9 Rekomendasi Printer Epson Terbaik

Printer Epson Terbaik

Printer digunakan untuk mencetak data atau informasi yang dihasilkan dari proses pengolahan data yang telah dilakukan oleh komputer. Begitu penting peranan printer dalam segala bidang, maka kami akan mengupas mengenai printer.

Berikut akan kami ulas 9 rekomendasi printer epson terbaik dengan berbagai macam jenis serta tips-tips membeli dan merawat printer epson agar mendapat kualitas cetakan yang maksimal dan dapat memilih printer yang sesuai kebutuhan Anda.

Apa itu Printer Epson?

Printer merupakan perangkat eskternal dari komputer yang dapat menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks, gambar ataupun grafik. Data tersebut dicetak dalam media kertas. Atau dengan kata lain printer adalah perangkat elektromekanik yang dapat mengubah data digital menjadi data dalam bentuk fisik.

Printer Epson Terbaik para compra

Printer mulai ditemukan pada abad 19. Awal mulanya sistem kerja printer masih mekanik lalu pada tahun 1986 sebuah perusahaan eletronik dari Jepang memperkenalkan printer yang bekerja dengan sistem elektronik. Salah satu merk printer terbaik di pasaran adalah Epson. Epson merupakan perusahaan elektonik asal Jepang yang memproduksi printer dan device lainnya.

Printer Epson terdiri dari beberapa seri. Untuk membantu Anda dalam memilih printer Epson yang sesuai dengan kebutuhan, kami akan memberikan tips mudahnya.

Tips membeli Printer Epson Terbaik 

Membeli printer sesuai dengan kebutuhan 

Pastikan Anda membeli printer sesuai kebutuhan. Hal ini bermaksud agar printer sesuai atau tepat guna. Jika kebutuhan Anda hanya untuk mencetak dokumen biasa, seperti dari Ms. Word atau Ms. Excel dengan jumlah sedikit, maka jenis printer yang cocok untuk Anda gunakan adalah Printer Deskjet dengan Cartridge bisa jadi pilihan yang tepat.

Printer ini lebih tahan lama, perawatannya tida mengeluarkan banya biaya. Namun, jika Anda membutuhkan printer yang multifungsi, maka jenis printer yang Anda pilih adalah tipe laser dengan tinta berwarna merupakan pilihan yang tepat.

Usahakan membeli printer dalam keadaan baru 

Mengingat bahwa printer merupakan salah satu perangkat yang mudah mengalami kerusakan apabila tidak dirawat dengan baik, maka bisa saja Anda mendapatkan kondisi printer second yang kurang bagus. Oleh karena itu, disarankan untuk membeli printer dalam keadaan baru. Anda juga dapat memperoleh beberapa keuntungan karena membeli printer dalam keadaan baru.

Printer Epson Terbaik di Indonesia

Yang pertama, Anda akan memperoleh garansi dari distributor dan juga pabrik yang membuat printer tersebut, yang kedua dari segi harganya yang juga selisih sedikit atau tida terlalu mahal juga akan menguntungan Anda.

Pastikan memiliki garansi resmi yang jelas

Memperhatikan garansi dari toko dan pabrik pembuatan printer merupakan salah satu hal yang penting dalam membeli printer. Apabila garansi yang diberikan cuma sebentar, maka sebaiknya cari printer yang jangka waktu garansinya lama.

Jangka waktu garansi yang lama menunjukkan keseriusan dari pabrik ataupun distributor terhadap kualitas produk yang mereka buat dan juga mereka jual.

Dan perlu Anda perhatikan, ada beberapa toko yang hanya memberikan kartu garansi resmi saja, ada pula toko yang membantu Anda mengklaim garansi, jadi pilihlah toko penjualan yang bisa membantu mengklaim garansi kerusakan printer yang Anda beli. Sehingga hal itu akan menjadi point tambah bila sewaktu-waktu printer anda mengalami kerusakan.

Cek kondisi fisik printer sebelum membeli

Kondisi fisik dari printer wajib diperhatikan. Meskipun Anda membeli printer dalam keadaan baru pengecekan fisik juga perlu dilakukan, bukan tidak mungkin jika printer tersebut mengalami cacat produk dan mengalami gangguan operasional. Jadi Anda harus bisa memastikan bahwa printer tersebut bisa bekerja dengan baik dan tidak mengalami gangguan.

Printer Epson Terbaik

Perhatikan pelayanan dari sales distributor printer

Dalam membeli sebuah printer Anda juga harus memperhatikan layanan sales dari distributor. Pilih distributor yang memiliki sales yang baik, karena hal ini akan berhubungan dengan klaim garansi dan juga proses service printer apabila nantinya terjadi kerusaan. Ketika Anda memilih printer dengan sales yang buruk, maka hal tersebut akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Jenis-jenis printer Epson

EcoTank

EcoTank merupakan jenis printer utama buatan Epson yang ada di pasaran. Produk ini disebut EcoTank karena memiliki tempat untuk menyimpan tintanya. Sementara kata depan Eco yang melekat menunjukkan efisiensi penggunaan tinta dengan hasil cetaknya. Printer Epson EcoTank hadir dengan 2 jenis ukuran, yaitu M dan L. Seri M hadir untuk mencetak dokumen dengan monochrome, sedangkan seri L hadir sebagai mesin cetak berwarna-warni.

Printer Epson EcoTank

WorkForce

Printer Epson jenis WorkForce sudah pasti ditujukan untuk perkantoran. Perangkat Epson yang termasuk dalam jenis ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan berbagai fungsi atau multifungsi. Bukan hanya itu, printer ini juga ringkas sehingga dapat dibawa kemana-mana.

Printer Epson WorkForce

PictureMate

Printer Epson jenis PictureMate lebih cocok digunakan oleh orang yang bergerak dibidang fotografi. Karena Anda daat langsung mencetak foto dari kamera atau ponsel sekalipun. Selain itu, printer Epson jenis PictureMate memiliki ukuran yang kecil dan ringan sehingga cocok untuk dibawa kemana-mana.

Printer Epson PictureMate

SureColor

Printer Epson jenis SureColor lebih cocok digunakan oleh orang yang bekerja dibidang desain. Karena printer Epson jenis SureColor dapat mencetak gambar dengan sanat tajam. Ukuran printernyapun hadir dengan beraneka ragam, dari yang kecil hingga besar, Anda dapat memilih ukuran sesuai dengan kebutuhan Anda.

Printer Epson SureColor

Top 9 Printer Epson terbaik dan berkualitas di Indonesia

1. Epson WorkForce WF-100 Wi-Fi Inkjet Printer

Printer dengan baterai yang praktis dibawa kemana saja. Epson WorkForce WF-100 merupakan printer cerdas dengan berat 1,6 kg yang dapat dibawa kemana saja. Bentuknya yang compact dapat dimasukkan kedalam tas, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa perjalanan bisnis yang menuntut Anda untuk mencetak dokumen dengan segera.

Epson WorkForce WF-100 Wi-Fi Inkjet Printer

Maka printer ini sangat direkomendasikan. Printer ini juga menggunakan sistem baterai yang dapat diisi ulang sehingga Anda dapat mencetak dokumen dimana saja, termasuk didalam kendaraan.

2. Epson L120 Ink Tank Printer

Printer dan tinta dengan harga ramah dikantong. Bila Anda membutuhkan printer untuk penggunaan yang ringan printer ini sangat direkomendasikan, karena Epson L120 merupakan printer ekonomis yang dapat digunakan di rumah, ukurannya sangat ringkas untuk diletakkan dimeja.

Epson L120 Ink Tank Printer

Printer ini juga dilengkapi dengan fitur fast print yang dapat membuat Anda lebih menghemat tinta saat mencetak draft tugas atau dokumen yang tidak berwarna. Fitur ini juga membuat Anda dapat mencetak dokumen dengan lebih cepat.

3. Epson L5190 Wi-Fi All-in-One Ink Tank Printer with ADF

Epson L5190 merupakan printer yang nyaman jika digunakan di rumah, karena ukurannya yang tidak terlalu besar, printer ini juga memberikan berbagai fitur seperti, scan, copy, dan fax. Sehingga dapat mencetak lembar aktivitas Anda menjadi lebih menari dengan format warna-warni.

Epson L5190 Wi-Fi All-in-One Ink Tank Printer with ADF

4. Epson WorkForce Pro WF-C5790 Wi-Fi Duplex All-in-One Inkjet Printer

Printer seri WorkForce ini lebih cocok digunakan untuk kantor dengan jumlah karyawan yang banyak. Printer ini dilengkapi dengan fitur print management yang berfungsi untuk menjaga agar penggunaan printer lebih terkontrol oleh administrator, sehingga mencetak dokumen yang bersifat rahasia dapat lebih terjaga berkat adanya fitur PIN pada printer.

Epson WorkForce Pro WF-C5790 Wi-Fi Duplex All-in-One Inkjet Printer

Kelebihan lain dari printer ini adalah Anda dapat menggunakan koneksi NCF (Near field communication) untuk mencetak dokumen. Penggunaan dayanya juga lebih hemat, hanya 25 watt saja untuk penggunaan normal.

Lalu untuk penggantian tinta, produk ini memiliki tempat cartridge yang praktis. Printer ini sangat direkomendasian karena memiliki kapasitas lebih besar, dan lebih hemat daya.

5. Epson PictureMate PM-520 Photo Printer

Printer yang satu ini sangat direkomendasian bagi Anda yang memiliki bisnis photobooth atau fotografi, karena printer ini dapat mencetak foto langsung dari kamera. Adanya pegangan pada printer, serta ukuran yang proporsional membuatnya sangat mudah dibawa.

Epson PictureMate PM-520 Photo Printer

Penggunaan baterainya juga dapat memudahkan Anda untuk mencetak dimana saja, termasuk area outdoor. Printer Epson PictureMate PM-520 ini dapat menghasilkan gambar tanpa tepian atau biasa disebut bordless.

Kecepatan mencetaknyapun hanya 36 detik untuk ukuran foto 10 cm X 15 cm. kelebihan lain dari printer ini yaitu, terdapat layar LCD untuk membantu Anda melakukan editing foto tanpa menggunakan komputer atau laptop..

6. Epson SureColor SC-P807 Photo Printer

Epson SureColor SC-P807 sangat direkomendasikan bagi para desainer atau Anda yang memiliki bisnis digital printing. Pada printer Epson tipe ini tinta yang digunakan adalah Epson UltraChrome HD.

Epson SureColor SC-P807 Photo Printer

Jenis tinta tersebut miliki 9 warna tinta sehingga mampu menghasilkan warna yang lebih beragam dan vivid. Selain itu, jenis tinta yang digunaan membuat warnanya lebih awet dan tahan lama. Kelebihan printer ini terdapat adanya three level black ink technology yang membuat printer ini dapat menghasilkan warna hitam dengan densitas yang berbeda-beda.

Untuk mendapatkan warna yang lebih detail Anda dapat mencetak gambar pada kertas A2+, selain itu juga dapat mencetak ke berbagai media, seperti kanvas.

7. Epson Eco Tank Monochrome M3170 Wi-Fi All-in-One Ink Tank Printer

Printer Epson Eco Tank Monochrome M3170 merupakan printer all in one dengan fungsi scanner, copy bahan fax. Bagi Anda yang memiliki usaha atau perkantoran kecil sangat direkomendasikan, karena biaya tinta lebih ekonomis dibandingkan printer laser karena menggunakan ink tank. Satu botol tinta dapat menghasilkan kurang lebih 6.000 lembar cetakan.

Epson Eco Tank Monochrome M3170 Wi-Fi All-in-One Ink Tank Printer

Sedangkan kecepatan cetak permenit dapat mencetak 39 lembar. Hal tersebut dapat dilakukan oleh Epson Eco Tank Monochrome M3170 karena terdapat fitur automatic 2-sided printing, fitur tersebut akan lebih menghemat kertas, serta praktis dalam mencetak dokumen.

Namun pada printer ini hanya dapat mencetak dokumen hitam putih saja, dan tidak dapat mencetak dokumen yang berwarna.

8. Epson L1800 A3 Photo Ink Tank Printer

Epson L1800 A3 memiliki 6 warna tinta yang dapat menghasilkan warna lebih tajam. Anda juga dapat mencetak ukuran gambar yang lebih besar sampai ukuran A3+ secara bordless. Selain itu Anda juga dapat mencetak foto berukuran A4 sebanya 1.500 lembar, sistem ink tank membuat printer ini sangat ekonomis..

Epson L1800 A3 Photo Ink Tank Printer

9. Epson LX-310 Dot Matrix Printer

Epson LX-310 Dot Matrix sangat direkomendasikan, karena printer ini dapat mencetak carbon copy yang tidak terlihat tulisannya bahkan 4 lembar carbon copy dalam sekali proses. Kecepatannya juga tidak diragukan, printer Epson LX-310 Dot Matrix dapat mencetak sebanyak 357 karakter perdetik.

Epson LX-310 Dot Matrix Printer

Tips menggunakan dan merawat printer Epson  

Pakai printer secara teratur dan berkala

Permasalahan yang sering dihadapi ketika printer jarang digunakan adalah kualitas cetak yang buruk, seperti warna hilang atau tinta tidak keluar, ada garis putih yang melintang. Printer yang digunakan secara berkala dan teratur maka akan terjaga kualitasnya, karena tinta mengalir dan membasahi permukaan nozzle. Apabila jarang memakai printer, usahakan minimal 1 minggu sekali melakukan tes print.

Usahakan cetakan berimbang dalam hal warna, artinya jangan warna hitam saja tetapi cetaklah tulisan ataupun gambar yang memiliki warna selain hitam, seperti merah, kuning, biru (warna-warni) sehingga diharapkan seluruh head bekerja semua. Hal tersebut bertujuan agar dapat mencegah tinta tidak kering pada permukaan nozzle, karena jika Anda tidak melakukan tes print maka head printer akan lebih cepat buntu, hal tersebut berlaku bagi semua merk inkjet printer.

Membersihan kotoran pada printer

Jangan lupa untuk membersihkan printer setiap seminggu atau dua minggu sekali. Hal tersebut akan menjaga kemampuan dan kualitas printer Anda.

Printer Epson Terbaik

Perhatikan posisi kertas pada saat mencetak

Pada saat akan mencetak suatu dokumen menggunakan printer pastikan posisi kertasnya tidak berlipat-lipat sesuai tempatnya dan pastikan menggunakan kertas yang halus, sebab jika kertas tersangkut dapat merusak roller pada printer.

Jagalah Cartridge dengan baik ketika mengganti tinta

Bagian cartridge harus dijaga karena cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus, benda ini mungkin akan rusak jika diperlakukan sembarangan. Bisa jadi sinyalnya dengan komputer menjadi putus atau hasil cetakkannya buruk. Lalu jangan biarkan cartridge kosong dalam jangka waktu yang lama, segera isi cartridge apabila tinta mulai kosong/habis.

Memilih cartridge yang tepat

Anda harus selektif dalam memilih cartridge yang tepat, ja ngan sampai menggunakan tinta refill atau cartridge yang tintanya mudah membeku, karena tinta akan menutup head print. Karena tidak semua jenis printer yang head printnya ada di cartridge, seperti printer Epson head printnya berada di mesin.

Printer Epson Terbaik

Dalam melakukan isi ulang atau refil khususnya saaat melepas cartridge, jangan sampai menyentuh pin CMOS (biasanya ditandai dengan gambar telapak tangan yang disilang). Pin tersebut sangat sensitif atau bisa rusak akibat listrik statis yang berasal dari tubuh kita.

Matikan printer jika gagal mencetak

Kegagalan dalam mencetak atau error message yang terjadi, terkadang dapat diatasi dengan cara mematikan tombol printer, kemudian mencabut kabel daya sedikitnya selama 10 menit. Setelah itu, masukkan lagi kabel daya tersebut pada colokkannya, lalu nyalakan printer dan cobalah mencetak dokumen Anda kembali. Cara seperti ini seringkali mampu mengatasi kegagalan mencetak.

Matikan printer jika tidak digunakan

Jika telah selesai menggunakan printer jangan lupa untuk mematikannya. Matikan printer dengan tombol on/off button pada printer Anda, jangan mematikan dengan cara mencabut kabel printer karena jika Anda mematikan dengan on/off button, akan mengaktifkan mekanik capping yang akan membantu untuk mencegah nozzle mongering. Mematikan printer setelah selesai digunakan juga akan mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam kepala printer.

Bagaimana cara mengisi ulang tinta printer Epson?

Siapkan alat dan bahan

Bahan utama yang perlu disiapkan adalah tinta warna dan tinta hitam, siapkan juga tisu atau lap untuk membersihkan tinta yang tercecer pada saat proses pengisian.

Ikuti Langkah-langkah berikut

  • Pastikan Anda selalu melakukan pemeriksaan terhadap kapasitas tinta. Tinta wajib diisi ulang sebelum melewati ambang (berupa garis) pada tabung
  • Jika dirasa perlu untuk melakukan isi ulang tinta, lakukan pada saat printer Epson dalam keadaan mati (off)
  • Lepas secara perlahan pengait antara unit tabung tinta dengan unit printer secara hati-hati
  • Tidurkan tabung agar posisi lubang tinta mengarah ke atas
  • Buka cover hitam penutup tabung untuk melihat kode warna tinta hitam, kuning. Merah (pink), dan biru
  • Buka penutup lubang tinta
  • Buka botol tinta dari kemasan, kemudian buka tutupnya dan masukkan sesuai dengan warnanya
  • Setelah isi ulang dirasa cukup, hentikan pengisian, jika sudah tutup kembali lubang tinta dan pasang tabung ke pengaitnya seperti semula
  • Nyalakan printer, keudi tekan dan tahan tombol tinta selama 3 detik untuk memulai proses head cleaning
  • Lampu tinta akan berkedip, tunggu kedipan hilang
  • Printer siap digunakan

Keunggulan printer Epson dibanding printer merk lain

Hasil cetakan memiliki kualitas tinggi

Epson merupakan mesin cetak yang memberikam hasil berkualitas. Bukan hanya berfungsi untuk mencetak dokumen saja, epson juga dapat mencetak foto. Sebagian besar tinta yang digunakan printer epson memaai teknologi inkjet, jadi hasilnya dijamin bagus, tajam dan lebih hidup warnanya. Selain itu, hasil warna yang dihasilkan printer Epson lebih natural, cerah, sehingga cocok digunakan untuk mencetak foto.

Printer Epson Terbaik

Minim terhadap eror dan kerusakan

Salah satu faktor yang membuat printer Epson diburu banyak masyarakat adalah daya tahannya yang cukup kuat dan tidak mudah rusak dengan pemakaian normal. Agar printer tetap awet, tidak mudah rusak dan mengalami error, maka Anda harus menerapkan tips cara merawat printer Epson.

Apabila terjadi error, biasanya akan langsung muncul info pada layar. Lalu Anda tinggal mengikuti petunjuknya agar printer normal kembali. Selain itu, daya tahan printer merk Epson sudah tidak diragukan lagi. Banyak pengguna yang puas dengan kelebihan yang dimiliki termasuk performa mesin dan desain Epson yang kokoh.

Memiliki head print yang kuat

Head print merupakan salah satu komponen printer yang penting, karena jika head print rusak maka secara otomatis tidak bisa mencetak dokumen. Selain itu, head print yang tersendat saja akan memberikan dampak yang sangat besar dalam segi kualitas cetak. Oleh karena itu, kelebiha printer Epson adalah dibekali dengan head printer yang kuat sehingga tida mudah rusak dan proses pencetakan tidak mengalami kendala.

Mendukung sistem infus atau Continous Ink Supply System (CISS)

Sejak tahun 2010 Epson telah menggunakan printer yang menggunakan teknologi Ink Tank System atau sistem infus untuk memenuhi kebutuhan pasar.epson menyadari kebutuhan masyarakat Indonesia yang cenderung menggunakan printer dengan sistem infus karena alasan ekonomis.

Sistem infus (CISS) seperti ini memang sering digunakan agar membuat hasil cetakan lebih maksimal serta memungkinkan untuk meminimalisirkan biaya operasional printer. Kelebihan lain dari sistem ini adalah kemudahan dalam isi ulang tinta dan diakui lebih irit dibandingkan dengan printer merk lain.

Minim pembuangan tinta

Selain sistem infus yang dapat memudahkan dalam pengisian tinta dan membuatnya irit, printer Epson terutama series L, juga minim pembuangan tinta saat proses head cleaning sehingga membuatnya lebih hemat.

Printer Epson Terbaik

Meskipun minim dalam pembuangan tinta, printer Epson dapat bekerja dengan baik dan tinta mengalir dengan lancar dan tidak putus-putus. Selain itu Epson L series juga dilengkapi dengan A4 auto-doupleks dengan ssistem tangki tinta yang merupakan salah satu printer dengan biaya cetak termurah di dunia.

Dirancang berdasarkan pengalaman konsumen, printer L series mudah digunakan karena memiliki botol tinta bebas tumpah serta menawarkan kemudahan dan kenyamanan pada saat mengisi ulang tinta. Botol tinta juga didesain secara khusus untuk mencegah masalah pada saat isi ulang dan sesuai dengan warna tinta.

Didukung dengan desain baru yang elegan L series yang terintegrasi dengan sistem tangki tinta telah dirancang ulang untuk ukuran yang lebih ringkas.

Hemat listrik

Daya yang digunakan printer Epson terbilang kecil sehingga jika digunakan setiap hari tidak akan membuat tagihan listrik membengkak. Printer Epson juga akan lebih menekan biaya bulanan jika memakai mesin pencetak yang hemat energi.

Kesimpulan

Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan dengan komputer yang berfungsi untuk menghasilkan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Setiap orang yang memiliki printer tentunya menginginkan kualitas cetakan yang bagus.

Kualitas cetakan printer tergantung pada jenis dan cara kita merawatnya. Telitilah sebelum membeli printer, usahakan membeli printer yang sesuai dengan kebutuhan. Ketika terjadi sebuah kerusakan atau error pada printer, dan anda belum mengetahui apa penyebab masalah tersebut sebaiknya tanyakan kepada orang yang lebih paham atau dengan mencari tahu menggunakan buku panduan masalah printer.

Setiap printer memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika Anda menginginkan hasil cetakan yang lebih maksimal dan ingin memiliki printer yang bisa tahan lama dibandingkan dengan merk lainnya, Anda dapat memilih printer Epson.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *