10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik 2020

Bukan hanya anak-anak, pensil warna ternyata juga menjadi satu pilihan untuk dikoleksi orang-orang dewasa, terutama bagi mereka yang gemar menggambar. Bukan hanya sebagai koleksi, pensil warna juga telah menjadi kebutuhan utama para penggiat dan pekerja seni melukis serta para ilustrator.

Kualitas pensil warna yang baik akan berpengaruh terhadap hasil lukisan. Teknik pewarnaan diimbangi dengan kualitas pewarna yang baik akan memberikan efek gambar seperti nyata. Bukan hanya bagian intinya yang harus berkualitas, bagian pegangan pensil warna juga harus didesain sedemikian rupa sehingga nyaman untuk digenggam dan digunakan menggambar dalam waktu yang lama.

Bagi anda yang tengah mencari rekomendasi pensil warna berkualitas baik, maka kami sarankan untuk membaca ulasan berikut hingga baris terakhir. Beragam jenis pensil warna terbaik dari brand-brand ternama akan diulas sehingga anda memiliki referensi untuk memilih. Jangan lewatkan pula ulasan mengenai tips-tips menggunakan serta menyimpannya agar bisa terus awet dan tidak mudah rusak.

Daftar isi

Apa itu Pensil Warna?

Pensil warna adalah suatu alat tulis seperti pensil yang bagian dalam atau intinya dicampur dengan bahan pigmen dan diselubungi oleh bahan kayu sebagai pegangannya. Selain bahan pigmen, bagian inti pensil warna umumnya berbasis air atau minyak yang dicampur dengan bahan aditif serta campuran bahan pengikat agar pigmen dapat menempel sempurna.

Tips memilih dan mendapatkan Pensil Warna terbaik

1. Pilih sesuai kebutuhan dan tujuan penggunaan

Sebelum membeli, alangkah lebih baiknya untuk menentukan terlebih dahulu tujuan pembelian serta tujuan penggunaannya. Dengan mengetahui tujuan penggunaan, anda akan lebih mudah menentukan pensil warna jenis apa yang akan sesuai untuk anda miliki.

Pensil Warna Terbaik di Indonesia

Misalnya, jika anda seorang pembuat sketsa dan gemar menggambar dengan teknik arsir, maka pemilihan pensil warna tipe klasik akan sangat cocok. Namun demikian, jika anda seorang ilustrator komik atau gemar menggambar dengan metode blocking dan degradasi warna, maka pensil warna berbasis air atau minyak akan menjadikan karya anda semakin terlihat indah. Basis minyak atau pun air, keduanya mampu memberikan efek tersendiri ke gambar sehingga terlihat lebih nyata.

2. Pilih berdasarkan jenisnya 

Berhubungan dengan kesesuaian tujuan penggunaan, pemilihan pensil warna akan berkaitan langsung dengan jenisnya. Terdapat dua jenis utama pensil warna yang telah banyak dikenal dan digunakan, yaitu pensil warna berbasis air dan berbasis minyak. Anda dapat memilih keduanya sesuai dengan hasil gambar yang ingin anda dapatkan.

Bukan hanya terbatas pada dua jenis tersebut, pensil warna juga memiliki ragam jenis lainnya yang dapat disesuaikan dengan media yang anda gunakan untuk menggambar. Ulasan lengkap mengenai jenis-jenis pensil warna akan dibahas dalam sub-bab dibawah. Pastikan anda membacanya dengan seksama ya…

3. Pertimbangkan jumlah warna yang ditawarkan 

Satu pack pensil warna umumnya terdiri atas beragam kombinasi serta jumlah pensil, mulai dari 12, 24, 36, 64, bahkan hingga 120 set warna. Bagi anda para pekerja yang kerap memadu-padankan beragam warna, maka akan semakin baik jika anda memiliki set warna yang beragam. Namun demikian, jika hanya untuk membuat sketsa dengan variasi warna terbatas, maka pensil warna berisi 12 atau 24 buah saja sudah dirasa cukup.

Pensil Warna Terbaik

Anda juga dapat membeli pensil warna yang dijual satuan sehingga lebih efisien untuk melengkapi kekurangan warna dalam set yang telah anda miliki. Dengan begitu, anda dapat lebih menghemat budget.

4. Perhatikan tingkat kelunakan intinya 

Menggambar dengan teknik arsir akan sangat cocok jika menggunakan pensil warna dengan inti bertekstur keras, sehingga garis yang tercipta tidak terlalu tebal. Pensil warna dengan inti bertekstur keras juga biasa digunakan untuk anak-anak yang baru belajar menggambar karena harganya yang cenderung lebih murah.

Jika ingin mewarnai dengan teknik blocking atau membuat degradasi pada bidang yang luas, pensil warna berinti lunak akan lebih sesuai dan efektif untuk digunakan. Pigmen warna pada inti bertekstur lunak juga umumnya lebih kuat. Hasil pewarnaan pun menjadi lebih halus.

5. Pertimbangkan kelebihan lainnya 

Saat membeli, pastikan anda membertimbangkan adanya fitur tambahan yang ditawarkan. Sebagai contoh, terdapat pensil warna yang memiliki grip berbentuk segitiga sehingga mampu mengikuti bentuk lekukan tangan. Dengan desain ini, kenyamanan ketika menggunakan pun didapatkan dan terjaga meski harus mewarnai dalam waktu yang lama.

Pensil Warna Terbaik

Beberapa brand juga melengkapi produknya dengan packaging yang praktis untuk memudahkan mobilisasi. Pastikan pensil warna pilihan anda memiliki salah satu diantara kelebihan tersebut ya…

6. Sesuaikan dengan budget  

Semakin baik kualitas produk selalu sebanding dengan harga yang ditawarkan. Merk atau brand popular dan telah terpercaya juga umumnya menjual koleksi produknya dengan harga yang lebih tinggi.

Untuk anda yang mengedepankan kualitas dan tidak terbatas oleh budget, maka produk dengan kualitas terbaik seperti pensil warna milik Faber-Castell bisa menjadi salah satu pilihan. Namun demikian, untuk digunakan oleh anak yang baru belajar menggambar, akan lebih baik jika anda membelikannya pensil warna dengan harga yang terjangkau dan tidak terlalu mahal.

Top 10 Pensil Warna terbaik dan berkualitas di Indonesia

1. Faber-Castell Watercolour Pencil Albrecht Dürer Wooden Case of 120 

Albrecht Dürer Wooden Case merupakan set pensil warna kelas premium yang dikeluarkan oleh Faber-Castell. Produk ini diciptakan untuk memenuhi kepuasan para seniman handal untuk menjadikan karya lukisnya lebih terlihat indah dan nyata. Dengan 120 pilihan warna, seniman pun dapat berkreasi sebebasnya.

Albrecht Dürer Wooden Case memiliki harga cukup tinggi karena kelas premiumnya. Pensil warna berjenis cat air ini dibandrol dengan harga pada kisaran 6,9 hingga 7 juta rupiah. Inti pada tiap pensil warnanya pun sangat lunak sehingga sangat nyaman untuk digunakan membuat degradasi warna.

Faber-Castell Watercolour Pencil Albrecht Dürer Wooden Case of 120 

Faber-Castell juga melengkapi produknya satu ini dengan kotak kayu yang semakin membuatnya elegan. Lebih lagi, kotak kayu yang sangat kuat ini mampi melindungi pensil warna dari lingkungan udara di luar, yang mungkin akan menurunkan kualitasnya.

(https://m.tokopedia.com/faber-castell/faber-castell-albrecht-durer-120-wooden-case-new?)

2. Faber-Castell Classic Colour Pencils 36 

Jika 120 set warna dirasa terlalu banyak, maka produk satu ini mungkin bisa menjadi salah satu alternatif. Faber-Castell mengeluarkan seri pensil warna bertajuk Faber-Castell Classic Colour dengan 36 set warna. Untuk produk kali ini, Faber-Castell menggunakan sistem SV bonding yang menjadikan bagian intinya tidak mudah patah.

Faber-Castell Classic Colour Pencils 36 

Dalam 36 set warna, Faber-Castell melengkapinya dengan warna perak dan emas yang semakin memperkaya referensi atau pilihan warnanya. Produk satu ini juga didesain berbasis minyak sehingga mampu memberikan hasil gambar lebih halus. Tidak perlu harus seorang professional, anak-anak pun akan bisa menghasilkan gambar yang indah dan terlihat nyata.

Satu pack Faber-Castell Classic Colour dijual dengan harga pada kisaran 75.000 hingga 90.000 rupiah. Harga yang terbilang terjangkau untuk produk yang berkualitas.

(https://m.tokopedia.com/els1341/faber-castell-classic-colour-pencils-36-colours?)

3. Staedtler LUNA Coloured Pencil 136 C36

Produk selanjutnya hadir dari Staedtler bertajuk Staedtler LUNA Coloured Pencil. Salah satu kelebihan produk satu ini adalah bentuknya yang didesain secara ergonomis sehingga sangat nyaman untuk digenggam. Desain ini akan menjadikan tangan anda tidak mudah lelah meski telah menggunakannya dalam waktu yang lama.

Staedtler LUNA Coloured Pencil merupakan pensil warna berbasis minyak. Jika anda membeli satu pack, maka anda akan mendapatkan 36 set warna beserta satu rautan yang juga sangat nyaman untuk digunakan. Harganya pun cukup terjangkau, pada kisaran 99.000 hingga 110.000 rupiah saja.

Staedtler LUNA Coloured Pencil 136 C36

Produk asal Jerman ini memiliki inti yang lunak sehingga cocok digunakan untuk memblocking gambar dengan warna yang tebal. Selain itu, sifatnya yang bebas racun menjadikannya sangat aman untuk digunakan oleh anak-anak. Para orang tua pun tidak perlu lagi cemas ketika anaknya sedang asyik menggambar.

(https://shopee.co.id/Staedtler-LUNA-Coloured-Pencil-136-C36-i.29987432.1663404192)

4. Prismacolor Premier Col-Erase® Colored Pencils

Anak anda masih dalam fase pemula? Sering mendapati kesalahan saat mewarnai gambarnya? Produk keluaran Prismacolor satu ini mungkin akan sangat sesuai untuk anak anda.

Didesain mudah dihapus, Prismacolor Premier Col-Erase® menjadi salah satu pilihan favorit para orangtua. Sejumlah 24 pensil warna dilengkapi dengan penghapus di ujung-ujung pensil sehingga anak bisa mengkoreksi hasil mewarnainya kapan saja ia mau. Selain untuk anak, menggunakan produk yang mudah dihapus juga akan sangat bermanfaat untuk anda para illustrator pemula sehingga dapat mengkoreksi ketika terjadi kesalahan.

Prismacolor Premier Col-Erase® Colored Pencils

Prismacolor Premier Col-Erase® merupakan pensil warna berbasis minyak dengan tingkat kelunakan inti medium. Anda pun bisa mendapatkannya dengan merogoh kocek sejumlah 450.000 hingga 500.000 rupiah.

(https://m.tokopedia.com/fashion-ku/prismacolor-col-erase-colored-pencil-24-colors?whid=0)

5. F.I.L.A Lyra Graduate Aquarell

F.I.L.A Lyra Graduate Aquarell didesain menggunakan bahan cedarwood bersertifikasi PEFC sebagai pembalut intinya. Bahan kayu ini menjadikannya sangat mudah ketika diraut. Proses menggambar pun menjadi lebih efisien.

F.I.L.A Lyra Graduate Aquarell

Satu pack F.I.L.A Lyra Graduate Aquarell berisi 36 buah pensil warna berbasis air. F.I.L.A juga melengkapinya dengan satu buah kuas untuk menambahkan air pada hasil pewarnaan sehingga hasilnya lebih terlihat nyata dan indah. Anda pun tidak perlu membeli kuas secara terpisah lagi.

(https://m.tokopedia.com/studenart/lyra-graduate-aquarell-36-col-reff-2881360?)

6. Derwent Watercolour Pencils 36 Tin

Derwent Watercolour Pencils bisa digunakan pada kondisi kering atau pun basah, Pensil warna berbasis air ini memiliki inti bertekstur lunak sehingga mudah dibaurkan dengan warna-warna lainnya dan membentuk degradasi warna yang indah. Setelah selesai mewarnai dengan pensil warna, anda pun bebas memilih untuk menambahkan lapisan air di atasnya.

Derwent Watercolour Pencils 36 Tin

Meski ditambahkan air atau tidak, kualitas gambar yang dihasilkan oleh Derwent akan sama indahnya. Satu packnya pun berisi 36 set warna menarik yang semakin bisa meningkatkan kreatifitas anak anda dalam menggambar dan mewarnai. Untuk harga, Derwent Watercolour Pencils cukup terjangkau yaitu pada kisaran 650.000 hingga 700.000 rupiah.

(https://shopee.co.id/Derwent-Watercolour-Pencils-36-Tin-i.55081685.2094033296)

7. Maped Color’Peps Smart Box

Berbeda dengan produk pensil warna lainnya yang hanya ditata secara sejajar agar mudah terlihat, Maped Color’Peps Smart Box berinovasi dengan menambahkan sistem khusus pada wadahnya, yang memungkinkan pensil warna lebih mudah diambil. Tutupnya pun bisa diputar hingga 360 derajat. Dengan begitu, anda pun bisa lebih menghemat tempat ketika menyimpannya.

Maped Color’Peps Smart Box

Maped Color’Peps Smart Box dijual dengan harga pada kisaran 80.000 hingga 90.000 rupiah, yang berisi 48 set pensil warna berbasis minyak. Smart Boxnya yang dilengkapi dengan handle akan sangat membantu untuk dibawa oleh anak anda mengikuti lomba mewarnai di sekolah.

(https://shopee.co.id/Maped-Pensil-Warna-Color-Peps-48-warna-kemasan-Metal-Box-i.36236486.578011414)

8. Greebel Bi-Colour – 18 Colours

Inovasi lainnya juga hadir dari Greebel bertajuk Greebel Bi-Colour. Dalam produknya satu ini, Greebel berhasil menciptakan produk dua buah warna dalam satu batang pensil warna sehingga lebih efektif dan praktis. Satu wadah Greebel Bi-Colour berisi 18 buah pensil warna minyak, dengan total 36 pilihan warna menarik.

Greebel Bi-Colour – 18 Colours

Kemasannya yang ramping dan praktis sangat cocok bagi anda yang tidak ingin kondisi ruang bermain anak terlalu berantakan dengan pensil warna yang berceceran. Harganya pun tergolong murah, pada kisaran 60.000 hingga 80.000 rupiah saja.

(https://shopee.co.id/ATK0233GB-7218-Bi-colour-18-Pensil-dapat-36-Warna-Greebel-Pencil-Lukis-Gambar-i.7662867.80355551)

9. Deli EC00600 Color Kids Jumbo Colored Pencil 12C

Deli EC00600 menggunakan kayu basswood jumbo yang empuk dan mudah diraut. Bahan kayu ini dibentuk segitiga membalut inti pensil sehingga sangat nyaman digenggam si kecil. Ukuran diameternya pun relatif lebih lebar dibandingkan dengan pensil warna lainnya.

Deli EC00600 Color Kids Jumbo Colored Pencil 12C

Satu pack Deli EC00600 berisi 12 buah pensil warna berbasis minyak. Anda pun bisa membelikannya sebagai kado ulang tahun anak hanya dengan harga 100.000 hingga 120.000 rupiah.

(https://shopee.co.id/%E2%9C%A4-DELI-Color-Kids-Jumbo-Colored-Pencil-12C-EC00600-Pensil-warna-anak-%E2%9C%BC-i.180418251.5237005484)

10. Joyko Color Pencil CP-12RT CP-12RT

Joyko Color Pencil CP-12RT CP-12RT hadir dengan packaging kaleng berbentuk tabung yang sangat ringkas dan praktis. Kaleng ini dapat digunakan untuk menyimpan seluruh pensil warna dengan sangat rapi serta mudah dimasukkan ke dalam tas sekolah anak. Dengan pensil warna berjumlah 12 buah, anak pun tidak akan terlalu berat ketika harus membawa perlengkapan menggambarnya ke sekolah.

Joyko Color Pencil CP-12RT CP-12RT

Joyko Color Pencil CP-12RT CP-12RT merupakan pensil warna berbasis minyak yang dibandrol dengan harga pada kisaran 17.000 hingga 22.000 rupiah. Produk yang sangat terjangkau dan ekonomis.

(https://shopee.co.id/Color-Pencil-Pensil-Warna-Joyko-CP-12RT-12-Warna-i.64925304.1098801768)

Ada berapa jenis pensil warna?

Secara umum, terdapat 4 jenis pensil warna yang dibedakan berdasarkan cara dan tujuan penggunaan serta hasil kualitas gambar yang ingin dicapai. Keempat jenis tersebut meliputi pensil warna klasik, pensil warna berbasis air, pensil warna berbasis minyak, serta pensil warna pastel. Berikut ulasan lengkapnya.

Pensil warna klasik 

Jenis pertama dan merupakan jenis konvensional yaitu pensil warna klasik. Jenis ini memiliki ciri-ciri bagian inti yang keras dan kompak. Tekstur yang keras layaknya pensil biasa ini sangat cocok saat digunakan untuk membuat gambar arsir atau sketsa.

Pensil Warna Terbaik

Untuk cara penggunaan, pensil klasik biasa digunakan begitu saja tanpa perlu ditambahkan dengan lapisan air atau pun minyak. Harganya pun relatif lebih murah sehingga bisa anda jadikan sebagai kado ulang tahun anak yang baru mulai gemar menggambar dan mewarnai.

Pensil warna air  

Jika anak telah beranjak besar dan ingin lebih mengembangkan bakat menggambarnya, maka pensil warna berbasis air bisa menjadi salah satu pilihan. Berbeda dengan jenis klasik, pensil warna berbasis air ini perlu diberikan lapisan air setelah proses pewarnaan selesai dilakukan.

Pelapisan air pada gambar yang telah diwarnai dilakukan dengan menggunakan kuas khusus. Oleh sebab itu, tak jarang, pensil warna berbasis air selalu dilengkapi dengan satu kuas dalam kotaknya saat membeli. Gambar yang dihasilkan pun bisa menjadi lebih jelas dan lebih hidup setelah diolesi atau dilapisi air.

Pensil warna minyak 

Pensil warna minyak memiliki inti bertektur sangat lunak, lebih lunak dibandingkan dengan yang berbasis air. Selain mengandung pigmen, pensil warna berbasis minyak umumnya mengandung lilin yang memberikan efek gambar yang lebih indah. Pembuatan degradasi warna pun akan sangat sesuai dan menjadi lebih nyata serta tahan lama karena sifatnya yang tahan air.

Pensil Warna Terbaik

Pensil warna pastel 

Jenis satu ini cukup jarang digunakan namun memiliki keunggulan tersendiri. Pensil warna pastel dibuat dari bahan pastel namun dibuat memiliki berbentuk layaknya pensil. Jenis satu ini biasa dikhususkan untuk memberikan detail khusus pada gambar, yang tidak bisa secara maksimal dilakukan ketika menggunakan pensil warna jenis lainnya.

Kelebihan menggambar dengan Pensil Warna

Cocok digunakan mulai dari pemula hingga pekerja profesional

Menggambar merupakan kegiatan yang mengasyikan terutama bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk berimajinasi dan bereksplorasi secara luas. Tidak seperti cat warna yang biasa digunakan oleh para pelukis handal, pensil warna bisa digunakan bahkan mulai dari pemula untuk melatih kemampuannya memadu-padankan warna.

Pensil Warna Terbaik

Beberapa bisa dihapus sehingga tidak perlu membuat ulang ketika terjadi kesalahan

Nampaknya penggunaan pensil warna memang sangat menguntungkan para pemula yang sedang gemar melatih kemampuan mennggambarnya. Hal ini terbukti dari beragamnya kelebihan yang ditawarkan, termasuk kemungkinan untuk menghapus kembali ketika terjadi kesalahan.

Layaknya menggunakan pensil, beberapa produk pensil warna juga bisa dengan mudah dihapus ketika terjadi kesalahan dalam menggambar. Dengan begitu, anda pun bisa mengkoreksi atau memodifikasinya kembali sesuai dengan yang anda inginkan.

Cocok untuk membuat gambar arsir

Penggunaan pensil warna sangat digemari oleh para pembuat sketsa serta para desainer. Hal ini dikarenakan beberapa produk memiliki bagian inti bertesktur keras, sehingga cocok digunakan untuk membuat garis dan menggambar dengan teknik arsir. Sketsa atau desain baju atau gaun pun menjadi lebih indah ketika dibuat menggunakan pensil warna.

Media menggambar menggunakan kertas, sangat mudah didapat dan praktis

Dari segi media, penggunaan pensil warna untuk menggambar dirasa lebih ekonomis dan praktis karena hanya membutuhkan kertas. Tidak seperti kanvas atau media lainnya, kertas sangat mudah didapatkan dan lebih fleksibel untuk dibawa. Untuk kelas professional, anda bisa menggunakan kertas berukuran lebar dan tebal sehingga detail gambar bisa lebih terlihat jelas.

Pensil Warna Terbaik

Namum demikian, tekstur kertas memang lebih rapuh dan mudah rusak terutama jika terkena air. Oleh karena itu, setelah gambar selesai, pastikan anda menyimpannya dengan baik agar gambar tetap awet dan tidak rusak.

Tidak menempel di tangan

Salah satu keuntungan yang terlihat sangat jelas adalah bahwa penggunaan pensil warna untuk mewarnai gambar tidak akan memberikan efek kotor dan kececeran. Tidak seperti krayon, pigmen pada pensil warna dapat menempel secara sempurna pada kertas. Hal ini menjadikan pigmen tidak menempel pada tangan sehingga bidang atau area gambar cenderung lebih bersih.

Tips menggunakan dan menyimpan Pensil Warna

Raut pensil jika kurang runcing 

Sebelum menggunakan, pastikan ujung pensil warna sudah runcing. Pensil warna yang tumpul akan menjadikan hasil gambar kurang sesuai dengan yang diinginkan, terutama ketika membuat gambar arsir. Sebaliknya, bagian inti yang runcing dapat meningkatkan kenyamanan saat menggunakan serta memberikan hasil gambar lebih apik.

Pensil Warna Terbaik

Jika ingin lebih praktis lagi dan tidak kerepotan saat akan menggambar, anda dapat mensiasati dengan merautnya saat selesai menggunakan. Hal ini akan memudahkan anda ketika akan menggunakannya kembali. Namun demikian, rautlah ujung pensil secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan agar pensil warna anda tidak mudah habis.

Pastikan rautan yang digunakan tajam

Meraut dengan rautan atau pisau yang tumpul akan sangat merepotkan. Selain itu, hasil rautan pun menjadi tidak rapi dan tidak benar-benar runcing. Akibatnya, pensil warna menjadi tidak nyaman ketika digunakan dan tidak indah dipandang mata.

Pastikan media menggambar sesuai 

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, menggambar dengan pensil warna umumnya menggunakan kertas sebagai media. Jika anda ingin melukis pada kanvas, maka pilihlah pewarna atau cat yang sesuai dan didesain untuk menggambar pada kanvas. Kesalahan pemilihan media akan berpengaruh terhadap hasil gambar yang pastinya akan kurang maksimal.

Pensil Warna Terbaik

Simpan kembali dalam wadahnya setelah selesai menggunakan, jangan biarkan kececeran

Ajarkanlah kepada anak anda untuk terbiasa membereskan dan mengembalikan mainan serta peralatan belajarnya kembali di tempat semula saat selesai menggunakan. Selain lebih awet, hal ini juga sangat berguna dan bisa menghindarkan anak dari kehilangan barang-barang kesayangannya.

Saat membeli, pensil warna biasa telah dilengkapi dengan wadah khusus untuk menampung seluruh set pensil warna menjadi satu. Pastikan seluruh set telah masuk kembali ke dalam wadahnya sebelum menyimpan ya moms!

Tutup bagian ujung tiap pensil warna jika memungkinkan

Agar bagian inti yang runcing tidak mudah patah, anda bisa melakukan antisipasi dengan cara menutup bagian ujung tiap pensil warna dengan penutup khusus. Anda bisa menggunakan penutup bolpoin yang sudah tidak terpakai.

Kesimpulan

Pensil warna yang baik mampu menjadikan hasil gambar sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu, dalam proses pemilihannya pun tidak bisa secara sembarang. Terdapat beberapa faktor yang harus dipertimbangkan ketika akan membeli.

Salah satu faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah kesesuaian dengan kualitas hasil gambar yang diharapkan. Tingkat kelunakan inti pensil warna, jumlah set warna, serta harga yang ditawarkan pun juga harus dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Pemilihan pensil warna terbaik mampu meningkatkan kualitas serta menambahkan efek tertentu pada gambar ketika digunakan secara tepat.

Pastikan gambar yang anda buat menjadi jauh lebih indah serta lebih hidup ya! Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

- Serum Pemutih Wajah Terbaik

- Sabun Cuci Muka Pria Terbaik

Leave a Comment