Selimut Bayi Terbaik

8 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik 2020

Written by 8:49 pm Ibu & Bayi

Selimut bayi merupakan salah satu perlengkapan bayi yang esensial untuk dimiliki para ibu. Selain mampu melindungi bayinya dari udara dingin, selimut bayi juga berfungsi untuk melindungi kulit bayi dari gigitan nyamuk-nyamuk nakal di malam hari. Beberapa produsen perlengkapan bayi telah memproduksi selimut bayi dengan kualitas terbaik yang nyaman dan tepat guna.

Nyaman berarti tidak membuat bayi Anda merasa gatal dan panas, sedangkan tepat guna berarti hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja. Kulit bayi sangatlah sensitif. Itulah mengapa Anda perlu memahami kondisi kulit bayi anda dengan benar, serta memilih selimut untuk bayi anda secara benar dan sesuai, agar tidak menimbulkan iritasi atau pun alergi.

Berikut kami ulas 8 rekomendasi selimut bayi terbaik dan berkualitas yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi bayi anda.

Apa itu Selimut Bayi?

Selimut bayi adalah suatu kain berbentuk persegi atau persegi panjang dan terbuat dari berbagai bahan, seperti katun, poliester, maupun serat sintetis, yang memiliki fungsi utama untuk membuat bayi tetap hangat dan nyaman meski berada di udara dingin.

Selimut Bayi Terbaik di Indonesia

Tradisi di Indonesia juga umumnya menggunakan selimut bayi untuk membungkus tubuh bayi agar otot-otot dan tulangnya dapat tumbuh secara sempurna, yang biasa disebut dengan istilah ‘dibedung’.

Top 8 Selimut Bayi terbaik dan berkualitas di Indonesia

Beberapa produk selimut Bayi terbaik di bawah ini sangatlah direkomendasikan untuk anda miliki, untuk menjadikan waktu tidur bayi anda lebih panjang serta nyaman tanpa takut kedinginan dan tergigit nyamuk. Seluruh produk berikut bisa anda dapatkan di toko-toko perlengkapan bayi atau di marketplace berbasis online di seluruh Indonesia.

1. Mooi Selimut Newborn Garden Bunny

Mooi Selimut Newborn Gaerden Bunny merupakan selimut bayi yang terbuat dari bahan katun impor yang berkualitas dengan kombinasi premium fleece yang bebas dari alergi, sehingga membuat selimut ini nyaman dan aman untuk digunakan pada bayi yang baru lahir. Untuk membersihkan selimut berukuran 75×100 cm ini, dapat dicuci menggunakan mesin cuci, namun tidak dalam pengering.

Mooi Selimut Newborn Garden Bunny

Selain itu, selimut bayi ini juga memiliki gambar yang didesain dengan handmade untuk menciptakan motif yang eksklusif. Packaging dari selimut bayi ini pun menarik, sehingga dapat dijadikan sebagai kado. Mooi Selimut Newborn Gaerden Bunny memiliki harga berkisar Rp. 475.000 hingga Rp. 500.000.

2. Snobby Marble

Snobby Marble merupakan selimut bayi yang dilengkapi dengan penutup kepala, sehingga kepala bayi akan tetap terlindungi dari paparan sinar matahari, ataupun hembusan angin, terutama saat diajak berpergian.

Selimut Bayi Snobby Marble

Selimut ini didesain dengan ukuran 68×68 cm yang pas untuk bayi, sehingga bayi akan selalu nyaman berada didalamnya dan praktis untuk dibawa kemanapun.

Selimut bayi yang cukup lembut dengan variasi warna pink dan kuning ini dapat Anda miliki dengan harga Rp. 90.000 hingga Rp. 125.000 saja.

3. Cottonseeds Blanket Little Indians

Cottonseeds Blanket Little Indians merupakan selimut bayi berbahan lembut yang terbuat dari campuran bahan polyester dan kain velboa yang halus dan ringan, sehingga mempermudah bayi dalam bernapas meski dalam balutan.

Selimut Bayi Cottonseeds Blanket Little Indians

Selimut bayi ini memiliki motif little indians yang dapat menampakkan kesan lucu dan unik. Cottonseeds Blanket Little Indians memiliki harga berkisar Rp. 300.000 hingga Rp. 350.000.

4. Dialogue Baby Whales Series

Dialogue Baby Whales Series merupakan selimut bayi dengan kombinasi bahan kain TR dan katun yang dilengkapi dengan pengaman kecil (Velcro) semacam sabuk, sehingga saat penggunaan tidak mudah terbuka. Selimut bayi ini didesain dengan bagian bawah selimut yang berbentuk kantong, yang mana dapat memberikan kehangatan pada kaki bayi agar lebih nyaman.

Dialogue Baby Whales Series

Selain itu, series terbaru dari Dialogue dengan bentuk paus ini juga dilengkapi dengan saku tambahan yang berbentuk paus lucu menggemaskan pada bagian depan. Selimut bayi unik dan lucu dari Dialogue Baby Whales Series dapat Anda miliki dengan harga Rp. 157.000 hingga Rp. 165.000.

5. Mothercare Space Dreamer Knitted Blanket

Jika Anda masih berpikir bahwa selimut rajutan itu akan terasa panas untuk dipakai bayi, sekarang saatnya menghilangkan kekhwatiran itu. Karena kini Mothercare menghadirkan selimut rajut yang sangat halus.

Mothercare Space Dreamer Knitted Blanket

Terbuat dari 100% bahan katun yang halus dan lembut dengan desain terkini, selimut ini sangat worth to try dan menjadi pilihan yang tepat untuk membuat bayi merasa nyaman dalam balutannya. Selimut rajut anti panas ini dapat Anda miliki dengan harga Rp. 600.000 hingga Rp. 650.000.

6. Carter Selimut Topi Karakter 3D

Carter menghadirkan selimut dengan topi karakter yang lucu untuk digunakan pada bayi Anda. Terbuat dari bahan double fleece yang lembut dan adem, selimut ini dipastikan mampu memberikan kenyaman maksimal pada bayi.

Carter Selimut Topi Karakter 3D

Diperuntukkan untuk usia 0 hingga 12 bulan, selimut ini memiliki ukuran sekitar 76×102 cm. Selimut ini juga mudah dicuci baik dengan mesin atau secara manual. Carter Selimut Topi Karakter 3D ini memiliki harga berkisar Rp. 45.000 hingga Rp. 60.000.

7. Babybee Cuddle Blanked Dot

Babybee Cuddle Blanked Dot merupakan selimut bayi yang dapat digunakan pada bayi laki-laki ataupun perempuan. Terbuat dari bahan katun organik dengan desain comfy untuk melindungi bayi Anda agar tetap hangat dan nyaman saat tidur, terutama untuk bayi yang memiliki kulit sensitif.

Babybee Cuddle Blanked Dot

Selimut Babybee ini memiliki keunggulan, yaitu selimut bayi yang memiliki tekstur boba, sehingga dapat membantu perkembangan indra peraba pada bayi. Selimut bayi Babybee Cuddle Blanked Dot memiliki harga berkisar Rp. 160.000 hingga 200.000.

8. Babyscots Doraemon Series Baby2Go

Dengan mengusung tema kartun Doraemon selimut bayi ini didesain unik dan menarik, yang hadir dalam beragam warna yaitu merah, hijau, dan biru.

Babyscots Doraemon Series Baby2Go

Selimut ini dilengkapi dengan kantong yang terbuat dari bahan yang tebal, halus dan mudah menyerap keringat dan memiliki tali kecil pengaman, sehingga aman untuk kulit bayi yang masih sensitive.

Babyscots Doraemon Series Baby2Go dengan topi yang tidak mudah lepas saat digunakan ini dapat Anda miliki dengan harga Rp. 135.000 hingga Rp. 160.000.

 

Apa saja jenis-jenis Selimut Bayi?

Selimut bedungan (receiving blanket)

Selimut bedungan merupakan jenis selimut bayi yang memiliki bahan sangat halus dan sedikit berbulu, yang mana sangat tepat digunakan pada bayi-bayi yang baru lahir.

Berbentuk persegi empat dengan memiliki motif beranekaragam, receiving blanket mampu menghangatkan tubuh bayi baru lahir anda secara sempurna dengan membungkusnya hingga keseluruh bagian tubuh bayi layaknya kepompong.

Selimut Bayi Terbaik para compra

Bayi pun akan lebih nyenyak ketika tertidur serta aman dari cakaran-cakaran tangannya sendiri karena tangan tertutup rapi dalam selimut.

Selimut berkepala hewan (security blankets)

Security blankets merupakan salah satu jenis selimut bayi yang unik berbentu mengerucut dengan kepala hewan sebagai ujungnya. Berbahan halus dan dijual dengan karakter hewan yang beranekaragam, selimut jenis ini akan membuat bayi Anda merasakan kehangatan sepanjang hari, dengan kepalanya yang terus terjaga berkat adanya penutup kepala yang disematkan pada selimut.

Selimut lampin (swaddling blankets)

Selimut lampin biasanya memiliki bentuk yang bervariasi, seperti persegi empat dengan ukuran besar, ataupun sudah berbentuk menyerupai kerucut. Selimut lampin yang berbentuk kerucut sengaja dibuat untuk memudahkan orangtua saat harus mengganti popok bayi.

Selimut Bayi Terbaik

Anda hanya perlu membuka pengait yang berada di bagian atas selimut lampin, kemudian mengganti popok bayi anda dan menutupnya kembali secara praktis dan gampang.

Karung tidur bayi (sleep sacks)

Karung tidur bayi memiliki konsep seperti sleeping bag orang dewasa yang biasa digunakan ketika naik gunung, yang mana anda hanya perlu memasukkan seluruh tubuh sang bayi, kecuali kepalanya, ke dalam selimut berbentuk karung atau sack ini. Tangan, kaki, serta badan bayi pun akan terlindung dari dinginnya angina malam serta terhindar dari gigitan nyamuk.

Penggunaan sleep sacks ini juga sangat praktis dan memudahkan para ibu dalam menggedong bayi. Sayangnya, produk jenis satu ini sangat jarang ditemui di Indonesia.

 

Tips memilih dan mendapatkan Selimut Bayi terbaik

Tips-tips berikut bisa anda terapkan serta anda pertimbangan dalam proses pemilihan selimut untuk bayi kesayangan anda. Pastikan anda mendapatkan selimut bayi terbaik yang mampu bukan hanya menghangatkan tubuh sang bayi, namun juga memberikan kenyamanan dan keamanan saat dikenakan.

1. Pilih selimut berbahan lembut dan ramah di kulit bayi

Kulit bayi terutama yang baru lahir bersifat sangat sensitif dan mudah terluka. Pemilihan selimut dengan permukaan bahan terlalu kasar dikhawatirkan akan melukai kulit bayi, atau akan menimbulkan iritasi sehingga kulit menjadi tidak sehat.

Selimut Bayi Terbaik

Oleh sebab itu, pilihlah selimut dengan bahan super lembut, misalnya kain katun, agar tidak mengiritasi kulit bayi.

2. Hindari selimut yang memiliki banyak bulu 

Terkadang, para ibu gemar membeli selimut yang memiliki banyak bulu untuk bayinya karena terlihat lucu dan menggemaskan. Namun demikian, para ahli menyarankan untuk tidak memilih selimut yang berbulu karena dikhawatirkan akan memicu alergi pada bayi, seperti bersin-bersin dan sesak napas. Bulu-bulu yang menempel pada selimut juga dikhawatirkan bisa rontok dan masuk ke saluran pernapasan bayi.

3. Pilih selimut yang tidak memiliki banyak aksesoris

Meskipun tampak lucu dan menggemaskan, namun selimut dengan banyak hiasan seperti pita, tali atau boneka yang menempel di selimut justru membuat bayi tidak nyaman saat tidur. Selimut yang bertali atau pita juga dikhawatirkan akan mengakibatkan bayi terjerat secara tidak sengaja pada saat tertidur.

Selimut Bayi Terbaik

Jika memang dibutuhkan, Anda bisa memilih untuk memberikan selimut dengan bermacam aksesoris pada bayi anda saat ia tengah bermain dan terjaga. Namun demikian, ketika tidur, sebaiknya ganti selimut si kecil dengan selimut yang polos tanpa aksesoris.

4. Pilih selimut yang hangat namun tidak membuat gerah

Salah satu fungsi selimut adalah memberi kehangatan pada bayi. Namun, pemilihan selimut yang terlalu tebal atau penggunaannya yang tidak tepat waktu dapat menimbulkan bayi kegerahan sehingga mengurangi kenyamannya.

Oleh sebab itu, pilihlah selimut berbahan lembut dengan ronga-rongga kecil pada permukaannya, sehingga udara bisa dengan bebas keluar masuk, serta yang tidak terlalu tebal.

5. Perhatikan ukuran selimut

Beli lah selimut dengan ukuran paling sesuai dengan ukuran tubuh bayi anda, tidak terlalu besar, tidak juga terlalu kecil. Pasalnya, jika selimut yang Anda beli terlalu besar, bayi akan kesulitan bergerak karena selimut yang besar juga biasanya lebih berat.

Sedangkan, selimut yang terlalu kecil tidak akan mampu menutupi seluruh bagian tubuh bayi sehingga tidak dapat berfungsi secara maksimal.

5 merk Selimut Bayi terbaik dan berkualitas

Baby Scots 

Baby Scots merupakan merk yang dirancang khusus untuk benar-benar mengerti dan memahami akan kebutuhan Ibu dan Bayi. Baby Scots senantiasa menanamkan nilai-nilai comfortable (kenyamanan), high quality (berkualitas tinggi), cute (menarik), fun (ceria), dan enjoyable (menyenangkan) dalam setiap produknya.

Selimut Bayi Baby Scots 

Selimut Bayi Family 3 merupakan varian baru dari Baby Scots yang hadir dengan warna yang colorfull sehingga bisa menambah koleksi Anda. Dengan bahan yang mudah dicuci dan tidak berbulu, baby Scots mampu membuat bunda tenang dan tidak perlu khawatir dalam menjaga kualitas produk ini.

Baby Scots juga menggunakan bahan bagian dalam yang lembut dan mudah menyerap keringat sehingga sangat nyaman untuk digunakan.

Bumbee collection 

Bumbee collection merupakan brand yang menjual perlengkapan tidur bayi baru lahir, dan telah dikirim ke hampir seluruh wilayah di Indonesia. Perlengkapan tidur bayi dari bumbee menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan dapat dipastikan bayi akan merasa lebih nyaman ketika menggunakan produk dari bumbee collection karena didesain khusus untuk kebutuhan dan kenyamanan bayi.

Selimut Bayi Bumbee collection 

Terdapat macam-macam kain bumbee untuk perlengkapan tidur bayi, mulai dari kain katun catra, kain sutra tencel, kain katun jepang, kain kingkoil dan kain katun ima. Anda juga bisa custom selimut bayi karena Bumbee memiliki banyak pilihan motif kain yang bisa disesuaikan dengan selera Anda dan si kecil.

Babybee 

Babybee merupakan merk yang telah mengantongi sertifikat Internasional dan mengembangkan rangkaian produk perlengkapan tidur yang terbuat dari 100% latex dan lapisan katun sehingga sangat aman untuk digunakan oleh bayi Anda. Selimut babybee ini juga sudah Hypoallergenic (anti tungau dan jamur) serta memungkinkan untuk dibersihkan menggunakan mesin cuci.

Selimut Bayi Babybee 

Selimut bayi yang menjadi andalan Babybee adalah Cuddle Blanked Dot. Produk perlengkapan bayi satu ini merupakan jenis produk yang mewah karena terdapat perpaduan kain velour dengan 100% katun organik dan kombinasi satin serta memiliki tekstur boba yaitu tesktur menonjol yang dapat melatih indera peraba bayi.

Snobby

Snobby merupakan salah satu brand perlengkapan bayi yang mulai berkembang sejak tahun 2006. Hingga saat ini produk-produk Snobby telah tersebar ke seluruh Indonesia, bahkan telah berhasil menembus pasar mancanegara. Snobby berdedikasi untuk selalu menghadirkan desain produk yang kreatif dan berkualitas bagi Ibu dan buah hati, dengan gaya casual dan nyaman dipakai sehari-hari.

Selimut Bayi Snobby

Snobby juga menghadirkan produk tas bayi untuk papa, dalam seri Daddy’s Bag yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Beberapa produk unggulan Snobby diantaranya adalah gendongan hipseat, tas bayi, kasur dan selimut bayi.

Woombie 

Woombie adalah salah satu brand perlengkapan bayi yang berdiri sejak tahun 2007 dan telah menerima lebih dari 20 penghargaan yang diterima karena desain serta inovasinya yang bagus. Woombie telah berkembang dengan mempertahankan pendekatan bisnis yang berorientasi pada keluarga.

Selimut Bayi Woombie 

Woombie memiliki 2 jenis selimut bayi yang menjadi produk andalan, yaitu selimut bedungan dan selimut lampin. Lebih dari 1 juta orang tua dan bayi memilih bedung bayi woombie. Oleh karena itu, woombie telah diakui sebagai salah satu bedong bayi terbaik di dunia.

 

Apa saja bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat Selimut Bayi?

Katun

Kain katun adalah salah satu jenis bahan yang paling umum digunakan untuk membuat berbagai pakaian bayi, termasuk selimut. Selain akrena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan jenis bahan lainnya, kain katun juga terbukti mampu menyerap keringat secara maksimal, lembut, serta dingin saat digunakan. Namun demikian, Proses pengeringan kain katun dirasa cukup lama terutama ketika selesai dicuci.

Selimut Bayi Terbaik

Serat alami

Jika Anda menemukan selimut bayi dengan tulisan “eco-friendly “, berarti Anda menemukan selimut berbahan serat alami. Selimut ini tidak menyebabkan alergi dan melindungi bayi dari bakteri. Selain ramah lingkungan, kain yang terbuat dari serat alami juga ternyata ramah terhadap kulit bayi.

Sutra

Selimut bayi berbahan sutra memiliki harga yang cukup mahal, karena bahan sutra sangat ringan dan lembut untuk kulit bayi. Bahan ini tergolong tipis dan sensitif. Itulah mengapa, bahan sutra tidak bisa bertahan lama sebagai selimut, jika dibandingkan bahan selimut lainnya.

Selimut Bayi Terbaik

Flannel

Selimut berbahan flanel bisa terbuat dari benang wol, ataupun campuran wol dengan serat sintetis ataupun wol dengan katun. Selimut berbahan flanel akan membuat bayi merasa sangat hangat, bahkan cenderung kepanasan ketika terlalu lama digunakan. Oleh sebab itu, pemilihan kain flannel sebagai bahan pembuat selimut masih sangat jarang ditemukan.

Mikrofiber atau minky

Bahan mikrofiber atau minky adalah bahan sejenis bludru dengan serat sintetis yang tahan akan noda dan cairan. Jenis kain ini memiliki tekstur yang lembut serta halus, yang mana sangat identik untuk dijadikan sebagai bahan pembuat selimut bayi karena sangat empuk. Dibandingkan dengan kain flannel, kain microfiber ini memiliki kualiats permukaan yang lebih lembut serta tidak panas ketika digunakan.

Tips mencuci Selimut Bayi

Pisahkan dari pakaian orang dewasa

Pada umumnya, selimut bayi dibuat khusus menggunakan bahan yang lembut, seperti katun, flanel, dan microfiber. Bahan jenis ini sesuai untuk kulit bayi yang masih sangat sensitif. Oleh karenanya, disarankan untuk memisahkan selimut dari pakaian orang dewasa saat hendak mencucinya.

Selimut Bayi Terbaik

Hal tersebut bertujuan agar bahan tidak bercampur dan terjaga kualitasnya. Selain itu, untuk menghindari kuman atau bakteri yang menempel dari pakaian orang dewasa, serta untuk menghindari selimut terkena noda warna dari pakaian yang mudah luntur.

Rendam dalam air hangat 

Setelah dipisahkan, ingat untuk tidak langsung mencuci selimut bayi Anda. Sebaiknya rendam selimut dalam air hangat, kemudian biarkan setidaknya 15 menit. Langkah ini sangat diperlukan guna memastikan selimut bersih maksimal. Air hangat akan membunuh kuman dan bakteri berbahaya yang menempel pada kain selimut bayi Anda.

Pilih detergen dengan pH rendah

Memilih deterjen dengan pH rendah merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam mencuci selimut bayi Anda. Pasalnya, pH yang rendah telah terbukti aman untuk kulit bayi yang sensitif. Gunakan detergen sesuai takaran dan jangan berlebihan karena residunya bisa memicu iritasi pada kulit.

Gunakan cairan pelembut dari bahan alami

Tidak hanya detergen saja, Anda juga perlu mempertimbangkan pelembut pakaian yang hendak digunakan. Pilih produk yang dibuat dari bahan alami, yang pastinya sesuai untuk kulit bayi. Agar selimut bayi Anda semakin harum serta lembut saat digunakan untuk tidur.

Selimut Bayi Terbaik

Perhatikan Bahan Selimut

Jika selimut bayi Anda terbuat dari bahan katun, tidak masalah jika Anda ingin mencucinya dengan menggunakan mesin cuci. Namun, jika selimut menggunakan material bulu-bulu atau woll ada baiknya kucek atau bersihkan menggunakan tangan secara lembut, agar bulu tidak mudah rontok. Selain itu perhatikan juga ketika menjemur, pastikan tempat menjemur benar-benar panas agar seluruh permukaan selimut dan bulu benar-benar kering.

Kesimpulan

Selimut bayi memiliki fungsi utama untuk menghangatkan dan menjaga tubuh bayi dari dinginnya angin dan menghindarkan dari gigital serangga dan nyamuk. Memilih selimut bayi ternyata bukanlah hal yang mudah. Diperlukan ketelitian orang tua agar bayi tetap nyaman dan aman ketika menggunakannya.

Ketika memilih selimut bayi, perhatikanlah daya tahannya dengan sering-sering membaca review serta ulasan produk. Daya tahan selimut juga dipengaruhi oleh jenis bahan yang digunakan, yang juga akan berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan kulit bayi ketika mengenai permukaan selimut.

Khusus untuk bayi yang baru lahir, ada baiknya anda memilih selimut dengan bahan yang dirancang khusus untuk kulit bayi sensitif agar terhindar dari alergi serta iritasi kulit.

Perhatikan pula ukuran selimut bayi anda sesuai dengan ukuran tubuh bayi agar mampu berfungsi secara maksimal. Selain untuk keperluan menghangatkan ketika tertidur, selimut bayi juga dapat difungsikan untuk berbagai hal seperti penggedongan dan alas ketika bayi sedang bermain. Pilih selimut bayi terbaik anda sesuai dengan kebutuhan dan keadaan sang buah hati.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Last modified: 29/09/2020
Close