[Review] Top 7 Kamera Mirrorless Terbaik di Indonesia 2019

kamera Mirrorless terbaik
[Review] Top 7 Kamera Mirrorless Terbaik di Indonesia 2019
Rate this post

Kamera Mirrorless adalah salah satu jenis kamera yang saat ini sedang digandrungi didunia fotografi. Kemampuannya yang menyaingi DLSR namun harganya yang murah membuatnya menjadi incaran bagi pecinta fotografi.

Banyak alasan yang membuat orang memilih kamera mirrorless diantaranya body nya yang lebih langsing dibandingkan dengan kamera DLSR sehingga lebih nyaman untuk dibawa dan digenggam.

Dengan deimkian ketika anda berpergian, anda tidak perlu membawa tas berat berisi kamera yang besar namun dengan kamera mirrorles ini anda masih bisa mengabadikan momment perjalanan anda dengan hasil menakjubkan. Selain itu tekhnologi yang mengiring kamera pun beraneka ragam mulai dari EVF, leaf Shutter, AF dan lain sebagainya.

Kualitas terbaik yang diberikan bisa terlihat dari material yang digunakan untuk desain kamera mirrorless. Mekasnisme kamera jenis ini pun tidak sekompleks DSLR, namun hasil jepretan bisa menyaingi hasil gambar dari kamera DSLR..

Bagi anda yang saat ini berencana untuk membeli kamera, maka artikel ini akan membantu anda memahami jenis kamera mirrorless terbaik dan berkualitas bagus yang ada dipasaran

Apa itu kamera mirrorless?

Kamera mirrorless adalah kamera yang tidak memiliki cermin dan jendela optik seperti kamera DSLR. Tidaknya adanya cermin dan prisma dalam kamera membuat bobot kamera menjadi lebih ringan. Dengan demikian jika anda hendak membidik atau mengambil gambar, anda harus menggunakan live view yang artinya melihat langsung dari LCD.

Kamera mirrorless

Apa bedanya DSLR dan Kamera Mirrorless?

Perbedaan yang utama adalah pada ketersediaan cermin atau pentaprisma. Keuntungan yang paling menonjol ketika anda memilih untuk membeli kamera mirrorless adalah pengambilan gambar yang lebih cepat dibanding dengan DSLR hal ini dikarenakan pantulan gambar langsung mengenai sensor tanpa melalui cermin / pentaprisma terlebih dulu dan masalah fokus pun sangat cepat.

Kamera mirrorless

Dengan kata lain dalam hal sensor , kamera misrrorless memiliki sensor setara DSLR kelas menengah.

Tips membeli kamera mirrorless terbaik

Sensor kamera mirrorless

Ada beberapa jenis sensor yang dipakai pada kamera mirrorless yaitu CMOS, Fullframe serta Medium Format dan APS – C. Pada umumnya kebanyakan sensor yang dipakai adalah jenis APS-C dan CMOS.

Namun ada juga beberapa vendor yang telah menggunakan sensor berukuran besar seperti Medium Format serta Fullframe. Jika tujuan anda menggunakan kamera mirrorless adalah untuk pengambilan gambar atau video hanya sebatas dokumentasi maka kamera mirrorless dengan lensa APS-C atau CMOS sudah sangat cukup.

Sensor kamera mirrorless

Namun berbeda ketika Anda membutuhkan hasil gambar dengan detail serta kualitas pembesaran yang maksimal. Untuk tujuan tersebut maka kamera mirrorless yang anda pilih adalah kamera dengan sensor fullframe atau Medium Format. Namun perlu anda catat, bahwa harga kamera dengan sensor besar juga lebih mahal dibanding dengan sensor APS-C.

Ketersediaan lensa tambahan

Ketika anda hendak membeli kamera lensa mirrorless, maka ada baikny aada cari tahu terlebih dahulu apakah kamera mirrorless incaran anda memliki lensa tambahan atau tidak. Dengan kecukupan lensa kamera maka Anda tidak perlu repot untuk menggunakan adapter ketika akan mengambil gambar dengan lensa khusus seperti telephoto atau makro.

Ketersediaan lensa tambahan

Saat ini masing-masing produsen kamera telah melengkapi ketersediaan lensa untuk produk kamera mirrorless mereka. Ada juga beberapa produsen lensa pihak ketiga seperti Tamron, Tokina, atapun Samyang yang juga ikut memproduksi lensa untuk kamera mirrorless.

Perhatikan apakah kamera mirrorless anda bisa sesuai dengan produk lensa tambahan yang dijual dipasaran. Pasalnya ketika Anda memilih kamera dengan sensor fullframe misalnya, tak semua vendor memiliki lensa untuk kamera mirrorless fullframe. Begitu juga untuk medium format, lensa yang digunakan juga harus sesuai. Inilah yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan memilih kamera mirrorless yang bagus.

Sesuaikan dengan isi dompet

Kalau point yang satu ini memang penting ya. Pilihlah kamera mirrorless yang sesuai dengan kebutuhan, tidak harus mahal atau murah. Meskipun fitur yang dimiliki setiap kamera mirrorless ditentukan oleh harga, namun fitur unggulan tersebut belum tentu mewakili dari kebutuhan Anda untuk memotret.

Sesuaikan dengan isi dompet

Memang kadangan sebagai manusia kita sering “lapar mata” sehingga lupa untuk menyesuaikan antara apa yang kita butuhkan dengan apa yang kita miliki. Bagi para pemula, khususnya para blogger maka Anda bisa memilih kamera mirrorless dengan resolusi 16MP untuk foto dan resolusi 1080p untuk video. Kamera mirrorless dengan spesifikasi tersebut pastinya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan anda.

Untuk yang bekerja diluar ruangan atau bahkan bekerja dengan cipratan air, maka adabaiknya anda memilih mirrorless yang telah memiliki lapisan pengaman air di bagian lensa atau waterproof dan dust proof. Fitur HD (high definition) sepertinya tidak terlalu diperlukan karena akan menambah berat kinerja post-processing untuk Anda melakukan upload video atau hasil foto.

Fitur tambahan

Ada beberapa fitur tambahan yang sebaiknya anda berikan perhatian saat akan memilih kamera mirrorles, seperti misalnya fitur NFC atau Wifi yang akan mempermudah anda ketika mengirim gambar ke orang lain dengan bantuan internet atau perangkat pintar lain yang ada.

Jika beberapa poin seperti lensa, sensor ataupun hal lain telah terpenuhi maka Anda perlu melihat fitur tambahan yang dimiliki, jika bagus dan diperlukan maka tak ada salahnya untuk memiliki kamera mirrorless tersebut.

Garansi

Poin yang satu ini tentu tidak boleh terlewatkan ya. Setiap anda membeli produk elektronik maka point garansi tidak boleh anda kesampingkan. Belilah produk yang memberikan masa garansi yang lama. Selain itu juga pastikan anda mengerti service center produk kamera mirrorless anda.

Hal ini untuk mempermudah anda menemukan spare part ataupun mencari tukang servis kapan saja anda menemukan. Servis ke tukang servis resmi akan memberikan jaminan bagi anda dan produk anda karena biasanya mereka sudah paham akan seluk beluk produk yang dijual.

Merk kamera Mirrorless terbaik dan berkualitas Bagus

Olympus

Mungkin kalau untuk orang Indonesia, merk satu ini tidak begitu terkenal. Namun untuk pasar Eropa sendiri, merek Olympus merupakan salah satu yang diandalkan lho. Produsen kamera kenamaan asal Jepang, Olympus, mengklaim punya karakter berbeda dari kamera yang ada di pasaran saat ini.

Kamera Mirrorless Olympus

Olympus punya karakter kecepatan dan kestabilan saat memotret gambar. Pasalnya, kamera Olympus bisa ngunci objek dengan cepat meskipun dalam kondisi minim cahaya. Sedangkan, dalam segi video, Olympus masih kalah dengan kompetitornya.

Canon

Merek yang paling terkenal di industri kamera didunia dipegang oleh Canon. Merek yang udah meramaikan pasar DSLR sejak 2000-an ini bikin Canon punya penggemar yang enggak sedikit bahkan sampai jadi penggemar fanatik.

Kamera Mirrorless Canon

Setelah berhasil dengan produk DSLR, Canon pun ikut meramaikan pasar kamera mirrorles. Uniknya lagi, Canon punya beberapa tingkatan yang bisa disesuaikan penggunanya. Ada yang dirancang untuk pemula (beginner), serius (advanced/semi-pro), dan kelas profesional (master).

Nikon

Sama seperti Canon, Nikon juga memiliki banyak penggemar fanatik di seluruh dunia. Nikon dikenal punya tingkat keawetan dan kekuatan yang tahan banting dibandingkan merek lainnya.

Kamera Mirrorless Nikon

Soal harga, kamera Nikon lebih mahal daripada merek lainnya. Namun, ini sebanding dengan dengan kekuatan dari badan kamera yang ditawarkan. Bedanya dengan Canon, Nikon tidak membagi kamera berdasarkan kelas-kelas pengguna melainkan berdasarkan kelas harga dan fitur. Dengan demikian para calon pembeli akan mudah dalam memilih kamera apa yang cocok buat dibeli.

Pentax

Perusahaan yang awalnya bernama Asahi Optical Joint Stock Co. ini berganti nama jadi Ricoh Imaging Company Limited. Perusahaan yang berdiri sejak 1919 ini memproduksi kamera DSLR yang dikenal dengan nama Pentax.

Kamera Mirrorless Pentax

Kamera digital yang dirilis pada 1950 ini masih jadi salah satu kamera yang banyak diminati oleh penggemar fotografi. Dengan kesuksesasnnya merilis DSLR, Pentax pun ikut merilis produk kamera mirrorless.

Sony

Sony merupakan perusahaan elektronik yang saat ini turut meramaikan pasar kamera mirrorless. Jika saat ini kebanyakan perusahaan pembuat kamera mirrorless menggunakan sistem kamera dengan sensor APS-C. Sejauh ini baru Sony yang menyediakan kamera tanpa cermin dalam dua format.

Kamera Mirrorless Sony

Kalau dilihat dari kualitas kamera, Sony makin lama makin mendekati kualitas Canon dan Nikon. Namun, pada fitur ISO, Sony dikenal paling sempurna dibanding Canon dan Nikon. Pasalnya, meski dalam kondisi gelap, hasil jepret kamera Sony tetap bening, halus, dan tanpa noise.

Hal itulah yang bikin Sony banyak digandrungin anak muda. Desain yang simple dan kekinian juga diciptakan oleh Sony untuk tetap mengikuti perkembangan jaman dan perminta pasar.

7 Kamera Mirrorless terbaik dan berkualitas Bagus

Olympus OM-D E-m10 Mark III

OM-D E-M10 Mark III tidak berbeda dengan Mark II. Dilihat dari spesifikasinya, seri Olympus ini memiliki kesamaan dengan pendahulunya. Namun, Olympus telah memperbaiki dan meningkatkan bagian dari Olympus OM-D E-M10 Mark III ini.

Olympus OM-D E-m10 Mark III

Beberapa akan mengkritik format sensor Micro Four Thirds yang lebih kecil (kira- kira setengah area APS-C) namun efeknya pada kualitas gambar kecil dan ini berarti lensa lebih ringan dan seimbang. Olympus seri ini memiliki sporting sistem stabilisasi gambar sampai 5 kali, kecepatan pemotretan 8,6fps yang membuatnya menjadi mengesankan. Sedangkan untuk video sendir,kamera ini memiliki kualitas gambar video sampai 4K.

Kamera Mirrorless Sony Alpha A9

Untuk kali ini, kamera mirrorless keluaran Sony mematahkan cerita bahwa kamera jenis mirrorless berbody kecil. Nyatanya kamera keluaran Sony ini hampir mirip dengan DSLR. Hal tersebut bisa dilihat dari handgrip yang digunakan dibuat melengkung bukan lurus seperti kamera mirorrless pada umumnya. Kamera sony alpha A9 ini memiliki dual slot SD card dengan menggunakan UHS-II.

Kamera Mirrorless Sony Alpha A9

Selain itu terdapar pula fitur dan tombol kamera yang lengkap layaknya DSLR. Dengan kecetapan pengambilan gambar 20 frame perdetik, kamera ini bisa anda gunakan untuk memotret objek yang sedang bergerak atau sedang berolahraga.

Sayangnya kekurangan dari kamera Sony Alpha A9 ini adalah tidak tahan air.

Harga untuk mendapatkan kamera mirrorless yang menakjubkan ini cukup fantastis yaitu diangka Rp 65.000.000. Namun jika dilihat dari fitur dan hasil yang didapatkan dari kamera mirrorless ini, harga segitu cukup wajar ya.

Canon EOS m2 Kit 18-55mm + 90EX

Kalau anda yang ingin melihat langsung hasil gambar saat pengambilan, maka anda mungkin akan memilih Canon EOS M2 yang dilengkapi dengan layar lipat. Kamera ini juga memiliki bobot yang sedikit lebih ringan dibanding M10/ Kelebihan lainnya bisa kita temukan pada range ISO maksimal yang mencapai 25600 yang pastinya gambar yang dihasilkan lebih maksimal.

Canon EOS m2 Kit 18-55mm + 90EX

Selain itu Canon EOS M2 juga sudah dilengkapi dengan microphone stereo didalamnya. Tidak hanya gambar tapi juga kamu bisa merekam merekam video dengan kualitas audio yang lebih jernih. Untuk lebih lanjut berikut adalah rincian dari kamera mirrorless Canon EOS M2

Untuk mendapatkan kamera ini anda cukup merogoh kocek sedalam Rp. 6.500.000

Pentax Qs1 Kit 5-15mm

Masih dari seri Q, kali ini Pentax Q-S1 masuk kedalam salah satu kamera mirrorless terbaik dikelasnya. kamera Pentax Q-S1 mengutamakan ukurannya yang sangat kecil. Dengan demikian anda tidak terlalu repot ketika harus menggenggamnya. Dengan menggunakan bahan aluminum yang terasa nyaman digenggam maka kamera ini cocok sekali anda bawa berlibur.

Pentax Qs1 Kit 5-15mm

Layout body yang ergonomis membuat kamera ini sangat tepat dan mudah digunakan oleh semua kalangan, mulai dari pemula hingga fotografer professional. Kalau kamu yang baru saja mau mulai menjadi selebgram ataupun ingin mempercantik hasil foto, kamera mirrorless ini bisa menjadi salah satu rekomendasi kamera mirrorless terbaik.

Sayangnya, karena ukurannya yang kecil, kamera mirrorless ini menggunakan sensor tipe kecil. Namun demikian kamera ini tetap mampu menghasilkan foto dan video high definition. Kalau ingin mengetahui detailnya, cek dibawah ini ya.

Untuk mendapatkan kamera ini anda cukup merogoh kocek sebesar Rp. 5.600.000.

Nikon 1 J5 Kit 10-30mm

Nikon 1 J5 hadir dengan sensor CMOS yang memiliki resolusi 20.8 Megapxiel. Dengan menggunakan sensor tersebut, Nikon 1 J5 ini mampu menghasilkan foto dan video dalam kualitas yang jernih.

Nikon 1 J5 Kit 10-30mm

Layar dari kamera ini bisa dilipat. Jadi kalau anda mau langsung melihat hasil bidikan anda cukup membuka layarnya saja. Selain itu kamera mirrorles terbaik ini juga dilengkapi dengan fitur touchscreen yang membuat kamera ini sangat mudah digunakan oleh pemula. Untuk detail fitur anda bisa melihat dibawah ini :

Jangan takut dengan harganya, cukup dengan membayar Rp. 4.300.000, maka kamera mirrorless terbaik keluaran Nikon ini bisa anda bawa pulang.

Sony Alpha A3000

Kalau anda menginginkan kamera yang beraneka fitur namun tetap dengan low budget maka anda bisa memilih Sony A3000. Untuk urusan fitur, maka anda bisa menjagokan produk dari Sony. Untuk menghemat budget dan memenuhi permintaan pasar, maka Sony A3000 ini masih menggunakan bahan plastik pada sistem mounting lensanya.

Sony Alpha A3000

Tapi kalau dari tampilan dan desain, Sony A3000 masih menganut desain konvensional. Sedangkan kalau dilihat dari kemampuan dan fitur yang ditawarkan untuk sebuah kamera mirrorless berkualitas, maka anda bisa memilih Sony Alpha A3000. Berikut adalah detail fitur yang ditawarkan

Tenang, harga yang ditawarkan cukup murah. Hanya dengan merogoh kantong sebanyak Rp. 4.600.000 anda bisa membawanya pulang.

Olympus PEN E-P3 Kit 14-42mm + 40-150mm

Satu lagi produk Olympus yang layak untuk anda pertimbangkan yaitu Olympus PEN E-P3. Kamera mirrorless ini adalah versi upgrade dari jajaran kamera PEN Series dari brand ternama Olympus yang dirilis sebelumnya. Hadir dengan banyak peningkatan pada bagian performa, kamera mirrorless berkualitas ini tetap mempertahankan gaya retro pada tampilan luarnya.

Olympus PEN E-P3 Kit 14-42mm + 40-150mm

Ukuran sensor yang digunakan masih dalam format yang sama. Namun kamera Olympus PEN E-P3 ini diklaim lebih mumpuni ketika mengambil gambar pada kondisi rendah cahaya. Fitur utama yang membedakan kamera ini dengan seri sebelumnya adalah firmware baru yang membuat touchscreen interface lebih mudah digunakan ketika hendak melakukan autofocus, zooming atau perintah lainnya. Spesifikasi dari kamera ini bisa anda simak berikut ini

Harga tidak akan menjadi masalah besar, karena anda bisa membawa pulang kamera ini dengan harga Rp. 4.800.000,-

Cara merawat kamera mirrorless

Perhatikan suhu tempat penyimpanan kamera

Iklim tropis di Indonesia mampu menyebabkan jamur pada lensa kamera mirrorless anda. Oleh karena itu anda perlu memberi perhatian pada suhu tempat penyimpanan kamera mirrorless. Perhatikan panduan penyimpanan yang terdapat pada buku petunjuk. Bila perlu anda bisa meletakkan silica gel dan letakan pada kotak penyimpananan.

Cara merawat kamera mirrorless

Simpanlah kamera mirrorles dalam dry box

Jangan sepelekan dry box sebagai tempat penyimpan kamera. Dengan meletakkan kamera di dalam dry box maka kelembapan kamera mirrorless tetap terjaga. Selain itu dry box juga bisa anda gunakan  untuk menyimpan baterai, filter, flash, juga vertical grip. Kamera dan peralatannya akan lebih aman dan awet bila diletakkan di dalam dry box ini.

Hindari kontak langsung dengan air atau sengatan matahari yang terlalu lama

Hindari lensa kamera anda terkena air laut yang bisa mengakibatkan gesekan dan korosi pada lensa. Lindungi kamera dengan waterproof casing sehingga lebih aman ketika terjadi hujan atau cipratan air mendadak. Cipratan air bisa membuat komponen dalam kamera mirrorless anda menjadi lembab dan mempengaruhi ketahanan kamera.

Bersihkan kamera mirrorless anda secara rutin

Bersih – bersih bukan hanya sebatas pada lensa tetapi juga pada body dan sensor kamera sensor kamera. Untuk membersihkan kamera ada baiknya anda menyediakan peralatan khusus pembersih kamera yang terdiri dari cairan pembersih, blower untuk membersihkan partikel debu pada kamera, kain microfiber untuk membersihkan body kamera secara keseluruhan, kuas tipis untuk membersihkan sela-sela pada tombol navigasi kamera dan cotton bud untuk membersihkan bagian pada kamera yang sulit dijangkau.

Hati-hati dengan perubahan arus listrik

Salah satu cara untuk memindahkan data dari kamera ke PC atau mengoperasikan kamera lewat PC adalah dengan menyambungkan kamera anda langsung ke PC. Namun, sebelum melakukan hal itu, pastikan kamu sudah mematikan kamera sebelum baterai dan memory card dilepas. Hal ini untuk mencegah apabila ada perubahan listrik yang tiba-tiba, sebab kamera sangat rentan.

Rutin memotret

Ada yang perlu anda ketahui tetnang peralatan elektronik. Jika sebuah barang disimpan lama tana digunakan biasanya akan awet, namun hal ini berbeda dengan kamera mirrorless. Kamera yang tidak digunakan dalam waktu lama bisa menyebabkan mesin yang kaku dan macet.

Oleh karena itu, ada baiknya setiap seminggu sekali anda menggunakan kamera mirrorless anda sehingga bisa menghinari kemacetan pada mesin dan tombol – tombol kamera. Lagian semakin sering memotret maka anda akan semakin mahir menggunakan kamera mirrorless dan semakin mendapatkan hasil gambar yang lebih baik.

Service di tempat resmi

Cek kondisi kamera anda secara berkala guna mencegah kerusakan-kerusakan tidak terduga yang tidak diinginkan. Jangan hanya mengecek saat anda merasakan ada rusak saja. Perhatikan juga tempat di mana anda men-service kamera.

Cara merawat kamera mirrorless

Sebaiknya, service di agen resmi atau tempat terpercaya. Selain karena adanya ketersediaan sparepart pengganti, menservice ditempat service resmi akan menjamin produk anda dapat ditangani oleh orang yang ahli.

Pasang tali kamera

Tali kamera rupanya punya peranan penting. Kalau poin ini penting karena selain menghindari kamera mirrorless kesayangan anda jatuh karena terlepas, tetapi juga menghindari anda yang sering lupa menaruh barang.

Dengan mencantelkannya dileher maka anda bisa tetap bergerak dengan bebas tanpa takut harus lupa meletakkan barang. Anda tidak mau pastinya kamera mirrorless kesayangan anda berpindah kepemilikkan alias dicuri orang karena kecerobohan anda sendiri.

Gunakan tas kamera

Ketika anda berpergian dan hendak membawa kamera mirrorless untuk mengabadikan momen, maka taruhlah kamera di satu tas khusus untuk kamera. Tas khusus kamera dirancang dengan ketahanan tinggi yang berfungsi supaya kamera tetap aman jika terjadi guncangan atau benturan di perjalanan.

Dengan demikian anda tidak perlu mengkhawatirkan keadaan kamera anda saat anda sedang berpergian. Dalam memilih tas, perhatikan materialnya. Pilihlah yang ringan, kuat, dan juga tahan air.

Kesimpulan

Ada begitu banyak kamera mirrorless yang ditawarkan oleh para produsen kamera. Namun memang tidak bisa dipungkiri kalau anda menginginkan kamera mirrorless dengan banyak fitur yang mumpuni, maka anda perlu menyediakan banyak budget.

Untuk mendapatkan kamera mirrorless yang terbaik memang diperlukan survei baik dari ahlinya maupun dari bacaan. Semoga setelah membaca artikel ini anda bisa menemukan kamera mirrorless terbaik dan berkualitas bagus untuk mengabadikan moment terindah anda.

You May Also Like

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *