[Review] 9 rekomendasi setrika uap terbaik 2020

Agar menyetrika dapat menjadi pekerjaan yang menyenangkan, Anda harus memiliki alat setrika yang tepat, salah satu alat setrika yang terbaik untuk digunakan adalah setrika uap.

Berikut akan kami ulas 9 rekomendasi setrika uap terbaik dengan berbagai macam jenisnya, cara menggunakan, serta tips-tips membeli setrika uap agar Anda dapat menentukan setrika uap yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa itu Setrika Uap?

Setrika uap merupakan suatu alat elektronik terbuat dari bahan aluminium dan baja tahan karat, yang digunakan untuk menghilangkan kerutan dari pakaian dengan cara mengisi bagian tangki air secara penuh kemudian memanaskannya.

setrika uap terbaik di Indonesia

Pakaian yang telah dicuci harus disetrika agar menjadi halus kembali, karena molekul-molekul dalam serat pakaian yang dipanaskan mampu diluruskan berkat beban dari setrika.

Tidak seperti setrika listrik biasa, plat dari setrika uap dapat menghasilkan uap air, sehingga panas yang dihasilkan merata, selain itu, setrika uap juga dapat menjadi pengering dan pelicin pakaian.

Tips memilih dan mendapatkan Setrika Uap terbaik

Pilihlah setrika uap berdasarkan beratnya

Jika Anda sering menyetrika pakaian berukuran kecil, pilihlah setrika dengan berat 1 kg. Dengan setrika tersebut Anda dapat menyetrika blouse, saputangan serta pakaian anak-anak. Setrika dengan berat 1 kg ini cocok digunakan untuk harian karena mudah dikeluarkan dan disimpan.

Lain halnya jika Anda sering menyetrika kain berukuran besar, seperti seprei, selimut, maka kami menyarankan agar Anda membeli setrika dengan berat 1,5 kg karena setrika dengan berat tersebut dapat membantu Anda merapikan dan menghilangkan kerutan pakaian tanpa perlu tenaga tambahan.

Sesuaikan tipe setrika dengan kebutuhan Anda

Pada umumnya setrika uap terdiri dari dua tipe yaitu tipe standar, memiliki alas permukaan yang lebar dan bobot yang berat sehingga dapat ditekan dengan kuat ke pakaian, dengan setrika tipe ini Anda dapat menyetrika saputangan kecil hingga seprai berukuran besar.

setrika uap terbaik para compra

Selanjutnya tipe handheld, dapat digunakan dengan posisi menggantung dan ringan, setrika ini lebih efektif menghilangkan kerutan dan bau. Namun, Anda harus berhati-hati memakai setrika tipe ini karena pakaian lebih cepat panas

Perhatikan durasi penguapan yang dihasilkan setrika

Anda perlu memperhatikan apakah durasi penguapan sebanding dengan kapasitas tangki airnya atau tidak. Jika tangki air terlalu kecil, maka setrika uap tidak akan mampu menghasilkan banyak uap air hingga mencapai 10 gram per menit.

setrika uap terbaik

Perhatikan durasi volume uap yang dihasilkan setrika

Volume uap dapat diukur dari berapa banyak jumlah uap yang dihasilkan dalam waktu tertentu dan ditampilkan dalam satuan 5 gram per menit. Jika Anda ingin merapikan pakaian dengan lebih cepat serta menghilangkan bau, pilihlah setrika uap yang menghasilkan uap air hingga mencapai 10 gram permenit.

Perhatikan bahan tapak setrika

Terdapat tiga jenis bahan yang digunakan sebagai tapak setrika, yaitu keramik, titanium dan flourin. Keramik memiliki karakteristik licin dan mudah digunakan, namun harganya cukup mahal. Di sisi lain, titanium merupakan bahan kedua yang licin setelah keramik. Sedangkan flourin adalah bahan yang tidak terlalu licin dan mudah menyangkut dipakaian, harganya pun juga lebih murah.

Jika dilihat dari daya tahannya, urutan bahan tapak setrika dari yang terkuat yaitu, keramik, itanium, dan flourin. Ketika lapisan tapak setrika terkelupas, Anda tidak dapat memperbaikinya, jadi sangatlah penting untuk memilih bahan yang kuat dan tahan lama.

Cek ketersediaan kabel

Untuk setrika uap yang memiliki kabel, Anda dapat memakainya secara terus-menerus tanpa khawatir suhunya akan menurun. Suhu setrika ini akan terus terjaga meski sedang digunakan karena terdapat kabel yang menghubungkan dengan sumber daya. Uap setrika dengan kabel direkomendasikan untuk Anda yang ingin menyetrika banyak pakaian dalam satu waktu, karena setrika uap berkabel memiliki tenag uap yang kuat.

Jika Anda ingin menyetrika dengan leluasa tanpa gangguan, Anda dapat memiliki setrika uap tanpa kabel. Setrika tipe ini akan memulai panas jika diletakkan di atas dudukan pengisi daya, namun setrika uap tanpa kabel ini cepat sekali dingin. Setrika uap tanpa kabel ini juga cocok digunakan untuk orang kidal atau left handed.

Pilih setrika dengan merk terpercaya dan berstandar

Untuk mendapatkan setrika yang bagus dan berkualitas maka merk dapat dijadikan acuan dalam menentukan pilihan, selain itu pilihan setrika yang memiliki standarisasi (SNI) dapat menjadi pedoman dalam memiliki setrika yang handal dan terjamin.

Oleh karena itu, pilih setrika dari merk yang sudah terpercaya dan banyak digunakan secara umum, serta perhatikan juga garansi yang diberikan oleh setrika tersebut.

5 merk Setrika Uap terbaik dan berkualitas

1. Tobi Travel Steam Wand

Setrika uap dengan merk tobi merupakan setrika uap yag memiliki tapak cukup ringan, dan memiliki bentuk wand yang sangat mudah ketika dipakai. Anda cukup menyalakan setrika uap tobi dengan menggunakan tombol yang telah tersedia serta dapat mematikannya apabila telah selesai mengugunakannya.

Tobi Travel Steam Wand

Uap yang dihasilkan setrika ini cukup konstan sehingga menjadikan kerutan yang terdapat di pakaian menghilang dengan lebih cepat. Setrika uap topi juga memiliki handheld, jadi Anda tidak perlu lagi menggunakan meja ketika menyetrika.

2. Setrika Uap Philips Feather Light Iron 

Philips Feather Light Iron memiliki desain yang cukup minimalis dan telah dibekali dengan adanya kabel yang cukup panjang hingga 1,8 meter sehingga pada saat Anda menyetrika baju aka jauh lebih fleksibel. Jumlah uap yang dikeluarkan oleh Setrika Uap Philips Feather Light Iron akan keluar setiap kali Anda menekan tombol, sedangkan untuk kuantitas dari uap air tentunya dapat menjadikan pakaian jauh lebih rapi.

Setrika Uap Philips Feather Light Iron 

Setrika Uap Philips Feather Light Iron memiliki tapak yang telah dilapisi dengan aluminium solepate yang menjadikan setrika tersebut jauh lebih awet dan tahan lama bahkan tidak mudah lengket ketika digunakan untuk menyetrika pakaian.

3. Baijinlong Streamer Iron

Uap Baijinlong Streamer Iron memiliki desain yang sangat unik, setrika uap ini menggunakan bahan yang cukup tebal dan bahkan lebih kuat sehingga dijamin dapat tahan lama. Setrika Uap Baijinlong Streamer Iron juga memiliki katup yang berguna untuk mengatur kecepatan keluarnya uap sehingga Anda dapat lebih menghemat air pada tangki.

Baijinlong Streamer Iron

Untuk bagian permukaan tapak setrika terbuat dari bahan stainless steel yang dapat menjadikan penyebaran panas lebih merata. Jika dilihat keseluruhan setrika ini nampak kuno dan juga tradisional, namun inilah yang menjadi daya tarik dari Setrika Uap Baijinlong Streamer Iron ini.

4. Setrika Uap Nagamoto

Setrika Uap Merk Nagamoto dengan tipe HS600-HA memiliki tapak setrika yang terbuat dari bahan stainless yang mana keika Anda menyetrika dengan dengan setrika ini akan mendapatkan panas yang lebih merata. Selain itu, gagang dari setrika ini menggunakan kayu sehingga nantinya dapat mengurangi hawa panas.

Setrika Uap Nagamoto

Setrika Uap Merk Nagamoto memiliki fitur katup yang dapat digeser agar dapat mengatur pengeluaran uap. Setrika uap merk Nagamoto memang sangat cocok untuk Anda yang memiliki bugdet terbatas, karena harganya yang cukup terjangkau Anda dapat memiliki setrika uap dengan segudang manfaat dan jauh lebih tahan lama.

5. Hetian Travel Streamer

Setrika Uap Merk Hetian Travel Streamer merupakan setrika uap dengan desain praktis, dapat digunakan dalam perjalanan travel wisata karena mudah dan cepat serta dapat digunakan pada berbagai macam jenis kain.

Hetian Travel Streamer

Setrika Uap Merk Hetian Travel Streamer memiliki plat yang terbuat dari teflon anti lengket, setrika ini juga dapat digunakan sebagai setrika biasa dan dapat juga digunakan sebagai setrika uap.

Pada bagian atas setrika dapat dilepas setelah diisi dengan air selain itu setrika ini memiliki fitur yang mana uap bahkan suhunya dapat diatur dengan mudah.

Top 9 Setrika Uap terbaik dan berkualitas di Indonesia

1. Setrika Uap Mini Hetian CL-558B

Sesuai dengan mananya Setrika Uap Mini Hetian CL-558B memiliki bentuk yang mini, lebih praktis, mudah dilipat dan dibawa kemana-mana sangat cocok untuk Anda yang hobi traveling. Setrika Uap Mini Hetian CL-558B memiliki fungsi ganda, dapat digunakan sebagai setrika biasa dan juga setrika uap.

Setrika Uap Mini Hetian CL-558B

Setrika hetian ini dilengkapi dengan plat alas yang terbuat dari teflon anti lengket sehingga aman dan tidak mudah merusak pakaian Anda. Setrika yang memiliki sikat bulu yang gagangnya dapat diputar ke belakang dan ke depan ini bisa anda miliki pada kisaran harga Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000.

2. Setrika Uap Tobi

Setrika Uap Tobi merupakan setrika uap yang mampu menghilangkan kusut pada pakaian dengan lebih maksimal karena memiliki kemampuan melicinkan dan menyetrika lebih mudah serta cepat. Setrika Uap Tobi dapat dibawa kemana saja dan mudah digunakan pada situasi apapun.

Setrika Uap Tobi

Setrika ini dilapisi dengan elemen yang tidak langsung kontak dengan kain sehingga Anda tidak akan mengalami kejadian baju terbakar seperti yang terjadi ketika Anda menggunakan setrika konvensional. Setrika Uap Tobi memiliki harga berkisar Rp. 115.000 hingga Rp. 150.000.

3. Setrika Uap Idealife IL-131S

Setrika Uap Garment Steamer rnerk Idealife merupakan setrika uap berdiri yang menggunakan bahan berkualitas terbaik serta dilengkapi dengan gantungan baju sehingga lebih memudahkan Anda saat menyetrika.

Setrika Uap Idealife IL-131S

Untuk itu, Anda tidak perlu menggunakan meja lagi ketika memiliki Setrika Uap Idealife IL-131S. Setrika ini sangat cocok digunakan untuk jenis pakaian seperti gaun, baju sutra, jas dan lainnya.

Selain itu, Anda tidak perlu repot dalam pengisian air, karena kapasitas setrika ini cukup banyak, yaitu 1-4 liter. Setrika Uap Idealife IL-131S memiliki harga berkisar   Rp. 590.000 hingga Rp. 630.000

4. Setrika Uap Panasonic NI-V100N

Setrika Uap Panasonic NI-V100N merupakan setrika uaplow, karena memiliki daya 350 watt jadi dapat menghemat pemakaian listrik Anda di rumah.

Setrika Uap Panasonic NI-V100N

Setrika ini diklaim mampu menghilangkan kusut pada pakaian Anda secara cepat dan merata, selain itu Anda tidak perlu khawatir karena setrika ini menggunakan bahan anti lengket jadi lebih aman dan tidak membuat pakaian Anda rusak.

Untuk mengoperasikannya, setrika ini lebih mudah daripada jenis setrika uap lainnya. Setrika Uap Panasonic NI-V100N memiliki harga berkisar Rp. 240.000 hingga Rp. 260.000.

5. Setrika Uap Perfin JT-07

Setrika Uap Perfin JT-07 merupakan salah satu setrika uap yang menggunakan bahan acrylonitrile butadiene stryene (ABS) berkualitas tingggi, tahan terhadap suhu tinggi, tidak mudah penuaan dan tahan lama.

Setrika Uap Perfin JT-07

Setrika Uap Perfin JT-07 dapat digunakan untuk menyetrika semua jenis bahan pakaian dan mempunyai fungsi untuk dry clean, serta dapat membantu menghilangkan debu.

Setrika ini memiliki kapasitas air 0.8 ml, namun Anda tida perlu khawatir karena tangki air setrika ini memiliki desain transparan sehingga volumenya bisa terlihat. Setrika Uap Perfin JT-07 memiliki harga berkisar Rp. 280.000 hingga Rp. 300.000.

6. Setrika Uap 2 in 1 Travel

Setrika Uap 2 in 1 Travel dapat digunakan sebagai setrika biasa dan setrika uap. Setrika ini dapat dilipat sehingga dapat dibawa ketika bepergian seperti traveling, perjalanan bisnis, ataupun ke kantor.

Setrika Uap 2 in 1 Travel

Pada setrika Uap 2 in 1 Travel terdapat kabel yang memiliki panjang 1.3 meter yang nyaman digunakan serta menggunakan daya listrik 700 watt dengan tegangan 220 volt. Setrika Uap 2 in 1 Travel memiliki harga berkisar Rp. 90.000 hingga Rp. 120.000.

7. Setrika Uap HDL-7010

Setrika Uap HDL-7010 merupakan jenis setrika yang mampu membuat pakaian lebih rapi dalam waktu sekejap. Setrika ini mempunyai kapasitas menampung air 120 ml sehingga Anda dapat menggunakannya untuk meyetrika pakaian dengan jumlah banyak dalam sekali pakai. Setrika Uap HDL-7010 memiliki harga berkisar        antara Rp. 195.000 hingga Rp. 220.000.

Setrika Uap HDL-7010

8. Setrika Uap Philips GC507/60

Setrika Uap Philips GC507/60 merupakan jenis setrika uap berdiri yang dilengkapi dengan gantungan khusus untuk memudahkan Anda menghilangkan kusut membandel hingga ujung kain sekalipun.

Setrika Uap Philips GC507/60

Setrika ini dilengkapi dengan tangki penyimpanan air besar untuk penguapan lebih lama, dan bersih kerak easy rinse untuk pemakaian lebih panjang. Setrika Uap Philips GC507/60 mampu menghasilkan uap yang sangat kuat dengan tiga tingkat uap berbeda pada setiap fiturya.

Setrika dengan daya 1.500 watt dengan tegangan 220 volt ini ndibandrol pada kisaran harga Rp. 755.000 hingga Rp. 820.000.

9. Setrika Uap Philips GC1418/35

Setrika Uap Philips GC1418/35 merupakan setrika uap yang memiliki daya listrik sebesar 400 watt dengan pajang kabel 1.8 meter, dan terdapat setelan uap yang dapat diatur sesuai jenis bahan kain.

Setrika Uap Philips GC1418/35

Setrika ini mampu menghasilkan kabut halus yang dapat membasahi kain secara merata sehingga cepat mengatasi kain kusut yang membandel. Selain itu, Setrika Uap Philips GC1418/35 dilengkapi dengan pintu pengisian tangki yang didesain agar tidak mudah tumpah.

Setrika Uap Philips GC1418/35 memiliki harga berkisar Rp. 250.000 hingga Rp. 275.000.

Keunggulan Setrika Uap

Mengatasi kerutan dan kusut pakaian dengan lebih cepat

Pada setrika uap terdapat uap air yang menyebar dapat secara cepat sehingga membuat kerutan dipakaian mudah hilang. Kerja uap air ini hampir sama dengan pelicin pakaian.

Dapat diaplikasikan pada semua jenis pakaian

Pada setrika uap terdapat pelat besi yang dapat mentoleransi panas yang menyebar. Dengan begitu, pakaian berbahan sifon dan sutra pun menjadi tidak mudah panas.

Menghemat biaya listrik Anda

Setrika uap membutuhkan daya listrik yang lebih kecil karena memanfaatkan sumber gas untuk energi panasnya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan dan dapat menjadi solusi tepat untuk mengurangi daya listrik etiap bulannya.

setrika uap terbaik

Setrika uap lebih aman

Jika Anda menggunakan setrika listrik, terdapat kemungkinan untuk terjadi arus pendek ketika digunakan terlalu lama. Arus pendek ini dapat menyebabkan konslet listrik hingga akhirnya memicu kebakaran, untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui penyebab listrik konslet serta cara memperbaikinya. Sedangkan pada kasus setrika uap, hal ini tidak akan terjadi. Meskipun demikian, Anda juga perlu berhati-hati dalam penggunaannya agar tidak terjadi kebocoran gas.

Pekerjaan jauh lebih cepat

Hasil menyetrika dengan setrika uap dinilai jauh lebih banyak dan lebih menghemat waktu dibandingkan dengan setrika listrik. Selain itu,hasil menyetrika jauh lebih baik dan rebih rapi.

Kekurangan Setrika Uap

Harga lebih mahal

Teknologi yang mumpuni serta multifungsi setara dengan harga yang ditawarkan. Sama halnya dengan setrika uap, dengan beragam keunggulan yang ditawarkan dibandingkan dengan setrika biasa, tak heran harganya pun relatif lebih tinggi.

Membutuhkan ruang khusus untuk penyimpanan

Ukuran tabung boiler setrika uap dapat dikatakan terlampau besar dan tidak portable. Oleh sebab itu, demi kenyamanan menyetrika, sebaiknya Anda menyiapkan ruangan khusus untuk menyetrika pakaian. Tabung boiler merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan setrika uap, yang mana harus ada setiap kali setrika hendak digunakan.

setrika uap terbaik

Sayangnya, ukuran tabung boiler yang terlampau besar ini kurang praktis untuk dipindah-pindahkan sehingga merepotkan saat proses penyimpanan.

Membutuhkan pemahaman lebih

Penggunaan setrika uap tidak sama seperti setrika biasa pada umumnya. Anda perlu mengetahui lebih dalam tentang cara menggunakan setrika uap tersebut. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan, jangan sampai setrika uap milik Anda rusak lebih cepat, mengingat harga belinya yang lebih mahal.

Butuh perlakuan khusus

Setelah pemakaian, setrika harus benar-benar dingin dengan sendirinya. Air yang tersisa dalam tangki juga harus dibuang, dan setrika baru bisa disimpan jika tangki sudah benar-benar kosong. Tangki juga perlu diberishkan secara berkala agar kualtas hasil setrika tetap terjaga.

Cara menggunakan Setrika Uap

Isi tangki air setrika dengan air bersih

Setrika uap merupakan jenis setrika yang memiliki tangki sebagai tempat penampung air. Sebelum menggunakan setrika uap, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisi air bersih ke dalam tangki, mengingat bahwa setrika uap dapat memiliki sumber panas yang berasal dari uap air.

Nyalakan setrika

Jika sudah dipastikan tangki terisi penuh dengan air, maka langkah selanjutnya adalah menyalakan setrika uap. Hubungkan kabel setrika ke stop kontak terdekat.

Pilih temperatur yang sesuai

Pilihlah temperatur yang sesuai dengan pakaian yang akan Anda setrika, biasanya tertera dilabel pakaian yang akan Anda setrika. Tunggu hingga setrika panas. Beberapa model setrika ada yang memiliki lampu indikator yang menyala selama proses pemanasan, dan otomatis matika setrika mencapai suhu yang diinginkan. Menyetrika dengan temperatur yang sesuai bertujuan agar pakaian Anda dapat tetap bagus dan tidak rusak.

setrika uap terbaik

Nyalakan fitur uap dan atur intensitasya

Ketika setrika sudah panas, mulailah menyetrika seperti biasa. Uap akan keluar dengan sendirinya dari bagian bawah setrika. Anda juga perlu menyesuaikan intensitas embusan uap dengan jenis kain.

Gunakan fitur semprot

Gunakan fitur semprot yang terdapat pada setrika uap ketika baju yang Anda setrika benar-benar kusut. Semprotkan air ke permukaan baju dan setrika dengan segera. Gabungan air dan uap panas bekerja lebih efektif unuk mengeliminasi kusut parah.

Posisikan setrika secara tepat

Jangan pernah meletakkan setrika panas terlalu lama di satu tempat dan disatu permukaan pakaian Anda. Ketika sedang mengubah posisi baju, letakkan setrika pada posisi berdiri atau letakkanlah di dudukan setrikan. Hal ini dianjurkan agar baju yang anda setrika tidak gosong karena terlalu lama bersentuhan dengan pelat setrika.

Kembalikan temperatur ke nol dan cabut kabel setrika dari sumber listrik

Anda dapat mengembalikan temperatur ke nol dan cabut kabel setrika dari sumber listrik setelah selesai menyetrika. Setelah selesai menggunakan, dan dipastikan ketrika sudah dalam kondisi dingin, kosongkanlah tangki air kemudian simpan kembali setrika uap di tempat yang bersih.

Kesimpulan

Setrika uap memiliki sumber panas yang berasal dari uap air. Tidak seperti setrika listrik biasa, plat dari setrika uap dapat menghasilkan uap air, sehingga panas yang dihasilkan merata. Selain itu, setrika uap juga dapat dijadikan sebagai pengering serta pelicin pakaian yang lebih efektif sehingga mampu menghemat waktu, dengan hasil yang jauh lebih baik dan lebih rapi.

Untuk Anda yang memiliki waktu terbatas dan jadwal yang padat, maka setrika uap dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda! Happy shopping!

Leave a Comment