[Review] 9 Rekomendasi Layar Proyektor Terbaik 2020

Layar Proyektor Terbaik

Layar proyektor merupakan salah satu alat yang penting digunakan di berbagai kegiatan seperti menonton film, main gim, hingga presentasi di kantor. Layaknya bunga dan kupu-kupu, proyektor tidak lengkap tanpa adanya alat ini. Layar diperlukan agar hasil gambar dari proyektor terlihat sebaik-baiknya.

Ketika memilih layar proyektor, pastikan pilihan Anda sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, kali ini kami akan berbagi tips dalam memilihnya dan merekomendasikan 9 produk layar proyektor terbaik saat ini. Tidak lupa juga, ada beberapa tips terkait cara memasang alat ini agar hasilnya maksimal. Selamat membaca!

Mengenal layar proyektor

Layar proyektor merupakan bagian tak terpisahkan dari mesin proyektor itu sendiri. Cahaya layar yang dihasilkan proyektor akan ditangkap oleh layar kemudian dipantulkan untuk mencapai mata. Alat ini didesain dengan bahan khusus agar hasil gambar yang dihasilkan maksimal.

Layar proyektor juga dibuat dalam berbagai jenis dan ukuran agar sesuai kebutuhan pelanggan.

Tanpa layar proyektor, sebenarnya kita masih bisa melihat hasil cahaya dari proyektor. Contohnya, kita bisa saja ‘menembakkan’ proyektor ke dinding ataupun benda lain seperti whiteboard.

Layar Proyektor Terbaik

Akan tetapi, hasil gambar yang dihasilkan tidak dapat maksimal karena berbagai faktor. Misalnya, permukaan dinding yang tidak rata, coretan di whiteboard, hingga warna media pantul yang mengubah hasil gambar proyektor itu sendiri.

Manfaat dan kegunaan layar proyektor

Layar proyektor sangat berguna bagi orang-orang di kantor ataupun di sekolah yang membutuhkan media presentasi. Apalagi, pada masa-masa modern ini hampir setiap institusi menggunakan media elektronik untuk presentasi.

Tidak seperti zaman dahulu dimana orang-orang masih menggunakan kertas besar, papan tulis, hingga OHP untuk melakukan presentasi. Saat ini, orang-orang lebih memilih menggunakan komputer untuk menyusun presentasi kemudian dipresentasikan menggunakan proyektor agar bisa dilihat banyak orang secara bersamaan.

Kombinasi proyektor dengan layarnya membuat presentasi menjadi jelas dan mudah dilihat. Seringkali kita menemukan layar yang begitu besar dan canggih di suatu institusi. Hal itu karena layar proyektor terbaik dapat membuat kesan profesional di dalam ruangan presentasi.

Hal itu tidak dapat terjadi jika orang-orang hanya menggunakan dinding untuk memantulkan cahaya dari proyektor.

Selain untuk presentasi, layar proyektor juga berguna untuk bermain melihat film. Tanpa Anda sadari, layar bioskop yang biasa Anda lihat pada dasarnya merupakan layar raksasa. Gambar di bioskop tidak dihasilkan oleh layar itu sendiri, namun merupakan hasil pantulan layar bioskop dari proyektor khusus yang ada di belakang kursi penonton.

Layar Proyektor Terbaik di Indonesia

Pernahkah Anda nobar (nonton bareng) pertandingan sepakbola bersama teman-teman Anda di suatu café? Tentunya acara tersebut memerlukan layar proyektor yang besar agar hasil gambarnya besar, sehingga dapat dilihat banyak orang dan pastinya menambah keseruan nobar itu sendiri.

Apa jadinya jika Anda berkumpul di café tersebut namun hanya melihat pertandingan dari suatu TV yang kecil? Tentu pengalamannya akan berbeda.

Tidak sebatas itu, para gamer pun terkadang memerlukan layar proyektor agar sesi permainan mereka dapat dilihat oleh banyak orang.

Biasanya, gamer menyambungkan proyektor ke komputer untuk memancarkan cahaya gambar ke layar secara real-time agar tangkapan layar permainannya juga dapat dilihat orang banyak. Pertandingan ataupun turnamen gim seringkali menggunakan cara ini untuk memuaskan para penonton.

Merk layar proyektor terbaik 

1. Layar proyektor Elite Screens

Elite Screens merupakan perusahaan dari California yang terbentuk pada tahun 2004 oleh para veteran di industri andiovisual dan teknologi informasi. Elite Screens berfokus pada layar proyektor inovatif, berkualitas tinggi, namun tetap terjangkau.

Layar dari Elite Screens tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran untuk seluruh kebutuhan konsumen dari bioskop rumahan, perkantoran, dan lain sebagainya.

Layar proyektor Elite Screens

Semua layar proyektor Elite Screens memiliki remote control inframerah dan saklar tiga yang memungkinkan penggunanya mengatur layar dari jarak jauh. Produk Elite Screens mengusung teknologi yang membuat hasil gambarnya dapat terlihat jelas dari berbagai sudut.

Produk Elite Screens diproduksi di Taiwan dengan fasilitas produksi berada di Shanghai, Cina. Perusahaan pusatnya berada di Amerika Serikat, tepatnya di Cerritos, California.

2. Layar proyektor Brite

Brite merupakan merk Indonesia yang berfokus pada kebutuhan barang-barang presentasi berkualitas. Layar proyektor Brite mendukung kinerja proyektor pada saat digunakan untuk presentasi. Brite sangat direkomendasikan untuk institusi pendidikan, ruang rapat, kantor, home cinema, tempat ibadah, conference room, dan lain-lain.

Layar proyektor Brite

Produk Brite tidak hanya mencakup layar proyektor, namun sangat beragam seperti bracket proyektor, bracket motor proyektor, AV stand, multimedia box, wall input panel, visualizer document camera, blending processor, sampai HDMI & Kabel VGA khusus yang mengantarkan signal secara full tanpa terdegradasi dari sumber ke tampilan projector.

Setiap tipe memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri yang berfungsi secara optimal sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

3. Layar proyektor Vivo

Merk yang satu ini berasal dari Amerika Serikat dan mulai beroperasi tahun 2002. Brand ini juga memproduksi perangkat-perangkat yang berhubungan dengan presentasi, dari proyektor, layar, mount, stand, hingga mobile workstation.

Layar proyektor Vivo

Layar proyektor yang diproduksi Vivo jenisnya banyak, dari yang bertipe portabel, elektrik, hingga manual. Layar-layar Vivo telah terbukti berkualitas baik. Layar proyektor Vivo tersedia dalam berbagai ukuran, dari 50 inci hingga 100 inci. Sayangnya, produk-produk Vivo belum luas didistribusikan ke Indonesia.

9 produk layar proyektor terbaik

Kebanyakan produk yang beredar di pasaran Indonesia sekarang tidak berada di bawah merk khusus, sehingga Anda mungkin akan merasa kesulitan saat memilih. Di bawah ini kami akan membahas 9 rekomendasi layar proyektor terbaik saat ini.

Penilaian kami didasarkan pada jenis, ukuran, dan harga tiap produk. Jika Anda mencari merk, ada pula merk terkenal seperti Brite yang masuk ke dalam daftar 9 produk ini.

1. Layar proyektor Brite Manual Screen MAS 3030

Brite Manual Screen terbuat dari material berkualitas sehingga awet dan tahan lama. Produk ini dapat dipakai di ruang rapat, kelas, hingga menjadi bagian home theatre rumah Anda. Gambar yang dihasilkan produk ini cukup bagus sehingga dapat Anda andalkan untuk mempresentasikan gambar dan video.

Selain itu, layar tipe manual ini memiliki sistem autolock yang membuat layar proyektor dapat berhenti di berbagai ketinggian sesuai keperluan. Tarik handel untuk membuat layar tidak terkunci, kemudian atur besarnya bentangan layar. Jika dirasa cukup, lepaskan handel, lalu layar akan otomatis terkunci.

Layar proyektor Brite Manual Screen MAS 3030

Dengan demikian, layar tidak akan tergulung ke atas secara tiba-tiba pada saat Anda melakukan presentasi.

Ukurannya yang besar (120 inci) membuat layar ini cukup berat, yakni sekitar 20 kg. Layar proyektor ini dapat dibeli dengan harga Rp1.725.000

2. Layar proyektor Super Big Motorized Screen 300”

Apabila Anda memiliki usaha Event Organizer (EO), penting bagi Anda untuk menjelaskan rencana dan konsep Anda kepada seluruh client yang datang ke pertemuan di kantor Anda. Sehingga, memiliki layar proyektor superbesar tentu merupakan sebuah keuntungan. Kami merekomendasikan layar elektrik berukuran 300 inci ini agar usaha EO Anda semakin lancar.

Layar proyektor Super Big Motorized Screen 300

Layar dengan rasio 4:3 ini dapat menghasilkan kualitas gambar yang jernih dan tajam. Produk ini akan sangat menunjang jika digunakan untuk acara di ruang pertemuan yang besar. Dengan demikian, pengunjung pun pastinya akan semakin tertarik untuk melihat berbagai macam presentasi Anda.

Ukurannya yang super besar membuat proyektor ini cukup mahal. Satu proyektor ini dihargai Rp4.375.000

3. Layar proyektor Brite Tension Motorized Screen

Salah satu layar tipe elektrik Brite ini sangat pas Anda pasang di ruang keluarga. Layar ini memiliki tubular motor yang tidak bising dan awet. Gambar yang dihasilkan juga tajam sehingga Anda bisa menikmati menonton film bersama keluarga dengan puas. Rasanya makin lengkap set home theater Anda dengan layar ini.

Layar proyektor Brite Tension Motorized Screen

Rangka produk ini terbuat dari aluminium berlapis cat powder coating putih. Material tersebut tidak hanya membuat produk ini kuat dan awet, tetapi juga mudah disesuaikan dengan interior ruangan Anda.

Untuk mempermudah pemasangan di berbagai tempat, layar ini juga dilengkapi dengan bracket instalasi, lho! Layar ini juga tidak memerlukan sisi dinding yang terlalu lebar karena ukurannya yang tidak terlalu besar, yakni 70 inci. Untuk membeli layar ini, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp3.748.500.

4. Layar proyektor Screen Projector Manual Wall 60”

Anda membutuhkan layar proyektor yang kuat, berbobot ringan, dan dapat dipasang dengan mudah? Produk berlayar 60 inci ini mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Layar tipe manual ini dilengkapi dengan cincin pengait di kedua sisinya.

Jadi, Anda dapat dengan mudah untuk mengaitkan layar pada paku di dinding. Sehingga, proses pemasangannya lebih simpel karena tidak membutuhkan pemasangan bracket. Akan tetapi, tampilannya pun menjadi kurang elegan.

Layar proyektor Screen Projector Manual Wall 60

Selain itu, produk ini juga menggunakan sistem auto locking system. Dengan demikian, layarnya dapat dibentangkan dalam posisi apapun.

Dengan proses instalasi yang praktis dan adanya sistem auto lock, layar ini sangat mendukung untuk meeting atau proses belajar di dalam kelas. Layar ini juga cukup murah. Cukup dengan Rp470.000, Anda sudah bisa membawa pulang layar yang satu ini.

5. Layar proyektor Brite Floor Handy Pull Up Screen

Brite adalah perusahaan Indonesia yang memproduksi layar proyektor berkualitas yang tidak mudah terbakar. Produk ini adalah salah satu layar fire retardant-nya dengan tipe floor rising screen yang desainnya simpel dan kokoh.

Dengan begitu, produk ini bisa dibilang cukup awet dan lebih tidak mudah rusak. Hanya sedikit produk layar proyektor yang memiliki teknologi fire retardant seperti layar ini.

Layar proyektor Brite Floor Handy Pull Up Screen

Anda tidak perlu melakukan instalasi untuk menggunakan produk ini sehingga sangat praktis. Anda hanya perlu meletakkannya di lantai, menarik layarnya ke atas, dan produk telah siap digunakan. Keunggulan tersebut membuat produk ini layak dijadikan portable home theatre yang tidak akan mengurangi keserasian interior rumah Anda.

Terutama jika Anda tidak memiliki ruangan home theather khusus, namun tetap ingin menikmati film di suatu ruangan bersama keluarga seperti ruang tengah ataupun ruang tamu. Layar proyektor ini dibanderol dengan harga Rp2.175.000

6. Layar proyektor Layar Proyektor Tirai 60”

Bagi Anda yang sangat memperhatikan keindahan interior ruangan dan tidak menyukai layar proyektor dengan bingkai hitam, Anda bisa coba memilih produk ini. Layar proyektor satu ini didesain tanpa menggunakan bingkai sehingga tampilannya tidak terlalu mencolok.

Selain tidak berbingkai, produk ini juga dibuat tanpa lubang pengait. Hal itu membuat layar ini tidak perlu diikat-ikat sehingga keika dipasang akan tampak semakin elegan dengan sekitarnya.

Layar proyektor Layar Proyektor Tirai 60

Meski tidak berbingkai, material produk ini terbuat dari new type non-woven fabric. Jadi, gambar akan tetap terlihat terang dan jernih, tidak kalah dengan produk layar proyektor yang berbingkai.

Oleh karena itu, produk ini tidak hanya tepat untuk penggunaan di kafe atau di kantor, tetapi juga pas digunakan untuk menonton film ataupun bermain gim bersama teman-teman Anda.

Harganya pun sangat terjangkau, yakni Rp56.316. Kekurangan layar ini untuk sebagian orang adalah ukurannya yang kecil, yakni hanya 60” atau setara dengan besar layar televisi rata-rata.

7. Layar proyektor LeTaec Motorized Layar Proyektor 70”

LeTaec Motorized Layar Proyektor 70” memiliki layar berwarna matte white dan berbahan kain khusus. Oleh karena itu, layar proyektor ini akan memberikan kualitas gambar dengan warna yang jelas dan tajam.

Layar proyektor LeTaec Motorized Layar Proyektor 70”

Layar dengan motor ini dapat dikendalikan dengan remote wireless sehingga lebih tidak merepotkan. Produk ini dapat diandalkan untuk presentasi di ruangan-ruangan kecil mengingat ukurannya yang tidak terlalu besar.. Layar ini tergolong murah untuk ukuran layar elektrik, yakni Rp1.280.000

8. Layar proyektor Screen Projector Portable 40”

Biasanya kendala yang sering muncul ketika akan membawa layar untuk presentasi adalah bobot layar yang terlalu berat dan lebar layar yang terlalu panjang. Produk ini secara khusus dirancang untuk mengatasi masalah tersebut.

Ukuran layarnya compact sehingga mudah untuk dibawa bepergian naik motor sekalipun. Terkadang, salah satu hal yang sangat merepotkan ketika menyiapkan presentasi di suatu area adalah membawa layar sendiri jika di area tersebut tidak tersedia layar proyektor.

Layar proyektor Screen Projector Portable 40”

Hal ini disebabkan karena bobot dan ukuran layar yang biasanya sangat besar. Untuk mengatasi hal tersebut, produk ini dirancang secara khusus untuk masalah ini.

Ukuran layarnya memang kecil, yakni 40 inci saja. Akan tetapi itulah keunggulan produk ini, yakni berkat ukurannya yang kecil maka layar proyektor ini dapat lebih muda dibawa kemana-mana.

Tiang penyangga di bagian belakang layar juga dapat berputar mengikuti ketinggian layar. Sehingga, Anda dapat membentangkan layar dengan berbagai ketinggian. Oleh karena itu, produk ini tepat digunakan baik untuk presentasi maupun untuk menonton film.

Bagi Anda yang menginginkan produk portabel yang menawarkan beragam rasio layar, pilihlah produk ini. Harganya pun tidak terlalu mahal. Produk ini dipasarkan seharga Rp480.000

Manual projector screen, 40 inci, bingkai hitam, 480.000

9. Layar proyektor Matt White Projector Screen 100”

Apakah Anda sedang mencari layar yang ukurannya pas untuk dipakai menonton bersama keluarga di rumah? Layar proyektor tipe tapestry ini adalah solusinya. Layar berasio 16:9 ini memiliki lubang di keenam sisinya sehingga mudah untuk Anda kaitkan pada paku dinding di rumah.

Jika Anda memiliki halaman di belakang rumah, mungkin Anda pernah terpikirkan untuk menyulap halaman tersebut menjadi bioskop mini dengan memasang layar beserta proyektornya untuk menonton film favorit Anda dan keluarga.

Layar proyektor Matt White Projector Screen 100”

Atau, bisa jadi Anda memang berencana memanfaatkan suatu sudut kosong di dalam rumah Anda untuk dijadikan home theater, akan tetapi Anda tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak uang. Maka, produk ini sangat cocok untuk Anda.

Layar berjenis tapestry ini dilengkapi oleh enam buah lubang yang dapat dikaitkan dengan tali agar bisa dibentangkan dengan praktis. Anda juga dapat memindahkan layar proyektor ini ke mana saja sesuai keinginan Anda.

Selain itu, layar ini juga memiliki bingkai berwarna hitam sehingga film yang Anda tonton dapat terlihat lebih jernih. Meski praktis dan dapat menghasilkan gambar tajam, harga layar ini lebih terjangkau dibandingkan produk lainnya.

Untuk Anda yang mencari layar proyektor fungsional dan harganya bersahabat, produk ini bisa jadi pilihan. Harganya sekitar Rp300.000

Panduan memilih layar proyektor terbaik

Ada empat poin yang penting diperhatikan dalam memilih layar proyektor. Apa saja keempat poin itu? Mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Model layar proyektor

Poin pertama yang harus Anda perhatikan adalah model layarnya. Ada empat tipe layar proyektor, yaitu tipe electrik, manual, tapestry/tempel, dan portabel. Tiap layar memiliki keunggulan, kekurangan, dan segmen pasar yang berbeda. Oleh sebab itu, pahamilah perbedaan dari setiap model layar sebelum membelinya.

Layar proyektor tipe pertama yaitu yang bertipe elektrik atau memiliki motor. Layar tipe ini memiliki satu keunggulan yang tidak ada di tipe layar lain, yakni layarnya yang dapat digulung dan dibentang secara otomatis. Anda tidak perlu repot-repot datang ke layarnya dan meraih pegangannya untuk membentangkan layarnya.

Layar Proyektor Terbaik 1

Anda dapat menutup layar ini secara otomatis dari jarak jauh. Biasanya, layar bertipe ini dapat dioperasikan hanya dengan menggunakan remote control. Namun, karena menggunakan listrik, layar proyektor ini memiliki beberapa kekurangan.

Contohnya, komponen dari layar ini memiliki bobot yang berat sehingga tidak ringkas dan sulit dibawa kemana-mana. Harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe yang lain.

Apalagi jika ada kejadian mati listrik, maka praktis layar ini tidak bisa digunakan. Walaupun begitu, tentu saja ketika mati listrik proyektornya sendiri juga tidak berfungsi, sehingga sama saja.

Tipe selanjutnya adalah layar proyektor bertipe manual. Sesuai namanya, Anda harus membentang ataupun menggulung layar secara manual. Ada dua jenis layar untuk tipe ini. Layar yang pertama dibuka dengan menarik tali di bagian sisi layar.

Sementara pada layar tipe kedua, Anda harus menarik handel di bagian bawah layar. Setelah handel ditarik, layarnya dapat terbuka secara otomatis.

Layar tipe ini memiliki kelebihan yakni mudah disimpan dan tidak mengganggu kondisi interior sekalipun diletakkan di dalam ruangan. Alat ini juga tidak membutuhkan arus listrik, sehingga tidak membutuhkan biaya listrik ekstra. dibandingkan dengan tipe elektrik, tipe manual juga lebih efektif dipakai untuk bekerja karena lebih ringan dan mudah dipasang.

Harga layar tipe ini juga lebih terjangkau dibandingkan layar elektrik. Jika Anda ingin membeli layar proyektor dengan harga yang lebih ekonomis, pilihlah tipe ini.

Layar proyektor tipe tapestry tidak dapat digulung dan dibentang sebagaimana dua tipe sebelumnya. Penggunaan layar tipe ini umumnya dengan cara menggantungnya di dinding. Ada juga layar tapestry yang ditempel ataupun dibentangkan dengan mengikat tali ke lubang yang tersedia.

Hal itu memang membuat layar ini terkesan tidak ringkas dan makan tempat. Oleh sebab itu, jika Anda memperhatikan keindahan interior ruangan, sebaiknya pilih tipe layar yang bingkainya tidak mencolok.

Keunggulan lain dari tipe ini adalah bobotnya ringan sehingga nyaman untuk dibawa bepergian. Apabila Anda membutuhkan layar untuk dipakai berpindah-pindah ruangan, layar tipe ini bisa Anda gunakan.

Tipe terakhir adalah floor rising screen atau disebut juga freestanding. Sesuai namanya, layar proyektor ini dapat berdiri tanpa menggunakan penyangga, bahkan tidak membutuhkan proses instalasi yang merepotkan.

Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan layar tipe manual. Dengan demikian, boleh dikatakan bahwa layar tipe ini adalah tipe yang paling mudah digunakan. Biasanya, layar tipe ini didesain menggunakan tripod yang dapat ditekuk-tekuk sehingga dapat dibawa-bawa dengan kemasan yang cukup ringkas.

Sayangnya, tipe ini harus diletakkan di lantai untuk menggunakannya. Tipe ini lebih banyak menyita tempat dibandingkan tipe layar yang digantung di dinding, terutama karena ada kaki-kaki yang menopang layar. Namun, banyak juga layar tipe ini yang dapat dilipat dan disimpan.

2. Rasio layar proyektor

Saat memilih layar proyektor, Anda perlu mempertimbangkan rasio gambar atau perbandingan antara panjang dan lebar layar.

Apabila Anda ingin menggunakan layar proyektor untuk di rumah, gunakanlah layar tipe lebar (rasio 16:9) atau tipe standar (rasio 4:3). Layar tipe lebar (wide type) merupakan ukuran yang sesuai untuk menonton film sehingga sangat cocok dipakai sebagai home theatre.

Layar Proyektor Terbaik

Rasio 16:9 juga sama seperti mayoritas layar laptop ataupun monitor, sehingga gambar yang Anda lihat di monitor dapat terpancar secara sempurna ke layar tanpa menyisakan ruang kosong di layar Anda.

Sementara, untuk kebutuhan presentasi di sekolah atau tempat kerja, gunakanlah widescreen projector dengan rasio 16:10. Anda dapat melihat presentasi dari layar PC dengan aplikasi seperti Power Point dengan lebih mudah.

3. Jenis bingkai layar proyektor

Ada dua tipe bingkai layar proyektor, yakni produk berbingkai hitam dan produk tanpa bingkai. Layar berbingkai hitam membuat gambar terlihat lebih jernih. Hal itu disebabkan karena bingkai hitam dapat menyerap cahaya yang tidak terpantulkan.

Sebaliknya, layar tanpa bingkai membuat gambar terlihat kurang jernih. Akan tetapi, layar tanpa bingkai lebih mudah menyatu dengan interior ruangan dan secara estetik terkesan lebih elegan.

Jenis layar berbingkai hitam cocok untuk menampilkan gambar yang perlu terlihat detail dan jernih seperti film dan game. Layar dengan bingkai juga patut dipakai di perkantoran ataupun ruangan pertemuan yang sering mengadakan presentasi.

Sedangkan, layar tanpa bingkai cocok untuk tempat-tempat yang tidak difokuskan untuk presentasi dan lebih menitikberatkan kepada keindahan seperti café.

Ukuran layar proyektor portabel yang sesuai jarak pandang

Orang sering berpikir bahwa layar besar cocok dipakai di ruangan besar, sebaliknya layar kecil untuk ruangan kecil. Namun, hal tersebut tidaklah selalu benar. Dalam menentukan layar yang sesuai dengan luas ruangan, terdapat rumus jarak pandang dibagi tiga.

Contohnya, jika jarak layar dari kursi seseorang adalah 240 cm, layar tipe 80 inci adalah rekomendasinya.

Layar Proyektor Terbaik

Jika jarak kursi dan layar terlalu besar, Anda akan mudah capek karena untuk melihat konten gambar dari satu sisi ke sisi yang lain kepala Anda harus bergerak. Sedangkan, jarak yang terlalu jauh membuat gambar sulit dilihat. Ukuran layar juga harus menyesuaikan ukuran ruangan yang Anda ingin berikan layar proyektor.

Hindari hal ini saat membeli dan memakai layar proyektor

Tentunya Anda akan memilih layar proyektor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga mungkin sudah merencanakan bagaimana posisi dan penempatan layar proyektor Anda nantinya.

Akan tetapi, ingatlah bahwa terkadang kekeliruan saat membeli dan memakai alat ini bisa terjadi. Kesalahan tersebut mungkin saja simpel, namun bisa sangat mempengaruhi pengalaman Anda saat melakukan presentasi ataupun kegiatan lain yang menggunakan proyektor.

Apa saja kesalahan yang perlu Anda hindari? Coba simak berikut ini.

Tidak mengukur ruangan sebelum membeli layar proyektor

Jangan sampai Anda sudah terlanjur membeli layar proyektor tempel ataupun manual/elektrik, namun ketika akan dipasang ternyata ukurannya terlalu besar!

Sebelum Anda pergi ke toko elektronik, pastikan Anda sudah memperkirakan posisi dan mengukur ruangan tempat layar proyektor dengan baik.

Jika Anda berencana membeli layar yang ditempel ke dinding, pastikan Anda telah mengukur tinggi dan lebar dinding tersebut.

Pastikan Anda memilih lebar layar yang lebih kecil dibandingkan lebar dinding jika Anda membeli layar non tempel manual ataupun elektrik, karena biasanya wadah layarnya sedikit lebih lebar dibandingkan lebar layarnya.

Jika Anda akan memasang layar proyektor berdiri di suatu lorong ataupun di depan pintu, jangan memilih layar proyektor yang terlalu besar dan dapat menghalangi lalu-lalang orang di sekitarnya.

Memasang layar proyektor menghadap sinar matahari

Proyektor memang memancarkan cahaya yang cukup terang. Akan tetapi, cahaya yang dihasilkan proyektor tidaklah secerah cahaya dari matahari. Hal ini menyebabkan pantulan cahaya dari layar proyektor yang menuju sumber cahaya dari matahari ‘kalah’, sehingga gambar tidak jelas terlihat. Hal ini dapat diatasi dengan cara meletakkan layar proyektor membelakangi sinar matahari.

Layar Proyektor Terbaik

Letakkan layar proyektor berdiri di antara proyektor dan sumber sinar matahari seperti pintu dan jendela. Layar tersebut biasanya terbuat dari bahan yang tebal, sehingga cahaya matahari tidak akan tembus dan hasil gambar proyektor akan jelas terlihat.

Jika Anda ingin memasang layar proyektor di dinding dan pada satu sisi dinding terdapat sumber cahaya matahari, letakkan layar proyektor di dinding sebelahnya alih-alih dinding seberangnya. Walaupun cahaya matahari sampai ke layar, namun efeknya tidak akan seburuk jika layar tersebut diletakkan berseberangan dengan sumber cahaya.

Menyalakan lampu di dekat layar proyektor

Jika Anda sedang menggunakan layar proyektor untuk presentasi, salah satu kesalahan yang paling sering terjadi adalah menyalakan lampu di dekat layar proyektor. Hal ini menyebabkan cahaya dari proyektor bersaing dengan cahaya dari lampu, sehingga membuat hasil gambar kurang jelas.

Solusi atas masalah ini terkadang tidak sesimpel mematikan lampu ruangan, karena hal itu membuat Anda sebagai presentan tidak terlihat.

Beberapa ruangan pertemuan mengatasi persoalan tersebut dengan membuat sistem lampu dengan banyak saklar agar jumlah lampu yang menyala dapat diatur dengan mudah Jika tidak, siasati dengan meletakkan layar proyektor di tempat yang paling kurang cahaya.

Memasang layar proyektor tapestry/tempel di dinding yang miring

Mungkin hal ini tidak sering terjadi, akan tetapi tetap penting untuk diketahui. Proyektor bekerja dengan memancarkan sinar ke layar proyektor untuk dipantulkan kembali ke mata.

Hasil gambar terbaik didapatkan dengan posisi proyektor berada persis di depan layar dan layar terpasang persis tegak lurus terhadap tanah.

Jika layar dipasang miring, maka hasil gambar proyektor tidak berbentuk persegi empat sempurna, namun akan terdistorsi menjadi trapesium karena perbedaan jarak antar sisi layar proyektor terhadap proyektor.

Proyektor modern saat ini telah dilengkapi fitur khusus untuk mengatasi hal tersebut. Proyektor biasanya dilengkapi dengan fitur keystone yang dapat mengoreksi gambar menjadi persegi empat sempurna kembali.

Akan tetapi, fitur ini biasanya membuat hasil gambar menjadi lebih kecil dari kemampuan proyektor yang sebenarnya.

Kesimpulan

Artikel ini telah membatas tuntas rekomendasi 9 layar proyektor terbaik yang dapat Anda beli untuk kebutuhan kantor atau rumah Anda. Tentukan layar yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebelum membeli, pastikan Anda memperhatikan poin-poin penting dalam memilih produk. Setiap produk memiliki ukuran, jenis, dan fitur yang berbeda-beda. Selain kebutuhan, pastikan produk pilihan Anda sesuai dengan bujet yang Anda canangkan. Selamat memilih layar proyektor Anda!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *