Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir

8 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir

Written by 10:58 am Ibu & Bayi

Memilih popok yang sesuai untuk bayi memang sangatlah rumit. Dibutuhkan kecermatan yang tinggi, teutama jika anda adalah ibu yang baru saja melahirkan dan harus mencari popok yang sesuai untuk bayi anda yang baru berusia dibawah 6 bulan.

Bayi baru lahir umumnya memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi, dimana kulit mudah memerah dan iritasi ketika bersentuhan dengan benda berpermukaan atau berbahan kasar dan tidak bersih. Demi bisa mendapatkan popok terbaik untuk bayi baru lahir, anda ibu cerdas harus mau dan selalu membaca review dan ulasan serta berdiskusi dengan ibu cerdas lainnya untuk mendapatkan referensi.

Berikut akan kami ulas beberapa rekomendasi popok terbaik untuk bayi baru lahir serta tips-tips yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan bayi anda.

Apa itu Popok?

Popok atau lampin atau diaper adalah tipe celana dalam yang memungkinkan penggunanya membuang air kecil atau besar tanpa menggunakan toilet, yaitu dengan menyerap dan menampungnya sehingga tidak mengotori pakaian yang dikenakan serta lingkungan sekitarnya.

Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir

Celana dalam tipe ini sangatlah membantu terutama untuk ibu-ibu yang baru saja melahirkan, sehingga tidak perlu terlalu sering mengganti celana ketika sang anak mengompol, terutama saat bepergian.

Ada berapa tipe Popok untuk bayi baru lahir?

Terdapat 2 tipe utama popok yang bisa anda pilih sesuai dengan tingkat keaktifan anak serta tingkat kemudahan dan kepraktisan bagi anda dalam memakaikannya, yaitu popok perekat dan popok celana.

Popok perekat

popok perekat merupakan popok yang menggunakan teknologi perekat yang biasanya diletakkan di bagian samping sehingga memudahkan untuk memasang dan melepaskannya. Produk ini direkomendasikan untuk digunakan pada new boarn baby atau bayi berusia di bawah 6 bulan, dimana bayi belum terlalu aktif. Penggunaan perekat akan mempermudah para ibu memasangkan dan melepasnya pada posisi bayi terlentang di kasur.

Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir

Popok celana

popok celana merupakan tipe popok layaknya celana dalam biasa yang cara penggunaan harus dengan memasukkan kedua kaki pada bagian lubang celana. Berbeda dengan tipe perekat, tipe popok celana umumnya lebih mampu bertahan dan tidak mudah kendor dan terlepas terutama jika dipakaikan kepada bayi yang sudah mulai aktif bahkan sudah bisa berdiri.

Top 8 Popok terbaik dan berkualitas untuk bayi baru lahir 

1. Mamy Poko Extra Dry New Born

MamyPoko Extra Dry New Born menghadirkan popok dengan teknologi extra dry speed wave yang mampu menyerap dan mengeringkan permukaan popok secara cepat, menjaga pantat bayi tetap sehat dan bebas iritasi.

Mamy Poko Extra Dry New Born

Seri Mamy Poko untuk New Born juga dilengkapi dengan indikator penanda cairan, yang akan menyala atau memberikan tanda ketika telah penuh. Satu kemasan Mami Poko X-tra Dry new born seharga 100.000 hingga 120.000 dengan isi hingga 84 lembar popok untuk bayi berbobot dibawah 5 kg.

2. Merries Pants Good Skin

Dijual seharga 50.000 hingga 70.000 rupiah per pack, Merries Pants Good Skin mampu membantu para ibu mengganti diapers bayi hingga 40 kali.

Merries Pants Good Skin

Merries Pants Good Skin yang sangat baik untuk new born baby ini didedain dengan 3 strip di bagian tengah permukaan sehingga mampu secara cepat menyebarkan cairan pipis ke seluruh bagian popok, membuat pantat bayi tetap kering dan sehat. Merries juga menyematkan teknologi 3 lapisan untuk pengaturan sirkulasi udara.

3. Genki Premium Tape NB44

Hadir dengan teknologi Maxi Gel kualitas Jepang, Genki Moko Moko seri ini mampu menyerap banyak hingga 12 jam serta bisa mengembang hingga 60 kali.

Genki Premium Tape NB44

Dengan daya tampung super besar, Genki Premium Tape NB44 mampu mencegah kebocoran karena didesain melebar di sisi samping serta menggunakan bahan yang lembut dan sangat cocok untuk bayi yang baru lahir.

Satu pack Genki Premium Tape NB44 dijual dengan harga 110.000 hingga 130.000 rupiah dengan isi 44 lembar popok perekat untuk bayi berbobot 0 hingga 5 kg.

4. Pampers Premium Care New Born

Salah satu produk terbaik keluaran Pampers yang ditujukan untuk bayi baru lahir, Pampers Premium Care New Born dilapisi lotion anti-ruam sehingga melindungi kulita bayi anda dari iritasi dan gatal.

Pampers Premium Care New Born

Diaper yang dibadrol pada kisaran harga 90.000 hingga 110.000 rupiah (32 lembar) ini juga menggunakan sistem All Around Breathability sehingga kelembaban kulit bati tetap terjaga, hingga 12 jam lamanya. Dengan tipe celana, pastikan bayi anda tidur secara nyaman dan aman karena kerut bagian pinggang yang sangat lentur dan elastis.

5. Sweety Comfort Gold New Born

Untuk menjaga agar bagian permukaannya tidak lembab, Sweety Comfort Gold New Born menggunakan teknologi Breathable Cottony Care yang sangat nyaman digunakan. Produk yang dijual dengan kisaran harga 55.000 hingga 75.000 dan berisi 36 lembar ini diberuntukkan untuk bayi-bayi baru lahir berbobot 0 hingga 6 kg.

Sweety Comfort Gold New Born

Teknologi 3D diamond layer yang disematkan pun menjadikan Sweety Comfort Gold New Born mampu menyerap cairan pipis dengan sangat cepat.

6. Sweety Bronze Comfort Extra Lembut NB-S

Seri lain dari Sweety yang juga tak kalah berkualitas dan sangat nyaman untuk bayi baru lahir adalah Sweety Bronze Comfort Extra Lembut NB-S. Produk dengan harga ekonomis ini dilengkapi dengan penahan ganda sehingga poop bayi pun tidak mampu menembus hingga ke permukaan luar apalagi bocor ke samping.

Sweety Bronze Comfort Extra Lembut NB-S

Satu pack Sweety Bronze Comfort Extra Lembut NB-S berisi 44 lembar popok perekat yang bisa anda beli dengan kisaran harga 45.000 hingga 55.000 rupiah saja.

7. Huggies Snug and Dry Size 1

Huggies Snug and Dry Size 1 dibuat khusus untuk bayi baru lahir dengan bobot dibawah 5 kg. Didesain sangat nyaman dengan sensasi seperti sedang dalam dekapan ibu, Huggies Snug and Dry Size 1 sangat cocok digunakan terutama ketika bayi tengah tertidur untuk menjaga tidurnya tetap lelap.

Huggies Snug and Dry Size 1

Memiliki kemasan yang sangat lucu bergambar Micky Mouse, seri Huggies untuk new born baby ini dijual dengan harga cukup tinggi karena teknologi dan kenyamanannya serta isinya yang banyak, yaitu berkisar antara 600.000 hingga 650.000 rupiah dengan isi 264 lembar popok perekat.

8. Mamamia Baby Diapers Soft Magic Tape NB-S

Produk terakhir yang juga tak kalah berkualitas adalah produk brand Mamamia. Mamamia Baby Diapers Soft Magic Tape NB-S dilengkapi dengan fitur Velcro Tape dengan teknologi Faster Absorbing sehingga mampu secara cepat menyerap cairan pipis dan menjaga permukaan tetap kering.

Mamamia Baby Diapers Soft Magic Tape NB-S

Dibandrol dengan kisaran harga sangat terjangkau, yaitu 25.000 hingga 35.000 rupiah saja, Mamamia Baby Diapers Soft Magic Tape NB-S berisi 20 lembar popok perekat per pack tidak mengandung chlorine (chlorine free) sehingga lebih aman untuk kulit bayi yang sensitif.

Tips memilih dan mendapatkan Popok terbaik

Pilih berdasarkan tipe pokok

Popok yang kita ketahui selama ini memiliki 2 tipe utama, yaitu tipe perekat dan tipe celana. Sesuaikanlah 2 tipe ini dengan keadaan dan kebutuhan anda serta sang bayi. Namun demikian, untuk bayi baru lahir, baiknya anda menggunakan popok bertipe perekat sehingga lebih mudah diganti ketika bayi dalam keadaan berbaring.

Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir

Sesuaikan ukuran popok dengan ukuran tubuh bayi 

Popok biasanya diproduksi dengan memperhatikan usia bayi, yang mana pasti berukuran tubuh berbeda dari usia 0 hingga 2 tahun dan lebih, dimana hal ini biasa tertera dan dapat anda lihat pada bagian kemasannya.

Namun demikian, patokan usia aja tidak dapat menjamin popok akan kompatibel dengan bayi karena ukuran bayi yang berbeda-beda bahkan sejak usianya 1 bulan. Oleh sebab itu, sesuaikanlah ukuran tubuh bayi anda terutama jika ingin membeli popok celana.

Perhatikan elastisitas dan bagian pelindung samping

Kriteria ini sangatlah penting untuk diperhatikan terutama jika anda berencana membeli popok celana untuk bayi anda. Elastisitas terutama pada bagian samping harus benar-benar diperhatikan, jangan terlalu longgar karena dikhawatirkan akan bocor ke samping sehingga mengotori baju, jangan pula terlalu ketat karena tidak akan nyaman digunakan dan tidak baik untuk kulit bayi.

Terlalu ketat menggunakan celana juga dapat menimbulkan ruam-ruam pada kulit bayi serta iritasi yang membuat bayi menjadi rewel.

Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir

Pilih yang memiliki permukaan halus 

Dikarenakan kulit bayi yang masih sangat lembut, maka dianjurkan bagi anda para ibu untuk memilih popok dengan permukaan yang halus sehingga tidak menimbulkan iritasi. Permukaan yang halus juga akan membuat bayi semakin nyaman dan tidak mudah rewel.

Baca review produk sebelum membeli 

Sebelum membeli, ada baiknya anda melihat review serta ulasan produk terlebih dahulu. Jangan malu dan gengsi untuk bertanya kepada ibu-ibu lain yang sudah pernah merawat bayi. Review sangat membantu untuk mengetahui kualitas produk tanpa harus mencobanya terlebih dahulu.

Lakukan sampling 

Untuk anda ibu-ibu yang baru pertama kali memiliki anak, anda pasti akan bingung dalam memilih popok mana yang akan sesuai terutama jika kulit bayi anda tergolong sensitif. Untuk itu, belilah popok dalam jumlah kecil terlebih dahulu dan cobakan pada bayi anda sebagai sampel.

Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anda terutama untuk mengetahui dan mempelajari tipe kulit bayi anda, juga agar tidak terlalu boros karena terlalu banyak membeli popok yang tidak sesuai.

Ketika sudah menemukan yang tepat, barulah anda bisa membeli dalam jumlah banyak untuk persediaan. Kegiatan sampling ini juga dapat meningkatkan pengetahuan anda tentang tipe kulit sehingga anda dapat memberikan ulasan serta informasi dan rekomendasi untuk ibu-ibu cerdas lainnya.

5 merk Popok terbaik dan berkualitas

Mamy Poko

Brand pertama yang sudah sangat dikenal di Indonesia dan digunakan oleh sebagian besar ibu adalah Mamy Poko produksi Uni-charm Indonesia. Identik dengan daya serap tinggi serta permukaan yang lembut, produk-produk dan seri Mamy Poko Pants mampu terus bertahan menjadi yang terbaik diantara maraknya brand popok baru yang bermunculan.

Popok Mamy Poko

Terdapat 6 jenis popok keluaran Mamy Poko yang dapat disesuaikan dengan usia serta ukuran badan bayi, serta sesuai waktu penggunaannya siang dan malam, meliputi Mamy Poko Pants Royal Soft, Mamy Poko Pants Extra Dry, Mamy Poko Perekat X-tra kering untuk jenis popok perekat, Mami Poko Pants X-tra Kering, Mamy Poko Junior Night Pants untuk malam hari, dan Mamy Poko Pants X-tra Kering Slim untuk anda yang sangat concern dan cukup terganggu dengan popok yang tebal.

Pampers

Layaknya Mamy Poko Pants yang identik dengan daya serap tinggi, Pampers Premium case juga berinovasi dengan memberikan pori-pori mikro pada bahan popoknya sehingga mampu menjaga keehatan kulit bayi.

Popok Pampers

Tersedia dalam berbagai ukuran dari S hingga XXL, Pampers telah memasarkan produknya sejak tahun 1960an ke segala jenis toko, dari supermarket, mall, toko-toko obat dan perlengkapan bayi, bahkan di toko kelontong, sehingga sangat memudahkan para ibu mendapatkannya.

Popok Premium dan Baby-Dry merupakan salah satu unggulan Pampers yang memiliki lapisan losion pelindung sehingga menjadikan pantat bayi tetap lembut dan mulus.

Sweety

PT Softex Indonesia yang indentik dengan teknologi dan kecepatan mendistribusikan cairan ke segala bagian pampers berkat teknologi 3D diamon. Sweety juga telah menjadi satu satunya merek popok di Indonesia yang terbukti hypoallergenic dan aman untuk kulit bayi berdasarkan uji klinis oleh Australian Dermatest centre.

Popok Sweety

Berbekal 2 tipe utamanya, popok Sweety mampu mendapatkan kepercayaan para ibu untuk kenyamanan dan kesehatan kulit bayinya.

Sweety tipe celana bertajuk Sweety pantz gold diproduksi dengan ukuran yang bervariasi dari S sampai XXL, sedangkan tipe perekat yang bertajuk Sweety Comfort Gold mempunyai ukuran dari bayi baru lahir sampai ukuran L. Anda pun kini tidak perlu risau mengganti brand ketika anak beranjak lebih besar.

Merries

Merries melapisi produknya dengan 3 lapisan sirkulasi udara yang dikembangkan oleh para ahli di Merries Lab. Dengan permukaan yang lembut dan bergelombang, Merries mampu menjaga kelembaban serta kesehatan kulit bayi. Popok No. 1 di Jepang ini memproduksi popok unggulannya untuk seluruh bayi di segala usia.

Popok Merries

Untuk bayi baru lahir, Merries pun mengklasifikasikan ukuran produknya sesuai dengan bobot bayi, yang meliputi ukuran bayi baru lahir dengan bobot 0 hingga 5 kg, ukuran S untuk bayi dengan bobot 4 hingga 8 kg, ukuran M untuk bayi dengan bobot 6 hingga 11 kg, dan ukuran L untuk bayi baru lahir dengan bobot 9 hingga14 kg. Anda pun bisa dengan leluasa memilih ukuran mana yang cocok dan pas untuk bayi kesayangan anda.

Huggies

Huggies, brand unggulan perusahaan Kimberly-Clark Corporation, Amerika Serikat, merupakan brand popok unggulan yang diproduksi dengan kandungan bahan Hypoallergenic dan pH balanced yang mampu membantu mencegah iritasi kulit bayi.

Popok Huggies

Huggies Dry Pants merupakan produk terbaru yang diluncurkan pada tahun 2018 dengan 1000 lubang penyerapan yang dapat menyerap cairan kurang dari 20 detik. Untuk bayi baru lahir, Huggies menghadirkan teknologi 4 lapisan pelindung yang membuat kulit bayi tetap kering selama 12 jam penuh dalam produk Huggies Snug and Dry Size 1.

Mengapa Popok bisa tetap kering walaupun terkena pipis?

Lapisan bagian dalam popok mengandung gel penyerap super yang sangat berguna untuk menyerap basah di bagian permukaan sehingga menjaganya tetap kering. Gel penyerap super ini telah digunakan secara luas sejak tahun 1980 dalam sejumlah produk konsumer, dan terbukti mampu menjaga kesehatan kulit secara signifikan. Gel penyerap super mampu bertahan hingga 30 kali berat cairan dan menguncinya sehingga tidak menyebar dan meluap ke permukaan.

Apakah aman memakaikan Popok pada bayi baru lahir?

Walaupun lebih praktis dan memudahkan para ibu agar tidak terlalu sering mengganti-ganti celana dalam serta menambah cucian kotor, penggunaan popok untuk bayi lahir sejatinya tidak dianjurkan karena kulit bayi yang masih terlalu sensitif. Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa penggunaan popok pada bayi sebaiknya dimulai setelah bayi berusia 6 bulan, sehingga kulit bayi lebih siap.

Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir

Bayi berusia dibawah 6 bulan juga belum dianjurkan untuk diajak bepergian, sehingga akan lebih baik dan bijaksana jika anda menggunakan celana bayi biasa dan gurita yang mudah dibuka-tutup dan diganti saat bayi mengompol atau poop.

Beberapa rumah sakit juga menganjurkan untuk para ibu tidak menggunakan popok sehingga mampu mengukur jumlah pipis bayi. Intensitas dan volume pipis perlu diperhatikan terutama pada bayi baru lahir untuk memastikan kecukupan penerimaan ASI si bayi.

Tips menggunakan Popok untuk bayi baru lahir agar tidak timbul ruam

Rutinlah mengecek dan mengganti popok bayi anda

Kunci utama untuk menghindari terjadinya ruam dan merah-merah pada kulit bayi terutama ketika menggunakan popok adalah dengan rutin mengeceknya serta menggantinya ketika terasa sudah terlalu penuh. Janganlah malas dan gantilah sesegera mungkin ketika popok terlihat penuh demi kenyamanan dan kesehatan kulit bayi anda.

Pilih pakaian yang berbahan katun supaya mudah menyerap keringat

Pemilihan bahan untuk pakaian bayi juga sangat penting untuk diperhatikan. Bayi akan mudah menangis jika merasa panas dan gerah serta berkeringat. Pemilihan bahan katun mampu menyerap keringat bayi secara sempurna serta memungkinkan adanya sirkulasi udara yang masuk sehingga kulit bayi tetap terjaga.

Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir

Hindarilah memberikan pakaian yang ketat pada bayi, terutama celananya. Keadaan lembab dan sempit akan menjadikan kulit bayi sangat mudah teriritasi.

Perhatikan pemilihan popok

Pemilihan popok yang memungkinkan adanya sirkulasi udara yang masuk sangatlah penting agar kulit bayi tidak berkeringan dan terlalu lembab. Beberapa popok juga mengandung zat-zat yang bisa mengakibatkan iritasi pada kulit bayi, yang harus benar-benar dihindari. Untuk itu, jika dirasa popok yang anda gunakan saat ini kurang cocok dengan tipe kulit bayi anda, maka jangan segan-segan untuk menggantinya meski popok yang anda kenakan saat ini lebih ekonomis.

Jangan menggosok area ruam

Ketika terlanjur keluar ruam pada kulit bayi atau dibagian pantat karena penggunaan popok yang mungkin terlalu ketat atau karena pantat terlalu lembab, maka segeralah melepaskan popok dan biarkan keringat pada pantat bayi hilang sambil menepuk-nepuknya dengan lembut.

Jangan pernah menggosok ruam pada bayi karena dikhawatirkan akan menimbulkan iritasi. Pantat bayi yang masih sangat sensitif harus benar-benar dirawat secara halus karena iritasi pada kulit yang semakin parah akan berakibat ketidaknyamanan pada bayi.

Lap dengan tissue basah khusus atau air hangat sebelum dipasang popok 

Tissue basah yang biasa kita gunakan untuk membersihkan tangan atau muka biasanya mengandung bahan kimia serta bahan pewangi yang akan berbahaya terutama jika diusapkan ke kulit bayi yang mengalami iritasi.

Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir 8

Jika anda ingin membersihkannya dengan tissue agar praktis, maka gunakanlah tissue basah khusus bayi yang bebas dari alkohol dan zat-zat kimia lainnya yang akan membahayakan kulit si bayi. Atau, untuk lebih aman, cukup basuh saja pantat bayi anda dengan air hangat untuk mensterilkannya dari kotoran.

Lebih baik tidak pakai ketika dirumah

Janganlah terlalu malas hanya untuk mengganti celana bayi anda ketika mengompol atau poop. Ketika sedang dirumah dan tidak kemana-mana, maka alangkah baiknya anda tidak menggunakan popok pada bayi anda untuk menjaga kesehatan kulitnya serta menjaga sirkulasi udara tetap terjadi.

Gunakanlah popok pada keadaan darurat saja, seperti ketika anda bepergian, yang mana tidak memungkinkan untuk membuka dan memasangkan celana setiap saat.

Kesimpulan

Munculnya ruam-ruam dan kemerahan pada area pantat dan sekitarnya sangatlah tidak. yaman dan pastinya akan menyebabkan bayi menjadi rewel. Oleh sebab itu, pemilihan popok terutama untuk bayi baru lahir secara cermat sangatlah penting untuk dilakukan.

Pastikan anda menyesuaikan ukuran popok dengan ukuran tubuh bayi anda atau sesuai dengan bobotnya, Selain itu, pemilihan popok tipe perekat terutama untuk bayi dibawah usia 1 tahun sangatlah dianjurkan, terutama ketika bayi belum terlalu aktif sehingga anda dapat dengan mudah menggantinya pada posisi bayi terbaring.

Permukaan yang halus serta elastisitas bagian pinggang juga sangat menentukan kualitas serta kenyamanan sehingga anda bisa mendapatkan popok terbaik sesuai dengan kebutuhan dan keadaan anda dan sang bayi.

Mari jadi ibu cermat dan pintar dalam memilih popok terbaik. Pastikan newborn baby anda selalu merasa nyaman dan aman dari kotoran yang akan mengganggu aktivitas tumbuh-kembangnya.

(Visited 22 times, 1 visits today)
Last modified: 01/10/2020
Close