5 Rekomendasi Penguat Sinyal WiFi terbaik

Penguat Sinyal Wifi
5 Rekomendasi Penguat Sinyal WiFi terbaik
5 (100%) 3 votes

Anda termasuk orang yang membutuhkan internet untuk aktifitas harian anda? Maka anda mungkin harus menyimak 7 pilihan penguat sinyal wifi terbaik berikut ini

Penguat sinyal wifi, benda ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan sinyal wifi yang stabil. Kalau anda yang memenuhi kebutuhan internet dengan mengandalkan sinyal wifi dirumah maupun kantor, pastinya sangat tergantung dengan kekuatan dari sinyal wifi tersebut.

Tidak jarang anda merasa jengkel karena terkadang sulit untuk menangkap sinyal wifi. Misalnya jika berada di ruang dengan sekat pemisah banyak yang memisahkan kita dari transmitter wifi, maka kita akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan sinyal wifi. Selain itu kadang jika kita terpisah agak jauh dari pemancar wifi, maka pancaran sinyal juga akan semakin redup. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, biasanya kita menyiasati dengan menggunakan alat penguat sinyal wifi.

Penguat Sinyal Wifi Terbaik

Ada banyak merk yang mengklaim bahwa mereka menjual penguat sinyal terbaik. Namun sebenarnya bagaimana ciri dari penguat sinyal terbaik? Bentuk yang canggih, harga yang mahal belum bisa menjamin bahwa anda sudah mendapatkan penguat sinyal wifi terbaik. Artikel kali ini akan membahas tentang ragam penguat sinyal terbaik untuk anda.

Apa Penyebab sinyal Wifi Lemah?

Sebelum anda membeli perangkat, ada baiknya anda mengetahui apa penyebab dari lemahnya sinyal wifi.

Posisi Router

Untuk sebagian orang masih berpikir bahwa penempatan posisi router tidak akan menimbulkan masalah dan dampak bagi sinyal wifi. Namun perlu anda pahami, bahwa penempatan posisi router juga mempengaruhi sinyal yang anda dapatkan.

Posisi Router

Posisi router yang tinggi akan membantu penangkapan sinyal dengan baik dibandingkan dengan router yang hanya diletakkan dilantai. Dengan meletakan router ditempat tinggi memungkinkan gelombang radio untuk memancarkan lebih luas lagi sinyalnya. Hindari meletakkan router dibelakang pintu ataupun lemari. Hal ini juga dapat mempengaruhi tangkapan sinyal karena beton, cor, metal adalah material yang sangat kuat untuk menghalau gelombang wifi.

Adanya gelombang penghalang

Untuk yang satu ini kemungkinan anda tidak menyadari karena gelombang radio tidak bisa dilihat secara kasat mata. Ada banyak alat yang mengeluarkan gelombang penghalang sinyal wifi disekitar anda seperti microwave, tv, berbagai macam remote control dan masih banyak lagi.

Ya, Remote control yang dioperasikan dengan bluetooth juga turut mempengaruhi. Hal ini karena bluetooth Bluetooth juga beroperasi pada frekuensi 2.4GHz, jadi koneksi Bluetooth juga berpotensi mengganggu sinyal Wi-Fi. Bahkan, lampu LED seperti lampu natal juga dapat memancarkan gelombang elektromagnetik yang juga mengganggu sinyal Wi-Fi.

Jaringan tetangga

Tidak bisa dipungkiri bila hampir setiap rumah memiliki jaringan internet. Hal ini memungkinkan terjadinya overlap kanal atau sinyal yang tumpang tindih sehingga membuat sinyal anda terganggu. Hal ini tak terlalu masalah jika tak terlalu banyak Wi-Fi router dalam satu daerah. Namun jika Anda tinggal di kos atau apartment yang memiliki satu router setiap ruangan, ada lebih baiknya anda bersabar ya.

Jumlah Pengguna

Poin ini sepertinya sudah banyak yang mengerti ya. Anda bisa bayangkan jika satu wifi yang tadinya hanya dipakai orang 2 ataupun 3 akan memiliki kecepatan yang maksimal dibandingkan dengan satu wifi yang dipakai ‘keroyokan” untuk 10 orang sekaligus. Apalagi kalau sekian banyak pengguna memiliki kebutuhan yang berbeda seperti bermain game, nonton video streaming, hingga upload file dengan kapasitas besar. Walhasil, anda pasti akan merasakan jaringan internet yang lambat sekali.

Si pencuri sinyal

Untuk urusan yang satu ini memang bikin kesel ya. Terkadang anda bisa tidak menyadari bahwa wifi anda sedang dicuri oleh orang tak dikenal yang dengan santainya menggunakan wifi anda untuk berbagai aktifitas keperluannya. Oleh karena itu pastikan tidak ada orang yang tidak anda kenal yang ikut masuk menggunakan sinyal wifi anda.

Si pencuri sinyal

Segera ganti kode keamanan jaringan nirkabel anda menjadi WPA2 dan jangan lupa pilih pasword yang sulit untuk ditebak. Jika perlu anda bisa mengkombinasikan pasword anda dalam bentuk huruf, angka dan simbol. Tapi jangan sampai anda sendiri lupa dengan pasword ini ya, kalau anda melupakannya, anda juga tidak bisa mengakses jaringan wifi anda meskipun anda dekat dengan access point.

Hujan badai

Cuaca yang tidak menentu juga mempengaruhi penerimaan sinyal. Hal ini dikarenakan gelombang radio yang dipancarkan terhalang oleh kondisi langit. Jadi kalau misalnya hujan deras ditambah badai anda harap maklum saja kalau misalnya sinyal wifi menjadi lemah.

Hujan badai

Apa itu Penguat Sinyal Wifi ?

Jawaban dari permasalahan sulitnya menangkap sinyal wifi adalah sebuah alat yang disebut dengan nama repeater dan ada beberapa orang juga yang menyebutnya sebagai wifi extender. Alat ini berfungsi untuk menerima sinyal yang berisi data dalam suatu jaringan sehingga dengan menggunakan repeater, jangkauan jaringan atau sinyal anda akan menjadi akan lebih luas dan lebih kuat.

Repeater sendiri menerima sinyal dan kemudian memancarkan kembali sinyal yang sama dengan sinyal asal hanya saja caranya berbeda. Pada umumnya sinyal yang dipancarkan ulang akan memiliki frekuensi berbeda dengan frekuensi sinyal awal atau sinyal sumber.

Jika fungsi utamanya untuk memperluas jangkauan jaringan wifi, maka repeater ini sering juga disebut sebagai wifi extender. Namun terkadang orang juga menyebutnya sebagai wifi booster karena alat ini juga berfungsi sebagai penguat sinyal. Jadi jangan bingung bila alat ini memiliki banyak nama, namun sebenarnya sama saja.

Berdasarkan fungsinya sendiri alat penguat sinyal atau repeater ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

Jenis – jenis repeater atau penguat sinyal

Telephone repeater

Sesuai nama, jenis repeater ini digunakan khusus pada saluran telepon. Biasanya sinyal pada saluran kabel telpon akan terganggu dan mengalami sambatan karena jarak tempuh yang jauh. Untuk memperkuat jaringan telpon maka jenis penguat sinyal ini digunakan sehingga pengguna telpon akan merasakan kelancaran dalam bertelepon.

Telephone repeater

Sinyal yang dikirimkan secara dua arah pada telpon menyebabkan sistem kerja repeater pada telephone repeater ini lebih kompleks. Pada sistem ini tidak boleh terjadi interfensi antara gelombang sinyal satu dengan sinyal yang lainnya untuk menghindari adanya feedback atau gelombang gaung balik yang mungkin akan menggangu alur komunikasi. Alat ini tidak hanya bisa digunakan didaarat saja, tetapi juga dibawah laut dengan istilah submarine cable repeater.

Optical communication repeater

Alat penerima sinyal jenis ini digunakan untuk memperkuat jangkauan sinyal di dalam kabel serat optik. Pada dalaman serat kabel optik terdapat informasi digital dengan wujud light pulse yanng terbentuk dari foton dan bisa saja foton tersebut tersebar secara acak dalam kabel serat optik. Oleh karena itu untuk memperkuat jangakauan sinyal, biasanya di dalam kabel serat optik terdapat fototransistor yang diperkuat oleh amplifier. Fungsi dari fototransistor ini untuk mengubah pulsa cahaya tersebut ke bentuk sinyal elektrik.tidak berhenti sampai disitu, sinyal elektrik yang dihasilkan tadi akan kembali dirubah menjadi light pulse dengan sinyal laser.

Radio repeater

Penguat Sinyal jenis terakhir ini, berfungsi untuk memperkuat sinyal radio dan pada umumnya repeater jenis ini mempunyai satu antena yang memiliki double fungsi yaitu sebagai receiver dan transmitter. Radio repeater tipe ini bekerja dengan cara mengubah frekuensi sinyal yang diterimanya untuk kemudian dipancarkan kembali. Sinyal yang dipancarkan melalui repeater atau pengat sinyal wifi ini akan mampu menembus objek penghalang. Misalnya saja, ketika anda menghidupkan wifi, maka jika anda sudah berpindah tempat.

Penguat sinyal wifi atau wifi extender merupakan salah satu contoh dari radio repeater yang sering kita jumpai. Penguat sinyal jenis ini memiliki banyak jenis beberapa diantaranya broadcast relay station, microwave relay, passive repeater, cellular repeater, dan digipeater.

Cara kerja sebuah penguat sinyal

Penguat sinyal wifi berfungsi untuk memperluas jangkauan jaringan wifi. Dengan demikian anda bisa merasakan kelancaran dalam menggunakan wifi meskipun jaraknya tidak begitu dekat dengan router.

Cara kerja sebuah penguat sinyal

Penguat sinyal wifi atau repeater bekerja dengan dengan cara menerima sinyal data dan kemudian dipancarkan lagi. Sebelum dipancarkan kembali, sinyal yang telah diterima oleh alat penguat sinyal ini akan diperkuat terlebih dahulu. Caranya, komponen dalam penguat sinyal akan melakukan pengubahan frekuensi yang diterima sehingga sinyal data yang dipancarkan menjadi lebih kuat. Dengan demikian maka sinyal pun akan menjadi lebih kuat dan jangkauannya pun akan lebih luas.

Cara kerja Repeater

Repeater atau wifi extender mempunyai dua sistem yang umumnya digunakan unutk melakukan pemrosesan sinyal yang diterima. Sistem tersebut adalah analog repeater dan digital repeater. Pada analog repeater, sinyal data dikirimkan dalam bentuk data analog dimana konsumsi daya listrik berbanding lurus dengan amplitudo atau besarnya sinyal yang dikirimkan.

Sedangkan digital repeater mengirimkan sinyal data dalam bentuk digital. Data digital inilah yang dikirim dalam bentuk binary, yaitu data yang diwakili hanya oleh angka 1 dan 0. Selain itu digital repeater juga melakukan proses tambahan pada data sinyal yang diproses.

Fungsi Penguat sinyal wifi

Jika anda berpikir bahwa penguat sinyal wifi inia hanya untuk memperkuat maka mungkin anda harus merubah pikiran anda. Ada beberapa fungsi lain dari perangkat dengan teknologi modern ini.

Fungsi yang pertama adalah memperluas sinyal dari server

  • Fungsi yang pertama adalah memperluas sinyal dari server: Jika server anda sendiri sudah lemah, maka anda mungkin perlu mempertimbangkan pilihan untuk membeli perangkat penguat sinyal ini. Dengan demikan, server utama akan memiliki sinyal yang cukup kuat.
  • Menjangkau daerah – daerah yang lemah sinyal: Maksudnya daerah lemah sinyal disini adalah ruangan yang sebenarnya posisinya dekat dengan router hanya saja terdapat banyak penghalang seperti sekat atau tembok sehingga susah mendapatkan sinyal.
  • Mempermudah akses sinyal wifi dari server: Jika sinyal dari server sudah kuat, maka alat penguat sinyal wifi ini akan mempermudah anda mengakses sinyal
  • Mempermudah pengiriman data dan informasi
    Penangkapan sinyal yang baik pastinya akan mempermudah anda untuk mengirim data dan informasi ya
  • Meneruskan dan memperkuat sinyal: Kemampuan capaian penangkapan sinyal dari alat ini adalah sejauh 20 – 25 meter. Dengan demikian anda tidak perlu khawatir berada jauh dari akses poin ya karena dengan keberadaaan alat ini, anda akan tetap bisa terhubung dengan baik.

5 Penguat Sinyal Wifi terbaik

1. Universal 300 Mbps Penguat Sinyal Wireless-N Wi-Fi Mi-Fi

Kalau kamu ingin melengkapi lingkungan perkantoranmu dengan sinyal wifi yang kuat, maka penguat sinyal merek Universal ini bisa kamu andalkan. Adanya Universal 300 Mbps Penguat Sinyal Wireless-N Wi-Fi Mi-Fi ini dalam kantor anda akan membantu menstabilkan sinyal internet dan memperluas jangkauan wifi. Meskipun anda berada di luar access point wifi alat ini akan tetap mampu membuat anda menerima sinyal wifi.

Untuk kecepatan maksimal yang mampu dicapai oleh alat penguat sinyal wifi ini adalah 300Mbps. Sementara itu, untuk frekuensi, alat penguat sinyal Universal 300 Mbps Penguat Sinyal Wireless-N Wi-Fi Mi-Fi ini bekerja pada frekuensi 2,4 GHz. Ukurannya yang kecil membuatnya mudah untuk dibawa kemanapun dan anda juga bisa untuk menggunakannya secara pribadi. Alat penguat sinyal wifi ini juga dilengkapi dengan dual port LAN yang siap anda gunakan bila anda ingin mengubah jaringan sewaktu waktu diperlukan.

Untuk mendapatkan alat ini, cukup menyiapkan budget Rp. 279.000 saja lho.

2. TP-Link TL-WA850RE 300Mbps Universal Wireless N Range Extender

Perangkat penguat sinyal TP-Link TL-WA850RE 300Mbps Universal Wireless N Range Extender ini menjanjikan kecepatan jaringan internet anda hingga 300 Mbps 802.11n. dengan demikian alat ini cocok kalau anda yang ingii melakukan video streaming, music streamin bahkan game online sekalipun. Perangkat ini dilengkapi dengan port ethernet yang bisa mengubah perangkat kabel menjadi wireless.

TP-Link TL-WA850RE 300Mbps Universal Wireless N Range Extender

Pemasangan perangkat ini cukup mudah, hanya dengan menekan tombol WPS kemudian disusul dengan Kemudian disusul dengan menekan tombol yang ada pada TL-WA850RE. Setelahnya, memakan waktu sekitar 2 menit TL-WA850RE akan melakukan proses untuk terhubung dengan router WiFi. Bila sukses, lampu indikator akan berhenti berkedip mengartikan TL-WA850RE telah terhubung pada router WiFi. Selanjutnya anda tinggal meletakkannya pada lokasi yang diinginkan untuk menjangkau area yang sebelumnya tidak tersentuh sinyal WiFi.

Alat penguat sinyal ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp. 249.000,- saja lho.

3. WR01 Mini Portable

Produk penguat sinyal wifi ini menjanjikan kecepatan data hingga 300 Mbps. Dengan demikian, penguat sinyal cocok untuk kepentingan hiburan seperti memutar video streaming ataupun streaming siaran televisi. Cukup dengan mencolokkan penguat sinyal wifi ini kedalam stop kontak dan menekan tombolnya, maka secara otomatis alat ini bisa langsung bekerja. Letakkan alat ini ditengah ruangan sehingga bisa memperluas jangkauan.

WR01 Mini Portable

Untuk area rumah dan kantor kecil, alat ini cocok dan patut anda pertimbangkan. Penguat sinyal WR01 Mini Portable ini biasa digunakan pada jaringan WLAN 802.11n (draft 2.0) untuk akses nirkabel. Namun sayangnya alat ini tidak memiliki port LAN sehingga jika dawai anda tidak memiliki wifi maka tidak akan bisa tersambung dengan alat ini.

Alat penguat sinyal WR01 Mini Portable ini dijual dengan harga Rp. 180.000,-

4. Wavlink AC 1200 Router Nirkabel Wifi

Untuk penguat sinyal keluaran Wavlink ini cocok digunakan untuk tempat-tempat yang luas, seperti ruang terbuka hijau atau fasilitas umum yang menyediakan Wi-Fi. Bila anda berencana untuk membuka usaha resto atau tempat nongkrong dengan nuansa outdoor bisa juga memilih penguat sinyal merek ini.

Wavlink AC 1200 Router Nirkabel Wifi

Kelebihan dari alat ini adalah anda tidak perlu repot menginstal dengan metode khusus karena alat ini akan secara otomatis tersambung dengan router induk. Cukup dengan menekan tombol power maka alat ini langsung dapt digunakan. Alat ini dilengkapi dengan lampu indikator dan juga port LAN. Lampu indikator sendiri berfungsi untuk memberitahukan jika sinyal lemah ataupun ada masalah. Sedagkan port LAN sendiri akan memudahkan untuk menyambung dengan komputer ataupun televisi.

Untuk alat secanggih ini anda haraus menyiapkan budget sebanyak Rp. 413.000

5.TP-LINK TL-WA860RE

Jika ingin aktifitas berinternet anda lancar tanpa ganguan jaringan, maka penguat sinyal wifi dari TP-LINK TL-WA860RE cocok untuk membantu anda meningkatkan kekuatan sinyal dan memperluas jangkauan. Perangkat ini dilengkapi dengan port LAN dan juga wifi sehingga jangan khawatir jika anda tidak mempunyai sinyal wifi pada perangkat anda, anda masih bisa menyambungkannya dnegan kabel.

TP-LINK TL-WA860RE

Alat penguat sinyal wifi ini juga tidak hanya cocok untuk rumahan ataupun kantor kecil, tapi juga usaha game online dan kafe. Jadi, alat ini bisa digunakan dimanapun ya tanpa membatasi jenis ruang. Desainnya yang unik menjadi kelebihan sendiri bagi produk ini. Anda dapat menemukan fitur stop kontak pada perngakat penguat sinyal ini sehingga anda bisa tetap menghubungkan perangkat elektronik lainnya dengan listrik.

Alat ini dibandrol dengan harga Rp. 495.000

Cara memilih penguat sinyal wifi

Memang menyebalkan sekali jika jaringan internet yang anda miliki tersendat sendat hanya karena jangkauan wifi yang terhalang oleh berbagai obyek. Tidak hanya obyek, kadang sinyal wifi pun bisa terganggu karena adanya cuaca yang sulit ditebak.

Cara memilih penguat sinyal wifi

Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memasangkan penguat sinyal wifi atau wifi externder atau wifi repeater. Jika anda adalah orang yang tidak mengetahui bagaiamana memilihi penguat sinyal yang bagus, maka kami akan memberikan tips memilih penguat sinyal yang baik

Kenali standar kecepatan komunikasi router induk

Pada umumnya kecepatan standar pada wifi adalah 433 sampai 867 Mbps. Namun demikian ada juga yang berani mengklaim bahwa kecepatan komunikasi lebih tinggi. Untuk beberapa produk dan kondisi tertentu memang kecepatan sebuah internet bisa melebihi 1000 Mbps pada 5 Ghz dalam model high speed.

Asyik pastinya dengan kecepatan seperti itu karena anda tidak perlu mengalami buffering saat akan menonton video streaming atau pun membuka website. Kecepatan ini cocok untuk anda yang dalam bekerja membutuhkan internet dengan kecepatan tinggi. Dengan mengetahui standar kecepatan router induk, anda bisa mengetahui berapa kecepatan yang ingin anda tingkatkan ketika anda memasang penguat sinyal.

Sesuaikan frekuensi penguat sinyal wifi dengan router induk

Penguat sinyal wifi bekerja dengan frekuensi 2,4 GHz dan frekuensi 5GHz. Dengan demikian anda harus memperhatikan frekuensi sinyal yang terdapat pada router induk. Memang ada penguat sinyal wifi yang mampu menyesuaikan dengan kedua frekuensi tersebut, namun ada pula yang hanya bisa bekerja dengan salah satu frekuensi saja.

Sesuaikan frekuensi penguat sinyal wifi dengan router induk

Untuk penguat sinyal dengan kekuatan 2.4 GHz bisa digunakan untuk ruangan yang memiliki banyak sekat atau tembok. Penguat sinyal di frekuensi ini juga tetap handal dipakai dalam cuaca yang buruk, hujan badai misalnya. Namun sayangnya penguat sinyal di frekuensi ini seringkali terganggu dengan sinyal lain yang memiliki frekuensi serupa misalnya saja remot tv, remote kontrol mainan, remote alaram mobil dan masih banyak lagi. Jadi kalau kamu yang dikantoran, mungkin lebih cocok menggunakan frekuensi ini ya.

Untuk penguat sinyal dengan frekuensi 5GHz jangkauannya lebih sempit. Namun demikian, penguat sinyal dengan frekuensi 5 GHz tidak banyak terganggu dengan frekuensi atau gelombang lain sehingga kalau kamu ingin nonton video streaming ataupun main game online, penguat sinyal dengan frekuensi ini cocok untuk anda ya.

Oleh karena itu pastikan frekuensi router induk anda baru kemudian anda bisa memutuskan membeli. Jangan sampai salah membeli ya, karena jika salah membeli penguat sinyal wifi tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Pertimbangkan tempat pemasangan router wifi

Dilihat dari penggunaan kabel, ada dua jenis penguat sinyal yang sering digunakan. Yang pertama adalah penguat sinyal tanpa menggunakan kabel (wireless) dan yang kedua adalah penguat sinyal yang menggunakan kabel penghubung yang dipasang antara router dan dawai pengguna.

Karena penguaat sinyal tidak menyimpan energi maka alat satu ini harus selalu dicolokkan pada stop kontak baru kemudian dihubungkan ke perangkat anda. Penguat sinyal yang tidak berada di dekat router bisa dipasang di mana saja asal terdapat stop kontak.

Cek Port LAN pada router

Jika perangkat yang anda gunakan tidak memiliki fasilitas wifi, maka pastikan bahwa perangkat anda memiliki port LAN untuk menghubungkan router dengan perangkat gawai anda dan juga dengan penguat sinyal. Port LAN berfungsi sebagai cadangan jika fitur wifi pada perangkat kerja anda mengalami kerusakan dan tidak dapat digunakan.

Cek Port LAN pada router

Cek Pengaturan Router

Langkah selanjutnya adalah mengecek router wifi apakah bisa dipasang penguat sinyal atau perlukah pengaturan tertentu untuk bisa menambahkan penguat sinyal wifi pada router anda. Beberapa jenis router memang memiliki pengaturan manual untuk bisa memasang penguat sinyal, namun ada juga jenis yang tidak perlu disetel khusus sehingga anda tidak perlu lagi repot – repot memasang.

Sesuaikan Penguat sinyal wifi anda dengan router induk

Ketika anda hendak membeli penguat sinyal maka anda harus menyesuaikan dengan router milik anda. Tidak perlu merk yang sama selama penguat sinyal tersebut kompatibel dengan perangkat router anda, maka anda bisa membelinya. Jika memang memungkinkan belilah yang memiliki merk sama dengan router anda karena dengan demikian anda tidak perlu lagi repot menyesuaikan. Jika memang tidak ada, anda bisa menemukan berbagai macam merk penguat sinyal lainnya yang ada dipasaran.

Penguat Sinyal Wifi

Kesimpulan

Masing masing merek memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun harga yang mahal juga bukan merupakan jaminan bahwa alat yang anda beli memiliki kualitas yang baik. Jangan lupa untuk selalu memperhtikan spesifikasi dan harga dalam membeli perangkat penguat sinyal wifi.

Demikian artikel penguat sinyal ini, semoga bisa menjadi referensi dalam memilih perangkat penguat sinyal wifi terbaik bagi anda.

You May Also Like

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *