda butuhkan.

Perhatikan pula konsumsi dayanya serta besarnya volume udara yang bisa ia hisap. Semakin besar udara kotor yang mampu dikeluarkan, maka semakin cepat ruangan anda terisi kembali oleh udara baru yang segar.

Dalam penerapan Exhaust Fan, ada baiknya juga anda tetap mengombinasikannya dengan sistem ventilasi rumah natural seperti jendela dan pintu sehingga sirkulasi udara dapat berjalan semakin lancar dan membuat kualitas udara di dalam ruangan tetap sehat.

Leave a Comment