7 Sunblock Wajah yang Bagus dan Berkualitas

sunblock wajah terbaik 2018
7 Sunblock Wajah yang Bagus dan Berkualitas
3 (60%) 2 votes

Untuk anda yang beraktifitas diluar ruangan dan sering terpapar matahari, pastinya anda mengenal produk perawatan wajah yang disebut dengan sunblock wajah. Sunblock wajah juga sering disebut sebagai tabir surya.

Produk perawatan wajah ini memiliki kandungan anorganik yang berfungsi sebagai dinding antara kulit dengan paparan sinar matahari secara langsung . Oleh karena itulah sunblock wajah memiliki fungsi utama untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dihasilkan oleh matahari.

sunblock wajah

Sunblock wajah berbeda dengan pelembab. Meskipun pada kenyataannya banyak produk dipasaran yang menyatakan bahwa pelembab wajah juga mampu melindungi kulit dari sinar UV, namun produk tersebut tidak bisa disamakan dengan sunblock. Hal ini disebabkan karena kandungan sunblock wajah mampu memantulkan sinar uv dan mengunci kulit untuk tidak menyerap paparan sinar ultraviolet yang mampu menyebabkan penuaan dini dan terbakarnya lapisan kulit.

Kalau anda, termasuk orang dengan intensitas tinggi bekerja diluar ruangan dan ingin tetap melindungi kulit dari sinar ultraviolet, maka berikut kami sajikan untuk anda sunblock wajah terbaik rekomendasi kami.

Macam – macam sunblock menurut bentuknya

Sunblock dalam bentuk lotion

Untuk anda yang memiliki kulit normal hingga berminyak, maka sunblock jenis lotion ini cocok untuk kulit wajah anda. Kandungan ar dalam lotion biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan minyaknya sehingga bisa menghindari minyak berlebih pada kulit. Kulit dengan kandungan minyak yang berlebih biasanya rentan terkena jerawat, hal ini karena kandungan minyak mampu menutup pori – pori dan menyumbatnya sehingga susah sekali untuk bisa menghilangkan kotoran hingga bersih.

Sunblock dalam bentuk lotion

Keunggulan dari sunblock wajah bentuk lotion ini adalah kemudahannya untuk dioleskan dengan merata pada kulit. Namun sayangnya, tipe sunblock ini mudah luntur oleh keringat dan zat lain. Bagi anda yang memilih produk sunblock wajah dengan jenis ini, pastikan anda memilih produk sunblock dengan kemampuan waterproof ya sehingga anda tidak perlu mengoleskannya berkali kali pada kulit wajah anda.

Sunblock dalam bentuk krim

Anda yang memiliki bentuk kulit kering cenderung normal maka, sunblock dengan jenis krim cocok untuk anda. Jenis krim mememiliki kandungan lanolin dan minyak alami yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sunblock lainnya.Sementara itu jenis kulit anda yang kering cenderung membutuhkan kandungan minyak yang ekstra agar kelembutan dan kelembaban kulit tetap terjaga..

Kelebihan sunblock tipe ini adalah krim yang tidak mudah luntur sehingga bisa menjaga kelembaban kulit anda dan menghidrasi dengan baik. Namun sayangnya jika pemapakaian terlalu berlebihan maka anda akan merasa kulit anda menjadi lengket.

Selain itu, jika dibandingkan dengan sunblock dalam bentuk lotion, maka sunblock tipe ini akan lebih sulit untuk diratakan. Untuk anda yang memiliki masalah kulit yang berjerawat, maka hindari pembelian produk sunblock wajah jenis ini ya, karena hanya akan menambah jerawat anda semakin banyak.

Sunblock dalam bentuk Gel

Untuk anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, maka sunblock jenis ini cocok untuk kulit anda. kandungan minyak pada sunblock dengan jenis gel lebih ringan jika dibandingkan dengan sun block dengan jenis lotion.

Sunblock dalam bentuk Gel

Kandungan alkohol pada sunblock tipe ini mampu membantu sembuhnya jerawat. Dengan adnya kandungan air yang mendominasi pada sunblock jenis gel inilah yang menyebabkan kulit berminyak aman untuk menggunakannya.

Sunblock dalam bentuk spray

Khusus jenis sunblock ini hanya cocok digunakan oleh kulit anda yang berminyak ya. Kandungan air dalam sunblok jenis ini sangat tinggi sehingga sangat cocok di aplikasikan pada jenis kulit berminyak.

Cara pemakaian yang sangat praktis, yakni menyemprotkan cairan sunblock ke area tubuh yang akan terpapar sinar matahari mampu menarik minat pemakai. Spray ini juga dapat meminimalisir iritasi pada kulit.

Keunggulan dari sunblock jenis ini adalah pengaplikasiannya yang mudah dan cepat sehingga cukup dengan semprotan sedikit pada wajah maka wajah anda sudah terlindungi dari sinar matahari.

Sunblock dalam bentuk spray

Namun jangan salah pilih ya, karena sunblock jenis spray ini ada juga bisa digunakan untuk rambut. Selain itu, sunblock ini juga bisa meninggalkan bekas pada tas maupun benda disekitar anda yang ikut tersemprot cairan sunblock ini. keunggulan dari sunblock tipe ini adalah teksturnya yang tidak terasa lengket dikulit

Sunblock dalam bentuk bubuk

Sunblock jenis ini biasanya juga bisa digunakan sebagai foundation atau alas bedak. Memang praktis sekali ya, namun tidak semua orang bisa mengaplikasikan tipe ini dengan baik. Salah – salah malah terlihat coreng moreng.

Produk sunblock wajah jenis ini memang banyak beredar dipasaran dan dampakanya pada kulit bisa dikatakan cukup minim. Pada pengaplikasiannya, sunblock jenis ini bisa digunakan bersamaan dengan sunblock tipe spray maupun krim.

Sunblock dalam bentuk pil ataupun kapsul

Sunblock tipe ini tidak perlu dioleskan langsung ke kulit sehingga Anda tidak perlu khawatir soal sisa sunblock yang menempel di area tubuh atau benda lain di sekitar Anda. Produk tipe ini sangat cocok untuk dipakai oleh orang yang tidak suka mengoleskan sunblock ke kulit ataupun untuk mereka yang kulitnya sensitif sehingga dengan demikian anda masih mampu melindungi kulit anda dari bahaya sinar UV.

Produk sunblock wajah tipe ini memiliki kandungan dan fungsi yang berbeda – beda. Oleh karena itu pastikan anda mengetahui isi kandungan dalam sunblock dan sesuaikan dengan kebutuhan tubuh anda ya

Cara memilih sunblock

Kalau anda sudah memahami bahaya radikal bebas, pastinya anda akan berusaha untuk mencegah bahaya tersebut memberikan dampak pada tubuh anda. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih sunblock yang sesuai untuk anda

Perhatikan kandungan SPF dan PA

Dalam kemasan sunscreen biasanya tertera apa saja kandungannya, termasuk SPF. Angka SPF menunjukkan seberapa kuat sunscreen yang kita pakai untuk memberikan perlindungan dari sunburn, tanpa memberikan informasi apapun mengenai waktu.

Karena itu, jangan berlama-lama berada di bawah sinar matahari setelah memakai sunblock dengan SPF tinggi karena itu tidak menjamin anda tidak terbakar. Intensitas UV yang dipancarkan sinar matahari berbeda-beda tergantung waktu, kalau pagi hari tentu saja intensitasnya lebih rendah ya.

Perhatikan kandungan SPF dan PA

Untuk Anda yang sering berolahraga di bawah terik matahari, carilah produk sunblock dengan kandungan SPF50/PA +++~++++. Apabila Anda ingin bebas dari kulit terbakar saat beraktivitas sehari-hari di bawah terik matahari, carilah sunblock dengan kandungan SPF 20/PA ++.

Namun demikian jangan berpikir bahwa semakin tinggi SPF semakin baik untuk kulit ya. Gunakan sunblock yang sesuai dengan tingginya intensitas anda terpapar dimatahari. Hal ini karena semakin tinggi kandungan SPF/PA pada suatu produk sunblock, makin besar juga risiko kerusakan pada kulit. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan sunblock dengan kandungan SPF/PA yang tinggi sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

Perhatikan tersedianya fungsi waterproof

Pemakaian sunblock paling sering dilakukan saat cuaca panas. Namun cuaca panas ini juga memudahkan anda berkeringat. Oleh karena itu, pilihlah sunblock yang anti air sehingga dengan sekali oles maka bisa bertahan seharian. Selain itu jika terkena hujan atau air mendadak, maka anda tidak perlu mengoleskan sunblock ulang.

Cek bahan bahan pembuatnya

Komposisi atau bahan – bahan yang terdapat dalam sunblock memang bagus untuk kulit. Namun anda perllu memperhatikan lebih detail ya karena anda pasti tidak mau kulit cantik anda rusak karena sunblock. Hindari sunblock yang mengandung ethanol, oxybenzone dan antioksidan sintetis butylated hydroxytoluene/BHT karena bahan – bahan tersebut tergolong bahan yang menimbulkan dampak kuat terhadap kulit jika dipakai secara berlebihan.

Kandungan ethanol bisa mengiritasi kulit anda terutama yang sensitif, sedangkan oxybenzone sendiri juga bahan berbahaya yang dapat memicu kanker. Pilihlah sunblock yang berbahan dasar antioksidan alami dan Zinx Oxide atau Titanium Oxide.

Rasakan reaksinya pada kulit.

Untuk poin ini jelas sekali ya kalau setiap produk yang anda pakai untuk pertama kalinya, maka anda harus merasakan reaksinya pada kulit. Jika kulit anda merasa halus, tidak perih, ataupun tidak mengalami iritasi, maka bisa dipastikan anda sudah memilih produk yang tepat.

Namun jika produk sunblock wajah pilihan anda membuat kulit anda terasa panas, kering, bahkan menimbulkan iritasi dan jerawat, maka segera hentikan penggunaan sunblock tersebut. Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi kulit anda.

Batas waktu produk

Produk sunblock hanya memiliki batas waktu penggunaan 6 bulan hingga satu tahun atau 12 bulan. Jika sudah lebih dari 12 bulan, maka ada baiknya anda mengganti dengan yang baru karena lapisan pelindung dalam sunblock sudah tidak berfungsi maksimal. Selain itu isi sunblock yang sudah terlalu lama bisa saja sudah teroksidasi dengan keadaan sekitar.

7 Sunblock wajah terbaik di Indonesia

1. Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Sunscreen

Produk ini berbentuk krim sehingga cocok untuk anda yang memiliki kulit kering cenderung normal. Untuk keamanannya, produk Kiehl’s Ultra Lght Daily UV Defense Sunscreen ini tidak mengandung paraben atau pengawet sehingga produk ini aman untuk penggunaan sehari – hari.

Produk ini mengandung SPF 50 PA++++ yang mampu melindungi kulit wajah dari sinar UV. Meskipun berbentuk krim, produk ini diklaim nyaman untuk dipakai karena mudah meresap kekulit dan tidak meninggalkan kesan lengket.

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Sunscreen

Sensasi dingin langsung anda rasakan ketika anda menggunakan produk ini pada wajah anda sehingga begitu segar ketika digunakan saat cuaca panas. Jangan khawatir akan komedo, karena produk ini tidak akan menimbulkan komeda pada wajah anda.

Untuk mendapatkan produk yang menyegarkan ini, anda cukup menyediakan budget sebanyak Rp. 85.000

2. Skin Aqua UV Moisture Gel

Produk ini berfungsi melembabkan kulit dan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Untuk anda yang mencari pelembab sekaligus sunblock, maka produk Skin Aqua UV Moisture Gel merupakan jawabannya. Oleh sebab itu, sunblock jenis ini juga bisa digunakan sebagai base saat anda ingin mengaplikasikan make up.

Skin Aqua UV Moisture Gel

Produk ini tidak menimbulkan kesan lengket karena cepat sekali meresap kedalam pori – pori kulit. Kandungan vitamin B5, E, dan C-nya tidak hanya memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit tetapi juga mampu menjaga elastisitas karena produk in juga mengandung kolagen.

Untuk produk menarik ini anda cukup merogoh kantong sebanyak Rp. 48.900,- saja lho.

3. Loreal Sunblock UV Perfect Aqua Essence

Produk ini berbentuk spray dan mampu melindungi wajah dari sinar UV hingga 12 jam. Dengan demikian anda tidak perlu berulang kali melakukan pengolesan ulang setiap kali anda terpapar sinar matahari.

Loreal Sunblock UV Perfect Aqua Essence

Hebatnya lagi, produk ini bisa digunakan untuk melembabkan kulit bahkan bisa digunakan sebelum dan sesudah make up tanpa merusakan make – up anda. Untuk anda yang berkeringat, jangan takut, karena produk ini mengandung bahan sweatproof sehingga tidak luntur akibat keringat

Produk dengan kanudngan SPF 50 PA++++ ini juga bebas alkohol sehingga aman bagi kulit sensitif.

Produk ini bisa anda dapatkan dengan merogoh kocek sebanyak Rp. 152.000,-

4. Bioaqua Sunscreen Supple Isolation Sun

Dengan kandungan SPF30 , Bioaqua Sunscreen Supple Isolation Sun diklaim mampu menjaga dan melindungi kulit anda dari sinar UV. Produk ini dikemas dalam tube dengan isinya bentuk lotion sehingga aman untuk digunakan semua jenis kulit. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir akan munculnya efek samping di kulit setelah menggunakan produk ini.

Bioaqua Sunscreen Supple Isolation Sun

Salah satu kelebihan produk ini adalah kandungan waterproof-nya membuat Bioaqua Sunscreen tidak mudah luntur setelah diaplikasikan ke kulit. Selain itu, produk ini juga mampu mencerahkan serta memutihkan kulit.

Bagi anda yang menyukai aktifitas diluar ruangan dan tetap ingin terlihat cerah, maka produk ini cocok untuk anda.

Untuk produk menakjubkan ini anda cukup membayar Rp. 47.800,-

5. Kustie Sunny Time Sunblock Cream

Ekstrak buah kiwi merupakan kandungan buah yang terdapat dalam sunblock ini. Dengan kandungan SPF90 produk ini dijamin mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB. Dengan bentuk produk krim, Kustie Sunny Time Sunblock Cream diklaim mampu tahan air dan tidak lengket dibadan.

Kustie Sunny Time Sunblock Cream

Kandungan alami dari buah kiwi membantu anda untuk tetap mendapatkan kulit yang cerah sehingga anda bisa tetap tampil cantik dan sehat dengan produk Kustie Sunny Time Sunblock Cream

Untuk mendapatkan produk ini, anda cukup membayar uang sejumlah Rp.79.900

6. Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Untuk anda yang mencari sunblock wajah tipe gel yang mampu menjaga kesehatan kulit wajah dari sinar UV dalam waktu lama, maka Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini merupakan pilihan yang tepat.

Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Dengan kandungan bahan alami seperti ekstrak royal jelly dan ekstrak jeruk, produk sunblock satu ini mampu menjaga kult wajah anda agar tetap terhidrasi dengan baik. Bentuk gel dan sedikit berarit ini membuat produk menyerap denga baik dan tidak akan menimbulkan rasa lengket. Selain itu produk ini juga bisa anda jadikan dasar atau foundation sebelum anda mengaplikasikan make up pada wajah lho.

Untuk produk dengan formula waterproof dan sweatproof yang tidak mudah luntur ini anda cukup menyediakan budget sebesar Rp. 104.900,-

7. Neutrogena Beach Defense Sunscreen Lotion

Sunblock ini mengandung SPF 70 yang mampu melindungi kulit agar tidak terbakar oleh sinar UV. Neutrogena Beach Defense Sunscreen Lotion ini merupakan sunblock berbentuk lotion yang akan cepat menyerap dan terasa ringan dikulit. Selain itu sunblock ini juga mampu memberikan perlindungan kulit dari penuaan dini akibat terbakar sinar UVB dan juga sinar UVA.

Neutrogena Beach Defense Sunscreen Lotion

Dengan bentuk packagingnya yang mungil, membuat produk Neutrogena Beach Defense Sunscreen ini bisa dibawa kemana – mana sehingga tidak menghabiskan banyak tempat jika anda meletakkannya dalam kotak make – up anda. Oleh karena itu, produk ini cocok bagi anda yang suka travelling.

Cukup merogoh uang sebanyak Rp. 74.950,- saja.

Langkah – langkah pemakaian sunblock wajah

Bersihkan area wajah anda

Sebelum anda menggunakan rangkaian produk perawatan wajah, maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah membersihkan area wajah anda terlebih dahulu. Area wajah yang bersih akan memudahkan penyerapan nutrisi dari rangkaian perawatan wajah.

Bersihkan area wajah anda

Keringkan wajah

Setelah anda mencuci bersih wajah anda, maka keringkan dengan handuk yang lembut. Hal ini untuk menghindari kulit anda teirittasi karena tekstur handuk yang kasar. Namun jangan sampai terlalu kering ya, sisakan kelembaban sedikit pada wajah anda sehingga nantinya sunblock dapat terserap dengan baik.

Aplikasikan sunblok secara merata

Setelah kulit anda kering, maka itu waktunya anda mengaplikasikan sunblock wajah. Ratakan dengan kedua tangan anda dan tunggu hingga sunblock benar – benar meresap. Kalau untuk sunblock dalam bentuk spray ataupun gel, maka sunblock akan cepat sekali terserap dalam kulit.

Aplikasikan sunblok secara merata

Namun untuk pemakaian sunblock berbentuk krim, maka anda perlu beberapa waktu menunggu hingga sunblock benar benar bisa di”makan” oleh kulit anda. Jika anda ingin mengaplikasikan make up, maka anda harus menuggu hingga sunblock terserap ya kemudian anda bisa melanjutkan dengan primer, foundation dan lain sebagainya.

Perbanyak konsumsi vitamin C dan air mineral

Hal ini tentunya untuk membantu menghidrasi dan melindungi tubuh kita dari kekerangan. Perawatan kulit yang baik tidak hanya dari luar tubuh ya tetapi dari dalam tubuh juga penting.

Gunakan sunblock 15 – 30 menit sebelum anda keluar dari ruangan dan terpapar sinar matahari sehingga produk sunblock wajah anda bisa bekerja secara maksimal.
Untuk pengaplikasian pada bayi, gunakan produk dengan SPF 15 jangan lebih dari itu. Gunakan secara berkala hanya jika diperlukan, hal ini karena sunblock dengan SPF 15 hanya bisa bertahan sebentar saja.

Kulit gelap tetap membutuhkan sunblock karena bagaimanapun juga sinar UVA dan UVB tidak pandang bulu untuk memaparkan sinyalnya. Memang benar bahwa kulit yang gelap memiliki ketahanan yang lebih dibandingkan yang berkulit terang, namun bagaiamanapun juga kulit tetap membutuhkan pelindung. Anda pasti tidak mau kan kulit indah anda rusak karena paparan sinar matahari?

Aplikasikan berulang hanya jika diperlukan

Produk sunblock wajah ini memang baik untuk wajah anda karena kandungannya yang memberikan manfaat banyak. Namun gunakan seperlunya saja ketika anda memang akan terpapar sinar matahari. Apabila memang diperlukan, anda bisa mengaplikasikan produk ini beberapa kali dengan jangka waktu tertentu.

Misalnya ketika anda berkeringat atau sesudah berenang terkena air, maka anda bisa kembali mengaplikasikan produk pelindung ini pada kulit wajah anda. Namun jika hanya berada diluar ruangan dengan waktu yang sebentar dan kembali masuk kedalam ruangan, maka anda tidak perlu mengaplikasikan sunblock wajah ini berulang.

Cara kerja Sunblock

Sunblock wajah adalah alat untuk memfilter bukan memblok, oleh karena itu sunblock masih akan tetap membiarkan beberapa sinar UV melalui pada tingkat yang berbeda ditunjukkan oleh angka SPF masuk kedalam kulit anda. Untuk tabir surya SPF 30 akan memungkinkan 1/30 dari sinar UV untuk melewati itu dalam jumlah waktu yang sama dengan kulit yang tanpa menggunakan tabir surya sama sekali.

Pastikan bahwa anda benar-benar memahami definisi ini sehingga Anda dapat memahami bagaimana tabir surya bekerja. Jika Anda menggunakan tabir surya SPF 30 itu berarti akan memakan waktu 30 kali lebih lama untuk membakar dosis sinar UV dari matahari menumpuk dalam kulit anda. Juga, berhati-hati bahwa sengatan matahari dapat memakan waktu untuk benar-benar terlihat pada kulit.

sunblock wajah terbaik

Dibutuhkan 6 – 10 menit bagi sinar UV untuk membakar kulit anda dan juga lapisan pelindung atau sunblock wajah anda. Hal ini tergantung dari jenis kulit anda sendiri .
Jika anda sudah terlanjur terbakar matahari, maka produk sunblock ini bukan merupakan jalan keluar yang baik.

Segeralah periksa kedokter atau beli krim khusus untuk meredakan kulit anda yang terbakar. Oleh karena itu, untuk mengurangi resiko kulit yang terbakar, anda harus menggunakan produk sunblock wajah anda sebelum anda keluar dari ruangan.

Kesimpulan

Siapa yang tidak suka terkena matahari? Tentu saja orang akan senang terkena sinar matahari yang menyehatkan bagi tubuh dan kulit. Oleh karena itu anda memerlukan sunblock wajah untuk tetap menjaga keindahan kulit anda.

Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa membuat keputusan sunblock wajah terbaik apakah yang tepat untuk anda. Pastikan anda memilih produk dengan kandungan yang tepat dan sesuai untuk kebutuhan kulit anda ya.

You May Also Like

About the Author: Admin

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *