Top 7 Lem Besi Terbaik untuk Logam 2019

Lem Besi terbaik
Top 7 Lem Besi Terbaik untuk Logam 2019
3.3 (66.67%) 12 votes

Dalam pertukangan dikenal beberapa jenis lem sesuai kebutuhan diantaranya lem bes. Lem besi merupakan salah satu dari lem kayu yang digunakan untuk menyatukan logam sehingga melekat erat.

Tidak hanya dunia pertukangan, bahkan didunia rumah tangga dan dunia kerajinan tangan pun membutuhkan kehadiran jenis lem besi. Selain itu dunia industri khususnya dekorasi baik itu eksterior dan interior pun juga membutuhkan sentuhan dari lem besi.

Kebanyakan dari lem besi ini juga muncul dalam jenis lem kayu. Untuk memuluskan proses pekerjaan yang anda lakukan, maka anda perlu mengenal berbagai jenis lem kayu yang multifungsi yang biasa digunakan baik oleh pelaku rumah tangga ataupun pelaku profesional pertukangan.

Begitu banyak jenis lem untuk besi yang tersedia dipasaran. Masing – masing dari lem untuk besi ini memiliki karakteristik tersendiri . Oleh karena itu untuk mempermudah anda memilih jenis lem yang baik, maka artikel ini akan membahas mengenai seluk belum dan ragam lem besi terbaik yang bisa anda gunakan.

Jenis lem berdasarkan fungsinya

Lem kuning

Lem kuning biasa disebut lem kayu atau lem yang digunakan untuk media kayu. Lem ini biasanya terbuat dari bahan polimer vinil asetat, yaitu bahan dasar yang sama dengan jenis lem putih.

Lem kuning

Lem kuning memang didesain secara khusus untuk media kayu, dan bekerja kuat atau kaku setelah diaplikasikan. Lem kayu membutuhkan waktu 24 jam atau kurang untuk mendapatkan hasil terbaik. Selain untuk media kayu, lem ini jug abekerja dengan bai pada media kulit dan sol sepatu.

Lem putih

Lem ini adalah lem paling ringan dan biasanya digunakan untuk keperluan yang sederhana seperti produksi kerajinan yang menggunakan kertas dengan ukuran ketebalana kecil, kerajinan untuk anak sekolah, keperluan kantor dan berbagai keperluan lain.

Lem putih memiliki keterbatasan yaitu hanya bisa digunakan untuk media yang tidak terkena air karena sifat lem yang memang tidak tahan terhadap air. Lem putih ini juga biasanya digunakan untuk merekatkan berbagai macam kerajinan tangan agar kerajinan tangan tersebut bisa menjadi barang serbaguna.

Lem cair

Jenis lem ini biasanya sering anda temui dipasaran dengan bentuk tube kecil. Lem jenis ini memang bisa merekatkan sambungan besi dengan sangat kuat.

Lem cair

Karena bentuknya yang berupa cairan, lem besi jenis ini bisa untuk menutup pori – pori sambungan besi hingga tertutup rapat.

Karakteristik lem Besi

Bahan logam memiliki karakteristik yang berbeda dengan bahan plastik ataupun bahan lainnya. Logam yang merupakan benda padat, keras membutuhkan lem yang kuat untuk bisa menyambungkannya dengan logam lainnya. Untuk itu sebuah lem bisa disebut sebagai lem besi jika memiliki kemampuan tahan guncangan dan tahan panas.

Karakter tahan panas dalam lem besi dibutuhkan untuk menahan panas yang dialirkan. Seperti kita ketahui bahwa besi adalah penghantar panas yang baik. Lem biasa jika terkena panas maka akan meleleh dan gagal untuk menyambungkan patahan. Oleh karena itu, jika lem besi tidak mempunyai karakter panas, ketika besi terkena panas, maka lem tersebut akan ikut meleleh dan besi pun kembali patah.

Karakter lem yang tahan guncangan juga diperlukan untuk lem besi. Hal ini dikarenakan besi pastinya akan menahan guncangan. Guncangan yang terjadi pada besi memiliki tekanan yang lebih kuat. Oleh karena itu jika lem besi penyambung tidak kuat, maka besi akan kembali patah.

Cara memilih lem besi terbaik

Pilih yang dibuat khusus untuk merekatkan besi

Komposisi pada lem besi akan berbeda dengan komposisi pada lem biasa. Lem besi akan menjadi sangat keras ketika kering. Hal inilah yang membuatnya kuat untuk menahan guncangan.

Cara memilih lem besi

Jika anda ingin melekatkan besi dengan benda non logm, maka ada baiknya anda menggunakan lem multifungsi. Hal ini dikarenakan lem besi tidak efektif digunakan untuk merekatkan plastik polipropilena atau polietilen ataupun non logam pada logam. Jadi, perhatikanlah juga jenis material benda yang akan Anda rekatkan ke logam.

Lem instan hanya untuk Besi tidak bergerak

Kalau anda ke toko bangunan dan disarankan untuk menggunakan lem instan ketika mau merekatkan logam maka anda harus mengerti karakteristik dari lem instan ini. Lem ini cepat kering dan mudah digunakan.

Namun sayangnya lem ini tidak memiliki karakter tahan guncangan. Sehingga jika anda ingin menyatukan besi yang sering digunakan bergerak dan berguncang, maka ada baiknya anda tidak menggunakan lem jenis ini.

Pilih lem yang elastis untuk 2 bahan berbeda

Saat anda hendak merekatkan benda dengan 2 jenis bahan yang berbeda maka masalah yang akan muncul adalah permukaan benda terkelupas, pecah, dan membengkok mungkin saja terjadi.

Cara memilih lem besi

Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan koefisien termal ekspansi, yaitu bilangan yang menunjukkan perubahan volume dan panjang suatu materi akibat kenaikan suhu. Benda dengan bahan sejenis akan bertambah volumenya secara bersamaan, tetapi bahan yang berbeda akan memiliki laju perubahan volume yang berbeda.

Bila hal ini terjadi, benda akan beresiko pecah dan membengkok. Saat seperti inilah anda harus memilih lem yang memiliki elastisitas sehingga meskipun terjadi perubahan ukuran yang tidak sama, lem akan berubah bentuk mengikuti perubahan ukuran pada benda.

Merk lem besi Kuat terbaik

Aica – aibon

Perekat serbaguna berkualitas tinggi sejak tahun 1974. Nama Aica Aibon dan warnanya yang kuning pucat telah dikenal luas di Indonesia sebagai salah satu merek perekat dengan keunggulan daya tahan yang kuat dengan jaminan kualitas dari Jepang.

Aica – aibon

Aica Aibon terbuat dari bahan sintetis dan pelarut organik. Bentuknya yang cairan kental sangat mudah digunakan dengan kekuatan perekat yang tinggi dan ketahanan yang sangat baik terhadap panas, air dan kelembaban. Jenisnya pun dibagi menjadi 3 yaitu semprot, poles dan non toluene

Dextone

Dextone merupakan produk lem yang didirikan oleh perusahaan PT. Dexton Lemindo dan bertempat di Jakarta. Produk ini merupakan produk asli buatan Indonesia namun sudah memasuki pasar dunia.

Dextone

Produknya dikemas dalam berbagai macam bentuk seperti dalam tube, cartridge, botol dan juga kaleng. Perusahaan ini juga sudah memegang ISO 9001 : 2008. Dengan demikian produknya tidak perlu lagi diragukan karena mereka selalu meletakkan prioritas pada kualitas produk dan kepuasan konsumen seperti yang disebut dalam visinya.

UHU

Merk ini merupakan produk asal Jerman dibawah perusahaan UHU GmbH & Co. KG. Perusahaan ini memfokuskan pada produksi lem dengan 5 jenis lem yang disesuaikan dengan tujuan penggunaannya.

UHU

Adapun jenis – jenis lem produksi UHU ini adalah UHU Power & Contact Glues, UHU Super Glues, UHU 2 – Component Adhesives, UHU Material Specialis dan UHU Heavy Duty/ Construction. UHU power dan contact glues bisa digunakan untuk berbagai permukaan.

UHU material specialist adalah salah satu varian yang penggunaanny disesuakan dengan material yang ingin anda rekatkan. Sedangkan UHU Heavy Duty adalah lem yang bisa anda gunakan ketika anda ingin melakukan pekerjaan pembangunan.

OEM

Lem Oem merupakan produk adhesive yang diciptakan oleh orang Indonesia dengan berada dibawah PT. Gilang Lemindo Sejahtera yang merupakan produsen dan distributor adhesive. Dahulu bernama PD.

OEM

Gilang Pratama, didirikan di Kota Tangerang pada tahun 2002. Memulai bisnis pada pengembangan dan pembuatan epoxy adhesive specialty untuk keperluan industri otomotif, filter, abrasif, kayu, dan aircraft. Bahkan saat ini mereka juga sudah menciptakan lem yang food grade alias aman untuk kemasan makanan.

PC

PC merupakan sebuah merk lem dari Protective Coating Company yang didirikan pada tahun 1954 di Pensylvania. Sudah berdiri selama 64 tahun, perusahaan ini tidak hanya mengembangkan aneka ragam produk adhesive tetapi juga aksesoris.

PC

Perusahaan ini merupakan perusahaan keluarga yang sudah bertahan selama 3 generasi. Produk lemnya pun merupakan produk yang non toxic, ramah lingkungan, dan juga cukup kuat. Satu produk lemnya bisa digunakan untuk berbagai tujuan baik itu untuk kayu, kerajinan tangan, ataupun lainnya.

Rekomendasi 7 Lem Besi Kuat Terbaik

1. Lem Besi Aica – Aibon

Pastinya lem satu ini tidak lagi asing ditelinga anda. Lem yang termasuk dalam lem kuning ini sangat familiar dimasyarakat Indonesia. Untuk anda yang ingin merekatkan logam dengan benda lain seperti plastik, kayu, dan kertas, anda dapat menggunakan produk ini. Lem yang berwarna kuning keemasan ini relatif mudah digunakan, anda cukup mengoleskannya dan membiarkannya kering sebelum anda merekatkan bahan yang ingin anda tempel.

Lem Besi Aica – Aibon

Namun, lem ini mengandung senyawa lysergic acid diethyilamide yang mengeluarkan aroma tertentu. Apabila aroma ini dihirup dalam waktu lama, Anda dapat menjadi mabuk dan mengalami kerusakan sel saraf otak. Oleh karena itu, pastikanlah Anda menggunakan masker atau jangan menghirup baunya terlalu lama ketika menggunakan lem ini.

Mulai dari mengelem sol sepatu, kayu, tas kulit dan lain sebagainya, lem ini sanggup melakukannya. Untuk mendapatkan lem besi multipurpose ini anda bisa membayar sebesar Rp. 9500

2. Lem Besi Dextone Silicone Sealant

Dextone merupakan merk lem besi yang sudah mendunia. Lem ini terbuat dari bahan silikon yang tahan air sehingga dapat digunakan di tempat dengan kelembapan yang tinggi. Selain itu, sifatnya yang elastis membuat lem ini mampu mengikuti perubahan bentuk logam yang direkatkannya dan membuat lem menjadi lebih tahan lama.

Dextone

Untuk Anda yang ingin merekatkan 2 atau lebih jenis logam maka produk ini sangat direkomendasikan karena lem ini mampu mengikuti perubahan bentuk logam. Lem ini juga umum digunakan untuk merekatkan kaca pada saat membuat akuarium karena sifatnya yang tahan air.

Untuk mendapatkan lem besi ini anda cukup membayar Rp. 22.320

3. Lem Besi OEM Epoxy Resin Glue

Kalau anda mencari lem yang bisa bekerja pada suhu tinggi, maka anda akan memilih OEM Epocy Resin Glue. Lem ini terdiri dari 2 cairan yang berbeda, yaitu resin atau cairan bening yang dapat mengeras dan curing agent yang membantu cairan resin agar dapat mengeras lebih cepat.

Lem Besi OEM Epoxy Resin Glue

Anda cukup mencampurkan kedua cairan tersebut, kemudian mengoleskannya ke permukaan yang ingin Anda rekatkan. Logam pun dapat merekat dengan lebih kokoh.

Pada suhu normal lem ini akan mengeras dalam waktu 24 jam, sedangkan pada suhu tinggi (sekitar 60℃) lem ini akan mengeras lebih cepat. Meskipun lem ini cukup lama proses pengeringannya, lem ini mampu merekatkan logam dengan sangat baik. Cocok untuk Anda yang menginginkan hasil yang tahan lama.

Lem besi dengan packaging tube ini bis anda dapatkan dengan harga Rp. 63.000

4. Lem Besi Zhan Lida B-7000 Glue

Mencari lem dengan daya rekat super dan cepat mengering, maka lem besi Zhan Lida B-700 bisa jadi jenis lem besi yang anda cari. Lem ini terbuat dari bahan resin yang merupakan sebutan untuk senyawa berwarna transparan yang dapat mengental dan mengeras.

Lem Besi Zhan Lida B-7000 Glue

Tidak butuh waktu lama untuk bisa melihat hasil dari lem ini. Cukup oleskan secukupnya dan dalam waktu beberapa menit lem besi ini akan langsung mengeras. Dengan lem ini Anda dapat merekatkan berbagai jenis logam, seperti besi, aluminium, stainless steel, dan lain-lain.

Ukuran lem ini cukup besar, yaitu 15 ml sehingga bisa digunakan untuk Anda yang membutuhkan pemakaian lem yang cukup banyak sekaligus. Produk ini sesuai untuk Anda yang ingin merekatkan logam dengan kuat dalam sekali oles. Selain itu produk ini juga diklaim memiliki ketahanan akan guncangan.

5. Lem Besi UHU Epoxy Quick Set

Lem yang satu ini bisa anda temui dengan mudah dipasaran. UHU, siapa yang tidak kenal dengan lem besi merk ini. Kita mungkin lebih mengenalnya sebagai merek lem serbaguna, hanya saja produsen ini juga mengeluarkan varian lem yang dikhususkan untuk besi yaitu lem epoxy untuk logam.

Lem Besi UHU Epoxy Quick Set

Cukup dengan mencampurkan 2 cairan yang berbeda seperti lem epoxy lain pada umumnya. Lem kemudian akan mengering dalam waktu 5 menit dan mengeras dalam 20 menit, selain itu lem ini juga tahan air. Soal kekuatannya tidak perlu diragukan lagi karena lem ini tidak hanya tahan guncangan tetapi juga tahan panas.

Lem besi super ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp. 55.500

6. Lem Besi Acrylic resin rekal + hardener

Satu lagi lem besi yang bisa anda gunakan yaitu Acrylic resin Rekal + hardener. Lem ini digunakan dengan mencampurkan 2 buah cairan, yaitu resin dan hardener. Namun, bahan resin yang digunakan bukanlah epoxy resin yang umumnya dipakai, melainkan bahan acrylic resin yang lebih kokoh dan lebih kuat.

Lem Besi Acrylic resin rekal + hardener

Acrylic resin ini memiliki resistensi terhadap bahan kimia dan panas. Dengan demikian anda tidak perlu ragu lagi akan kekuatan dan ketahanan dari lem besi satu ini. Selain itu apabila permukaan logam yang ingin Anda rekatkan berminyak, Anda tetap dapat merekatkannya dengan baik.

Lem besi kuat ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp. 145.000

7. Lem Besi PC – fahrenheit Epoxy Putty

Anda mencari lem besi super kuat yang bisa tahan pada suhu tinggi maka PC akan menjadi jawabannya. Lem ini terbuat dari bahan epoxy yang kental dan akan mengeras semakin cepat apabila diberi paparan suhu tinggi.

Lem Besi PC – fahrenheit Epoxy Putty

Kelebihan dari lem epoxy ini adalah ketahanannya yang tinggi di suhu ekstrim yang berkisar dari 176-260°C, di mana lem epoxy biasa akan kehilangan kekerasannya di suhu lebih dari 100°C. Lem ini cocok digunakan untuk memperbaiki besi pada kendaraan bermotor, terutama bagian yang sering terkena panas.

Untuk Anda yang hobi memperbaiki dan membedah motor atau mobil, lem ini adalah benda yang wajib Anda miliki. Untuk anda yang bekerja dengan suhu tinggi, maka lem super ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp. 173.500,-

Hal yang perlu diperhatikan saat memberi Lem besi

Kondisi permukaan

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kebersihan dari besi itu sendiri. Debu dan air akan mengganggu daya rekat lem besi. Oleh karena itu ada baiknya anda membersihkan terlebih dahulu permukaan besi sebelum mengoleskan lem.

Yang kedua adalah lapisan minyak pada besi yang bisa membuat lem besi susah meresap ke pori – pori. Hilangkan lapisan minyak pada bes dengan menggunakan thinner atau cairan pembersih. Dengan demikian pori – pori besi akan terbuka dan lem akan meresap kedalamnya. Inilah yang akan menambah daya rekat lem besi. Yang Ketiga lapisan karat dan cat pada besi.

Kedua lapisan ini hanya akan menghalangi lem besi bekerja maksimal. Lem besi hanya akan menempel pada kedua lapisan tersebut sehingga tidak bisa merekatkan besi dengan baik. Anda harus menghilangkan kedua lapisan ini terlebih dahulu dengan cara mengamplasnya.

Jenis logam

Berbeda jenis logam yang akan anda tempelkan maka berbeda pula jenis perlakuannya. Yang pertama adalah logam jenis besi. Jenis ini merupakan jenis yang paling mudah untuk direkatkan.

Apabila besi memiliki karat, anda dapat dengan mudah menggerusnya dan menghilangkannya. Sama halnya bila anda ingin merekatkan bahan stainless steel karena stainless steel adalah campuran antara besi dan kromium.

Jenis logam kedua adalah tembaga alumunium dan alloy. Tiga jenis logam ini perlu untuk menggunakan senyawa kimia berupa asam untuk mengoksidasi permukaannya. Penanganan ini penting dilakukan karena akan menentukan hasil rekatannya.

Jenis logam yang ketiga adalah timah atau seng yang membutuhkan penangan khusus. Biasanya logam ini digunakan untuk melapisi logam lain. Oleh karena itu jika anda menemukan logam jenis ini ada baiknya anda menghilangkan lapisan logam ini dri logam utama sehingga lem bisa bekerja dengan baik.

Tips menghilangkan Lem Besi ditangan

Hal yang paling menyebalkan ketika anda selesai melakukan proses pengeleman adalah membersihkan sisa lem pada tangan. Tentunya lem besi akan sangat melekat kuat ditangan anda, dan jika dipaksakan untuk lepas maka ada kemngknan tangan anda akan sobek. Jangan khawatir ada beberapa jenis bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan lem super.

Aseton

Cairan aseton ini juga biasa digunakan oleh para wanita untuk membersihkan kuteks pada jari jemarinya. Khasiat aseton lainnya adalah untuk membersihkan lem besi yang menempel pada kulit.

Tips menghilangkan Lem Besi ditangan

Pertama – tama anda bisa menuangkan aseton pada wadah yang cukup besar untuk menampung tangan anda. Tuangkan cukup setengah dari wadah tersebut. Kemudian rendam tangan yang terkena lem besi kurang lebih 3 sampai 5 menit. Jangan lebih dari itu ya, karena takutnya aseton akan membuat kulit tangan anda teriritasi.

Gosok kulit perlahan selama tangan anda direndam untuk membuka ikatan lem pada kulit anda. Begitu ikatan mulai terlepas, maka angkat tangan dari rendaman. Kemudian anda bisa lanjut dengan membuang lem perlahan.

Kalau kulit tangan anda sensitif, maka anda bisa mencampur air dengan aseton. Jika sudah selesai maka anda bisa mencuci tangan anda dengan air hangat dan sabun. Kemudian keringkan tangan anda dan gunakan pelembab untuk menghindari kulit terlalu kering.

Petroleum Jelly / lotion pelembab

Yup, anda bisa menggunakan vaselin atau lotion pelembab untuk menghilangkan lem besi yang menempel pada tangan anda. Cukup dengan oleskan petroleum Jelly pada tangan yang terkena lem. Pastikan anda mengoleskan lem dengan banyak ya. Kemudian anda bisa memijat bagian yang terkena lem selama beberapa menit. Pijatan ini untuk merangsang pelepasan ikatan lem pada tangan.

Tips menghilangkan Lem Besi ditangan

Setelah ikatan lem mulai terlepas, perlahan anda bisa menarik sisa – sisa lem yang menempel. Setelah tangan bersih dari sisa lem, maka anda bisa mulai mencuci tangan dengan sabun dan air hangat. Jika dirasa sudah tunta, maka anda bisa mengeringkannya. Namun jika belum, maka anda bisa mengulangi proses ini beberapa kali.

Minyak

Ada banyak jenis minyak yang bisa anda gunakan sepeti minyak sawit, salmon, baby oil, minyak zaitun bahkan minyak kelapa. Caranya oleskan minyak menggunakan kain. Gunakan kain yang bersih dan kering untuk mengoleskan minyak pada tangan yang terkena.

Tips menghilangkan Lem Besi ditangan

Pijat lembut tangan yang terkena lem dengan minyak tersebut. Terus oleskan minyak sampai Anda merasa rekatan lem super mulai lepas. Pisahkan kulit secara perlahan dan kelupas sisa-sisa lem dari tangan anda. Keuntungan lain dari menggunakan minyak ini khususnya minyak zaitun adalah tangan anda menjadi halus.

Detergen

Kalau anda tidak punya bahan diatas anda bisa menggunakan detergen alias sabun cuci baju. Mungkin kedengarannya simple, tap ternyata ini manjur lho. Campurkan cairan sabun cuci (merek apa saja) dengan air hangat. Kenapa harus air hangat? Karena air hangat akan cepat membantu melarutkan detergen.

Jika Anda bermaksud menghilangkan bekas lem pada area yang kecil, misalnya jari Anda, ¼ cangkir sabun cuci dicampur dengan air panas dalam cangkir kopi akan cukup membantu. Gosokkan campuran pada area kulit yang terkena lem dan rendam area kulit itu di dalam campuran kira-kira selama 20 menit, untuk mengelupas lapisan lem yang tebal tersebut. Jangan memaksa untuk menarik lem dari tangan karena hanya akan melukai kulit anda.

Gunakan Garam

Garam dapur merupakan bahan yang selalu tersedia didapur. Untuk bisa membersihkan lem dari tangan anda, anda cukup membuat pasta dari garam dirumah. Pasta yang terbuat dari garam dan air bersifat cukup abrasif hingga dapat mengelupas lapisan lem.

Pertama tama anda harus membuat pasta garam terlebh dahulu. Bubuhkan dua sendok garam di tangan Anda. Kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit pada tangan anda dan usap perlahan. Jangan terlalu banyak air karena garam mudah sekali larut.

Jika tekstur garam sudah berubah menjadi pasta dengan ciri garam menggumpal dan lembab, maka anda bisa mulai menggosokan secara perlahan. Fokuskan gosokan tngan dan garam pada bagian yang terkena lem selama kurang lebih 1 menit. Basuhlah secara perlahan dengan air . Kemudian gosok lagi. Ulangi lagi hingga garam habis.

Kesimpulan

Begitu banyak merk lem besi yang beredar dipasaran. Semua merk memiliki kelebihan masing – masing begitu juga dengan fungsinya. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan kebutuhan anda.

Semoga setelah membaca artikel ini anda bisa memutuskan lem besi yang kuat dan sesuai dengan kebutuhan.

You May Also Like

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *