10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru 2020)

Sleeping bag atau kantung tidur menjadi salah satu pilihan kebutuhan tidur yang perlu diperhatikan ketika Anda berencana untuk berwisata alam atau melakukan kegiatan outdoor seperti mendaki gunung, berkemah di pantai, atau bahkan bermalam di hutan.

Sleeping bag akan membantu Anda tidur dengan nyaman tanpa merasa kedinginan di ruang terbuka. Di pasaran sudah banyak sekali sleeping bag dengan berbagai model dari berbagai merek serta berbagai macam harga.

Berikut kami ulas 10 rekomendasi sleeping bag terbaik dari berbagai macam merk dan bahan yang digunakan. Ulasan mengenai tips-tips cara memilih serta cara melipatnya agar mudah untuk disimpan dan dibawa-bawa juga diberikan sehingga anda menjadi lebih memahami serta lebih yakin dalam memilih.

Apa itu Sleeping bag?

Sleeping bag atau kantung tidur adalah sebuah selimut yang berbentuk seperti “tas” yang dapat melindungi seseorang dari dinginya temperatur cuaca.

Dengan kata lain, sebuah sleeping bag dapat memberikan kehangatan pada tubuh dalam keadaan tertentu agar individu mendapatkan kenyamanan dan keselamatan dari dinginnya temperatur cuaca yang tentu saja dalam batas perlindungan tertentu.

Sleeping Bag Terbaik para compra

Sleeping bag biasa digunakan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan (outdoor) saat sedang berpergian melakukan wisata alam, seperti pendakian hutan gunung, pendakian gunung es, maupun kegiatan berkemah.

Top 10 Sleeping bag terbaik dan berkualitas di Indonesia

1. Consina Sleep Warmer Inner Polar

Consina Sleep Warmer Inner Polar merupakan sleeping bag yang terbuat dari material berbahan polar yang dapat dikemas dengan sangat efisien, karena mampu dipress menjadi sangat kecil sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan di tas Anda. Produk dengan tipe persegi panjang ini memiliki 2 fungsi utama, yaitu dapat digunakan sebagai sleeping bag dan dapat juga dijadikan sebagai alas tikar bila Anda membentangkannya.

Consina Sleep Warmer Inner Polar

Dengan tipe persegi panjang, tidak hanya membuatnya cocok untuk dibawa mendaki gunung saja, namun juga cocok untuk dibawa saat outdoor, seperti camping, atau memancing. Consina Sleep Warmer Inner Polar memiliki harga berkisar Rp. 175.000 hingga Rp. 210.000.

2. Eiger Sleep Sack 1000

Eiger Sleep Sack 1000 merupakan sleeping bag yang terbuat dari material poliester ini memiliki teknologi tropic insulation yang berfungsi untuk menahan panas dengan baik. Produk ini sangat cocok digunakan di gunung-gunung yang beriklim tropis, seperti di Indonesia yang memiliki suhu optimum penggunaan di 5 derajat celcius.

Eiger Sleep Sack 1000

Eiger Sack 1000 dilengkapi dengan fitur tambahan yang berupa kantong di bagian dalam untuk menyimpan barang-barang kecil. Selain itu, produk ini juga memiliki ritsleting dua arah sehingga pergerakan Anda lebih cepat dan bebas. Sleeping bag dengan tipe mumi yang akan membuat Anda bisa tidur dengan nyaman ini dapat Anda miliki dengan harga Rp. 600.000 hingga Rp. 700.000.

3. Rei Outdoor Gear Sleeping bag Tikar

Rei Outdoor Gear Sleeping bag Tikar menggunakan material dakron yang mampu membuat tubuh Anda tetap hangat meski pada suhu 5 sampai 0 derajat celcius. Sleeping bag bertipe persegi panjang ini memiliki dimensi yang luas, yaitu 200x75x48 cm. Tidak hanya dapat digunakan sebagai kantung tidur saja, Rei Outdoor Gear juga dapat digunakan sebagai tikar.

Rei Outdoor Gear Sleeping bag Tikar

Rei Outdoor Gear memiliki berat relatif lebih ringan, sehingga akan memudahkan Anda ketika membawanya travelling, yang mana juga telah dilengkapi dengan kantung penyimpanan saat anda membelinya. Rei Outdoor Gear Sleeping bag Tikar memiliki harga berkisar Rp. 165.000 hingga Rp. 200.000.

4. Coleman Brazos Cold Weather Sleeping bag

Coleman memproduksi sleeping bag terbaiknya dengan fitur-fitur yang mampu menjadikan Anda merasa nyaman ketika menggunakannya, seperti fitur thermlock yang mampu menjaga agar Anda terus merasa hangat dan nyaman berada di dalamnya.

Coleman Brazos Cold Weather Sleeping bag

Selain itu, fitur unggulan lainnya yang juga disematkan pada produk keluaran Coleman ini adalah fitur roll control system, yang mana mampu membuatnya mudah digulung. Anda hanya perlu mengikuti alur yang sudah tergambar saja, sehingga akan lebih menghemat waktu packing Anda.

Coleman Brazos Cold Weather Sleeping bag dengan berbagai fitur ini bisa anda miliki dengan harga pada kisaran Rp. 1.910.000 hinga Rp. 2.500.000. Harga yang cukup tinggi namun dengan kualitas yang juga baik.

5. Quechua Forclaz Trek 500

Quechua Forclaz Trek 500 terbuat dari material 100% poliester. Dengan suhu optimum yang lebih tinggi disbanding dengan sleeping bag pada umumnya, yaitu sekitar 10 derajat celcius, Quechua Forclaz Trek 500 dilengkapi dengan resleting ganda yang akan membuatnya bisa dibuka dari dua arah sehingga lebih memudahkan pergerakan Anda.

Quechua Forclaz Trek 500 merupakan tipe mumi yang akan sangat hangat bila digunakan di alam terbuka dan lebih mudah dibersihkan, yang mana bisa Anda miliki dengan harga pada kisaran Rp. 825.000 hingga Rp. 980.000.

6. Dhaulagiri Dreamoz 800

Dhaulagiri Dreamoz 800 merupakan produk sleeping bag yang terbuat dari material berbahan nylon polyester dan bahan dalam dakron 80z. Produk ini diklaim mampu bertahan terhadap angin dan suhu ekstrem lainnya dengan zona nyaman hingga 0 derajat celcius dan zona limit mencapai -10 derajat celcius. Dhaulagiri Dreamoz 800

Dhaulagiri Dreamoz 800

biasa digunakan untuk ber-camping di daerah dataran tinggi yang memiliki intensitas angin yang kencang.

Dimensinya yang cukup luas hingga 190 x 170 x 50 cm dengan tipe mumi, Dhaulagiri Dreamoz 800 bisa anda miliki hanya dengan menyiapkan uang dengan kisaran    Rp. 199.000 hingga Rp. 250.000.

7. Karrimor Sleeping bag Double Layer

Karrimor Sleeping bag Double Layer terbuat dari perpaduan material berbahan polar dan dakron, sehingga dapat menjamin kehangatan tubuh dan kenyamanan Anda ketika menggunakannya. Suhu optimum produk keluaran Karrimor satu ini mencapai 20 derajat Celsius, yang hadir dengan fitur unggulannya yang anti air.

Karrimor Sleeping bag Double Layer

Karrimor Sleeping bag Double Layer dapat dipakai oleh seorang dengan tinggi hingga 185 cm, yang mana juga mampu difungsikan sebagai tikar, selimut, atau alas. Anda dapat membeli produk lokal Karrimor ini dengan harga pada kisaran Rp. 85.000 hinggga Rp. 100.000 saja.

8. Deuter Dreamlite 5000

Deuter Dreamlite 5000 memiliki lapisan dalamberbahan Soft-Nylon Taffeta yang sangat tipis dan dingin, dengan bahan lapisan luar anti air. Deuter Dreamlite 5000 diklaim sebagai sleeping bag tertipis dalam koleksi Deuter dan memiliki berat sangat ringan, yaitu hanya sekitar 600 gram serta memiliki kelebihan cepat kering apabila terkena air.

Deuter Dreamlite 5000

Deuter Dreamlite 5000 memiliki ukuran 200 cm, dimana ketika dilipat mampu berukuran kecil hingga hanya 13×30 cm saja, yang dibandrol dengan harga pada kisaran Rp. 500.000 hingga Rp. 625.000.

9. Naturehike Envelope Style Sleeping bag F400

Naturehike Envelope Style Sleeping bag F400 terbuat dari material berisi serat buatan yang dapat menangkap panas dengan baik serta tahan air. Bahannya memiliki breahtability yang baik dengan suhu optimum mencapai 8 derajat celcius. Produk keluaran Naturehike ini memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran yang cukup besar, yaitu 210 x 75 cm.

Naturehike Envelope Style Sleeping bag F400

Dengan ukuran yang cukup besar tersebut, tentunya akan sangat mempermudah gerakan Anda krtika berada di dalamnya, sehingga anda pun merasa lebih nyaman. Selain itu, Anda dapat menggunakannya sebagai selimut maupun tikar. Naturehike Envelope Style F400 dibandrol dengan harga pada kisaran Rp. 460.000 hingga    Rp. 550.000.

10. Hike n Run Highrock Leopard Slepping bag

Hike n Run Highrock Leopard merupakan sleeping bag jenis mumi yang terbuat dari 75% bulu angsa pada isiannya, sehingga cukup hangat untuk digunakan tidur di alam terbuka. Hike n Run Highrock Leopard memiliki keunggulan tahan air pada bagian luarnya, jadi Anda tidak perlu khawatir apabila bagian luarnya tersiram air atau terkena hujan.

Hike n Run Highrock Leopard Slepping bag

Selain itu, lapisan tahan air yang tersemat pada produk ini tidak menimbulkan bobotnya lebih berat seperti produk-produk kantung tidur anti air lainnya, sehingga sangat nyaman dan mudah dibawa kemana-mana.

Hike n Run Highrock Leopard hanya memiliki berat sekitar 700 gram saja, yang mana dapat digunakan mulai dari suhu 2 derajat hingga 25 derajat celcius. Anda dapat memiliki Hike n Run Highrock Leopard ini dengan harga pada kisaran Rp. 1.099.000 hingga Rp. 2.500.000.

Tips memilih dan mendapatkan Sleeping bag terbaik

1. Pilih sesuai bentuknya 

Bentuk sleeping bag terbagi ke dalam dua macam, yaitu bentuk mumi dan bentuk tikar atau selimut. Sleeping bag dengan bentuk mumi dirasa paling cocok untuk kegiatan mendaki gunung karena bentuk inilah yang pas dengan tubuh dan dirasa paling dapat menghangatkan tubuh.

Sleeping Bag Terbaik

Berbeda dengan itu, sleeping bag dengan bentuk tikar biasanya lebih digemari oleh mereka yang hobi melakukan travelling atau backpacking karena dapat lebih leluasa ketika bergerak, juga lebih fleksibel digunakan sebagai alas atau selimut.

2. Perhatikan ukurannya, sesuaikan dengan ukuran tubuh

Sebelum membeli, pastikan bahwa tubuh Anda akan tertutup dengan sempurna bahkan sampai ujung kaki. Ujung kaki pun sangat perlu diperhatikan karna bagian tubuh ini juga sangat gampang menjadi dingin saat tekanan udara sedang rendah.

Usahakan jangan memilih sleeping bag yang terlalu sempit atau pendek, karena nantinya tidak akan nyaman ketika menggunakannya.

3. Perhatikan jenis bahannya

Sleeping bag pada umumnya terbuat dari bahan yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan pembuatan serta fungsinya. Pilihlah bahan sesuai dengan tujuan anda menggunakan. Misalnya, jika anda membelinya untuk keperluan naik gunung, maka pilihlah bahan dengan campuran polar dan dakron agar menjadi lebih hangat.

Sleeping Bag Terbaik

4. Pilih yang memiliki penutup kepala

Sleeping bag dengan penutup kepala mampu menghangatkan telinga yang mudah terpapar suhu dingin. Selain itu, penutup kepala juga mampu menghangatkan pipi Anda saat dalam keadaan dingin, sehingga mampu menghindarkan diri Anda dari hipotermia yang dirasakan.

5. Perhatikan kualitas resletingnya

Beberapa sleeping bag bermasalah pada bagian resleting yang macet dan rusak, padahal masih baru atau baru beberapa kali dipakai. Sebelum memilih, uji terlebih dahulu kualitas resleting tersebut. Jangan malu untuk mencoba resleting beberapa kali saat berada di toko untuk memastikan kualitas terbaik agar tidak menyesal nantinya.

Kualitas resleting juga berpengaruh pada kualitas kehangat yang dapat diberikan oleh sleeping bag. Jika anda menghendaki mendapatkan hasil yang lebih hangat, maka sebaiknya Anda memilih resleting ukuran rit yang lebih kecil dan lebih rapat.

Resleting berukuran rit rapat dan kecil mampu menahan udara masuk secara lebih kuat dan rapat dibandingkan dengan resleting dengan ukuran rit yang lebih besar.

6. Perhatikan fitur tambahan lainnya

Beberapa fitur yang disematkan pada sleeping bag meliputi fitur saku yang memungkinkan anda menyimpan barang-barang yang penting seperti handphone di dekat anda ketika tidur, serta adanya tambahan kantung atau tas untuk menyimpannya setelah selesai digunakan.

Sleeping Bag Terbaik

Pastikan juga anda membeli produk yang memiliki garansi resmi dari toko atau perusahaan brand sleeping bag yang anda beli. Garansi ini sangat berfungsi untuk menjamin kualitas produk, terutama jika anda membelinya dengan harga yang mahal.

7. Pilih yang mudah disimpan

Pilihlah sleeping bag yang mudah disimpan dan tidak memakan banyak tempat dalam tas, sehingga tidak merepotkan ketika dibawa bepergian karena pasti anda juga akan membawa banyak barang lainnya. Untuk menghemat tempat, sebaiknya pilihlah yang dapat dilipat dengan lebih padat dan ringan.

5 merk Sleeping bag terbaik dan berkualitas

1. Eiger

Sleeping bag keluaran Eiger dibuat dengan material polyester yang mempunyai teknologi tropik insulation sehingga menjadikannya mampu menahan panas dengan baik walaupun berada di suhu yang sangat dingin.

Slepping bag Eiger

Sleeping bag Eiger sangat cocok digunakan untuk mendaki gunung-gunung beriklim tropis di Indonesia yang memiliki suhu optimum pemakaian hingga 5 derajat Celcius. Eiger juga melengkapi produknya ini dengan fitur-fitur menarik yang menjadikannya semakin diminati oleh sebagian besar masyarakat, seperti adanya kantung untuk menyimpan barang-barang kecil  serta ritsleting dua arah yang disematkan sehingga pergerakan Anda bisa lebih cepat dan bebas.

2. Rei 

Rei Sleeping bag memiliki bentuk persegi dengan diameternya jauh lebih besar, yang mana telah dilengkapi dengan adanya kantong yang digunakan untuk menyimpan barang-barang yang Anda bawa ketika mendaki gunung.

Slepping bag Rei

Walaupun banyak yang mengatakan jika produk keluaran Rei satu ini memiliki bobot yang cukup berat, namun rupanya masih banyak pula pendaki yang menggunakan Rei sleeping bag karena kemampuannya yang bisa menghangatkan tubuh secara maksimal saat tertidur.

3. Hammock 

Sleeping bag merk Hammock terbuat dari bahan soft nylon ripstop yang mempunyai sifat tahan air. Sleeping bag ini mampu memberikan kehangatan pada malam hari ketika suhu dingin terus meningkat.

Slepping bag Hammock 

Salah satu kelebihan yang dimilikinya, sehingga menjadikannya produk favorit dan banyak dipilih adalah kemampuannya untuk menahan beban hingga mencapai 200 kg, sehingga Anda tidak perlu cemas jika sleeping bag ini akan putus atau pun jebol ketika digunakan.

4. Sea To Summit

Sea to Summit merupakan brand yang terinspirasi dari petualangan epik di setiap ketinggian, yang di dalamya terdapat kegembiraan murni dari udara segar, sebuah tantangan, dan pemikiran segar. Pada awalnya Sea To Summit memiliki slogan “untuk melengkapi dan menginspirasi”. Oleh sebab itu, brand ini terus mengembangkan teknik, material, teknologi, dan metode produksi baru.

Sea To Summit

Sea to Summit telah memperoleh penghargaan di lebih dari 60 negara. Beberapa produk untuk mendaki keluaran Sea to Summit meliputi camp kitchen, outdoor, watersports, personal care, serta sleep system, yang mana salah satunya adalah sleeping bag.

5. Naturehike

Naturehike merupakan brand yang memiliki konsep “perjalanan outdoor menyenangkan” serta berkomitmen untuk menyediakan produk outdoor berkualitas tinggi. Naturehike mengkhususkan diri dalam penelitian dan pengembangan produk, desain dan pembuatan. Produk Naturehike melalui proses manufaktur dan pengujian yang canggih.

Slepping bag Naturehike

Semua produk diperiksa dan diuji oleh pekerja profesional, yang terlibat dari awal hingga akhir. Merk ini juga mempertimbangkan pengalaman pelanggan dan umpan balik untuk memastikan pengembangan lebih lanjut bagi peningkatan produk.

Beberapa koleksi Naturehike meliputi perlengkapan-perlengkapan yang biasa anda perlukan untuk kegiatan hiking, climbing, camping, serta produk olahraga outdoor lainnya, seperti naturehike double sleeping bag.

Apa saja material atau bahan yang digunakan untuk membuat sleeping bag?

Bahan polar

Bahan polar biasa digunakan pada sleeping bag di bagian lapisan dalam, dengan lapisan luar umumnya berbahan parasut. Untuk ukuran packingnya, sleeping bag polar tergolong minimalis karena tidak terlalu tebal.

Sleeping Bag Terbaik

Bahan polar terbukti mampu secara lebih cepat memberikan rasa hangat dibandingkan dengan jenis lainnya. Hal ini dikarenakan sifat lapisan polar yang cepat menyerap panas. Namun demikian, jenis bahan satu ini juga mudah ditembus oleh hawa dingin dari luar, sehingga tidak disarankan untuk dipakai pada pendakian gunung yang cukup tinggi karena tidak akan mampu berfungsi secara maksimal oleh hawa yang terlalu dingin.

Bahan bulu angsa (down)

Umumnya sleeping bag berbahan bulu angsa/bebek berasal dari brand luar negeri. Sleeping bag bulu angsa dirancang untuk digunakan pada suhu yang cukup ekstrim seperti gunung-gunung bersalju. Bulu angsa memilikikemampuan untuk mengembang dengan lebih baik dari bahan polar dan dapat menahan suhu dingin yang eksrim.

Dari satu bulu angksa mempunyai ratusan hingga ribuan cabang kecil, sehingga bisa mengembang dan menjadi isolator yang bagus. Ukuran packingnya tergolong ringkas karena bulu-bulu tersebut dapat ditekan dan dipadatkan namun akan tetap mengembang kembali ketika tekanan dilepaskan.

Bahan dakron 

Sleeping bag berbahan dakron terdiri dari 3 lapisan yakni outer dengan bahan parasut, inner dengan bahan tafeta dan lapisan filling dengan bahan dakron. Dakron merupakan serat sintesis yang mirip dengan kapas. Jenis ini akan lebih hangat dan dapat menahan hawa dingin dari luar karena seratnya yang berrongga sehingga dapat mengunci hawa tubuh ketika berada di dalamnya.

Sleeping Bag Terbaik

Sleeping bag dakron cukup bagus untuk dipakai di gunung Indonesia. Namun, bahan dakron memiliki kelemahan yakni ukuran packingnya yang tergolong besar dan memakan ruang carrier. Tetapi jangan khawatir karena meskipun besar, dakron sangatlah ringan karena mirip dengan kapas.

Bahan dakron dan polar

Sleeping bag berbahan dakron dan polar umumnya dibuat terdiri dari 3 lapisan, yakni outer dengan bahan parasut, inner dengan bahan polar, dan filling dengan bahan dakron. Sleeping bag dengan 3 lapisan ini cukup hangat ketika digunakan karena lapisan polar serta dakron di dalamnya yang mampu menahan hawa dingin tidak akan menembus. Namun demikian, kelemahan dari lapisan dakron dan polar adalah ukuran packingnya yang tergolong besar dan juga berat.

Bahan sintesis (polyester)

Sleeping bag yang terbuat dari bahan sintesis atau polyester biasanya memiliki berat yang lebih ringan. Selain itu, sleeping bag dengan bahan polyester juga mudah kering ketika dicuci.

Bagaimana cara melipat sleeping bag dengan benar?

Untuk melipat sleeping bag dengan benar dan rapi, Anda memerlukan media yang datar seperti lantai atau matras. Pertama, buka sleeping bag dengan lebar, kemudian lipat tudung terlebih dahulu sampai berbentuk persegi panjang. Ambil bagian atas sleeping bag dan lipat menjadi setengah bagian dengan meletakkannya pada ujung bagian bawah.

Sleeping Bag Terbaik

Setelah menjadi setengah bagian, bagi dua sleeping bag dengan garis vertikal lalu lipat. Setelah itu, gulung sleeping bag sepadat mungkin agar ukuran sleeping bag menjadi kecil, lalu masukan ke dalam tas atau kantong kemasannya.

Keunggulan Sleeping bag

Menghindarkan anda dari hawa dingin

Ketika Anda menggunakan sleeping bag, Anda akan terbebas dari hawa dingin di luar ruangan atau di alam bebas karena beragamnya bahan yang berlapis yang disusun padanya, sehingga mampu menciptakan suasana yang hangat di bagian dalamnnya.

Sleeping Bag Terbaik

Sleeping bag juga dapat melindungi seluruh badan hingga ujung kaki bahkan hingga bagian kepala dengan baik. Sehingga Anda akan merasa aman dari hipotermia.

Merupakan tempat istirahat yang maksimal

Ketika telah sampai di puncak gunung yang anda daki, anda pasti memerlukan tempat beristirahat yang nyaman dan mampu menghindarkan anda dari dinginnya angin gunung.

Penggunaan sleeping bag disaat seperti ini adalah sangat tepat, sehingga mampu menjaga tidur anda secara maksimal, sehingga anda ammpu beraktivitas kembali secara bugar setelah terbangun.

Kesimpulan

Sleeping bag tentunya sudah menjadi perlengkapan mendaki yang harus dan wajib dimiliki untuk melindungi anda dari dinginnya malam di udara luar. Pemilihan sleeping bag harus benar-benar diperhatikan agar anda bisa mendapatkan fungsinya secara maksimal.

Untuk mendapatkan sleeping bag terbaik dan sesuai dengan yang anda butuhkan, maka yang paling utama adalah perhatikanlah ukurannya, dan sesuaikan dengan ukuran tubuh anda. Sleeping bag dengan bahan sebaik apapun, jika ukurannya terlalu kecil untuk tubuh anda, maka tidak akan mampu berfungsi menghangatkan secara maksimal.

Kemudian, selain ukuran, pastikan jenis bahan yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan mampu melindungi anda dari udara dingin, serta perhatikan pula berbagai macam fitur-fitur lainnya yang disematkan padanya.

Pastikan kegiatan mendaki dan berkemah anda lebih menyenangkan dan berkesan. Pastikan pula anda dapat beristirahat dengan nyenyak menggunakan sleeping bag terbaik pilihan anda.

Selamat mendaki!

Artikel terkait:

- Bubur Bayi Terbaik

Leave a Comment