7 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik di Indonesia

sepeda gunung terbaik

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyehatkan sekaligus menyenangkan. Apabila anda orang yang senang melakukan kegiatan berpetualang, ada baiknya anda mencoba sepeda gunung terbaik rekomendasi kami

Sepeda gunung memang tidak pernah ada matinya Salah satu jenis alat transportasi ini memang banyak digemari publik dan tak pernah lekang oleh waktu. Hemat bahan bakar dan ramah lingkungan merupakan keunggulan dari alat transportasi beroda dua ini. Bagi anda yang hobi bersepeda dan berpetualang menggunakan sepeda gunung, maka artikel ini akan menambah wawasan anda tentang sepeda gunung.

Awal Mula sepeda gunung

Sepeda gunung sendiri pertama kali dirancang pada tahun 1970 dengan sebutan ATB atau All Terrain Bike. Salah satu ciri dari sepeda gunung adalah mempunyai ciri – ciri kerangka sepeda yang terbuat dar bahan ringan seperti hi-ten, chromoly, aluminium, titanium, dan komposit serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic).

7 Sepeda Gunung Terbaik

Pada awal diciptakan, sepeda gunung tidak menggunakan suspensi/shock breaker. Bentuk ban yang lebih besar dan lebar dibandingkan dengan sepeda biasa membuatnya tidak mudah terselip karena dapat mencengkeram tanah dengan kuat.

Sistem perpindahan gear pada sepeda gunung juga berbeda dengan sepeda biasa. Untuk jenis sepeda gunung memiliki kecepatan 18-30, sehingga bisa membuat nyaman dan memudahkan pengendara melalui medan yang ditempuh. Sepeda gunung dengan 21 gear berarti memiliki crankset depan dengan 3 piringan dan cassette sprocket dengan 7 piringan. Pada groupset yang lebih canggih sistem perpindahan gigi bisa mencapai 3×10 = 30 kecepatan.

Sebelum membeli sepeda gunung, ada baiknya anda mengetahui jenis – jenis sepeda gunung terlebih dahulu. Pembagian jenis sepeda gunung sendiri dibagi berdasarkan jenis dan susepensinya

Aneka Jenis Sepeda Gunung berdasarkan Fungsinya

Sepeda Gunung Cross – Country (XC)

Sepeda jenis ini cocok bagi anda yang ingin bersepeda berpetualang dengan medan alam yang ringan hingga sedang. Sepeda jenis ini memang sengaja didesain untuk mendukung kegiatan secara efisien dan optimal saat berkendara. Baik didaerah jalur menanjak jalanan beraspal hngga jalanan tanah diarea pedesaan, sepeda ini cocok untuk anda gowes.

Sepeda Gunung Cross – Country (XC)

Hal ini disebabkan sepeda ini memiliki spesifikasi ringan. Rata – rata sepeda jenis ini hanya hadir dengan suspensi depan atau malah tidak memiliki suspensi sama sekali. Anda bisa membawa sepda ini melewati jalan rusak, tanjakan dan turunan. Namun jangan membawanya di jalan berbatu karena spesifikasinya tidak mendukung untuk area tersebut.

Sepeda Gunung Trail

Sepeda jenis ini merupakan modifikasi dari speda jenis XC atau cross country dengan menggunakan sistem suspensi yang lebih halus.Oleh karena itu sepeda jenis ini dapat melalui rintangan yang lebih sulit dan juga lebih ekstrem. Selain itu control dari sepeda jenis trail akan lebih nyaman digunakan walaupun melewati jelanan yang kasar dan medan yang lumayan berat, seperti tanjakan ataupun turunan namun tidak sampai pada medan dengan tantangan ekstrim ya.

Sepeda Gunung Trail

Bobot dari sepeda ini juga akan lebih berat dan lebih tahan banting daripada jenis XC. Suspensinya pun (umumnya) sudah menggunakan jenis full-suspension, dimana setiap getaran yang diterima akan diredam oleh suspensi yang berada bagian depan sepeda dan bagian tengah body sepeda.

Sepeda Gunung Downhill

Sepeda jenis ini digunakan untuk medan yang berbukit dan bergunung. Sayangnya untuk daerah perkotaan sepeda ini mungkin akan kurang cocok karena roda dan ban sepeda yang cukup besar mengakibatkan sepeda ini menjadi lebih berat.

Namun untuk balapan turunan diperbukitan ataupun pegunungan, maka sepeda ini boleh diacungi jempol. Karena dirancang khusus untuk menuruni perbukitan maka, jika ingin membawa speda ini keatas gunung, maka anda harus membawanya dengan mobil.

Sepeda Gunung Downhill

Semua bagian sepeda ini juga didesain sangat durable untuk menerima segala hentakan keras pada setiap bagian sepeda. Suspensi pada sepeda jenis Downhill ini sudah pasti menggunakan full-suspension.

Tidak hanya sampai disitu, kursi atau dudukan sepeda ini diatur agak naik disesuaikan dengan posisi saat posisi sepeda melaju diatas medan yang miring dan tidak rata. Suspensi bagian depan pun juga didesain khusus untuk lebih tinggi dan lebih kuat menerima hentakan.

Sepeda Gunung All mountain (AM)/Enduro

Sepeda jenis ini mengutamakan kenyamanan untuk bisa menjelajahi berbagai medan mulai dri medan berbatu, naik turun bukti, serta menjelajahi hutan dan lintasan off road. Untuk jenis All Montain ini, sepeda gunung sudah pastinya dilengkapi denan suspensi baik dibagian depan maupun belakang.

Sepeda Gunung All mountain (AM):Enduro

Sepeda ini hampir mirip dengan jenis trail, hanya saja jenis enduro ini lebih kuat untuk melewati medan yang lebih berat yang tidak layak dilakukan oleh sepeda MTB jenis trail. Dari segi bodi pun sepeda jenis enduro ini akan lebih berat, lebih kuat dan lebih panjang.

Bagian stang juga lebih panjan dibandingkan dengan sepeda jenis lain, namun stemnya dibuat lebih pendek. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kontrol dan stabilitas pada saat sepeda berada pad posisi yang ekstrim.

Sepeda Gunung Free Ride

Bentuk sepeda jenis Free ride mirip dengan sepeda gunung jennis Downhill. Sepeda jenis Free Ride khusus dideasin untuk melakukan berbagai macam manuver dan lompatan tinggi ataupun tehnik lainnya.

Sepeda Gunung Free Ride

Dengan demikian sepeda ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan jenis Downhill. Meskipun begitu, sepeda free ride ini memiliki suspensi dan body yang kuat dan ttangguh untuk menerima berbagai hentakan.

Sepeda Gunung Dirt Jump

Sepeda ini hampir mirip bentuknya dengan BMX hanya saja sepeda Dirt Jump ini memiliki ukuran yang lebih besar. . Sepeda dirt jump memiliki setang yang mirip dengan BMX tetapi dengan frame yang lebih besar. Selain itu, sepeda dirt jump juga memiliki suspensi pada fork depan.

Sepeda Gunung Dirt Jump

Kalau anda pernah melihat aksi lompatan ekstrim dan atraksi diudara dengan dengan menggunakan sepeda maka sepeda jenis inilah yang digunakan. Jika dibandingkan dengan ukuran sepeda gunung lainnya, maka sepeda gunung jenis Dirt Jump ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Namun sayangnya sepeda jenis ini memiliki bobot yang berat sehingga tidak akan nyaman jika anda menggunakan sepeda ini untuk menempuh jarak yang jauh.

Aneka jenis sepeda berdasarkan suspensinya

Hardtail

Jenis sepeda gunung berdasarkan suspensinya yang pertama dan yang paling umum adalah sepeda gunung dengan model hardtail. Untuk jenis sepeda gunung dengan model hardtail, suspensi hanya terdapat pada bagian depan sepeda, tepatnya pada bagian fork.

Hardtail

Disebut hardtail karena suspensi hanya berada di bagian depan, dan meniggalkan bagian belakang tanpa suspensi apapun,. Hardtail banyak terdapat pada MTB jenis Cross-Country. Untuk para pemula sangat disanrankan untuk memilih sepeda dengan model hardtail, karena penggunaannya yang lebih leluasa. Dengan demikian anda tidak akan kesulitan untuk menyesuaikan tubuh.

Full suspension

Untuk sepeda gunung dengan model full suspension atau biasa disebut full-sus, bisa langsung anda ketahui dengan melihat bagian tengah body sepeda tesebut. Sepeda gunung untuk model full-sus akan terdapat suspensi pada bagian tengah body sepeda, yang akan berfungsi untuk meredam guncangan dan hentakan yang terjadi pada ban belakang.

Sepeda Gunung Full suspension

Bukan hanya suspensi pada bagian tengah, tetapi suspensi pada bagian depan juga wajib ada pada model MTB full-sus. Segala jenis sepeda yang akan digunakan untuk melintasi medan yang berat, wajib bersenjatakan suspensi penuh pada body sepedanya, jika ingin sensasi,kenyamanan, dan keamanan bersepeda yang lebih baik.

Oleh karena itu jika anda ingin sepeda yanng bisa digunakan di medan pegunungan dengan lintasan medan berat, maka sepeda dengan full suspensi merupakan salah satu kriteria yang harus anda pilih.

Softail

Walaupun jenis sepeda ini memang ada tapi sepeda gunung dengan model jenis yang ini mungkin akan jarang anda lihat. Model softail ditujukan untuk meredam getaran ban belakang. Karena suspensi pada softail benar-benar berada di bagian belakang, maka sensasi bumping yang akan dirasakan tidak akan sekuat bumping sepeda dengan full-sus.

Softail

Sepeda model ini didesain untuk melaju dengan kecepatan tinggi pada jalanan dengan medan yang ringan sampai medium. Biasanya softail digunakan dibeberapa sepeda gunung jenis Cross-Country atau XC.

Rigid

Sepeda jenis rigid ini jarang digunakan untuk mendaki gunung karena tidak memiliki suspensi sama sekali. Sepintas sepeda ini mirip dengan hardtail namun fork pada bagian depan tidak memiliki suspensi. Model ini biasa digunakan pada MTB jenis XC kelas low-end. Sepeda ini akan sangat cocok digunakan pada jalanan lurus tanpa lubang.

Sepeda Gunung Rigid

Lebih baik anda jangan coba-coba memilih sepeda MTB model rigid jika anda sering melewati jalanan rusak yang penuh lubang, ataupun jaklan yang penuh dengan polisi tidur yang di setiap 10 meter.

7 Sepeda Gunung Terbaik Dengan harga dibawah 5 jutaan

Sepeda Polygon Monarch 2.0 Gent

Siapa yang tidak mengenal merk sepeda satu ini. Sepeda ini termasuk sepeda yang banyak digunakan dan anda pasti tidak menyangka bahwa Polygon adalah merk sepeda buatan dalam negeri sendiri lho. Namun, meskipun Polygon adalah sepeda yang diproduksi Indonesia, tetapi kualitas dari sepeda-sepeda keluaran Polygon tidak bisa diremehkan dan sangat bisa disandingkan dengan kualitas merk sepeda ternama di dunia.

Sepeda Polygon Monarch 2.0 Gent

Polygon adalah merk sepeda terbesar di Indonesia. Satu unit sepeda Polygon bisa dijual dengan harga jutaan hingga puluhan juta rupiah tergantung model dan speknya. Karena mutu dan kualitasnya yang bagus Polygon berhasil mengekspor sepeda-sepedanya hingga ke Eropa. Untuk jenis sepeda gunung dengan harga ramah dikantong Polygon memiliki sepeda dengan seri Monarch 2.0 Gent.

Didesain khusus untuk para pengendara pria, sepeda ini dilengkapi Hi-ten Steel berbahan baja kualitas standar. Sepeda ini mempunyai Zoom Suspension di bagian front fork. Selain itu ada Shimano Tourney untuk Derailleur rear dan front-nya.

Sepeda ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 1.500.000. Lumayanlah ya untuk sebuah sepeda gunung.

Sepeda Viva Cycle Morelli 560

Sepeda gunung Viva Cycle Morelli 560 ini memiliki desain yang mudah dibawa kemana-mana. Anda dapat menyimpannya di dalam mobil jika hendak bersepedahan santai ke gunung ataupun menentengnya dalam kereta jika anda hendak pergi kekantor. Jangan takut akan memakan tempat, sepeda ini memiliki ukurann yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Sepeda Viva Cycle Morelli 560

Oleh karena itu, sepeda gunung Viva Cycle Morelli 560 ini cocok digunakan untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Memiliki ukuran ban 26 inci yang cocok digunakan untuk jalanan perkotaan, dan frame hi-ten yang kuat. Dilengkapi juga dengan rem cakram, sehingga Anda akan merasa lebih aman dan nyaman ketika memakainya. Telusuri jalanan perkotaan dengan aman dan nyaman memakai Viva Cycle Morelli 560. Sepeda ini bisa anda dapatkan dengan harga sekitar Rp. 1.300.000 saja lho.

Sepeda Pacific Invert 500

Pacific Invert 500 menggunakan full suspension yang cocok digunakan untuk segala kondisi jalan. Jangan khawatir akan keamanan, karena suspensi depannya juga dapat dikunci, sehingga Anda akan tetap merasa nyaman ketika bersepeda. Selain itu rangka Pacific Invert 500 juga ringan dan tahan karat karena menggunakan frame alloy.

Sepeda Pacific Invert 500

Untuk sistem pengeremannya sendiri, sepeda gunung ini menggunakan rem cakram hidraulik yang memiliki kekutan pengereman yang sangat pakem. Komponen utama dari sepeda gunung Pacific Invert 500 ini menggunakan Shimano yang merupakan spare part berkualitas dan banyak digunakan pada sepeda gunung lainnya.

Dengan pilihan kecepatan gigi sampai 24 speed membuat sepeda ini lebih fleksibel digunakan untuk segala mcam kondisi jalan. Cocok untuk Anda yang suka naik sepeda di kota maupun yang mau sedikit off road ke daerah pegunungan dengan kondisi alam yang tidak terlalu berat.

Sepeda modern ini dibandrol dengan harga Rp. 2.650.000

Sepeda United Crossline

United Crossline 3.0 cocok bagi anda yang ingin mencoba bersepeda di trek off road. Dengan full suspension yang membuat sepeda United Crossline 3.0 ini cocok untuk anda gunakan pada segala medan, baik itu jalanan perkotaan yang mulus ataupun jalanan yang diperuntukan untuk kegiatan off road.

Sepeda United Crossline

Dengan menggunakan frame berbahan alloy sepeda gunung ini memiliki berat yang ringan, kuat, dan tidak mudah berkarat. Bagian sistem remnya menggunakan rem cakram baik untuk bagian depan dan belakang. Pastinya hal ini akan membuat anda tetap merasa aman ketika memakainya.

Memiliki 24 speed gigi dengan memakai spare part Shimano Tourney TX depan dan belakang yang membuat kegiatan bersepeda Anda lebih fleksibel, bahkan untuk medan berat sekalipun. Inilah sepeda yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin mencoba kegiatan menanjak gunung ataupun meluncur dari pegunungan.

Sepeda ini bisa anda miliki dengan harga Rp.. 3.699.000 saja.

Sepeda Polygon Monarch 5

Masih dengan merk Polygon, sepeda gunung ini mengikuti jejak versi monarch sebelumnya, Polygon Monarch 5 juga memakai alloy yang ringan dan anti karat untuk frame-nya. Untuk sistem pengereman masih menggunakan rem cakram mekanik pada bagian depan dan belakangnya. Namun jangan kahwatir karena daya pengeremannya pakem, sehingga Anda tetap bisa bersepeda dengan aman dan nyaman.

Sepeda Polygon Monarch 5

Untuk trasnfer gigi depan dan belakang, sepeda gunung Polygon Monarch 5 ini menggunakan Shimano Tourney yang merupakan spare part berkualitas dari Jepang. Dilenkapi dengan Shock breaker yang empuk dan tahan banting sepeda gunung Polygon Monarch 5 juga cocok digunakan untuk kegiatan down hill.

Jika Anda mencari sepeda yang tangguh dan nyaman dipakai, maka Polygon Monarch 5 patut anda masukkan dalam pilihan anda. Sepeda ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 2.225.000,-

Sepeda Viva Cycle Zero X 660

Kalau anda adalah seorang pesepeda pemula maka sepeda gunung yang satu ini cocok bagi anda karena memang didesain untuk pemula. Dengan ukuran ban 26 inci dan rem cakram mekanik, sepeda Viva Cycle Zenox 660 cocok digunakan untuk menyelusuri jalanan perkotaan yang mulus. Suspensi bagian depannya juga membantu sepeda ini meyelusuri jalan bergelombang dengan stabil.

Sepeda Viva Cycle Zero X 660

Komponen utamanya menggunakan Shimano yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya oleh para pecinta sepeda gunung. Shimano inilah yang membuat Viva Cycle Zenox 660 ringan dan anti karat karena menggunakan frame alloy aluminium. Apakah anda tertarik memiliki sepeda yang ringan ini untuk kegiatan bersepeda anda? Jangan khawatir, sepeda ini dapat anda miliki dengan harga Rp. 2.028.000

Sepeda United Detroit 1.0

Dengan ukuran ban 27,5 inci, sepeda gunung United Detroid 1.0 ini terlihat lebih tangguh dan gagah. Selain itu, karena ukuran ban yang besar, sepeda United Detroid 1.0 ini juga dapat bergerak lebih cepat dan dapat meningkatkan daya cengkraman ban.

Rodanya juga dapat dilepas dengan mudah, meskipun tanpa alat. Sehingga, anda bisa dengan mudah mengutak atik sepeda ini sesuai dengan keinginan anda.

Sepeda United Detroit 1.0

Memiliki kecepatan gigi 24 speed yang membuat sepeda ini dapat lebih fleksibel digunakan untuk segala macam kondisi jalanan. Fitur lainnya dari sepeda gunung merk United Detroit 1.0 ini adalah sistem remnya yang menggunakan rem cakram mekanik yang pakem, dan frame alloy aluminium yang ringan serta tahan karat. Inilah sepeda yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin terlihat gagah ketika bersepeda.

Untuk ketangguhan sepeda yang akan anda dapatkan ini, bisa anda peroleh dengan harga Rp. 2.159.900,-

Tips Merawat Sepeda Gunung Tersayang

Tentunya anda tidak mau sepeda gunung kesayangan anda cepat rusak kan? Anda juga pasti tidak mau jika anda terlihat kurang gagah hanya karena sepeda kesayangan yang tidak terawat dengan baik. Oleh karena itu, jangan malas untuk merawat sepeda anda agar tidak cepat rusak dan tahan lama. Berikut kami berikan tips dalam merawat sepeda gunung kesayangan :

Cek komponen penting sepeda

Mengecek komponen sepeda merupakan hal yang harus anda lakukan secara rutin setidaknya dua sebulan sekali.Periksa bagian-bagian penting pada sepeda gunung kesayangan seperti rem, pemindah gigi, pedal, rantai, lampu, dan komponen kecil lainnya untuk dibersihkan. Kencangkan mur baut yang kendur agar tidak terlepas saat bersepeda. Dengan pemeriksaan rutin, anda tidak hanya bisa membuat umur sepeda awet, tapi juga tetap menjaga keselamatan anda.

Cek tekanan ban sepeda

Sangat penting untuk selalu memeriksa tekanan ban sepeda anda sebelum di pakai, karena jika tekanan ban rendah dapat mengakibatkan ban terlipat atau tertusuk benda tajam yang mengakibatkan ban sepeda kempes atau bocor. Periksa tekanan ban sepeda Anda, jangan sampai kempes atau kurang tekanan udara karena dapat merusak ban sepeda bila digunakan. Pompa ban dengan tekanan yang tidak normal, walau sepeda tidak sedang dipakai. Pastikan ban selalu memiliki tekanan yang seharusnya supaya roda juga tetap terjaga.

Bersihkan rantai sepeda

Bagian rantai sepeda memang bagian yang agak sulit dirawat karena membutuhkan pelumas dan cairan khusus pembersih rantai sepeda. Kedua perlengkapan baik pelumas dan cairan pembersih ini wajib dimiliki untuk menjaga agar rantai sepeda Anda tidak mudah macet. Rantai sepeda yang kekurangan pelumas akan mudah sekali berkarat. Sebaliknya, rantai yang kelebihan pelumas akan lebih mudah menarik kotoran. Oleh karena itu pastikan rantai sepeda anda tetap terlumasi dengan baik untuk menghindari kerusakan pada bagian tersebut.

Bersihkan rem sepeda

Rem merupakan salah satu bagian dari sepeda yang sangat penting, sebab jika rem tidak berfungsi bisa membahayakan keselamatan anda sendiri sebagai pengguna. Selalu mengecek rem dengan baik dan teliti, bila sudah aus atau tidak mengerem dengan baik segera ganti kampas remnya. Cek juga minyak rem dan setelan kabel apakah masih berfungsi dengan baik atau apakah masih ada minyak rem yang cukup pada sepeda anda.

Bersihkan sepeda setelah pemakaian

Meskipun mungkin anda sedang dalam kondisi lelah setelah bersepeda, ataupun merasa malas sekali, point membersihkan sepeda setelah pemakaian sangat penting untuk menjaga keawetan sepeda gunung kesayangan.Hal tersebut karena dapat mengurangi resiko berkarat pada bagian-bagaian tertentu yang dapat menimbulkan kerusakan. Bersihkan secara menyeluruh sampai bagian-bagian terkecil sepeda. Cukup dengan mengelap bagian yang terkena kotoran saja kok.

Cuci sepeda secara berkala

Membersihkan tidak selalu berarti mencuci ya. Cucilah sepeda gunung kesayangan secara berkala, bisa anda lakukan dua minggu sekali. Jangan terlalu sering melakukannya untuk menghindari karat pada sepeda. Lakukanlah dengan hanya membilas rangka atau komponen lainnya dengan kain yang sudah dibasahi untuk menghindari air masuk ke rongga-rongga kecil sepeda.

Tutup sepeda bila tidak dipakai.

Menutup sepeda bila sepeda sudah tidak dipakai adalah cara terbaik setelah dibersihkan. Anda dapat menutupnya dengan kain biasa maupun kain khusus untuk menutup sepeda. Dengan cara ini, sepeda dapat terlindungi dari kotoran-kotoran/debu yang bisa menempel pada sepeda. Dengan begitu sepeda anda tetap aman dari debu.

Sepeda yang bersih akan membuat anda nyaman, dan tentunya penampilan anda juga akan semakin terlihat menawan.

Kesimpulan

Bersepeda memang bisa membawa kesenangan sendiri bagi pengemudinya. Untuk itu, pilihlah sepeda gunung terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda ya. Pertimbangkan juga spek yang mengiringi sepeda pilihan anda karena kenyamanan bersepeda sangat diperlukan bagi anda yang ingin mengendarai sepeda baik jarak jauh maupun dekat.

Semoga dengan membaca artikel ini, anda bisa menantukan pilihan sepeda terbaik ya. Salam!

You May Also Like

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *