[Review] 7 Sepatu Lari Terbaik dan Berkualitas 2019

sepatu Lari terbaik
[Review] 7 Sepatu Lari Terbaik dan Berkualitas 2019
4.4 (88.89%) 9 votes

Jika Anda berniat untuk menjadikan olahraga lari sebagai gaya hidup Anda atau baru mau menjajaki olahraga yang satu ini, hal pertama yang mungkin Anda putuskan adalah membeli sepatu lari terbaik untuk mendukung dan menemani Anda selama berolahraga.

Namun ternyata, saat memasuki toko olahraga dan menuju ke bagian sepatu lari, terpampang deretan beragam sepatu lari dari berbagai macam merek dan kualitas. Tidak jarang ini membuat para pelari –terutama para pelari pemula- kebingungan. Banyak produsen seperti Adidas, Asics, Nike, Puma, dan Reebook mulai memproduksi sepatu lari berkualitas terbaik dengan menghadirkan keunikan dan keunggulannya masing-masing.

Sepatu Lari

angan khawatir, kali ini kami akan membahas hal-hal yang penting untuk diperhatikan dan dijadikan pertimbangan ketika Anda ingin berburu sepatu lari, berikut ulasan mengenai 7 sepatu lari terbaik yang kami rekomendasikan agar dapat membantu Anda dalam memilih sepatu lari yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum Anda membeli sepatu lari, tidak ada salahnya untuk memperhatikan bahasan berikut ini.

Tips memilih sepatu lari yang tepat untuk pemula

Olahraga lari kini menjadi gaya hidup orang-orang dari berbagai kalangan. Salah satu kebutuhan utama yang harus mereka siapkan adalah sepatu lari. Agar tidak salah dalam memilih sepatu, berikut kami sajikan tips memilih sepatu yang tepat.

Pilih yang memiliki bantalan empuk

Sepatu yang memiliki bantalan empuk bermanfaat untuk memberikan kenyamanan bagi pelari. Bagi orang yang baru saja memulai olahraga ini atau bagi mereka yang ototnya belum terbentuk, sepatu dengan bantalan tebal adalah yang paling tepat.

Tips memilih sepatu lari

Bantalan yang empuk dan tebal dapat mengurangi terjadinya masalah yang berhubungan dengan otot. Untuk pelari pemula, tidak disarankan memilih sepatu yang memiliki bantalan tipis karena akan memberi beban pada kaki.

Sesuaikan dengan berat badan

Jika Anda adalah pelari yang memiliki berat badan di atas rata-rata, ada baiknya untuk memilih sepatu lari dengan bantalan yang lebih tebal jika dibandingan dengan bantalan sepatu lari pada umumnya.

Tips memilih sepatu lari

Ini dikarenakan semakin berat bobot seorang pelari, maka semakin besar juga terjadi benturan antara kaki dengan permukaan yang harus diredam oleh sepatu tersebut. Bagi pelari yang memiliki berat badan rata-rata, maka hal ini tidak akan menjadi kendala berarti. Anda bisa memilih sepatu lari pada umumnya.

Perhatikan bentuk kaki

Jika diperhatikan dengan saksama, setiap orang dikaruniai dengan bentuk kaki yang berbeda-beda. Secara umum, bentuk kaki manusia digolongan ke dalam tiga tipe yaitu Over Pronation, Under Pronation dan Normal Pronation.

Over pronation adalah bentuk kaki dengan tipe memiliki ciri-ciri telapak kaki miring ke arah dalam. Under pronation: orang dengan bentuk kaki tipe ini memiliki ciri-ciri telapak kaki miring ke arah luar. Sedangkan tipe Normal pronation memiliki ciri-ciri telapak kaki normal menapak pada permukaan.

Tips memilih sepatu lari

Jika Anda bingung untuk menentukan yang mana tipe bentuk kakimu, coba lakukan tes ini: basahi kaki lalu menapaklah pada permukaan karton atau kardus. Coba lihat bekas tapak yang tertinggal. Jika tapak kaki Anda memiliki sudut kelengkungan yang kecil pada sisi dalam telapak kaki, artinya Anda termasuk tipe over pronation.

Jika tapak kaki Anda memiliki sudut kelengkungan yang besar pada sisi dalam telapak kaki/ bagian tengah kaki tipis, maka bentuk kaki Anda termasuk tipe under pronation. Namun, jika tapak kaki Anda memiliki sudut kelengkungan yang normal pada sisi dalam telapak kaki, maka kaki Anda termasuk ke dalam tipe normal pronation.

Periksa kelenturan sepatu

Ketika memilih-milih sepatu, coba lihat dan cek titik lentur sepatu, yaitu bagian sepatu yang akan menekuk saat kita berlari. Salah satu caranya adalah dengan mencoba mengenakan sepatu tersebut, lalu gunakan dalam keadaan berjinjit, atau coba dibuat seolah dalam keadaan berjinjit dengan cara menekuk sepatu tersabut.

Cek dan rasakan apakah sepatu tersebut cukup lentur. Jika sepatu tidak lentur atau cenderung kaku, hal ini berpotensi membuat kaki tidak nyaman dan bahkan parahnya bisa menimbulkan cidera.

Belilah sepatu pada waktu sore hari

Waktu yang tepat untuk memilih sepatu adalah sore hari karena pada waktu ini, kaki manusia telah mengembang setelah dipakai untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Dengan demikian, Anda dapat mencegah terjadinya risiko sepatu kesempitan atau kekecilan setelah dipakai beraktivitas selama beberapa lama.

Pilih sepatu yang ukurannya lebih besar dari ukuran kakimu

Dengan membeli sepatu yang ukurannya lebih besar daripada ukuran kaki, Anda dapat meminimalisir terjadinya lecet. Perlu diingat bahwa kaki dapat mengembang setelah dipakai untuk beraktivitas setelah beberapa lama.

Jika ukuran sepatu lebih besar, ada ruang lebih bagi kaki yang mengembang dan menjadi tegang. Anda juga bisa berlari tanpa tekanan sehingga tidak memberi beban berlebih pada jari kaki. Disarankan untuk mencari sepatu lari yang setidaknya setengah lebih besar dari ukuran kaki sebenarnya.

Tips memilih sepatu lari

Misalnya, kaki Anda seharusnya berukuran 38, maka disarankan membeli sepatu lari dengan ukuran 38,5. Jangan lupa, selain panjang kaki, Anda juga harus mempertimbangkan lebar kaki dan punggung kaki Anda supaya tetap nyaman saat sepatu dipakai untuk berlari.

Pilih sepatu yang ringan untuk mengurangi kelelahan

Bobot sepatu adalah salah satu hal yang harus menjadi pertimbangan sebelum Anda menentukan pilihan. Sepatu yang berat akan menjadi beban bagi kaki Anda, apalagi untuk berlari dalam waktu lama.

Dengan teknologi yang semakin canggih, kini sudah tersedia berbagai produk sepatu lari yang ringan dengan berat hanya 260 gram saja. Anda disarankan untuk memilih sepatu lari yang berkualitas baik dan tentunya ringan.

Coba pakai selama beberapa menit

Setiap kali Anda sedang memilih dan mempertimbangkan sepatu mana yang mau Anda beli, apalagi sebelum membeli sepatu lari yang terbaik untuk Anda, pastikan untuk coba memakai kedua sisi sepatu.

Setelah itu, lakukan gerakan-gerakan yang bervariasi selama beberapa menit, seperti berjalan kaki atau melakukan gerakan seperti jogging, atau menekuk-nekukkan sepatu. Ini penting untuk mengetahu seberapa nyaman sepatu tersebut ketika digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas.

Pilih sepatu sesuai dengan medan lari

Secara umum ada tiga jenis sepatu lari berdasarkan medannya. Yang pertama adalah sepatu lari jalan raya (road running shoes). Jenis sepatu ini dapat dipakai saat berlari di jalanan beraspal. Pada umumnya, sepatu lari jalan raya berbobot ringan, fleksibel dan lentur, mampu meredam benturan, dan bantalannya memberikan kesan empuk selama dipakai berlari di permukaan keras (seperti aspal).

Yang kedua merupakan sepatu lari lintas alam (trail running shoes) yaitu sepatu yang didesain khusus untuk dipakai berlari di permukaan berlumpur, berbatu, atau permukaan yang memiliki rintangan cukup tinggi dan sulit, seperti rumput dan akar pohon. Jenis sepatu seperti ini biasanya dilengkapi dengan sol anti-slip dan menggunakan bahan khusus agar pelari bisa tetap berlari stabil dan kaki mendapat perlindungan serta dukungan yang baik selama berlari.

Sedangkan bentuk terakhir adalah sepatu cross-training yang biasanya umtuk digunakan saat berlatih di gym yang memiliki sol dan bantalan tebal untuk menjaga keseimbangan.

Merk Sepatu Lari terbaik

Sepatu Lari Reebok

Merk sepatu lari yang pertama adalah Reebok yang merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 1895 dengan nama awal yaitu J.W Foster and Sons hingga akhirnya berubah menjadi Reebok (Nama Reebok berasal dari jenis rusa afrika).

Sepatu Lari Reebok

Ternyata terdapat persaingan dalam hal penjualan antara Reebok dan Nike. Satu-satunya Reebok pernah mengalahkan Nike dalam hal penjualan sepatu adalah ketika di tahun 90’an dimana pada saat itu Reebok mengeluarkan sepatu jenis pump yang dipakai Dee Brown untuk mengalahkan Michael Jordan pada kontes Slam Dunk. Reebok pun ikut meramaikan pasar sepatu lari dengan berbaga keunggulan dari hasil kemenangannya.

Sepatu Lari Puma

Merk yang mirip dengan jenis hewan tangguh ini merupakan perusahaan yang didirikan oleh Rudolf Dassler yaitu saudara dari Adolf Dassler pendiri dari ADIDAS. Nama awal dari perusahaan ini merupakan Ruda (berasal dari inisial nama Rudolf Dassler), namun akhirnya dirubah menjadi PUMA.

Sepatu Lari Puma

Logo Puma yaitu berasal dari hewan panther yang didesain pada tahun 1948. Arti lambang dari Lompatan di logo Puma adalah kekuatan dan energi dari hewan panther yang dapat dilihat dari reabilitas produk buatan PUMA.Dengan demikian anda tidak perlu meragukan kualitas dari sepatu lari PUMA

Sepatu Lari Adidas

Adidas awalnya merupakan sebuah perusahaan bernama Dassler Brothers Shoe Factory, yang dimiliki oleh 2 orang bersaudara bernama Adolf dan Rudolf Dassler. Hingga akhirnya di tahun 1947 ke-2 saudara tersebut berpisah Rudolf mendirikan perusahaan sepatu sendiri.

Sepatu Lari Adidas

Sedangkan Adolf memutuskan tetap menggunakan ADIDAS yang merupakan singkatan dari “All Day I Dream About Sport”. Adidas pun turut mengeluarkan sepatu lari yang terkenal nyaman baik dikaki maupun dikantong.

Sepatu Lari Nike

Merek sepatu yang satu ini pastinya anda sudah sering mendengarnya. Selain itu dngan logo yang simple dan menarik Nike berhasil menjadi ikonik yang digunakan diberbagai kompetisi dan atlet dunia. Pada awalnya Nike didirikan oleh Bill Bowerman dan Phil Knight pada tahun 1964, namun nama toko tersebut bukanlah Nike melainkan Blue Ribbon Sports.

Sepatu Lari Nike

Toko ini merupakan distributor dari pembuat sepatu jepang yang bernama Onitsuka Tiger. Hingga pada akhirnya di tahun 1971 Blue Ribbon Sports berubah nama menjadi Nike, dimana ide ini berasal dari pegawai pertama Nike yang bernama Jeff Johnson. Hingga saat ini Nike telah bertahan selama 54 tahun dengan kualitas yang tidak diragukan lagi.

Sepatu Lari Asics

Asics merupakan perusahaan jepang yang menghasilkan sebagian besar peralatan olahraga, dimana harga dari peralatan ini tergolong mahal. Asics merupakan akronim dari Anima Sana in Corpore Sano (Arti : Pikiran yang Sehat dalam Tubuh yang Sehat).

Sepatu Lari Asics

Pendiri dari Asics merupakan Kihachiro Onitsuka, awalnya perusahaan ini bernama Onitsuka Co., Ltd. Dimana Onitsuka menghasilkan sebagian besar sepatu yang digunakan untuk keperluan olahraga basket.

Phil Knight yang menyukai dengan kualitas sepatu buatan dari Onitsuka dan berkeinginan menjual sepatu Onitsuka di Amerika. Hingga akhirnya Phil Knight menciptakan perusahaan sepatu sendiri bernama Nike, awal dari produk Nike ternyata berasal dari Jepang.

Rekomendasi 7 Sepatu Lari Terbaik dan Berkualitas

1. Reebok Zpump Fusion

Pada edisi kali ini, Reebok menciptakan teknologi The Pump yang dapat menyesuaikan sepatu dengan bentuk kaki si pelari. Sesuai dengan namanya, teknologi tersebut berfungsi sebagai pompa dan berbentuk seperti tombol.

Reebok Zpump Fusion

Setelah dikenakan, jika pump tersebut ditekan sebanyak tiga sampai delapan kali, ini akan menghasilkan udara yang akan mengelilingi tumit, kemudian menyesuaikan dengan bentuk dan kontur kaki. Oleh karena itu, sepatu ini cocok untuk kaki siapa pun dengan bentuk apa pun.

Sepatu lari ini juga didukung dengan Power Frame yang memungkinkan ruang udara tetap berada di dekat kaki, sehingga sepatu tetap pas dan nyaman saat digunakan untuk berlari.

Sepatu ini juga memiliki keunikan lainnya yaitu dengan adanya eyelets dan bagian tumit yang reflektif, yang dapat membantu menerangi sekeliling Anda saat Anda berada di tempat yang agak gelap. Sepatu ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 1.196.000

2. Puma Ignite Ultimate Layered Running Shoes

Ignite Foam merupakan material yang digunakan pada midsole. Teknologi yang diciptakan ini mampu memberi tekanan ketika kaki mendarat dan bersifat memantul untuk memberikan energi lebih besar. Karenanya, sepatu lari ini dapat menunjang performa untuk berlari lebih lama. Sepatu lari ini memiliki heel yang tinggi, dengan bantalan yang tebal, cocok digunakan bagi pelari pemula.

Puma Ignite Ultimate Layered Running Shoes

Selain itu, sepatu ini juga dilengkapi dengan 3-layer mesh upper untuk kenyamanan kaki, serta ForEverFoam pada bagian tumit untuk meningkatkan daya tahan sepatu. Sepatu yang bisa memberikan kenyamanan pada kaki saat berlari ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 1.599.000

3. Under Armour Speedform Apollo Vent Running Shoes

Bagian upper sepatu ini terbuat dari mesh yang membuat kaki bebas bernafas. Strukturnya yang lentur sangat cocok untuk jogging ataupun lari jarak pendek. Heel cup yang terbuat dari bahan silikon juga menjamin kestabilan tumit dalam menyokong kaki.

Under Armour Speedform Apollo Vent Running Shoes

Sepatu ini dirancang agar sesuai dengan bentuk kaki pelari, dapt melindungi tumit dengan sempurna, serta desain anti slip yang menambah kenyamanan saat dipakai untuk berlari. Jika anda ingin sepaatu yang bias tetap menjaga kesejukkan ketika anda berlari maka Under Armour Speedform ini bisa anda bawa pulang dengan harga Rp. 2.179.000

4. New Balance Fresh Foam Zante V3

Menggunakan teknologi Fresh Foam pada seluruh bagian telapak kaki, sepatu ini efektif dalam meredam benturan. Sehingga ketika anda harus menghadapi area berbatu saat berlari pun tidak akan menjadi masalah. Desain bagian belakang sepatu lari ini membungkus kaki dengan pas, memberikan kenyamanan dan mendukung kecepatan berlari.

New Balance Fresh Foam Zante V3

Sepatu ini terbuat dari bahan mesh yang dapat menjaga sirkulasi udara dengan baik. Desainnya minimalis namun trendi sehingga ikut menunjang penampilan Anda. Bobot sepatu ini tidak terlalu berat hanya sekitar 700 gram. Anda dapat memakainya untuk berlari di jalanan maupun berlari jarak jauh dengan sangat nyaman.

Sepatu yang sangat melindungi kaki anda ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp. 2.179.000

5. Adidas Energy Boost 3 Running Shoes Blue

Siapa yang tidak kenal Adidas. Kualitas sepatu dari Adidas sebagai produsen sepatu olahraga sudah tidak perlu diragukan lagi. Adidas menerapkan teknologi boost pada midsole dengan keunggulan daya regang yang besar dan densitas yang rendah. Saat dipakai, sol ini akan terasa sangat lembut.

Adidas Energy Boost 3 Running Shoes Blue

Karena itu sepatu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mencari sepatu lari dengan bantalan yang lembut.

Sepatu lari ini juga memiliki daya tahan terhadap abrasi, tahan terhadap air, dan stabil terhadap perubahan cuaca, sehingga sepatu ini akan tetap awet walaupun sering dipakai. Tertarik memiliki sepau ini? anda cukup membelinya dengan harga Rp. 2.624.000

6. Asics Gel-Kayano 23

Asics mengaplikasikan gel pada tumit sepatu dan bagian pijakan lainnya untuk menahan benturan saat berlari. Asics juga menerapkan teknologi midsole FlyteFoam untuk bantalan dengan daya pantul yang maksimal. Perpaduan dari teknologi gel dan FlyteFoam ini menghasilkan kenyamanan yang tinggi bagi pemakai, sangat cocok untuk pemula maupun pelari dengan keluhan pada lutut.

Asics Gel-Kayano 23

Di samping itu, sepatu lari ini juga memiliki keunikan lain yaitu dirancang dengan daya kemiringan di bagian dalam sepatu, agar berat badan pelari bertumpu pada bagian pusat telapak kaki.

Dengan bertumpu di bagian tengah, sepatu ini mendukung keseimbangan dan stabilitas pelari untuk melakukan lari jarak jauh. Untuk sepatu yang bagus dalam menjaga keseimbangan ini, bisa anda bawa pulang dengan membayar Rp. 1.559.400

7. Nike Free RN Motion Flyknit

Pada sepatu lari jenis ini, Nike mengedepankan fleksibilitas dengan teknologi bi-injection yang tidak menggunakan lem dalam pembuatannya, serta auxietic sole berbentuk tri-star untuk lebih menyesuaikan bentuk kaki si pelari. Adanya kerah pada mulut sepatu juga membantu agar sepatu dapat dipasang dan dicopot dengan mudah.

Nike Free RN Motion Flyknit

Desain sepatu lari ini dinamis dengan bahan flyknit pada bagian upper, memberikan rasa yang fit seperti ketika memakai kaos kaki dengan sirkulasi udara yang sangat baik. Heel yang tinggi dengan bantalan yang tebal juga menambah kenyamanan saat berlari.

Sepatu lari ini cukup lentur. Anda dapat merasakan gerakan kaki yang alami dengan sepatu ini. Sepatu dengan desain modern ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp. 4. 375.700

Tips Membersihkan Sepatu Lari

Tidak dapat dipungkiri bahwa sepatu lari merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan bagi seorang pelari. Karenanya tidak berlebihan jika sepatu lari bisa dikatakan sebagai sahabat terbaik bagi si pelari, menemani di saat latihan maupun saat berkompetisi.

Sebagai kesayangan yang selalu menemani aktivitas kita selama berlari, bisa dipastikan sepatu kita itu terpapar oleh banyak faktor yang berpotensi membuatnya kotor, misalnya keringat, cuaca, dan kondisi lingkungan tempat kita berlari, seperti tanah liat track, genangan air, hingga lumpur.

Semua kotoran tersebut berpotensi membuat sepatu lebih cepat aus dari seharusnya. Ini saatnya “membalas budi” kepada si kesayangan. Dengan menyisihkan waktu yang tidak seberapa lama untuk membersihkan sepatu lari, tidak saja membuat penampilannya lebih baik namun juga membantu membuatnya lebih awet.

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membersihkan sepatu lari kesayangan Anda:

Segera hilangkan kotoran.

Begitu Anda selesai memakai sepatu, misalnya untuk lari lintas alam, jangan tunggu lama-lama, segera bersihkan sepatu dari lumpur atau pasir yang menempel sebelum terlanjur mengeras.

Ambil sikat gigi bekas, air hangat, dan sabun yang lembut seperti sabun bayi atau sabun mandi. Gosok di bagian sepatu yang kotor dengan lembut agar tidak merusak sepatu. Saat mengelapnya, gunakan kain lembut yang basah atau lembab.

Pilih produk pembersih yang tepat.

Merawat sepatu lari tidak ubahnya seperti merawat kesayangan. Sama halnya ketika para pemilik sepatu suede yang menggunakan pembersih khusus, Anda juga bisa membeli produk pembersih khusus untuk sepatu lari Anda.

Tips Membersihkan Sepatu Lari

Pastikan pembersih tersebut terbuat dari bahan silikon untuk mencegah kerusakan yang bisa saja terjadi pada sepatu Anda.

Gunakan spray khusus sepatu.

Setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu, sepatu lari Anda bisa menimbulkan bau yang kurang sedap. Untuk menghilangkan dan mencegah bau, Anda bisa membeli spray khusus sepatu.

Bila sepatu lari Anda terjaga dari bau-bauan yang tidak sedap tentunya akan menjaga rasa percaya diri si pelari itu sendiri ketika sedang berlari.

Pisahkan bagian insole-nya.

Kalau memungkinkan, lepaskan bagian sockliner atau insole-nya dan cuci secara terpisah. Hal ini membantu membuat bagian dalam sepatu lebih bersih dan segar. Sebelumnya, lepaskan juga tali sepatunya lalu cuci terpisah.

Keringkan secara alami.

Terkadang, Anda ingin melakukan segala sesuatunya dengan cepat, termasuk dalam hal mengeringkan sepatu, karena berbagai alasan seperti karena tidak sabar menunggu, atau Anda buru-buru harus menggunakan sepatu lari tersebut.

Ada orang-orang yang bahkan menggunakan alat pengering rambut agar sepatu cepat kering. Hati-hati karena suhu yang terlalu panas dari pengering rambut tersebut bisa merusak sepatu Anda. Begitu pula dengan menjemur sepatu yang baru saja dicuci di bawah sinar matahari langsung. Hal ini akan mengubah bentuk sepatu lari Anda.

Yang paling baik adalah dengan membiarkannya kering secara alami. Caranya, buka lidah sepatu lalu masukkan kitchen paper atau koran bekas. Kertas/ koran itu akan menyerap kelembaban di dalam sepatu. Umumnya butuh waktu hingga 12 jam sampai sepatu kering sempurna.

Hindari mencuci di mesin cuci.

Kami tidak menyarankan Anda untuk membersihkan sepatu lari Anda dengan memasukkannya ke dalam mesin cuci. Ini disebabkan karena ada materi di dalam sepatu yang tidak boleh terpapar panas dan tidak boleh direndam di dalam air.

Tips Membersihkan Sepatu Lari

Namun demikian, ikuti petunjuk pembersihan yang biasanya tertera pada sepatu lari Anda, karena ada beberapa jenis sepatu yang memungkinkan Anda mencucinya dengan mesin cuci.

Bila lari menjadi kegiatan rutin yang sering Anda lakukan, tak ada salahnya untuk mengalokasikan dana Anda untuk memiliki lebih dari satu pasang sepatu lari. Dengan demikian Anda bisa beralih mengenakan sepatu yang lain sembari menunggu sepatu yang sedang dibersihkan mengering.

Kesimpulan

Dengan semakin majunya teknologi, makin banyak pula produsen yang mengeluarkan berbagai macam sepatu lari terbaik dengan keunggulan dan keunikannya masing-masing. Selain dari fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan, Anda juga dapat memiliki sepatu lari yang trendi yang turut menunjang penampilan pelari itu sendiri.

Kami harap ulasan, rekomendasi, maupun tips di atas dapat berguna. Semoga Anda akhirnya dapat menambatkan hati Anda pada sepatu lari terbaik dan tepat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

You May Also Like

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *