8 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik 2020

Termometer Digital Terbaik copy

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu seseorang. Terdapat beberapa jenis termometer yang ada di pasaran, salah satunya adalah termometer digital. Termometer digital memiliki keunggulan karena dapat membaca pengukuran dengan cepat dan hasilnya dapat langsung ditampilkan pada layar.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai termometer digital maupun tips memakai termometer Digital terbaik digital dengan baik serta rekomendasi merk yang berkualitas yang ada di pasaran Indonesia.

Apa Itu Termometer Digital ?

Termometer digital adalah termometer yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh dimana hasil pengukurannya langsung disajikan secara digital, yaitu ditampilkan pada layar pada termometer.

Cara pakai untuk termometer digital ini terdapat di beberapa bagian tubuh, diantaranya dahi, telinga, ketiak, maupun anus.  Termometer ini bekerja dengan menggunakan sensor panas elektronik pada alat yang bersentuhan dengan tubuh atau objek untuk membaca perkiraan suhu yang diukur.

Termometer Digital Terbaik

Waktu pembacaan untuk termometer digital ini adalah cepat, yakni di kisaran 2 sampai 5 menit saja. Bahkan ada beberapa produk yang dapat mengukur suhu hanya dalam waktu 10 detik.

Jenis-Jenis Termometer

Termometer menjadi salah satu benda penting ketika seseorang sedang mengalami suhu badan yang tinggi alias demam. Di pasaran terdapat berbagai jenis termometer dimana salah satunya adalah termometer digital. Namun, termometer digital juga memiliki beberapa jenis, diantaranya :

Jenis Termometer Digital

Termometer ini umumnya mempunyai bentuk yang menyerupai pensil dan bahannya terbuat dari plastik. Termometer ini dapat digunakan di daerah ketiak, mulut atau bawah lidah, maupun dubur. Bentuk dari termometer ini biasanya berukuran kecil sehingga cocok dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Termometer Digital Terbaik di Indonesia

Jenis Termometer Inframerah

Termometer ini biasanya digunakan oleh tenaga medis di berbagai rumah sakit, klinik, maupun puskesmas. Cara kerja dari termometer jenis ini adalah dengan menembakkan sinar inframerah ke daerah yang akan diukur suhunya, seperti dahi dan lubang telinga (membran timpani).

Pengukuran pada termometer ini dapat dilakukan hanya dalam 1 detik saja. Namun, jenis ini memiliki kekurangan yaitu harus dikalibrasi dahulu digunakan sebelum digunakan dan termometer harus sering digunakan supaya kesalahan pengukuran akan jarang terjadi.

Jenis Termometer Dot (Empeng Digital)

Termometer ini memang didesain khusus untuk bayi karena struktur dan bentuknya yang menyerupai dot atau empeng. Cara penggunaan untuk jenis ini adalah dengan cara dihisap lalu hasil pengukuran akan keluar setelah kurang lebih 3 menit.

Tips memilih termometer digital yang baik

Sebelum membeli termometer digital diperlukan beberapa pertimbangan salah satunya adalah tujuan penggunaannya.

Jika digunakan hanya untuk bayi maka lebih baik menggunakan termometer jenis dot supaya bayi tidak dapat terganggu saat dilakukan pengukuran suhu, namun jika dipakai untuk seluruh anggota keluarga maka cukup gunakan termometer digital biasa atau inframerah. Berikut ini adalah beberapa tips lain dalam memilih termometer digital terbaik :

1. Keunggulan yang Dimiliki

Dalam mempertimbangkan untuk membeli termometer, dibutuhkan beberapa pertimbangan salah satunya adalah keunggulan termometer. Jika ingin mencuci setiap setelah pemakaian termometer, pilihlah termometer yang mempunyai fitur tahan air atau waterproof sehingga mudah dicuci saat digunakan.

Jika pengguna mempunyai kulit yang sensitif sebaiknya gunakan termometer yang memiliki bahan pelindung emas supaya aman saat digunakan.

Termometer Digital Terbaik para compra

2. Mudah diisi ulang

Terdapat beberapa jenis termometer dari segi daya, yaitu baterai tanam maupun baterai lepas pasang.

Untuk termometer yang memiliki baterai lepas pasang, memiliki kelebihan yaitu mudah diperbaiki namun terlihat lebih repot jika persediaan baterai menipis.

Sekarang ini sudah terdapat banyak termometer yang memiliki baterai tanam dan hanya perlu dilakukan pengisian menggunakan listrik saat daya sudah sedikit sehingga bisa hemat dalam pemakaian baterai.

3. Informasi dan Ulasan

Pendapat atau review pengguna yang sudah pernah memakai suatu produk tertentu juga menjadi hal yang penting dalam pertimbangan memilih termometer karena dapat memberi informasi yang lebih akurat. Hal ini dilakukan supaya dapat memilih termometer yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Termometer Digital Terbaik 1

Merk Termometer Digital yang berkualitas di Indonesia

Termometer menjadi salah satu alat yang penting jika salah satu keluarga sedang sakit maupun pekerja medis yang ada di berbagai rumah sakit ataupun klinik.

Dengan banyaknya permintaan akan termometer, banyak perusahaan alat kesehatan yang memproduksi termometer dengan berbagai fitur dan harga yang ditawarkan. Terdapat berbagai macam merk yang ternama yang ada di pasaran Indonesia. Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Termometer Digital Beurer

Beurer merupakan salah satu rekomendasi merk termometer terbaik yang berasal dari Jerman. Merk ini terkenal akan alat kesehatan, seperti monitor tekanan darah, oksimeter, lampu terapi inframerah, maupun termometer.

Merk ini menawarkan garansi yang cukup lama, yaitu sekitar 3 tahun dan desain yang dimiliki juga mudah digenggam sehingga mempermudah pengguna dalam pemakaian. Produk termometer dari merk ini bisa digunakan untuk berbagai kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Termometer Digital Beurer

Selain itu, produk termometer dari merk  ini juga menawarkan pengukuran yang akurat serta layar display yang cukup besar sehingga mempermudah dalam membaca hasil pengukuran. Harga yang ditawarkan oleh merk ini memang cukup mahal, namun sebanding dengan fitur yang dimiliki.

Merk ini dapat dengan mudah ditemui di berbagai marketplace di Indonesia. Salah satu produk termometer andalan dari merk ini adalah Beurer BY 20 Pacifier Thermometer.

2. Termometer Digital Microlife

Microlife adalah perusahaan alat kesehatan asal Taiwan yang sedang berkembang di Indonesia Produk yang ditawarkan dari merk ini adalah beragam, mulai dari nebulizer, stetoskop sampai termometer.

Merk ini memiliki beragam jenis termometer, salah satunya adalah termometer digital. Desain maupun bahan yang ditawarkan dari termometer merk ini terbilang elegan dan modern. Selain itu, terdapat termometer yang dilapisi emas pada ujung termometer supaya meminimalisir alergi pada kulit yang sensitif.

Termometer Digital Microlife

Akurasi yang ditawarkan juga cukup tinggi sehingga menjadi salah satu merk rekomendasi untuk termometer. Harga yang dimiliki oleh produk ini juga cukup terjangkau, berkisar antara Rp 150 ribuan sampai Rp 800 ribuan tergantung pada fitur yang ditawarkan. Salah satu produk termometer andalan dari merk ini adalah Microlife MT 200 Digital Thermometer.

3. Termometer Digital Omron

Omron adalah merek dagang dari PT Omron Manufacturing Indonesia yang merupakan salah satu cabang dari Omron Corporation. Omron ini adalah salah satu perusahaan elektronik yang berasal dari Kyoto, Jepang.

Merk ini menyediakan berbagai macam produk otomasi, komponen elektronik, dan kesehatan. Salah satu produk alat kesehatan yang banyak dibeli dari merk ini adalah nebulizer, monitor tekanan darah, dan termometer digital.

Termometer Digital Omron

Termometer yang dihasilkan dari merk ini memiliki banyak fitur, salah satunya adalah mampu menyimpan hasil pengukuran sebelumnya sehingga dapat dengan mudah dibandingkan dengan pengukuran terkini.

Selain itu, desain yang dibuat dari produk ini sangat mudah untuk digenggam sehingga dapat dengan mudah dipakai berbagai kalangan. Bahan yang dipakai adalah halus sehingga cocok digunakan untuk pengguna yang memiliki kulit sensitif.

Produk termometer dari merk ini memiliki tingkat akurasi yang tinggi sehingga menjadi salah satu merk rekomendasi untuk produk termometer. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yaitu berkisar pada Rp 800 ribuan sampai Rp 1 jutaan dan tersedia di berbagai marketplace di Indonesia.

4. Termometer Digital Puremed

Puremed adalah salah satu merk yang berasal dari Jiangsu, China yang memproduksi berbagai produk alat kesehatan, salah satunya adalah termometer. Merk ini memiliki berbagai jenis termometer, salah satunya adalah termometer digital.

Produk termometer dari merk ini memiliki berbagai macam fitur, salah satunya adalah dapat mematikan produk secara otomatis apabila tidak terpakai sehingga lebih hemat daya. Selain itu, fungsi dari produk termometer ini tidak hanya digunakan untuk mengukur suhu manusia saja tetapi bisa mengukur suhu makanan, air, maupun ruangan.

Termometer Digital Puremed

Selain itu, fitur yang ditawarkan adalah memiliki warna lampu latar display yang berbeda untuk menunjukkan hasil pembacaan temperatur. Warna hijau pada display menunjukkan suhu antara 32-37 derajat, warna kuning sebesar 37,4-38 derajat, dan warna merah memiliki suhu 38,1-42,9 derajat celcius.

Jika pembacaan suhu menunjukkan angka di bawah 32 derajat ataupun di atas 42 derajat celcius, layar display akan menunjukkan warna hijau. Harga yang ditawarkan dari merk ini berkisar antara Rp 400 ribuan sampai Rp 500 ribuan yang mana cukup terjangkau walaupun memiliki fitur yang menarik.

Selain itu, produk juga tersedia di berbagai marketplace yang ada di Indonesia. Produk termometer andalan dari produk ini adalah Puremed Thermometer Infrared.

Top 8 Termometer Digital Yang Berkualitas Di Indonesia

Seiring dengan banyaknya kebutuhan akan termometer, banyak produsen yang memproduksi termometer dengan berbagai macam fitur dan harga yang ditawarkan.

Sebagai pembeli, tentunya diperlukan beberapa referensi supaya mendapatkan termometer yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah top 8 rekomendasi merk termometer digital terbaik yang ada di pasaran Indonesia :

1. Puremed Thermometer Infrared

Produk ini memiliki fitur backlight yang dapat menampilkan warna yang berbeda sesuai dengan suhu tubuh. Warna yang terdapat pada produk ini adalah hijau menunjukkan temperatur normal, warna kuning menunjukkan temperatur sedang atau demam ringan dan merah untuk temperatur tinggi.

Produk ini mampu membaca hasil setelah 2 detik pengukuran sehingga cocok untuk pengguna yang ingin mengetahui hasil dengan cepat dan akurat. Ukuran display pada produk ini adalah 34mm x 21mm sehingga pas saat digunakan.

Puremed Thermometer Infrared

Hasil pengukuran dapat disimpan sampai 10 kali sehingga bisa dilakukan perbandingan antara suhu sekarang maupun sebelumnya. Daya pada termometer ini menggunakan baterai dan terdapat notifikasi ketika daya sudah lemah.

Pengukuran dapat dilakukan pada daerah telinga, dahi, maupun objek lain dan sistem pengukurannya menggunakan sistem scan.

Tipe termometer yang digunakan oleh produk ini berjenis inframerah dan harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 500 ribuan sampai Rp 600 ribuan yang tersedia di berbagai marketplace di Indonesia.

2. Microlife MT 200 Digital Thermometer

Produk ini menawarkan fitur waterproof alias tahan air dan sangat cocok dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Produk ini juga cocok dipakai oleh pengguna kulit sensitif karena ujung pengukuran termometer ini dilapisi dengan emas yang berfungsi supaya kulit tidak mengalami reaksi alergi jika bersentuhan dengan produk.

Microlife MT 200 Digital Thermometer

Pemakaian untuk produk ini bisa dipakai pada mulut, ketiak, atau anus dan jika pengukuran sudah selesai akan berbunyi ‘beep’ dan pengguna dapat langsung melihat hasil pengukurannya.

Waktu pembacaan pada produk ini tergolong cepat, yaitu hanya 10 detik dan produk ini juga dilengkapi dengan layar LCD yang besar serta sistem backlight yang bisa memudahkan dalam melihat hasil pengukuran.

Jenis termometer yang dipakai pada produk ini berjenis termistor dan ketika daya yang dipakai sudah menurun, produk ini dilengkapi dengan lampu indikator baterai sehingga dapat dengan mudah mengganti baterai yang sudah lama dipakai. Harga yang dibanderol pada produk ini berkisar antara Rp 150 ribuan sehingga cocok dipakai untuk semua pengguna.

3. Beurer BY20 Pacifier Thermometer

Produk ini dikhususkan penggunaannya untuk bayi karena didesain seperti dot bayi yang praktis dan higienis. Selain itu, dot pada termometer ini terbuat dari material yang lembut, tidak memakai kaca, dan bebas merkuri sehingga terjamin keamanannya saat digunakan untuk bayi.

Produk ini cocok digunakan untuk bayi yang mudah rewel saat demam yang menyulitkan ibu untuk mengukur suhu badannya karena sengaja didesain berbentuk beruang kecil dan terdapat dot juga. Produk ini juga tahan terhadap air sehingga tidak mudah rusak dan jangka waktu penggunaannya adalah lama.

Beurer BY20 Pacifier Thermometer

Cara pembacaan juga cukup mudah karena hasil pengukurannya langsung muncul di display dan akan terdapat suara ketika pengukurannya sudah selesai. Selain itu, produk ini juga memiliki fitur yang terdapat penyimpanan hasil pengukuran sebelumnya sehingga bisa membandingkan dengan hasil pengukuran saat ini.

Daya yang ada pada produk ini menggunakan baterai dan dapat secara otomatis mati apabila tidak digunakan. Harga yang ditawarkan produk ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 400 ribuan sampai Rp 500 ribuan, dan terdapat garansi 3 tahun penggunaan.

4. Omron Termometer Dahi MC-720

Produk ini menawarkan fitur silent saat digunakan sehingga aman dipakai saat anak sedang tidur. Pada saat dipakai, produk ini akan mengeluarkan suara beep setelah pengukuran selesai namun apabila mode silent dinyalakan, suara beep itu tidak akan terdengar.

Jika ingin membandingkan dengan hasil pengukuran sebelumnya, produk ini mempunyai fitur yang dapat menampilkan hal itu. Selain itu, produk ini juga memiliki 3 mode lain yang bisa dipilih, yaitu mode pengukuran suhu di dahi, suhu permukaan, dan suhu ruangan. Daerah pengukuran yang dapat diukur oleh produk ini adalah daerah dahi dengan tipe termometer yang dipakai berjenis inframerah.

Omron Termometer Dahi MC-720

Namun kekurangan dari produk ini adalah tidak tahan air (waterproof). Selain itu, terdapat lampu latar pada display pengukuran sehingga memudahkan saat membaca suhu. Harga yang ditawarkan untuk produk ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 500 ribuan sampai Rp 600 ribuan dengan garansi dari pabrik selama 2 tahun.

5. Omron MC-245 Termometer Digital

Produk ini menawarkan tingkat akurasi yang tinggi dalam pengukuran, dimana bisa mengukur suhu sampai level 0,1C. Selain itu, waktu pembacaan pengukurannya juga terbilang cepat, 80 detik jika melalui mulut, 60 detik jika melalui dubur, dan 120 detik jika melalui ketiak.

Omron MC-245 Termometer Digital

Selain itu, ketika pengukuran sudah selesai akan berbunyi beep dan sudah bisa langsung melihat hasil pengukuran di layar display. Produk ini juga terdapat fitur yang bisa menyimpan data pengukuran sebelumnya sehingga bisa dibandingkan dengan pengukuran saat ini.

Produk ini bersifat tahan air (waterproof) sehingga aman digunakan serta awet. Daya yang digunakan produk ini menggunakan baterai yang permanen dan harga yang ditawarkan juga terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp 50000 dan tersebar di semua marketplace di Indonesia.

6. Omron Termometer Digital MC-343F

Produk ini memiliki fitur yang dapat membaca hasil pengukuran secara cepat, yakni hanya sekitar 10 detik saja di daerah anus. Pengukuran bisa dilakukan di daerah mulut, ketiak, maupun anus. Untuk daerah pengukuran mulut, hasil dapat bisa dibaca setelah 20 detik dan 25 detik melalui ketiak.

Omron Termometer Digital MC-343F

Selain itu, ujung termometer ini bisa langsung dibersihkan menggunakan alkohol setelah penggunaan dan produk ini termasuk waterproof atau tahan air sehingga tidak akan mudah rusak saat dibersihkan. Jenis termometer yang digunakan pada produk ini adalah termistor dan bisa mengukur suhu aktual pada mode celcius ataupun fahrenheit.

Produk ini juga bisa menyimpan pengukuran sebelumnya sehingga bisa langsung membandingkan dengan pengukuran saat ini dan pengukurannya juga aktual walaupun hanya 0,1 derajat. Harga yang ditawarkan oleh produk ini berkisar di angka Rp 150 ribuan dan produk bisa didapatkan di semua marketplace di Indonesia.

7. Braun Thermoscan 7 with Age Precision

Produk ini menawarkan fitur yang dapat mengukur dengan tepat sesuai dengan umur pengguna karena pada bayi yang baru lahir, batita, maupun setelah batita memiliki rentang suhu yang berbeda.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu hanya mengetik umur pengguna lalu produk ini akan mengukur suhu yang ada saat produk sudah dimasukkan pada telinga. Hasil pengukuran sudah selesai ketika sudah terdengar suara beep yang berasal dari termometer.

Braun Thermoscan 7 with Age Precision

Produk ini juga memiliki fitur pre-warmed tip yang mengatur suhu telinga sesuai dengan keadaan yang sebenarnya pada saat diukur, yang tidak terdapat fitur ini pada termometer yang lain.

Selain itu, terdapat juga fitur color coded display yang menunjukkan warna saat pengukuran suhu dimana warna hijau menunjukkan temperatur normal, kuning menunjukkan temperatur demam ringan, dan merah adalah temperatur tinggi.

Hasil pengukuran dapat disimpan sampai 9 kali pengukuran sehingga bisa membandingkan dengan pengukuran sebelumnya. Harga yang ditawarkan oleh produk ini cukup mahal, yaitu sekitar Rp 1,5 jutaan namun sebanding dengan fitur yang ditawarkan. Produk ini juga tersedia di berbagai marketplace yang ada di Indonesia.

8. Beurer FT 65

Produk ini memiliki fungsi 6 in 1 dengan tingkat akurasi yang tinggi. Produk ini dapat diukur pada telinga, dahi, maupun permukaan objek lainnya. Selain itu, pada layar display suhu terdapat dua warna yang berbeda dimana warna hijau menunjukkan pengukuran suhu sampai dengan 37,9 derajat dan untuk suhu 38 derajat ke atas akan menunjukkan warna merah.

Beurer FT 65

Selain itu, pengukuran dapat ditampilkan dalam derajat celcius maupun fahrenheit dan dapat menyimpan pengukuran hasil sampai 10 kali sehingga dapat dibandingkan hasil pengukuran terkini maupun sebelumnya.

Produk ini juga memiliki fitur switch off secara otomatis apabila tidak digunakan sehingga akan semakin awet dalam pemakaian daya dan terdapat notifikasi apabila daya yang tersimpan sudah sedikit. Harga yang ditawarkan dari produk ini sekitar Rp 500 ribuan yang mana cukup terjangkau untuk fitur yang ditawarkan dan tersedia di seluruh marketplace di Indonesia.

Metode Pengukuran Pada Termometer Digital

Termometer digital memiliki dua tipe untuk metode pengukurannya, yaitu tipe termistor dan tipe inframerah.

Perbedaan ini terletak pada jenis pengukuran yang dipakai dimana untuk tipe termistor menggunakan kontak tubuh sedangkan tipe inframerah menggunakan radiasi inframerah yang dipancarkan oleh tubuh. Berikut ini adalah penjelasan terkait dengan perbedaan kedua tipe tersebut.

Tipe Termistor

Termometer tipe ini termasuk ke dalam termometer standar dimana cara penggunaannya adalah dengan cara dijepit pada ketiak atau dimasukkan ke dalam mulut. Tipe ini memiliki dua jenis diantaranya termometer yang menampilkan suhu kesetimbangan dan termometer yang menghitung berdasarkan kontak pertama kali pada tubuh.

Termometer Digital Terbaik

Perbedaannya terletak pada waktu yang dibutuhkan untuk pembacaan dimana jenis pertama membutuhkan lebih banyak waktu namun dapat menampilkan hasil yang lebih akurat sedangkan jenis kedua hanya membutuhkan waktu sepersekian detik namun tidak seakurat jenis pertama.

Tipe Inframerah

Termometer tipe ini memiliki sistem kerja dapat menunjukkan suhu dengan cara mengukur jumlah radiasi inframerah yang dihasilkan dari tubuh. Tipe ini tergolong higienis karena tidak memerlukan kontak dengan tubuh dan waktu pembacaannya yang sangat singkat, yaitu hanya 1 hingga 2 detik saja.

Daerah pengukuran dari tipe ini biasanya pada dahi maupun telinga diperlukan posisi yang tepat saat dilakukan pengukuran supaya mendapatkan hasil yang akurat. Selain itu, termometer tipe ini perlu sering digunakan supaya hasil pembacaannya tetap akurat.

Cara menggunakan termometer digital

Termometer digital adalah salah satu alat penting yang jika mengetahui manfaatnya tentu akan menjadi alat yang bermanfaat bagi banyak orang sehingga diperlukan panduan yang tepat supaya dapat menggunakan termometer digital dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara menggunakan termometer digital, diantaranya :

Waktu Yang Tepat Untuk Mengukur Suhu Tubuh

Pagi hari setelah bangun tidur adalah waktu yang tepat untuk mengukur suhu tubuh dan apabila termometer yang digunakan berjenis termometer basal, sebaiknya selalu dipakai pada waktu yang sama setiap hari.

Termometer Digital Terbaik

Selain itu, pengukuran suhu normal anda menjadi salah satu hal yang penting sebagai antisipasi supaya mengetahui apakah terjadi penurunan atau kenaikan suhu di kemudian hari.

Untuk itu disarankan untuk mengukur suhu normal pada setiap orang di saat tidak mengalami demam atau suhu tinggi.

Posisi Termometer Saat Digunakan

Posisi termometer yang baik sangat menentukan keakuratan dalam pengukuran suhu tubuh. Jika menggunakan termometer pada ketiak, selalu pastikan semua ujung termometer berada di sisi tengah dalam.

Apabila tidak dilakukan dengan benar maka akan terjadi pembacaan hasil yang tidak akurat.

 

Baca Panduan Penggunaan Sebelum Menggunakan Termometer

Termometer yang menggunakan daerah pengukuran di sekitar mulut atau telinga memiliki cara penggunaannya tersendiri. Untuk itu bacalah buku panduan penggunaan supaya termometer dapat digunakan dengan baik dan benar.

Untuk pengukuran yang menggunakan mulut, pastikan ujung termometer berada di pangkal lidah dan untuk pengukuran menggunakan telinga, pastikan termometer berada segaris dengan lubang telinga.

Kesimpulan

Termometer Digital adalah alat yang wajib dipunyai bagi setiap keluarga maupun tenaga medis yang bertugas. Setiap termometer memiliki fitur dan keunggulan masing-masing, untuk itu diperlukan pertimbangan yang tepat dalam memilih termometer supaya dapat digunakan dengan baik.

Termometer juga memerlukan cara penggunaan yang benar supaya tidak terjadi kesalahan dalam pengukuran dan menjadi tidak akurat. Semoga artikel ini dapat membantu dalam memilih Termometer Digital terbaik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, ya!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *