Obat Sariawan Terbaik yang Menyembuhkan dengan Cepat

Tips untuk Menghindari Terjadinya Penyakit Sariawan
Obat Sariawan Terbaik yang Menyembuhkan dengan Cepat
3.6 (72.12%) 33 votes

Salah satu penyakit yang sangat mengganggu kenikmatan kita pada saat makan adalah penyakit mulut yang dinamakan Sariawan. Penyakit mulut ini menyebabkan rasa nyeri yang sangat tinggi yang dapat Anda rasakan didaerah sekitar bibir, lidah, maupun gusi Anda. Biasanya, penderita sariawan akan serba salah ketika makan dan minum. Ketika makanan atau air minuman mengenai bagian yang terkena Sariawan, maka akan timbul rasa sakit yang luar biasa.

Sariawan memang merupakan penyakit kecil, tetapi jika dibiarkan akan berakibat buruk hingga fatal bagi penderitanya. Jika infeksi yang diakibatkan Sariawan sudah memasuki tahap yang sangat parah, maka tidak memungkinkan juga akan menyebabkan kematian. Sebagian kecil dari penderita sariawan ini harus dirawat di rumah sakit, karena menyebabkan kondisi yang lemah kepada penderitanya. Penderita tidak dapat makan dan minum karena rasa sakit yang dihasilkan oleh Sariawan. Sedangkan sebagian besar penderitanya hanya menggunakan obat khusus sariawan.

Obat Sariawan terbaik

Di Indonesia sendiri banyak jenis obat yang digunakan dan ampuh melawan penyakit Sariawan. Mulai dari yang alami, obat-obat tradisional, hingga obat-obatan kimia yang dijual bebas atau harus dengan rekomendasi dari para Dokter. Jenis obat-obatan kimia ini juga banyak sekali jenisnya yang dijual dipasaran, baik yang resmi diakui pemerintah melalui BPOM dan juga yang ilegal. Obat-obatan ilegal inilah yang beresiko terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan. Bukannya menyembuhkan penyakit Sariawan Anda, tetapi malah menambah penyakit yang Anda derita. Olhe karena itu, Anda harus cermat dalam memilih obat Sariawan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas seluk beluk mengenai Sariawan, agar Anda mengenal penyakit kecil yang sangat mengganggu ini. Tidak hanya itu, kami juga akan mengenalkan kepada Anda jenis-jenis obat Sariawan yang beredar luas di Indonesia. Lalu, kami akan memberikan Tips bagaimana memilih obat sariawan yang aman. Dan ada juga rekomendasi obat Sariawan terbaik versi kami yang aman dan ampuh dalam menyembuhkan Sariawan.

Setelah membaca artikel ini, Anda akan memiliki pengetahuan mengenai Sariawan dan mengetahui Obat mana yang beredar dipasar Indonesia tetapi aman dan ampuh dalam mengatasi Sariawan Anda.

Seluk Beluk Penyakit Mulut Sariawan yang Mengganggu

Sariawan atau yang mempunyai nama medis Stomatitis Aftosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka yang berbentuk bercak cekung bewarna putih kekuningan (sumber : wikipedia).

Ahli medis menduga, Sebagian besar Sariawan timbul diakibatkan karena kurangnya vitamin c dan zat besi. Penyebab lain munculnya penyakit Sariawan adalah adanya luka akibat tergigit, mengkonsumsi makanan atau minuman panas, adanya masalah pencernaan, kebersihan mulut yang tidak pernah terjaga, hingga alergi. Perempuan juga lebih mudah terserang penyakit Sariawan dibandingkan dengan laki-laki.

Sistem kekebalan tubuh juga diduga kuat sebagai dalang penyebab timbulnya Sariawan. Faktor psikologis seperti stress yang berlebihan dan gaya hidup yang tidak sehat yang berakibat pada menurunnya kekebalan tubuh juga menjadi sebagian besar Faktor munculnya penyakit mulut ini.

Penyakit sariawan sendiri terbagi menjadi 3 fase, yaitu fase ringan, sedang, dan berat. Pada fase yang berat biasanya penderita Sariawan merasakan sakit yang tidak tertahankan, timbul pembengkakan pada mulut, demam, hingga sakit kepala. Pada fase ini, Anda harus segera berkonsultasi ke dokter penyakit dalam atau mulut dan gigi, agar segera diberikan tindakan hingga observasi rawat inap. Jika tidak segera dikonsultasikan, maka akan berakibat fatal pada kesehatan dan nyawa Anda sendiri.

Obat Sariawan

Pada fase ringan dan sedang, Sariawan dapat diobati dengan sendirinya atau dengan saran Dokter. Sebagian besar masyarakat yang menderita Sariawan fase ringan mengobati secara mandiri. Ada yang dengan memakai cara tradisional dengan berkumur menggunakan daun sirih, atau berkumur dengan air hangat yang dicampurkan dengan garam. Karena berkumur baik dengan daun sirih yang telah dicuci bersih atau dengan air hangat yang dicampur garam, dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab Sariawan. Alternatif lain biasanya Anda dapat berkumur dengan Betadine kumur atau obat kumur lainnya.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di Apotik, Swalayan, atau minimarket tempat tinggal Anda. Biasanya cara ini digunakan oleh penderita yang memasuki fase sedang. Dimana cara berkumur atau menyikat gigi saja, sudah tidak ampuh dalam mengatasi Sariawan.

Obat-obatan yang terjual bebas dipasar Indonesia sangat banyak jenis dan macamnya. Obat-obatan tersebut ada yang berupa saripati tumbuhan atau herbal hingga obat-obatan kimia yang diproduksi oleh perusahaan farmasi. Untuk memilih obat Sariawan yang tepat, anda harus tahu jenis-jenis obat Sariawan yang berdar diPasaran dan faktor apa saja yang harus Anda pertimbangkan untuk membeli obat tersebut.

Jenis-jenis Obat Sariawan yang dijual bebas di Apotik, Swalayan, dan Minimarket

Ada 2 jenis variasi obat Sariawan yang dijual bebas di masyarakat, yaitu berdasarkan bahan dasarnya. Dibawah ini kami akan membahas satu persatu mengenai obat Sariawan tersebut :

Berdasarkan Bahan Dasarnya

Obat Sariawan dengan yang dilihat dari bahan dasarnya terbagi lagi menjadi dua macam, yaitu obat yang berbahan dasar yang masih alami atau belum dicampur zat kimia dan obat yang telah dan dicampur oleh Zat kimiawi.

  1. Obat alami: Obat alami adalah obat yang belum diolah atau pengolahannya tidak menggunakan zat kimiawi. Obat-obat seperti ini paling mudah dicari dan juga resiko terjadinya efek samping sangatlah kecil. Obat-obat yang tergolong obat alami diantaranya adalah Madu, garam yang dicampur dengan air hangat, produk makanan yang mengandung probiotik tinggi seperti yoghurt, Air kelapa, Lidah buaya, akar licorice, Seledri, kemangi, dan daun sirih yang digunakan untuk obat kumur.
  2. Obat kimia: Obat kimia adalah obat yang telah diolah sedemikian rupa dan dicampur dengan zat kimiawi atau berubah menjadi zat kimiawi. Obat-obat semacam ini biasanya mempunyai efek samping yang lebih tinggi daripada obat-obatan yang berbahan dasar alam. Tidak semua penderita Sariawan dapat menggunakan obat-obatan kimia ini, tergantung umur dan status si penderita, seperti bayi, ibu hamil, atau orang-orang yang mempunyai riwayat alergi atau bahkan penyakit kronis lainnya.

Obat Sariawan Indonesia

Berdasarkan Cara Pemakaiannya

Selama ini, sebagian besar masyarakat hanya tahu obat Sariawan yang berjenis oles dan minum. Tetapi ternyata, ada varian Obat Sariawan tersebut. Berdasarkan cara pemakaiannya, obat Sariawan dibagi menjadi 4 kategori yaitu obat oles, obat tempel, obat semprot, dan obat minum. Berikut ini adalah penjelasan jenis-jenis obat tersebut :

  1. Obat sariawan oles adalah obat sariawan yang cara pemakaiannya dengan cara dioleskan ketempat luka/sariawan itu timbul. Pada saat pertama pengolesan obat ini, biasanya penderita akan merasakan sakit yang tinggi, karena reaksi yang ditimbulkan secara langsung oleh obat ini. Jenis ini sebagian besar dipilih oleh masyarakat karena efeknya yang cepat dalam menyembuhkan Sariawan.
  2. Jenis lainnya, adalah obat Sariawan tempel. Mungkin, Anda belum familiar dengan jenis obat Sariawan yang satu ini. Fungsi dari obat ini selain mengobati Sariawan juga mencegah penderita Sariawan mengalami rasa sakit ketika melakukan aktivitas makan dan minum. Obat ini ditempel digunakan dengan cara ditempel pada bagian Sariawan. Kelemahan obat ini adalah mudah lepas, ketika makan dan minum.
  3. Obat Sariawan lainnya yang umum digunakan lainnnya adalah jenis obat semprot. Jenis obat ini biasanya menjangkau tempat-tempat yang susah diobati seperti rongga tenggorokan dan bagian lainnya yang susah diobati. Jenis obat ini tidak bertahan lama khasisatnya, dan lama dalam menyembuhkan. Tetapi kelebihannya, obat ini praktis dibawa kemana saja Anda pergi. Jenis obat ini sebenarnya lebih banyak digunakan untuk bayi atau Anak kecil.
  4. Macam obat Sariawan lainnya adalah jenis obat kumur. Dimana, obat ini hanya dipakai untuk berkumur dan tidak boleh tertelan. Obat ini tidak cocok diberikan kepada anak-anak, karena mereka belum mengetahui cara berkumur dengan benar dan meningkatkan resiko tertelan lebih besar. Obat ini banyak digandrungi masyarakat, karena cepat dan efektif dalam mengatasi Sariawan dan penyakit mulut lainnya.
  5. Jenis terakhir adalah obat minum. Biasanya mengobati Sariawan yang berulang kali muncul dan sulit disembuhkan. Para dokter juga memberikan jenis obat ini, jika penderita sudah memasuki fase sedang hingga berat. Obat ini lebih banyak didapatkan dengan menggunakan resep dokter. Walau ada beberapa yang dijual bebas dengan komposisi herbal alami didalamnya. Khasiat yang dirasakan oleh penderita Sariawan pun berbeda-beda, tetapi sebagian besar dapat merasakan rasa sakit yang ditimbulkan berkurang.

Obat Sariawan

Cara memilih Obat Sariawan di Indonesia dengan Aman

Tentukan penggunaanya untuk siapa

Sebelum membeli obat sariawan, Anda harus menentukan dahulu untuk siapa obat tersebut digunakan. Apakah anda menggunakannya untuk diri Anda sendiri, anak anda yang masih bayi atau anak-anak? Atau Anda membelinya untuk wanita hamil atau menyusui? Faktor- faktor tersebut berpengaruh nantinya pada obat sariawan yang akan Anda pilih. Jangan sampai Anda salah pilih, karena dapat berakibat fatal!

Sama seperti obat-obat lainnya yang dijual bebas dimasyarakat, pihak produsen pasti menjelaskan siapa pengguna yang boleh menggunakan obat ini dan siapa tidak cocok dan tidak boleh menggunakan obat-obatan ini. Oleh karena itu, bacalah selalu deskripsi yang tertulis pada bagian luar kemasan dan lihat siapa saja penderita Sariawan yang dapat menggunakan obat tersebut.

Lihat label warna obat pada kemasan

Setiap obat yang dijual, baik yang bebas maupun terbatas dengan memakai resep dokter, harus diberi tanda warna pada kemasan luar obat tersebut. Biasanya tanda warna yang diberikan berbentuk bulat. Perhatikan warnanya pada saat memilih obat. Jangan sampai Anda membeli obat dengan tanda warna untuk obat keras dan memakainya tanpa tahu efek sampingnya. Karenanya, Anda harus mengetahui dan hafal tanda warna dari obat-obatan.

Lihat label warna obat pada kemasan
Lihat label warna obat pada kemasan

Rekomendasi Obat sariawan terbaik yang aman dan ampuh Menyembuhkan

Pada artikel ini, kami akan memberikan 8 Rekomendasi obat Sariawan yang aman dan ampuh dalam menyembuhkan Sariawan. Berikut daftarnya :

Mycostatin

Obat Sariawan yang paling ampuh ketika dipakai langsung bekerja dan terasa khasiatnya oleh penderita Sariawan. Lama penyembuhan obat ini sekitar 1-3 hari, waktu yang relatif singkat untuk proses penyembuhan Sariawan. Rasanya yang manis dan enak, dan juga tanpa rasa sakit, menjadi obat yang paling banyak dicari dan digandrungi masyarakat sebagai Obat Sariawan, terutama anak-anak.

Mycostatin

Sayangnya, untuk mendapatkan obat ini Anda harus meminta resep dari dokter terdekat. Khasiatnya yang cepat dalam menyembuhkan Sariawan, cukup membuat obat ini mendapati tanda warna lingkaran merah dengan garis tepi hitam yang mempunyai arti obat tersebut keras dan terbatas pembeliannya.

Harga : Rp. 69.450 – Rp. 72.500

Aloclair Plus Spray

Jenis obat semprot yang satu ini juga termasuk obat keras dan terbatas pembeliannya. Tetapi, di beberapa tempat Anda dapat membeli Aloclair plus spray tanpa resep dari dokter. Walaupun begitu, obat ini mempunyai khasiat yang sangat cepat, sama seperti Mycostatin dan Albothyl. Hanya saja, ketika disemprotkan, penderita merasakan sensasi segar dalam mulutnya. Sehingga penderita merasa rileks ketika menggunakan obat ini. Obat ini biasanya diresepkan dari dokter Anak untuk anak anda, yang rawan terkena sariawan dalam rongga tenggorokannya.

Aloclair Plus Spray

Harga : Rp. 114.070 – Rp. 115.100

Ciubros Farma Borax Gliserin

Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika anda mendengar kata “Borax”? Pengawet mayat?

Tetapi disini kita akan membahas tentang Borax obat Sariawan. Nama yang disematkan pada obat ini memang sama dengan Borax zat pengawet mayat. Tetapi kandungan yang terdapat didalamnya sangatlah berbeda. Obat oles satu ini berkhasiat sangat cepat dan aman dalam mengatasi Sariawan, sehingga cocok dioleskan kepada anak-anak yang menderita Sariawan. Khasiatnya bekerja dari 2 hingga 4 hari penyembuhan. Obat ini juga tidak menimbulkan sensasi apa-apa ketika dioleska, sehingga banyak juga digandrungi oleh masyarakat

Ciubros Farma Borax Gliserin

Harga : Rp. 2800 – Rp.3200

Glorya Medica Gentian Violet

Obat yang satu ini memang sudah terkenal khasiatnya sangat ampuh semenjak tahun 30 tahun lalu. Obat oles yang mempunyai warna khas ungu yang akan menempel ketika Anda mengoleskan pada bagian yang timbul Sariawan, mempunyai khasiat yang cepat dan efektif.

Glorya Medica Gentian Violet

Obat ini adalah obat yang dijual bebas dimasyarakat dan aman untuk anak-anak. Banyak sekolah yang memakai obat ini sebagai obat P3k. Harganya yang sangat murah dan keamanan menjadi salah satu faktor obat ini menjadi pertimbangan masyarakat sangat menggandrungi obat ini.

Harga : Rp. 3500 –Rp 5000

Kenalog

Salah satu jenis obat oles yang sangat populer dimasyarakat adalah Kenalog. Khasiat obat ini sama seperti Albothyl, sangat cepat dalam menyembuhkan Sariawan. Obat ini bisa dipakai oleh semua umur dan status. Perbedaannya, jika Albothyl menimbulkan sensasi sakit, maka obat ini tidak menimbulkan sensasi sakit apapun hanya sensasi lengket sesaat setelah obat ini dioleskan. Tipe obat ini adalah obat ringan yang dapat dijual bebas dimasyarakat.

Kenalog

Tetapi kandungan yang terdapat dalam obat ini tidak aman jika tertelan. Oleh karena itu, obat ini harus disimpan ditempat yang tidak terjangkau anak-anak.

Harga : Rp. 64.419 – Rp. 72.195

Betadine Gargale

Obat Betadine Gargale adalah obat Sariawan dan bentuk lainnya yang berjenis obat kumur. Obat ini adalah obat luar yang kandungannya tidak boleh tertelan. Sehingga, obat ini tidak cocok digunakan untuk anak-anak yang cenderung menelan sesuatu ketika berkumur.

Betadine Gargale

Obat Sariawan ini juga dijual bebas dan dapat anda temui di minimarket, pasar swalayan, atau apotik terdekat. Ketika berkumur dengan obat ini, penderita akan merasakan sensasi sakit yang diikuti dengan sensasi rileks pada akhirnya. Karena efek yang dirasakan ketika memakai obat ini adalah langsung. Khasiat penyembuhan Betadine kumur termasuk sangat cepat dari 1- 4 hari masa penyembuhan.

Harga : Rp. 12.200 – Rp. 15.500

Poilcresulen

Jenis obat ini adalah obat ules dan juga tetes yang langsung digunakan ditempat munculnya Sariawan. Nama lain dari obat ini adalah Albothyl.

Poilcresulen

Ya! Mungkin yang ada dalam benak Anda ketika mendengar nama lain obat ini adalah rasa sakit yang luar biasa. Obat ini terkenal sangat ampuh dalam mengobati Sariawan. Ketika memakai obat ini atau ketika obat ini diteteskan pada Sariawan dimulut Anda, maka Anda akan merasakan sakit yang nyaman hingga terkadang menjalar ke bagian kepala karena rasa sakitnya yang tidak tertahankan. Tetapi, sensasi sakit yang dirasakan hanya berlangsung sekitar ½ – 1 ½ menit saja. Setelah itu, Anda akan bebas dari rasa sakit Sariawan. Khasiat obat ini terbilang cepat yaitu 1-3 hari saja dalam mengobati Sariawan.

Harga : Rp. 25.000/botol 5 ml – Rp. 90.000/botol 30 ml.

Kolosal Pratama Ulceloocin Plester Sariawan

Jenis obat Sariawan yang berbentuk plester ini tidak mengandung efek samping. Obat ini sangat praktis dibawa kemana saja dan mudah cara pemakaiannya. Banyak dokter gigi yang menganjurkan memakai plester ini sebagai obat Sariawan. Selain mengobati, Plester ini mencegah bakteri yang ada dalam Sariawan menyebar lebih luas lagi. Memang, resiko Anda atau anak Anda menelan plester ini ketika memakainya sangatlah tinggi. Karena plester ini mudah terlepas. Tetapi, plester ini terbuat dari bahan alami sehingga aman ketika tertelan.

Kolosal Pratama Ulceloocin Plester Sariawan

Sayangnya, penyembuhan obat Sariawan plester ini cenderung lebih lama dari obat Sariwan lainnya. Sekitar 5 -14 hari penyembuhan. Walaupun begitu, ketika dalam masa pengobatan dan penyembuhan, Penderita Sariawan tidak merasakan sakit ketika melakukan aktivitas makan dan minum.

Harga : Rp. 35.000/plek – Rp. 365.000/box

Tips untuk Menghindari Terjadinya Penyakit Sariawan

Sariawan bukanlah penyakit menular dan genetik. Dan seperti penyakit lain pada umumnya, dapat dicegah kemunculannya melalui kebiasaan harian kita. Kami akan membagikan pengetahuan kami, mengenai cara- cara mencegah terjadinya penyakit Sariawan dibawah ini :

Menjaga Kebersihan Mulut

Kebersihan mulut merupakan faktor utama yang harus diperhatikan dan jaga agar penyakit Sariawan tidak muncul. Oleh karena itu, Anda harus rajin dan disiplin dalam membersihkan mulut Anda. Diantaranya adalah dengan menyikat gigi secara teratur. Menyikat gigi dua kali sehari dapat membantu Anda mencegah timbulnya penyakit Sariawan.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan sikat gigi dan pasta gigi yang Anda pakai. Pakailah sikat gigi yang sesuai dengan bentuk mulut Anda, dan juga bulu sikat yang lembut. Bulu sikat yang keras lebih beresiko menyebabkan luka pada gusi ataupun mulut Anda, yang akan menjadi cikal bakal penyakit Sariawan timbul. Pilihlah pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan Anda (apakah gigi Anda sensitif atau tidak).

Tips untuk Menghindari Terjadinya Penyakit Sariawan

Memakan-makanan dan Minuman dengan Gizi Seimbang

Masalah yang paling sering dihadapi masyarakat modern saat ini adalah pola konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat. Banyaknya variasi makanan dengan berbagai teknik olahan yang tidak sehat juga menjadi salah satu penyebab munculnya Sariawan. Misalnya, banyak minuman bersoda dan minuman lainnya yang menggunakan pengawet atau gula buatan yang berdampak pada kesehatan dan kekebalan tubuh Anda.

Minuman bersoda cenderung menimbulkan permasalahan pada pencernaan Anda dan juga meningkatkan asam lambung yang berlebihan, sehingga resiko timbulnya penyakit Sariawan akan sangat tinggi. Atau makanan dengan pedas yang berlebihan yang saat ini digandrungi oleh masyarakat banyak.

Oleh karena itu, kurangilah makanan dan minuman yang tidak sehat tersebut. Dan mulailah mengkonsumsi makanan dan minuman dengan olahan yang sehat. Perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya dan tinggi akan serat dan vitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, mengkonsumsi air putih secara berkala juga dapat meningkatkan kesehatan Anda dibandingkan mengkonsumsi minuman bersoda atau berpengawet.

Mengurangi Stress yang Berlebihan

Di zaman modern sekarang ini, tuntutan pekerjaan semakin meningkat. Hal ini akan berpengaruh pada faktor psikologis Anda dan pada akhirnya sistem kekebalan tubuh Anda. Stress yang berlebihan sangatlah tidak baik untuk kesehatan jasmani dan rohani Anda. Untuk mengurangi stress yang berlebih, Anda dapat melakukan rekreasi atau melakukan sesuatu yang merupakan hobi Anda yang dapat menenangkan jiwa Anda. Berbagi kepada saudara-saudara kita yang tidak mampu atau menyenangkan orang lain, disinyalir juga dapat mengurangi tingkat stress Anda.

Rajin berolahraga dan menjaga berat badan ideal

Olahraga merupakan salah satu cara untuk melatih tubuh dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. Dengan rajin berolahraga dan menjaga berat badan idela, maka anda juga menjaga kesehatan dan meningkatkan kestabilan sistem kekebalan tubuh Anda. Meningkatnya sistem kekebalan tubuh membuat badan Anda menjadi lebih bugar dan kuat menghadapi penyakit-penyakit yang ada. Cobalah berolahraga minimal 2 kali seminggu atau 7 -8 kali sebulan.

Jangan Makan secara cepat atau terburu-buru

Cara makan secara cepat atau terburu-buru sudah menjadi hal yang lumrah dipergaulan masyarakat modern saat ini. Keterbatasan waktu menjadi penyebab kebiasaan ini berkembang. Tetapi cara makan seperti ini tidaklah tepat, karena makanan tidak dihancurkan secara sempurna dalam mulut. Makanan yang tidak hancur secara sempurna dalam mulut akan menambah beban kerja sistem pencernaan yang ada diperut. Dan akan berakibat pada masalah pencernaan.

Tips untuk Menghindari Terjadinya Penyakit Sariawan

Meningkatnya asam lambung karena masalah pencernaan atau masalah pencernaan lainnya dapat menimbulkan penyakit Sariawan di mulut. Oleh karena itu, cobalah makan secara perlahan dan mengunyah secara sempurna, sehingga tidak menimbulkan masalah pencernaan.

Dengan menerapkan cara-cara diatas, diharapkan dapat mengurangi frekuensi hingga mencegah sama sekali timbulnya penyakit Sariawan.

Kesimpulan

Gaya hidup tidak sehat, Stress berlebihan, makan-makanan dan minuman yang tidak menyehatkan membuat seseorang mudah terkena penyakit Sariawan. Penderita Sariawan biasanya akan sangat terganggu ketika menjalani aktivitas makan dan minum. Terkadang dikarenakan sakit yang tidak tertahankan penderita Sariawan rela mengurangi asupan nutrisinya untuk mengurangi rasa sakit. Tetapi cara seperti ini tidaklah tepat, karena akan berakibat kurangnya nutrisi dan kondisi lemah pada tubuh.

Walaupun sebagian besar masyarakat masih menganggap enteng penyakit mulut ini, tetapi pada kenyataannya Sariawan juga dapat menimbulkan kematian jika tidak diobati secara benar. Pada fase ringan dan sedang, Sariawan memang dapat disembuhkan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas dimasyarakat ataupun dengan perlakuan-perlakuan khusus lainnya seperti berkumur dengan obat antiseptik ataupun meningkatkan frekuensi sikat gigi agar kebersihan mulut terjaga.

Jika cara-cara tersebut sudah tidak bisa digunakan, maka segeralah berkonsultasi ke dokter yang Anda percayai demi keselamatan Anda. Dan Ingat! Jagalah pola hidup Anda dengan mengkonsumsi makan dan minuman dengan gizi yang seimbang. Selamat Mencoba!

You May Also Like

About the Author: Admin

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *