10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (Update Terbaru 2020)

Speaker mobil merupakan salah satu komponen penting dalam mobil yang mampu membantu menghidupkan suasana selama perjalanan. Speaker dengan suara jelas dan empuk bisa menjadikan perjalanan semakin mengasyikan. Sebaliknya, speaker atau pengeras suara akan sangat mengganggu ketika menghasilkan banyak distorsi.

Tak jarang, para pemilik mobil memodifikasi atau mengganti speaker dengan yang lebih baik ketika speaker bawaan dari mobil mereka dirasa kurang cukup. Selain dari segi suara yang dihasilkan, tampilan serta desain speaker juga dapat menmperindah desain interior dalam mobil. Oleh sebab itu, pemilihan produk dan teknologi yang tepat sangatlah diperlukan.

Ulasan kali ini membahas serta merekomendasikan beberapa produk speaker mobil terbaik dan berkualitas yang bisa anda jadikan sebsgai referensi. Jenis-jenis speaker mobil juga kami bahas agar anda semakin paham dan tidak ragu dalam memilih nantinya ketika akan membeli.

Apa itu speaker mobil ?

Speaker mobil adalah suatu perangkat elektronik pengeras suara yang diinstal di dalam mobil. Speaker dalam mobil umumnya terletak pada bagian dashboard depan atau menempel pada pintu bagian dalam mobil.

Top 9 Speaker Mobil terbaik dan berkualitas di Indonesia

Untuk anda yang mengidamkan speaker mobil yang mampu menghasilkan suara terbaik, maka ulasan berikut bisa anda jadikan sebagai referensi untuk memilih. 9 produk berikut merupakan produk terbaik yang bisa anda dapatkan di toko-toko perlengkapan mobil atau melalui platform jual beli online di seluruh Indonesia.

Jika membeli melalui online, pastikan anda memahami cara instalasinya. Jika tidak yakin, maka bawalah mobil beserta speaker baru anda ke bengkel kepercayaan anda.

1. Pioneer TS-A1606C

Speaker mobil terbaik pertama hadir dari Pionerr bernomor seri TS-A1606C. Pioneer TS-A1606C 6-1/2″ Component Speaker Package hadir bukan hanya dengan kualitas audionya saja, melainkan juga tampilannya yang mewah. Desain Pioneer seharga

Pioneer TS-A1606C

1,1 hingga 1,5 juta rupiah ini mampu mempercantik bagian interior mobil.

Dilengkapi dengan Multilayer cone, Pioneee TS-A1606C dapat digunakan untuk memutar semua genre musik dari rock hingga pop dan dangdut. Beberapa spesifikasi lainnya meliputi daya maksimum 350 W, dengan daya rata-rata 60 W, serta berfrekuensi 32 Hz – 43 kHz. Speaker satu ini berukuran diameter 16,5 cm.

Lihat produk ini di Tokopedia

2. JBL GTO-609C Speaker productnation

Produk JBL seri GTO-609C merupakan speaker tipe 2-way yang memiliki bas berkualitas sangat jernih dengan rentang frekuensi 67 Hz – 21 kHz. JBL GTO-609C merupakan tipe split component berukuran 16,5 cm dan daya maksimum 270 W.

JBL GTO-609C Speaker productnation

Ukurannya yang relatif kecil tidak sebanding dengan hasil suara yang diberikan. Dengan ukuran cone yang lebih lebar, JBL GTO-609C mampu memberikan suara bombastis layaknya menggunakan speaker berukuran besar. Perjalanan anda pun semakin terasa tidak membosankan hanya dengan speaker seharga 900.000 hingga 1,1 juta rupiah ini.

Lihat produk ini di Tokopedia

3. JBL GT7-6 by Harman 

Bertipe coaxial, speaker JBL seri GT7-6 ini dilengkapi dengan perangkat keras sehingga memudahkan anda yang ingin mengupgrade speaker lama mobil anda dengan ini. Harganya pun cukup terjangkau, hanya pada kisaran 600.000 hingga 800.000 rupiah saja.

JBL GT7-6 by Harman 

Meskipun harganya terjangkau, JBL seri GT7-6 terbukti mampu menghasilkan suara terbaik serta didedain secara kekinian. Sangat cocok untuk mengisi interior mobil anda. Berukuran 16,5 cm, JBL seri GT7-6 memiliki daya maksimal 135 W dengan frekuensi 55 Hz – 20 kHz.

Lihat produk ini di Tokopedia

4. Bose 608 productnation

Jika anda memiliki budget terbatas namun harus sudah mengganti speaker mobil anda, maka Bose 608 bisa menjadi salah satu pilihan. Produk satu ini dibandrol dengan harga sangat terjangkau pada kisaran 150.000 hingga 250.000 rupiah saja. Dengan kisaran frekuensi 50 hz hingga 20 Khz, Bose 608 mampu bekerja dengan daya 90 W.

Bose 608 productnation

Untuk kualitas suara, anda tidak perlu meragukan karena Bose telah menjadi salah satu brand terpercaya yang mampu menghadirkan produk pengeras suara terbaik dunia. Speaker berjenis coaxial ini memiliki kualitas suara yang nyaring dan bertenaga. Sangat cocok untuk mengiringi perjalanan panjang anda.

Lihat produk ini di Tokopedia

5. Nakamichi NSE-CS1617

Nakamichi hadir dengan speaker tahan banting bernomor seri NSE-1617. Komponen midbass dan tweeternya berada pada satu tempat sehingga sangat mudah saat proses instalasi.

Nakamichi NSE-CS1617

Nakamichi NSE-1617 merupakan tipe coaxial yang mampu bekerja dengan daya maksimal 400 W, dnegan daya rata-rata 20 W. Rentang frekuensinya pun cukup lebar yaitu 85 Hz hingga 20 kHz. Dengan harga terjangkau pada kisaran 400.000 hingga 550.000 rupiah, anda bisa memiliki speaker mobil berukuran 16 cm ini untuk menggantikan speaker lama anda.

Lihat produk ini di Tokopedia

6. JBL Club 6520 by Harman

Dijual dengan harga pada kisaran 650.000 hingga 800.000 rupiah, JBL Club 6520 keluaran HARMAN ini diklaim mampu menghemat daya aki mobil. Meski demikian, kualitas suara yang dihasilkan tetap fantastis dan bombastis untuk mengguncang seluruh sisi mobil.

JBL Club 6520 by Harman

Speaker bertipe coaxial ini berukuran diameter 16,5 cm dengan daya maksimum 150 W saja. Produk ini juga bekerja pada rentang frekuensi 55 Hz – 20 kHz. Berbahan polypropylene pada teknologi woofernya, Club 6520 memberi tajuk polypropylene Plus One™ woofer cone yang semakin membuatnya menjadi pilihan.

Lihat produk ini di Shopee

7. Alpine SPJ-161CS

Alpine SPJ-161CS bertipe split component yang bekerja dengan daya maksimum 280 watt. Speaker ini bekerja dalam rentang frekuensi 30 Hz – 30 kHz, dan diklaim memiliki bass menggelegar. Alpine SPJ-161CS telah menjadi primadona di tahun-tahun terakhir ini, terlebih karena kemampuan audionya dalam volume tinggi tanpa menghasilkan distorsi.

Alpine SPJ-161CS

Alpine SPJ-161CS memiliki harga pada kisaran 800.000 hingga 1 juta rupiah. Ukurannya pun standar dengan diameter 16 cm. Component 2-way yang disematkan menjadikannya salah satu pilihan yang kompatibel dan mudah diinstal.

2-way" target="_blank" rel="nofollow noopener noreferrer">Lihat produk ini di Tokopedia

8. Kenwood Hi-Res KFC-XS1703

Jika anda mencari produk speaker dengan kemampuan Hi-Resolution audio, maka Kenwood Hi-Res KFC-XS1703 adalah pilihan yang tepat. Anda pun bisa mendapatkan dekorasi bagian dalam mobil yang elegan dengan speaker seharga 2,3 hingga 2,5 juta rupiah ini. Dayanya pun rendah, hanya mencapai 180 watt saja.

Kenwood Hi-Res KFC-XS1703

Kenwood Hi-Res KFC-XS1703 merupakan speaker bertipe split component. Dilengkapi dengan fitur Rigid Aluminum Die-cast Frame, produk ini mampu mengurangi getaran sehingga sangat nyaman saat sedang digunakan. Kenwood Hi-Res KFC-XS1703 memiliki ukuran 17 cm dengan rentang frekuensi 25 Hz – 48 kHz.

Lihat produk ini di Tokopedia

9. Pioneer TS-Z65CH

Pioneer TS-Z65CH mampu bekerja dengan daya rata-rata 110 watt, dengan daya maksimum 330 watt. Produk ini menawarkan harga cukup tinggi, berkisar antara 6 hingga 7 juta rupiah.

Pioneer TS-Z65CH

Namun demikian, ada harga ada rupa. Pioneer TS-Z65CH dilengkapi dengan fitur up-to-date sehingga mampu menghasilkan suara jernih dan jelas. Perangkat terbaik untuk speaker bertipe split component.

Lihat produk ini di Tokopedia

Tips memilih dan mendapatkan Speaker mobil terbaik

Jika anda berencana memodifikasi bagian interior mobil dan mengganti speaker dengan yang lebih mantap, maka perhatikan beberapa tips berikut. Pilihlah produk speaker terbaik sesuai dengan kebutuhan dan selera anda.

Pilih berdasarkan hasil suara speaker

Suara yang dihasilkan oleh speaker mobil tergantung pada jenis speakernya. Secara umu, terdapat 3 jenis utama speaker mobil yang dijual dipasaran, meliputi speaker dual cone, speaker coaxial, dan speaker split component. Pastikan anda mamahami ketiganya dan memilih salah satu sesuai dengan selera dan kebutuhan anda.

Speaker Mobil Terbaik di Indonesia

Pilih speaker dengan jangkauan dan rentang frekuensi luas 

Frekuensi suara yang bisa didengar oleh manusia berkisar antara 20 Hz sampai 20 kHz. Untuk speaker, rentang frekuensi yang mampu diterimanya sangat dipengaruhi oleh jenis atau genre music yang akan sering anda mainkan dalam mobil.

Misalnya, jika anda menggemari musik rock, maka pilih speaker dengan frekuensi rendah, dibawah 40 Hz. Jika anda menggemari lagu-lagu berfrekuensi tinggi, maka pilih produk dengan frekuensi di atas 40 kHz. Pemilihan pengeras suara dnegan rentang frekuensi yang lebar akan sangat menguntungkan sehingga akan nyaman didengarkan pada semua genre lagu dan musik.

Ubah speaker dari 2-way ke tipe 3-way

Speaker berjenis split component umumnya didesain dengan tipe 2-way. Jika anda mengidamkan suara yang lebih menggelegar seperti menonton konser, maka anda bisa mengubahnya ke tipe 3-way.

Namun demikian, perhatikan betul-betul pemasangan komponen ketika anda berencana memodifikasi atau mengupgrade speaker mobil. Pemasangan yang asal-asalan atau tidak sesuai akan berakibat hasil suara yang dihasilkan tidak sesuai harapan.

Perhatikan spesifikasi amplifiernya

Pastikan nilai output power amplifier anda sesuai dan kompatibel dengan nilai input power speaker. Nilai input power speaker yang tidak sesuai dan cenderung terlalu besar akan mengakibatkan speaker kekurangan daya sehingga tidak mampu beroperasi secara maksimal.

Speaker Mobil Terbaik para compra

Jika terpaksa memiliki speaker dengan nilai input power yang lebih besar dari output power amplifier pada mobil, maka anda bisa membeli komponen tambahan berupa amplifier external. Pilihlah amplifier external yang mampu mendukung speaker baru mobil anda sehingga akan bekerja dengan sempurna.

5 merk speaker mobil terbaik dan berkualitas

Alphine 

Alpine Electronics, Inc. merupakan anak perusahaan manufaktur komponen Alps Eletric, Jepang, yang berfokus pada pengembangan dan produksi car audio dan sistem navigasi. Berpusat di Iwaki, Jepang, Alpine Electronics, Inc. telah berdiri sejak tahun 1967 dan telah memiliki pasar di 5 region utama, yakni Asia, Australia, Eropa, China, dan North Amerika.

Speaker Mobil Alphine

Di Asia, Alphine nemawarkan beragam peralatan dan device untuk mobil, termasuk audio speaker. Beberapa produk speaker mobil terbaru Alphine yaitu X3-710S-LUP-AV 3 Way Speakers dan X3-710S-LUP-AV 3 Way Speakers. Diantara keduanya. X3-710S-LUP-AV merupakan produk kategori advanced level yang disebut-sebut memiliki desain interior sangat baik dan kompatibel untuk Aplhard/Vellfire.

Pioneer

Salah satu perusahaan pembuat audio products kawakan di Jepang adalah Pioneer. Berdiri sejak tahun 1938, Pioneer saat ini telah menjadi pemimpin produk elektronik untuk instalasi mobil, rumah, serta pasar-pasar bisnis di seluruh dunia. Pioneer terus mengembangkan produk-produk entertainment dan elektronik yang inovatif dan high-techology. 

Speaker Mobil Pioneer

Untuk speaker mobil Pioneer, terdapat 5 seri utama yang dikeluarkan, yaitu Pioneer Z-Series, D-Series, A-Series, G-Series, dan Pro Series. Diantara kelimanya, Pioneer Z-Series dikembangkan berdasar pada teknologi advance dengan 5 produk utama. Jika anda menginginkan suara yang halus dengan sensitifitas tinggi, maka A-Series sangatlah direkomendasikan.

Bose 

Siapa yang tak mengenal brand satu ini. Brand ternama Bose telah menjadi salah satu pilihan wajib bagi para pecinta musik yang mengindamkan speaker eksklusif dan high-end. Dalam produk speaker mobilnya, Bose mampu mendatangkan produk dengan suara jernih dan bening menjangkau seluruh frekuensi.

Speaker Mobil Bose 

Speaker mobil Bose hadir dalam The Bose Small Vehicle Series. Produk-produk Bose dalam seri ini dirancang sedemikian rupa sehingga kompatibel untuk berbagai brand mobil ternama. Beberapa diantara klient Bose yaitu Alfa Romeo, Cardilac, Chevrolet, Inviniti, KIA, Mazda, Nissan, Porshe, Opel, Renault, dan Vauxhall.

JBL

JBL merupakan salah satu brand Harman International Industries, Inc., atau telah banyak diketahui sebagai HARMAN. Dalam pengembangannya, JBL berfokus kepada peralatan audio seperti loudspeakers and headphones.

Speaker Mobil JBL

Sebagai komponen mobil, JBL jadir dalam beberapa seri terbaik. Beberapa produk keluaran JBL yang direkomendasikan diantaranya GX963, Stage 9603E, GX402, Stage 8602, GTO19T dan GT6-69. JBL juga melengkapi koleksi otomotifnya dengan subwoofer, amplifier dan prosesor mobil, sistem komponen mobil, mobil connected, serta audio marine dan powersports.

Kicker

Kicker telah berdiri sejak tahun 1973. Selama puluhan tahun ini, Kicker telah menghasilkan berbagai produk mobile-audio ternama seperti VSSTM (Vehicle Specific Solutions) Audio Upgrades for Dodge, KM-Series Marine Subwoofer, HidewayTM Powered Subwoofer, dan lain sebagainya.

Speaker Mobil Kicker

Speaker mobil Kicker hadir dalam 4 seri utama, yakni QS Series, KS Series, CS Series, dan DS Series. Hampir seluruh produk speaker Kicker memiliki rentang frekuensi lebar. Kicker juga melengkapi koleksinya dengan beberapa perlengkapan car audio lainnya meliputi subwoofer, amplifier, serta beberapa aksesoris seperti LED sub grilles, Amp install kits, power wires, dan speaker wires.

Apa saja jenis-jenis Speaker Mobil?

Secara umum, terdapat 3 jenis utama speaker yang diperuntukkan untuk diinstal di dalam mobil. Ketiga jenis tersebut meliputi speaker dual cone, speaker coaxial, dan speaker split component.

Dual cone speaker

Sesuai dengan namanya, speaker dual cone memiliki dua buah konus. Jenis ini adalah yang umum ditemukan sebagai fitur speaker default atau speaker standar mobil baru keluaran pabriknya. Speaker dual cone merupakan speaker full range dengan kualitas suara standar, yang biasanya memiliki harga relatif lebih murah.

Speaker Mobil Terbaik

Coaxial speaker

Jenis coaxial juga ditemukan pada beberapa mobil sebagai fitur audio bawaan. Berbeda dengan jenis dual cone, jenis coaxial memiliki midrange serta tweeter yang sekaligus terpasang didalamnya.

Dalam speaker coaxial, terdapat beberapa tipe yang dibedakan berdasarkan kelengkapan komponen tweeter, woofer, serta midrangenya. Beberapa tipe tersebut meliputi coaxial tipe 2-way, yang terdiri atas woofer dan tweeter, 3 way yang memiliki woofer, midrange, dan tweeter, serta tipe 4 way yang terdiri dari 2 tweeter dan midrange serta woofer.

Split component speaker

Split component merupakan jenis speaker terbaik. Tak heran, harganya pun juga relatif lebih tinggi dibandingkan dengan 2 jenis speaker lainnya.

Speaker Mobil Terbaik

Salah satu ciri utama speaker jenis split component adalah komponen tweeter dan woofernya yang terpasang terpisah. Selain itu, split component juga memiliki 2 tipe layaknya coaxial, yakni 2-way dan 3-way. Pemasangan atau penginstalan komponen ini di dalam mobil pun bisa dilakukan dengan bebas sesuai dengan selera pengguna.

Apa perbedaan speaker mobil tipe 2-way dan tipe 3-way?

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat sebelumnya, speaker tipe 2 way memiliki kelengkapan komponen woofer dan tweeter. Sedangkan, speaker tipe 3 way memiliki satu tambahan midrange dengan cakupan frekuensi pada rentang 350 hingga 4500 Hz. Penjelasan singkat mengenai ketiga komponen dalam speaker dijelaskan sebagai berikut.

Tweeter

Tweeter merupakan komponen speaker berukuran relatif kecil, dari 0.05 sampai 4 inci, dengan cakupan frekuensi 3500 Hz hingga 20 Khz. Tweeter biasa dikenal sebagai super tweeter atau ribbon tweeter yang biasanya memiliki bentuk persegi panjang berupa plat tipis.

Midrange

Berbeda dengan tweeter, speaker midrange memiliki cakupan frekuensi yang tidak lebih lebar, yaitu pada rentang frekuensi 350 hingga 4500 Hz. Salah satu fungsi dari midrange adalah menyempurnakan nada tinggi, sehingga tidak terjadi distorsi yang pastinya akan sangat mengganggu saat didengarkan. Midrange juga mengakomodasi vokal agar terdengar lebih jernih.

Midbass atau midwoofer

Midbass berfungsi untuk menyempurnakan suara-suara pada rentang frekuensi dibawah jangkauan speaker midrange, yaitu pada rentang 80 sampai 350 Hz. Komponen ini memiliki ukuran diameter antara 5 hingga 7 inci, yang mana didominasi oleh suara rendah.

Tips menggunakan dan merawat speaker mobil terbaik

Pastikan anda mematikan audio sebelum mesin mobil mati

Hal ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengendara mobil, yang tetap membiarkan audionya menyala sebelum mesin mobil dimatikan. Hal ini akan berpengaruh pada proses starting atau menghidupkan mobil kembali.

Speaker Mobil Terbaik

Mobil memerlukan tegangan sangat tinggi saat awal dihidupkan. Komponen audio yang masih dalam posisi on akan menyedot sebagian tegangan tersebut, yang kemudian terkadang menjadikan mobil sulit di starter. Hal ini akan memperpendek dan mengurangi kualitas komponen secara perlahan.

Bersihkan secara rutin dari debu yang menempel 

Pastikan anda membersihkan debu-debu yang menempel pada komponen audio speaker. Debu yang menumpuk akan berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah mengelapnya dengan kain bersih agar komponen anda terjaga dan tahan lama.

Atur komposisi treble, midle dan bass secara teratur

Pengaturan komposisi treble, middle, dan bass ada pada equalizer. Pengaturan ketiganya dapat menghasilkan suara yang sesuai dan nyaman didengar. Penagturan yang pas juga mampu memperpanjang masa komponen.

Pastikan volume tidak melebihi batas maksimal

Volume yang terlalu keras dapat menimbulkan distorsi serta getaran yang terlalu kencang pada speaker. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas komponen speaker. Suara yang terlalu keras juga tidak akan nyaman didengarkan serta dapat merusak gendang telinga anda, terutama jika terlalu lama diputar.

Speaker Mobil Terbaik

Atur lah volume sewajarnya di dalam mobil. Pastikan anda masih tetap bisa mendengar klakson dari kendaraan diluar dan disekitar mobil agar tidak terjadi kecelakaan dan hal-hal lainnya yang dapat membahayakan.

Segera matikan speaker ketika terjadi distorsi 

Distorsi kerap kali terjadi terutama saat volume tinggi. Jika anda mendengar suara speaker mulai terpecah atau muncul distorsi ketika volumenya terlalu tinggi, maka segera matikan speaker. Jika anda menginginkan volume tinggi, maka pastikan power serta amplifier yang dimiliki dalam mobil memadai.

Jauhkan benda elektronik lainnya dari speaker

Seperti kita ketahui, bahwa perlengkapan elektronik memiliki medan magnet. Oleh sebab itu, pastikan perlengkapan elektronik anda, seperti handphone atau smartphone, tidak diletakkan didekat speaker karena akan berakibat merusak salah satu diantara keduanya.

Jika anda memberi pelindung pada speaker, pastikan pelindung tersebut terbuat dari bahan non-metal seperti kayu atau plastik polyprophilene atau karet. Penggunaan bahan metal sebagai pelundung speaker akan mempengaruhi elektromagnet speaker, yang perlahan akan mereduksi kualitasnya.

Kesimpulan

Speaker Mobil terdiri atas 3 opsional komponen yang berfungsi untuk menangkap sinyal-sinyal pada rentang frekuensi tertentu, meliputi tweeter, midrange, dan woofer. Jika ketiganya digabungkan, maka speaker akan memiliki kemampuan bombastis yang mampu memutar segala jenis musik dan lagu secara maksimal.

Selain ketiga komponen tersebut, kompatibilitas terhadap amplifier dalam mobil juga harus disesuaikan agar power atau daya yang diberikan pada speaker memadai dan cukup. Beberapa brand ternama dunia seperti Aphine dan Pioner serta Bose dan JBL juga telah memproduksi speaker mobil terbaiknya dengan beragam kemampuan serta fitur dan desain yang menarik.

Pastikan anda memiliki salah satu diantaranya ya!

Artikel terkait:

- Helm Full Face Terbaik

Leave a Comment