8 Rekomendasi Headset Logitech Terbaik 2020

Headset Logitech Terbaik

Headset Logitech bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menemani kamu menghabiskan waktu liburmu seharian dengan game dan cemilan di samping meja, membuat kamu tidak perlu beranjak ketika lapar menyerang.

Beberapa Headset Logitech Terbaik berikut bisa kamu jadikan sebagai salah satu pilihan untuk kamu miliki. Selain bisa mendapatkan kualitas volume suara maksimal, dengan rentang frekuensi yang lebar, beberapa headset berikut juga bisa befungsi untuk meningkatkan penampilan dan gaya kamu, membuat kamu semakin terlihat keren dan trendi di jalan raya ketika mengenakannya.

Apa itu Headset Logitech?

Headset Logitech merupakan suatu perangkat elektronik produksi Logitech International yang menggabungkan dua device, yakni perangkat input berupa mikrofon dan perangkat output berupa speaker telinga, menjadi satu unit.

Seperti konsep headset pada umumnya, headset keluaran Logitech memiliki desain elegan berukuran besar dan dibuat senyaman mungkin untuk bisa betahan melingkar di kepala untuk waktu penggunaan yang lama, yang dilengkapi dengan perangkat mikrofon yang menempel di bagian pengeras suara sebelah kanan atau kiri.

Headset Logitech Terbaik di Indonesia

Secara kovensional, perangkat pengeras suara telinga ini umumya dihubungkan ke PC atau laptop melalui kabel USB dan jack yang cukup panjang sehingga nyaman digunakan dan memungkinkan penggunanya untuk bebas bergerak tanpa takut koneksi terputus karena kabel yang terlalu pendek.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi wireless, Headset Logitech kini telah dilengkapi dengan mode koneksi wireless seperti bluetooth dan Wi-Fi.

Apa perbedaan Headset Logitech dan headphone logitech?

Dengan bentuk dan desain yang hampir sama, yakni untuk digunakan melingkar di atas kepala, perbedaan mendasar antara headset dan headphone keluaran Logitech terletak pada fitur input suaranya, atau mikrofonnya.

Headset Logitech didesain dengan menggabungkan speaker atau pengeras suara telinga sebagai komponen output suara dan mikrofon sebagai komponen input suara, sehingga memungkinkan penggunanya melakukan komunikasi 2 arah seperti video call.

Berbeda dengan itu, headphone Logitech hanya terdiri atas speaker telinga saja, tanpa disertai dengan komponen mikrofon, sehingga hanya bisa digunakan untuk mendengarkan suara dari sumber suara yang terkoneksi.

Kelebihan Headset Logitech 

Lebih nyaman 

Setiap perangkat headset keluaran Logitech telah teruji nyaman dengan speaker berukuran lebar sehingga bisa menutupi seluruh telinga, menjadikan suara terpantul sempurna hanya di telinga tanpa adanya noise dari luar. Kualitas yang baik ini ada pada semua jenis headsetnya, baik perangkat headset yang dibandrol dengan harga yang murah maupun dengan harga yang mahal.

Lebih nyaman 

Mudah untuk disesuaikan (customizable) 

Setiap pasang perangkat headset Logitech selalu kompatibel dengan Logitech G HUB software, yang mana memungkinkan untuk digunakan pada computer atau laptop bermode operasi Windows dan mac OS.

Kualitas mikrofon dan speaker sangat baik

Secara keseluruhan, perangkat input-output ini memiliki kualitas mikrofon yang sangat bagus, yang mana mampu membuat suara kamu menjadi terdengar lebih sempurna. Sangat cocok untuk digunakan pada wawancara kerja yang dilakukan secara online, terutama di saat keadaan pandemik yang menuntut untuk physical distancing seperti sekarang ini, maupun sekedar untuk melakukan video call dengan sahabat-sahabat dan keluarga.

Mikrofon dengan kualitas terbaik adalah pada Headset Logitech dengan mode koneksi kabel USB dan jack.

Selain komponen inputnya, kualitas komponen output atau speaker Logitech juga tak kalah baik. Logitech mampu menghasilkan suara memukau dan sangat jelas, baik digunakan untuk ngegame, nonton film, mendengarkan musik, atau sekedar mendengarkan podcast di youtube.

Top 8 Headset Logitech terbaik dan berkualitas

8 seri Headset Logitech Terbaik berikut merupakan seri perangkat pengeras suara telinga terbaik dan berkualitas serta terpopuler yang bisa kamu temukan toko-toko atau market place online di Indonesia.

1. Logitech G430 Surround Sound Gaming Headset

Logitech G430 merupakan seri rekomendasi khusus headset yang sangat cocok untuk kamu yang suka ngegame seharian. Headset Logitech seri G430 ini pasti akan setia menemani kamu ngegame tanpa gangguan dan pastinya akan membuat kamu semakin betah sehari semalam tanpa berhenti.

Logitech G430 Surround Sound Gaming Headset

G430 sangat nyaman di telinga yang memiliki fitur anti noise, dengan bagian penutup speaker terbuat dari bahan lembut sehingga nyaman di telinga.

Bagian ini bisa dilepas dan dicuci jika kotor dan untuk menghindari bau, sehingga headset selalu higienis dan bersih ketika dipakai. headset ini bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga 1 sampai 1,2 juta rupiah.

2. Logitech Zone Wireless 981-000799

Seri Logitech wireless ini dijual dengan harga relatif mahal, berkisar antara 3,8 hingga 4 juta rupiah. Wireless headset ini sangat cocok digunakan untuk kamu para penggiat bisnis dan sering melakukan kegiatan bisnis melalui video telepon.

Fitur noise cancellation dan noise-canceling mic membuat komunikasi jadi lebih clear, bahkan ketika sedang di luar ruangan. Selain itu, fitur flip to mute membuat kegiatan meeting kamu akan terasa lebih nyaman dan jelas ketika giliran bicaramu tiba.

Logitech Zone Wireless 981-000799

Yang pasti, teman-temanmu tidak akan protes karena tidak mampu mendengar suara kamu dengan jelas.

Headset ini juga sudah tersertifikasi oleh Microsoft Teams sehingga kamu dapat juga melakukan meeting atau rapat-rapat penting dengan klient menggunakan aplikasi Teams.

Headset ini memiliki rentang frekuensi 30 Hz sampai 13 kHz dalam mode musik untuk mendengarkan mp3 dan rentang frekuensi 100 Hz sampai 8 kHz untuk mode bicara. Rentang frekuensi mikrofonnya berkisar antara 85 Hz sampai 20 kHz.

3. Headset Logitech Pro X 981-000818

Seri pro X 981-000818 dengan suara renyah dan jelas ini dibantrol dengan kisaran harga 2,3 sampai 2,5 juta rupiah. Dengan fitur mikrofon blue voice, yang merupakan filter suara real time, headset ini sangat cocok untuk kamu para youtubers yang ingin suaramu terdengar jelas seperti menggunakan mikrofon berkualitas tinggi.

Headset Logitech Pro X 981-000818

Logitech pro X ini juga memungkinkan kamu bisa mengatur frekuensi suara yang dapat diterima headset sehingga kebisingan di sekitar tidak ikut terdengar. Di samping itu, bagian ear cup dari headset ini menggunakan memory foam yang nyaman digunakan berjam-jam dan memiliki kualitas mikrofon ayng sangat baik.

Dengan mode koneksi USB, seri Pro X ini memiliki rentang frekuensi headphone sebesar 20 Hz hingga 20 KHz dan rentang frekuensi mikrofon sebesar 100 Hz hingga 10 KHz.

4. Logitech G433 7.1 Surround Gaming Headset

Seri G433 7.1 ini menawarkan headset dengan beragam warna, yakni biru, hitam, dan merah, serta 1 edisi spesial dengan corak camo, yang diberi nomor seri berbeda-beda sesuai dengan warna tersebut, yaitu 981-000668, 981-000652, 981-000687, dan 981-000688.

Logitech G433 7.1 Surround Gaming Headset

Dibandrol dengan kisaran harga 1,5 sampai 1,7 juta rupiah, seri G433 7.1 sangat cocok dan nyaman serta menghasilkan suara yang sangat jelas dan menjadikan suasana game kamu lebih seru akrena dilengkapi dengan artificial intelligence, yang mana juga mampu mendeteksi sumber suara termasuk suara musuh yang berada dibelakang kamu.

Perangkat ini cocok digunakan di semua platform dan OS, Nintendo Switch, PS4, Xbox One, dengan menggunakan koneksi Jack 3,5 mm dan kabel USB (wired).

5. Logitech H600 Wireless Headset

Tampil keren dengan desain minimalis dan nirkabel, seri H600 merupakan seri headset keluaran Logitech yang mampu bertahan digunakan hingga 6 jam lamanya. Koneksi berteknologi nano receiver USB-A ini mampu menjangkau hingga jarak 10 meter, jadi masih tetep aman jika kamu ingin beranjak sebentar untuk mengambil minuman serta merestock cemilan kamu agar tidak kelaparan.

Logitech H600 Wireless Headset

Wireless headset seri H600 ini juga sangat praktis untuk dibawa bepergian karena dapat dilipat dan disimpan di dalam ransel. Headset dengan rentang frekuensi headphone 40 Hz – 10KHz dan rentang frekuensi mikrofon 100 Hz – 6,5 kHz ini sangat kompatibel untuk semua platform dan OS, yang bisa kamu dapatkan dengan harga 1 sampa 1,1 juta rupiah saja.

6. Logitech G935 Wireless 7.1 Surround Lightsync Gaming Headset 981-000744

Dibandrol dengan harga cukup tinggi, dalam kisaran 3 sampai 3,2 juta rupiah, Headset Logitech G935 ini memiliki 2 mode koneksi, yakni dengan kabel dan wireless, sehingga memungkinkan kamu memilih mode mana yang akan kamu gunakan sesuai dengan keadaan kamu saat itu.

Logitech G935 Wireless 7.1 Surround Lightsync Gaming Headset 981-000744

Jika baterai headset habis terpakai, kamu bisa dengan mudah mengubah mode konektivitasnya menjadi mode kabel dengan cukup menyambungkannya ke laptop atau smartphone. Dilengkapi dengan fitur flip to mute, perangkat mikrofon pada headset ini dapat dengan mudah dinonaktifkan ketika kamu hanya ingin fokus untuk bermain game saja.

Kompatibel untuk berbagai mode operasi seperti Windows 7, macOS X 10.10, PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch, perangkat pengeras suara telinga ini didesain dengan rentang frekuensi headphone 20 Hz sampai 20 KHz dan rentang frekuensi mikrofon 100 Hz sampai 10 KHz.

7. Headset Logitech G633 Artemis Spectrum

Dilengkapi dengan fitur multi-source audio mixing, seri G633 ini mampu berdiri di atas seri-seri Headset Logitech lainnya dimana ia memungkinkan pengguna mendengarkan suara dari 2 device yang berbeda.

Panggilan telepon yang tiba-tiba datang akan sangat menganggu ketika kamu sedang seru-serunya bermain game di PC, yang terkadang menuntutmu untuk berhenti bermain dulu dan mengangkat telepon. Hal ini sangat mengganggu dan bisa merubah mood kamu dalam bermain game.

Headset Logitech G633 Artemis Spectrum

Dengan menggunakan Logitech G633, kini kamu bisa menjawab panggilan telepon yang masuk di handphone tanpa harus mem-pause permainan di PC. Selain itu, Logitech menggunakan bahan sports mesh materials yang nyaman dan breathable, dengan bantalan telinga yang dapat dilepas dan dicuci agar headset kamu tetap bersih dan higienis digunakan.

Perangkat pengeras suara telinga yang kompatibel untuk berbagai mode operasi meliputi Windows 7, macOS X 10.10, PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch ini dijual dengan harga cukup bersaing, pada kisaran 2 sampai 2,2 juta rupiah.

8. Logitech H151 Stereo Headset 981-000587

Jauh lebih murah dari seri-seri Headset Logitech sebelumnya, seri H151 ini dibandrol dengan harga sangat terjangkau, pada kisaran 200.000 sampai 300.000 rupiah saja.

Logitech H151 Stereo Headset 981-000587

Dengan harga ekonomis, headset seri ini tetap menawarkan fitur yang mumpuni dan berkualitas sangat baik dengan mode suara stereo. H151 dilengkapi dengan fitur noise-cancelling microphone dan in-line control, yang kompatibel untuk semua platform dan OS. Dengan penggunaan kabel jack 3,5 mm, headset seri ini bisa dikoneksikan langsung ke smartphone kamu.

Bagian headphone perangkat ini memiliki rentang frekuensi headphone dari 20 Hz sampai 20 kHz dan rentang frekuensi mikrofon 100 Hz sampai 6,50 kHz.

Tips mendapatkan Headset Logitech terbaik

Pilih sesuai aktivitas kamu

Sebelum membeli headset Logitech, tentukan terlebih dahulu tujuan utama dari penggunaanmu. Logitech menyediakan dua jenis headset sesuai dengan fungsi penggunaannya, yaitu untuk aktivitas biasa seperti mendengarkan music dan video, dan untuk gaming. Keduanya jenis headset tersebut tentunya memiliki karakteristik yang berbeda.

Headset Logitech Terbaik

Headset untuk aktivitas biasa memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan headset untuk gaming. Sedangkan, ear cup pada headset gaming umumnya dirancang memiliki ukuran lebih besar dan lebar agar dapat menutupi telinga secara sempurna.

Selain itu, ear cup untuk gaming juga didesain dengan bahan yang lebih lembut dan empuk sehingga nyaman untuk dipakai berjam-jam. Ciri khas lain headset gaming adalah adanya lampu RGB pada bagian samping headset.

Pilih berdasarkan koneksinya

Sama seperti perangkat pengeras suara dan komponen komputer lainnya, headset Logitech juga menawarkan 2 mode koneksi, yaitu wired (dengan kabel) dan wireless (nirkabel). Tiap-tiap koneksi tentunya akan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Secara keseluruhan, headset Logitech dengan koneksi wired memiliki ujung kabel jack audio 3,5 mm. Kabel jack audio ini dapat digunakan pada berbagai device, mulai dari komputer, laptop, smartphone, tablet, sampai Play Station.

Namun demikian, pastikan untuk selalu memeriksa ketersediaan port baik USB maupun jack, karena tidak semua perangkat memilikinya. Selain itu, ada juga headset yang menggunakan koneksi USB-A.

Jenis koneksi ini biasanya hanya dapat digunakan pada laptop atau komputer. Umumnya, perangkat smartphone atau yang lainnya tidak memiliki koneksi ini, kecuali jika kamu membelikan kabel tambahan.

Dari semua itu, koneksi wireless terkadang lebih memiliki banyak peminat karena selain lebih praktis, koneksi wireless juga mampu digunakan oleh lebih banyak jenis perangkat. Namun demikian, koneksi wireless terkadang tidak stabil dan tidak mampu bekerja tanpa adanya koneksi internet. Jadi, pertimbangkanlah baik-baik mana mode koneksi yang paling cocok dan sesuai dengan keadaan kamu.

Pilih berdasarkan fitur yang ditawarkan

Perhatikan beberapa fitur-fitur tambahan berikut sebelum kamu membeli Headset Logitech untuk lebih meningkatkan performa dan menambah fungsi kerjanya.

Pertama yaitu fitur active noise cancellation, yang mampu membuat headset nyaman digunakan meskipun di tempat umum. Kedua yaitu fitur surround sound, yang mampu memberikan efek suara seperti 3D, sehingga kamu bisa merasakan musuh yang berada di belakang kamu, yang membuat pengalaman gaming menjadi lebih seru dan menarik.

Headset Logitech Terbaik

Ketiga yaitu fitur headset yang dapat dilipat sehingga memudahkan penyimpanan, serta fitur on-ear control yang memudahkan kamu mengatur volume suara tanpa perlu membuka device.

Perhatikan kompatibilitas headset dengan device 

Kompatibilitas headset Logitech sangat bergantung pada mdoe koneksinya. Penggunaan kabel jack memungkinkan kamu menggunakan headset pada hampir seluruh jeni device, seperti Xbox, Nintendo Switch, dan Play Station.

Sedangkan untuk mode koneksi wireless, memungkinkan kamu mengakses headset kamu melalui PC atau handphone dengan mode operasi Nintendo Switch, dan Play Station. Kabar baiknya adalah, sebagian besar headset keluaran Logitech kompatibel digunakan pada segala jenis Windows dan OS.

Apa saja kekurangan Headset Logitech?  

Secara umum, perbedaan tipa seri semua produk headset terdapat pada system koneksinya, dengan kabel atau nirkabel serta frekuensi suara yang dihasilkan. Desain, warna, serta banntalan bagian telinga yang bisa dilepas juga bisa menjadi pertimbangan kamu untuk memilih.

Sebagian besar desain headset keluaran Logitech memiliki ukuran yang lebar dan tebal sehingga kadang cukup mengganggu untuk digunakan sehari-hari.

Selain itu, untuk mode koneksi wireless, belum ada seri Logitech yang bisa kompatibel dengan Xbox One, sehingga kamu hanya bisa memilih mode koneksi wireless dengan PC atau PS4, atau mode koneksi kabel dengan Xbox One.

Bagaimana cara menggunakan Headset Logitech?

Sebelum menggunakan, pastikan kamu membaca secara detail buku pentunjuk yang telah terlampir pada setiap kardus kemasan pada setiap pembelian perangkat baru yang kamu miliki. Sebelum mulai menggunakan, pastikan headset telah terkoneksi dengan perangkat sumber suara kamu, baik itu PC, laptop, atau smartphone, baik dengan koneksi kabel dengan USB dan jack, atau melalui wireless Bluetooth ataupun Wi-Fi.

Headset Logitech Terbaik

Setelah terkoneksi, sebelum digunakan melingkari kepala, pastikan posisi bagian kanan dan kiri headset. Sesuaikan dengan tanda yang biasanya terpampang jelas pada bagian casing luar pengeras suara. Bagian bertanda “L” untuk telinga bagian kiri dan “R” untuk telinga bagian kanan. Pastikan posisi headset sesuai dan tiidak tertukar sehingga kamu bisa mendapatkan hasil suara yang maksimal.

Setelah semua perangkat terkoneksi dan headset sudah menempel di kepala, mulailah memainkan video yang ingin kamu tonton, atau music yang ingin kamu dengarkan, atau game yang ingin kamu mainkan, kemudian atur volume suara pada headset sesuai dengan selera kamu. Jangan terlalu pelan, jangan juga terlalu keras karena akan merusak gendang telinga.

Pengaturan volume bisa kamu lakukan memalui PC atau komputer, melalui handphone yang kamu sambungkan ke headset, atau langsung melalui panel atau tombol pengatur volume yang ada para perangkat headset tersebut.

Bagaimana cara mengganti baterai pada Headset Logitech wireless?

Headset Logitech dengan koneksi wireless membutuhkan tenaga baterai untuk bisa menyala dan digunakan secara optimal.

Ketika tenaga baterai habis, maka yang perlu kamu lakukan hanyalah mengganti baterai dengan yang baru, yaitu dengan cara menggeser bagian panel off pada headset, cabut baterai konektor dan ganti dengan baterai yang baru. Dapatkan kembali pengalaman menarikmu dengan energi baru dari baterai baru.

Kesimpulan

Logitech International A.S. memproduksi headset gaming secara sempurna dengan desain yang nyaman, mudah disesuaikan, serta memiliki tampilan yang menarik, yang mana ditawarkan dengan berbagai rentang harga, dari yang terendah hingga yang tertinggi.

Namun demikian, salah satu kelemahan yang sangat menonjol dan diharapkan bisa ada seri baru headset yang dikeluarkan logitech untuk menangani masalah ini adalah bahwa headset wireless keluaran Logitech hanya mampu bekerja pada PS4 atau PC saja, sehingga kamu perlu mengubah ke mode koneksi wired untuk bisa menggunakannya dengan Xbox One.

Beragam kecanggihan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh Logitech pasti akan semakin menyempurnakan waktu-waktu berhargamu di dalam kamar bersama dengan PC dan laptop. Namun, bersosialisasi dengan orang lain juga adalah hal yang terpenting dalam kehidupan. Jangan sampai kamu terlalu fokus dengan headset dan game, sampai tidak mempedulikan keadaan sekitar. Jadilah orang yang selalu peka terhadap lingkungan, sama dengan headset yang selalu peka dengan sumber-sumber suara yang ada.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *