8 Rekomendasi USB Hub Terbaik & Terbaru 2020

USB Hub Terbaik

Buat kamu yang hobi dan berhubungan erat dengan perangkat dalam PC, kamu pastinya akan membutuhkan USB Hub untuk menghubungkan perangkat luar dan dalam PC. Namun kadang terkendala dengan jumlah port USB yang terpasang di komputer ataupun laptop kita sangat terbatas. Kalau nggak ada USB hub, kamu gak akan bisa menghubungkan flashdick, mouse, keyboard, dan perangkat lainnya dalam waktu yang bersamaan. Lantas kita harus bagaimana?

Jaman ini, ada banyak sekali jenis dan merk USB hub yang diproduksi oleh perusahaan elektronik, seperti Aukey, Anker, dan beragam pilihan lainnya. Nah di artikel kali ini kita bakal membahas tentang jenis – jenis dari USB Hub, cara memilih Usb Hub, dan memberi kalian beberapa rekomendasi dari USB Hub. Sehingga kamu gak akan kebingungan untuk memilih USB hub Terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga artikel kali ini akan bermanfaat untuk kamu ya, selamat membaca!

Apa itu USB Hub?

USB hub adalah sebuah alat tambahan yang berfungsi untuk menghubungkan USB ke periferal komputer/laptop. Biasanya, USB hub sendiri digunakan sebagai port USB tambahan karena port USB yang ada pada laptop atau PC jumlahnya cenderung terbatas.

USB Hub Terbaik di Indonesia

USB hub sendiri biasanya memiliki beberapa port, ada yang 3, ada juga yang 4, namun ada juga USB hub yang sampai memiliki lebih dari 10 port, bahkan ada yang dilengkapi dengan card reader juga. Nah, kali ini, kami akan membagikan informasi mengenai 10 merk USB Hub yang bagus dan terbaik untuk Anda gunakan. Penasaran? Simak langsung pembahasannya di bawah ini.

Tips Membeli USB Hub

Pilih standar USB hub yang sesuai dan cocok dengan perangkatmu

Dalam penggunaan USB Hub, kamu perlu untuk memilih produk yang cocok dan sesuai dengan perangkat yang lagi kamu pakai nih. Disini kami akan mengenalkan ke kamu, gimana sih cara untuk memeriksa standar USB, dan jenis – jenis apa saja yana akan menjadi pertimbangan kamu.

Baca tabel spesifikasi yang berisi detail inforamsi umum dari USB hub

Pada umumnya kecepatan transfer yang dimiliki tiap USB hub itu berbeda – beda, bergantung pada jumlah ataupun standar yang sudah ditentukan oleh produsennya. Sehingga, ada baiknya untuk kamu menyesuaikan antara kelas standar USB Hub yang akan kamu beli dengan port USB yang sudah terpasang di PC kamu. Berikut adalah beberapa cara untuk mengidentifikasi, salah taunya adalah dengan melihat warna pada konektornya.

USB dengan bagian dalam port berwarna biru muda biasanya merupakan jenis USB 3.1 atau jenis terbaru. Jika dalam port-nya berwarna hitam atau putih, biasanya itu merupakan USB 2.0 atau model yang lebih lama. Namun, cara yang paling pasti untuk mengetahuinya adalah dengan melihat tabel spesifikasi dari PC yang terhubung. Untuk penjelasan yang lebih jelas, perhatikan poin selanjutnya sesudah ini.

Versi paling baru cenderung cocok dengan versi yang lama

Biasanya, versi tertinggi dari USB akan cocok dengan kelas USB di bawahnya. Meskipun demikian, ada beberapa pengecualian walaupun kasus seperti ini jarang terjadi. Pada dasarnya, USB 3.1 kompatibel dengan USB 2.0 dan USB 1.1. Kalau misalnya kamu gak tahu nih spesifikasi dari port USB pada PCmu, ada baiknya kalau kamu memilih USB hub yang punya standar kecepatan paling tinggi.

USB Hub Terbaik para compra

Tapi harus diingat yah kalau kompatibilitas USB hub tidak berfungsi untuk versi yang lebih tinggi, misalnya nih ya USB Hub 2.0 ke port usb 3.1, gak akan cocok guys, gak jodoh mereka.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti , standar USB Hub, kalau standarnya lebih tinggi, maka kecepatan transfer yang dimiliki USB akan cenderung lebih rendah, selain itu, USB hub yang lebih tinggi, biasanya nggak akan bisa memberi support yang cukup untuk USB 1.0. Tapi tenang saja, sekarang jenis yang satu ini sudah mulai menipis, jadi kamu udah gak perlu khawatir lagi. Tapi tetap ya, untuk berjaga – jaga jangan lupa untuk selalu diperiksa.

Pilih USB hub berdasarkan jenis metode power supply

Perlu diketahui ya guys, kalau sumber daya listrik pada USB Hub itu ada 2, mulai dari bus power sampai yang self power. Apa bedanya? Kalau buspower itu dayanya bersumber dari listrik yang ada dari port perangkat yang terhubung misalnya PC. Janie USB yang kayak gini akan cenderung lebih rapih guys, karena hanya terhubung dengan satu kabel., tapi kekurangannya adalah kalau USB hub ini terhubung ke perangkat yang lumayan besar, biasanya akan jadi nggak stabil.

Biasanya USB hub kayak gini akan direkomendasikan ke orang – orang yang mau menyambungkan perangkat, dengan konsumsi daya yang kecil, beberapa diantaranya seperti keryboard, mous, speaker kecil, dan sejenisnya.

Ada pula jenis yang kedua adalah USB hub Self power, istilah gaulnya ini dia mandiri guys, nah daya dia ini lebih terjaga karena menggunakan adaptor AC. Jenis USB yang seperti ini akan direkomendasikan ke orang – orang yang bakal menghubungkan peripheral yang lebih besar, misalnya printer. Tai produk seperti ini bias any akelihatan nggak rapih, karena ada kabel tambahan kan dari adaptor ACnya. Tapi kelebihannya, Usb Hub yang tipe ini akan lebih stabil.

Pilih konektor USB hub yang sesuai dengan perangkat anda

Pada umumnya, ada dua jenis konektor utama pada USB hub, yakni tipe-A dan tipe-C. Jenis konektor tipe-A biasa digunakan untuk perangkat komputer atau laptop, sedangkan tipe-C biasanya digunakan pada MacBook.

USB Hub Terbaik

Pilihlah konektor hulu (sisi PC) dan hilir (sisi USB) yang sesuai dengan PC dan USB yang digunakan. Selain itu, ada beberapa port hilir pada USB hub yang dapat dimasukkan kabel HDMI dan SD card. Jadi, jangan lupa untuk memeriksanya juga, ya.

Pilih produk yang memudahkan penggunaan anda

Kemudahan dan kegunaan USB hub akan berubah tergantung dengan desain dan tata letak port USB tersebut. Dengan demikian, periksa dahulu jumlah, lokasi port, hingga panjang kabel pada USB hub sesuai dengan

Tempat dan jarak port usb, vertical atau horizontal sesuai dengan kebutuhan

Jangan lupa untuk perhatikan tata letak dan jarak antara port dan yang ada di usb hub. Gimana tentang ruangnya, cukup atau nggak. Semakin dekat jarak antar port, biasanya Usb Hub harus makin compact, nah ini bakal ngerepotin kamu yang sering lepas pasang USB kayak hubungan ke mantan.

Tapi tenang, semua itu bergantung sama desain dan model dari produknya. Ada beberapa produk yang desain port USB nya itu berbaris secara vertical kok. Nah sementara itu, beberapa jenis lainnya akan meletakkan port USB nya di samping unit. Nah kamu peril hati hati dan jangan lupa untuk memilih port yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Menilai dari estetika boleh, tapi pertimbankan kenyamanan kamu dalam memakai ya..

Perangkat USB berkonektor besar bisa menutupi port USB hub yang terlalu dekat. Dalam kasus ini, pilihlah produk dengan port yang tersusun secara vertikal.

Panjang kabel, sesuaikan dengan lingkungan penggunaan anda

Panjang kabel USB hub, gak boleh terlupakan saat kamu lagi memilih produk ya, ini point yang penting banget. Kamu perlu untuk menyesuaikan  panjal kabel USB hub supaya sesuai dengan kebutuhan harianmu. Jenis USB Hub dengan kabel yang cukup pendek atau bahkan tanpa kabel biasanya nyaman digunakan, kenapa? Karena kabelnya gak akan melilit bagai ular kemanamana, alias gak akan ngerepotin kamu.

USB Hub Terbaik

Nah sisilain, USB Hub dengan kabel yang panjang, akan sangat dibutuhkan kalau area kerja kamu terbilang luas guys. Jangan lupa untuk merhatiin jenis USB hub tanpa kabel biasanya akan menghalangi antarmuka antara 1 perangkat dengan perangkat yang lain ya. Tapi ini sih akan bergantung banget sama desain dari komputer kamu atau mungkin model USB  hub kamu, sekali lagi diingetin untuk memilih dengan seksama dan hati hati ya guys.

Periksa fungsi tambahan yang terpasang pada USB hub

Beberapa produk USB Hub merupakan jenis yang stasioner sederhana. Kadang ada yang dilengkapi denagn fitur atau fungsi tambahan seperti magnet yang ada pada permukaannya, untuk menambah nilai estetikanya.

Ada juga yang mengunakan produk sakelar power, jadi kamu bisa matikan tuh kalau lagi nggak kamu gunakan. Gak Cuma sampai disitu, beberapa fungsi tambahan lainnya adalah hemat daya yang berujung hemat duit lagi kan. Fitur ini akan memungkinkan perangkat peripheral itu bisa dihidupkan dan dimatikan bersamaan, dengan power supply dari PC. Ada juga beberapa produk yang memiliki lampu LED indicator, yang akan menunjukkan keadaan dari produk.

Usb hub sebenarnya barang yang sederhana, tapi kadang dari pabrik atau produsennya ada yang melengkapi Usb Hub dngan detail kecil untuk menambah nilai jual atau sekedar estetika pada produknya, biar lebih menarik gitu guys. Jadi jangan lupa untuk diperiksa ya

Periksa juga kecocokan dan kesesuaian antara perangkat dengan perangkat peripheral

Beberapa masalah mungkin atau bahkan sering terjadi terhadap peripheral komputer, yak arena kompatibilitas atau cocok nggak coconya. Misalnya, perangkat Wifi yang gak memberi respon saat USB hub digunakan. Namun sayangnya, biasanya masalah ini akan muncul karena kamu salah dalam pemakaian perangkat, atau bahkan karena lingkungan dan konsisi tempat kerja kamu loh.

USB Hub Terbaik

Nah dengan hal hal yang sudah dijelaskan diatas, sebaiknya kamu membaca detail dari produk yang akan dicantumkan dibawah dengan sangat hati – hati, jangan lupa untuk memeriksa semua perangkat supaya kamu gak ada rasa penyesalah setelah membeli. Ada juga beberapa masalah yang kadang ga bisa diprediki sama pabrikan USB hub, nah hal ini biasanya adalah product error. Jadi sebaiknya baca review dari pengguna lain yang cara pengunaannya mirip dengan anda, dan simak penjabaran kami di bawah ini ya, selamat membaca.

Merk USB Hub Terbaik

1. USB Hub Anker

Anker merupakan merek elektronik China yang dimiliki oleh Anker Innovations yang berbasis di Shenzhen , Guangdong . Merek ini dikenal karena memproduksi periferal komputer dan seluler. Nama Anker berasal dari kata Jerman untuk jangkar. Steven Yang memulai Anker pada tahun 2011 setelah bekerja sebagai insinyur perangkat lunak untuk Google di California .

Dia pindah ke Shenzhen , Cina. Pada awal 2012, Anker mempekerjakan Dongping Zhao, kepala penjualan Google saat itu di Cina. Pada 2012, Anker mengalihkan fokusnya dari penggantian baterai laptop ke pengisi daya baterai ponsel cerdas dan pengisi daya dinding.

USB Hub Anker

Zhao menjadi presiden Anker Innovations pada tahun 2018.  Anker memiliki anak perusahaan di Amerika Serikat , Jerman , Inggris Raya , Jepang , dan Cina . Sebelum 2017, perangkat Anker hampir secara eksklusif dijual di Amazon Marketplace . Anker sekarang menjual produk mereka di situs web mereka dan di pengecer besar, termasuk Best Buy , Target dan Walmart , selain Amazon.

Pasar utama Anker adalah aksesori pengisian daya ponsel, termasuk bank daya, kabel pengisi daya, dan hub pengisian USB. Anker juga memproduksi peralatan rumah pintar dan gadget keamanan dengan nama Eufy , proyektor video portabel dengan nama Nebula , earphone dan speaker Bluetooth dengan nama Soundcore , dan aksesori mobil dengan nama ROAV .

2. USB Hub Baseus

Berdiri pada Tahun 2011, Baseus merupakan perusahaan brand elektronik yang bergerak dibawah Shenzhen Besing Technologi. Didirikan dengan penelitian yang terintegrasi juga sesuai dengan perkembangan jaman, desain, produksi dan perjualan.

USB Hub Baseus

Basesus merangkumnya ke dalam slogan brand yaitu “Base on User”, yang merepresentaikan bahwa produk yang mereka produksi semua  berlandaskan kebutuhan pengguna, dan produk didesain dengan desain yang ramah namun tidak meninggalkan fungsi dari produk tersebut.

3. USB Hub Aukey

Aukey merupakan brand elektronik yang berdiri pada tahun 2013 berbasis di Shenzhen, Cina. Perusahaan ini bergerak di mode pengisian darya dan produk wireless audio, begitu juga dengan aksesoris perangkat pintar lainnya. Produk Aukey banyak terjual di Amazon dan sudah memiliki koneksi distribusi ke lebih dari 20 negara di Asia hingga Amerika Latin.

USB Hub Aukey

Berikut akan dibahas beberapa produk USB Hub produksi Aukey, dengan harga yang bersaing, aukey mampu menghadirkan produk yang bisa dikatakan kompatibel untuk kebutuhan pada umumnya

8 Rekomendasi USB Hub Terbaik 2020

1. Anker Premium USB-C Hub with Ethernet and Power Delivery

Apakah kamu merupakan pengguna setia dari MacBook dan menginginkan produk kualitas premium? Salah satu USB hub Anker ini sepertinya akan cocok dengan Anda. Sesuai dengan namanya, produk ini berbentuk minimalis, simpel, tetapi tetap dengan kesan premium. Permukaannya pun terbuat dari material aluminium yang sama dengan MacBook.

Anker Premium USB-C Hub with Ethernet and Power Delivery

Gak Cuma desain dan bentuknya, performa USB hub juga tak kalah premium. USB hub ini mempunyai dua port SuperSpeed USB 3.0 dengan kecepatan transfer data hingga 5 Gb/s. Jadi, tidak hanya menawarkan kinerja yang luar biasa, USB hub ini juga menawarkan sisi kemewahan tersendiri.

2. Baseus 16 in 1 Docking Station Hub USB – C

USB hub dari Baseus diklaim menjadi produk dengan port paling banyak dibandingkan dengan lainnya. Setidaknya ada enam belas port dengan kegunaan yang berbeda-beda dalam satu produk. Mulai dari USB Tipe-A, USB Tipe-C, slot microSD, sampai port HDMI tersedia dalam USB hub ini.

Baseus 16 in 1 Docking Station Hub USB – C

Dengan menggunakan USB hub ini, Anda tidak perlu membeli hub lainnya lagi. Produk ini direkomendasikan jika Anda memiliki produktivitas tinggi sehingga membutuhkan satu USB hub dengan banyak kegunaan. Dilengkapi dengan power supply jenis self power, Anda tidak perlu khawatir daya pada USB hub tidak tercukupi.

3. Aukey CB-C71 Link Power Delivery USB-C Hub

Salah satu keunggulan dari Aukey CB-C71 adalah memiliki port HDMI yang sudah support resolusi video hingga 4K. Produk ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang senang menonton film seperti serial Netflix. Dengan layar yang lebih besar, sensasi menonton pun jadi lebih menyenangkan.

Aukey CB-C71 Link Power Delivery USB-C Hub

Kemudian, tingkat kecepatan dari USB hub ini juga cukup tinggi. Ada port USB 3.1 Gen 1 dan slot microSD dengan kecepatan transfer data hingga 5Gb/s. Kemudian, ethernet port-nya juga support kecepatan hingga 1000 Mbps.

4. Baseus USB Type C Hub To USB 3.0 HDMI DEX/Docking Station

Berbeda dari jenis USB hub lainnya, produk dari Baseus ini didesain dengan charging dock di atasnya. Dengan begitu, Anda dapat melakukan charging tanpa kabel dengan langsung menancapkan di konektor yang tersedia. Tidak hanya berfungsi sebagai USB hub, produk ini juga kompatibel dengan perangkat gamepad. Anda dapat bermain game lebih menyenangkan menggunakan stick game.

Baseus USB Type C Hub To USB 3.0 HDMI DEX/Docking Station

5. Aukey CB-H5 HUB ALuminium 4Port-USB 3.0

Aukey CB-H5 merupakan USB hub dengan kabel konektor portabel yang dapat dilepas pasang dan diganti. Produk ini bisa jadi pertimbangan pilihan untuk Anda yang sering bermasalah dengan kabel USB hub.

Aukey CB-H5 HUB ALuminium 4Port-USB 3.0

Saat kabel konektornya tidak berfungsi atau rusak, Anda dapat menggantinya dengan kabel baru. Biaya tambahan untuk membeli USB hub baru pun bisa dihindari sehingga pengeluaran Anda dapat dikurangi.

6. Sabrent 4 Port USB 3.0 Hub With Power Switches

Desain modern dengan sakelar pengatur daya. Jika Anda mencari produk dengan tampilan yang berbeda dari USB hub lainnya, produk ini bisa jadi pertimbangan. USB hub merek Sabrent ini memiliki port di samping. Sementara itu, di bagian atasnya terdapat lampu indikator dan sakelar. Dengan begitu, Anda dapat mengatur alokasi daya pada port yang akan digunakan. Tampilannya yang hitam dipadukan LED berwarna biru membuatnya terlihat modern.

Sabrent 4 Port USB 3.0 Hub With Power Switches

7. Anker 4 Port USB 3.0 Ultra Slim Data Hub

Kabelnya dirancang supaya lebih kokoh dan tak mudah rusak. Apakah Anda takut kabel USB hub rusak karena sering tertekuk dan terputar secara tidak sengaja? Kami merekomendasikan memilih produk ini. Salah satu USB hub dari Anker ini memiliki desain damage-resistant cable. Maka dari itu, kabel USB hub tetap kokoh dan dapat berfungsi meskipun sering terputar dan tertekuk.

Anker 4 Port USB 3.0 Ultra Slim Data Hub

Keunggulan lainnya, bentuk USB hub ini sangat tipis, sangat pas jika Anda mempunyai mobilitas yang tinggi. Dengan bentuknya yang kecil dan compact tersebut, Anda tidak perlu menyiapkan ruang yang luas di dalam tas untuk membawa USB hub ini.

8. Robot 4-in-1 USB 3.0 Data Hub

USB hub UGreen ini didesain untuk kamu semua yang sering lepas pasang perangkat. Ada empat port dengan tiga di samping dan satu di atas sehingga jarak antar port lebih luas. Kamu juga  bisa menancapkan dan melepas perangkat USB dengan lebih mudah tanpa mengganggu perangkat lain.

Robot 4-in-1 USB 3.0 Data Hub

Produk ini juga didukung dengan USB 3.0 sehingga kecepatan transfer datanya pun tinggi, mencapai 5 Gb/s. Kecepatan transfer data tersebut sepuluh kali lebih cepat daripada USB 2.0. Selain itu, USB hub ini memiliki lampu indikator yang memudahkan Anda untuk memeriksa status koneksi yang digunakan

Kesimpulan

Nggak bisa dipungkiri kalau sekarang USB Hub juga sudah menjadi salah satu kebutuhan yagn bisa menunjang aktivitas saat kita lagi memakai PC, ada beragam jenis USB yang tersedia di pasaran, begitupa dengan harganya yang tentu saja akan sangat beragam. Masing masing akan memberikan keungulan produk, mulai dari bentuk , dan fasilitsa yang ditawarkan.

Tapi jangan lupa untuk memilih sesuai dengan kenyamanan dan kegunaan dari produk yang akan kamu beli. Sesuaikan tipe port dari pc kmu dengan tipe USB Hub yang akan kamu beli. Jangan lupa juga untuk mencocokkan dana yang udah kamu sediain ya, semoga review dan penjabaran diatas akan membantu kamu dalam memilih USB hub terbaik yang akan kamu beli ya!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *