10 Rekomendasi Kompor Portable Terbaik 2020

Kompor Portable Terbaik
10 Rekomendasi Kompor Portable Terbaik 2020
5 (100%) 2 votes

Kompor merupakan salah satu kebutuhan mendasar yang diperlukan dalam sebuah rumah tangga. Kompor digunakan untuk memasak, dan pada umumnya kompor dipasang dirumah pada satu tempat tertentu dan tidak dipindah pindah. Namun ada juga yang disebut dengan Kompor Portable. Pada prinsipnya, Kompor Portable adalah kompor yang dapat dipindah dan dibawa-bawa dengan mudah untuk beragam keperluan lain seperti berkemah, atau persiapan perjalanan jauh.

Kompor Portable

Kali ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih Kompor Portable serta memberikan rekomendasi kompor yang sesuai dengan kebutuhan anda. Ada beragam jenis dan merk Kompor Portable yang dapat ditemukan dipasaran seperti Rinnai, Maspion, dan Oxonne dimana masing masing produsen memiliki fitur-fitur tersendiri. Bingung memilih yang mana ? Yuk simak !

Cara Memilih Kompor Portable Terbaik

Sebelum membahas tentang produk, pertama-tama harus memahami cara memilih Kompor Portable yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak salah pilih dan tepat fungsi.

Sesuaikan Dengan Tempat Penggunaan

Bedasarkan tempat penggunaannya, Kompor Portable terdapat dua jenis, yaitu untuk penggunaan luar ruangan dan penggunaan dalam ruangan.

Penggunaan Diluar Ruangan Gunakanlah Kompor yang Tahan Angin.

Kondisi diluar ruangan pada umumnya berangin sehingga perlu memilih Kompor Portable yang memiliki pelindung angin agar api pada kompor tidak mudah mati terkena angin.

Penggunaan Didalam Ruangan , Pastikan Kompor yang Bebas Dari Gas Beracun.

Beberapa jenis Kompor Portable yang aman digunakan pada ruangan terbuka, justru dapat berbahaya jika digunakan pada ruangan tertutup. Hal ini dikarenakan terjadinya pengepulan gas hasil dari pembakaran pada ruangan, dimana jika digunakan pada ruangan terbuka maka gas tersebut akan terbawa angin sehingga aman digunakan.

Kompor Portable Terbaik

Pahami Ketersediaan Ruangan

Walaupun semua jenis Kompor Portable dapat dipindah dengan mudah, namun dalam membeli kita juga harus menentukan seberapa luas ruangan yang akan kita gunakan. Baik untuk digunakan didalam apartemen, atau disimpan didalam tas untuk digunakan berkemah. Jika ukuran kompor terlalu besar, maka akan sulit ditaruh ditempat yang sesuai.

Pilihlah Sumber Bahan Bakar yang Mudah Dicari

Bedasarkan bahan bakar yang digunakan, Kompor Portable dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

Kompor Listrik Portable

Kompor listrik portabel kini menjadi pilihan populer dalam kategori Kompor Portable, Hal ini dikarenakan pada umumnya kompor listrik mampu mencapai suhu yang relatif lebih tinggi. Namun membutuhkan sumber listrik untuk digunakan. Oleh karena itu, pada umumnya kompor listrik digunakan untuk penggunaan dalam ruangan.

Kompor Gas Portable

Kompor Portable berbahan gas pada umumnya menggunakan gas iso-butana atau propana yang dikemas dalam bentuk kaleng. Kompor Portable berbahan bakar gas dapat digunakan baik didalam atau diluar ruangan. Kompor gas mampu menghasilkan api dengan panas yang cukup untuk memasak, namun kita hampir tidak bisa mengetahui berapa sisa gas yang ada pada kaleng gas saat penggunaan Kompor Portable jenis ini. Ada baiknya anda menyiapkan beberapa kaleng gas cadangan.

Bahan Bakar Alternatif

Bahan bakar alternatif lainnya adalah bahan bakar kayu, bahan bakar alkohol, dan bahan bakar tablet parafin. Kompor Portable bahan bakar ini pada umumnya ukurannya relatif jauh lebih kecil dan berat yang relatif lebih ringan dibanding Kompor Portable gas dan listrik sehingga sangat cocok digunakan untuk penggunaan luar ruangan terutama saat berkemah. Kompor Portable bahan bakar alternatif ini memeliki kecenderungan bahwa panas yang dikeluarkan cenderung tidak sepanas jenis bahan bakar listrik maupun gas.

Kompor Portable berbahan bakar kayu merupakan pilihan alternatif untuk berkemah karena pada umumnya mudah mencari kayu di area perkemahan. Ukurannya yang kecil dan ringan juga membuat kompor ini bukan menjadi sebuah masalah untuk dibawa saat berkemah. Panas yang dikeluarkan juga dapat disesuaikan dengan seberapa banyak kayu yang digunakan.

Kompor

Kompor Portable berbahan bakar alkohol tidak seumum digunakan seperti bahan bakar alternatif lainnya, namun tetap ada peminat penggunanya. Kompor bahan bakar alkohol selain ringan, kompor ini juga murah. Bahan bakar alkohol juga relatif murah dan mudah didapat. Karena ukurannya yang kecil, kompor ini juga sering digunakan sebagai penghangat makanan untuk restoran prasmanan.

Kompor Portable bahan bakar parafin adalah Kompor Portable dengan ukuran paling kecil dan paling ringan yang dapat ditemukan. Sangat cocok digunakan bagi yang ingin berkemah namun tidak ingin membawa barang yang berat. Tablet parafin yang digunakan pada umumnya sangat awet digunakan.

Gunakan Kompor Portable yang Aman

Pada umumnya Kompor Portable yang berada di pasarkan sudah memenuhi kriteria keselamatan tertentu. Akan tetapi kita juga harus tetap berhati hati karena belum tentu pihak produsen memberikan informasi tentang perhatian penggunaan. Tingkat keamanan setiap Kompor Portable berbeda beda sesuai dengan bahan bakar apa yang digunakan

Kompor Portable jenis bahan bakar listrik adalah Kompor Portable jenis yang paling aman. Walau demikian kita harus tetap mengecek apakah Kompor Portable tersebut memiliki sistem mati otomatis atau tidak. Beberapa produsen tidak memberikan fungsi mati otomatis jika kompor terlalu panas. Ada baiknya kita pilih kompor yang lebih aman.

Untuk Kompor Portable jenis bahan bakar gas, kita harus mengecek kemudahan instalasi tabung kaleng gas baru dan juga memastikan ada mekansime penguncian tabung kaleng gas. Mekanisme penguncian tabung kaleng ini ditujukan untuk memastikan tidak ada gas yang bocor. Kebocoran gas pada Kompor Portable jenis ini merupakan hal yang fatal dan berbahaya. Hal ini dikarenakan pada umumnya letak tabung kaleng gas berdekatan dengan sumber api.

Untuk Kompor Portable jenis bahan bakar alternatif, kita harus lebih berhati hati. Karena kompor jenis ini mengutamakan keringanan, ukuran kecil, dan kemudahan penggunaan, sehingga tidak dilengkapi sistem keamanan. Oleh karena itu kita harus lebih berhati hati dalam penggunaannya agara tidak membahayan diri dan sekitar kita. Namun, karena kompor jenis ini menggunakan mekanisme pemantik yang sangat dasar dan memiliki nyala api yang relatif tidak terlalu panas, kompor ini mudah dipadamkan dengan air atau tanah jika anda sedang berada diluar ruangan.

10 Rekomendasi Kompor Portable Terbaik

Kompor Parafin TNI

Kompor Portable yang satu ini adalah produk buatan dari Tentara Nasional Indonesia. Kompor ini terbuat dari stainless steel alloy berukuran 12 x 7 cm. Beratnya yang hanya 300g sangat mencuri perhatian para campers karena sangat hemat tempat dan beban yang ringan. Kompor ini dikemas dengan 8 buah tablet parafin padat. Sehingga bisa langsung digunakan.

Kompor Parafin TNI

1 buah tablet parafin bisa digunakan untuk menyalakan api hingga 2 jam. Dengan total 16 jam api, berat yang ringan, dan ukurannya yang relatif kecil, membuat Kompor Portable yang satu ini tidak kalah saing dengan kompor-kompor jenis lain.

Salah satu kekurangan dari kompor jenis ini adalah api yang lemah sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasak. Selain itu pada kondisi diluar ruangan yang berangin, kompor ini perlu ditanam setengah badan untuk membantu api tetap menyala dan tidak mati terkena angin.

Kompor Portable Alocs Spirit Burner CS-B02

Kompor Portable yang satu ini juga tidak kalah kecil. Kompor Portable ini menggunakan bahan bakar alkohol, atau sering disebut juga spiritus. Spiritus dituangkan secukupnya kedalam perut Kompor Portable ini, lalu gunakan pemantik untuk menyalakan api. Terbuat dari stainless steel, dengan berat yang hanya 250g dan desain yang vintage membuat Kompor Portable ini sering digunakan baik didalam ruangan maupun untuk berkemah.

Alocs Spirit Burner CS-B02

Alocs Spirit Burner dilengkapi pelindung angin dan mekanisme pengaturan pembakaran. Pengaturan pembakaran ini sangat berguna untuk mengatur kuat api serta menghentikan api sepenuhnya dalam kondisi tertentu. Pelindung anginnya sangat membantu menyalakan kompor di kondisi berangin dan menjaga kompor agar tetap menyala.

Kekurangan dari Alocs Spirit Burner adalah seringnya pengisian bahan bakar karena perut kompor nya yang kecil hanya memungkinkan sedikit alkohol yang dapat disimpan.

Kompor Portable Sayota SRC-1501 S

Kompor elektrik ini dikemas dengan satu panci multifungsi. Panci multifungsi ini berkapasitas 1.2 liter yang digunakan untuk merebus air, menanak nasi, dan bisa digunakan juga untuk mengkukus. Sayota SRC-1501 S memiliki daya listrik 300watt dan dilengkapi dengan pengatur panas. Daya listrik yang kecil membuat kompor listrik ini sangat ekonomis. Ukuran nya yang tidak terlalu memakan tempat, membuat kompor elektrik ini cocok untuk dibawa berpergian keluar kota untuk digunakan memasak saat di hotel.

Sayota SRC-1501 S

Desain dari kompor ini yang memiliki diameter tungku yang khusus, dan menggunakan teknologi induksi membuat kita tidak bisa minggunakan peralatan diluar dari panci multifungsi yang sudah disediakan. Hal ini menjadi sebuah kekurangan yang besar untuk Kompor Portable ini.

Kompor Portable Maspion S300

Kompor elektrik portabel milik maspion ini tergolong kompor elektrik yang ekonomis. Kompor ini hanya memilikis satu warna, yaitu warna merah. Desain nya yang sangat sederhana membuat kompor ini pilihan yang umum bagi yang ingin membeli Kompor Portable elektrik. Kompor elektrik ini mengeluarkan pancaran panas dari coil yang melilit di tengah tungku.

Maspion S300

Ukuran tungku nya yang universal, membuat kita bisa menggunakan beragam panci yang atau wajan yang kita miliki. Kompor elektrik ini memiliki tombol putar untuk memilih mode input daya antara 600watt dan 300watt. Semakin tinggi watt yang digunakan, maka akan menghasilkan kompor lebih panas. Tombol putar ini sangat berguna untuk menyesuaikan penggunaan sehingga bisa lebih hemat dalam penggunaan listrik.

Kompor Portable Idealife IL 401S

Kompor elektrik portabel yang satu ini memiliki daya listrik maksimum 500watt namun dilengkapi pengaturan suhu otomatis yang beragam hingga paling kecil hanya menggunakan 100watt. Sehingga dapat di atur untuk menjadi mode ekonomis. Hotplate nya yang berukuran diameter 10cm juga sudah diberi ceramic coating sehingga bisa digunakan juga untuk memasak menggunakan perabotan yang berbahan ceramic.

Kompor Portable Idealife IL 401S

Idealife IL 401S juga dilengkapi indikator untuk pemutusan arus juga terlalu panas, sehingga sangat aman untuk penggunaan jangka panjang. Ini merupakan fitur yang penting karena tidak semua Kompor Portable listrik dilengkapi dengan fitur ini.

Kompor Portable Cosmos CGC-121P

Kompor gas ini menggunakan pemantik piezo electric sehingga menyalakannya sangat mudah. Selain itu kompor ini juga sudah dilengkapi pemutus otomatis jika terjadi kesalahan pada nozzle gas yang membuat keluar gas berlebih. Terdapat juga pengaturan api sehingga dapat menggunakan panas tinggi atau rendah.

Kompor Portable Cosmos CGC-121P

Cosmos CGC-121P juga sudah dilengkapi pengunci tabung gas kaleng sehingga penggunaan abung gas lebih aman dan tahan guncangan. Beratnya yang ringan memungkinkan Cosmos CGC-121P cocok digunakan untuk travelling maupun digunakan untuk memasak bersama keluarga di rumah.

Kompor Portable Sayota NAC153

Sayota NAC153 memiliki spesifikasi standar sama sperti dengan kompor gas portabel pada umumnya. Namun, perangkat pengaman kompor gas ini dilengkapi dengan perangkat pengaman katup ganda yang mencegah kebocoran gas serta menjaga dari tekanan yang berlebih. Selain itu kompor ini dilengkapi dengan perangkat yang mencegah kesalahan pemasangan kaleng gas.

Kompor Portable Sayota NAC153

Tungku yang besar juga membuat kita lebih fleksibel untuk menggunakan alat masak dan tidak perlu kawatir panas tidak merata.

Kompor Portable Maspion EX-802

Saat penggunaannya, Maspion EX-802 relatif beroperasi dengan tidak berisik. Walaupun pada umumnya Kompor Portable dengan menggunakan tabung kaleng gas butana akan mengeluarkan suara cenderung keras karena gas butana dalam kaleng telah diberi tekanan pada pengemasannya sehingga ketika tekanan itu dibuka maka akan menembakkan api dengan suara tekanan yang lumayan terdengar.

Kompor Portable Maspion EX-802

Kompor Portable Kenmaster KM180B

Kenmaster KM180B memiliki keunikan yaitu kompor ini selain dapat menggunakan tabung gas kaleng, dilengkapi juga dengan nozzle yang dapat disambungkan langsung ke LPG untuk memasak lebih hemat dan lebih panas. Kompor 2in1 ini sangat berguna terutama bagi yang gemar melakukan group travelling karena tidak perlu menyediakan banyak tabung kaleng gas seperti Kompor Portable pada umumnya.

Kompor Portable Kenmaster KM180B

Merek Kenmaster juga sudah terpercaya, dan keamanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kenmaster KM180B sudah lulus beberapa uji kualifikasi keamanan.

Kompor Portable Rinnai RI-150cc

Merek Rinnai sudah sangat terkenal di Indonesia sebagai salah satu produsen kompor terbaik. Tentunya Kompor Portable yang dikeluarkan juga merupakan salah satu yang terbaik. Kompor ini memiliki seluruh fitur yang dapat di berikan pada Kompor Portable.

Sistem kunci tabung silinder, pemantik piezo electric , memiliki saluran koneksi untuk disambungkan ke LPG, dan permukaannya juga sudah di beri lapisan porcelain sehingga mempermudah pembersihan. Semua sudah tersedia pada kompor. Rinnai RI-150cc cocok untuk digunakan dirumah, dibawa travelling ataupun penggunaan saat berkemah.

Kompor Portable Rinnai RI-150cc

Output api yang dikeluarkan oleh Rinnai RI-150cc juga tergolong kuat, dengan api biru, sehingga masakan lebih mudah matang. Akan tetapi, ini juga merupakan kelemahan dari Rinnai RI-150cc. Output nya yang besar membuat penggunaannya cenderung boros. Selain itu, besar output api juga mempengaruhi penggunaannya dimana panas terkecil yang dapat dikeluarkan Rinnai RI-150cc juga relatif lebih tinggi dibanding Kompor Portable gas lainnya.

Kesimpulan

Dalam memilih kompor hal terpenting adalah memahami kegunaan dan fitur masing masing jenis kompor yang akan kita pilih. Ada banyak jenis kompor dan variasi – variasinya yang tersebar di pasaran. Jika kita tidak memahami kegunaan dan fitur masing- masing maka tentunya kita pasti akan bingung memilih akibat begitu banyaknya pilihan yang diberikan.

Kompor Portable aternatif umumnya digunakan untuk penggunaan berkemah. Kompor Portable listrik umumnya digunakan untuk penggunaan dalam ruangan. Kompor Portable gas lebih fleksibel dalam penggunannya, namun ukuranya cenderung lebih besar dan lebih berat dari jenis kompor yang lain. Selamat menentukan pilihan Anda !

You May Also Like

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *