{Review} 10 Rekomendasi Matras Yoga Terbaik 2020

Yoga – Jenis olahraga berkelas satu ini memang sedang banyak digemari, terutama di masa pandemi. Selain mudah diikuti dengan gerakan-gerakan simpel, yoga juga tidak membutuhkan peralatan yang mahal dengan modal besar.

Anda hanya perlu menyiapkan matras yang empuk dan cukup lebar, kemudian anda bisa memulai kegiatan yoga anda. Berikut akan kami ulas beberapa jenis matras yoga terbaik beserta beberapa merk matras yoga yang recommended untuk anda miliki.

Apa itu Matras Yoga?

Matras yoga adalah suatu alas yang biasa dibuat dari bahan karet atau busa dengan ketebalan tertentu, yang digunakan untuk melakukan senam gerak badan dengan latihan pernapasan, pikiran, dan sebagainya untuk kesehatan rohani dan jasmani.

Matras Yoga Terbaik para compra

Tips memilih dan mendapatkan Matras Yoga terbaik

Pilih berdasarkan ukuran, sesuaikan dengan tipe tubuh

Pastikan matras yang anda miliki cukup lebar dan sesuai untuk ukuran tubuh anda sehingga anda bisa bergerak dengan leluasa. ukuran tebal matras juga sangat dipengaruhi oleh postur tubuh demi kenyamanan saat menggunakan.

Misalnya, jika anda memiliki postur tubuh mungil dengan cukup proporsional atau mendekati kurus, maka matras yang tebal seperti matras NBR dari Happyfit akan sangat cocok. Untuk anda gunakan agar tidak terlalu keras dibagian sendi seperti siku dan lutut ketika berolahraga.

Sebaliknya, jika anda memiliki postur tubuh yang cukup besar, dan telah memiliki bantalan lemak atau otot alami, maka matras jenis PVC dan TPE setebal 6 mm saja sudah cukup.

Pilih berdasarkan bahan atau materialnya

Matras untuk yoga biasa terbuat dari bahan yang lentur dan empuk, seperti bahan PVC (Polyvinyl Chloride), NBR (Nitrile Butadiene Rubber), PER (Polymer Environmental Resin), TPE (Thermoplastic Elastomer), Karet alami yang ramah lingkungan, serta Microfiber yang mudah menyerap air.

Matras Yoga Terbaik di Indonesia

Tiap-tiap bahan tersebut memiliki kelebihan tersendiri dengan harga yang bervariasi. Dari keenam bahan tersebut, PVC merupakan bahan yang memiliki harga paling terjangkau namun dengan kualitas yang cukup baik untuk digunakan beryoga.

Oleh sebab itu, tak jarang bagi mereka-mereka yang masih baru dalam beryoga, atau jarang melakukan yoga lebih memilih matras dengan bahas PVC.

Perhatikan ketebalannya 

Matras yoga umumnya didesain memiliki ketebalan 1 mm hingga 10 mm. Sesuaikanlah ketebalan matras dengan kenyamanan penggunaan anda. Penggunaan matras yang terlalu tipis akan menjadikan badan pegal pegal karena terlalu keras, sebaliknya, matras yang terlalu tebal tidak akan nyaman untuk digunakan beryoga.

Pilih jenis matras yang mudah disimpan dan dibawa

Ada dua jenis matras yaitu matras roll-up yang bisa digulung dan matras yang tidak bisa digulung tetapi bisa dilipat. Untuk anda yang gemar mengikuti kelas yoga, maka ada baiknya anda memilih matras roll up karena akan lebih mudah dibawa kemana-mana. Matras juga biasa dilengkapi dengan tas atau tali untuk memudahkan pembawaan.

Matras Yoga Terbaik

Pertimbangkan harga

Pertimbangkanlah harga matras sesuai dengan rutinitas anda. Jika anda merupakan penggemar berat yoga atau olahraga lantai lainnya dan cendung melakukannya 3-4 kali seminggu, maka matras dengan bahan terbaik serta mudah dibersihkan akan menjadi solusi terbaik, yang baliasa dibandrol dengan harga cukup tinggi.

Jika anda cukup sibuk dengan jadwal kerja yang padat dan tidak selalu bisa menyempatkan untuk berolahraga, maka matras dengan fitur seadanya pun juga akan kompatibel untuk anda gunakan.

Namun demikian, pengalokasian uang dan pemilihan matras sesuai harga secara sepenuhnya diserahkan kepada anda jika anda ingin membeli matras dengan kualitas terbaik untuk anda miliki, meskipun jarang digunakan, itu sepenuhnya adalah hak anda, selama uang anda mencukupi.

Perhatikan fitur anti slip

Ada tidaknya fitur anti-slip menjadi faktor yang penting untuk mencegah terjadinya insiden seperti jatuh dan terluka akibat matras yang terlalu licin. Oleh sebab itu, bacalah review serta ulasan dari merk matras yang akan anda beli, untuk mengetahui adanya fitur ini.

Top 10 Matras Yoga terbaik dan berkualitas di Indonesia

1. Adidas Yoga Mat EB4031

Yoga mat Adidas berpori-pori terbuka sehingga anda tidak perlu khawatir akan merasa tidak nyaman ketika sering berkeringat. Didesain dengan ketebalan 5 mm berukuran 178 cm x 62 cm, Adidas Yoga Mat EB4031 memiliki keunggulan Antiselip dan bebas PVC.

Adidas Yoga Mat EB4031

Komposisi bahan penyusunnya dipilih dan disesuaikan sehingga mampu memberikan rasa nyaman dan kebebasan bergerak tanpa takut akan tergelincir atau jatuh, yang meliputi 60% TPE (thermoplastic elastomerics), 20% EVA (ethylene-vinyl acetate), dan 20% POE (polyolefin elastomer) foam.

Matras yang dibandrol pada kisaran harga Rp 650.000 hingga Rp 700.000 ini juga dilengkapi dengan carry string untuk mempermudah pengemasan, penyimpanan, karena bisa digantung dimana saja disudut rumah anda, serta memudahkan untuk dibawa kemana-mana.

2. Nike Fundamental Yoga Mat – Pink

Didesain sangat girly dengan pemilihan warna merah muda (Pink) Nike Fundamental Yoga Mat satu ini semakin digandrungi dan dilirik oleh para ibu-ibu muda karena didesain dengan fitur dual-texture, bantalan busa lembut, permukaan bertekstur, serta bebas PVC dan lateks.

Nike Fundamental Yoga Mat – Pink

Dilengkapi dengan tali ikat dengan warna senada, matras dengan ketebalan 3 mm dan dimensi 168 cm x 61 cm sangat cocok digunakan untuk anda yang menggemari kegiatan yoga di dalam studio.

Nike Fundamental Yoga Mat terbuat dari susunan bahan 95% SBR (styrene-butadiene rubber),dan 5% polyester, yang mana bisa anda dapatkan dengan kisaran harga  Rp 600.000 hingga Rp 700.000.

3. Lululemon The Reversible Mat

Lululemon melengkapi matras keluarannya dengan senyawa antimikroba yang sangat berguna untuk memusnahkan bakteri serta kuman-kuman dan jamur yang menempel atau terakumulasi pada matras akibat terlalu sering digunakan dan terkena keringat.

Lululemon The Reversible Mat

Dibuat dengan komposisi material 61% natural rubber, 17% synthetic rubber, 15% polyurethane, 5% polyester, dan 2% nylon, matras dengan tebal 5 mm ini sangat cocok digunakan untuk anda yang gemar dan rajin melakukan yoga dirumah.

Matra Lululemon ini berukuran 180 cm x 66 cm dan dijual dengan harga pada kisaran 1,6 hingga 1,8 juta rupiah.

4. Manduka eKO® SuperLite Travel Yoga Mat

Dengan ketebalan hanya 1,5 mm dan berat 1 kg, Manduka eKO® SuperLite Travel Yoga Mat sangat cocok untuk anda yang memiliki mobilitas tinggi dan ingin bisa berolahraga kapan pun dan dimana pun kamu berada.

Manduka eKO® SuperLite Travel Yoga Mat

Terbuat dari karet alami, yoga mat yang ringan dan mudah dibawa-bawa ini memiliki bebrapa keunggulan diantaranya 99% bebas lateks, bebas PVC, bebas pewarna, serta permukaannya yang antiselip. Cukup siapkan uang anda sekitar Rp 850.000 hingga Rp 950.000 saja, maka anda akan langsung bisa memilikinya.

5. Jade Yoga Harmony Mat

Berbeda dengan bahan karet alami yang digunakan oleh matras brand lain, Jade Yoga Harmony Mat menggunaan bahan karet alami (natural rubber) berkualitas tinggi sehingga mampu mencengkeram secara lebih kuat ke lantai serta lebih tahan lama.

Jade Yoga Harmony Mat

Menawarkan berbagai macam warna seperti Electric Blue, Fire Engine Red, Kiwi Green, Purple, dan Raspberry, Jade Yoga Harmony Mat dijual dengan harga yang cukup tinggi, berkisar antara 1,8 hingga 2 juta rupiah.

Tiap-tiap matras Jade dengan berbagai warna berbeda memiliki dimensi 172 – 187 cm x 60 cm dengan ketebalan 4,7 mm.

6. Reebok Yoga Mat EW3060

Reebok Yoga Mat EW3060 merupakan salah satu produk matras yang dibandrol dengan harga relatif murah dan terjangkau, yaitu pada kisaran Rp 300.000 hingga Rp 400.000 saja.

Reebok Yoga Mat EW3060

Didesain dengan komposisi material 70,6% PVC, 14,9% plasticizer, 9,7 polyester, dan 4,8% colorant, matras yang sangat ekonomis bertipe closed cell ini memiliki tekstur permukaan anti selip, yang juga telah dilengkapi dengan tali ikat atau carry string.

Reebok Yoga Mat EW3060 berukuran 173 cm x 61 cm dengan ketebalan 4 mm.

7. Kettler Yoga Mat

Kettler Yoga Mat merupakan matras paling tebal diantara 9 matras lainnya yang diulas disini, yaitu setebal 8 mm. Dengan ketebalan tersebut, anda yang mungkin tergolong masih pemula menjadi tidak perlu takut dan khawatir karena yoga mat akan melindungi siku, lutut, dan telapak kaki anda dengan aman secara utuh.

Kettler Yoga Mat

Dilengkapi dengan tas jaring, matras yoga bertipe closed cell berukuran 173 cm x 61 cm ini dibandrol dengan harga pada kisaran Rp 250.000 hingga Rp 350.000 saja. Sangat cocok untuk anda para pemula yang tidak ingin terlalu mengeluarkan banyak modal untuk berolahraga.

8. Speeds Yoga Mat

Dibandrol dengan harga sangat terjangkau, Speeds Yoga Mat menjadi salah satu matras terfavorit para pecinta yoga di Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, dibawah Rp 200.000, matras berukuran 183 cm x 61 cm dan tebal hingga 10 mm ini juga memiliki keunggulan bebas bau, bebas PVC, bebas phthalates, antiselip, dan sudah dilengkapi dengan tali jinjing.

Speeds Yoga Mat

9. Miniso Yoga Mat Anti Slip

Brand universal untuk berbagai peralatan sehari-hari ini memang tak henti-hentinya selalu berinovasi dan melebarkan pasarnya. Miniso, brand berasal dari Jepang ini mengeluarkan seri matras yoga anti slip yang juga memiliki kualitas yang sangat baik dan banyak digemari karena kegunaannya yang tidak hanya bisa digunakan untuk yoga saja, melainkan juga senam, pilates, hingga gerakan khusus yang bertujuan untuk mengempeskan perut.

Miniso Yoga Mat Anti Slip

Dihadirkan dalam 2 varian ukuran, yaitu dengan ketebalan 3 mm dan 6 mm, dengan panjang 173 cm dan lebar 61 cm, Miniso Yoga Mat Anti Slip dijual dengan harga yang juga sangat terjangkau, berkisar antara Rp 140.000 hingga Rp 170.000 saja.

Anda juga bebas memilih warna sesuai dengan selera karena Miniso menghadirkan Yoga Mat Anti Selip ini dalam 5 pilihan warna, meliputi Dark Blue, Carol Red, Light Blue, Rose Blue, dan Grey.

10. CoreNation Active Travel Yogamat

Merk terakhir yoga mat anti selip ini berasal dari CoreNation yang mendesain produknya dengan bahan polyurethane, dengan kestabilan tinggi dan level grip antiselip.

CoreNation Active Travel Yogamat

Dibandrol dengan harga pada kisaran Rp 500.000 hingga Rp 700.000, yoga mat berukuran 180 cm x 66 cm dengan ketebalan 1,5 mm ini hadir dengan 2 pilihan warna, yaitu abu-abu dan lilac purple sehingga bisa digunakan baik pria maupun wanita.

Sayangnya, CoreNation tidak menyematkan carry string bersama dengan yoga matnya, sehingga anda perlu membelinya secara terpisah jika anda membutuhkannya.

Bahan apa saja yang digunakan pada Matras Yoga?

Polyvinyl chloride (PVC)

PVC merupakan bahan yang tergolong paling murah dan paling populer dikalangan pecinta yoga. Matras PVC dirancang dengan dot-dot dibagian permukaannya yang berfungsi sebagai traksi atau grip saat berganti gerakan.

Namun demikian, ada juga beberapa matras terbuat dari PVC yang bisa menyebabkan tangan dan kaki tergelincir, sehingga anda perlu berhati-hati dan pintar-pintar memilih jika ingin memiliki matras dengan bahan ini.

Nitrile Butadiene Rubber (NBR)

Yoga mat dengan bahan NBR umumnya sangat mudah dibersihkan serta tebal dan lebih elastis, sehingga sangat nyaman untuk digunakan beryoga bahkan setiap hari. Nitrile Butadiene Rubber juga bahan yang tahan panas dan sangat ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

Bagi anda yang mungkin memiliki riwayat sakit dibagian sendi atau tulang ekor, atau riwayat cedera lainnya, yoga mat dengan bahan ini sangat direkomendasikan untuk anda gunakan.

Thermal Plastic Elastomer (TPE)

Tidak seperti PVC yang tidak mampu didaur ulang, bahan Thermal Plactic Elastometer yang merupakan bahan biodegradable dari campuran polymer lebih ramah lingkungan karena bisa didaur ulang.

TPE juga merupakan salah satu favorit yoga mat yang notabene mampu menggantikan PVC karena selain harganya yang juga terjangkau, bahan TPE lebih tidak berbau, tahan air, aman, lebih elastis serta tahan lama.

Namun demikian, tidak seperti RBE, TPE tidak memiliki ketahanan terhadap suhu panas sehingga akan mudah melunak ketika terkena sinar matahari langsung atau diletakkan pada ruangan yang terlalu panas. Untuk itu, TPE sangat direkomendasikan untuk digunakan beryoga di dalam ruangan.

Karet alami

Bagi anda yang memiliki alergi atau hipersensitif terhadap lateks, maka yoga mat dengan bahan satu ini sangat tidak difekomendasikan untuk anda pilih karena memungkinkan akan memunculkan alergi.

Matras dengan bahan karet alam sangat lentur dan fleksibel serta sangat mampu menempel secara utuh dengan lantai sehingga anda tidak perlu khawatir akan tergelincir dan terjatuh.

Matras Yoga Terbaik

Bahan karet alam juga lebih ramah lingkungan karena mampu didaur ulang. Namun demikian, yoga mat dengan bahan karet alam umumnya lebih berat dibandingkan dengan yoga mat dengan bahan lainnya, sehingga sangat direkomendasikan untuk anda-anda yang lebih gemar melakukan yoga sendiri dirumah dan tidak perlu membawa matras bepergian karena akam sangat merepotkan.

Rami

Anda mungkin tidak menyadari, tetapi rami juga merupakan bahan yang biasa digunakan untuk membuat yoga mat. Dengan permukaan yang sedikit kasar, yoga mat berbahan rami cenderung lebih mudah dibersihkan dan mampu menyerap keringat secara lebih baik serta yang pasti ramah lingkungan.

Sayangnya, tekstur yang kasar dibagian permukaan terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman ketika digunakan. Yoga mat dengan bahan rami juga tidak terlalu kuat menempel ke lantai sehingga dikhawatirkan akan mudah tergelincir dan jatuh ketika menggunakannya.

Berapa ketebalan standar matras Yoga?

Matras yoga umumnya dibuat dengan rentang ketebalan 1 mm hingga 10 mm sehingag mampu menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Jika anda belum terlalu yakin berapa ketebalan matras yang bisa dan sesuai untuk anda gunakan, maka anda bisa memulai dengan matras setebal 3-4 mm saja, kamera ukuran ketebalan tersebut merupakan ukuran standar matras yoga.

Matras dengan ketebalan 3-4 mm umumnya mampu menempel pada lantai dengan sangat baik sehingga anti flip serta sangat stabil untuk melakukan berbagai variasi gerakan. Dibandingkan dengan matras yang lebih tipis, matras dengan ketebalan 3-4 mm juga mampu menangkap serta mengiringi anda untuk bergerak dari pose ke pose dengan aman.

Sebagai referensi, penggunaan matras tipis dapat meningkatkan dan stabilitas ketika anda bergerak dengan pose apapun ketiga beryoga. Sedangkan, penggunaan matras yang lebih tebal mampu menghasilkan extra chuosioning serta sangat cocok untuk yoga atau olahraga berbasis terapi.

Yoga mat yang tebal juga mampu menahan ketika anda melakukan gerakan-gerakan yang bertumpu pada siku atau lutut, yang kadang akan sangat terasa dan sakit jika anda menggunakan matras yang tipis.

Bisakah mengganti Matras Yoga dengan karpet?

Karpet, atau lantai berbahan karet, atau untuk anda yang hanya melakukan standing workout atau yoga tanpa harus melakukan twist dan lifting seperti push up, maka lantai bahkan dengan bahas yang keras pun akan bisa anda gunakan.

Matras Yoga Terbaik

Namun demikian, jika gerakan workout anda bermacam-macam dan membutuhkan gerakan memutar-mutar, serta gerakan yang berkaitan dengan cardio, maka jenis alas seperti karpet atau lantai karet akan membuat anda tidak nyaman dan sakit sehingga tidak user friendly.

Sesuaikanlah alas dengan kegiatan serta gerakan-gerakan yang akan anda sering lakukan.

Bagaimana cara membersihkan Matras Yoga?

Membersihkan secara rutin matras yoga merupakan kegiatan yang sangat direkomendasikan. Selain meningkatkan kenyamanan saat digunakan, membersihkan secara berkala atau setiap kali selesai digunakan akan meningkatkan ketahanan sehingga matras lebih awet dan tahan lama.

Beberapa tips berikut bisa anda pilih dan anda lakukan untuk menjadikan matras anda selalu bersih dan tidak bau.

Bilas dengan Plas Chamois

Plas chamois merupakan kain lap yang sangat nyaman digunakan karena kemudahan dalam penggunaan, mudah menyerap air, serta mudah dikeringkan. Terdapat 2 merk plas chamois yang cukup terkenal yaitu Kanebo dan Aion.

Matras Yoga Terbaik

Untuk menggunakannya, celupkanlah kain plas chamois dalam air hingga seluruh bagian basah, kemudian peras dengan lembut dan sisakan sebagian air menempel pada kain agar kain lembab. Usapkan kain pada seluruh bagian matras, kemudian lap kembali dengan Kanebo atau Aion kering dengan cara peras dengan cukup keras hingga kandungan air dalam kain hilang.

Rendam dengan air hangat dan sabun

Jika matras anda cukup kotor dan tidak cukup hanya dibersihkan dengan plas chamois saja, maka rendamlah matras dengan air hangat dan sabun agar semua kotorannya terangkat. Usahakan anda menggunakan tempat besar seperti bathtube atau ember yang ebsar dan lebar sehingga mampu menampung seluruh permukaan matras.

Rendamlah dalam air panas dan sabun sekitar 10-20 menit, kemudian sikat dengan halus. Setelah bersih, bilaslah matras dengan air bersih kemudian keringkan dengan cara dijemur.

Bersihkan dengan cuka dan lap kering

Bahan yang selalu mengisi dapur satu ini memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mampu mengangkat noda-noda yang menempel pada matras anda. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Gunakanlah botol semprotan yang bersih kemudian isikan cuka serta air sabun kedalamnya. Semprotkan campuran tersebut pada seluruh bagian matras sambil anda lap dengan kain bersih.

Matras Yoga Terbaik

Jemur matras terutama setelah digunakan

Jika anda terlalu sibuk dan cukup malas untuk membersihkan dan mengelap matras kesayangan anda, maka menjemurnya di bagian pekarangan rumah akan cukup untuk mengangkat sisa-sisa keringat dan menghilangkan bakteri yang ada pada matras. Udara yang lembab mampu menimbulkan jamur yang menjadikan matras tidak tahan lama. Dengan menjemurnya, anda dapat meningkatkan ketahanan dan keawetan matras and sedikit lebih lama.

Kesimpulan

Pemilihan jenis bahan pada matras yoga terbaik sangatlah krusial karena berpengaruh pada kenyamanan dan kemudahan anda ketika menggunakan serta menyimpannya. Selain itu, pemilihan yoga mat sesuai dengan ukuran serta ketebalan juga sangat penting untuk dilakukan, apalagi jika anda pernah memiliki riwayat cedera pada bagian sendi atau bagian tubuh lainnya, maka matras dengan ketebalan hingga 10 mm sangatlah direkomendasikan untuk anda.

Jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan matras setelah anda menggunakannya dengan cara dicuci dengan sabun atau air cuka, atau jika anda terlalu malas, maka cukup jemur saja matras anda untuk menghilangkan sisa-sisa keringat yang terjatuh saat berolahraga.

Jangan terlalu sering menyimpan matras anda di dalam lemari selama berhari-hari karena selain dapat menimbulkan bau, anda juga bisa seketika bahwa anda memiliki matras untuk berolahraga, yang menjadikan rutinitas berolahraga anda menjadi hilang.

Simpanlah matras yoga anda di tempat yang sering anda lewati sehingga anda akan sering melihatnya dan kemudian sering menggunakannya. Imbangilah kepadatan jadwal serta pekerjaan menumpuk anda dengan olahraga agar tubuh selalu sehat dan bugar serta tidak jenuh memikirkan pekerjaan yang tidak kunjung usai. Salam olahraga!

Leave a Comment