[Review] 7 Power Bank Terbaik dan Paling Bagus di Indonesia 2019

Power bank Terbaik
[Review] 7 Power Bank Terbaik dan Paling Bagus di Indonesia 2019
4.8 (96%) 5 votes

Power bank adalah sebuah perangkat elektronik yang berguna untuk menyimpan tenaga cadangan. Dengan kata lain power bank bisa disebut sebagai baterai cadangan yang nantinya digunakan ketika perangkat gadget anda sedang kehabisan daya. Dengan adanya power bank, anda tidak perlu repot lagi untuk mengisi ulang daya baterai gadget anda apabila anda sedang tidak berada dekat dengan soket listrik.

Power Bank terbaik

Banyak jenis gadget yang bisa diisi ulang dayanya menggunakan power bank diantaranya yaitu handphone, tablet, laptop, hingga kulkas mini. Oleh karena itu saat ini keberadaan perangkat elektronik yang memiliki berbagai bentuk ini begitu diperlukan terlebih bagi anda yang suka melakukan perjalananan. Pastinya anda tidak akan melupakan perangkat tambahan yang multifungsi ini.

Begitu banyak power bank ditawarkan dipasaran dengan menawarkan kapasitas tampungan daya yang bisa disimpan. Ada yang menjanjikaan 6000 mAh hingga ada yang berani menawarkan 30.000 mAh. Dalam artikel ini akan anda temukan informasi mengenai power bank mulai dari cara memilih, merk terbaik hingga rekomendasi power bank terbaik dan berkualitas bagus. Selamat membaca.

Cara memilih Power bank Terbaik

Pilihlah power bank yang sesuai

Saat anda membeli gadget anda, pastinya anda tahu berapa daya yang dimiliki oleh baterai gadget anda Dengan demikian anda tahu berapa kapasitas daya power bank yang akan anda beli. Kapasitas inibiasanya dalam satuan mAh (miliampere hour). kapasitas power bank yang benar-benar bisa digunakan untuk mengisi baterai gadget adalah 70% dari kapasitas yang tertulis pada produk power bank tersebut.

Power bank

Oleh karena itu makin besar kapasitas sebuah power bank, kemampuannya untuk mengisi baterai pun semakin bertambah. Jika kita memilih power bank dibawah kapasitas baterai smartphone tersebut, maka itu akan percuma saja sebab anda Jika membeli power bank yang kapasitas dibawah kapasitas baterai yang tidak akan mengisi 100% terhadap baterai oleh power bank.

Intinya anda harus memilih power bank yang kapasitasnya lebih besar dari daya baterai gadget anda. Dengan demikian power bank yang anda beli nantinya dapat mengisi baterai dengan penuh dan bahkan bukan tidak mungkin sisa daya power bank bisa digunakan lagi. Pemilihan power bank yang memiliki kapasitas kecil akan terasa cepat habis padahal kapasitas baterai anda belum penuh.

Samakan nilai arus power bank dengan gadget anda

Semakin besar arus daya yang dialirkan dari power bank maka akan semakin cepat pula baterai smartphone cepat terisi oleh power bank nantinya. Hal inilah yang terkadang membuat sebuah gadget lama jika diisi dengan power bank yang berbeda nilai arusnya.

Power bank

Tujuan menyamakan nilai arus power bank dengan gadget yaitu untuk memberikan pengisian normal dari power bank ke baterai. Penyamaan arus tersebut akan mempengaruhi umur baterai. Untuk dapat melihat arus daya pada power bank biasanya dapat dilihat detailnya pada bungkus kardus kemasan power bank dan pada dus book gadget.

Oleh karena itu anda tidak boleh salah dalam memilih arus pada power bank yang hendak dibeli. Jika arus yang dibutuhkan pada baterai gadget anda 3 ampere, maka pastikan anda membeli power bank dengan arus yang sama dengan baterai gadget anda.

Namun ada juga power bank yang mampu mengatur daya output secara otomatis dapat langsung mendeteksi daya yang pas sesuai dengan gadget yang hendak diisi ulang baterainya. Dengan begitu, pengisian baterai pun bisa berjalan lebih cepat

Pilih jenis sel baterai

Terdapat dua jenis sel baterai yang membedakan power bank, yaitu baterai kering (Li-on) dan baterai isi ulang (Li-po). Kedua jenis baterai ini memiliki keunggulannya masing – masing. Jika dibandingkan dengan baterai Li-Ion, baterai jenis Li-po lebih bagus powernya ketika mengisi daya pada baterai smartphone dan tablet.

Dengan kekuatan power dan arus sama yang masuk dari power bank ke sebuah baterai dari smartphone dan tablet, maka akan menambah umur dari baterai tersebut.

Keamanan power bank

Ketika hendak memilih sebuah power bank pastikan bahwa power bank tersebut mencantumkan fitur kemanan Over Charging Porotection. Fitur keamanan ini artinya jika baterai pada perangkat gadget anda sudah disini oleh power bank dengan penuh, maka secara otomatis arus listrik yang dialirkan power bank akan terputus dengan sendirinya.

Power bank

Selanjutnya penting jug memilih power bank yang terdapat fitur Short Circuit Portection, fitur yang satu ini dapat mencegah terjadinya arus pendek atau korsleting pada perangkat smartphone dan teblet yang anda miliki.

Jika kedua hal tersebut sudah ada pada power bank, maka bisa dikatakan power bank tersebut sudah aman untuk dipakai. Namun sayangnya masih sedikit orang yang tidak perduli pada kedua fitur ini. Akibatnya sering terjadi konsleting pada perangkat yang terlalu penuh diisi ulang.

Pilih Merk power bank yang sudah pasti asli

Untuk point satu ini sebenarnya bukan hanya untuk produk power bank saja ya, tapi untuk semua produk anda terutama produk elektronik. Pastikan anda selektif dalam memilih power bank bermerek untuk diujikan keaslian dari merek tersebut, kemudian untuk merk yang abal-abal anda jangan mudah tergiur dengan harga yang murah dibawah rata-rata.

Power bank

Kadang bahkan anda bisa temui produk power bank yang dijual dijalanan dengan merk yang ternama tetapi setelah dicoba ternyata tidak bisa memberikan hasil yang diharapkan. Hal ini bisa jadi karena keaslian dari power bank tersebut tidak terbukti. Kalau yang merk besar saja bisa dipalsukan dan kualitasnya meragukan apalagi merk abal – abal yang tidak pernah teruji ketahanannya. Oleh karena itu pastikan anda mendapatkan produk yang sudah teruji.

8 Merk power bank terbaik dan berkualitas bagus

1. Power Bank Xiaomi

Yup, Xiaomi , merk yang terkenal dengan hanphone canggih namun harga pas dikantong ini juga tak ingin ketinggalan dalam memproduksi power bank. Xiaomi akhirnya meramaikan pasar aksesoris dan turut merilis beberapa produk pengisian daya baterai portable ini. Dibalut dengan material aluminium, power bank keluaran Xiaomi jadi terlihat begitu elegan dan kokoh.

Power Bank Xiaomi

Power bank keluaran Xiaomi turut didukung dengan USB smart-kontrol dan chip charging/ discharging dari Texas Instruments. Dengan teknologi ini, maka rangkaian chip akan terlindungi dengan 9 lapis perlindungan. Motherboard dan baterai smartphone akan tetap terlindungi apabila terjadi korsleting pada power bank ini.

Selain itu, power bank dengan desain yang simple dan elegan ini tersedia dalam kapasitas 5.000 mAh, 10.000 mAh, dan 15.000 mAh. Banyaknya pilihan dalam merk ini bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

2. Power Bank Veger

Merk power bank yang terbaik kedua adalah Veger. Merk power bank asal negeri tirai bambu ini ternyata sangat laris di Tiongkok. Dalam sehari, pabrik Veger bisa memproduksi kurang lebih 20 ribu unit power bank setiap harinya.

Power Bank Veger

Tak tanggung-tanggung, kapasitas power bank yang ditawarkan mulai dari 10.000 mAh hingga 25.000 mAh. Dengan kapasitas power bank yang besar, Anda bisa menggunakan power bank seharian untuk mengisi daya 3-5 perangkat dalam sehari. Yang paling penting, harga power bank Veger ini sangat terjangkau. Hanya dengan dana 200 ribu rupiah saja anda bisa mendapatkan power bank dari Veger.

3. Power Bank Hippo

Salah satu merk power bank yang terkenal di Indonesia adalah Hippo. Jika anda berpergian ke toko aksesoris handphone pastinya anda akan bisa mellihat produk dari merk ini. Untuk power bank sendiri merk yang satu ini menawarkan power bank dengan desain yang eye-catching.

Power Bank Hippo

Bahkan, beberapa variannya terbilang unik dalam segi desain, seperti tipe Swift dan Eyes. Berbicara soal kualitas, power bank Hippo sudah bisa dipakai pada port USB Type-C. Di samping itu, semua produk keluaran Hippo sudah dilengkapi dengan fitur Fast Charging yang akan mempercepat proses pengisian daya baterai perangkat Anda.

Sehingga anda tidak perlu menyiapkan waktu yang panjang untuk mengisi ulang daya dari power bank ini. Sedangkan kapasitas power bank yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari 2.600 mAh sampai dengan yang terbesar adalah 24.000 mAh.

4. Power Bank Delcell

Siapa bilang Anda harus memiliki dana ratusan ribu agar bisa memiliki power bank yang bagus? Hanya dengan 50 ribu rupiah saja maka Anda sudah bisa memperoleh power bank Delcell dengan kapasitas 4.000 mAh.

Power Bank Delcell

Walaupun kapasitasnya tidak terlalu besar, tetapi power bank ini bisa diandalkan ketika baterai smartphone Anda benar-benar habis. Jika memiliki budget lebih maka anda bisa saja membeli produk Delcell yang menyediakan kapasitas 10.500 mAh agar dapat dipakai sebagai charger sebanyak 4 kali sampai baterai power bank habis. Untuk fitur fiturnya sendiri Delcell juga melengkapi produknya dengan Power Management Sceme dan Intellegence Circuit Control.

Fitur tersebut yang berfungsi untuk menghentikan pengisian daya baterai secara otomatis jika baterai smartphone atau tablet Anda sudah penuh. Jadi jika anda mengisi daya ditengah kesibukan dan lupa untuk mencabut power bank anda dari gadget anda, anda tidak perlu khawatir akan terjadi konsleting. Bagi anda yang memiliki budget terbatas, anda bisa memilih produk power bank dari Delcell.

5. Power Bank Vivan

Dari sekian banyak aksesoris gadget, Vvan merupakan salah satu merk yang bisa anda andalkan. Vivan menyediakan power bank berkualitas dengan harga terjangkau. Desain dan warna power bank Vivan selalu tampak modern. Tidak hanya desainnya yang menakjubkan, power bank Vivan menawarkan pengalaman mengisi daya baterai smartphone atau table secara lebih cepat dan aman.

Power Bank Vivan

Setiap power bank Vivan menyediakan 2 port yang bisa dipakai untuk mengisi daya baterai smartphone dan yang satunya untuk mengisi daya power bank itu. Meskipun tidak menyediakan power bank dengan kapasitas yang terlalu besar, tetapi brand ini menawarkan power bank dengan kapasitas yang sudah cukup memadai untuk menolong Anda saat kehabisan baterai, yakni mulai dari 5.000 mAh sampai dengan 11.000 mAh saja.

Untuk sekedar berjaga – jaga, maka power bank keluaran Vivan ini bisa menjadi salah satu pilihan anda.

6. Power bank Anker

Bila Anda sedang mencari merk power bank terbaik, Anker adalah merk kelas dunia yang patut untuk Anda pertimbangkan. Merk power bank yang dijual di berbagai negara ini menyediakan power bank mulai kapasitas 5.000 mAh sampai dengan 26.800 mAh. Pilihan kapasitas tersebut tentunya lebih dari cukup untuk membantu anda.

Power Bank Anker

Keunggulan dari produk-produk keluaran Anker ini ada pada teknologi PowerIQ yang bisa menjamin bahwa pengisian daya baterai perangkat Anda jadi lebih cepat. Meskipun harganya terbilang lebih mahal dibanding merk power bank sejenis lainnya, namun soal kualitas produk dari Anker ini tidak perlu diragukan lagi karena sangat handal dan mampu mengisi daya baterai secara lebih cepat.

Selain itu Anker juga memberikan garansi resmi selama 18 bulan untuk setiap produknya sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan yang bukan diakibatkan oleh kesalahan sendiri.

7. Power bank Hame

Ketika Anda sedang mencari power bank terbaik dengan desain yang modern, mengapa tak mempertimbangkan untuk membeli power bank Hame ? Merk ini memang terbilang baru dan mungkin masih belum familiar dipasaran.

Power Bank Hame

Hame menyediakan produk power bank dalam berbagai tipe dan kapasitas. Akan tetapi, yang menjadi unggulan dan terlaris di pasaran adalah Hame T6. Ini adalah power bank terbaik Hame yang berbentuk ramping dan menonjolkan fitur tap to show power status. Selain itu, power bank berkapasitas 10.000 mAh ini bisa dipakai selama 5 jam.

Bila Anda merasa kapasitas 10.000 mAh masih kurang mumpuni, Hame juga menyediakan power bank berkapasitas 20.000 mAh. Dengan pilihan dua kapasitas tersebut pastinya anda bisa leluasa mengisi gadget anda dimanapun anda berada.

7 rekomendasi Power bank Terbaik dan Berkualitas

1. Veger Poewer Bank 25000 mAh

Kapasitas yang dimiliki power bank dari Veger dengan versi ini terbilang sangat besar, yaitu 25000 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, Anda bisa mengisi ulang baterai smartphone sampai lebih dari dua kali.

Veger Poewer Bank 25000 mAh

Kabel USB-nya sudah built-in sehingga bisa mengurangi risiko hilang karena terpisah dari power bank-nya. Selain itu terdapat output 1 A dan 2 A sehingga Anda bisa memilih kecepatan pengisian sesuai kebutuhan.

Untuk mendapatkan power bank ini anda cukup membayar dengan harga Rp. 179.000

2. Xiaomi Power Bank Pro 10000 mAh

Siapa yang tak kenal dengan merk Xiaomi. Power bank besutan Xiaomi ini memiliki beragam fitur unggulan. Di antaranya adalah adanya mekanisme resistansi temperatur yang dapat memastikan baterai Li-ion beroperasi pada suhu yang aman.

Xiaomi Power Bank Pro 10000 mAh

Power bank ini juga dilengkapi dengan fitur perlindungan dari tegangan dan arus output berlebih dengan cara otomatis mati apabila tegangan ataupun arus yang dialirkan melebihi batas maksimal. Power bank Xiaomi Mi Pro 2 dapat mengisi baterai gadget lain dengan cepat walau power bank ini sendiri sedang dalam keadaan diisi baterainya. Power bank ini juga memiliki fitur penyesuaian output secara otomatis.

Cukup merogoh kantong sebanyak Rp. 260.000 anda bisa mendapatkan power bank ini

3. Hame T6 Power bank 10000 mAh

agi yang mencari power bank tipis maka anda bisa memilih Hame T6. Besar daya output-nya adalah 2 A sehingga mampu mengisi baterai dengan cepat. Power bank ini memiliki tempat penyimpanan kabel di badan power bank-untuk memudahkan penyimpanan dan risiko kehilangan.

Hame T6 Power bank 10000 mAh

Cukup dengan mengetuk halus permukaan power bank maka Anda bisa mengecek status pengisian baterai yang sedang dilakukan. Power bank ini dilengkapi beberapa fitur proteksi sepeti overtemperature protection dan overcharge and overdischarge protection untuk melindungi power bank serta gadget Anda saat baterainya sedang diisi ulang.

Power bank ini bisa anda dapatkan dengan membayar sebesar Rp. 125. 400,-

4. Hippo Power Bank Smore 9000 mAh

Untuk anda yang menginginkan kepraktisan, maka Hippo Power Bank Smore 9000 mAH ini bisa menjadi pilihan. Power bank ini memiliki dua pilihan daya output, yaitu 1 A dan 2 A sehingga Anda bisa menentukan ingin mengisi baterai secara cepat atau biasa saja tergantung kebutuhan. Selain itu desain produk ini diciptakan khusus sedemikian rupa agar nyaman ketika digenggam.

Hippo Power Bank Smore 9000 mAh

Power bank ini juga memiliki fitur “auto on” yang memungkinkan power bank langsung mengisi baterai begitu kabelnya dicolokkan ke gadget. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot lagi menekan tombol ON untuk menyalakan power bank!6. Hippo Powerbank Smore 9000 mAh

Untuk mendapatkan power bank ini anda bisa membelinya dengan harga Rp. 145.000

5. Delcell Power Bank Note 10500 mAh

Satu lagi power bank yang masuk dalam kategori power bank terbaik Delcell Power bank Note. Delcell power bank ini memiliki desain sangat tipis dengan bobot yang ringan, yaitu 0,5 kg. Power bank ini juga dilengkapi teknologi otomatis yang mampu menghentikan pengisian daya apabila baterai gadget Anda sudah terisi penuh.

Delcell Power Bank Note 10500 mAh

Power bank keren ini bisa anda dapat kan dengan harga Rp. 145.000

6. Vivan Robot RT620 Power Bank 16000 mAh

Power bank keluaran Vivan ini memiliki 2 USB output port, yaitu 5V-1A dan 5V-2,1A. Kapasitasnya yang besar, yaitu 16000mAh membuat Anda bisa terus mengisi ulang baterai gadget tanpa perlu mengisi baterai power bank terlebih dahulu. Power bank ini bisa diisi ulang baterainya hingga 500 kali.

Vivan Robot RT620 Power Bank 16000 mAh10. Vivan Robot RT620 Power Bank 16000 mAh

Power bank ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp. 295.000

7. Anker PowerCore 20,100

Dengan kapasitas power bank yang besar, Anda bisa menggunakan power bank seharian untuk mengisi daya 3-5 perangkat dalam sehari.

Anker PowerCore 20,100

Yang paling penting, harga power bank Veger ini sangat terjangkau. Hanya dengan merogoh dana sebanyak Rp.200.000 saja anda bisa membawa pulang power bank terbaik ini.

Cara merawat power bank

Jangan terlalu sering diisi ulang

Anda pasti tidak percaya kenapa power bank tidak boleh diisi ulang terlalu sering. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa power bank mengusung jenis baterai yang juga bisa diisi ulang, yaitu Li-Ion (Lithium-Ion) dan Li-Po (Lithium-Polimer).

Power bank dengan baterai Li-Ion punya siklus di mana bisa diisi ulang 500 kali, sedangkan power bank dengan baterai Li-Po bisa diisi ulang 1.000 kali. jika siklusnya sudah mau habis, kapasitas daya pengisian akan cepat habis. Akibatnya, pengisian ulang ke smartphone akan terasa semakin lama.

Isi ulang saat power bank saat menunjukkan indikator low

Setiap power bank dilengkapi dengan indikator akan daya tampung energinya entah itu berupa lampu indikator yang berjumlah 4 buah. Biasakan lakukan pengisian ketika daya power bank anda tersisa 20%-15% atau Jika lampu indikator LED power bank menunjukkan sisa satu LED.

Cara merawat power bank

Jangan isi ulang saat power bank masih menunjukkan 2 LED. Hal ini agar tidak merugikan power bank kamu, power bank yang diisi ketika daya masih penuh akan mengurangi keawetan penyimpanan energi.

Jangan terlalu lama overcharging

Proses “overcharging” atau proses mengisi ulang yang terlalu lama ini nyatanya bisa membuat baterai power bank cepat rusak. Jika anda mempunyai power bank dengan merek-merek papan atas, seperti Xiaomi dan Anker tentunya anda tidak perlu khawatir dengan permasalahan ini.

Cara merawat power bank

Karena merek-merek itu sudah mempunyai fitur Over Charging Protection yang akan langsung memutuskan daya ketika power bank sudah penuh. Namun untuk power bank murahan atau merk abal – abal, kemungkinan tidak dilengkapi dengan fitur ini. Jadi, jika anda ingin power bank tetap awet, sebaiknya anda perhatikan ketika power bank sedang diisi agar tidak di-charge secara berlebihan.

Hindari tempat tertutup atau panas

Ini untuk anda yang sering berpergian, pastinya anda sering mengisi gadget anda dengan menggunakan power bank dan karena malas menentengnya dengan kabel ditanngan, maka anda sring meletakkannya didalam tas anda.

Namun perlu anda ketahui bahwa sat mengisi gadget dan meneruh power bank didalam tas itu bisa membuat power bank menjadi panas. Jika anda simpan di tempat tertutup, kemungkinan power bank tidak mempunyai sirkulasi udara. Inilah yang membuat power bank anda bocor dan menggelembung.

Jangan terbentur

Tentunya power bank anda pasti sering sekali anda bawa berpergian dengan kedua tangan anda. Oleh karena itu ada baiknya anda menghindari power bank dari benturan keras seperti terjatuh.

Cara merawat power bank

Karena, hal ini memungkinkan komponen di dalam power bank seperti baterai dan permukaan output power bank kendor sehingga tidak berfungsi dengan maksimal.

Isilah hingga penuh

Kalau anda sedang terburu – buru, biasanya anda langsung mencabut power bank anda dari soket listrik tanpa mengecek apakah sudah terisi dengan penh atau belum. Padahal sebenarnya ini tidak baik lho. Biasakan mengisi kapasitas power bank anda sampai penuh.

Tujuannya agar daya power bank tidak cepat habis dan tidak terlalu sering di-charge kembali. Untuk melihat apakah daya power bank anda sudah penuh atau belum, cek indikasi baterai yang ada di power bank berupa lampu ataupun layar. Selain itu, mengisi sampai penuh juga akan memberikan manfaat anda. Anda jadi tidak perlu khawatir lagi jika smartphone kehabisan daya saat beraktifitas diluar ruangan.

Jauhkan dari benda elektronik lain

Pernahkah anda meletakkan power bank anda dengan produk elektronik rumah tanga lainnya? Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya produk eletkronik rumah tangga itu juga menghasilkan gelombang magnetoik lho. Televisi, kulkas dan alat elektronik lainnya sering memancarkan gelombang magnetik yang pastinya tidak baik untuk power bank.

Cara merawat power bank

Jika anda sembarangan meletakan power bank di dekat benda-benda elektronik yang memancarkan gelombang magnetik, maka ada kemungkinan benda – benda tersebut membuat power bank anda langsung mengalami kerusakan.

Kesimpulan

Bagi anda yang sering berpergian pastinya membutuhkan power bank. Jangan lupa untuk memperhatikan detail power bank dan fitur yang melengkapi sebelum anda memutuskan untuk membeli ya. Semoga setelah anda membaca artikel ini, anda bisa memutuskan power bank terbaik dan berkualitas bagus mana yang akan menjadi pilihan anda.

You May Also Like

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *