10 Rekomendasi Kipas Angin Terbaik dan Tahan Lama 2020

kipas angin terbaik

Kipas angin adalah elektronik penyejuk ruangan yang telah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia. Saat cuaca sedang terik, beristirahat ditemani hembusan angin sepoi-sepoi dari kipas akan membuat Anda tak kekuarangan oksigen saat berada dalam ruangan yang pengap.

Peranti satu ini juga bisa menjadi alternatif yang lebih murah dan hemat listrik dibandinkan AC (air conditioner). Jika saat ini Anda berencana untuk membeli kipas angin baru, kami akan membagikan rekomendasi kipas angin terbaik yang bisa Anda gunakan.

Di Indonesia sendiri, terdapat bermacam merek kipas angin, seperti Cosmos, Miyako, Sekai, dan Maspion. Setiap produsen membekali produk keluarannya dengan fitur dan harga yang berbeda-beda.

Apa itu Kipas Angin ?

Kipas angin adalah salah satu peralatan elektronik yang berfungsi untuk mendinginkan udara dengan cara menghasilkan angin melalui perputaran baling-baling dari tenaga listrik.

Selain itu, kipas angin juga berfungsi sebagai exhaust fan atau pengering. Kipas angin sendiri ternyata sudah ditemukan sekitar 4000 tahun lalu pada makam Raja Tutankhamen yang merupakan salah satu Raja Mesir pada tahun 1922.

Kipas angin ini awalnya dipakai dalam upacara keagamaan di Mesir Kuno sehingga dianggap sebagai barang sakral. Selain itu, kipas angin juga menggambarkan kekuatan seorang raja. Lalu pada tahun 1500, kipas diproduksi di Italia dan menjadi komoditi perdagangan dunia.

Kipas Angin Terbaik

Di Indonesia, kipas angin merupakan salah satu kebutuhan utama karena iklim tropis yang memiliki temperatur dan kelembapan yang tinggi sehingga mendukung pemakaian kipas angin di ruangan setiap rumah.

Jenis-Jenis Kipas Angin

Kipas angin yang dipasarkan di Indonesia memiliki beragam jenis, diantaranya adalah

Kipas angin duduk (floor fan)

Kipas angin tipe ini biasanya diletakkan di lantai karena lebih besar dari kipas meja. Bahan yang digunakan untuk kipas ini biasanya plastik keras ataupun kawat.

Kipas ini mempunyai fitur yang dapat memutar 360 derajat atau bisa bergerak dari kanan ke kiri atau sebaliknya.

Kipas Angin Terbaik

Diameter untuk kipas ini biasanya 14-20 inch. Kekurangan kipas angin tipe ini adalah tidak dapat menjangkau semua tempat terutama bagian atas ruangan.

Kipas angin meja (portable fan)

Kipas angin tipe ini dapat dipindah kemanapun sesuai dengan keinginan atau bisa disebut portable.

Diameter kipas tipe ini biasanya 14 inch dan kurang dari 50 cm. Dengan ukuran ini, kipas bisa diletakkan di atas meja.

Kipas Angin Terbaik

Kipas tipe ini biasanya bermodel leher pendek dan satu kaki yang lebar untuk menopang badan kipas.

Kipas angin berdiri (standing fan)

Kipas angin tipe ini biasanya diletakkan di lantai karena modelnya yang besar.

Tinggi leher kipas memiliki panjang kurang dari satu meter dan bisa diatur sesuai keinginan maupun tidak.

Kipas Angin Terbaik

Kipas tipe ini bisa menjangkau bagian atas ruangan karena tinggi dan dilengkapi dengan peniup uap air sehingga terasa lebih sejuk.

Kipas angin gantung (ceiling fan)

Kipas angin tipe ini mempunyai bentuk dan kekuatan angin yang besar yang biasanya diletakkan di bagian langit-langit ruangan.

Kipas Angin Terbaik

Kipas tipe ini mampu menjangkau area ruangan yang lebih luas dan biasanya dilengkapi dengan lampu ruangan sebagai aksesoris sehingga ruangan terasa lebih estetik.

Kipas angin dinding (wall fan)

Kipas angin tipe ini diletakkan di dinding secara permanen. Kipas ini biasanya dipakai di tempat-tempat umum seperti pertokoan, ruang tunggu, tempat ibadah, dan lain-lain.

Kipas Angin Terbaik

Kipas angin tanpa baling-baling (bladeless fan)

Kipas angin tipe ini adalah unik karena tidak menggunakan baling-baling sehingga ramah bila berdekatan dengan anak kecil atau balita.

Top 10 Kipas Angin Terbaik dan Berkualitas di Indonesia

Setelah mengetahui beberapa manfaat maupun pertimbangan yang dapat dilakukan dalam memilih kipas angin, berikut ini adalah beberapa tipe dan merk kipas angin yang dipasarkan di Indonesia yang bisa menjadi bahan referensi :

1. Miyako KAS-1618 KB

Kipas angin ini memiliki fungsi 2 in 1 dengan perletakan dua posisi, yaitu desk fan atau stand fan. Kipas ini dapat diatur tinggi kipas sesuai dengan kebutuhan.

Rangka kipas ini tangguh dengan tumpuan yang berbentuk bulat sehingga tidak mudah roboh. Level kecepatan yang dimiliki adalah tiga level dengan lima puluh watt daya.

Kipas Angin Miyako KAS-1618 KB

Kipas ini memiliki blade yang cukup lebar namun suaranya tetap halus dan dengan harga yang terjangkau menjadikan kipas ini salah satu rekomendasi kipas angin terbaik untuk keluarga.

2. Panasonic F-EP405

Kipas ini memiliki standar keamanan Ro HS free dimana standar ini sudah disepakati oleh negara Uni Eropa dalam penjaminan keamanan bahan.

Kipas ini bebas dari bahan logam berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan.

Kipas Angin Panasonic F-EP405

Selain itu, kipas ini memiliki teknologi thermalfuse dan jaring pelindung kipas didesain rapat supaya tangan anak-anak tidak mudah masuk sehingga terjamin keamanannya.

3. Denpoo DF-16NX

Kipas ini diklaim cocok untuk ditaruh di kamar anak karena tidak berisik saat dinyalakan. Kipas ini memiliki tiga blade yang cukup besar sehingga dapat menghasilkan angin yang kencang namun berdaya kecil.

Kipas Angin Denpoo DF-16NX

Selain itu, keunggulan dari produk ini adalah bisa diatur pemakaiannya menggunakan timer.

4. Cosmos Fan 3in1 16-SO88

Kipas ini memiliki fungsi 3 in 1 dimana bisa diletakkan di dinding, meja ataupun digunakan sebagai stand fan. Remote control merupakan salah satu fitur unggulan untuk kipas ini disertai dengan harga yang terjangkau dan juga hemat listrik.

Selain itu, motor listriknya memiliki garansi lima tahun sehingga cocok dipakai oleh ibu rumah tangga.

Kipas Angin Cosmos Fan 3in1 16-SO88

5. Kris FTF44

Kipas ini berbentuk tower yang cocok dipakai di ruangan yang sempit. Selain itu, kipas ini juga hemat listrik, efisien, dan mudah dipindahkan.

Kipas Angin Kris FTF44

Kipas ini mempunyai remote control dan layar LED yang berguna untuk menampilkan temperatur ruangan dan terdapat timer hingga delapan jam disertai dengan tiga mode penggunaan.

6. Miyako Desk Fan KAD-927B

Kipas ini diklaim sebagai kipas hemat listrik karena berkapasitas daya hanya 30 watt saja. Selain itu, kipas ini bisa diletakkan di meja maupun di dinding karena memiliki lubang pada bagian bawah agar bisa dipasang ke dinding ruangan.

Kipas Angin Miyako Desk Fan KAD-927B

Kipas ini memakai teknologi thermofuse pada mesin kipas sehingga terhindar dari risiko over heating. Suara kipas yang dihasilkan tidak berisik sehingga tidak mengganggu kenyamanan saat berada di ruangan.

7. Sekai HFN-1050 Velocity Fan

Kipas ini sudah memiliki sertifikas ISO 9001:2008 yang terjamin standar keamanannya dan didesain untuk menghasilkan angin yang lebih kencang untuk mendukung kenyamanan di ruangan.

Komponen dari kipas ini pada rangkanya terbuat dari besi dan untuk baling-baling berasal dari aluminium.

Kipas Angin Sekai HFN-1050 Velocity Fan

Berat dari kipas ini sekitar 1,93 kg saja dan baling-baling yang dimiliki oleh produk ini mampu berputar kencang tanpa menimbulkan suara yang bising.

8. Cosmos 16SDB Stand Fan

Tipe kipas ini adalah kipas berdiri namun bisa diletakkan tidak hanya di lantai tapi juga di dinding. Kipas ini memiliki tombol untuk mengatur kecepatan angin, yaitu normal, auto, dan sleep.

Komponen dari kipas ini dapat menghasilkan angin yang kencang tanpa menimbulkan suara yang bising. Daya yang digunakan hanya sebesar 50 watt.

Kipas Angin Cosmos 16SDB Stand Fan

9. Cosmos 16 WFO Wall Fan

Kipas tipe ini memiliki model yang ringkas sehingga mudah dalam proses instalasi ke dinding.

Kipas ini berukuran 16 inch dan termasuk kategori kipas hemat listrik karena memiliki daya hanya 45 watt.

Kipas ini juga memiliki tiga mode kecepatan yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Kipas Angin Cosmos 16 WFO Wall Fan

10. Maspion Box Fan JF-1221

Kipas ini memiliki ukuran yang kecil dan mempunyai baterai yang bersifat portabel atau mudah untuk dipindahkan.

Bagian sisi dari kipas ini memiliki pegangan yang berfungsi untuk memindahkan kipas sesuai dengan kebutuhan.

Kipas Angin Maspion Box Fan JF-1221

Karena memiliki baterai, kipas ini bisa dinyalakan dalam keadaan mati listrik sekalipun dan baterai ini jika diisi penuh akan mampu menyala hingga 5 jam.

Merk Kipas Angin Terbaik dan Tahan Lama

Dikarenakan kebutuhan kipas angin yang meningkat, produsen elektronik berlomba-lomba untuk membuat produk kipas angin dengan berbagai pilihan berdasarkan tipe, harga, dan fitur-fitur yang ditawarkan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi merk kipas angin terbaik dan berkualitas di Indonesia :

1. Maspion

Merk ini adalah salah satu merk yang cukup berpengalaman menjadi produsen kipas angin yang berkualitas di Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Maspion ini sendiri menyediakan berbagai pilihan ukuran maupun tipe kipas angin seperti kipas angin duduk (floor fan), kipas angin dinding (wall fan), kipas angin berdiri (standing fan), kipas angin langit-langit (ceiling fan), dan kipas angin ventilasi (exhaust fan).

Berbagai pilihan tipe kipas angin ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen su]paya dapat memilih kipas angin sesuai kebutuhan.

Kipas Angin Maspion

Salah satu rekomendasi dari merk ini adalah Maspion Stand Fan 1624S yang mempunyai fitur 3 in 1 dimana bisa dijadikan kipas angin duduk (floor fan), kipas angin berdiri (standing fan) maupun kipas angin dinding (wall fan).

Tipe ini juga sudah dilengkapi dengan komponen thermalfuse yang berguna untuk menghentikan aliran listrik jika terjadi beban listrik berlebih sehingga bisa terhindar dari kebakaran pada komponen dinamo atau motor kipas angin.

2. Panasonic

Merk ini juga termasuk salah satu brand kipas angin terbaik di Indonesia. Walaupun harga yang ditawarkan cukup mahal namun sebanding dengan kualitas yang didapat karena merk ini memiliki ketahanan produk hingga bertahun-tahun lamanya setelah pemakaian.

Kipas Angin Panasonic

Panasonic memproduksi kipas angin dalam berbagai tipe diantaranya kipas dinding (wall fan), kipas kotak (box fan), kipas ventilasi (exhaust fan), kipas berdiri (standing fan), kipas meja (desk fan).

Kipas ini memiliiki teknologi thermalfuse yang berguna untuk menghentikan aliran listrik jika terjadi beban listrik berlebih sehingga bisa terhindar dari kebakaran pada komponen dinamo atau motor kipas angin.

3. Cosmos

Merk ini terkenal dengan produk penanak nasi atau rice cooker namun juga memproduksi kipas angin. Merk ini merupakan pesaing utama merk maspion yang juga memiliki produk kipas angin yang berkualitas dan harga terjangkau.

Produk andalan untuk merk ini adalah tipe Wadesta yang merupakan kipas angin 3 in 1 yang bisa dipasang dimanapun seperti dinding (wall fan), meja (desk fan), atau berdiri di atas lantai (standing fan).

Kipas Angin Cosmos

Beberapa tipe kipas angin dari merk ini juga ada yang sudah dibekali dengan fitur remote control yang berguna untuk pengaturan hidup atau mati dan kecepatan kipas angin.

4. Miyako

Merk ini terkenal di kalangan remaja karena harganya yang terjangkau. Model yang ditawarkan pun bervariasi diantaranya kipas angin dinding (wall fan), kipas angin meja (desk fan), kipas angin berdiri (standing fan), dan kipas angin duduk (floor fan). Miyako juga menyediakan berbagai variasi warna dan bahan penyusun kipas angin yang berbeda.

Kipas Angin Miyako

Produk andalan dari merk ini adalah seri KST-18RC yang merupakan kipas 3 in 1 dimana dapat diletakkan dimana saja seperti meja, lantai, maupun dinding. Selain itu, fitur yang ditawarkan adalah terdapat tiga variasi level kecepatan dan remote control untuk mengendalikan secara jauh.

5. Sekai

Sekai adalah salah satu produsen manufaktur peralatan rumah tangga yang juga memproduksi kipas angin di Indonesia.

Merk ini memiliki berbagai variasi tipe dan warna dari kipas angin untuk memenuhi kebutuhan konsumen, mulai dari kipas yang memiliki daya kecil maupun besar, kipas angin berukuran mini maupun besar, sampai kipas angin yang dikhususkan untuk dipakai oleh bayi.

Kipas Angin Sekai

Selain itu, terdapat pula produk kipas angin 3 in 1 dan mempunyai fitur remote control. Untuk komponen kipasnya sendiri memakai bahan metal untuk baling-baling supaya bisa menghasilkan hembusan angin yang lebih sejuk.

6. Sanex

Sanex adalah salah satu merk kipas yang sangat terjangkau dari segi harga dan jangka waktu penggunaan yang awet sehingga bisa bertahan selama bertahun-tahun pemakaian.

Merk ini memproduksi bermacam-macam jenis kipas angin yang memiliki warna yang beragam sehingga membuat ruangan terlihat lebih cerah.

Kipas Angin Sanex

Jenis kipas angin yang ditawarkan dari merk ini berupa kipas angin berdiri (stand fan), kipas angin yang ditaruh di meja (desk fan), dan kipas angin yang dapat diletakkan di dinding (wall fan).

7. Krisbow

Krisbow menawarkan kualitas yang handal dan pemakaian yang tahan lama namun dari segi harga adalah lebih mahal dari kebanyakan merk kipas angin.

Walaupun menawarkan harga yang cukup mahal, kualitas dari merk krisbow tidak diragukan karena menghasilkan angin yang kencang dan mantap. Merk ini terkenal dengan tipe kipas angin yang diletakkan di meja (desk fan).

Kipas Angin Krisbow

Selain itu, tipe kipas angin berdiri (standing fan) juga cukup diminati oleh para penggunanya. Merk ini adalah pilihan tepat bagi konsumen yang ingin menikmati hembusan angin yang kencang dan mantap di ruangan atau rumah.

Tips Membeli Kipas Angin Terbaik

Selera merupakan salah satu hal penting dalam mempertimbangkan pemilihan kipas angin yang dapat mendukung kebutuhan interior rumah anda.

Selain itu, dalam mempertimbangkan pemilihan kipas angin bisa juga berdiskusi dengan tenaga profesional supaya kipas angin menjadi salah satu pendukung konsep interior rumah anda.

Sebagai bahan referensi, berikut ini adalah beberapa tips yang layak dipertimbangkan dalam memilih kipas angin :

Pilihlah ukuran kipas yang sesuai dengan luas ruangan anda

Ukuran kipas merupakan salah satu hal penting dalam menunjang kebutuhan interior maupun fungsi di dalam rumah anda.

Kipas yang memiliki ukuran yang terlalu kecil dari luas ruangan, tentunya tidak akan merasakan sirkulasi udara yang bagus di dalam ruangan.

Berdasarkan rekomendasi American Lightning Association, berikut ini adalah ukuran yang tepat suatu kipas berada di dalam ruangan :

  • Diameter < 90 cm untuk ruangan hingga 7m2.
  • Diameter 36-106 cm untuk ruangan hingga 14m2.
  • Diameter 127-137 cm untuk ruangan hingga 24m2.
  • Kipas besar digunakan untuk ruangan > 24m2.

Tentukan jumlah dan arah baling-baling kipas yang pas dengan ruangan anda

Dalam menentukan apakah ingin mendapat udara yang sejuk, penentuan jumlah baling pada kipas merupakan salah satu hal yang penting. Hal ini dikarenakan makin sedikit baling-baling yang terdapat pada kipas, angin yang dihasilkan akan semakin besar.

Jika ingin mendapatkan angin yang kencang maka pilihlah kipas yang memiliki jumlah baling-baling sebanyak tiga atau empat buah. Perhatikan juga jumlah baling-baling kipas yang akan dibeli karena semakin banyak jumlah baling-baling, suara yang dihasilkan akan semakin berisik.

Jika ingin membeli kipas dengan baling-baling sejumlah lima atau enam buah, usahakan memilih perputaran baling-baling yang rendah supaya tidak menghasilkan suara yang terlalu bising.

Selain itu, kemiringan baling-baling kipas ternyata mempengaruhi seberapa optimal kipas angin bisa melakukan sirkulasi udara di dalam ruangan.

Berdasarkan rekomendasi American Lightning Association diperlukan sudut baling-baling antara 12 hingga 15 derajat supaya terjadi pergerakan udara yang optimal.

Tentukan ketinggian kipas angin untuk bertipe kipas langit

Menurut pendapat para ahli, ketinggian optimum untuk pergerakan maksimal adalah 2,4 sampai 2,7 meter di atas permukaan atau 30 sampai 45 cm dari dinding.

Selain dari ketentuan para ahli tentu juga ada pertimbangan pribadi dalam menentukan ketinggian kipas.

Pilihlah mesin kipas yang tangguh dan tahan lama

Kipas angin yang memiliki mesin yang bagus tentu akan berpengaruh terhadap pergerakan udara di dalam ruangan yang maksimal dan ketahanan dari kipas itu sendiri.

Mesin motor DC merupakan mesin yang paling banyak direkomendasikan untuk jenis mesin kipas angin karena menggunakan 70% listrik lebih sedikit dari tipe mesin kipas angin AC.

Mesin ini tidak berisik saat pertama kali dinyalakan, gampang diatur kecepatannya, dan mudah dimatikan.

Kipas angin tanpa kabel atau kipas portable layak untuk dipertimbangkan

Kipas angin tanpa kabel ini menjadi salah satu yang layak untuk dipertimbangkan karena mudah dibawa kemana-mana.

Selain itu, kipas angin bertipe ini bisa tetap dipakai dalam pemadaman listrik sehingga ruangan akan tetap nyaman.

Kipas angin tanpa kabel atau portable ini memiliki baterai yang berfungsi untuk menyimpan daya dan juga biasanya berukuran kecil serta bobotnya yang ringan sehingga mudah digunakan dan dibawa kemana-mana.

Kipas Angin Terbaik

Fitur yang ditawarkan oleh merk masing-masing kipas angin

Sekarang ini fitur yang ditawarkan oleh berbagai merk kipas angin bermacam-macam sehingga diperlukan pertimbangan yang tepat dalam memilihnya.

Sebagai contoh, ada beberapa merk yang menawarkan mode ritme yaitu mode yang dapat menambah atau mengurangi kekuatan angin.

Selain itu, ada juga mode sensor suhu dimana jika suhu naik akan meningkatkan volume angin yang berhembus dan juga mampu mematikan daya apabila suhu sedang turun.

Ada juga fitur kelembaban yang dapat diatur sesuai dengan kelembaban udara alami yang terdapat di dalam ruangan.

Ada juga fitur remote control yang menjadi salah satu fitur paling menarik. Fitur ini tergolong praktis karena pengoperasiannya mudah.

Selain itu, ada juga fitur timer yang dapat mengontrol berapa waktu yang diinginkan ketika kipas angin menyala dan ada juga fitur swing dan angle adjustment yang dapat mengontrol angin supaya bisa tersebar merata di dalam ruangan.

Jika ingin lebih praktis, pilihlah kipas angin yang mempunyai merk yang terkenal

Pemilihan kipas angin dari merk ternama akan lebih menjamin dari segi kualitas maupun keamanan karena produsen dari merk tersebut sudah mempertimbangkan kenyamanan konsumen sehingga konsumen akan lebih percaya.

Pilihlah brand yang dipercaya dan tentunya akan bebas dari perasaan was-was saat memakai produknya.

Tips Manfaat Kipas Angin

Setelah mengetahui jenis kipas angin, dari benda ini juga dapat memberikan banyak manfaat kepada pemakainya, diantaranya :

Sirkulasi udara ruangan yang meningkat

Penggunaan kipas angin akan meningkatkan kenyamanan di dalam ruangan, yaitu terjadinya sirkulasi udara berupa penggantian udara kotor dan bersih di dalam ruangan.

Dengan adanya sirkulasi udara ini akan meningkatkan kenyamanan di dalam ruangan.

Udara sehat di dalam ruangan dapat dihasilkan dengan baik

Dibandingkan dengan AC, penggunaan kipas angin lebih menyehatkan karena ruangan harus dalam keadaan terbuka.

Hal ini akan terjadi pergantian udara dan udara di dalam ruangan akan menjadi lebih sehat.

Sedangkan untuk penggunaan AC harus dalam ruangan tertutup yang mengakibatkan tidak adanya udara yang lebih bersih dan segar dari luar ruangan untuk masuk ke dalam.

Lebih hemat dibandingkan jika menggunakan AC

Sebuah kipas angin membutuhkan daya sekitar 75 watt sedangkan perbandingan daya kipas angin dan AC adalah 1:10 dimana daya yang dibutuhkan untuk menggunakan AC lebih besar sehingga pemakaian kipas angin akan lebih hemat dibandingkan dengan AC.

Menghilangkan bau pengap di dalam ruangan

Penggunaan kipas angin di ruangan akan memberikan ruangan untuk udara luar agar masuk ke dalam ruangan sehingga ruangan akan terasa tidak pengap jika dibandingkan dengan memakai AC.

Suara yang dihasilkan dari kipas angin bisa memberikan efek yang menenangkan

Suara yang dihasilkan dari putaran baling-baling kipas angin, atau bisa disebut white noise, dapat memberikan efek menenangkan bagi sejumlah pengguna.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Bustle, terdapat teori anekdot dimana white noise ini memiliki efek menenangkan yang bersumber dari suara bising kipas angin yang bervariasi.

Efek yang menenangkan ini akan menimbulkan rasa nyaman bagi para penggunanya.

Kipas angin dapat meningkatkan kualitas tidur

Kipas angin yang menyala akan memberikan dampak penurunan suhu ruangan yang dapat membuat penggunanya bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Ruangan yang tidak nyaman, seperti pengap ataupun panas, akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman sehingga kualitas tidur akan terganggu.

Penggunaan kipas angin menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kenyamanan di dalam ruangan maupun kualitas tidur penggunanya.

Cara Kerja Kipas Angin

Jika melihat dari cara kerja kipas angin ini menggunakan prinsip arus bolak-balik atau arus AC. Arus ini didapat ketika colokan kipas angin sudah dimasukkan ke dalam socket ruangan.

Arus ini sebagai energi listrik diubah menjadi energi gerak menggunakan motor listrik yang terdapat di dalam komponen kipas angin. Di dalam motor listrik terdapat magnet U dan kumparan besi yang bergerak.

Energi listrik akan mengaliri bagian lilitan di dalam kumparan besi dan mengubahnya menjadi magnet. Dari magnet ini akan terjadi gaya berputar pada rotor motor untuk menggerakkan baling-baling. Jika ingin memiliki hembusan angin yang besar pada kipas angin, harus menambahkan tegangan listrik pada kumparan besi.

Kipas Angin Terbaik

Pada kipas angin terdapat skala kekuatan angin, yang terdapat pada bagian ujung rotor, yang dapat diatur sesuai dengan keinginan kita.

Perputaran baling-baling pada kipas angin memiliki dua jenis perputaran diantaranya secara sentrifugal atau angin yang berhembus searah dengan poros yang terdapat pada kipas, dan axial atau angin yang berhembus adalah paralel dengan poros yang terdapat pada kipas.

Kesimpulan

Kipas angin yang beredar di pasaran memiliki begitu banyak jenis dan fungsi masing-masing sesuai dengan kebutuhan.

Oleh sebab itu, diperlukan pertimbangan yang matang dalam memilih kipas angin agar sesuai dengan kemauan dan kebutuhan kita.

Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah preferensi dalam memilih kipas angin terbaik sesuai dengan kebutuhan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *