10 Rekomendasi SSD Terbaik untuk PC dan Laptop 2020

SSD Terbaik untuk PC dan Laptop

Perangkat penyimpanan data yang biasanya terdapat pada komputer atau laptop bisa disebut sebagai HDD (Hard Disk Drive). HDD ini memiliki kelemahan dalam waktu membaca saat membuka aplikasi sehingga terdapat inovasi baru berupa SSD atau Solid State Drive.

SSD ini menawarkan kecepatan waktu membaca yang lebih cepat daripada HDD sehingga menjadi salah satu aspek utama untuk perangkat komputer atau laptop. Berikut ini adalah penjabaran tentang SSD maupun tips serta rekomendasi SSD yang terbaik dan berkualitas yang ada di Indonesia.

Apa itu SSD ?

SSD, merupakan singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk, adalah salah satu perangkat pada komputer atau laptop yang berfungsi untuk menyimpan data.

SSD ini terdiri dari serangkaian IC atau microchip yang saling terhubung satu sama lain yang berfungsi untuk menyimpan data atau informasi.

SSD Terbaik

Cara kerja SSD ini mirip dengan USB Flash Drive namun memiliki kapasitas yang lebih besar dan sebagai pengganti harddisk pada perangkat komputer atau laptop.

SSD bekerja jauh lebih cepat dari HDD (Hard Disk Drive) karena prinsip kerjanya yang tidak memiliki lengan mekanik untuk menulis dan membaca data.

Perbedaan SSD dan HDD

HDD atau Hard Disk Drive merupakan perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data pada perangkat komputer atau laptop. HDD, sebelum kehadiran SSD, merupakan perangkat penyimpan yang banyak digunakan pada perangkat komputer atau laptop.

HDD memiliki tipe penyimpanan berjenis non volatile, yaitu memakai cakram berbahan metal dan terdapat lapisan  magnet yang berfungsi sebagai penyimpan data. Prinsip kerja dari HDD adalah dengan memutar cakram yang ada di dalamnya sehingga seringkali menimbulkan suara yang sedikit bising.

SSD Terbaik di Indonesia

Kecepatan transfer data pada HDD seringkali menjadi masalah karena membutuhkan waktu yang lama pada proses membuka aplikasi atau booting pada windows.

Seiring dengan perkembangan zaman, hadirlah sebuah teknologi baru bernama SSD atau disebut juga Solid State Drive yang menggunakan chip flash yang saling terhubung untuk menyimpan data. SIstem pada SSD mirip dengan sistem penyimpanan pada Flashdisk.

SSD memiliki berbagai macam form factor, contohnya SSD berbentuk kotak atau SSD 2,5 inch dengan antarmuka SATA. Selain itu ada juga jenis bernama M.2 yang dipasangkan di slot M.2 dengan antarmuka SATA. Lalu ada juga yang mirip dengan M.2 SATA, yaitu SSD NVMe yang memiliki interface PCIe.

Kecepatan transfer data pada SSD jauh lebih besar sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama pada proses membuka aplikasi atau booting pada windows.

Jenis-jenis SSD

SSD yang terdapat di pasaran memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan bentuk dan ukurannya. SSD ini dapat digunakan pada komputer maupun hanya untuk desktop saja. Berikut ini adalah jenis-jenis SSD yang beredar :

Jenis SSD 2,5 inch

Jenis SSD ini adalah jenis yang paling umum digunakan pada berbagai perangkat komputer. Jenis ini cocok digunakan sebagai pengganti HDD laptop agar memiliki kinerja yang lebih baik. Contoh produk yang memiliki SSD jenis ini adalah SSD WD Green 120GB SATA.

Jenis SSD mSATA

Jenis SSD ini mempunyai bentuk faktor yang lebih kecil daripada SSD standar dan biasanya digunakan pada perangkat dengan daya terbatas, misalnya laptop, tablet, maupun netbook. SSD mSATA juga digunakan pada produk-produk komersial lain seperti kios ritel, printer multifungsi, perangkat point of sale, maupun penanda digital.

SSD Terbaik para compra

Ukuran dari jenis ini kira-kira sebesar kartu nama dan memiliki fitur yang tahan guncangan serta kemampuan boot atau shutdown dengan cepat. Contoh produk yang memiliki SSD jenis ini adalah SSD 850 EVO mSATA 1TB.

SSD M.2 SATA

Jenis SSD ini biasanya dipakai pada laptop ultrabook dan tablet karena memiliki ukuran yang lebih kecil dari SSD mSATA. Terdapat dua jenis SSD M.2 SATA, yaitu M.2 double sided atau dua sisi, memiliki ukuran 22 mm x 60 mm, dan single sided atau satu sisi berukuran 22 mm x 80 mm.

Perbedaan kedua jenis ini terletak pada kapasitasnya dimana M.2 double sided memiliki kapasitas yang lebih besar. Contoh produk untuk jenis SSD ini adalah Samsung 860 EVO Sata M.2

SSD M.2 NVMe

NVMe merupakan singkatan dari Non Volatile Memory Express merupakan standar yang dikembangkan khusus dari merk Intel, Samsung, Dell, Seagate untuk produk SSD.

Interface yang dipakai untuk jenis SSD ini adalah PCIe dimana memori flash bisa beroperasi sebagai SSD melalui interface PCIe karena interface SATA biasanya memiliki kecepatan yang lebih lambat. M.2 pada jenis ini adalah faktor bentuk.

Jenis SSD ini bekerja paling cepat dibandingkan dengan jenis SSD yang lain. Contoh produk yang menggunakan jenis SSD ini adalah ADATA M.2 NVME SX6000 atau Samsung 970 Series.

Tips membeli SSD terbaik

SSD selalu memberikan keunggulan dari segi kecepatan transfer maupun efisiensi daya jika dibandingkan dengan HDD.

Walaupun terdapat sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh SSD, perlu diperhatikan juga beberapa pertimbangan supaya sesuai dengan kebutuhan, yang dijabarkan di bawah ini :

  1. Kecepatan yang ditawarkan oleh SSD

Tips pertama adalah salah satu yang harus diperhatikan dalam memilih SSD yang tepat. SSD umumnya memiliki kecepatan membaca standar sebesar 400 MB/detik dan menulis sebesar 300 MB/detik.

Jika pengguna ingin memiliki SSD bertipe standar, cukup memilih yang memiliki kecepatan 300 sampai 400 MB/detik. Sesuaikan kecepatan yang ditawarkan dari produk SSD dengan kebutuhan yang dimiliki oleh pengguna.

SSD Terbaik

2. Jenis SATA yang digunakan oleh SSD

SSD yang biasa digunakan oleh perangkat komputer atau laptop menggunakan SATA sebagai interfacenya. Interface SATA ini berhubungan dengan kecepatan transfer data yang ada.

Untuk SATA 1 memiliki kecepatan mencapai 1,5 GB sedangkan untuk SATA 2 memiliki kecepatan mencapai 3 GB dan 6 GB untuk SATA 3.

Pastikan dalam memilih SSD disesuaikan dengan kemampuan perangkat komputer atau laptop apakah kompatibel dengan jenis SATA yang akan dipilih atau tidak.

3. Kapasitas yang ditawarkan oleh SSD

SSD memiliki kapasitas penyimpanan yang beragam, untuk itu diperlukan penyesuaian mengenai kapasitas yang dibutuhkan oleh pengguna. Jika mempunyai anggaran berlebih sebaiknya dipadukan antara SSD dan HDD dimana SSD digunakan untuk operasi data sementara HDD digunakan untuk menyimpan data.

Merk SSD terbaik dan berkualitas di Indonesia

Saat ini, SSD diproduksi oleh banyak produsen dimana spesifikasinya disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna. Berikut ini adalah beberapa merk SSD yang direkomendasikan dari survei maupun berbagai sumber :

1. SSD Samsung

Merek asal Korea Selatan ini merupakan salah satu merek yang direkomendasikan oleh banyak pengguna. Walaupun dari segi harga adalah jauh lebih mahal daripada merk lain, namun kualitas yang ditawarkan sudah terjamin.

Performa yang dihadirkan pada perangkat SSD merk ini merupakan salah satu yang tercepat dengan kecepatan membaca berkisar di angka 540 MB/detik dan menulis 520 MB/detik dan terdapat juga penawaran garansi selama 1 tahun.

SSD Samsung

Selain itu, pada merek ini terdapat teknologi yang memungkinkan perangkat SSD tetap dingin saat dioperasikan, hal ini akan berpengaruh pada umur pemakaian produk tersebut.

2. SSD Western Digital (WD)

Western Digital (WD) adalah salah satu merk yang terkenal di kalangan remaja dimana menjadi salah satu merk rekomendasi untuk menambah performa komputer atau laptop.

Terdapat dua produk SSD yang menjadi andalan dari merk ini diantaranya WD Green dan WD Blue. WD Green mempunyai keunggulan dalam menyimpan data dalam jangka panjang sedangkan untuk WD Blue bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya menonton video, mendengarkan musik, atau menyimpan file.

SSD Western Digital

Kecepatan transfer data yang dimiliki oleh merk ini berkisar di angka 540 MB/detik untuk kecepatan membaca dan 465 MB/detik untuk kecepatan menulis.

Harga yang ditawarkan masih terbilang terjangkau sehingga cocok digunakan oleh pengguna dari berbagai kalangan dan mempunyai garansi 1 tahun.

3. Crucial

Crucial adalah salah satu merek yang juga direkomendasikan oleh banyak pengguna karena harganya yang masih terjangkau. Merek ini juga menawarkan berbagai tipe kapasitas yang disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna.

SSD Crucial

Teknologi yang dipakai pada merek ini membuat produk tetap dingin meski saat dilakukan pengoperasian sehingga berpengaruh pada jangka waktu pemakaian produk.

Kecepatan transfer data yang terdapat pada merek ini termasuk yang tinggi dengan kecepatan membacanya berkisar di angka 540 MB/detik dan kecepatan menulisnya berkisar di angka 500 MB/detik.

4. Adata

Adata adalah merek yang terkenal karena ketangguhannya dan kualitasnya yang terjamin sehingga merek ini adalah salah satu dari merek yang direkomendasikan.

Merek ini sudah menggunakan teknologi 3D NAND dimana memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan efisiensi kinerja yang tinggi serta ketahanan yang bagus.

SSD Adata

Kecepatan transfer data yang dimiliki pada merek ini berkisar di 520MB/detik untuk kecepatan membaca dan 450MB/detik sehingga performa produk yang dihasilkan lebih tinggi.

Kapasitas yang ditawarkan juga bervariasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dengan harga yang terjangkau.

Top 10 SSD terbaik dan berkualitas di Indonesia

1. Samsung 970 Evo Plus

Produk ini menawarkan teknologi bernama 96 layer V-NAND yang berfungsi dapat membaca transfer data dengan kecepatan 3500 MB/detik dan kecepatan menulisnya sebesar 3300 MB/detik.

Produk ini adalah salah satu yang memiliki kecepatan tertinggi dari produk SSD yang lain. Ada tiga aspek yang menjadi unggulan produk ini diantaranya umur pemakaian yang panjang, efisiensi, maupun performa. Produk ini juga diklaim mampu menjaga data agar tetap aman karena memiliki teknologi AES 256 Bit Encryption.

SSD Samsung 970 Evo Plus

Waktu pemakaian yang cukup lama dari produk ini karena memiliki batas TWb sebesar 1200. Dimensi dari SSD ini adalah 8 cm x 0,23 cm x 2,2 cm.

Harga yang ditawarkan untuk membeli produk ini adalah di kisaran Rp 2 jutaan untuk kapasitas 500 GB dan Rp 8 jutaan untuk kapasitas penyimpanan sebesar 2 TB.

2. Crucial MX500 500 GB 3D NAND M.2 Type 2280 Internal SSD

Produk ini memiliki keunggulan dalam kecepatan transfer data, yaitu memiliki kecepatan membaca sebesar 560 Mbps dan kecepatan tulis sebesar 510 Mbps. Konektor pada SSD ini memakai M.2 sehingga mendukung fitur dalam mentransfer data berkecepatan tinggi.

Produk ini terjamin kualitasnya karena sudah melakukan berbagai pengujian dan terdapat pula buku panduan supaya mudah dimengerti. Ukuran yang ditawarkan pada produk ini berdimensi 8 cm x 2,2 cm x 0,1 cm dengan ketebalan sebesar 0,1 cm.

Crucial MX500 500 GB 3D NAND M.2 Type 2280 Internal SSD

Kapasitas penyimpanan produk ini sebesar 500 GB yang mana cukup sebagai tempat penyimpanan data bagi pengguna. Harga yang ditawarkan untuk produk ini adalah berkisar antara Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta dan terdapat di berbagai marketplace di Indonesia.

3. Samsung Portable SSD T5

Produk ini memiliki teknologi yang memiliki kecepatan transfer data sebesar 540 MB/detik yang mana 4,9 kali lebih cepat dibanding HDD eksternal. Selain itu, produk ini juga memiliki fitur manajemen software terbaru sehingga pengguna bisa mengatur password dan mengupdate firmware.

Samsung Portable SSD T5

Ukuran penyimpanan yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari 250 GB sampai 2 TB. Tipe konektor dari produk ini adalah USB 3.1 Gen 2 yang mendukung kecepatan transfer data yang lebih cepat. Produk ini memiliki dimensi sebesar 7,4 cm x 5,73 cm x 1,05 cm dengan ketebalan hanya 1,05 cm.

Harga yang dibanderol untuk produk ini berkisar antara Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta yang tersebar di berbagai marketplace di Indonesia.

4. Crucial P1

Produk ini memiliki teknologi NVMe PCIe M.2 yang mampu mentransfer data dengan kecepatan membaca hingga 2000 MB/detik dan kecepatan menulis sebesar 1700 MB/detik.

Selain itu, produk ini juga memiliki fitur yang berguna untuk mencadangkan dan memulihkan data yang tersimpan, yaitu melalui aplikasi Acronis True Image. Produk ini juga memiliki daya tahan yang cukup lama dalam penggunaan disertai dengan waktu garansi yang juga cukup lama, yaitu sekitar 5 tahun.

SSD Crucial P1

Kapasitas yang ditawarkan untuk produk ini adalah 500 GB dengan kisaran harga sebesar Rp 1 jutaan dan 1 TB yang memiliki kisaran harga sebesar Rp 2 jutaan.

5. Western Digital Sandisk Ultra 3D SSD

Produk ini mengusung teknologi 3D NAND yang diklaim mampu membuat bagian dalam SSD tetap dingin saat dioperasikan sehingga membuat produk lebih awet dan tahan lama. Produk ini juga memakai daya yang tidak besar sehingga usia laptop pengguna yang memakai SSD ini akan bertahan lama.

Kecepatan transfer data yang dimiliki pada produk ini adalah kecepatan membaca sebesar 550 Mbps/detik dan kecepatan menulis sebesar 525 Mbps/detik sehingga bisa digunakan oleh penggemar game, edit foto maupun video dengan resolusi yang tinggi.

Western Digital Sandisk Ultra 3D SSD

Tipe konektor yang dimiliki oleh produk ini berjenis SATA 3 yang memiliki kelebihan dalam kecepatan transfer data yang besar.

Terdapat berbagai macam kapasitas penyimpanan yang ditawarkan, mulai dari 250 GB sampai 4 TB dengan dimensi sebesar 10 cm x 6,96 cm x 0,71 cm. Harga yang ditawarkan juga bervariasi berdasarkan ukurannya, untuk ukuran 250 GB sebesar Rp 1,5 jutaan, 500GB sebesar Rp 3 jutaan, dan selebihnya berkisar antara Rp 6 juta sampai Rp 12 jutaan.

6. Adata XPG SD700X External SSD

Produk ini cocok dipakai untuk pengguna yang gemar bermain game karena memiliki kecepatan membaca dan menulis yang 4 kali lebih tinggi dibanding HDD internal yang terdapat pada Xbox One dan PS4.

Kecepatan ini berpengaruh pada proses loading menu pada perangkat yang dipasang SSD ini. Kecepatan membaca pada produk ini sebesar 440 Mbps/detik dan menulis sebesar 430 Mbps/detik.

Adata XPG SD700X External SSD

Selain itu, produk ini memiliki fitur yang tahan air, debu, maupun guncangan karena memiliki sertifikat IP68 yang sesuai dengan standar US Army. Produk ini bisa bertahan di dalam air yang memiliki kedalaman 1,5 meter selama 1 jam.

Kapasitas penyimpanan yang diusung pada produk ini adalah bervariasi, mulai dari 256 GB sampai 1 TB dan tipe konektornya adalah USB 3.2 Gen 1 yang mendukung kecepatan transfer data yang lebih cepat dibanding SSD tipe lain.

Dimensi produk ini adalah 8,35 cm x 8,35 cm x 1,39 cm dengan ketebalan sebesar 1,39 cm.

7. Adata XPG SX8200 Pro

Produk dari merk Adata ini adalah salah satu SSD bertipe NVMe M.2 yang cocok dipakai untuk pengguna gamer, pembuat konten video, dan lain-lain. Produk ini juga memiliki kecepatan transfer data yang tinggi dimana kecepatan membacanya hingga 3500 MB/detik sedangkan untuk kecepatan membacanya sebesar 3000 MB/detik.

Adata XPG SX8200 Pro

Penggunaan produk ini juga hemat daya karena memiliki teknologi 3D NAND Flash yang memberikan ketahanan dan efisiensi daya yang tinggi.

Kapasitas yang dimiliki oleh produk ini mulai dari 256 GB hingga 1 TB. Untuk kisaran harganya mulai dari Rp 1 jutaan sampai Rp 3 jutaan tergantung dari kapasitas yang ingin dipilih.

8. Samsung SSD 960 EVO

Produk ini cocok digunakan untuk pengguna yang ingin menyimpan data penting dan rahasia karena  memiliki perangkat AES 256 bit dan kompatibel dengan TCG Opal maupun IEEE 1667. Fitur itu digunakan sebagai pelindung data yang tersimpan dalam SSD.

Selain itu, produk ini juga menggunakan teknologi interface NVMe yang menyediakan bandwidth yang sudah disempurnakan serta teknologi TurboWrite untuk memberikan kinerja yang tinggi pada produknya.

Samsung SSD 960 EVO

Kecepatan transfer data yang ditawarkan pada produk ini termasuk yang tinggi, yakni kecepatan membacanya sebesar 550 Mbps/detik dan kecepatan menulisnya 520 Mbps.

Dalam pengoperasiannya, produk ini akan tetap dingin karena menggunakan teknologi thermal guard dimana fitur ini memberikan kinerja untuk mencegah overheating sehingga kinerja SSD ini bisa lebih optimal.

Kapasitas penyimpanan yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari 250 GB hingga 4 TB. Untuk kisaran harganya adalah Rp 1 jutaan sampai Rp 5 jutaan tergantung dari kapasitas yang dibutuhkan.

9. Western Digital Sandisk Ultra 3D SSD

Produk ini merupakan salah satu produk dari merk western digital yang mempunyai teknologi 3D NAND 64 layer pertama di dunia. Teknologi ini memiliki kegunaan dalam mengoptimalkan kinerja SSD tetapi menggunakan konsumsi daya yang rendah.

Selain itu, produk ini juga stabil dalam keadaan suhu panas dan tahan terhadap guncangan maupun getaran. Fitur ini membuat data yang disimpan pada produk akan tetap aman meski komputer atau laptop tidak sengaja terjatuh.

Western Digital Sandisk Ultra 3D SSD

Kemampuan transfer data pada produk ini cukup tinggi yaitu untuk kecepatan membacanya sebesar 550 Mbps sedangkan kecepatan menulisnya sebesar 525 Mbps. Kapasitas yang ditawarkan oleh produk ini bervariasi, mulai dari 250 GB sampai 4 TB yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Untuk kisaran dimensi, produk ini memiliki ukuran 10 cm x 6,96 cm x 0,71 cm dengan ketebalan hanya 0,71 cm. Harga yang diusung dari produk ini juga bervariasi, tergantung pada kapasitas penyimpanan yang dimiliki, mulai dari Rp 1 jutaan sampai Rp 5 jutaan.

10. Western Digital Black SN750

Produk ini cocok dipakai untuk pengguna yang gemar bermain game karena memiliki kecepatan transfer data yang tinggi, yaitu 3400 MB/detik untuk kecepatan membaca dan 2900 MB/detik untuk kecepatan menulis.

Produk ini juga memiliki fitur heatsink yang khusus terdapat pada desktop PC dan berfungsi untuk menjaga suhu komputer atau laptop berada di suhu normal saat digunakan.

Western Digital Black SN750

Hal ini akan berpengaruh pada baterai laptop dan umur pemakaian komputer yang lama. Selain itu, kapasitas yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari 250 GB sampai 2 TB.

Untuk teknologi heatsink, hanya ada pada kapasitas penyimpanan sebanyak 2TB dengan harga sekitar Rp 5 jutaan sedangkan untuk 250GB berkisar Rp 800 ribuan.

Kelebihan menggunakan SSD

Sekarang ini, para pengguna mulai mempertimbangkan penggunaan SSD dibandingkan dengan HDD di dalam komputer ataupun laptop mereka karena menawarkan berbagai kelebihan yang ada di dalamnya, diantaranya :

Performa SSD yang lebih cepat

SSD memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan dengan HDD karena memiliki kecepatan transfer data (membaca maupun menulis) yang lebih tinggi.

Seperti contoh pada SSD SATA memiliki kecepatan membaca dan menulis sekitar 400 sampai 500an sementara kecepatan membaca dan menulis pada HDD berkisar di angka 150an saja. Angka ini tentunya berpengaruh pada pembukaan program yang lebih cepat.

SSD Terbaik

Proses booting windows juga lebih cepat dengan adanya faktor ini. Proses booting pada laptop windows 10 yang menggunakan HDD memakan waktu 45 detik sedangkan yang menggunakan SSD hanya memakan waktu 5 detik saja.

SSD juga membuat lebih optimal pada pengerjaan multitasking karena memiliki kecepatan proses perpindahan yang lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan HDD.

SSD tidak menimbulkan bunyi saat pengoperasian

SSD tidak menggunakan piringan yang berputar, seperti halnya pada HDD, sehingga menimbulkan suara yang lebih sunyi. Laptop atau komputer yang menggunakan HDD akan terdengar suara piringan yang berputar saat digunakan.

Penggunaan SSD hemat energi

SSD menggunakan daya yang lebih sedikit sehingga lebih hemat. HDD memiliki lebih banyak komponen sehingga memakan daya yang lebih besar dibandingkan dengan SSD.

SSD minim kerusakan

HDD menggunakan piringan yang berputar sehingga sensitif apabila terjadi guncangan atau getaran. Jika komputer atau laptop tidak sengaja terjatuh, akan berpengaruh pada putaran piringannya. Sementara itu tidak berlaku pada SSD karena tidak menggunakan piringan dalam penggunaannya.

Ukuran SSD lebih kecil

Ukuran HDD lebih besar dibandingkan dengan SSD karena memuat platter, head dan yang lainnya sedangkan SSD hanya terdiri dari sekumpulan memori saja.

Sekarang ini, laptop memiliki ukuran yang lebih tipis dan karena itu, jika menggunakan HDD tidak akan muat karena ukurannya yang lebih besar sehingga digunakan SSD sebagai gantinya karena ukurannya yang kecil, yaitu sekitar 2,5 inchi saja.

Kekurangan menggunakan SSD

Setiap benda memiliki kekurangan, tak terkecuali SSD yang mulai menjadi kebutuhan untuk komputer atau laptop. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dalam menggunakan SSD :

Harga SSD lebih mahal dibandingkan HDD

SSD adalah teknologi baru sehingga menawarkan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan HDD. Dengan kisaran harga Rp 600 sampai Rp 700 ribuan saja sudah bisa mendapatkan HDD berkapasitas 1 TB sedangkan untuk SSD hanya berkapasitas 256 GB dengan harga yang sama.

SSD Terbaik

SSD memiliki batas umur

HDD bisa mengalami kerusakan akibat adanya guncangan atau getaran, sedangkan itu tidak berlaku pada SSD. Sepanjang tidak adanya guncangan atau getaran, pemakaian HDD akan awet dan tidak berbatas waktu.

Sementara itu tidak berlaku pada SSD karena produk ini memiliki batas waktu yang dihitung pada satuan Terabytes Written (TBW). Setiap terjadinya penulisan data di SSD, pada saat yang sama juga terjadi penurunan kemampuan SSD sampai terjadinya kerusakan seiring dengan pencapaian batas pada TBW.

Kesimpulan

Seiring dengan kebutuhan penyimpanan data dalam perangkat komputer atau laptop, SSD menjadi salah satu perangkat yang dibutuhkan oleh banyak pengguna.

Terdapat berbagai macam tipe maupun kapasitas penyimpanan yang dihadirkan oleh produsen supaya memenuhi kebutuhan pengguna.

Untuk itu, diperlukan pertimbangan yang matang dalam memilih produk tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi salah satu bahan referensi dalam memilih produk SSD Terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *