7 Rekomendasi Raket Badminton Terbaik dan Berkualitas

Raket Badminton

Badminton merupakan cabang olahraga yang digemari oleh banyak orang. Jika anda adalah penggemar olah raga ini, maka pastikan anda memiliki satu dari 7 raket badminton terbaik pilihan kami.

Raket badminton merupakan sebuah “senjata” yang utama bagi para pemain badminton. Olah raga yang menggabungkan loncatan, larian, dan ayunan tangan ini begitu banyak digemari oleh banyak orang. Tidak terbatas pada usia dan jenis kelamin, olah raga ini bisa dimainkan oleh siapapun.

Tujuan dari permainan badminton ini adalah pemain melakukan pukulan agar kok bisa masuk ke area lawan. Yang perlu diketahui di sini adalah bukan hanya pukulan bertenaga saja yang dibutuhkan, tapi penggunaan teknik memegang raket yang benar pun sangat penting. Dengan demikian, perpaduan tehnik memegang raket badminton dan raket badminton sendiri memang penting bagi seorang pemain badmninton.

Raket Badminton Terbaik

Bagi anda yang pemula mungkin tidak akan mudah untuk memilih raket badminton yang sesuai dan nyaman. Hal ini karena setiap raket memiliki atribut khusus yang bekerja terbaik berdasarkan gaya penggunanya. Oleh karena itu jika anda adalah seorang pemula dalam dunia badminton ada baiknya anda menyimak artikel berikut yang akan membahas tentang raket badminon terbaik pilihan ReviewAja.

Cara memilih raket bulu tangkis

Sebelum anda memutuskan untuk membeli raket badminton, maka ada baiknya anda menyimak point – point penting yang harus anda perhatikan berikut ini

Cara memilih raket bulu tangkis

Berat Raket Badminton

Berat tidaknya raket badminton akan mempengaruhi pukulan anda. Jika raket badminton terlalu berat, maka tangan anda akan terasa tidak nyaman.

Tangan yang tidak nyaman tidak akan menghasilkan pukulan yang baik. Oleh karena itu anda harus memperhatikan berat raket badminton berikut ini :

  • 5 U = sekitar 75 gram – 79 gram
  • 4U = sekitar 80 gram – 84 gram
  • 3 U = sekitar 85 gram – 90 gram
  • 2 U = sekitar 90 gram – 95 gram
  • U = sekitar 95 gram – 99 gram

Berat raket yang tercantum ini adalah berat bersih yang belum termasuk apabila ditambahkan dengan berat handgrip dan berat senar yang dipasang. Rata rata penambahan berat setelah dibebankan dengan senar kurang lebih 2-6 gram, terutama untuk handgrip.

Huruf U menunjukkan kode berat dimana semakin semakin tinggi nilai ‘U’, maka semakin ringan raket tersebut, sebaliknya semakin rendah nilai ‘U’ raket akan semakin berat. Sekilas memang sepertinya hal ini terlihat remeh karena menurut pengelompokkan, selisih berat tidak berbeda jauh. Namun ketika anda bermain dan melakukan ayunan, maka akan merasakan perbedaannya.

Berat Raket Badminton

Berat atau tidaknya sebuah raket akan berpengaruh pada kekuatan tangan anda. Selisih berat 5 gram – 10 gram akan membuat tangan anda lebih cepat lelah. Oleh karena itu, sesuaikan berat raket badminton dengan kemampuan tubuh anda. Kemampuan dan kapasitas tubuh setiap orang akan berbeda antara satu dengan orang lainnya. Dengan demikian anda tidak bisa menjadikan orang lain sebagai acuan.

Senar Raket Badminton

Anda berpikir apakah senar raket badminton tidak mempengaruhi permainan? Jika iya, maka anda salah. Usahakan anda memilih senar yang memilii kelembutan dan kelenturan yang benar. Semakin lembut dan lentur senar raket badminton, maka akan semakin besar tekanan yang anda dapat berikan saat memukul cock.

Jika anda sudah terlanjur membeli raket badminton dengan senar kaku, maka anda membutuhkan penyesuaian cukup lama dan tekanan yang dihasilkan tidak semaksimal menggunakan raket dengan senar yang lembut dan lunak.

Raket Badminton Terbaik 2018

Lentur atau tidaknya sebuah raket badminton dipengaruhi oleh tarikan yang diatur alat untuk menganyam senar ke raket. Batasan maksimum raket untuk dianyam biasanya bisa dilihat dari gagang raket. Berikut adalah beberapa informasi mengenai tarikan senar badminton

Tarikan 27 – 28 lbs: Tarikan ini cocok bagi anda yang biasa bermain bertahan dan menyerang karena keakuratan dan kestabilan raket terbilang baik.

Tarikan 22 – 25 lbs: Buat anda yang biasa bermain menyerang, maka ukuran tarikan senar ini cocok karena memiliki kekuatan yang bagus. Namun keakuratan agak sedikit menurun sehingga nda haus bisa mengontrol dengan baik ketika melakukan serangan.

Tarikan 29 – 30 lbs: Tarikan ini memiliki keakuratan yang cukup dan biasa digunakan oleh peman ganda yang biasa bermain didepan. Jika memungkinkan, anda bisa meminta ahlinya untuk membuat raket dengan tarikan sampai ukuran ini. Namun jika tidak bisa maka jangan dipaksakan karena bisa jadi raket anda akan tidak simetris ataupun retak. Tarikan senar ini cocok untuk anda yang bermain dengan tipe bertahan.

Tidak hanya tarikannya saja, simpul senar raket badminton juga memiliki arti sendiri.

Simpul 2: Simpul 2 ini memang membuat senar raket tidak gampang putus, namun jika tidak putus-putus senar juga bisa kendor seiring dengan banyaknya pukulan yang kita lakukan. Untuk simpul senar tipe ini cocok untuk anda yang bermain dengan tujuan bertahan.

Simpul 4: Simpul 4 memang agak gampang putus jika terus-terusan melakukan smash. Namun senar tidak mudah kendor sebab disimpul dari 4 sisi.

Ukuran Pegangan

Sesuaikan diameter gagang raket dengan ukuran tangan anda. Ketebalan gagang raket dituliskan dalam simbol “G”. Di Jepang, ukuran handgrip dikelompokkan pada ukuran G2, G3, G4, dan G5, dimana G2 adalah ukuran handgrip terbesar dan G5 adalah ukuran terkecil.Jika anda melihat G5 berarti itu menunjukkan ketebalan dari gagang raket itu sendiri.

Semakin kecil angkanya, maka semakin tebal ukuran pegangan raket tersebut. Pertimbangkan juga jika Anda ingin menambahkan handgrip, karena itu berarti pegangan akan bertambah besar. Posisi pegangan yang mantap dan nyaman, membuat anda bisa bermain bulu tangkis dengan lebih maksimal.

Untuk anda yang pemula, anda bisa memilih pilihlah raket dengan pegangan tipis. Dengan demikian anda tidak membutuhkan tenaga besar tetapi tetap bisa digunakan untuk mempraktikkan teknik yang baik, terutama untuk menyerang lawan main. Jika anda tipe yang suka bermain cepat dan senang melakukan smash , maka raket dengan gagang pegangan tebal cocok untuk anda.

Mengetahui Titik Keseimbangan Raket Badminton

Cara mengetahui titik keseimbangan raket adalah dengan menghadapkan jari telunjuk ke atas dan taruh batang raket di atas tangan anda. Geser batang raket sedikit demi sedikit sampai anda menemukan raket dalam keadaan seimbang. Jika jari telunjuk anda lebih dekat dengan frame / kepala raket maka ini adalah raket jenis power, namun jika jari telunjuk Anda lebih dekat dengan pegangan raket, maka ini adalah raket jenis control.

Mengetahui Titik Keseimbangan Raket Badminton

yang dimaksud dengan raket power adalah Raket yang berukuran. Raket jenis ini cocok digunakan bagi mereka yang mempunyai pergelangan tangan yang kuat. Raket yang berat akan menambah momentum yang lebih saat anda mengayunkannya, sehingga dapat menambah power khususnya saat digunakan untuk melakukan smash.

Disisi lain, raket dengan berat yang ringan disebut raket kontrol karena dengan raket ini anda lebih bisa mengontrol kekuatan yang diinginkan namun anda harus bekerja ekstra keras untuk menciptakan momentum yang besar untuk menambah power.

Jika anda salah membeli raket, maka anda bisa menyiasati raket tersebut. Misalnya anda lebih menginginkan raket bertipe control, maka yang anda bisa lakukan adalah menambahkan bungkus pegangan dengan dua buah handgrip, atau satu handgrip yang berat, atau gunakan senar yang lebih ringan/ lebih kecil ukurannya.

Jika anda lebih memilih untuk menjadikan raket anda bertipe power, maka anda cukup mengganti handgrip dengan yang lebih ringan. dengan demikain frame kepala raket menjadi lebih berat. Lakukan uji coba test berulang kali hingga anda mendapatkan hasil yang anda inginkan.

Perhatikan kelenturan batang raket Badminton

Terdapat 2 jenis batang raket badminton dilihat dari tingkat kelenturannya. Yang pertama adalah batang raket badminton yang fleksibel yang artinya akan sangat mudah untuk melentur ketika anda melakukan pukulan. Yang kedua adalah batang raket yang kaku dimana anda akan sulit sekali untuk melenturkan raket saat memukul.

Kalau mengenai berat raket masih anda siasati, namun masalah kelenturan raket tidak bisa anda siasati. Hal ini karena Kelenturan raket bersifat permanen dan tidak dapat diubah ketika anda sudah terlanjur membelinya.

Raket dengan batang fleksibel

Lakukan kegiatan mengayun dengan cepat seperti gerakan memecut. Saat mengayun, batang raket secara fleksibel akan membengkok kebelakang sedikit, dan pada saat inilah jenis raket akan menyimpan tambahan tenaga yang besar yang akan dikeluarkan pada saat pertemuan senar dengan shuttlecock. Tenaga ini akan dilepas dan ditransfer ke shuttlecock, anda tidak perlu mengeluarkan energi terlalu banyak saat memukul.

Raket dengan batang fleksibel

Raket badminton dengan batang yang fleksibel cocok bagi pemain yang mempunyai tipe bertahan. Hal ini disebabkan karena dua jenis pemain ini sangat menyenangi permainan dengan lob panjang dan bermain dropshot. Sesekali pemain dengan tipe ini akan melakukan smash, namun hanya ketika dia mendapatkan kesempatan yang sangat bagus.

Raket jenis ini memerlukan sedikit energi untuk menghasilkan tenaga. Dengan demikian, anda yang menggunakan raket jenis ini tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan banyak tenaga dalam melakukan ayunan ketika melakukan pengembalian maupun dropshot sehingga dapat lebih fokus untuk melakukan permainan bertahan.

Lebih lanjut lagi raket dengan batangan yang fleksibel ini cocok untuk anda para pemula yang baru belajar badminton karena tidak membutuhkan banyak tenaga. Memukul shuttlecock dari baseline ke baseline juga bukan jadi masalah besar. Dengan menggunakan jenis raket ini, pemula bisa lebih fokus ke teknik bermain bulutangkis dibandingkan harus berpikir keras bagaimana memukul shuttlecock agar tidak out.

Raket dengan batang kaku

Jika anda memilih raket badmintn dengan batang yang kaku, anda perlu untuk mengayunkan raket lebih keras ketika melakukan pengembalian bola. raket dengan batang yang keras akan sangat baik digunakan jika anda adalah tipe pemain yang senang melakukan penempatan bola. Dengan raket yang kaku, anda hanya memerlukan kekuatan pergelangan tangan daripada gerak mengayun.

Raket dengan batang kaku

Pemain dengan advanced skills seperti penyerang cepat dan tipe penipu membutuhkan eksekusi cepat melalui sentuhan dari pergelangan tangan. Banyak pemain bulutangkis top dunia sekarang ini menggunakan raket badminton dengan tipe batang yang kaku. Dengan menggunakan raket tipe ini mereka siap untuk menyuntikkan kecepatan dan kekuatan sehingga lawan biasanya tidak akan siap untuk melakukan pengembalian.

Bagi anda pemain pemula tidak perlu berpikir untuk berapa banyak tenaga yang harus dikeluarkan tapi hanya perlu berlatih bagaimana melakukan teknik yang benar. Pemain yang sudah cukup mahir dan mahir, serta menguasai teknik-teknik badminton dengan baik dan benar, bisa mencoba jenis raket ini untuk mendapatkan sensasi serta skill-skill tingkat lanjut lainnya. Kelemahan dari raket ini adalah anda membutuhkan ayunan yang kuat atau aksi yang cepat dari pergelangan tangan.

Agar permainan bisa maksimal, teknik bagus sangat diperlukan untuk menciptakan kekuatan yang cukup dalam melakukan ayunan. Jika energi yang diberikan terlalu kuat dalam melakukan ayunan maka shuttlecock bisa saja out. Dengan raket yang kaku, kekuatan dalam gerakan mengayun yang diberikan tidak akan sepenuhnya ditransfer ke shuttlecock ketika jatuh ke bantalan senar.

Untuk mengukur kelenturan batang raket anda bisa menguji akurasi placing shutllecock. Pegang pegangan raket kemudian tangan yang lain memegang framemya. Lakukan puntiran kepala raket secara perlahan. Jika kepala raket tidak berputar maka raket ini sangat cocok untuk penempatan bola. Dengan kepala raket yang fix maka arah bola akan lebih akurat dan tidak lari kemana-mana ke arah yang bukan menjadi tujuan karena kepala raket tidak berubah-rubah.

Bentuk dari Frame atau Kepala raket

Jika anda perhatikan, ada dua tipe frame pada raket badminton yaitu tipe konvensional yang berbentuk oval atau yang isometric dengan bentuk yang persegi. Untuk frame dengan tipe konvensional memiliki spot atau titik untuk melakukan pukulan yang baik dan lebih sedikit daripada yang ada pada frame isometric. Namun pada sat kok mendarat pada spot yang benar – benar tepat maka akan meciptakan pukulan dengan kualitas yang sangat baik. Frame ini sudah sangat jarang untuk ditemukan dipasaran.

Frame isometric memiliki spot-spot pukulan yang baik di bantalan senar yang lebih luas. Dengan semikian, akan ada banyak kesempatan bagi pemain untuk menciptakan pukulan yang cantik dan unik.

Memilih raket dengan menentukan bahan raket

Raket dengan bahan yang baik akan membuat raket badminton kesayangan anda tahan lama dan nyaman digunakan. Anda bisa memilih raket dengan bahan dasar yang berkualitas seperti carbon-fiber yang mempunyai karakter aerodinamik dan ringan, tetapi kuat dan tidak mudah berkarat.

7 Raket Badminton yang Bagus dan Berkualitas

1. Raket Badminton Adidas F300

Merk Adidas sudah tidak diragukan lagi dalam dunia perlengkapan olah raga. Dengan pegangan yang tipis dan senar yang lunak, maka raket badminton Adidas F300 ini akan membuat adan mampu menghasilkan pukulan yang kencang.

Raket Badminton Adidas F300

Desainnya didominasi warna kuning yang menamilkan kesan ceria saat anda menggunakannya. Bagi pemula raket ini cocok karena anda bisa berlatih mengendalikan ayunan raket badminton dan juga teknis – teknis mengembalikan bola dengan mudah.

Untuk mendapatkan raket ini anda cukup menyediakan budget sebanyak Rp. 809.000.

2. Raket Badminton Pro Ace Power Ace 99

Raket badminton Pro Ace Power Ace 99 unggul dalam bahan yang digunakan yaitu konstruksi grafit ultra yang kaku. Pegangannya yang didesain kuat membuat anda tidak ragu untuk mengayunkannya karena akan sulit patah atau bengkok.

Raket Badminton Pro Ace Power Ace 99

Dengan desain warna merah dan silver membuat produk ini terlihat sangat elegan ketika digunakan dilapangan. Dengan berat 84 gram dan panjanng 65, 7 cm, produk ini akan nyaman anda gunakan. Meskipun produk ini tergolong ringan, namun anda tidak perlu meragukan kekuatan tarikan yang mampu dihasilkan oleh raket ini.

Pegangan yang kuat dan sedikit tebal mampu membantu produk ini menghasilkan tarikan hingga 29lbs. Sediakan budget sebanyak Rp. 375.000,- untuk bisa mendapatkan raket Pro Ace Power Ace 99 ini ya.

3. Raket Badminton Yonex Voltric Z Force

Raket ini cocok untuk anda pemula yang baru saja meniikmati olahraga badminton. Bahan raket ini terbuat dari full carbone dan gagang dengan tingkat kelenturan yang sedang. Pegangannya yang tipis dan ringan mampu menghasilkan tarikan hingga 28 lbs.

Raket Badminton Yonex Voltric Z Force

Berat raket badminton keluaran Yonex ini hanya 85 gram dengan senar yang lentur dan tidak putus. Nuansa putih mewarnai raket badminton ini terutama pada pegangannya yang membuat anda terlihat kontras saat menggunakannya baik didalam dan diluar ruangan.

Untuk mendapatkan raket yang ringan ini anda cukup merogoh kocek sebanyak Rp. 245.000,-

4. Raket Badminton Yonex Nanoray 750

Raket badminton yang kami rekomendasikan selanjutnya masih tetap dari merk Yonex. Kualitas yang dimiliki produk ini tidak perlu diragukan lagi meskipun mungkin bagi sebagian dari anda, untuk harganya agak sedikit lebih mahal ya.

Fitur New aero frame membuat raket badminton keluaran Yonex ini mampu menghasilkan ayunan cepat dan terkontrol, dengan dorongan kuat. Fitur tersebut diproduksi dengan tujuan mengurangi hambatan udara.

Raket Badminton Yonex Nanoray 750

Tidak berhenti sampai disitu, raket badminton Yonex Nanoray 750 ini juga dilengkapi fitur x-fullerene. Dengan fitur ini raket anda memiliki 4 rusuk radial yang menyatukan atom karbon yang akan mengikat kekuatan 10x lipat. Dengan demikian penggunaan raket ini memungkinkan Anda untuk menciptakan kekuatan tolakan 5% lebih tinggi, dan stabilitas 15% lebih besar.

Lebih lanjut lagi raket badminton ini juga dilengkapi dengan pola single-pass grommet, yaitu pola yang menyediakan lebih banyak lubang grommet, yang dapat menghasilkan performa permainan yang lebih tinggi.

Jika anda ingin menseriusi olah raga badminton, anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli raket yang satu ini. Cukup dengan merogoh kocek sedalam Rp. 1.490.000,- maka anda bisa membawa raket badminton ini dalam setiap sesi latihan anda.

5. Raket Badminton Li Ning Ultra Carbon 5200

Pada bagian frame, produk ini menggunakan high carbon sedangkan dibagian gagang, produk ini terbuat dari carbon fiber. Dengan berat 3U dan ukuran grp G2, raket badminton Li Ning Ultra Carbon 5200 ini mampu menghasilkan tarikan hingga 22 – 26 lbs.

Raket Badminton Li Ning Ultra Carbon 5200

Pegangan dari raket badminton ini tergolong kecil sehingga anda akan membutuhkan tambahan lapisan pelindung untuk membuatnya nyaman anda gunakan. Raket badminton ini cocok untuk anda yang sudah berpengalaman dalam bermain badminton dan bermain dengan tipe bertahan.

Li Ning Ultra Carbon 5200 ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp. 630.000,-

6. Raket Badminton Adidas P800

Produk dari adidas kali ini dilengkapi dengan teknologi pure nano carbon yang akan meningkatkan kekuatan pukulan menjadi lebih stabil karena kok dapat melesat dengan cepat. Dilengkapi dengan fitur drive feel cap, raket badminton ini mengklaim dapat memastikan akurasi dan kecepatan tembakan.

Raket Badminton Adidas P800

Disamping itu ekstra titanium yang berguna meningkatkan elastisitas produk ini. Raket badminton ini hanya memiliki berat sebanyak 87 gram dengan panjang 675 mm. Pegangan raket ini sangat ringan dan dilapisi dengan busa yang lembut sehingga anda bisa nyaman menggunakannya.

Tak hanya itu, produk ini juga dilengkapi pula dengan frame aerodynamic slim body, yaitu frame atau kepala raket yang bentuknya presisi, sehingga lebih aerodinamis dan dapat menghasilkan kekuatan yang lebih besar.

Untuk mendapatkan produk ini anda cukup merogoh kocek sebanyak Rp. 1.259.000,- saja lho.

7. Raket Badminton Victor Asean Arrow Power 990

Produk ini didesain mengikuti struktur tangan milik orang Asia yang cenderung memiliki tangan kecil dan pendek. Dengan level berat 4U dan pegangan yanng tipis raket badminton ini akan memudahkan anda melakukan tembakan smash dan cocok untuk anda yang menyukai tipe permainan menyerang.

Raket Badminton Victor Asean Arrow Power 990

Dilengkapi diamond frame dan nano technologi, tarikan produk ini mampu mencapa 33 lbs. Ringannya raket ini membbuat anda lebih lincah dan bergerak. Untuk mendapatknnya, anda bisa menyediakan dana sebanyak Rp. 500.000

Tips Merawat raket badminton

Pilih raket yang tepat

Pastikan anda sudah membeli rakt yang tepat. Jika anda sudah membeli raket yang sesuai dengan keinginan anda, maka anda akan berusaha keras untuk menjaga raket favorit anda tersebut.

Pilih raket yang tepat

Lapisi Pegangan Karet

Untuk menambah kenyamanan saat bermain, anda bisa menambahkan lapisan handuk atau grip pada pegangan raket badminton anda. Perlu diingat ketika anda menambahkan lapisan pada peganngan berarti berat raket akan bertambah.

Bersihkan raket

Lakukan hal ini setiap kali anda selesai menggunakannya. Bersihkan dengan lap yang sedikit basah baru kemudian anda lap dengan kain yang kering. Hal ini untuk menghindari tuimbulnya jamur pada raket badminton.Selain itu jika anda ingin lapisan raket tetap terlihat bersih, anda bisa melapisi tangkat raket dengan minyak kayu putih. Cukup oleskan minyak kayu putih sedikit kemudian ratakan dengan tisu.

Bersihkan raket

Lapisi senar raket

Melapisi senar raket dengan lilin sebelum anda gunakan akan membuat senar raket badminton anda tidak cepat putus. Dengan demikian raket anda akan bisa berumur panjang dan lama untuk anda gunakan.

Tempat penyimpanan Raket

Usahakan agar raket anda tersimpan pada tempat yang bersih dan kering. Gantunglah raket secara terbalik dengan posisi gantungan pada pegangan tangan sehingga tidak merusak kelenturan senar. Selain itu berilah penutup pada bagian frame, hal ini untuk menghindari senar dari benda – benda yang bisa merusak kelenturannya.

Gunakan raket dengan cara yang tepat

Fungsi raket badminton adalah untuk memukul kok sehingga usahakan agar raket tidak terlalu sering berbenturan dengan benda lain.

Kesimpulan

Berolahraga memang mampu membantu anda memiliki badan yang sehat dan juga melepaskan stres. Bermain badminton juga termasuk permainan olahraga yang sangat mudah untuk dimainkan oleh segala usia.

Pemilihan raket badminton yang tepat akan membuat anda mendapat hasil maksimal dalam berolahraga. Sesuaikan pilihan raket badminton dengan kondisi tubuh dan kemampuan yang anda miliki. Semoga dengan adanya artikel ini, anda bisa memutuskan raket yang sesuai dengan kebutuhan anda.

You May Also Like

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *