[Review] 8 Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik 2020

Kamera DSLR Terbaik

Kamera sebagai alat pengambil gambar telah menjadi perangkat umum bagi banyak orang. Salah satu jenis kamera yaitu kamera DSLR. Kamera DSLR yang pada awalnya lebih banyak dimiliki oleh para fotografer professional, saat ini mulai banyak digunakan oleh berbagai orang dari kalangan yang berbeda-beda, mulai dari yang berprofesi sebagai fotografer sampai pada kalangan mahasiswa dan pelajar.

Berikut akan kami ulas 8 rekomendasi kamera DSLR terbaik dengan berbagai macam merk, cara menggunakan dan merawatnya, serta tips-tips membeli kamera DSLR agar Anda dapat menentukan kamera DSLR yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Apa itu Kamera DSLR?

Kamare DSLR merupakan kepanjangan dari Digital Single Lens Reflex yang berarti Refleksi Lensa Tunggal Digital. Artinya gambar yang ditangkap oleh lensa direfleksikan menuju cermin dengan kemiringan 45 derajat lalu diteruskan ke pentaprisma hingga sampai ke viewfinder kamera, lalu Anda dapat melihat foto yang Anda ambil.

Kamera DSLR Terbaik

DSLR merupakan hasil digitalisasi produk SLR. Proses digitalisasi ini menghasilkan kamera dengan fitur yang semakin melengkapi kamera SLR, sehingga membuat fotografer semakin percaya diri dengan hasil yang didapat dari bidikannya.

Apa perbedaan Kamera DSLR dengan Kamera SLR?

Kamera DSLR dan kamera SLR memiliki beberapa perbedaan mulai dari cara kerja hingga proses penghasilan gambar dan harganya. Berikut penjelasannya.

Cara kerja pengambilan gambarnya

Cara kerja pengambilan gambar pada kamera SLR menggunakan sistem jajaran lensa yang berjalur tunggal. Jajaran lensa ini berfungsi untuk melewatkan berkas cahaya ke dua arah, yaitu focal plane dan viewfinder.

Dengan menggunakan sistem kerja ini, Anda dapat melihat objek yang dipotret melalui kamera yang sama dengan hasil fotonya. Sedangkan pada kamera DSLR memiliki teknik pengambilan gambar menggunakan pentaprisma dan mechanical mirror yang merupakan sistem untuk meneruskan cahya dari lensa menuju keoptical viewfinder pada kamera.

Media penyimpanannya

Pada kamera SLR menggunakan media film sebagai tempat penyimpanan gambar. Biasanya kamera SLR menggunakan film 33 mm (analog). Sedangkan kamera DSLR menggunakan media penyimpanan yang lebih praktis yaitu memory card (kartu memori). Biasanya kapasitas kartu memori pada kamera DSLR antara 2 GB hingga 256 GB.

Prosess pencetakan gambarnya

Pada kamera SLR, foto dicetak dengan menggunakan roll film di laboratorium cuci cetak foto negatif. Sedangkan kamera DSLR, foto dicetak menggunakan teknik yang lebih praktis daripada roll film, yaitu dengan teknik digital printing.

Kamera DSLR Terbaik di Indonesia

Jumlah tombol dan fitur pada kamera

Kamera SLR memiliki sedikit tombol, karena fitur-fitur yang disediakan memang terbatas. Sedangkan pada kamera DSLR memiliki tombol yang banyak, hal tersebut sesuai dengan fitur-fitur pengambilan gambar yang dimilikinya, seperti tombol ISO, preset scenes, white balance, resolusi dan fitur-fitur lainnya.

Desain serat berat kamera

Dilihat dari bentuk dan desain, kamera SLR lebih terlihat simpel dan memiliki bobot yang ringan, karena jumlah tombol pada kamera SLR lebih sedikit. Sementara itu, kamera DSLR yang memiliki tombol dan fitur yang banyak membuat kamera ini menjadi lebih berat.

Kamera DSLR Terbaik para compra

Harga kamera

Kualitas yang dimiliki masing-masing kamera dapat diketahui dari kelengkapan fitur yang disediakan. Seperti penjelasan diatas, bahwa fitur yang dimiliki oleh kamera DSLR lebih banyak jika dibandingkan dengan kamera SLR. Oleh sebab itu, harga kamera DSLR relatif lebih tinggi, jika dibandingkan dengan harga kamera SLR.

Kamera DSLR dengan Kamera SLR, mana yang lebih baik?

Kamera SLR dan kamera DSLR memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk memotret sebuah gambar atau objek. Namun jika dilihat dari beberapa perbedaan antara kamera SLR dengan kamera DSLR maka akan lebih unggul kamera DSLR. Sehingga kamera DSLR lebih baik karena memiliki beberapa keunggulan, baik dari segi media penyimpanan kamera, fitur dan lain sebagainya.

Tips memilih dan mendapatkan Kamera DSLR terbaik

Sesuaikan dengan tujuan Anda membeli kamera DSLR

Ketika ingin membeli kamera DSLR, pertimbangkan tujuan Anda membelinya. Jika Anda ingin mendalami dunia fotografi, tentu Anda akan membutuhkan kamera dengan spesifikasi yang pas, contohnya kamera DSLR semipro. Namun, jika untuk kebutuhan dokumentasi pribadi atau tugas dan kebutuhan lainnya, kamera DSLR basic saja sudah cukup.

Kamera DSLR Terbaik

Perhatikan jenis fotografi dan karakteristik kamera

Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal tentunya Anda perlu memilih tone yang sesuai preferensi. Apakah Anda ingin mendalami landscape photography, foto portrait, dan lain sebagainya.

Namun, jika Anda ingin memotret pemandangan untuk bisa dibawa travelling, tentu akan membutuhkan kamera yang agak ringan, simple tetapi memberikan gambar tajam untuk memunculkan warna yang maksimal.

Sesuaikan dengan budget 

Jika Anda sudah mengetahui tujuan dan jenis kamera yang dibutuhkan, maka Anda perlu menyesuaikan dengan budget yang Anda punya. Setidaknya lakukan survei harga, miliki patokan harga yang sesuai. Jangan sampai Anda membeli kamera terlalu mahal tetapi tidak sesuai kebutuhan.

Perhatikan fitur yang diinginkan 

Kenali fitur-fitur apa saja yang ditawarkan pada kamera impian Anda. Agar dapat menunjang aktivitas fotografi untuk kebutuhan sehari-hari, Anda bisa memilih kamera berfitur standart dengan harga yang relatif terjangkau. Tetapi, jika Anda ingin menunjang kebutuhan pekerjaan atau profesi, Anda akan membutuhkan kamera dengan fitur unggulan.

Ukuran dan model 

Pilihlah ukuran yang nyaman digenggam oleh tangan. Untuk mendapat hasil fotografi terbaik tentu harus dalam posisi yang nyaman. Selain itu, model juga akan mempengaruhi kenyamanan tangan ketika menggenggam.

Kamera DSLR Terbaik

Pelajari spesifikasi kamera 

Megapiksel, ISO, sensor merupakan beberapa unsur penting dalam spesifikasi kamera. Resolusi juga diukur dari seberapa besar megapiksel dalam sebuah kamera. Selain itu, lensa turut berperan penting dalam pengambilan gambar. Pastikan resolusi dan spesifikasi sesuai dengan kemampuan fotografi yang Anda inginkan.

Cek garansi 

Garansi merupakan salah satu unsur penting untuk diperhatikan ketika ingin membeli kamera DSLR. Ketahui berapa lama waktu garansinya. Kemudian, perhatikan juga komponen apa saja yang termasuk dalam garansi tersebut. Dengan begitu garansi dapat dimanfaatkan sebaik mungkin nantinya.

Pastikan ketersediaan service center 

Pilihlah agen DSLR yang ada didekat rumah Anda. Hal ini bertujuan agar dapat memudahkan service atau mengganti sparepart kamera ketika rusak. Walaupun hal ini terlihat sepele, cukup penting mempertimbangkan service center didekat rumah. Jika ada kerusakan yang tidak diinginkan, memperbaiki kamera akan jadi lebih mudah.

5 merk Kamera DSLR terbaik dan berkualitas

1. Kamera DSLR Canon

Canon Inc. merupakan perusahaan multinasional Jepang yang telah berdiri sejak tahun 1937, yang bergerak dalam bidang opticali imaging dan industrial product, dan telah menghasilkan berbagai produk unggulan, salah satunya adalah Kamera DSLR. Canon merupakan salah satu kamera DSLR yang paling populer di dunia.

Kamera DSLR Canon

Canon memiliki koleksi lensa yang lengkap dari yang berkualitas rendah hingga tinggi. Kamera-kameranya juga lengkap dari yang ditujukan untuk pemula sampai yang sangat canggih untuk seseorang yang profesional.

Canon seri 1100D, 600D dan 650D adalah kamera DSLR yang mudah digunakan untuk para pemula. Dua tahun terakhir ini, Canon lebih fokus dalam pengembangan kamera DSLR yang dapat merekam video clip. Sampai saat ini, hampir semua kamera DSLR Canon melampaui pesaingnya dalam urusan merekam video.

2. Kamera DSLR Nikon 

Nikon merupakan anak perusahaan Mitsubishi yang didirikan pada tahun 1917 dengan nama Japan Optical Industries Corporation. Nikon kemudian berubah menjadi Nikon Corporation pada 1988 setelah aksi hebatnya dalam produksi dan inovasi produk kamera. Kamera DSLR dengan merk Nikon juga memiliki lensa yang berkualitas tinggi, seperti D700, D3s.

Kamera DSLR Nikon 

Kamera DSLR tersebut merupakan kamera DSLR yang canggih karena auto fokusnya bekerja sangat baik, pengendalian noise di ISO juga tinggi, sehingga cocok digunakan untuk foto di kondisi ruangan yang gelap.

3. Kamera DSLR Sony 

Sony merupakan merk kamera DSLR yang telah mengunakan teknologi Konica Minolta. Sony cukup agresif dan banyak mengeluarkan model-model baru setiap tahunnya, tapi model-model kamera tersebut mirip-mirip. Sony juga memiliki deretan model kamera dari yang untuk pemula sampai untuk yang professional. Sony memiliki beberapa keunikan, misalnya pada kamera-kameranya terdapat fitur built-in steady shot yang membantu mencegah foto blur karena getaran tangan.

Kamera DSLR Sony 

Kamera DSLR Sony juga memiliki dua sensor auto fokus sehingga auto fokus saat mode live view jauh lebih cepat daripada kamera merek lain. Selain itu, banyak model kamera Sony yang memiliki layar LCD yang bisa di putar sehingga memudahkan komposisi foto diatas kepala atau dibawah kaki. Kamera DSLR unggulan Sony yaitu Sony A55, A33, dan Sony NEX-5, NEX-3.

4. Kamera DSLR Pentax 

Pentax dapat dibilang pemain kecil di kancah kamera DSLR, tapi desain kamera Pentax sebenarnya cukup baik. Fokus Pentax dalam beberapa tahun terakhir adalah tampil beda (Be Different). Kamera DSLR Pentax seperti km, kx merupakan kamera yang kecil tapi kokoh dengan fitur yang cukup bersaing.

Keunikan kamera ini adalah memakai batere AAA universal, sehingga jika baterai habis, bisa langsung membeli di toko terdekat. Pentax k-x juga tersedia dalam berbagai warna seperti putih dan merah.

Kamera DSLR Pentax

Pentak memiliki kamera DSLR unggulan, yaitu K5 yang diklaim canggih yang berukuran tidak begitu besar, tapi tahan di cuaca yang buruk, termasuk di kondisi yang sangat dingin. Pentax memiliki lensa prime/fixed yang sangat kecil dan berkualitas tinggi seperti Pentax 70mm f/2.4, 31mm f/1.4 dan sebagainya. Seperti Sony, semua model kamera Pentax juga terdapat built-in peredam getar.

5. Kamera DSLR Olympus

Keunikan sistem kamera DSLR Olympus terletak pada ukuran kamera dan lensa yang relatif lebih kecil dan kurus. Hal ini karena Olympus menggunakan sensor 4:3 (four thirds), akibatnya kualitas foto dari sensor 4:3 ini agak kurang terutama di ISO tinggi. Meskipun demikian, kualitas foto Olympus jauh lebih baik dari kamera saku.

Kamera DSLR Olympus

Meski kecil, kamera Olympus kecuali model E-420, juga terdapat fitur built-in peredam getar. Pada tahun itu, Olympus mengumumkan akan mengkonsentrasikan diri ke pengembangan micro four thirds (kamera mirip DSLR yang berukuran lebih kecil) dan menghentikan pembaharuan lensa untuk DSLR.

Top 8 Kamera DSLR terbaik dan berkualitas di Indonesia

1. Kamera DSLR Nikon D3300

Nikon D3300 merupakan kamera DSLR yang memiliki user interface yang cocok untuk pemula. Kamera DSLR ini dilengkapi dengan fitur-fitur mutkahir, seperti 24 MP CMOS Expeed 4 sensor, ISO range hingga 25600 (boost) dan continous shoot hingga 5 fps.

Kamera DSLR Nikon D3300

Selain itu, terdapat pula kemampuan recording video full HD 60 fps yang membuatnya menjadi salah satu merk kamera DSLR yang bagus. Nikon D3300 memiliki harga berkisar Rp. 4.200.000 hingga Rp. 8.625.000.

2. Nikon D3400

Nikon D3400 merupakan salah satu merk kamera DSL terbaik dengan body yang ramping dan praktis. Nikon D3400 menggunakan sensor 24 MP CMOS image processor XPEED 4 dengan ISO sensitivity 100-25.600.

Kamera DSLR Nikon D3400

Selain itu, kamera ini juga memiliki fitur seperti, 5 fps continous shooting full HD 60 fps video recording, serta fitur bluetooth low energy untuk konektivitas ke smartphone. Nikon D3400 memiliki harga berkisar Rp. 4.960.000 hingga Rp. 9.525.000.

3. Kamera DSLR Nikon D5300

Nikon D5300 merupakan kamera nikon yang menyasar pasar upper entry-level penyempurnaan dari seri Nikon D5200 dengan meninggalkan optical low pass filter dari sensor kameranya. Nikon D5300 dapat merekan video Full HD dan layar LCD yang dapat dilipat.

Kamera DSLR Nikon D5300

Pilihan kamera DSLR favorit ini merupakan kamera DSLR Nikon terbaik pertama dengan built in Wi-Fi dan GPS di dalam kameranya. Nikon D5300 memiliki rentang harga Rp. 6.032.000 hingga Rp. 11.925.000.

4. Canon EOS 750D

Canon EOS 750D adalah kamera DSLR populer yang dibekali sensor APS-C (22.3 x 14.9 mm) dan ketajaman 24 MP. Canon EOS 750D memiliki rentang sensitifitas ISO 100-12800 dan dapat ditingkatkan lagi hingga 25600, shutter speed 1/4000 detik sampai minimal 30 detik.

Canon EOS 750D

Kamera ini juga memiliki fituR Wi-Fi dan NFC untuk memudahkan transfer hasil foto, menjadikannya pilihan terbaik untuk kategori kamera DSLR. Canon EOS 750D memiliki rentang harga Rp. 6.600.000 hingga Rp. 18.675.000.

5. Canon EOS 80D

Canon EOS 80D merupakan kamera DSLR yang memiliki fitur sistem AF 45 titik fokus, ISO pada rentang 25600 serta processor berkecepatan tinggi dengan sensor MOS 24.2 MP. Tipe kamera DSLR populer keluaran Canon ini dilengkapi teknologi EOS scene analysis yang memberikan nilai lebih bagi pecinta fotografi. Canon EOS 80D memiliki rentang harga Rp. 11.472.000 hingga Rp. 28.560.000.

Canon EOS 80D

6. Kamera DSLR Canon EOS 5DS R

Canon EOS 5DS R memiliki sensor CMOS full frame (36 x 24 mm) dengan ketajaman 51 MP. Canon EOS 5DS R merupakan kamera DSLR favorit yang memiliki layar LCD 3,2 inci yang memiliki fitur fine detail picture style untuk meningkatkan ketajaman dan detail gambar serta terdapatnya layar custom quick control yang bisa dikustomisasi oleh penggunanya. Canon EOS 5DS R memiliki rentang harga Rp. 37.000.000.

Kamera DSLR Canon EOS 5DS R

7. Canon EOS Rebel SL2

Canon EOS Rebel SL2 merupakan penerus generasi sebelumnya yaitu Canon 1000D. Kamera ini mengandalkan sensor CMOS APS-C yang memiliki resolusi 24.2 MP serta ditenagai dengan pocesor Canon DIGIC 7.

Canon EOS Rebel SL2

Selain itu, Canon EOS Rebel SL2 juga dilengkapi dengan pengaturan ISO hingga 25600 dan mampu mengambil foto dengan kecepatan 5 fps, dan full HD 60 fps untuk perekam video. Canon EOS Rebel SL2 memiliki rentang harga Rp. 6.425.000 hingga Rp. 12.149.000.

8. Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark IV

Canon EOS 5D Mark IV merupakan generasi penerus seri 5D yang memiliki sensor CMOS full frame (36 x 24 mm) dengan ketajaman 30 MP. Canon EOS 5D Mark IV memiliki processor gambar DIGIC 6+ dan teknologi digial lens optimizer (DLO) serta dual pixel RAW (DPRAW) untuk mengatur posisi efek bokeh dan mengurangi efek ghosting dan flare.

Kamera DSLR Canon EOS 5D Mark IV

Dengan sederet fitur tersebut, akan menjamin kualitas terbaik untuk kamera DSLR ini. Canon EOS 5D Mark IV memiliki rentang harga Rp. 37.000.000.

Kekurangan Kamera DSLR

Memiliki bentuk yang besar dan berat

Kamera DSLR memiliki prisma dan cermin. Hal tersebut yang menjadikan kamera DSLR memiliki bodi lebar dan kening menonjol, posisi viewfinder dalam kamera DSLR juga harus segaris dengan sensor digital dan sumbu optik. Hal tersebut yang menyebabkan semua kamera DSLR memiliki bentuk bodi dasar yang mirip. Karena komponennya yang besar, maka kamera DSLR memiliki bobot yang lumayan berat.

Harga yang relatif mahal

Kamera DSLR memiliki harga yang relatif mahal daripada kamera digital biasa. Namun, dibalik harga yang mahal pasti ada kepuasan tersendiri atas hasil jepretan yang diambil oleh kamera DSLR tersebut.

Butuh perawatan lebih

Dengan lebih seringnya dipakai di lapangan, maka perhatikan kebersihan dari lensa dan kamera DSLR Anda. Anda harus selalu perhatikan hal ini sebab jika debu dan kotoran masuk ke sensor akan membuat gambar jadi kotor.

Kamera DSLR Terbaik

Tips menggunakan dan merawat Kamera DSLR

Selalu bawa kamera di dalam tas khusus

Ketika Anda hendak membawa kamera DSLR pergi keluar, seperti hunting foto, gunakanlah tas khusus untuk melindungi kamera DSLR. Tas ini dilengkapi dengan bantalan empuk di dalamnya yang menjaga kamera dari segala jenis banturan.

Di dalam tas khusus ini juga terdapat ruang khusus untuk menyimpan lensa, charger filter, dan perlengkapan lain yang akan mendukung aktivitas fotografi Anda. Hindari memasukkan kamera DSLR ke dalam tas biasa atau tas ransel, karena tas tersebut tidak dilengkapi dengan pelindung untuk menjaga kamera agar tetap aman.

Jauhkan kamera dari air 

Meskipun kamera DSLR Anda diklaim waterproof atau weather sealed, usahakan untuk tetap menjauhkan kamera dari air. Karena kamera DSLR sangat sensitif terhadap air. Air yang masuk ke dalam kamera bisa merusak komponen internal kamera DSLR Anda. Selain itu, sisa air yang mengendap juga dapat membuat lensa berembun.

Jaga kebersihan lensa kamera

Selalu jaga kebersihan lensa kamera Anda walaupun kamera tersebut tidak akan digunakan. Salah atu cara membersihkan lensa DSLR dalah menggunakan cleaning kit, tetapi Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus. Akan tetapi, jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih tersebut ke lensa, tapi semprotkan cairan ke lap microfiber, lalu usapkan lap tersebut ke seluruh bagian lensa.

Kamera DSLR Terbaik

Di samping itu, selalu pasang lens cap ketika lensa sedang tidak digunakan. Lens cap akan melindungi lensa kamera DSLR Anda dari debu atau sidik jari. Tidak hanya mampu menjaga lensa tetap bersih, lens cap juga menjaga lensa agar terlindung dari segala macam benturan.

Pasang filter dan lens hood untuk melindungi lensa

Sesuai dengan namanya, UV Filter akan menjaga lensa dari pengaruh buruk sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet. Selain itu, fungsi dari filter adalah untuk mencegah debu dan kotoran menempel di lensa. Sedangkan penggunaan lens hood berguna untuk mencegah cahaya yang berlebih masuk ke sensor kamera.

Sebagai informasi, cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera dalam jangka panjang mampu mengurangi kepekaan sensor, sehingga sangat dianjurkan saat anda hunting foto di ruang terbuka pada siang hari untuk selalu menggunakan lens hood.

Lengkapi LCD kamera dengan pelindung layar

Cara merawat kamera DSLR khususnya pada bagian LCD adalah dengan memasang screen guard atau pelindung layar. Pelindung ini akan menjaga layar agar tidak tergores atau terkena sidik jari. Bahkan, screen guard akan menjaga layar LCD agar terlindung dari air atau debu.

Kamera DSLR Terbaik

Bersihkan body kamera secara berkala

Perawatan tidak hanya dilakukan pada layar LCD saja, tapi juga pada body kamera DSLR. Saat ini sudah banyak tersedia cairan pembersih untuk merawat body kamera. Cara membersihkan body kamera DSLR, yaitu aplikasikan cairan tersebut ke kain halus, lalu poles kain tersebut ke seluruh body kamera.

Jangan lupa untuk menjangkau area karet ring zoom dan ring fokus pada lensa kamera, karena bagian-bagian ini biasanya sering terlewatkan saat seseorang membersihkan body kamera DSLR.

Gunakan shoulder strap saat mengambil foto

Shoulder strap berfungsi untuk menggantungkan kamera di leher saat Anda sedang mengambil foto. Shoulder strap dapat menjaga kamera agar tidak jatuh atau terlepas dari genggaman Anda.

Perhatikan perawatan baterai kamera

Cara merawat baterai kamera DSLR agar tetap awet adalah jangan membiarkan baterai kamera disimpan di ruangan dengan suhu ekstrem, seperti 43 derajat. Jangan lupa untuk mengisi daya baterai apabila Anda sudah tidak menggunakan kamera tersebut dalam jangka waktu panjang.

Kamera DSLR Terbaik

Penyimpanan kamera DSLR pun harus sesuai dan benar sehingga kamera tidak mudah rusak. Masukkan kamera DSLR anda ke dalam dry box yang akan melindungi kamera DSLR Anda agar tetap kering dan terhindar dari kelembaban serta menjaga dari perubahan suhu yang tergolong ekstrem yang mungkin dapat merusak komponen internal kamera.

Kesimpulan

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) adalah kamera yang memiliki cermin 45 derajat untuk memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder kamera sehingga Anda dapat melihat foto yang Anda ambil. Salah satu hal yang mendorong semakin banyaknya pengguna DSLR adalah harga dari kamera tersebut yang sudah semakin terjangkau bagi kalangan menengah.

Selain itu, sensor kamera DSLR berukuran jauh lebih besar dibandingkan sensor pada kamera pada umumnya sehingga sensitivitasnya terhadap cahaya pun lebih baik. Artinya, kamera DSLR bisa digunakan di tempat-tempat gelap tanpa penerangan tambahan.

Jika Anda berencana membeli Kamera DSLR Terbaik, maka sesuaikanlah tujuan atau kebutuhan Anda dengan kamera impian Anda. Selain itu, pertimbangkanlah ukuran model, fitur-fitur tambahan yang diberikan. Serta cek garansi dan service center yang mudah ditemui.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *