8 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik 2020

mesin absensi terbaik

Dahulu, kehadiran pekerja dicatat dengan daftar absensi yang biasanya diisi dengan tanda-tangan. Akan tetapi, sekarang, seiring perkembangan teknologi mulai bermunculan perangkat absensi yang memudahkan proses pencatatan kehadiran. Berbagai produk mesin absensi bermunculan dengan fitur dan keunggulan masing-masing.

Ada banyak jenis dan variasi alat absensi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda ingin mencari produk untuk perkantoran Anda, misalnya, di artikel ini kami akan membahas 8 rekomendasi mesin absensi terbaik yang dapat Anda pilih. Selain rekomendasi, kami juga menyertakan macam-macam dan cara memilih perangkat ini dengan benar.

Macam-macam mesin absensi

Ketika membicarakan mesin absensi, apa yang ada di pikiran Anda? Apakah absen menggunakan sidik jari, wajah, atau lainnya? Faktanya, ada beberapa jenis mesin absensi yang tersedia di pasaran.

Mesin Absensi Terbaik

Mulai dari mesin digital, magnetic card, basis website, hingga biometrik dan sidik jari. Penasaran? Mari kita kenal satu per satu.

1. Mesin absensi digital

Mesin absensi model ini telah dipakai sejak tahun 1970. Mesin ini memiliki beberapa tombol dan angka yang dimaksudkan untuk memasukkan ID dan password karyawan saat mereka hendak berangkat ataupun pulang kerja.

Mesin Absensi Terbaik

Metode ini tidak membutuhkan kartu sebagai media, namun memakan waktu yang cukup lama per pegawai. Ada juga kasus-kasus kecurangan jika pegawai menitipkan ID dan passwordnya ke temannya untuk “titip absen” dengan mesin bertipe ini.

2. Mesin absen magnetic card

Pada tahun 1980, muncul inovasi mesin absensi baru bernama magnetic card. Hal ini layaknya perpaduan mesin absen manual dan digital.

Setiap karyawan akan dibelaki kartu yang telah dipersonalisasi sesuai identitas karyawan tersebut. Kemudian, ketika karyawan akan absen, mereka cukup menggesekkan kartu mereka ke mesin ini.

Mesin ini lebih canggih dan modern dibandingkan mesin absensi digital ataupun manual. Hanya saja, tetap ada peluang terjadi kecurangan karena kartu ID seorang karyawan dapat dipinjamkan ke karyawan lain untuk digesek ke mesin tipe ini.

Selain itu, kapasitas mesin ini cenderung terbatas, contohnya hanya 250 buah karena keterbatasan kartu. Walaupun begitu, tetap saja mesin ini sering dipakai di perkantoran karena penggunaannya yang simpel.

3. Mesin absensi berbasis web

Jika tadi kita berbicara mesin absensi berbentuk fisik, maka saat ini sudah mulai bermunculan mesin absen berbasis web ataupun online. Mesin ini sebenarnya bukanlah “mesin” karena memang tidak ada mesin khusus.

Ia hanyalah perangkat lunak yang dipasang di komputer masing-masing karyawan untuk dibuka ketika karyawan mulai bekerja ataupun ketika akan pulang.

Mesin Absensi Terbaik

Karena berbasis perangkat lunak, maka cara absen seperti ini sangat mudah dikoneksikan satu sama lain menggunakan internet langsung ke komputer pusat yang keudian dapat merekap data yang direkam. Akan tetapi, jika koneksi internet sedang lambat ataupun tidak berfungsi, maka cara absen seperti ini praktis tidak dapat digunakan.

Jika Anda memutuskan untuk memasang alat absen seperti ini, pastikan koneksi internet di kantor Anda lancar. Jika ada putus internet, pastikan perangkat lunak absensi yang Anda beli memiliki fitur backup sementara agar data tidak hilang.

4. Mesin absensi biometrik

Belakangan ini muncul variasi produk yang lebih canggih lagi. Mesin absensi biometrik adalah perangkat absensi yang bekerja dengan cara memindai wajah penggunanya. Mesin bertipe ini sudah bisa Anda temukan di banyak kantor.

Keunggulan utama mesin jenis ini adalah cara penggunaannya yang sangat mudah, yakni hanya dengan mendekatkan wajah ke mesin, maka identitas karyawan, waktu, dan tanggal akan terekam secara otomatis.

Akan tetapi, keunggulan ini juga disertai kelemahan yakni harganya yang lebih mahal serta kinerja yang kurang maksimal di tempat yang kurang cahaya. Kadang-kadang mesin ini juga sulit mengidentifikasi wajah yang berubah karena pertumbuhan rambut, memakai kacamata, dan sebagainya.

5. Mesin absen sidik jari

Mesin absen yang paling banyak dimiliki perkantoran saat ini adalah mesin bertipe sidik jari. Tipe ini sudah muncul sejak tahun 1997. Mesin ini menggunakan pola kulit/sidik jari (biasanya jempol ataupun jari telunjuk) untuk mengidentifikasi penggunanya. Konon katanya, setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda-beda, tak terkecuali kembar identik.

Kelebihan mesin bertipe ini adalah pencatatan kehadiran karyawan yang lebih akurat, pemakaian yang lebih praktis dan cepat, serta data penyimpanan yang besar hingga puluhan ribu pengguna. Akan tetapi, mesin ini juga memiliki beberapa kekurangan, yakni pada proses deteksi dan penggunaan sidik jari karyawan tersebut.

Mesin Absensi Terbaik

Mesin bertipe sidik jari cenderung sering mengalami error atau kinerja yang lambat jika sidik jari yang ditempelkan basah ataupun kotor. Apalagi jika mesinnya tidak mendukung pembacaan sidik jari dari berbagai sudut, wah, pasti sulit dan lama prosesnya.

Panduan membeli mesin absensi terbaik

Sebelum Anda pergi ke toko elektronik untuk membeli mesin absensi, ada baiknya Anda memperhatikan poin-poin di bawah ini agar Anda tahu pasti produk mana yang Anda butuhkan.

Pilih berdasarkan tipe mesin absensi

Pada umumnya, ada empat tipe mesin absensi. Keempat tipe ini adalah tipe kartu, tipe USB (Universal Serial Bus) / SD (Secure Digital) compatible, tipe kartu IC / RFID (Radio Frequency Identification), dan autentikasi biometrik. Coba kita lihat masing-masing tipe mesin absensi yang ada di pasaran.

Mesin absensi bertipe kartu merupakan tipe mesin yang paling lama dan paling banyak dipakai. Cukup dengan satu kartu pengguna yang dimasukkan ke dalam mesin, tanggal dan waktu kehadiran akan terekam secara otomatis. Mesin berjenis ini paling sering dipakai di perusahaan dan perkantoran karena cukup mudah digunakan. Tidak ada sistem khusus yang diperlukan.

Mesin Absensi Terbaik para compra

Akan tetapi, kekurangan mesin tipe ini adalah mesin ini tidak dapat dihubungkan ke komputer sehingga data harus dipindahkan secara manual. Mesin ini lebih tidak efisien dibandingkan tipe mesin absensi yang akan kita bahas selanjutnya.

Mesin kartu yang kompatibel dengan USB / SD sudah cukup sering bermunculan akhir-akhir ini. Tipe ini merupakan tipe yang lebih maju dibandingkan mesin absensi bertipe kartu biasa.

Dengan kompatibilitas ke USB / SD, Anda dapat mendata kehadiran pegawai Anda dengan jauh lebih mudah karena data yang terekam dapat langsung ditransfer ke komputer. Perhitungan gaji dan pendataan performa karyawan dapat jauh lebih mudah dilakukan.

Harga mesin absensi bertipe ini juga tetap relatif murah dibandingkan mesin absensi bertipe lebih maju seperti identifikasi biometrik. Akan tetapi, Anda tetap harus membeli kartu identifikasi terus-menerus jika telah habis dipakai. Selain itu, mesin absensi bertipe ini cukup jarang ada di pasaran.

Tipe IC adalah mesin absensi yang menyimpan data kehadiran dengan menempelkan kartu pada mesin. Mesin ini mampu terkoneksi dengan jaringan. Sehingga, Anda tidak perlu lagi mengambil data secara manual dan memindahkannya ke komputer. Pastinya proses perekapan absensi menjadi lebih mudah dan efisien.

Seperti tipe-tipe sebelumnya, pengguna diberi kartu identitas yang bisa dibawa. Kartu dibawa oleh masing-masing orang sehingga terhindar dari kesalahan input data yang diakibatkan karena salah menggunakan kartu milik orang lain.

Tipe terakhir ini adalah tipe yang paling mutakhir. Tipe biometrik dapat merekam kehadiran orang cukup dengan menggunakan sidik jaru ataupun scanning wajah. Dengan mesin absensi bertipe ini, tidak ada lagi kemungkinan kartu hilang karena mesin bertipe ini sudah tidak lagi menggunakan kartu.

Akan tetapi, terkadang mesin absensi biometrik seperti ini menyulitkan dalam penggunaan dan proses pemindaiannya bisa cukup lama. Apalagi jika tidak didukung oleh lingkungan, misalnya cuaca yang gelap sehingga scanning muka menjadi lebih lama dan tidak akurat. Selain itu, mesin bertipe ini harganya lebih mahal dibandingkan tipe-tipe lainnya.

Mesin absensi dengan pengaturan tanggal

Biasanya, mesin absensi melaporkan catatan kehadiran sejak awal hingga akhir bulan. Selama tanggal penutupan untuk proses rekap sama dengan tanggal terakhir setiap bulan, maka hal ini tidak menjadi masalah.

Mesin Absensi Terbaik di Indonesia

Beda cerita jika ada kantor yang menetapkan rekap gaji setiap tengah bulan ataupun tanggal tertentu setiap bulannya. Tentu tidak efisien apabila setelah mesin melakukan rekap Anda harus memisahkan data tersebut menjadi data sebelum dan setelah tanggal cut-off untuk rekap data.

Tidak semua mesin absensi menawarkan fitur pengaturan tanggal pelaporan data. Jika kantor Anda melakukan proses rekap selain di akhir bulan, maka pilihlah mesin yang bisa diatur tanggalnya sesuka hati agar proses rekap data tetap berjalan secara mudah dan efisien.

Mudah digunakan

Idealnya, mesin absensi terbaik adalah mesin yang tidak menyulitkan penggunanya ketika digunakan. Mesin tersebut tidak membuat pegawai yang akan masuk kantor menjadi kesal karena error berkali-kali ataupun karena proses absennya yang terlalu lama.

Atau jika ada pegawai yang terburu-buru izin pulang karena ada keperluan dan terhambat di mesin absensi, bisa jadi memicu kemarahan.

Jika Anda memilih mesin absensi biometrik, pastikan sensor biometriknya bekerja cepat dan akurat. Walaupun terkesan sepele, hal ini tetap perlu diperhatikan karena dengan mesin yang baik tidak akan ada hambatan ketika para pegawai akan bekerja.

Merk mesin absensi terbaik

1. Mesin absensi fingerspot

Salah satu merk mesin absensi ternama adalah Fingerspot. Fingerspot adalah subbrand di bawah PT. Biometrik Citra Solusi yang telah ada sejak tahun 2003 dan dipercaya masyarakat Indonesia sebagai brand alat biometrik seperti sidik jari (fingerprint), wajah, alat absen berbasis kartu, alat akses kontrol pintu, Software Development Kit (SDK), serta layanan absensi cloud dan software personalia.

Produk ini mengeluarkan berbagai produk mesin absensi dengan jenis dan fitur yang berbeda-beda. Salah satu produk terbaru mereka adalah Fingerspot Revo WDV-204BNC. Produk ini adalah perangkat absen menggunakan telapak tangan (vein scanning) dan sidik jari yang ekonomis. Alat ini mendukung absensi online serta dapat digunakan untuk membuka pintu.

Mesin absensi fingerspot

Tentunya, alat ini dapat terkoneksi WiFi agar tidak perlu memakai kabel untuk berkomunikasi. Fitur vein scanning membuat alat ini dapat dioperasikan tanpa disentuh, sehingga unggul dalam segi higienisitas.

Salah satu produk terbaik mereka adalah Revo WF-205BNC. Alat ini memiliki kemampuan untuk absensi dan membuka pintu menggunakan wajah, kartu, sidik jari, hingga password. Alat ini juga terkoneksi WiFi untuk memudahkan instalasi.

Alat ini dilengkapi dengan layar berukuran 2,8 inci dan fitur SSQ (Self Service Query) agar setiap karyawan dapat mengecek status kehadirannya di mesin absensi. Mesin ini juga memiliki fitur SSR (Self Service Reader) untuk mengolah data karyawan, jadwal kerja, dan laporan absensi dari mesin secara mudah.

2. Mesin absensi Solution

Solution merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi dan penjualan mesin absensi sidik jari, wajah, dan akses kontrol pintu. Merk ini memberi solusi untuk kebutuhan absensi karyawan dan keamanan pintu dengan berbagai teknologi seperti sidik jari, wajah, dan kartu RFID/Mifare.

Mesin absensi Solution

Salah satu produk unggulan mereka adalah Solution X100-C. Produk ini dirancang khusus dengan teknologi termodern dengan memori yang besar. Fitur-fitur canggih di alat ini diantaranya adalah: USB Flash Disk compatible, Web server, Schedule bell, SMS message, Workcode, Function key, dll.

Alat ini dilengkapi layar berukuran 3 inci full color yang dapat menampilkan foto karyawan yang sedang absen. Untuk meningkatkan kerapian, bagian belakang mesin ini dirancang agar dapat menyembunyikan kabel. Panel belakangnya terbuat dari besi kokoh y ang membuat mesin ini tampak mewah dan elegan.

3. Mesin absensi ZKteco

ZKteco mungkin sulit Anda ingat namanya. Akan tetapi, Anda akan mudah mengingat produknya karena kualitasnya yang baik. Brand ini merupakan perusahaan yang terkenal secara global dengan verifikasi biometrik sebagai fitur unggulannya.

ZKTeco memiliki 45 cabang dan anak perusahaan di Cina dan 48 organisasi cabang di Hong Kong, Makao, Taiwan, dan negara-negara lainnya.

Mesin absensi ZKteco

ZKTeco adalah penyedia teknik algoritma, sensor, dan platform perangkat lunak verifikasi biometrik yang terkenal dan memiliki paten teknik sidik jari, iris, wajah, urat, pengenalan telapak tangan, dll.

ZKTeco merupakan salah satu perusahaan di industri mesin biometrik dengan paten yang cukup banyak. Sehingga, produk-produk mesin absensi yang dihasilkan brand ini pastilah berkualitas baik.

4. Mesin absensi Amano

Amano adalah brand asli Indonesia yang didirikan pada tanggal 6 Februari 1998 yang menyediakan solusi untuk kostumer Indonesia menggunakan produk Time Information System & Ecology.

Mesin absensi Amano

Lini produk merk ini meliputi pemindai biometrik, software kehadiran, software payroll, standard dust collector, pneumatic conveying system, industrial vacuum cleaner, cleaning system, polisher/scrubber, parking system, dan vehicle guidance system.

Salah satu produk Amano yang terkenal adalah Amano EX 3500 N Electronic Time Recorder yang merupakan alat absen yang cocok bagi pengusaha UMKM.

8 produk mesin absensi terbaik

Jika kita tadi telah membahas merk-merk mesin absensi terbaik, maka mari kita lihat produk-produk yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Rekomendasi kami didasarkan kepada jenis mesin, segmen pasar, kemudahan dalam memakai, dan fitur-fitur lain yang menunjang kinerja.

1. Mesin absensi Amano Electronic Time Recorder EX 3500 N

Apakah Anda penggiat UMKM dan ingin mencari mesin absensi yang cukup simpel namun tetap dapat menjalankan fungsinya dengan baik? Maka produk yang satu ini wajib Anda masukkan daftar belanja Anda.

Mesin ini memiliki desain kotak seperti jam analog yang unik dengan dua pilihan warna yakni hitam dan putih. Anda dapat dengan mudah memastikan waktu kedatangan dan kepergian pegawai.

Mesin absensi Amano Electronic Time Recorder EX 3500 N

Produk ini sangat cocok bagi pengusaha UMKM dengan karyawan yang tidak terlalu banyak dan tidak memerlukan mesin absensi yang terlalu rumit dan canggih. Produk ini menggunakan baterai built-in yang diklaim bisa bertahan hingga 3 tahun pemakaian. Dengan harga Rp1.850.000, Anda sudah bisa memasang mesin absensi ini di kantor Anda.

2. Mesin absensi Solution Mesin Absensi X500

Jika produk sebelumnya ditargetkan ke segmen UMKM dengan jumlah karyawan yang sedikit, maka produk yang satu ini ditujukan ke perkantoran besar dengan jumlah karyawan yang banyak dan yang membutuhkan sistem yang canggih.

Mesin absensi ini memiliki fitur yang sagnat lengkap, mulai dari kamera layarnya yang besar untuk pemindaian wajah, sensor jari untuk mendeteksi sidik jari, hingga printer bawaan yang mampu mencetak slip gaji karyawan.

Mesin absensi Solution Mesin Absensi X500

Selain itu, layar besar di mesin ini sudah mendukung teknologi touchscreen atau layar sentuh. Hal ini ditujukan agar penggunaan alat ini semakin mudah. Selain itu, ketika sedang tidak dipakai, alat ini dapat berubah fungsi menjadi penampil video, misalnya video promosi kantor Anda ataupun informasi khusus kepada para karyawan.

Mesin absensi dengan fitur sedemikian banyak tentunya tidak dibanderol dengan harga yang murah. Anda harus merogok kocek hingga Rp5.500.000 untuk bisa membeli alat absen yang satu ini.

Akan tetapi, jika memang kantor Anda membutuhkan alat yang secanggih ini, Anda pasti tidak akan menyesal membeli produk ini.

3. Mesin absensi Fingerspot Revo 156BNC

Mungkin Anda tidak hanya menginginkan mesin absensi yang menyediakan data per bulan, namun juga mampu merekap data dalam beberapa periode, baik harian, minggunan, bulanan, hingga tahunan.

Jika demikian, maka produk Revo 156BNC ini wajib Anda pertimbangkan. Selain bisa melaporkan data selama berbagai periode, mesin ini juga dapat memilih format data yang Anda butuhkan, misalnya file txt, xls, html, xml, hingga pdf.

Mesin absensi Fingerspot Revo 156BNC

Mesin absensi ini menyediakan data statistik yang berkaitan dengan kehadiran karyawan secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu membuat chart secara manual lagi. Anda juga dimudahkan dalam mengelola kejadian indisipliner seperti keterlambatan, pulang awal, hingga ketidakhadiran.

Mesin ini tergolong mesin yang mengandalkan sidik jari sebagai penanda identitas. Mesin dengan berat 2000 gram ini dibanderol dengan harga Rp2.900.000. Dengan kualitas brand Fingerspot, mesin ini dipastikan dapat bekerja sesuai harapan Anda.

4. Mesin absensi Solution Mesin Absensi C3

Jika karyawan di kantor Anda sangat banyak, Anda harus memilih mesin absensi yang bekerja cepat agar tidak terjadi tumpukan antrean karyawan yang akan absen setiap pagi.

Oleh karena itu, alat absen yang satu ini hadir dengan sistem RFID yang cepat dan dapat menyimpan hingga 30 ribu data karyawan. Mesin ini direkomendasikan jika kantor Anda memiliki ratusan hingga ribuan karyawan seperti di pabrik-pabrik besar.

Mesin absensi Solution Mesin Absensi C3

Selain itu, mesin ini dapat menghitung keterlambatan, pulang cepat, lembur, dan jumlah jam kerja. Fitur-fitur tersebut akan sangat memudahkan Anda menyelesaikan rekap data. Mesin yang memiliki berat 1000 gram ini dibanderol dengan harga Rp1.320.000.

5. Mesin absensi Biofinger Mesin Absensi dan Akses Kontrol Pintu AF-800

Selain dapat dioperasikan menggunakan sidik jari, mesin absensi ini juga dapat memindai wajah. Color optical system yang ada pada produk ini dapat mencatat kehadiran cukup dengan mendekatkan wajah sekitar 30-80 cm.

Jika Anda mencari mesin yang dapat menyimpan data lengkap dengan hasil scanning wajah, maka produk ini sangat kamir rekomendasikan. Proses kerjanya hanya membutuhkan waktu 0,5 detik saat memverifikasi wajah. Alat ini dapat merekam hingga 400 wajah yang berbeda. Perhitungan total rekaman pun dapat mencapai hingga 100 ribu record.

Mesin absensi Biofinger Mesin Absensi dan Akses Kontrol Pintu AF-800

Akan tetapi, pastikan lokasi mesin absensi ini berada di ruangan yang terang. Karena, ruangan gelap dapat mempengaruhi performa sensor dalam memindai wajah. Jika Anda tertarik dengan produk ini, siapkan kocek Rp3.450.000 untuk membawa pulang alat ini.

6. Mesin absensi Kozure Finger Print Absent FP-130

Mesin absensi ini cocok untuk digunakan di perusahaan yang memiliki sangat banyak karyawan, hingga 1000 orang. Mesin ini sanggup merekam data hingga berjumlah 120 ribu. Selain kapasitas data yang besar, mesin ini dapat dîsetting untuk shift yang berbeda, hingga 24 shift kerja dengan 16 departemen berbeda.

Mesin absensi Kozure Finger Print Absent FP-130

Mesin ini dilengkapi fitur layar berukuran 2,4 inci dengan zona waktu. Dengan ini, Anda dapat mencocokkan waktu kedatangan dan kepulangan karyawan. Mesin ini pun tampak simpel, sehingga menambah kesan elegan di kantor Anda. Jika Anda ingin membelinya, Anda cukup mengeluarkan uang Rp530.000 saja.

7. Mesin absensi Solution Mesin Absensi X304

Mesin ini termasuk salah satu mesin absensi terbaik saat ini. Selain berfungsi sebagai produk absensi, alat ini juga dapat dijadikan pengunci pintu! Sehingga, produk ini cocok jika Anda ingin mencari alat absensi yang menggabungkan fitur absensi dengan keamanan.

Untuk menggunakan mesin biometrik ini, pengguna cukup menempelkan sidik jari pada mesin, kemudian pintu yang terhubung dengan mesin ini akan terbuka.

Mesin absensi Solution Mesin Absensi X304

Ada pula fitur alarm yang meningkatkan sisi keamanan alat ini. Jika pintu belum tertutup rapat ataupun ada seseorang yang mencoba membuka paksa pintu, maka alarm akan berbunyi.

Untuk fitur yang ditawarkan, alat ini tidak terlalu mahal. Anda dapat membelinya dengan harga Rp1.839.500. Bahkan harganya lebih murah dibandingkan beberapa produk lain yang hanya menawarkan fungsi mesin absensi tanpa keamanan pintu.

8. Mesin absensi Fingerprint Revo FF-153BNC Pro

Produk ini merupakan mesin absensi dengan kemampuan hebat yang dilengkapi fitur khusus bernama Self-Service Query. Dengan fitur ini, Anda dapat melihat data kehadiran karyawan Anda tanpa perlu mengutak-atik mesin. Selain itu, ada pula fitur inframerah yang membuat mesin ini dapat memindai wajah walaupun keadaan sekitar gelap.

Mesin absensi Fingerprint Revo FF-153BNC Pro

Mesin ini dapat terknoneksi antara software dan pencatatan administrasi personal. Fitur-fitur yang dimiliki mesin ini akan membuat segala proses perekapan data menjadi mudah dan efisien.

Kami sangat merekomendasikan produk ini untuk Anda yang mencari sistem keamanan yang terjamin serta dapat memudahkan Anda merekap data. Anda dapat membeli mesin absensi ini dengan membawa uang Rp2.830.000.

Kesimpulan

Ketika Anda menginginkan sistem absensi yang lebih efisien dibandingkan hanya tanda tangan di atas kertas, maka Anda pasti menginginkan mesin absensi terbaik yang berkualitas tinggi. Jika Anda salah memilih produk, alih-alih Anda senang, bisa jadi Anda justru dibuat frustrasi karenanya.

Oleh karena itu, artikel ini telah cukup banyak membahas berbagai produk mesin absensi terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Seharusnya dengan artikel ini Anda sudah memiliki cukup info yang Anda perlukan untuk mencari alat absen yang sesuai kebutuhan Anda dan institusi Anda. Sesuaikan fitur yang ada dan juga bujet yang Anda punya. Jangan sampai menyesal membeli alat absensi yang tidak Anda butuhkan!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *