10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak

Written by 3:42 pm Ibu & Bayi

Pasta gigi merupakan sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi dan digunakan bersama sikat gigi. Di Indonesia, pasta gigi memiliki nama lain Odol yang sebenarnya adalah salah satu merek pasta gigi asal Jerman yang dibawa oleh para tentara Hindia Belanda. Odol telah menjadi nama umum untuk pasta gigi walaupun merk ini sudah berpuluh-puluh tahun tidak beredar lagi di Indonesia.

Pasta gigi sudah menjadi kebutuhan hidup masa kini setiap manusia di segala kalangan umur, dari orang dewasa, remaja, anak-anak, hingga balita. Gigi balita atau yang sering disebut gigi susu, sangat penting untuk dirawat karena gigi susu merupakan cikal bakal petumbuhan gigi permanen. Jika gigi susu tidak terawat, maka gigi permanen pun akan terganggu pertumbuhannya.

Sebelum membeli pasta gigi untuk si kecil, sebaiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pasta gigi anak. Berikut akan kami ulas beberapa kandungan dalam pasta gigi dan akan kami rekomendasikan beberapa produk pasta gigi terbaik  untuk anak beserta tips-tips dalam memilih pasta gigi yang baik dan tepat.

Apa itu Pasta Gigi ?

Pasta Gigi atau yang biasa disebut dengan odol merupakan sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan seluruh permukaan gigi dan memberikan rasa nyaman serta menyegarkan pada rongga mulut.

Pasta Gigi Terbaik untuk Anak

Pasta gigi digunakan bersama sikat gigi untuk membersihkan tempat-tempat yang sulit diraih. Dokter gigi menganjurkan menyikat gigi menggunakan pasta gigi sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur.

Top 9 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak di Indonesia

Berikut adalah 9 pasta gigi terbaik untuk anak yang pasti akan memenuhi kebutuhan anak Anda. Setiap pasta gigi anak dalam list berikut dapat anda temukan di toko-toko terdekat atau di platform toko online di seluruh Indonesia.

JACK N’ JILL Natural Calendula Toothpaste Strawberry Flavor

Produk ini cocok untuk perawatan pertama bayi Anda yang baru tumbuh gigi karena tidak mengandung pengawet dan aman jika produk tertelan. Pasta gigi Jack N’ Jill rasa Strawberry mengandung bahan-bahan natural seperti xylitol alami sebagai pengganti fluoride, yang berasal dari tumbuhan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus yang merusak gigi dan gusi.

JACK N’ JILL Natural Calendula Toothpaste Strawberry Flavor

Selain itu, produk ini juga mengandung calendula organik yang berfungsi untuk mencegah kerusakan gigi dan mencegah penyakit gusi. Rasa strawberry yang bersertifikat organik, membuat anak untuk senang sikat gigi dan sebagai alternatif pilihan untuk anak yang tidak menyukai rasa mint.

Kodomo Kids Toothpaste Regular

Kodomo merupakan produk pasta gigi anak yang sudah terkenal sejak lama di Indonesia. Dengan berbagai strategi pemasaran seperti jingle “Kodomo, kodomo, teman baikku”, produk ini sudah banyak mengambil hati anak-anak untuk memilih pasta gigi ini menjadi teman menggosok giginya.

Kodomo Kids Toothpaste Regular

Kandungan dalam pasta gigi ini seperti kebanyakan pasta gigi anak lainnya yaitu xylitol yang akan mencegah bakteri hinggap pada gigi sehingga dapat terhindarkan dari masalah gigi lubang. Xylitol juga memelihara pH di dalam mulut tetap netral. Hal ini akan mencegah munculnya asam yang menyebabkan karies gigi.

Pigeon Toothpaste for Children

Pigeon Toothpaste for Children memiliki kandungan yang cukup berbeda dengan pasta gigi anak lainnya yaitu dicalcium phosphate dihydrogen (DCPD). Produk ini tidak menggunakan fluoride dan sodium lauryl sulfate (SLS) sehingga aman untuk anak-anak bahkan bayi sekalipun.

Pigeon Toothpaste for Children

Kandungan DCPD dalam produk ini dapat membersihkan gigi dengan efektif, menghilangkan bau mulut dan mencegah gigi berlubang. Busa yang dihasilkan juga sedikit sehingga mengurangi resiko tertelan oleh anak.

Buds Organics Children’s Toothpaste

Buds Organics Children’s Toothpaste diperkaya dengan natural cleanser seperti ekstrak aloe vera dan silica sehingga memiliki tekstur yang lembut tanpa merusak lidah dan gusi anak. Terdapat ekstrak Aloe Vera yang berfungsi menenangkan gusi sekaligus menjaga lidah anak agar terhindar dari iritasi, dan Ekstrak Coconut Oil yang berfungsi untuk membunuh kuman yang menempel pada sela-sela gigi.

Buds Organics Children’s Toothpaste

Buds Organic mengkategorikan pasta gigi sesuai dengan rentang umur anak. Pertama, BudsToothpaste with Xylitol, mengandung xylitol yang berperan menjaga serta mencegah gusi dari kerusakan dan diperuntukan untuk anak usia 1-3 tahun.

Kedua, Buds Toothpaste with fluoride yang dapat mencegah kerusakan gigi karena mengandung fluoride dengan jumlah yang tepat dan tidak berlebihan sangat cocok untuk anak usia 3-12 tahun.

Cussons Kids Toothpaste

Cussons Kids Toothpaste dirancang khusus oleh ahli perawatan gigi dan mulut untuk memberikan tiga perlindungan utama pada kesehatan gigi anak.

Cussons Kids Toothpaste

Tiga perlindungan utama tersebut adalah memperkuat, menjada kesehatan gigi serta menjaga napas tetap segar yang didapatkan dari kombinasi fluoride, kalsium dan xylitol. Pasta gigi ini juga bebas gula sehingga tidak menyebabkan karies pada gigi anak.

Hawley & Hazel – Darlie Bunny Kids Toothpaste

Pasta Gigi Darlie Bunny Kids dengan kemasan yang berkarakter Bunny yang lucu sangatlah menarik anak setiap kali diajak menyikat gigi.

Pasta gigi berupa gel ini mengandung kalsium dan fluoride denga kadar yang optimal sehingga dapat mencegah timbulnya rongga pada gigi dan membantu menguatkan gigi. Selain itu, produk ini juga memiliki tingkat busa yang rendah sehingga mengurangi iritasi pada gigi.

Hawley & Hazel - Darlie Bunny Kids Toothpaste

Pasta gigi ini memiliki varian rasa buah yang menyegarkan dan rasa cola yang unik.

Harga yang ditawarkan juga terjangkau yaitu dengan 12 ribu rupiah saja, Anda dapat membawa pulang pasta gigi lucu ini.

Dr. Brown – Natural Baby Toothpaste

Pasta gigi Dr. Brown dapat digunakan oleh bayi dari usia 0 sampai anak usia 3 tahun karena tidak mengandung bahan pengawet dan perasa buatan serta bebas fluoride.

Pasta gigi ini memiliki tekstur yang lembut dan aman untuk bayi sehingga tidak perlu khawatir jika tidak sengaja tertelan.

Dr. Brown - Natural Baby Toothpaste

Varian rasa buah pir dan apel asli yang disukai anak-anak dapat membuat pengalaman menyikat gigi anak terasa menyenangkan. Pasta gigi ini dibandrol dengan harga yang relatif tinggi yaitu sebesar 142 ribu rupiah.

Total Care Junior Toothpaste

Biasanya pasta gigi anak memiliki rasa buah-buahan yang segar. Namun, Total Care Junior Toothpaste memilki rasa yang unik yaitu rasa chocolate chip yang sangat digemari oleh anak-anak usia tiga tahun keatas. Meskipun begitu, pasta gigi ini diperkaya oleh double fluoride yang berfungsi untuk memperkuat tekstur gigi sehingga gigi anak Anda tidak mudah bolong.

Total Care Junior Toothpaste

Pasta gigi yang diperuntukkan untuk anak yang menyukai rasa-rasa manis ini dapat diperoleh dengan harga yang sangat ekonomis yaitu 5 ribuan saja. Selain chocolate chip, tersedia juga beberapa varian rasa seperti orange juice dan strawberry bubblegum.

Little Tree – Fruity Fresh Toothpaste Orange

Satu lagi produk pasta gigi yang aman untuk bayi karena bebas dari kandungan fluoride didalamnya. Fruity Fresh Toothpaste Orange dari Little Tree ini mengandung xylitol dan kalsium alami. Kandungan tersebut mampu mencegah karies gigi tanpa mengikis permukaannya dan menguatkan email gigi bayi.

Little Tree – Fruity Fresh Toothpaste Orange

Kandungan lain dalam pasta gigi ini berupa bahan-bahan alami seperti sari buah jeruk, lemon, ekstrak daun sage sehingga cocok digunakan untuk anak usia 12 bulan ke atas. Pasta gigi ini dijual dengan kisaran harga 35 hingga 45 ribu rupiah di pasaran.

Jenis pasta gigi sesuai dengan kandungan dan manfaat

Pasta gigi dengan flouride

Flouride merupakan mineral terpenting yang terkandung dalam setiap pasta gigi. Mineral ini dapat melindungi gigi dari kerusakan dan mencegah gigi berlubang. Lapisan gigi terluar rentan berlubang akibat zat asam dari bakteri yang menempel pada plak gigi dan merusak lapisan gigi. Untuk membuat gigi lebih tahan terhadap zat asam, diperlukan fluoride dalam pasta gigi.

Pasta Gigi Terbaik untuk Anak

Flouride berfungsi umtuk mencegah pertumbuhan bakteri mulut yang berbahaya, memperlambat hilangnya mineral dari lapisan terluar gigi, membangun kembali lapisan terluar gigi yang melemah dan menghentikan tanda awal kerusakan gigi. Bahan yang sering digunakan antara lain natrium monofluorofosfat dan natrium fluorida.

Pasta gigi antikarang

Karang gigi merupakan plak atau lapisan bakteri pada gigi yang kemudian mengeras dan sulit dibersihkan. Jika karang gigi tidak dibersihkan secara teratur, dapat menyebabkan penumpukan yang akan menyebabkan penyakit gusi. Karang gigi yang sudah menumpuk akan sulit dibersihkan dan harus menempuh proses scaling ke dokter gigi untuk menghilangkannya.

Namun, karang gigi dapat dicegah dengan cara rutin menggosok gigi dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang berfungsi sebagai antikarang. Pasta gigi antikarang biasanya mengandung bahan kimia pirofosfat atau zinc citrate dalam komposisinya. Senyawa kimia ini telah terbukti efektif untuk mencegah penumpukan tartar, yaitu berkembangnya plak yang disebabkan oleh bakteri.

Pasta gigi untuk gigi sensitif

Jika gigi Anda terasa ngilu saat mengonsumsi minuman atau makanan yang terlalu panas atau dingin, mungkin Anda mengalami gigi sensitif. Gigi senstitif adalah masalah umum pada gigi yang berkembang seiring berjalannya waktu, biasanya terjadi akibat resesi gusi atau pengikisan lapisan email.

Pasta Gigi Terbaik untuk Anak

Untuk merawat gigi sensitive, Anda perlu menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan menyikat gigi dua kali sehari. Orang yang memiliki gigi sensitif harus menggunakan pasta gigi khusus untuk merawat giginya. Selain itu, penting juga untuk menyikat gigi dengan perlahan menggunakan sikat gigi berujung lembut dan membersihkan celah gigi menggunakan benang gigi.

Pasta gigi untuk gigi sensitif biasanya mengandung potasium nitrat atau strontium klorida. Senyawa kimia ini dapat memperbaiki sensitifitas gigi dalam beberapa minggu. Pasta gigi ini akan membantu menghadang saluran syaraf pada gigi sehingga tidak bersinggungan langsung dengan minuman atau makanan.

Pasta gigi yang mengandung pemutih

Pasta gigi yang dapat memutihkan gigi mengandung bahan abrasi yang merupakan bahan utama pada pasta gigi, menyusun 30- 40% kandungan pasta gigi. Bahan abrasif berfungsi untuk membersihkan dan memoles permukaan gigi tanpa merusaknya. Bahan tersebut antara lain Natrium bikarbonat, Kalsium karbonat dan Kalsium sulfat yang dapat membantu mengusir sisa makanan, bakteri, dan noda pada gigi.

Beberapa pasta gigi pemutih pun mengandung bahan kimia covarine biru yang dapat melekat pada permukaan gigi dan menciptakan ilusi optik yang membuat gigi tampak lebih cerah.

Ketika digunakan dua kali sehari, pasta gigi pemutih memerlukan waktu 2-6 minggu untuk membuat gigi setingkat lebih cerah. Sementara, pasta gigi pemutih yang mengandung covarine biru bisa menunjukkan efek langsung.

5 Merk Pasta Gigi Terbaik dan Berkualitas untuk anak

Jack N’ Jill 

Jack N’ Jill merupakan salah satu merk pasta gigi natural untuk bayi, balita dan anak-anak yang terbukti aman jika tertelan. Perusahan asal Australia ini telah dipercaya sejak 1949 di lebih dari 40 negara. Jack N’ Jill telah diakui sebagai pasta gigi dengan reputasi rating teraman menurut Lembaga independent paling terpercaya di bidang natural health, Enviromental Working Group (EWG).

Pasta Gigi Jack N’ Jill 

Pasta gigi ini memiliki beberapa varian rasa buah yang disukai anak-anak seperti blackcurrent, raspberry, banana, berries and cream dan bubblegum. Balita berusia enam bulan keatas dalam mulai menggunakan pasta gigi ini. Harga pasta gigi Jack N’ Jill ini ada di kisaran 60 sampai 70 ribu rupiah.

Kodomo

Ketika berbicara tentang pasta gigi anak, maka pasti terlintas satu merk pasta gigi yang sangat terkenal di Indonesia, yaitu kodomo. Kodomo adalah salah satu brand produk anak-anak di Indonesia yang sudah ada sejak 30 tahun yang lalu. Kodomo memenuhi berbagai kebutuhan anak-anak, yaitu perawatan gigi dan mulut, perawatan rambut, dan perawatan badan.

Pasta Gigi Kodomo

Pasta gigi ini terkenal dengan varian buah-buahnya seperti melon, strawberry, jeruk dan anggur. Seringkali pasta gigi ini dijual bersamaan dengan sikat gigi dan hadiah menarik di dalamnya sehingga membuat anak semakin tertarik dan bersemangat untuk menggosok giginya. Harga untuk pasta gigi Kodomo sangat terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, yaitu berkisar antara 5 sampai 7 ribu rupiah saja.

Pigeon

Pigeon didirikan di Jepang pada tahun 1957 dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan para ibu dan bayi. Perusahaan ini memproduksi produk-produk dengan kualitas tinggi, tahan lama dan user-friendly untuk bayi dan toddlers, salah satunya adalah pasta gigi anak. Produk dari Pigeon juga sudah memiliki sertifikasi Halal dari MUI.

Pasta Gigi Pigeon

Pasta gigi Pigeon tidak mengandung fluoride (fluoride-free) sehingga aman jika tertelan oleh anak. Pasta gigi ini tersedia dalam 2 pilihan rasa yaitu strawberry dan orange dengan harga yang relatif terjangkau yaitu 9 sampai 11 ribu rupiah.

Buds Organics

Buds organics merupakan salah satu produk organik perawatan ibu dan bayi bersertifikat di dunia. Produk-produknya dikemas dengan bahan aktif alami dan organik serta benar-benar bebas dari pengujian hewan.

Pasta Gigi Buds Organics

Salah satu produk Buds Organics yang banyak digunakan yaitu Buds Children’s Toothpaste yang diformulasi dengan kombinasi pembersih mulut alami, Organic Aloe Vera Leaf Juice dan Silica untuk membersihkan gigi dengan lembut dan efektif. Pasta gigi seharga 130 ribu rupiah ini tersedia dengan 4 varian rasa yaitu peppermint, green apple, strawberry dan blackcurrant.

Cussons

Salah satu brand perawatan anak yang sangat terkenal di Indonesia adalah Cussons. Cussons terdiri dari beberapa produk yang disesuaikan dengan umur penggunanya, seperti pasta gigi Cussons Kids yang diperuntukan untuk anak berusia dibawah 6 tahun.

Pasta Gigi Cussons

Pasta gigi ini dirancang khusus oleh ahli perawatan gigi dan mulut anak, tidak mengandung gula, serta memberikan 3x perlindungan dengan pemakaian yang benar dan teratur, yang mana bisa anda miliki hanya dengan harga 6ribuan saja.

Apakah berbahaya anak menelan pasta gigi saat sikat gigi?

Menurut ahli, pasta gigi anak yang telah beredar di pasaran pasti sudah mendapatkan izin dari BPOM dan teruji aman jika tertelan. Takaran penggunaan pasta gigi pada anak adalah sebesar biji jagung. Kalaupun tertelan, jumlahnya tidak akan banyak sehingga tidak akan membahayakan kesehatan anak.

Pasta Gigi Terbaik untuk Anak

Namun, jika pasta gigi tertelan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang maka anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun dapat mengalami fluorosis. Flourosis merupakan peningkatan kerapuhan pada email gigi dikarenakan paparan flour yang didaptkan gigi sepanjang pembentukannya.

Email gigi akan timbul gambaran bercak-bercak putih akibat pemberian flour yang berlebihan dari pasta gigi, obat kumur, maupun flour yang tertelan.

Pasta gigi anak berbusa atau tidak, manakah yang lebih baik?

Busa pada pasta gigi berasal dari deterjen yang berfungsi untuk membantu menghilangkan tumpukan dan emulsi plak pada gigi. Deterjen yang biasa digunakan pada pasta gigi yaitu Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Kita sering menganggap bahwa semakin banyak busa yang dihasilkan pasta gigi anak, akan semakin membuat gigi kita bersih. Namun, nyatanya tidak.

Penggunaan SLS pada pasta gigi anak dapat mengakibatkan kerusakan jaringan lunak di rongga mulut dan munculnya sariawan berulang. Selain itu, pasta gigi yang mengandung SLS juga dapat menyebabkan terjadinya penurunan fungsi ludah dalam mengembalikan mineral gigi.

Ini berarti bahwa pasta gigi yang menghasilkan bisa yang sedikit dinilai lebih aman untuk anak-anak dibandingkan dengan pasta gigi dengan banyak busa.

Tips memilih pasta gigi untuk anak

Sesuaikan dengan kondisi pertumbuhan gigi anak

Pertumbuhan gigi susu pada anak dimulai ketika anak berusia 8 hingga 12 bulan. Perawatan gigi susu sangat penting dan harus dirawat secara maksimal karena nantinya akan mempengaruhi kondisi lingkungan mulut setelah gigi permanen tumbuh. Oleh karena itu, pemilihan pasta gigi sebaiknya disesuaikan dengan kondisi pertumbuhan gigi anak.

Untuk bayi pada tahun-tahun pertama, sebaiknya memilih pasta gigi yang mengandung bahan-bahan alami, contohnya seperti xylitol. Xylitol dinilai dapat mencegah gingivitis atau peradangan pada gusi yang disebabkan penumpukan bakteri pada gigi anak-anak. Pasta gigi yang digunakan juga sebaiknya berupa gel yang tidak perlu berkumur setelah menyikat gigi.

Pasta Gigi Terbaik untuk Anak

Pada usia dua sampai lima tahun, anak mulai mengonsumsi makanan yang manis-manis sehingga kemungkinan gigi anak berlubang juga semakin besar. Dokter anak dan dokter gigi menyatakan pasta gigi dengan flouride aman untuk anak-anak yang berusia 2 tahun ke atas.

Oleh karena itu, pasta gigi yang digunakan sebaiknya memiliki kandungan fluoride yang lebih tinggi agar bisa mencegah gigi karies dan mengandung bahan yang bisa menghilangkan noda kotor di gigi.

Perhatikan kandungan dalam pasta gigi anak

Gigi susu mempunyai karakteristik yang lebih lunak dibanding gigi permanen. Pasta gigi anak sebaiknya tidak mengandung banyak bahan abrasif sebagai pemutih yang dapat menggores atau mengikis gigi anak. Kandungan zat pemutih pada pasta gigi dewasa pun tidak dapat merubah warna gigi secara instan, apalagi untuk anak-anak yang malah dapat merusak gigi anak. Kandungan ini dapat dilihat dari jumlah busanya yang melimpah saat menggosok gigi.

Selain itu, kandungan pasta gigi anak harus aman jika sampai tertelan oleh anak. Pasta gigi yang akan digunakan saat menyikat gigi dapat tertelan secara tidak sengaja oleh anak. Oleh karena itu, orang tua disarankan agar memilih pasta gigi yang mengandung sedikit fluoride dan tidak mengandung banyak bahan abrasif, meski anak Anda sudah bisa menyikat giginya sendiri.

Memilih rasa yang disukai anak

Tidak mudah untuk mengajarkan anak menyikat giginya secara rutin dan teratur. Salah satu cara yang cukup ampuh adalah dengan cara memilih pasta gigi dengan rasa kesukaannya. Cara tersebut dapat membuat anak dapat lebih senang dan menantikan saat-saat untuk menyikat giginya. Tanamkan pula dalam pikiran Anda bahwa produknya harus bisa digunakan secara kontinu, sehingga bisa digunakan secara terus-menerus dan teratur agar gigi anak sehat dan terhindar dari gigi berlubang.

Pasta Gigi Terbaik untuk Anak

Kesimpulan

Pasta gigi sudah menjadi kebutuhan hidup setiap manusia dan segala kalangan umur, termasuk anak-anak. Anak-anak perlu untuk merawat gigi susu agar pertumbuhan gigi permanennya tidak terhambat. Salah satu caranya dengan menggunakan pasta gigi yang tepat.

Dalam memilih pasta gigi yang tepat perlu mempertimbangkan beberapa faktor seperti kondisi pertumbuhan gigi anak, kandungan pada pasta gigi anak dan rasa pasta gigi yang disukai oleh anak. Kemudian, Anda dapat memilih berbagai merk dan jenis pasta gigi terbaik seperti telah dipaparkan di atas sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Perlu diingat untuk membiasakan anak menyikat gigi secara rutin dua kali sehari, yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur. Agar terhindar dari resiko flouroris, penting untuk memberikan dosis pasta gigi yang tepat sesuai usia anak. Bagi anak berusia 0 – 3 tahun, berikanlah odol seukuran biji beras pada sikat gigi, sedangkan untuk anak yang berumur 3 – 6 tahun dapat diberikan seukuran biji jagung pada pasta giginya.

Semoga referensi ini dapat berguna untuk orang tua yang masih kebingungan dalam memilih pasta gigi untuk anak tersayang. Mari bimbing anak-anak untuk senantiasa menjaga kesehatan dan keindahan giginya ya!

(Visited 8 times, 1 visits today)
Last modified: 01/10/2020
Close