9 Rekomendasi Monitor 4K Terbaik & Terbaru 2020

Monitor 4K Terbaik

Seiring berjalannya perkembangan jaman, penggunaan komputer, laptop, dan pc lainnya bukan lagi hal yang asing bagi kita. Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai Rekomendasi Monitor 4K Terbaik, tapi sebelum kita membahas topik ini, ada beberapa pertanyaan yang penting sebelum membeli monitor 4K.

Apakah monitor 4K kita butuhkan? Jawabannya simple sekali, semuanya bergantung apa yang kita cari , dan kebiasaan yang kita sering lakukan apa. Berikut akan dibahas mengenai 9 Rekomendasi Monitor 4K Terbaik. Selamat membaca.

Apa itu Monitor 4K?

Monitor 4K adalah resolusi horizontal masa kita, yang semua komponennya berada di urutan 4.000 px. Sedikit sejarah singkat, bahwa industry pertelevisian yang pertama kali menyarankan mengenai standar baru untuk resolusi 4K (3840 x 2160), jadi terima kasih untuk dunia pertelevisian!!

Monitor 4K Terbaik

Pada 23 Agustus 2012 ITU (International Telecommunication Union) menstandarisasikan Monitor 4K ini. Pada 23 Oktober 2012, Ortus Technology Co,. Ltd memperkenalkan riset mereka yaitu Panel LCD terkecil di dunia, yang sudah mendukung resolusi 4K (3840 x 2160 pixel) dengan pixel density mencapai 458ppi.

Panel LCD ini awalnya diproduksi untuk keperluan medis juga peralatan video professional. Apa sih yang membedakan 4K UHD ini dengan monitor lainnya? Nah 4K UHDini memiliki resolusi horizontal dan vertical 2xlipat disbanding format HDTV 1080p, dengan 4x lebih banyak piksel guys. Gimana? Menarik kan?

Tips Membeli Monitor 4K

Pastikan ukuran monitor yang kita inginkan, sesuai dengan tujuan penggunaannya

Gimana sih cara untuk mengidentifikasi kalo ukuran monitor yang akan kita beli itu seuai kebutuhan? Kebutuhan saya apa sih? Nah, teman – teman bisa teruskan membaca ke bawah ya.

Jarak antara mata ke monitor biasanya dihitung dengan rumus : Tinggi Layar x 1,5. Untuk monitor berukuran >44 inci, jarak pandang idealnya adalah 1 m, sedangkan untuk monitor yang berukuran >35 inci jarak pandang idealnya adalah 0,9m. Kok perlu sih jarak kayak gini? Nah jarak ini ada supaya bisa menjadi standar kita dalam menikmati semua gambar yang tersebar di bidang pandang, simpelnya biar kita nyaman guys.

Kalau kita berencana mau menghubungkan monitor 4K ini dengan komputer, ada baiknya kita memikirkan pengaturan meja komputer kita. Jarak pandang idealnya berapa sih? Nah jarak ideal monitor ke mata I adalah 50 – 60 cm, ini untuk menjaga kesehatan mata. Sehingga kita disarankan untuk memilih monitor berukuran 27-31 inci.

Kalau kita gamers, ada baiknya untuk memikirkan ukuran ruangan teman – teman. Perbandingan ukuran ruangan dan besar monitor akan berdampak pada kenyamanan kita juga kesehatan mata. Ada baiknya kita memilih monitor dengan ukuran ±44 inci untuk ruangan berukuran 12,8 meter persegi dan ukuran ±35 inci untuk ruangan berukuran 7,2 m hingga 9,6 meter persegi.

Monitor 4K Terbaik

Pilih Jenis panel sesuai dengan kebutuhan penggunaan

Panel IPS (in plane switching)

Panel IPS (in plane switching) ini memiliki sudut pandang yang lebar sehingga tampilan gambarnya tidak akan berubah meski dilihat dari berbagai sisi. Warna yang ditampilkan akan stabil alias nggak akan berubah, mau dilihat dari atas, kiri, kanan ataupun bawah.

Wah keren nih. Tipe panel yang seperti ini ideal banget buat orang yang kerjanya itu gak staknasi atau diam ditempat, jadi mau dari sudut manapun, layar akan tetap kelihatan jelas.

Menurutku sih, karena panel IPS ini punya keindahan grafis yang wooow, cocok banget dipakai untuk menonton film, para penggemar drama korea, anime ataupun Netflix pasti bakal senang pakai monitor dengan panel IPS.

Panel VA (vertical alignment)

Panel VA ini bakal kelihatan cantik banget dari depan, karena dia punya kontras yang tinggi. Kok begitu? Karena ternyata Panel VA (vertical alignment)  ini memiliki Kristal cair dengan tingkat kontras yang bagus banget guys.

Kalau disbanding dengan panel IPS, Panel VA lebih cantik kalau dipandang dari depan. Buat orang yang jarang gerak pas lagi mandangin monitor, nah cocok banget nih. KEcepatan gambar yang ditampilkan juga terbilang bagus, jadi bakalan cocok buat para gamers, musuh dimana, kitapun bisa lihat hehe.

Tapi, ada hal yang perlu diperhatikan, seperti kita perlu menyesuaikan kembali kecerahannya kalau kita mau mengubah jarak pandang. Hm..

Panel TN (Twisted Nematic)

Namanya canggih ya. Nah kalau Panel TN ini lebih menyajikan gambar yang real-time. Harganya terbilang murah dan terjangkau, untuk pemakaian karena dia lebih sederhana, jadi akan lebih mudah untuk digunakan.

Kalau kamu tertarik untuk membeli dan memakai monitor 4K, tapi budgetmu terbatas, tipe monitor 4K dengan panel ini termasuk harga yang terjangkau, ini sangat direkomendasikan ke kamu. Sama seperti panel VA, panel TN punya performa yang bagus dalam menampilkan gambar secara real time.

Jadi kita gak perlu khawatir kalau kalau gambarnya bakal lebih lambat. Hanya saja, sudut pandang panel TN ini lebih sempit dari panel VA. Sehingga sangat direkomendasikan untuk kamu yang gemar bekerja langsung di depan monitor

Monitor 4K Terbaik

Periksa jenis dan versi terminal input

Terminal input monitor 4K biasanya terbagi menjadi 2 jenis. Pertama ada HDMI, kedua ada Displayport. Nah, perlu diperhatikan nih buat teman – teman sebelum kalian memilih monitor 4K. DIperhatikan dan periksa jumlah terminal yang tersedia. Kok gitu? Apa Perlu? Iya perlu banget, supaya kamu bisa menyesuaikan perangkat yang bakalan terhubung ke monitor.

Kamu gak bisa nonton program Televisi hanya menggunakan monitor kan? Karena itu, selain bakal dipakai dengan game console, banyak pengguna yang bakal memakai set top box ataupun layanan video lainnya melalui internet, supaya bisa menonton siaran di Televisi. Kalau di Indonesia, kamu bakal masang Indiehome biar bisa nonton konser BTS lewat youtube kan? Netflix juga perlu sambungan dari indiehome, nah kurang lebih kayak gitu.

Untuk HDMI dan DisplayPort, masing – masing punya jenis dan versi yang berbeda. Untuk versi lama pastinya gak akan bisa mendukung video 4K yang udah banyak beredar di pasaran. Sehingga, admin menyarankan kamu untuk memilih HDMI dengan versi minimal 2.0 dan DisplayPort dengan versi minimal 1.3 supaya kamu bisa memutar video 4K di monitor kamu.

Pilih monitor dengan spesifikasi kecepatan respon 5 ms

Semua panel kristal cair, termasuk monitor 4K, memiliki spesifikasi yang disebut dengan kecepatan respon atau response speed. Fungsi ini menunjukkan waktu yang diperlukan untuk menampilkan berbagai warna yang berbeda.

Semakin rendah angkanya, semakin cepat pergantian tampilan pada video yang diputar. Misalnya, saat kamu lagi mau menonton pertandingan atau bermain game olahraga, pastikan untuk memilih model dengan kecepatan respon 1 hingga 5 ms.

Selain itu, terdapat juga produk bertanda GtoG (gray to gray) untuk kecepatan respon. GtoG bukan menunjukkan kecepatan peralihan antara warna hitam dan putih, melainkan kecepatan peralihan antar warna yang masih serumpun. Secara teknis, peralihan antar warna yang masih serumpun terjadi lebih sering daripada peralihan warna hitam dan putih. Untuk mendapatkan kecepatan respon GtoG yang lebih baik, Anda dapat memilih produk dengan notasi “overdrive”.

Periksa keberadaan speaker internal agar dapat dihubungkan dengan perangkat audio pribadi

Ada beberapa monitor 4K yang punya speaker/pengeras suara internal dan built in. Kalau kamu memilih model yang gak dilengkapi fitur speaker internal, kamu gak akan bisa nyambungin perangkat kamu ke headphone, headset, bahkan perangkat audio pribadi yang lain.

Kamu harus putar otak untuk menyambungkan, karena harus secara terpisah melalui HDMI. Jadi kalau kamu pengen memakai headphone saat kamu main game atau nonton film, drakor, netfix, kmu bisa pertimbangkan untuk memilih monitor yang menyediakan fasilitas speaker internal ya.

Merk Monitor 4K Terbaik

1. Asus

Asus merupakan sebuah perusahaan berbasisi di Taiwan yang memprosukdi komponen komputer seperti pepen induk, kartu grafis, dan notebook. Asus belakangan ini mulai memproduksi PD, Telepon genggam, monitor LCD, tablet dan produk komputer lainnya. Pada 2005 Asus menjual papan induk lebih banyak dari perusahaan lainnya, termausk 30 juta pada 2004.

Monitor 4K Asus

Beberapa produk Monitor 4K Asus akan dibahas dibawah, dari segi kualitas dan kompatibel perangkat sudah tidak diragukan lagi. Salah satu keunggulan Asus juga adalah service centernya yang tesebar meluas di Indonesia, ini bisa menjadi salah satu pertimbangan, bagi kita sebelum membeli sebuah produk.

2. Dell

Dell merupakan perusahaan berbasis di Round Rock,Texas, Amerika Serikat, yang memproduksi dan memasarkan perangkat kerat komputer. Sebagian pasarnya berada di kompter pribadi namun Dell juga menjual server, alat penyimpanan data, switch jaringan, dan kluster komputer untuk perusahaan. Produk laptop hinga monitor 4K dell bisa menjadi salah satu pertimbangan pembaca dalam memilih produk. Gelar Dell debaagi Perusahaan Paling dibanggakan versi majalan Fortune.

Monitor 4K Dell

3. Samsung

Samsung yang merupakan salah satu perusahaan elektronik di dunia , berdiri di Korea Selaran pada tanggal 1 Maret 1938, tidak hanya memproduksi elektronik rumah tangga, namun juga memproduksi perangkat komputer.

Monitor 4K Samsung

Beberapa produknya juga sudah memasuki pasar internasional, dan gak kalah kualitasnya dengan produk dell dan asus. Yuk simak pembahasasn dibawah sebelum kamu menentukan akan membeli monitor yang mana

9 Rekomendasi Monitor 4K Terbaik

1. Asus (ROG Swift Gaming Monitor)

Dilengkapi dengan ASUS-exclusive GamePlus technology, tampilan gambar saat gaming menjadi bebas lag dan blur. Sering memainkan game dengan konten yang berbeda-beda? Tak perlu khawatir karena monitor ini juga dilengkapi ASUS-exclusive GameVisual technology dengan enam pre-set mode untuk mengubah tema tampilan gambar.

Monitor 4K Asus (ROG Swift Gaming Monitor)

Dalam menampilkan gambar cepat, seperti pada game adu kecepatan, produk yang satu ini pun tergolong tangguh. Pilih saja racing pre-set mode yang akan secara otomatis mengaktifkan fitur G-SYNC™. Tampilan gambar pun akan mengalir dengan lebih smooth di sepanjang permainan.

2. Dell (43 Ultra HD 4K Multi Client Monitor)

Dell 43 Ultra HD ini bakal memberikan kamu pengalaman bekerja yang cukup maksimal, karena panel layarnya yang besar. Karena itu, kamu bisa mengelola empat jendela sekaligus, bahkan secara bersamaan.

Monitor 4K Dell (43 Ultra HD 4K Multi Client Monitor)

Selain itu, ketajaman tampilan warna yang disajikan juga cukup konsisten yang bisa kamu nikmati dalam jangkauan view sampai 178 derajat lho. Monitor ini tentu bisa memberi manfaat optimal bagi mereka yang mengelola bisnis secara profesional.

Dengan ukuran layar yang besar, monitor ini direkomendasikan bagi Anda yang berprofesi sebagai film-makerIT consultant, music composer, desainer bangunan, dan lainnya.

3. Dell (UltraSharp 32 4K USB-C Monitor)

Buat kamu yang punya pekerjaan sebagai desainer, animator, ataupun user interface di web developer, produk ini bakal jadi pilihan yang baik. Monitor 4Knya udah punya TUC Certified, dan memiliki fitur yang bisa mengurangi emisi dari cahaya biru. Nah produk ini pastiya udah dirancang untuk bisa mengoptimalkan kerja dan kenyamanan mata kamu saat menatap layar  monitor kamu dalam waktu / durasi yang cukup lama.

Monitor 4K Dell (UltraSharp 32 4K USB-C Monitor)

Produk ini akan membuat kamu merasa lebih nyaman, kalau kamu sedang melakukan desain konten yang posisinya portrait. Rasio aspeknya 16:9, posisi layarnya bahkan bisa dipitar sampai 90 derajat, keren kan. Satu point utamanya, karena dia sistemnya sangat membantu saat mendesain, kamu mata kamu cenderung jadi gak cepat lelah. Gimana tuh, menguntunkgan sekali kan, kerja kamu jadi lebih efisien, kesehatan matamu juga tetap terjaga, wah favorit nih.

4. Dell (UltraSharp 27 4K HDR Monitor)

Monitor ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang bekerja sebagai editor foto, film-maker, maupun animator karena telah dibekali kedalaman warna sebanyak 1,07 miliar. Dengan fitur Dell PremierColor, kamu bakalan mendapatkan hasil warna yang tajam dan detail sehingga memudahkan kamu dalam mengolah warna gambar.

Dell (UltraSharp 27 4K HDR Monitor)

Bagi kamu yang bekerja di ruang penuh jendela dan cahaya, tidak perlu khawatir warna yang ditampilkan oleh layar monitor akan terganggu. Produk Dell yang satu ini punya rasio kontras yang tinggi, yaitu 20.000 : 1 dan 384 titik zona peredupan. Kinerja kamu dalam mengolah gambar pun dapat lebih efisien. Mau didalam ataupun diluar ruangan, gak akan terhambat, alhasil proyek jadi lebih cepat selesai bukan?

5. Samsung (UHD Monitor – U28E590D)

Monitor ini dibekali teknologi UHD (Ultra High Definition) untuk tampilan gambar yang nyata. Selain itu, monitor ini menawarkan pencahayaan yang akan memastikan gambar tetap cemerlang, bahkan saat penggunaan di area yang terang sekalipun.

Samsung (UHD Monitor – U28E590D)

Anda yang ingin lebih optimal dalam bermain game, pasti akan jatuh cinta dengan monitor yang satu ini. Mengapa?Produk ini dibekali dengan Game Mode yang memungkinkan Anda melakukan pengaturan gaming monitor seketika.

Hasilnya, bagian gelap terlihat lebih jelas dan pengalaman bermain game menjadi lebih mengasyikan. Kemudian, adanya teknologi AMD FreeSync dapat meminimalkan gambar pecah maupun tersendat saat memainkan game yang berat.

6. LG (Monitor LED – 32UD59)

Daya Listrik hemat 25% dengan fitur Energy Star. Bagi Anda yang seringkali lupa mematikan monitor setelah selesai digunakan, produk ini akan membantu Anda menghemat listrik. Produk yang satu ini memiliki mode tidur atau hibernasi yang otomatis akan aktif saat monitor menyala, tetapi tidak digunakan.

LG (Monitor LED – 32UD59)

Karena otomatis memasuki mode tidur saat tak digunakan, tentu saja monitor Anda pun dapat berumur lebih panjang. Selain itu, produk ini juga 25% lebih irit daya listrik berkat adanya fitur Energy Star. Fitur ini akan menghemat daya pemakaian listrik monitor pada saat mode tidur, mati, bahkan saat aktif!

7. Asus (Gaming Monitor – MG28UQ)

Selain cocok untuk gaming, monitor ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang lebih sering bekerja di depan layar untuk mengolah data. Dilengkapi dengan port USB 3.0, produk ini memudahkan Anda untuk mengisi daya baterai ke ponsel, keyboard, maupun mouse dengan lebih cepat.

Asus (Gaming Monitor - MG28UQ)

Tak perlu lagi mencari-cari soket stop kontak ketika hendak mengisi daya gadget Anda! Dengan begitu, Anda dapat bekerja lebih nyaman karena semua gadget yang Anda butuhkan ada di depan mata. Tak lagi panik dan gelagapan mencari ponsel bila ada panggilan masuk sewaktu-waktu.

8. Asus (Designo Monitor – MX27UQ)

Dibekali dengan perangkat audio yang cukup canggih, monitor ini dapat menghasilkan suara yang sangat jernih dan keras. Bagi Anda yang bosan menikmati lagu melalui smartphone, Anda dapat menggunakan monitor ini untuk mengakses daftar lagu di smartphone Anda.

Asus (Designo Monitor – MX27UQ)

Bisa dihubungkan melalui bluetooth, monitor ini bagaikan speaker aktif nirkabel yang memeriahkan agenda Anda dalam mendengarkan musik. Monitor ini cocok bagi Anda yang hobi bernyanyi atau berkaraoke di rumah. Desainnya yang elegan, tentu tidak bikin malu ketika harus dipasang di ruang tamu atau ruang keluarga

9. Asus (Gaming Monitor – VP28UQG)

Monitor ini memberikan Anda sudut pandang bermain game yang cukup lebar, bahkan ketika Anda melihatnya dari posisi tubuh berbaring. Ditanami dengan teknologi ASUS-exclusive GamePlus, pengalaman Anda dalam bermain game akan lebih berkesan.

Asus (Gaming Monitor – VP28UQG)

Dengan teknologi tersebut, Anda yang menggemari game, seperti MOBA (multiplayer online battle arena), akan mendapatkan pengalaman yang lebih nyata. Tak perlu takut lupa waktu saat bermain game karena produk ini juga dilengkapi ASUS Ultra-Low Blue Light technology. Mata pun jadi tidak cepat lelah!

Kesimpulan

Secara umum Monitor 4K akan menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam dan indah secara visual. Selain itu, fungsi monitor ini sangat beragam bisa dipakai untuk bekerja dengan PC, bisa juga dipakai untuk bermain game, buat kalian yang hobi menonton pun akan sangat memanjakan mata.

Tapi harus memperhatikan beberapa hal yang sudah dibahas di atas ya. Semakin besar ukuran layar memang akan baik, tapi sebaiknya perhatikan ukuran, jarak pandang, sampai sudut memakai layar. Untuk kamu yang sangat efisien dan pengen dapetin manfaat yang optimal, ada baiknya untuk menyesuaikan spesifikasi monitor supaya pas dengan kebutuhan kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam menentukan akan membeli monitor 4K Terbaik yang mana ya!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *