[Review] 7 Rekomendasi Treadmill Terbaik 2020

Treadmill Terbaik

Salah satu alat olahraga indoor yang paling banyak diminati adalah treadmill. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi treadmill terbaik di Indonesia.

Treadmill memang alat olahraga yang mudah sekali anda jumpai ditempat fitnes atau gym. Dengan berolahraga diatas treadmill anda akan mampu membakar kalori dalam tubuh. Cara penggunaan yang simple namun memberikan hasil maksimal membuat alat ini begitu disukai.

Kelebihan lari diatas treadmil adalah anda tidak perlu berpanas – panas ria saat terkena matahari. Karena inilah ada anggapan bahwa lari diatas treadmill dianggap kurang menantang. Padahal bagaimanapun juga, yang namanya lari tetaplah lari selama dilakukan secara maksimal. Dengan berlari anda tidak hanya melatih otot kaki, namun juga melatih semua otot yang ada pada tubuh anda. Ada sebagian dari anda juga yang mungkin sudah mencoba untuk berlari diatas treadmill namun belum mendapatkan hasil yang maksimal.

Mungkin anda sudah melakukan kesalahan dalam menggunakan treadmil, meskipun mungkin anda sudah merasa menggunakannya dengan benar. Oleh karena itu untuk menghindari kesalahan, dalam artikel ini anda akan mendapatkan informasi mengenai seluk beluk treadmil dan cara menggunakannya untuk mendapat hasil yang maksimal.

Treadmill Terbaik di Indonesia

Jenis – jenis treadmill dan perbedaannya

Ada dua jenis alat treadmill berdasarkan tenaga menjalankannya. Yang pertama adalah treadmil elektrik yaitu alat treadmill yang pengoperasiannya membutuhkan mesin. Treadmill elektrik saat ini memang lebih digandruingi dibandingkan dengan treadmill manual. Biasanya treadmill elektrik ini sudah dilengkapi dengan monitor untuk memantau denyut jantung, kecepatan,kalori, waktu tempuh,lama latihan dan pengaturan kecepatan, pengaturan latihan otomatis.

Jenis yang kedua adalah treadmil manual yaitu treadmill yang menggunakan tenaga manusia untuk pengoperasiannya. Karpet treadmil manual akan berputar ketika anda berlari diatasnya karena daya dorong kaki. Pada treadmil manual anda tidak memerlukan listrik sehingga bisa menghemat biaya listrik. Namun sayangnya anda tidak bisa mengatur kecepatan anda berlari tidak seperti pada treadmil elekrik.

Treadmill Terbaik para compra

Cara memilih treadmill Terbaik

Perhatikan ukuran deck

Yang dimaksud dengan deck adalah area untuk berlari diatas treamil. Deck yang sempit lebih berisiko membuat Anda terjatuh ketika Anda kelelahan atau tersandung.Untuk deck berukuran sempit ini cocok untuk anda gunakan saat latihan lari dengan intensitas rendah.

Namun jika anda berencana untk berlari dengan intensitas tinggi ada baiknya anda memilih treadmil dengan deck berukuran minimal 110 x 34,5 cm. Dengan demikian anda akan merasa leluasa untuk bergerak.

Perhatikan tenaga mesin dan bobotnya

Tenaga mesin pada treadmill ditunjukkan dengan HP (Horse Power). Treadmill dengan tenaga yang besar memiliki banyak kelebihan. Tenaga yang besar dan bobot yang berat berguna untuk menjaga kestabilan treadmill saat digunakan. Jika treadmill tidak stabil maka anda bisa saja dalam resiko bahaya.

Treadmill dengan tenaga mesin kecil biasanya memiliki bobot ringan sehingga terasa kurang stabil dan memiliki suara cukup bising, bahkan ketika Anda hanya memakainya untuk berlari santai saja. Sementara itu, suara mesin pada treadmill dengan tenaga mesin besar biasanya tidak bising walaupaun saat intu anda sedang menggunakannya untuk berlari sekuat tenaga. Masa penggunaannya pun lebih panjang dan tidak mudah rusak.

Perhatikan pilihan program pelatihan dan cara penyimpanan

Terdapat beberapa program pelatihan pada treadmill yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Keberadaan program latihan ini berguna untuk membantu Anda menentukan target yang harus Anda capai setiap harinya. Karena itu, bila memungkinan, pilihlah produk yang memiliki banyak jenis program latihan agar bisa Anda gunakan untuk berbagai jenis training sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seain itu anda juga perlu memperhatikan penyimpanan alat berat anda ini. Ada 2 jenis treadmill berdasarkan cara penyimpanannya yaitu tipe lipat dan tidak dilipat. Tentu saja untuk yang tipe lipat akan lebih memudahkan anda menyimpan karena bisa menghemat tempat. Sedangkan untuk yang tidak bisa dilipat ada baiknya anda meletakkannya diruangan khusus untuk anda berolahraga.

Pilih berdasarkan kecepatan maksimum

Bila Anda berencana menggunakan treadmill untuk berlari santai maka treadmil dengan kecepatan maksimum 6 km/jam saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda. Namun jika anda berencana menggunakan treadmill untuk lari dengan intensitas tingg maka pilihlah produk berkecepatan maksimum mencapai 16 km/jam bila Akan tetapi, bila Anda ingin menggunakan treadmill untuk lari santai sekaligus latihan lari berintensitas tinggi, Anda bisa memilih produk yang memiliki range kecepatan luas.

Treadmill Terbaik

Merk treadmill terbaik di Indonesia

Treadmill Total

Merek Total Fit  yang merupakan kepanjangan dari total Fitness ini cocok bagi anda yang ingin memiliki treadmill dengan harga yang murah namun dengan barang yang berkualitas. Ada dua jenis treadmil yang disediakan oleh merk Total Fit ini yaitu treadmill manual dan treadmill elektrik.

Treadmill Total

Tentunya kedua jenis treadmill ini memiliki rentang harga yang berbeda ya. Untuk treadmill manual harganya kisaran antara 1 juta sampai 4 jutaan sedangkan untuk treadmill elektrik harganya berkisar 3 juta sampai 8 jutaan. Treadmil Total Fit ini merupakan merk yang paling laris dipasaran karena harganya yang murah namun juga berkualitas.

Oleh karena itu, jika anda mendapatkan penawaran treadmil kelaran Total Fit dengan harga yang tak wajar anda perlu berhati – hati karena rawan terjadi penipan yang menngatasnamakan merk ini.

Treadmill Merek OB Fit

Merek OB Fit ini merupakan merek alat olahraga yang berasal dari China sama halnya dengan merek Total Fit namun kualitasnya selevel diatas dari merek Total Fit. Harganya pun relatf lebih mahal dari pada merek Total Fit.

Treadmill Merek OB Fit

Merek ini merupakan merek yang mempunyai kualitas sama halnya seperti Total Fit namun dari segi harga lebih Mahal dibanding dengan Total Fit. Treadmill OB Fit sudah dilengkapi dengan teknologi Spring Shock Absorption yang dapat menyerap goncangan, sehingga tidak berisik. Selain itu, treadmill OB Fit juga dilengkapi dengan MP3 yang dapat menemani olahragamu dengan lagu-lagu favoritmu.

Treadmill OB Fit ditenagai oleh motor bertenaga 1,75 Horse Power yang dapat mencapai kecepatan 5 Km/jam. Untuk pemula, pastinya kecepatan itu sudah lebih dari cukup ya. Untuk harganya pun ada direntanng harga 3 jutaan hingga 30 Jutaan.

Treadmill Merek Kettler

Merek kettler ini merupakan treadmill yang berasal dari Germany. Kualitasnya pun berada diatas dari kedua merk tersebut. Merek Kettler merupakan kualitas yang terbaik namun sebanding dengan harganya. Untuk treadmill buatan Kettler merupakan jenis treadmill yang bertenaga tinggi ditenagai oleh motor 2,5 tenaga kuda yang dapat menjalankan kecepatan treadmill dari 1 sampai 18 Km/jam.

Treadmill Merek Kettler

Selain itu, treadmill Kettler dapat mencapai incline sampai 15 persen. Treadmill Kettler juga dilengkapi dengan 7 buah LCD Display dan 40 training program yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Treadmill merk Jaco

Kalau anda ingin berolahraga sekaligus pijat maka anda mungkin berniat untuk membeli  treadmill dengan merk Jaco. Treadmill ini dilengkapi dengan benjolan yang dapat merefleksikan lebih dari 7.000 titik saraf pada tubuh. Selain itu, kecepatan dari alat ini juga dapat diatur hingga 6 Km/jam.

Treadmill Jaco ditenagai oleh motor bertenaga 1,75 Horse Power dengan daya 500 Watt. Mungkin anda yang membutuhkan berlari setiap hari dengan tingket intensitas yang rendah, anda akan membutuhkan treadmill keluaran Jaco. Untuk harga pun beraneka ragam dan masih bisa terbilang terjangkau mulai dari satu setengah juta hingga lima belas jutaan saja.

Treadmill merk Jaco

Treadmil Divo

Treadmill Divo memiliki berbgai maca fitur yang bisa memaksimalkan olah raga anda. Treadmill Divo tak hanya bisa digunakan untuk jogging dan berlari, namun juga bisa digunakan untuk massager dan juga sit up. 

Sehingga sangat cocok untuk melatih kemampuan kardiovaskuler serta membakar lemak. Selain itu, treadmill Divo juga dapat dilipat dan mempunyai roda sehingga mudah untuk disimpan dan dipindahkan. Ditinjau dari segi harga, merek Divo pun termasuk dalam treadmill dengan harga yang murah yaitu sekitar 1 jutaan hingga 8 jutaan saja.

Treadmil Divo

Treadmil Idachi

Satu lagi treadmil dengan merk terbaik dipegang oleh merk Idachi. Berolahraga tanpa ribet dengan menggunakan treadmill Idachi. Treadmill Idachi sudah dilengkapi dengan 12 mode latihan otomatis yang biasa disebut High Intensity Interval Training (HIIT) yang dapat membakar lemak hingga 10 kali lebih cepat dibanding dengan olahraga biasa, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda dalam berolahraga. Merk ini pun bisa anda dapatkan dengan kisaran harga 3 juta hingga 70 jutaan.

Treadmil Idachi

7 rekomendasi treadmil terbaik di Indonesia

1. Total Electric treadmil TL – 288

Bila Anda mencari treadmill yang nyaman di kaki saat digunakan, Anda bisa mempertimbangkan treadmil keluaran Total Fit satu ini. Dilengkapi dengan double deck silica gel, area larinya terasa empuk dan tidak membuat kaki Anda cepat lelah. Untuk deck area sendiri cukup luas yakni 135 x 45 cm sehingga Anda akan semakin nyaman berlari.

Treadmil Total Electric treadmil TL – 288

Dengan demikian and atidak perlul takut jatuh ataupun tidak bisa bergerak leluasa ya. Dengan kekuatan mesin 2 HP, anda bisa berlari hingga kecepatan 14 km/jam menggunakan produk ini. Anda juga bisa mengubah kemiringannya hingga 12% secara manual bila ingin mencoba tantangan baru.

Produk treadil Total Fit ini juga sudah dilengkapi dengan sistme hydraoulic sehingga anda bisa menyimpannya dengan mudah dan hemat tempat. Untuk mendapatkan treadmil yang memberikan kenyamanan dikaki ini anda cukup menyediakan bdget sebanyak Rp. 5.300.000

2. Total Electric treadmil TL – 8080

Total Fit memang produk treadmil yang memiliki berbagai varian dan harga terjangkau. Kali ini Total emengeluarkan varian TL – 8080. Dengan bobot bersih 80 kg dan deck berukuran 126 x 42 cm, produk ini terasa stabil dan nyaman saat Anda gunakan.

Treadmil Total Electric treadmil TL – 8080

Kemiringan yang digunakan untuk mode incline pun terdiri dari 15 level yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Jadi, bila Anda ingin agar latihan Anda terasa lebih menantang, treadmill dengan kapasitas bobot maksimal 130 kg ini adalah pilihan bijaksana. Tenaga mesin yang mencapai 3 HP ini juga dibuktikan dengan kecepatannya yang bisa mencapai 16 km/jam.

Adapun tambahan fitur lain adalah kemampuan treadmil ini untuk dihubungkan dengan smartphone atau MP3 player dengan menggunakan kabel jack ke produk ini dan nikmatilah suara mantap dari built-in speaker berkualitas tinggi pada treadmill ini.

Ingin mendapatkan tread mill yang memberikan tantangan berbeda, maka anda cukup membayar Rp. 10.200.000 dan bisa membawanya pulang

3. I reborn – Verona Motorized Treadmill

Treadmil terbaik berikutnya adalah keluaran Verona dengan seri I Reborn – Verona Motorized Untuk seri ini secara keseluruhan, treadmill berukuran hanya 133 x 61 cm. Hal ini membuat produk ini sangat compact sehingga mudah untuk Anda lipat dan simpan.

Treadmil I reborn - Verona Motorized

Meski begitu, luas deck-nya masih nyaman dan ideal karena memiliki ukuran 110 x 39 cm. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk bisa bergerak bebas. Kemudian, mesin treadmill ini bertenaga 1,5 HP sehingga masih bisa digunakan untuk berlari hingga kecepatan 10 km/jam.Produk ini juga terasa semakin fungsional karena sudah dilengkapi dengan massager untuk membakar lemak dan speaker sebagai sarana hiburan saat anda sedang berlari diatasnya.

Bila Anda menginginkan treadmill yang fungsional, berukuran compact, dan harganya ramah di kantong  maka anda bisa memasukkan produk ini dalam list anda.

Produk treadmill terbaik , murah meriah dan juga multifungsi ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp. 3.500.000

4. OB Fit OB – 1041

Produk treadmill berkualitas lainnya bisa anda dapatkan dengan merk Fit OB. Dengan ukuran hanya 133 x 61 cm, produk OB Fit OB – 1041 sangat compact sehingga mudah untuk Anda lipat dan simpan. Meski begitu, luas deck-nya masih nyaman dan ideal karena memiliki ukuran 110 x 39 cm. Dilengkapi dengan mesin treadmill bertenaga 1,5 HP membuat anda mampu untuk berlari hingga kecepatan 10 km/jam.

Treadmil OB Fit OB – 1041

Produk ini juga terasa semakin fungsional karena sudah dilengkapi dengan massager untuk membakar lemak dan speaker sebagai sarana hiburan. Bila Anda menginginkan treadmill yang fungsional, berukuran compact, dan harganya ramah di kantong, produk ini bisa anda pilih. Cukup dengan merogoh kocek sebanyak Rp 9.000.000

5. Treadmil Jaco JC2333

Anda mencari treadmil yang nyaman dan bisa memberi pijatan pada kaki, maka Treadmill Jaco JC2333 ini adalah jawabannya. Treadmil ini memiliki desain minimalis yang terkesan ramping namun kuat. Penyimpanan pun cukup mudah karena alat ini bisa disimpan. Saat dilipat, dua roda pada kaki-kakinya membantu Anda memindahkan alat ini ke mana saja.

Treadmil Treadmil Jaco JC2333

Dengan demikian anda bisa berolahraga diruangan manapun yang anda inginkan. Jaco JC2333 memiliki area lari dengan sabuk konveyor Wayflex Running Board. Dengan fitur ini, Anda dapat berjalan, jogging, dan berlari dengan aman dan nyaman. Fungsi dari fitur tersebut adalah untuk meminimalisir cedera saat berolahraga serta memberi efek pijatan pada telapak kaki Anda. Treadmill yang menyenangkan ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp. 8.480.000

6. Treadmill Divo QN B214

Varian Divo ini adalah varian treadmill dengan tenaga manual. Treadmill Divo QN B214 ini memiliki desain yang mungil dan harga yang terjangkau bagi Anda jika budget Anda terbatas. Karena tidak memiliki tenaga listrik dan digerakkan dengan dorongankaki, maka kecepatannya pn bisa anda kendalikan.

Treadmill Divo QN B214

Alat treadmill Dovo QN B214 mampu menahan bobot sekitar 70 – 100 kg, mesin ini sangat sesuai untuk digunakan sebagai terapi setelah kecelakaan. Pegangan tangan alat ini bisa diatur tingginya, sesuai dengan tinggi badan penggunanya. Hal ini memudahkan anak-anak atau orang tua yang ingin berolahraga dengan treadmill ini.

Alat ini pun sudah dilengkapi dengan layar LCD yang menampilkan waktu berolahraga, kecepatan langkah, jarak yang ditempuh, serta kalori yang dibakar dengan berolahraga.

Treadmill yang ringan ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp. 1.480.000

7. Treadmill Idachi ID 9938 DC

Dengan bentuk yang kokoh, treadmill Idachi ID 9938 DC juga dilengkapi dengan layar LCD yang besar. Layar ini menampilkan kecepatan lari, jarak dan waktu tempuh, kalori yang digunakan, dan juga denyut nadi. Dengan demikian fitur LCD ini mempermudah Anda memantau kondisi tubuh saat sedang berolahraga.

Treadmill Idachi ID 9938 DC

Alat ini jug asudah dilengkapi dengan fiture incline mode sehingga anda bisa mengatur ketinggian daya tanjak saat berlari. Untuk deck nya sendiri memiliki ukuran 150 cm x 52 cm yang ememberikan anda kenyamanan dan keleluasaan saat sedang berlari diatas treadmil. Mesin ini bisa menahan bobot penggunanya hingga 140 kg.

Kecepatannya mulai 1 hingga 20 km/jam. Selain itu alat ini juga dilengkapi dengan speaker  sehingga anda bisa mendengarkan musik memiliki slot USB dan MP3.

Alat treadmil dengan desain modern ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp. 10.500.000

Cara menggunakan treadmill terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Jika anda merasa sudah melakukan olahraga dengan treadmill dan anda belum mendapatkan hasil yang diinginkan, maka mungkin anda perlu menyimak tips menggunakan treadmill

Berlari dengan cara bertahap menanjak menggunakan fitur incline mode

Ketika anda berlari ditempat datr dan kemudian berlari dijalan menanjak maka anda akan mampu merasakan perbedaan pada tekanan yang anda rasakan dikaki. Pada treadmill terdapat fitur incline mode yang bisa membuat anda merasakan berjalan diatas medan yang menanjak. Saat ini, banyak mesin treadmill keluaran terbaru yang sudah memiliki fitur incline mode.

Incline mode memungkinkan Anda merubah lintasan treadmill menjadi menanjak. Anda bisa menggunakan fitur ini dan buat derajat kemiringan tanjakannya menjadi 1% sampai 2%. Anda juga bisa secara manual menyesuaikan tanjakan treadmill. Kemudian, cobalah untuk mempertahankan kecepatan berjalan atau berjalan normal selama latihan berlangsung. Teruskan selama 20 sampai 30 menit di atas treadmill.

Pembakaran kalori ketika belari menanjak tentu akan berbeda dibanding dengan berjalan atau berlari di lintasan datar. Untuk bisa melakukan inline mode ini anda bisa memulai secara bertahap dengan berjalan atau joging di atas treadmill selama 15-30 menit untuk dua sampai tiga hari dalam seminggu. Jika Anda sudah merasa nyaman dengan rutinitas ini, barulah selipkan lari di tanjakan.

Ubahlah kecepatan lari anda

Karena anda terbiasa melakukan disatu kecepatan lari dan malas untuk merubah kecepatan lari, maka anda tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Cobalah untuk mengkombinasikan sesi lari treadmill anda dengan jenis lari interval. Lari interval merupakan kombinasi dari lari pelan dan lari cepat, dengan menggabungkannya dengan lari pemulihan (lari jarak pendek dan kecepatan rendah). Lari interval bisa bersifat singkat atau lama, tergantung pada kebutuhan Anda. Lari jenis ini l baik untuk meningkatkan performa lari dan daya tahan Anda secara keseluruhan.

Kebanyakan treadmill memiliki pilihan terprogram yang mencakup latihan interval. Jika tidak ada program ini anda bisa menciptakannya sendiri. Setelah pemanasan lari selama sepuluh menit, lari secepat mungkin selama 30 sampai 60 detik. Setelah pemulihan 60 sampai 90 detik, ulangi interval lagi. Sisihkan satu sesi lari dalam seminggu untuk melatih lari interval ini. Seluruh latihan harus berlangsung antara 30 dan 45 menit, termasuk pemanasan dan pendinginan 10 menit

Lari jangka panjang

Jika pada latihan biasanya anda hanya menyempatkan waktu 20 menit berlari diatas treadmil maka anda bisa menambahkan lama waktu anda berlari. Mungkin awal awal kecepatan lari anda akan melambat tapi setidaknya anda harus menyelesaikan sesi latihan. Lari jangka panjang bermanfaat untuk membangun daya tahan tubuh.

Lepaslah tangan dari pegangan handrail

Pegangan tangan atau handrail hanya ada untuk membantu Anda masuk dan keluar dari treadmill dengan aman. Saat berlari di atas treadmill, latihlah bentuk tubuh bagian atas sesuai dengan pose berlari yang tepat dengan menahan lengan Anda pada sudut 90 derajat, sama seperti jika Anda berlari di jalanan.

Pastikan juga tubuh Anda tegak lurus. Tidak perlu bersandar ke depan karena treadmill akan menarik kaki Anda ke belakang. Anda perlu menarik kaki dari karpet sebelum digerakkan oleh sabuk. Jika Anda terlalu condong ke depan, tidak menutup kemungkinan anda akan sulit menahan keseimbangan dan menderita sakit pada bagian leher serta punggung

Gunakan Fitness Tracker

Dalam fitness tracker ini anda tidak hanya mampu melihat seberapa jauh anda sudah menempuh, tetapi juga anda bisa melihat detak jantung anda. Adalah fitur heart beat yang mampu anda gunakan untuk mengawasi perubahan detak jantung. Selalu perhatikan angka yang tertera dilayar monitor. Kalau detak jantung belum terpacu, Anda bisa menaikkan intensitas dengan menambah kecepatan dan membuat sudut lintasan semakin tinggi dengan incline mode (tapi kemiringannya jangan melebihi 7%) untuk mencegah kelelahan dan cedera.

Jika tidak terdapat indikatornya, Anda bisa menghitung detak jantung maksimal dengan rumus 220 dikurang umur Anda saat ini. Bagi Anda yang baru menggunakan treadmill, cobalah targetkan detak jantung antara rentang 50-65% dari detak jantung maksimal yang telah Anda hitung di atas. Bagi Anda yang sudah berpengalaman, 80% adalah angka yang bagus.

Lakukan pemanasan dan pendinginan

Pemanasan dan pendinginan merpakan hal yang wajb anda lakukan dalam berolah raga. Hal ini untuk menghindari terjadinya cidera pada tulang, otot dan persendian.

Sebelum menaiki treadmill, disarankan untuk Anda melakukan peregangan statis dan dinamis ringan agar otot siap untuk bekerja terus menerus selama Anda lari di treadmill. Kemudian ketika mulai naik di roda treadmill, pastikan Anda memulainya dengan berjalan selama beberapa menit sebelum mulai berlari dengan kecepatan tinggi.

Gunakan fitur menaikkan kecepatan dari berjalan, jogging, hingga berlari. Setelah selesai berlari jangan langsung berhenti. Gunakan fitur cooling down jika treadmill Anda memilikinya. Hanya dengan menekan satu tombol tersebut, kecepatan dari treadmill akan perlahan-lahan berkurang. Anda akan diminta untuk berjalan selama 2-3 menit sebelum treadmill benar-benar berhenti.

Kesimpulan

Memang olah raga berlari adalah olahraga yang mampu menggerakan tidak hanya otot kaki saja tetapi juga seluruh tubuh anda. Jika anda sedang merasa malas untuk berlari diluar maka treadmill merupakan salah satu alternatif yang bisa anda ambil.

Semoga dengan membaca artikel dari kami, anda bisa memilih treadmill terbaik dan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi anda.

Artikel terkait:

- Lem Besi Terbaik

- Baby Bouncer Terbaik

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *