10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Update Terbaru 2020)

Untuk kamu para desainer atau penggemar kegiatan menggambar, pen tablet pasti bukanlah hal yang asing lagi di telinga. Kemudahan yang ditawarkan yaitu mampu menyimpan gambar atau sketsa secara langsung pasti sangat membantu dan mempermudah pekerjaan kamu, terutama jika langsung berhubungan dengan klient. Dengan pen tablet, kamu bisa secara langsung mengirinkan sketsamu kepada para klient tanpa perlu repot-repot memotret atau menscannya terlebih dahulu.

Namun demikian, memilih produk mana yang akan sesuai untuk memenuhi kebutuhan menggambarmu merupakan hal yang krusial untuk diperhatikan. Oleh sebab itu, ulasan berikut akan membahas dan merekomendasikan 10 pen tablet terbaik dan berkualitas di Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam memilih. Pastikan kamu memiliki salah satu diantaranya ya!

Apa itu Pen tablet?

Pen tablet atau drawing pad atau digital art board adalah suatu perangkat elektronik yang memungkinkan penggunanya menggambar atau membuat sketsa atau desain grafis pada tablet dengan perangkat pen digital layaknya menggambar pada kertas dengan pensil. Sketsa atau gambar yang dibuat dapat langsung terekam atau tersimpan secara digital dalam perangkat.

Pen Tablet Terbaik di Indonesia

Pen tablet umumnya terdiri atas tablet digital yang umumnya berukuran cukup lebar sehingga pengguna dapat secara leluasa memiliki bidang yang luas untuk menggambar. Perangkat ini juga dilengkapi stylus pen yang difungsikan untuk menggerakkan kursor yang ada pada layar tablet, yang kemudian akan nenghasilkan garis sesuai dengan arah kursor digerakkan.

Top 10 Pen tablet terbaik dan berkualitas di Indonesia

1. Wacom Mobile Studio Pro 13

Wacom Mobile Studio Pro 13 memiliki area aktif seluas 294 x 166 mm (ukuran L) dengan fungsi touch. Pen stylus pada Wacom Mobile Studio Pro 13 didesain memiliki level tekanan 8192 yang dilengkapi dengan tombol shortcut yang dapat dikostumisasi sesuai dengan selera dan kebiasaan kamu.

Wacom Mobile Studio Pro 13

Dibandrol dengan harga pada kisaran 30 hingga 35 juta rupiah, Wacom Mobile Studio Pro 13 menggunakan sisten operasi windows 10 Pro. Sama seperti laptop dengan sistem operasi windows, perangkat menggambar ini menggunakan prosesor Intel core i7. Wacom Mobile Studio Pro 13 juga dilengkapi dengan pen holder, nib removal tool, dan pen case.

Lihat produk ini di Tokopedia

2. Wacom Cintiq Pro 13 DTH-1320

Sama seperti seri Wacom sebelumnya, seri Cintiq Pro satu ini juga didesain memiliki layar aktif berukuran L 294 x 166 mm dengan berat 1,1 kg. Dujual dengan harga lebih murah, yaitu pada kisaran 13 hingga 20 juta rupiah, Wacom Cintiq Pro 13 DTH-1320 yang dilengkapi dengan fungsi touch mampu memberikan tampilan warna yang lebih tajam.

Akurasi warna Wacom Cintiq Pro 13 DTH-1320 mencapai presentase 87%. Dengan pen stylus berlevel tekanan 8192 yang dilengkapi tombol shortcut. Pen stylus pada perangkat ini juga battery free sehingga kamu tidak perlu repot-repot selalu mencharge pen sebelum menggunakan.

Lihat produk ini di Tokopedia

3. XP-PEN Artist Display 22E Pro

XP-PEN Artist Display 22E Pro didesain untuk para semi-profesional yang memiliki budget terbatas. Dijual dengan harga pada kisaran 12 hingga 15 juta rupiah, perangkat keluaran XP-Pen ini mampu menjaga mata kamu ketika harus bekerja dalam jangka waktu yabg lama berkat teknokogi reduce glare yang disematkan.

XP-PEN Artist Display 22E Pro

XP-PEN Artist Display 22E Pro memiliki area aktif seluas 47,6 x 26,8 cm dengan chargable stylus pen. Level tekanan stylus pen 8192, yang juga dilengkapi dengan tombol shortcut, sangat cocok untuk kamu yang terbiasa bekerja secara cepat. XP-PEN Artist Display 22E Pro dilengkapi dengan pen holder serta kompatibel bekerja dalam mode operasi windows 7/8/10.

Lihat produk ini di Tokopedia

4. Wacom Intuos Pro M PTH-660

Stylus pada Wacom Intuos Pro M PTH-660 memiliki fungsi tilt detection 60 levels dengan level tekanan 8192 yang menjadikannya sangat nyaman seperti bekerja di atas kertas. Pen stylus pada perangkat ini juga dilengkapi dengan tombol shortcut yang adjustable.

Wacom Intuos Pro M PTH-660

Wacom Intuos Pro M PTH-660 memiliki area aktif seluas 22,4 x 14,8 cm (ukuran M) dengan fungsi touch. Dibandrol dengan harga pada kisaran 3 hingga 6 juta rupiah, seri Wacom satu ini memiliki 8 tombol dan wheel untuk memudahkan dan mempercepat kerja.

Lihat produk ini di Shopee

5. XP-PEN Deco 03

XP-PEN Deco 03 meletakkan wheelnya pada bagian samping, yang menbuatnya sangat nyaman ketika digunakan. Meski dibandrol dengan harga murah, yaitu pada kisaran 1 hingga 3 juta rupiah saja, pen tablet satu ini tak kalah berkualitas dengan level tekanan stylus 8192 dan tambahan tombol shortcut. XP-PEN Deco 03 juga didesain dengan area aktif 10 x 5,62 inci (M) sehingga sangat praktis untuk dibawa-bawa.

XP-PEN Deco 03

Lihat produk ini di Tokopedia

6. Wacom Intuos Small CTL-4100WL

Dibandrol dengan harga cukup terjangkau, yaitu pada kisaran 1,5 hingga 3 juta rupiah, seri Wacom satu ini hadir dengan tiga varian warna yang bisa kamu pilih. Wacom Intuos Small CTL-4100WL juga sudah dilengkapi dengan bluetooth classic models (CTL-4100W).

Stylus pada Wacom Intuos Small CTL-4100WL memiliki level tekanan 4096 yang dilengkapi dengan tombol shortcut yang adjustable. Dengan layar aktif seluas 15,2 x 9,5 cm (S) dengan 4 tombol, perangkat ini dapat membantu kerja kamu secara efisien.

Lihat produk ini di Tokopedia

7. XP-PEN Deco 01

XP-PEN Deco 01 memiliki desain sangat tipis dengan layar aktif berukuran 10 x 6,25 inci (M), sangat cocok untuk mengimbangi mobilitasmu yang super tinggi. Dilengkapi dengan 8 tombol, kamu pun akan lebih mudah dan efisien saat bekerja. Stylus pada XP-PEN Deco 01 juga memiliki level tekanan 8192 dengan kelengkapan tambahan tombol shortcut.

XP-PEN Deco 01 sangat fleksibel yang mana mampu bekerja dengan sistem operasi Windows® 7/8/10, MAC OS X® 10.10 dan diatasnya, atau Android 6.0 dan diatasnya. Dengan beragam kemudahan dan teknologi yang ditawarkan, XP-Pen seri satu ini dijual dengan harga sangat terjangkau, yaitu hanya pada kisaran 800.000 hingga 1,2 juta rupiah saja.

Lihat produk ini di Tokopedia

8. Wacom One Medium CTL-672

Stylus pada Wacom One Medium CTL-672 memiliki level tekanan 2048 dengan teknologi elektromagnetik. Teknologi ini menjadikan pen mampu menghasilkan garis yang akurat. Stylus juga dilengkapi dengan tombol shortcut adjustable sehingga sangat efisien untuk digunakan.

Dengan area aktif berukuran 21,6 x 13,5 cm (M), Wacom One Medium CTL-672 sangat sesuai untuk kamu para pemula yang mengidamkan perangkat menggambar dengan harga tidak terlalu tinggi. Seri Wacom satu ini dijual dengan harga pada kisaran 1 hingga 2 juta rupiah. Sayangnya, kamu harus rela menunggu selama 1 bulan lebih melalui proses preorder di platform-platform online seperti tokopedia atau shopee.

Lihat produk ini di Tokopedia

9. HUION H640P

Berbeda dengan produk-produk sebelumnya yang dijual dengan harga diatas 1 juta, produk Huion satu ini dijual dengan harga sangat terjangkau, yaitu pada kisaran 600.000 hingga 900.000 rupiah saja. Meskipun murah, HUION H640P memiliki kemampuan yang tak kalah canggih. Desainnya yang tipis dan ringan, dengan ukuran area aktif 16 x 10 cm (S) sangat memudahkan kamu para mahasiswa untuk membawanya kemana-mana.

HUION H640P menggunakan stylus dengan level tekanan 8192 yang dilengkapi dengan tombol shortcut. Terdapat pula 6 tombol pada tablet digital yang semakin membuatnya efisien untuk bekerja. Stylus pada HUION H640P juga battery free, sehingga kamu bebas menggunakannya dimana pun dan kapan pun dalam durasi yang panjang tanpa khawatir pen akan mati.

Lihat produk ini di Tokopedia

10. HUION H430P

Lebih murah dari seri H640P, HUION H640P dibandrol dengan harga hanya pada kisaran 400.000 hingga 700.000 rupiah. Namun demikian, stylus pada HUION H640P menggunakan tenaga baterai sehingga kamu harus menchargenya sebelum menggunakan.

HUION H430P

Level tekanan stylus HUION H640P yaitu 4096 dengan kelengkapan tombol shortcut. Selain itu, terdapat pula 4 tombol shortcut pada tablet yang akan memudahkan dan mempercepat kerja kamu. HUION H640P juga memiliki area aktif yang tidak terlalu luas, yaitu hanya berukuran 12,19 x 7,62 cm saja.

Lihat produk ini di Tokopedia

Tips memilih dan mendapatkan Pen tablet terbaik

1. Sesuaikan ukuran layar dengan kebiasaan cara menggambarmu

Kesesuaian ukuran layar sangat menentukan kenyamanan dan kebebasanmu dalam membuat sketsa. Jika kamu terbiasa menggambar dengan kanvas atau kertas berukuran cukup besar, yang mana kamu biasa bertumpu pada siku dalam menggambar, maka pen tablet berukuran L akan sangat cocok. Namun demikian, jika kamu terbiasa menggambar bertumpu pada pergelangan tangan, maka ukuran M akan sesuai.

Pen Tablet Terbaik para compra

Pemilihan ukuran layar tablet yang tepat juga akan sangat membantu menghilangkan stress pada tangan saat proses menggambar. Kamu pun akan lebih betah berada di depan layar tablet seiring dengan kreatifitas yang bermunculan.

2. Sesuaikan ukuran pen dengan ukuran monitor 

Setelah ukuran layar monitor tablet digital, sesuaikan juga ukuran pen stylus yang akan kamu gunakan. Terdapat 3 ukuran utama pen stylus, yaitu S, M, dan L.

Pen stylus berukuran S umumnya akan nyaman digunakan pada tablet dengan ukuran layar 15 inci atau yang lebih kecil. Untuk ukuran layar monitor pada kisaran 16 hingga 24 inci, maka pen berukuran M akan sangat sesuai. Selebihnya, jika kamu menggunakan tablet dengan ukuran layar 25 inci atau lebih, maka pen berukuran L akan sangat cocok dan menjadikan kegiatan menggambarmu tidak melelahkan.

3. Periksa ketersediaan space untuk meletakkan pen tablet 

Memastikan adanya space khusus pada tablet untuk meyimpan pen menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Adanya space penyimpanan yang menempel pada tablet akan sangat memudahkan ketika akan memindahkan atau membawa pen tablet kemana-mana. Hal ini juga mampu meminimalisir kejadian kehilangan pen karena seringkali lupa atau teledor meletakkan pen disembarang tempat.

Pen Tablet Terbaik

4. Perhatikan level tekanan dan tingkat sensitivitas stylus 

Terdapat 3 level tekanan stylus yang sangat berpengaruh terhadap sensitivitasnya, meliputi level tekanan 2048, 4098, dan 8192. Para pemula biasa menggunakan stylus dengan level tekanan 2048 karena memiliki harga lebih terjangkau dengan performa yang sesuai. Namun demikian, level rekanan 8192 merupakan level ternyaman dengan sensitivitas tinggi, namun dengan harga yang juga tinggi.

5. Pilih pen tablet sesuai dengan ketersediaan dan fungsi-fungsi khusus yang dapat memudahkan kerja 

Jika kamu tergolong sudah professional dan mengidamkan perangkat menggambar digital untuk mengefisienkan kerja, maka pilihlah perangkat dengan kelengkapan fitur. Misalnya, fitur tombol untuk shortcut dan fitur touch pada pen tablet yang sangat praktis dan mampu mengefisienkan pekerjaan saat digunakan.

6. Perhatikan konsumsi dayanya

Untuk kamu ketahui, beberapa stylus atau pen menggunakan daya baterai untuk dapat bekerja. Ketika daya baterai pada pen habis, maka pen akan tidak dapat bekerja menghasilkan garis-garis pada layar tablet. Hal ini akan sangat mengganggu terutama jika pen tiba-tiba mati ditengah kegiatan menggambarmu.

Pen Tablet Terbaik

Pen stylus dengan tenaga baterai juga umumnya memiliki bobot lebih berat. Hal ini akan menjadikan kamu lebih cepat lelah ketika menggambar. Oleh sebab itu, saat akan membeli, jangan segan-segan untuk bertanya kepada penjualnya terkait dengan konsumsi daya pen, serta jangan segan untuk mencobanya untuk memastikan kenyamanan kamu saat menggunakan.

7. Pilih sesuai merk, pertimbangkan harganya 

Pen tablet dengan fitur yang beragam serta sensitifitas stylus tinggi selalu diimbangi dengan harga yang tinggi pula. Beberapa merk ternama juga menawarkan harga yang berbeda dan dikhususkan baik untuk para pemula atau pun yang sudah profesional.

Jika kamu adalah seorang profesional yang mementingkan performa produk berapa pun harga yang ditawarkan, maka merk Wacom akan sangat cocok untuk kamu miliki. Namun demikian, jika kamu adalah seorang pemula dengan budget yang terbatas, maka pen tablet keluaran XP-PEN atau HUION juga sesuai dan akan sangat cukup memebuhi kebutuhan menggambarmu.

5 merk Pen tablet terbaik dan berkualitas

1. Pen tablet Wacom 

Wacom Co., Ltd. telah berdiri sejak tahun 1983 di Saitama, Jepang. Wacom bergerak pada industri computer input device dan software yang telah mendunia dan memasarkan produknya di hampir seluruh negara. Beberapa pen tablet Wacom terbaik dan terpopuler yang telah banyak digunakan yaitu seri Wacom Intuos, Wacom Intuos Pro, Wacom bamboo, dan Wakom Cintiq Pro.

Pen tablet Wacom 

2. Pen tablet Adonit 

Adonit merupakan perusahaan swasta multinasional yang tergolong masih sangat baru, karena didirikanpada tahun 2010. Hingga saat ini, Adonit memiliki kantor pusat di 5 tempat, meliputi Austin, Texas, U.S., Taipei, dan Taiwan.

Pen tablet Adonit 

Adonit mengklaim produk stylusnya merupakan satu-satunya yang memiliki dual fungsi sebagai pen dan mouse. Beberapa stylus terbaik dan recommended milik adonit diantaranya Adonit Note+, Adonit Note, dan Adonit Dash 3. Stylus adonit juga kompatibel digunakan baik untuk sistem android ataupun iOS.

3. Pen tablet XP-Pen

XPPEN Technology Co. telah berdiri sejak tahun 2005 di Jepang. Produk pen tablet XP-Pen sangat mendukung para pekerja kreatif melakukan beragam kegiatan meliputi nenggambar, sketching, melukis, mendesain, mengedit foto, bahkan nenciptakan model 3D dengan bantuan berbagai aplikasi seperti Photoshop, GIMP, Krita, Paint Tool, Zbrush, dan lain sebagainya.

Pen tablet XP-Pen

Selain menawarkan pen tablet dan stylus, XP-Pen juga melengkapi koleksinya dengan aksesoris untuk memudahkan kamu bekerja. Beberapa aksesoris XP-Pen meliputi stand untuk tablet, protective case, drawing glove, serta shortcut remote.

4. Pen tablet Huion

China memang selalu berperan dan ikut andil dalam perkembangan teknologi. Untuk teknokogi pen tablet kali ini, China hadir dengan brand Huion berkualitas tinggi yang telah banyak dikenal dan digunakan oleh para desainer di seluruh dunia. Dengan produk pen tablet serta computer input devicenya, Huion hingga saat ini memiliki paten invensi dan paten desain serta utility model patents hingga lebih dari 50 paten.

Pen tablet Huion

Huion mengklasifikasikan pen tabletnya ke dalam 6 kategori utama, yang meliputi inspiroy, inspiroy ink, inspiroy dial, inspiroy touch, HS, dan Huion. Beberapa produk pen tablet terbaik Huion meliputi HUION H430P dan HUION H640P yang dibandrol dengan harga sangat terjangkau dengan kualitas bersaing.

5. Pen tablet Veikk

Veikk E-commerce Co., Ltd. merupakan perusahaan lainnya dari China yang juga memproduksi perangkat menggambar digital terbaik yang mulai populer di Indonesia. Dalam proses pengembangan produknya, Veikk memiliki 3 kunci utama, yaitu profesional, core technology, dan innovative. Hingga saat ini, terdapat 5 produk utama pen tablet Veikk, meliputi Veikk S640, A15PRO, A15, A50t, dan A30.

Pen tablet Veikk

Meskipun memiliki koleksi yang terbilang masih sedikit, Veikk mengembangkan dan memastikan produknya selalu berkualitas dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh para penggunanya.

Keunggulan Pen tablet

Lebih praktis dibandingkan dengan menggambar pada kertas atau kanvas

Ketika akan menggambar sketsa atau aminasi dengan media kertas, maka beragam peralatan menggambar perlu kamu persiapkan. Beberapa kertas, kanvas, beberapa kuas atau pensil, serta spidol dengan beragam warna harus kamu miliki dan siapkan, yang terkadang menjadi sangat merepotkan.

Dengan menggunakan pen tablet, semua peralatan tersebut sudah tersedia dalam satu layar tablet dengan satu pen stylus. Sangat praktis dan lebih efisien.

Kontras dan kecerahan media menggambar yang adjustable

Jika kamu ingin menggambar pada kertas, maka kamu harus mencari ruangan atau area yang cukup terang agar dapat melihat hasil garis gambar dengan jelas. Hal ini menjadi sangat merepotkan terutama jika kamu bukan seorang profesional yang pasti memiliki ruang tersendiri untuk menggambar.

Pen Tablet Terbaik

Penggunaan pen tablet memungkinkan kamu menggambar dimana pun dan kapan pun kamu mau tanpa takut kekurangan cahaya. Mode kontras dan kecerahan layar pada tablet digital pen tablet dapat diatur sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Adanya control Z untuk menghapus kesalahan saat menggambar

Tidak seperti menggambar pada kertas atau kanvas yang harus extra hati-hati, menggambar dengan pen tablet memungkinkan kamu menghapus kesalahan arsir atau garis yang kamu buat. Hal ini sangatlah menolong terutama bagi kamu para pemula dalam bidang menggambar dan sketching yang masih belum terlalu yakin ketika menarik garis sehingga terkadang muncul kesalahan.

Ada mode layering dan zoom in-zoom out

Pada Wacom misalnya, terutama Walcom Cintiq, terdapat fitur layering serta zoom in – zoom out yang sangat memudahkan kerja. Dengan fitur zooming, kamu dapat memberikan detail gambar secara sempurna. Beberapa fitur ini juga dapat membantu menghasilkan gambar terbaik dengan tingkat akurasi tinggi.

Pen Tablet Terbaik

Langsung terkoneksi dengan laptop

Kamu tidak perlu lagi melakukan scanning hasil gambarmu agar bisa dimasukan dan diedit di dalam komputer. Pen tablet memungkinkan kamu menyimpan langsung gambar atau sketsamu secara digital, yang bisa terhubung langsung ke laptop melalui USB atau fitur wireless.

Kelemahan Pen tablet

Hanya mampu digunakan secara maksimal untuk menggambar 

Tidak seperti yang kamu harapkan ketika memiliki perangkat digital atau gadget yang multifungsi, penggunaan pen tablet mungkin akan dirasa kurang nyaman jika digunakan untuk membuka web browser dan kegiatan lain selain menggambar. Interface dan layar pen tablet dikhususnya untuk berinteraksi dengan pen stylus, tidak seperti perangkat komputer yang dapat bekerja dengan mouse.

Pen Tablet Terbaik

Harga jauh lebih mahal 

Untuk mendapatkan pen tablet dengan kualitas baik, maka kamu harus menyiapkan uang yang tidak sedikit. Hal ini yang terkadang membuat para pemula lebih memilih untuk tetap menggunakan teknik konvensional dengan kertas dan pensil. Dibandingkan dengan mouse, pen stylus pada pen tablet memiliki harga bahkan hingga 5 sampai 7 kali lipat lebih mahal.

Tidak se-portabel telepon genggam 

Ukuran pen tablet yang relatif lebih besar dan lebar dibandingkan dengan telepon genggam membuatnya tidak lebih portable, malah terkadang lebih merepotkan untuk dibawa-bawa. Kamu perlu menyiapkan wadah tersendiri seperti tas kecil untuk menyimpannya sehingga terhindar dari panas dan air.

Pen Tablet Terbaik

Proses menggambar menjadi lebih lambat bagi sebagian orang 

Untuk para pemula, menggunakan layar dan pen digital terkadang membuat mereka masih canggung sehingga memperlambat kerja. Belum lagi jika pen stylus yang digunakan tidak terlalu sensitif, sehingga harus menekan secara lebih kuat agar garis tercipta pada layar. Oleh sebab itu, sebagian pekerja seni di bidang menggambar lebih menggemari untuk menggambar langsung pada kertas atau kanvas.

Apakah pen tablet dapat bekerja tanpa stylus?

Tidak. Pen stylus bekerja dengan memanfaatkan proses induksi yang akan menghasilkan garis pada layar tablet sesuai dengan arah gerakannya. Sensifivitas pen stylus dengan layar tablet digital pada pen tablet tidak seperti smartphone yang dapat dioperasikan hanya dengan sentuhan tangan.

Kesimpulan

Pen tablet memang merupakan perangkat yang sangat digandrungi terutama oleh para desainer yang gemar nembuat sketsa atau para pekerja seni untuk menggambar, melukis, atau membuat karakter animasi. Selain lebih praktis dan efisien, penggunaan pen tablet juga dapat lebih menghemat biaya karena tidak perlu membeli spidol atau cat warna yang mahal demi mendapatkan hasil gambar maksimal.

Untuk mendapatkan pen tablet terbaik, pastikan kamu memilih sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Beberapa pen tablet dilengkapi dengan fitur seperti tombol shortcut serta fungsi touch yang dapat mengefisienkan kerja. Jika kamu seorang profesional, pastikan kamu memilih perangkat dengan pen stylus berlevel tekanan tinggi, yaitu 8192, agar dihasilkan gambar yang presisi.

Pastikan kamu lebih produktif dengan menghasilkan gambar serta sketsa kreatif dengan pen tablet terbaik pilihamu ya!

Artikel terkait:

- Speaker portable terbaik

- Smartphone android terbaik

Leave a Comment