9 Rekomendasi Rice Cooker Philips terbaik 2020

Rice Cooker Philips terbaik

Rice Cooker yang awalnya didesain secara multifungsi dan dijual secara luas dan banyak digemari di pasar internasional, harus kemudian kembali lagi ke modul konvensionalnya yang hanya bisa digunakan untuk menanak nasi saja untuk di pasarkan di Indonesia, dikarenakan kebiasaannya yang memakan nasi baik untuk pagi, siang, dan malam hari.

Berikut akan kami ulas beberapa kelebihan Rice Cooker Philips dibandingkan dengan merk penanak nasi lainnya, serta 9 rekomendasi Rice Cooker Philips terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk dimiliki.

Apa itu Rice Cooker Philips?

Rice Cooker Philips adalah suatu unit elektronik yang memiliki fungsi dasar untuk memasak nasi yang diproduksi oleh Royal Dutch Philips dan dipasarkan melalui Philips Indonesia. Philips menawarkan Rice Cooker dengan teknologi unggulan, dengan penggunaan bahan ProCeramic sebagai bahan utama interior inner pot, yang mana telah dipatenkan.

Rice Cooker Philips terbaik di Indonesia

Disamping fungsi dasarnya untuk memasak nasi, Rice Cooker keluaran perusahaan Belanda ini memiliki fitur-fitur yang membuatnya bisa digunakan secara multifungsi, seperti memanaskan nasi serta memasak berbagai macam masakan seperti bubur dan sup. Seri-seri yang dikeluarkan juga telah memiliki teknologi smart 3D heating system.

Apa saja keunggulan Rice Cooker Philips?

Menggunakan bahan ProCeramic pada bagian inner pot nya 

Tdiak seperti teknologi penanak nasi pada umumnya, yang masih menggunakan bahan antikarat biasa sebagai pelapis utama bagian interior pot, Rice Cooker Philips telah berinovasi dengan menggunakan bahan ProCeramic, yang mana mampu membuat Rice Cooker ini lima kali lebih keras dan lebih awet. Temuan teknologi lapisan ProCeramic ini juga telah dipatenkan oleh Philips.

Selain itu, bagian bodi serta casing Rice Cooker Philips juga dibuat dengan mamanfaatkan berbagai macam bahan untuk membuatnya lebih tahan lama dan anti karat, seperti plastik dan stainless steel.

Sudah menggunakan teknologi panas 3D 

Philips telah merancang dan mendesain Rice Cooker produksinya dengan fitur teknologi panas 3D sehingga panas yang dihasilkan bisa menyebar secara merata dari segala arah. Teknologi ini menjadikan nasi matang secara sempurna dan lebih pulen.

Rice Cooker Philips terbaik para compra

Lebih tahan gores

Lapisan ProCeramic yang digunakan pada interior inner pot Philips membuatnya menjadi kokoh dan tahan gores. Berdasarkan hasil pengujian, Rice Cooker Philips tiga kali lebih kuat terhadap goresan dibandingkan produk-produk brand lainnya.

Selain ProCemaric, inner pot Philips juga dilapisi dengan 5 bahan lainnya, meliputi lapisan luar tembaga, yang merupakan penghantar panas yang baik sehingga nasi bisa matang secara merata, lapisan pelindung, lapisan campuran logam ekstra kuat sehingga panas bisa merata keseluruh bagian dalam pot, lapisan Bakuhanseki yang membuat pot tahan 6 kali lebih kuat dan tahan gores, serta lapisan Kristal super kuat yang anti lengket dan anti gores menjadikan pot mudah dibersihkan.

Mudah dibersihkan

Bagian bodi Rice Cooker Philips telah dilapisi dengan pelindung yang tahan terhadap debu dan kotoran. Bagian inner lidnya juga mudah dilepas sehingga memudahkan pengguna saat akan membersihkan setelah pemakaian. Cara membersihkan unit perangkat nasi ini pun sangat mudah, tidak perlu menggunakan bahan atau sabun khusus. Cukup dilap menggunakan kain halus yang telah dibasahi.

Dijual dengan harga bervariasi dan menjangkau berbagai kalangan

Rice Cooker Philips telah diproduksi dengan beragam pilihan fitur dan teknologi serta ukuran yang bisa menyesuaikan kebutuhan para penggunanya. Mulai dari kebutuhan pribadi hingga rumah tangga, Philips memproduksi Rice Cooker dan menjualnya dengan harga variatif sesuai dengan teknologi yang ditawarkan serta ukuran/volumenya.

Tips memilih Rice Cooker Philips terbaik

Banyaknya seri yang telah diproduksi oleh brand kawakan ini terkadang membuat para calon pelanggannya, terutama para ibu rumah tangga bingung memilih seri Rice Cooker mana yang sesuai, serta teknologi apa yang harus dipilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Berikut kami berikan beberapa tips cerdas yang bisa kamu lakukan sebagai bahan pertimbangan sebelum kamu memantapkan pilihan pada satu seri Rice Cooker Philips.

Pilih kapasitas sesuai kebutuhan dan gaya hidup

Jika kamu adalah seorang ibu rumah tangga yang berencana ingin membeli Rice Cooker untuk memudahkan dan mengefisienkan waktu memasak nasi untuk keluarga, maka Rice Cooker berukuran atau berkapasitas 1 sampai 2 liter akan sangat cocok. Namun jangan lupa, sesuaikan juga dengan jumlah anggota keluargamu.

Rice Cooker Philips terbaik

Sebaliknya, jika kamu ingin membeli Rice Cooker untuk digunakan sendiri di kos, maka Rice Cooker dengan kapasitas 1 liter atau dibawahnya akan sangat pas digunakan. Kapasitas Rice Cooker sangat menentukan kualitas nasi setelah dimasak.

Jika jumlah beras yang dimasak terlalu sedikit dibandingkan dengan volume atau kapasitas rice cooker, maka nasi akan mudah kering. Sebaliknya, jika beras yang dimasukkan melebihi kapasitas inner potnya, maka akan mengakibatkan kurang meratanya kematangan nasi yang kamu masak.

Pilih bersadarkan daya listriknya

Dikarenakan fungsinya yang bukan hanya bisa digunakan untuk menanak nasi saja, melainkan juga memanaskan nasi secara otomatis setelah nasi matang, maka waktu penggunaan Rice Cooker dipasatikan cukup intensif sehingga akan memakan biaya listrik yang tinggi jika konsumsi daya yang digunakan juga tinggi.

Secara keseluruhan, Rice Cooker Philips dirancang dengan rentang daya yang bervariasi, berkisar antara 400 hingga 980 watt.

Perhatikan fitur tambahan lainnya

Dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang menarik, Rice Cooker Philips juga diharapkan mampu menjalankan fungsinya secara maksimal. Fitur pertama yang sangat menarik ada sistem fuzzy logic yang ditanamkan yang berfungsi untuk mengontrol suhu makanan sehingga nutrisinya tetap terjaga.

Rice Cooker Philips terbaik

Fitur prosesor suhu inovatif juga disematkan untuk mengatur suhu dan waktu memasak secara otomatis sesuai menu yang di pilih. Dengan suhu yang bisa diatur sesuai menu, kamu bisa menyesuaikan tekstur nasi atau jenis masakan lain sesuai dengan seleramu. Fitur selanjutnya yaitu fitur preset timer yang dapat mengatur waktu pemasakan nasi, sehingga kamu bisa megngatur lamanya waktu pemasakan.

Rice Cooker akan mati atau mengubah modenya menjadi mode memanaskan secara otomatis pada rentang waktu sesuai dengan yang telah kamu atur. Beberapa seri Rice Cooker Philips juga sudah bisa digunakan untuk memasak hingga delapan menu.

Top 9 Rice Cooker Philips terbaik dan berkualitas

9 Rice Cooker Philips berikut merupakan seri Rice Cooker Philips terbaik dan berkualitas serta populer yang bisa kamu temukan toko-toko atau market place online di Indonesia.

1. Philips Daily Collection Fuzzy Logic Rice Cooker HD4515

Seri unggulan pertama Philips adalah Rice Cooker HD4515 dengan fitur fuzzy logic yang dijual dalam rentang harga 700.000 hingga 900.000 rupiah.

Dilengkapi dengan fitur memasak cepat, unit yang memiliki kapasitas hingga 1,8 liter ini mampu memangkas waktu memasak nasi kamu dari 1 jam menjadi 25 menit saja.

Philips Daily Collection Fuzzy Logic Rice Cooker HD4515

Rice Cooker HD4515 ini juga memiliki kemampuan untuk memasak 8 menu yang berbeda, dengan konsumsi daya 400 watt dan dilengkapi dengan time control yang sangat praktis dan berguna sehingga kamu tidak perlu menunggu dan mengecek secara berkala kematangan masakanmu.

2. Philips Viva Collection Fuzzy Logic Rice Cooker HD3038

Seri fuzzy logic lainnya dari Philips yang juga tak kalah menarik adalah Rice Cooker HD3038 yang dibandrol dengan harga lebih tinggi dari HD4515, yaitu pada kisaran 1,4 sampai 1,6 juta rupiah.

Sama dengan HD4515, seri HD3038 juga memiliki kemampuan memasak hingga 6 menu yang berbeda dengan kapasitas inner pot yang sama, yaitu 1,8 liter, namun dengan konsumsi daya yang lebih tinggi, yaitu 980 watt.

Philips Viva Collection Fuzzy Logic Rice Cooker HD3038

Dengan penggunaan daya lebih tinggi, Rice Cooker yang dilengkapi dengan pengatur suhu terkomputerisasi (fuzzy logic control) ini mampu menjadi masakan lebih fresh dan matang secara sempurna.

Rice Cooker HD3038 didesain dengan ukuran 29,5 x 37,5 x 26 cm berbahan Stainless steel yang menjadikannya memiliki berat sekitar 5 kg, dengan mode memanaskan nasi yang bisa bertahan hingga 48 jam lamanya.

3. Philips Avance Collection Fuzzy Logic Rice Cooker HD3030

Tidak perlu memasak ulang nasi ketika mati listrik terjadi, seri terbaru dan unggulan Philips satu ini memiliki fitur backup memory yang sangat berguna ketika listrik dirumah kamu tiba-tiba mati ditengah-tengah proses memasak nasi.

Philips Avance Collection Fuzzy Logic Rice Cooker HD3030

Dengan fitur ini, proses pemasakan nasi akan berlanjut secara otomatis tanpa perlu diulang dari awal ketika Rice Cooker kembali menyala. Rice Cooker HD3030 yang dilengkapi dengan fuzzy logic control ini bisa kamu miliki hanya dengan harga 1 sampai 1,1 juta rupiah, dengan spesifikasi meliputi kapasitas 1 liter, konsumsi daya listrik sebesar 600 watt dengan desian material bodi Plastik polypropylene yang tahan karat, serta dilengkapi juga dengan pemanas smart 3D dan kemampuan memanaskan nasi dalam durasi hingga 48 jam.

4. Philips Viva Collection Rice Cooker HD3138

Philips Viva Collection Rice Cooker HD3138 didesain dengan lapisan Bakuhanseki 5 lapis yang membuatnya menjadi lebih awet serta kokoh dan tahan lama.

Philips Viva Collection Rice Cooker HD3138

HD3138 didesain memiliki kapasitas besar hingga 2 liter dengan konsumsi daya yang kecil, hanya 400 watt saja, yang mana dilapisi dengan material stainless steel dibagian bodi luarnya sehingga awet dan tahan debu serta kotoran.

Rice Cooker yang dipastikan sangat kokoh ini bisa kamu dapatkan dengan harga 700.000 hingga 900.000 rupiah.

5. Philips Daily Collection Jar Rice Cooker HD3127

Philips Jar Rice Cooker HD3127 merupakan tipe premium Philips dengan dilapisi oleh champagne gold base sehingga mampu menyebarkan panas secara merata saat proses memasak.

Bukan hanya dilapisi bahan antikarat, inner pot produk ini juga dilapisi antigores yang mudah dibersihkan dan mampu mencegah busa dan air nasi meluap dengan desain penutup yang berbeda.

Philips Daily Collection Jar Rice Cooker HD3127

Dengan kapasitas 2 liter dan konsumsi daya 400 watt saja, Rice Cooker HD3127 menawarkan beragam fitur menarik selain fitur-fitur standar penanak nasi Philips seperti pemanas smart 3D, inner pot 5 layer, mode pemanas dengan durasi hingga 48 jam, serta inner lid yang mudah dilepas dan dibersihikan.

Rice Cooker yang dirancang dengan dimensi 38,8 x 28,5 x 24,2 cm dan bobot 3,8 kg ini dibandrol dengan harga relatif murah dibandingkan dengan seri Rice Cooker Philips lainnya, yaitu sekitar 600.000 hingga 700.000 rupiah saja.

6. Philips Viva Collection Jar Rice Cooker HD3128

Dengan penambahan fitur pegangan pada inner pot, Philips Viva Collection Jar HD3128 ini dibandrol dengan harga lebih murah lagi disbanding dengan ulasan seri sebelumnya, yaitu berkisar antara 500.000 hingga 600.000 rupiah saja, yang mana sangat mudah untuk mengeluarkan nasi yang baru matang dan masih panas dari Rice Cooker ini karena adanya fitur pegangan tersebut.

Philips Viva Collection Jar Rice Cooker HD3128

Inner pot pada seri HD3128 juga sudah dilapisi Whitford coating yang membuatnya tidak lengket dan mudah dibersihkan.

Selain itu, beberapa spesifikasi dari seri ini meliputi kapasitas hingga 2 liter, dengan material bodi berbahan stainless steel yang anti karat serta anti debu dan kotoran, konsumsi daya listrik hanya 400 watt, dengan dimensi 38,8 x 28,5 x 24,2 cm dan bobot 3,8 kg dengan berbagai fitur standar penanak nasi Philips seperti biasa.

7. Philips Daily Collection Jar Rice Cooker HD3116

Memiliki beragam fitur standar Rice Cooker Philips, yang meliputi Smart 3D heating, 48 hours keep warm, 5 layers inner pot, seri penanak nasi yang dibandrol dengan kisaran harga 500.000 hingga 600.000 rupiah ini mampu mempercantik dapur rumah kamu karena didesain secara elegan dan menarik.

Philips Daily Collection Jar Rice Cooker HD3116

Sangat cocok untuk kamu para ibu-ibu muda yang gemar mendekorasi ruang dapur sehingga menambah semangat memasak untuk keluarga tercinta. Seri HD3116 juga sangat cocok untuk kamu yang lebih memilih untuk memaksimalkan fungsi utama dari rice cooker, yaitu untuk memasak nasi tanoa harus memusignkan fitur-fitur tambahan lainnya.

Rice Cooker yang didesain berdimensi 38,8 x 28.5 x 24,2 cm ini menawarkan kapasitas 1 liter dengan konsumsi daya listrik 400 watt.

8. Philips Rice Cooker HD3129

Philips Rice Cooker HD3129 sangat terkenal karena kemudahannya untuk dibersihkan karena lid yang mudah dibongkar pasang. Rice Cooker yang didesain dengan kapasitas 2 liter dan konsumsi daya 400 watt, dan berbahan plastik pada bagian bodi ini menawrkan 3 pilihan warna gold yang mampu membuat dapur kamu menjadi lebih terlihat elegan dan modern.

Philips Rice Cooker HD3129

Beberapa fitur seperti Smart 3D heating dan memanaskan nasi hingga 48 jam juga secara otomatis telah tersemat di dalamnya.

9. Philips Daily Collection Jar Rice Cooker HD3118

Seri terakhir unggulan Philips dan merupakan seri rice cooker terpopuler karena harganya yang sangat terjangkau ini dilengkapi dengan semua fitur standar Rice Cooker Philips meliputi Smart 3D heating system, 5 layers inner pot, 48 hours keep warm, dengan bagian handle yang tetap dingin walaupun Rice Cooker dalam keadaan nyala.

Philips Daily Collection Jar Rice Cooker HD3118

Unit yang dibandrol dengan kisaran harga 400.000 sampai 500.000 rupiah ini menawarkan kapasitas memasak besar hingga 2 liter dengan konsumsi daya listrik 400 watt. Unit ini juga memiliki ukuran standar dengan dimensi 33,8 x 28,5 x 24,2 cm dan bobot 3,8 kg.

Apa saja 8 menu atau mode memasak Rice Cooker Philips?  

Dengan fitur 8 mode memasak, kini kamu bisa menghidangkan 8 jenis makanan yang berbeda hanya dengan 1 peralatan masak saja. 8 mode tersebut meliputi mode menu nasi putih, menu bubur, menu masak cepat, menu kue, menu sop, menu kukus, menu slow cook, dan menu nasi merah.

Rice Cooker Philips terbaik

Proses pemasakan serta panas bagian dalam Rice Cooker aka disesuaikan dengan mode memasak yang kita pilih. Misalnya, ketika kamu ingin memasak sup ayam, agar daging bisa matang secara sempurna serta empuk dan tidak alot, maka mode memasak slow cook bisa kamu gunakan sehingga daging ayam yang dimasukkan bisa matang secara merata hingga ke bagian dalam.

Rice Cooker Philips juga memungkinkan kamu mengukus kue-kue seperti brownies, untuk kamu hidangkan kepada tamu-tamu yang dapat atau untuk anak agar semakin betah berada di rumah.

Apa kekurangan Rice Cooker Philips?

Disamping berbagai kemudahan dan beragam kemampuan yang ditawarkan, Rice Cooker Philips juga memiliki beberapa kekurangan diantara dengan memperhatikan bahaya penggunaan teflon, terutama untuk peralatan memasak.

Seperti kita ketahui, lapisan anti lengket yang biasa tersematkan pada unit penanak nasi memiliki zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan tubuh dan akan sangat berbahaya jika mengelupas dan tidak sengaja tertelan bersama nasi, sehingga kamu perlu sangat berhati-hati dalam menggunakannya.

Rice Cooker Philips terbaik

Selain itu, beberapa review atau ulasan dari para pelanggan Rice Cooker Philips menyebutkan nasi menjadi cepat basi dikarenakan uap air yang menetes dari bagian tutup ke nasi. Namun demikian, beberapa lagi juga menyebutkan tidak mendapatkan permasalahan yang sama, nasi tetap enak dan tahan untuk dimakan sampai hari berikut.

Oleh sebab itu, ketepatan dalam penggunaan, terutama kebersihan alat merupakan hal yang terpenting untuk diperhatikan agar peralatan tersebut dalam bekerja secara maksimal sesuai fungsinya.

Tips merawar Rice Cooker Philips

Bersihkan secara rutin

Beersihkan secara rutin bahkan setiap hari jika kamu merupakan pengguna Rice Cooker yang selalu memasak nasi setiap harinya. Kebersihan sangat berpengaruh pada performa alat. Bersihkanlah bagian luar dan bagian dalam serta inner pot Rice Cooker setiap hari atau setelah pemakaian, pastikan Rice Cooker dalam keadan dingin dan tidak panas ketika akan dibersihkan.

Usahakan mencuci beras bukan dengan panci rice cooker

Mencuci beras di dalam inner pot dikhawatirkan bisa menimbulkan goresan-goresan pada inner pot, yang akan berbahaya jika tercampur dalam proses pemasakan nasi.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk kamu para pengguna Rice Cooker untuk memastikan beras yang dimasukkan ke dalam inner pot adalah beras yang sudah dicuci bersih, sehingga cukup masukkan ke dalam inner pot dan tambahkan air saja sesuai standar atau sesuai selera.

Masak nasi sesuai kapasitas pot

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kapasitas inner pot sangat dan banyaknya beras yang akan dimasak sangat berpengaruh terutama pada tingkat kematangan nasi yang kamu masak. Pastikan nasi tidak terlalu sedikit karena akan mudah kering, namun juga jangan terlalu banyak hingga melebihi pot, karena mengakibatkan nasi tidak dapat matang secara sempurna.

Perhatikan cara mencuci bagian inner pot berikut

Bagian terpenting dari Rice Cooker Philips yang harus sangat diperhatikan dalam proses pembersihan dan perawatannya adalah bagian inner pot, tempat yang bisa dilepas dan dipasang untuk memasukkan beras dan air yang akan dimasak. Setelah nasi kamu habis termakan dan dipastikan inner pot kosong, rendamlah terlebih dahulu bagian inner pot dengan air bersih secar penuh selama 5 hingga 10 menit sebelum dibersihkan.

Hal ini akan membantu mengangkat sisa-sisa nasi kering yang menempel pada dinding pot sehingga gampang terlepas. Biasakanlah membersihkan tempat tanak nasi atau inner pot dengan air bersih saja, tanpa menggunakan sabun pencuci piring apalagi detergent.

Selanjutnya, cuci inner pot dengan spons lembut agar tidak menggores lapisan pot, kemudian bilas dengan air hangat setelah pencucian guna mengangkat bakteri-bakteri pada pot usai digunakan. Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal selama proses pencucian agar nasi yang dimasak tidak berbau dan bercampur dengan sabun.

Pastikan pot sudah kering sebelum digunakan kembali.

Matikan Rice Cooker ketika nasi tinggal sedikit

Selain menghemat listrik, mematikan Rice Cooker saat nasi tinggal sedikit di dalam pot atau panci penanak akan membantu mengurangi proses pengeringan nasi karena panas yang berlebih di bagian dalam dan nasi menempel pada inner pot, yang mana menimbulkan kesulitas dalam proses pembersihannya.

Nasi yang menempel juga bisa menyebabkan bagian dalam mudah tergores dan mengelupas ketika dibersihkan.

Kesimpulan

Rice Cooker Philips hadir dengan beragam keunggulan yang mampu membuat nasi yang kamu masak menjadi matang secara maksimal dan pulen, serta tahan lama. Tiap bagian dan komponen penyusun Rice Cooker dirancang dengan teknologi tinggi sehingga membuatnya lebih awet dan tahan lama, serta tahan terhadap kotoran dan debu serta tahan goresan.

Rice Cooker Philips memberikan banyak pilihan ukuran serta desain yang mampu menyesuaikan kebutuhanmu. Jadi, tunggu apa lagi? Beli Rice Cooker Philips terbaik pilihanmu sekarang dan pastikan kamu memiliki penanak nasi yang canggih dan membantumu memasak berbagai pilihan makanan favorit keluargamu!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *