[Review] 8 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik 2020

Kamera Pocket Terbaik

Beragam jenis kamera telah dirancang dan diproduksi oleh berbagai produsen untuk memenuhi kebutuhan para pencipta kreativitas. Dari kamera DSLR berteknologi handal, dengan beragam lensa yang mampu digunakan untuk memotret dari ajrak jauh maupun dari jarak dekat, dari kamera berukuran besar dengan resolusi maksimal hingga Kamera Pocket berukuran kecil untuk memudahkan mobilitas.

Ulasan berikut akan membahas secara lebih mendalam mengenai Kamera Pocket, yang meliputi kelebihan serta kekurangan Kamera Pocket, tips cara memilih dan mendapatkan Kamera Pocket terbaik, serta beberapa brand dan seri Kamera Pocket terbaik yang bisa kamu jadikan referensi untuk memilih tipe Kamera Pocket terbaik yang cocok dan sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.

Apa itu Kamera Pocket?

Kamera Pocket atau kamera saku adalah suatu perangkat optik kedap sinar yang dipasang dengan lensa, yang memiliki kemampuan merekam serta menyimpan data gambar, yang mana dibuat dengan ukuran kecil sehingga memungkinkan untuk disimpan dalam saku.

Kamera Pocket Terbaik para compra

Tips memilih dan mendapatkan Kamera Pocket terbaik

Beberapa tips berikut bisa kamu terapkan untuk memudahkanmu dalam memilih jenis-jenis Kamera Pocket yang ingin kamu miliki. Karena demikian, memilih dan membeli kamera tidak semudah memilih baju yang hanya dilihat kesesuaian model dan warna serta ukurannya saja, pemilihan kamera juga perlu memperhatikan spesifikasi optik. Akan agak menyulitkan terutama untuk kamu yang baru akan belajar mengenai fotografi.

Sesuaikan bentuk, ukuran, dan berat kamera 

Karena identik berukuran kecil sehingga mudah disimpan dalam saku, maka pemilihan Kamera Pocket harus sangat memperhatikan dimensi, baik dari segi bentuk, ukurannya, serta berat kamera. Jika mobilitas adalah prioritas utamamu, maka pilihlah kamera yang memiliki berat di bawah 300 gram, yang juga mampu mengambil potret hingga minimal 200 bidikan sehingga lebih fleksibel ketika dibawa kemana pun kamu pergi.

Perhatikan ISO dan sensor gambar

Hasil jepretan yang memuaskan berkaitan langsung dengan spesifikasi kamera, terutama nilai ISO dan besarnya sensor gambar yang dimiliki. Untuk kamu yang masih terbilang baru dan belum bisa menentukan nilai ISO yang sesuai untuk digunakan, maka angka ter-aman adalah dengan memilih kamera dengan ISO hingga 3.200.

Kamera Pocket Terbaik di Indonesia

Berkaitan dengan sensor gambar, rata-rata besarnya sensor gambar yang disematkan pada Kamera Pocket memiliki ukuran 1/2.7” hingga 1/1.7”, sehingga kamu bisa memilih dan menyesuaikan hasil gambar dengan kualitas seperti apa yang kamu inginkan. Namun demikian, bertambah besarnya sensor pada sebuah kamera juga berimbas pada biaya produksi yang tinggi, yang menjadikan kamera dijual dengan harga tinggi pula.

Perhatikan jarak fokus (zoom) dan diafragma lensa kamera 

Sesuaikanlah jarak fokus yang dimiliki kamera dengan objek yang akan sering-sering kamu foto. Misalnya, jika kamu ingin kameramu memiliki kemampuan memotret pemandangan dengan hasil yang sangat bagus dan terlihat luas, maka lensa wide-angle dengan ukuran fokus 18-25 mm sangatlah recommended.

Sedangkan, jika kami ingin menggunakan Kamera Pocket untuk kegunaan sehari-hari saja, maka lensa dengan focal length atau jarak fokus 100 mm akan cukup untuk kamu. Berbeda dengan itu, jika kamu ingin memotret obyek yang kerap kali memiliki jarak yang jauh dari tempatmu berdiri, atau obyek yang tidak diam, seperti memotret burung atau pertandingan sepak bola, maka lensa dengan focal length 300 nm sangat-sangat direkomendasikan.

Selain jarak fokus, diafragma lensa pada kamera juga perlu untuk diperhatikan, karena berkaitan dengan jumlah cahaya yang bisa ditangkap kamera sehingga hasil potret menjadi cerah. Bukaan diafragma biasanya disimbolkan dengan huruf “f”, dimana semakin besar nilai f, maka berarti semakin banyak cahaya yang masuk dan mampu ditangkap oleh kamera.

Pada Kamera Pocket, bukaan diafragma umumnya memiliki nilai f/3.2, yang berarti bukaan diafragma 1/3.2. Semakin besar angka yang ditunjukkan, maka semakin kecil bukaan diafragma pada kamera yang berarti cahaya yang masuk pun juga sedikit, dan sebaliknya, semakin kecil angka yang ditunjukkan, maka semakin lebar bukaan diafragma yang berarti semakin banyak cahaya yang masuk ke kamera.

Periksa kinerja monitor LCD dan keberadaan viewfinder 

Ddisplay LCD pada kamera sangatlah penting untuk memudahkanmu melihat hasil jepretan secara langsung pada kamera. Beberapa kamera saku bahkan memiliki layar LCD dengan fitur touchscreen sehingga kamu bisa meng-zoom in atau zoom out gambar sesuai dengan yang kamu inginkan untuk melihat hasil gambar secara jelas.

Kamera Pocket Terbaik

Viewfinder berfungsi untuk mengatur mode penglihatan saat pemotretan. Dengan menggunakan fitur viewfinder, kamu akan mampu memotret dengan metode yang sama seperti menggunakan kamera DSLR, yaitu dengan cara menempelkan kamera pada mata dan melihat view yang akan di potret melalui kotak kecil pada kamera.

Membidik gambar menggunakan viewfinder juga mampu mengokohkan genggaman pada kamera dibandingkan dengan memotret sambil melihat view melalui diplay LCD, sehingga mencegah blur akibat kamera yang secara tidak sengaja goyang.

Perhatikan fitur-fiitur bermanfaat lainnya 

Beberapa fitur yang disematkan pada kamera akan memudahkan kamu dalam proses pengambilan gambar dan pastinya akan mampu memberikan hasil potret maksimal.

Pastikan kamera saku yang kamu pilih memiliki minimal satu diantara fitur-fitur berikut, yang meliputi fitur type optical atau image stabilization, fitur untuk selfie dengan wide angel, dan fitur konektivitas yang memungkinkan kamu menghubungkan kameram secara langsung dengan smartphone, sehingga akan sangat memudahkanmu jika ingin memposting hasil jepfetanmu ke sosial media.

Sesuaikan dengan budget yang sudah kamu persiapkan

Harga kamera yang fantastis biasa diimbangi dengan teknologi kamera yang mumpuni, berikut dengan kelengkapan fitur menarik yang disematkan. Sebaliknya, kamera dengan harga terjangkau pun akan memiliki teknologi cukup untuk memberikan hasil potret yang memuaskan. Oleh sebab itu, sesuaikanlah teknologi kameramu dengan budget yang telah kamu persiapkan.

5 merk Kamera Pocket terbaik dan berkualitas

1. Kamera Pocket Canon 

Canon Inc. merupakan perusahaan multinasional Jepang yang telah berdiri sejak tahun 1937, yang mana bergerak dalam bidang opticali imaging dan industrial product, dan telah menghasilkan berbagai produk unggulan, salah satunya adalah Kamera Pocket.

Beberapa merek produk digital kamera Canon yang telah banyak digunakan dan menjadi unggulan karena inovasi dan kualitasnya, meliputi Canon Power Shot, Power Shot G, Digital IXUS, EOS dan lensa EF series.

Kamera Pocket Canon 

Beberapa produk terbaru Kamera Pocket Canon meliputi EOS 850D (EF-S18-55mm f/4-5.6 IS STM), EOS 850D (Bodi), dan EOS-1D X Mark III yang masing-masing memiliki fitur serta spesifikasi yang mumpuni, diantaranya sensor APS-C CMOS 24,1 megapiksel+ perekaman video 4K, 45 titik AF semua tipe silang (jendela bidik) dan Dual Pixel CMOS AF (Live View), serta kemampuan pemotretan beruntun hingga 16 fps (OVF)/20 fps (Live View) dengan pelacakan AF/AE, dan lain sebagainya.

2. Kamera Pocket Nikon 

Nikon merupakan anak perusahaan Mitsubishi yang didirikan pada tahun 1917 dengan nama Japan Optical Industries Corporation. Nikon kemudian berubah menjadi Nikon Corporation pada 1988 setelah aksi hebatnya dalam produksi dan inovasi produk kamera.

Kamera Pocket Nikon 

Tahun 2017, Nikon resmi membuka toko ritel pertamanya di Indonesia, yang bertempat di Grand Indonesia East Mall lantai 3, Jakarta dan menjual berbagai macam produk optical termasuk Kamera Pocket.

Salah satu produk unggulan Kamera Pocket Nikon adalah Nikon Coolpix A, yang menggunakan sensor DSLR APS-C 16MP sehingga mampu menghasilkan gambar seperti menggunakan kamera DSLR.

3. Kamera Pocket Sony

Sony merupakan produsen kamera digital terbesar ketiga setelah Canon dan Nikon. Sony Kabushiki Kaisha merupakan perusahaan berbasis di Jepang yang sudah berdiri sejak 1946 sebagai produsen peralatan elektronik konsumen dan professional yang telah memasarkan produknya ke seluruh Negara termasuk Indonesia.

Kamera Pocket Sony

Dalam bidang peralatan optik seperti kamera, Sony mendesain produk kameranya dengan apik dan elegan dilengkapi dengan beragam teknologi terdepan. Beberapa produk kamera yang cukup dikenal khalayak pecinta fotografi diantaranya The RX100, Alpha SLT-A57 SLR Hitam, Cyber-shot, dan NEX-F3, serta beberapa produk Kamera Pocket unggulannya seperti SONY RX100 VI DSC-RX100M6, SONY ZV-1, dan SONY RX100 VII DSC-RX100M7 / DSC-RX100M7G.

4. Kamera Pocket Fujifilm

Salah satu brand yang sangat popular di tahun 90an sebagai studio foto ternama dan memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia, Fujifilm menjadi pemimpin dalam dunia film fotografi, yang mana pada saat itu berkembang dengan bergandengan tangan bersama Kodak.

Lambat laun, Fujifilm terus berinovasi sehingga bsia terus eksis bahkan hingga saat ini, dengan menghadirkan berbagai produk hasil inovasi mereka, termasuk juga kamera.

Kamera Pocket Fujifilm

Inovasi ini juga dibuktikan dengan diluncurkannya berbagai produk kamera masa kini yang sangat relate dengan milenials dan pastinya digemari, diantaranya kamera Fujifilm Instax Mini 8, yang merupakan kamera polaroid yang mana saat ini tengah banyak digandrungi oleh para remaja karena bisa langsung mendapatkan hasil foto cetak mereka tepat setelah dijepret.

Selain itu, beberapa produk kamera mungil unggulan Fujifilm yaitu Fujifilm X-A20, Fujifilm FinePix HS35EXR, dan Fujifilm Instax Square SQ6.

5. Kamera Pocket Panasonic

Panasonic merupakan salah satu merk elektronik yang menempati peringkat 10 dunia. Salah satu produk ungulan kamera Panasonic adalah seri Lumix, yang pertama kali dirilis pada tahun 2001 dan masih sangat digemari hingga saat ini. Beberapa seri kamera saku Panasonic terbaik diantaranya Panasonic LUMIX Digital Camera DC-TZ220, DMC-LX10, DC_LX100M2, dan DC-FT7GA.

Kamera Pocket Panasonic

Top 8 Kamera Pocket terbaik dan berkualitas di Indonesia

1. Canon EOS M10

Kamera saku Canon EOS M10 merupakan kamera berteknologi canggih dengan bodi solid dan ergonomis. Dilengkapi dengan sensor APS-C beresolusi 18MP, serta menggunakan prosesor DIGIC 6 dam layar sentuh LCD seluas 3 inci yang dapat ditekuk hingga 180 derajat.

Kamera Pocket Canon EOS M10

Canon EOS M10 hadir dalam tiga varian bundle yakni versi kit lensa EF-M 15 f/3.5-6.3 IS STM, versi kit dengan lensa EF-M 15 f/3.5-6.3 IS STM + 22mm f/2 STM serta versi kit dengan lensa EF-M 15 f/3.5-6.3 IS STM + 55-200mm.

Dibandrol dengan kisaran harga 4 hingga 6 juta rupiah, kamera dengan sistem koneksi WiFi dan NFC ini memiliki spesifikasi ISO 100 hingga 12800, mode perekaman kamera Full HD Movie 30p, dan berdimensi 108 x 67 x 35 mm.

2. FUJIFILM X100F

Kamera keluaran Fujifilm berseri X100F merupakan kamera berfitur canggih dengan electronic shutter yang mampu memotret hingga 1/32.000 per detik. Fitur Advanced Filter juga disematkan pada produk ini sehingga kamu bisa menyempurnakan hasil potretmu secara langsung di kamera, sehingga terlihat lebih segar dan cerah.

Kamera Pocket FUJIFILM X100F

Kamera Pocket yang didesain mengadopsi kamera retro jaman dahulu ini ini dilengkapi dengan berbagai fitur lain yang juga tak kalah menarik, yang bisa kamu dapatkan dengan harga pada kisaran 17 hingga 20 juta rupiah.

Selain fitur, spesifikasi FUJIFILM X100F meliputi Jumlah pixel 24,3 MP, sensor gambar APS-C X-Trans CMOS III, f2-f16, dengan ISO 200 hingga 12.800, tipe koneksi Wi-Fi serta jarak fokus 35 mm sampai 10 cm.

3. SONY RX100 VI DSC-RX100M6

Buat kamu para vloger masa kini, kamera SONY RX100 VI DSC-RX100M6 berbentuk mungil ini sangat direkomendasikan untuk kamu gunakan.

Selain mudah dan tidak merepotkan untuk dibawa vacation kemana pun kamu pergi karena ukurannya yang kecil, kamera SONY RX100 VI DSC-RX100M6 ini juga sudah menggunakan resolusi 4K, yang dilengkapi juga dengan Optical SteadyShot™ sehingga kamu bisa menjadikan hasil shot videomu tetap stabil walaupun kamu merekam video sambil berlari.

Kamera Pocket SONY RX100 VI DSC-RX100M6

Selain itu, kamera yang dibandrol dengan harga 16 hingga 19 juta ini juga dilengkapi dengan teknologi Fast Hybrid AF yang mampu mendeteksi area lebar dan mengatur fokus secara otomatis.

Beberapa spesifikasi kamera SONY DSC-RX100M6 meliputi jumlah pixel 20,1 MP, dengan sensor gambar CMOS Exmor RS tipe 1.0 (13,2 mm x 8,8 mm), f2,8-f4,5, ISO 125 hinngga 12.800, dengan Optical Image stabilization, menggunakan 3 macam koneksi yang meliputi NFC, Wi-Fi, dan Bluetooth, dengan jarak fokus 100 mm hingga 8 cm, dan mampu menghasilkan potret hingga 233 bidikan.

4. Canon PowerShot G9 X Mark II

Kamera saku seri alin kelauran Canon satu ini bekerja dengan prosesor gambar DIGIC 7 yang mampu mengurangi noise pada hasil jepretan, memungkinkan kamu menggunakannya baik pada lokasi yang terang atau pun kurang cahaya.

Kamera Canon PowerShot G9 X Mark II sangat cocok digunakan untuk kamu-kamu yang sering mengadakan acara keluarga atau reuni, yang mana mampu bekerja secara maksimal baik di dalam maupun di luar ruangan.

Canon PowerShot G9 X Mark II

Kamera mungil yang dibandrol dengan kisaran harga 7 hingga 9 juta ini memiliki spesifikasi jumlah pixel 20,1 MP, sensor gambar Type 1 (1 inch), f2-f11, dengan ISO 125 hingga 12.800, Lens-shift image stabilization, menggunakan 3 mode koneksi yaitu NFC, Wi-Fi, dan Bluetooth, dengan jarak fokus 35 mm hingga 5 cm, dan mampu mengasilkan foto hingga 235 sampai 315 bidikan.

5. Panasonic LUMIX Digital Camera DC-TZ220

Panasonic LUMIX DC-TZ220 dilengkapi dengan post focus yang memungkinkan pengguna memilih latar atau area foto tertentu untuk dijadikan sebagai fokus untuk memotret. Menggunakan lensa LEICA, kamera yang dijual dengan kisaran harga 9 hingga 11 juta ini mampu memotret objek yang ebrjarak sangat jauh dari kamera berkat kemampuan zoom optic hingga 15 kali.

Panasonic LUMIX Digital Camera DC-TZ220

Panasonic LUMIX DC-TZ220 juga mampu memberikan hasil potret yang jelas dan apik meskipun digunakan di malam hari yang kurang cahaya.

Spesifikasi kamera saku ini meliputi jumlah pixel 20,1 MP, Sensor gambar type 1 (1 inch), f3,3-f6,4, dengan ISO 100 hingga 25.600, optical image stabilization, menggunakan koneksi Wi-Fi dengan Jarak fokus 8,8-132 mm hingga 3 cm, dan mampu memotret 250 hingga 370 bidikan.

6. RICOH GR II

Salah satu seri kamera yang cukup jarang ditemukan ini juga merupakan salah satu jenis kamera daku terbaik dan recommended.

dibandrol dengan kisaran harga 6 hingga 8 juta rupiah, kamera yang dilengkapi dengan tombol preview ini memiliki spesifikasi jumlah pixel 16,9 MP, dengan sensor gambar APS-C dengan GR ENGINE V, f2,8-f16, ISO 100 hingga 25600, menggunakan koneksi NFC dan Wi-Fi, berjarak fokus 28 mm hingga 10 cm, dan mampu membidik hingga 320 bidikan.

Kamera Pocket RICOH GR II

7. Nikon COOLPIX W300

Apakah anda merupakan penggermar dan pecinta olahraga diving? Jika iya, maka kamera mungil Nikon COOLPIX W300 pasti akan sangat cocok dan recommended untuk anda miliki.

Dilengkapi dengan fitur anti air serta anti guncangan, kamera saku seharga 5 smpai 7 juta rupiah mampu memotret keadaan bawah laut yang pastinya akan menjadikan kegiatan diving anda lebih seru dan menarik. Nikon COOLPIX W300 yang dilengkapi juga dengan fitur tahan dingin serta anti debu ini mampu dibawa ke dasar laut hingga kedalaman 30 meter selama 60 menit.

Kamera Pocket Nikon COOLPIX W300

Beberapa spesifikasi kamera saku bawah laut ini meliputi jumlah pixel 6 MP, sensor gambar type 1/2,3 inch, f2.8-f4.9, ISO 125 hingga 6.400, dengan mode koneksi Wi-Fi, berjarak fokus 35 mm sampai 1 cm, dan mampu membidik hingga 280 bidikan.

8. Nikon COOLPIX A1000

Ingin selfie dengan nyaman menggunakan Kamera Pocketmu? Nikon Coolpix A1000 mungkin bisa menjadi salah satu pilihan. Kamera selfie yang dibandrol pada kisaran harga 5 hingga 7 juta memiliki layar LCD yang dapat diputar ke atas hingga 135˚ dan ke bawah hingga 180˚.

Nikon COOLPIX A1000

Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan grip yang nyaman sehingga tidak mudah terselip. Nikon Coolpix A1000 memiliki spesifikasi jumlah pixel 16,8 MP, sensor gambar type 1/2,3 inch, f3.4-f6.9, ISO 100 hingga 6.400, dilengkapi dengan Hybrid VR (Optical and Electronic VR) image stabilization, koneksi Wi-Fi dan bluetooth, jarak fokus 35 mm hingga 1 cm, hingga total bidikan mencapai 250 bidikan.

Keunggulan Kamera Pocket

Dengan ukuran yang relatif kecil dibandingkan dengan kamera DSLR, Kamera Pocket lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Cara penggunaannya pun lebih simpel, sehingga bisa digunakan oleh siapa pun, karena tidak harus mengatur fokus lensa serta ukurannya yang kecil menjadikan kamera tidak terlalu berat untuk dibawa.

Kamera Pocket Terbaik

Lebih lagi, kamera yang bisa disimpan dalam saku biasa dibandrol dengan harga yang relatif lebih murah sehingga terjangkau oleh siapa saja yang ingin memiliki kamera untuk mengabadikan kegiatan mereka.

Kekurangan Kamera Pocket

Beberapa kekurangan yang terkadang ditemukan sebagai suatu kendala dalam peggunaan Kamera Pocket yaitu penagturan auto fokusnya yang terkadang lambat, terutama ketiga digunakan untuk memotret objek bergerak, sehingga sulit untuk mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan.

Kualitas gambar kamera saku juga terkadang dirasa kurang bersih serta kurang dinamis antara gelap terangnya, tidak sebaik hasil gambar yang diambil dengan kamera DSLR. Untuk kamu yang sudah menjadi fotografer professional, rasanya akan kurang mantap jika menggunakan Kamera Pocket untuk pekerjaan dan dibawa kemana.

Kesimpulan

Kamera Pocket sangatlah cocok untuk dimiliki kamu-kamu para pecinta fotografi yang ingin selalu bisa membawa kamera kesayangan bersamamu kemana pun kamu pergi tanpa perlu repot-repot menyiapkan space khusus untuk penyimpanan kamera.

Pemilihan jenis dan seri Kamera Pocket Terbaik harus benar-benar memperhatikan spesifikasi optiknya yang meliputi ISO, sensor gambar, pengaturan lensa yang meliputi jarak fokus dan diafragma, serta ketersediaan fitur-fitur lainnya yang mampu memudahkanmu dalam menggunakannya.

Namun demikian, bagi kamu para fotografer profesional, Kamera Pocket yang masih memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan dibandingkan dengan kamera DSLR ini masih tetap bisa kamu miliki dan bisa memberikan hasil fotografi yang indah dengan mengkombinasikannya dengan beberapa aksesoris kamera lainnya, seperti mengganti lensanya dengan lensa kamera professional, menggunakan perangkat bantu tripot agar kamera tidak goyah dan hasil potret tidak blur, atau mengkombinasikannya dengan beberapa software untuk meningkatkan performa serta proses pengolahan hasil gambarnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *