7 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik 2020

Wallpaper Dinding Terbaik

Malas mengecat dinding tapi ingin dinding terlihat cantik? Jika iya, maka ada baiknya anda menyimak artikel mengenai wallpaper dinding terbaik berikut ini.

Wallpaper dinding merupakan salah satu alternatif bagi anda yang ingin mendapatkan dinding cantik tanpa repot. Setiap orang mendambakan tempat tinggal yang nyaman dan layak disebut “home sweet home”.

Masih berpikir bahwa mengecat ulang dinding rumah cukup merepotkan? Memasang wallpaper dinding pada rumah Anda mungkin bisa jadi alternatif, selain Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk memasangnya, wallpaper dinding juga menawarkan beragam warna dan motif yang lebih bervariasi.

Tips memilih wallpaper dinding terbaik

Warna dan motif yang beragam menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih menggunakan wallpaper dinding untuk mempercantik ruangan di tempat tinggal mereka.

Namun, memilih warna dan motif wallpaper dinding yang terbaik bisa dibilang susah-susah-gampang. Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan. Pemilihan warna dan motif harus disesuaikan dengan fungsi dan luasan ruang serta karakter si penghuni.

Sesuaikan dengan karakter penghuni rumah

Pemilihan warna dan motif wallpaper dinding di rumah Anda bisa menjadi cerminan atau kesukaan Anda sekeluarga. Misalnya, ruang tamu atau ruang keluarga biasanya adalah tempat berkumpul seluruh anggota keluarga.

Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan warna dan motif yang dapat dinikmati semuanya. Memilih wallpaper atau cat dinding bersama-sama bisa menjadi aktivitas yang seru bersama keluarga. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan warna pada ruangan bukan sekadar elemen dasar desain interior belaka, karena warna pun memiliki fungsi dan maknanya tersendiri.

Tidak hanya sekadar faktor estetika, warna juga mampu memengaruhi suasana hati sang penghuni. Psikologi terkait pemilihan warna banyak diterapkan dalam desain interior. Pemilihan warna yang salah pada ruangan dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman, atau bahkan membawa dampak buruk bagi kondisi psikologis para penghuni.

Oleh karena itu, pemilihan warna dan motif harus tepat dan dipertimbangkan dengan baik.

Pertimbangkan jenis ruangan yang akan dipasang wallpaper dinding

Selain memilih berdasarkan warna kesukaan. Jika Anda ingin menampilkan kesan formal, serius, namun elegan pada ruang tamu Anda, warna-warna akromatik yang cenderung menjadi pilihan utama.

Warna akromatik adalah kombinasi antara warna yang gelap dan terang, seperti hitam, putih, atau abu-abu. Namun Anda juga harus waspada. Penggunaan warna hitam yang berlebihan dapat menimbulkan perasaan takut dan cemas bagi para penghuninya.

Jika Anda memiliki anak kecil, Anda bisa menerapkan penggunaan warna-warna cerah dan motif yang lucu untuk ruang bermain anak atau kamar tidur anak Anda. Secara psikologis, hal ini mampu menambah keceriaan si buah hati. Motif-motif lucu juga bisa jadi ajang mengedukasi anak tentang bentuk.

Untuk kamar peristirahatan Anda, pilih nuansa biru atau hijau. Warna biru sering diasosiasikan dengan warna langit atau lautan yang bisa menimbulkan efek menenangkan serta membawa perasaan damai.

Namun, penggunaan warna biru yang berlebihan bisa menimbulkan kesan dingin dan tidak bersahabat, malah juga dapat membawa perasaan sedih dan depresi. Warna hijau sendiri identik dengan alam dan tumbuhan yang membawa suasana menyegarkan, serta memberi rasa aman, tenang, dan damai.

Namun hati-hati, warna hijau yang diaplikasikan secara berlebihan dapat menimbulkan rasa bosan.

Wallpaper dinding sebagai aksen ruangan

Untuk ruangan yang berukuran mini atau kecil, Anda cukup mengaplikasikan wallpaper di satu sisi saja sebagai aksen untuk mempercantik ruangan tersebut. Lalu Anda bisa mengecat dinding lainnya dengan warna yang senada atau netral.

Fungsi adanya perbedaan karakter ini adalah untuk memberikan dimensi ruang. Warna putih sangat tepat digunakan untuk ruangan yang sempit dan mungil untuk mendapatkan kesan luas dan nyaman.

Sedangkan untuk ruangan yang berukuran besar, Anda cenderung memiliki kebebasan untuk bermain-main dan berkreasi dengan pemilihan warna dan motif wallpaper yang bisa Anda gunakan.

Pertimbangkan harmonisasi antara dinding dan furnitur

Dalam memilih wallpaper dinding yang baik, Anda harus memastikan bahwa warna dan motif wallpaper tidak bertabrakan dengan furnitur dan aksesori interior ruangan Anda. JIka furnitur Anda memiliki motif yang ramai, sebaiknya hindari wallpaper dengan motif yang ramai juga. Pilih motif serta warna wallpaper yang lebih lembut atau netral.

Begitu pula sebaliknya. Terutama untuk ruangan kecil, jangan sampai memilih motif yang terlalu ramai yang dapat membuat ruangan semakin terkesan sempit.

Manfaatkan efek pencahayaan di ruangan tersebut

Hal lain yang harus menjadi perhatian adalah posisi rumah berkaitan dengan arah mata angin. Kadang-kadang ada area yang sama sekali tidak mendapatkan cahaya matahari langsung. Jika seperti kondisi tersebut, pilih wallpaper dan cat dinding yang berwarna cerah agar ruangan terasa terang dan luas.

Ruangan dengan lampu berwarna warm light sering kali memberikan efek warna yang berbeda pada dinding, jadi terkadang warna dinding sering kali tampak berubah. Jika Anda memilih wallpaper atau cat dinding bernuansa warna kuning, jingga, atau emas, warna lampu warm light akan sangat membantu membuat warna dinding semakin menonjol.

Merek Wallpaper Dinding Terbaik

Wallpaper Dinding Lacarla

Bagi penggemar wallpaper dinding 3D, merek Lacarla ini menyediakan banyak desain yang bisa dipilih. Lacarla dibuat dari material PVC berkualitas tinggi sehingga dijamin tidak mudah rusak dan dapat digunakan di dalam ruangan untuk jangka waktu cukup lama.

Produk-produknya merupakan produk stiker wallpaper yang dengan perekat yang kuat sehingga dapat bertahan lama, namun mudah dibersihkan dari tembok setelah dilepas tanpa merusak lapisan cat tembok.

Wallpaper Dinding Lux

Merupakan wallpaper dengan kualitas premium, wallpaper ini dibuat dari material PVC kualitas tinggi yang membuatnya tahan lama. Merek ini menyediakan berbagai jenis wallpaper stiker dengan desain-desain yang elegan.

Wallpaper Dinding Silk House

Wallpaper merek ini berasal dari Korea. Keunggulannya adalah di permainan teksturnya. Merek ini juga menyediakan bermacam-macam motif yang menggambarkan berbagai tema.

Wallpaper Dinding Kahn Design

Merek yang satu ini juga berasal dari Korea. Warna-warna yang ditawarkan menarik dan cerah. Motif-motif yang dimiliki juga unik dan enak dipandang. Meskipun banyak keunggulannya, wallpaper dengan merek Kahn Design ini dibandrol dengan harga yang masuk akal.

7 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik

Berbekal tips yang telah kami paparkan di atas, kini Anda bisa memilih wallpaper dinding yang terbaik dan tepat untuk ruangan Anda berdasarkan ulasan dari wallpaper dinding pilihan kami di bawah ini.

1. Luxurious LUX 5-34 PRB Premium Quality

Produk wallpaper dinding bermerek Lux ini bisa dijadikan pertimbangan bagi Anda yang berniat mengganti wallpaper lama di rumah Anda dengan yang baru. Wallpaper ini berbahan dasar PVC nontransparan.

Kelebihan dari produk ini adalah dari cara pemasangannya yang tinggal tempel saja. Anda tidak perlu lagi repot-repot dan menghabiskan waktu lebih lama sampai Anda bisa menikmati suasana ruangan yang baru.

Ada beberapa pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan berbagai pertimbangan lainnya. Jika Anda ingin menampilkan ruangan dengan suasana yang menenangkan, menyejukkan serta membawa rasa damai, warna biru dengan pola novelty dari produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan warna biru yang lembut, ruang di rumah Anda akan terasa lebih segar dan nyaman.

2. Luxurious LUX 5-75 PRB Premium Quality

Rustic dalam bahasa Indonesia berarti berkarat dan tua, sedangakan shabby artinya lusuh dan usang. Jika dibayangkan, gaya rustic dan shabby memberikan kesan lusuh, jelek, dan tidak enak dipandang.

Tapi jangan salah, kini gaya rustic dan shabby justru jadi tren desain interior. Jika Anda lebih memilih sentuhan alami bergaya unik, tidak sekadar minimalis yang cenderung kosong, Anda harus mencoba wallpaper dengan motif kayu rustic berwarna pastel ini.

Meskipun menampilkan kesan ‘tua’ dengan menitikberatkan kealamian material seperti kayu, batu, dan logam yang tidak dihaluskan, tetapi gaya rustic dan shabby ini cocok dipadupadankan dengan rumah modern bergaya minimalis.

Selain itu, warnanya yang kalem mampu menghadirkan suasana ruangan yang tidak akan terkesan kotor dan suram. Terbuat dari bahan PVC nontransparan yang tebal dan berkualitas premium, produk ini akan tahan lama menghiasi dinding rumah Anda.

Ciptakan suasana ruangan yang lebih nyaman dengan gaya unik motif kayu rustic ini.

3. DECO-003 Wallpaper Sticker

Jika Anda ingin membuat ruangan dengan kesan bersih dan menenangkan, kami sarankan Anda untuk memilih desain sederhana dengan motif bunga mawar yang memberi kesan lembut dan feminin ini.

Anda bisa mengaplikasikan wallpaper ini di ruang tamu Anda, sehingga ruang tamu Anda juga akan terasa lebih ceria dengan keramaian motif mawar merah muda berlatar putih. Wallpaper ini terbuat dari bahan yang tahan air atau waterproof, antinoda, serta mudah dibersihkan.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir bila dasarnya yang berwarna putih terkena noda. Jika kotor, Anda hanya perlu membasuhnya dengan air hangat, dan voila! Wallpaper Anda akan kembali bersih seperti semula.

4. Xoxo Corner Sticker Wallpaper 3D

Dibuat dari bahan foam yang cukup lembut dengan tekstur timbul, wallpaper bermotif bata putih ini bisa menjadi alternatif jika Anda menginginkan dekorasi ruangan yang memperlihatkan kealamaian batu bata, tetapi tidak permanen.

Bata putih akan memberikan kesan klasik, dan warna putih akan membuat ruangan terlihat lebih lapang. Apabila Anda menyukai desain ruangan minimalis yang terkesan manis, aplikasikan wallpaper bermotif bata putih ini pada satu sisi dinding ruangan Anda.

Padukan dengan furnitur berwarna alami seperti cokelat atau hitam untuk menonjolkan suasana ruangan yang antik.

5. Lacarla Wallpaper 3D Non Woven Relief Warm Romantic Pink

Jika Anda mau mencoba wallpaper 3D, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Wallpaper 3D ini diklaim tahan terhadap api, terbuat dari bahan berserat yang kedap suara, antingengat, antibakteri, dan mudah dibersihkan.

Dengan warna merah muda yang lembut serta motif yang sederhana tetapi cantik dan elegan, wallpaper ini bisa digunakan untuk mempercantik dinding kamar tidur Anda.

Dengan warna dan coraknya, wallpaper ini cocok untuk Anda, pasangan pengantin baru maupun pasangan yang ingin merasakan kembali sensasi sebagai pengantin baru.

6. Luxurious LUX 5-27 PRB

Penggunaan batu bata merah pada desain rumah sering dipilih sebagai cara untuk menampilkan kesan alami. Tentu tidak mudah untuk mendekorasi rumah dengan memakai batu bata merah sungguhan.

Tidak hanya membutuhkan perawatan khusus, namun pemakaian batu bata merah ini akan merogoh kocek Anda cukup dalam karena biayanya yang relatif mahal. Tidak hanya itu. Anda juga harus mempertimbangkan tingkat keamanan jika ada anak-anak di rumah. Ceroboh sedikit saja bisa menimbulkan masala.

Mereka bisa terluka jika terbentur bata sungguhan. Kalau Anda masih berkeinginan memasukkan unsur batu bata merah tapi enggan dengan hal-hal tersebut, wallpaper motif bata merah ini bisa jadi solusinya. Anda bisa dengan mudah mendapatkan gaya ala kafe-kafe Brooklyn di dapur maupun ruang makan.

Anda bisa menampilkan tema vintage yang tidak akan pernah mati dengan biaya yang relatif murah, dan yang paling penting, Anda tidak perlu khawatir anak-anak akan terluka meskipun terbentur.

7. Lacarla Wallpaper 3D Self Adhesive Fashion Modern Stripe 7065 – Sky Blue

Warna biru memang selalu berhasil menciptakan suasana cerah, segar, dan tenang, layaknya langit di pagi hari. Berdiam lama-lama di ruangan dengan dinding bernuansa biru tidak pernah terasa membosankan. Jika suasana ini yang begitu Anda inginkan untuk mendekorasi ruangan Anda, wallpaper sky blue 7065 dari Lacarla ini akan menghadirkannya sekejap ke rumah Anda.

1 Rol wallpaper ini memiliki ukuran 53 cm x 10 m, dapat digunakan untuk area seluas 5,3 meter persegi. Cocok digunakan sebagai pelapis dinding di ruang tamu, kamar tidur, maupun ruang belajar yang membutuhkan suasana yang menenangkan dan menyejukkan.

Desain yang ditawarkan seri sky blue dari Lacarla ini memberikan kesan kekinian dan elegan dengan motifnya yang sederhana.

Trik Agar Wallpaper Dinding di Rumah Tahan Lama

Banyak orang menjatuhkan pilihan pada wallpaper untuk mendekorasi dinding mereka karena motif dan warnanya yang beragam. Selain juga karena pemasangannya yang lebih mudah dan tidak makan banyak waktu, wallpaper dinding biasanya sanggup bertahan lama, bahkan hingga 10 tahun.

Namun begitu, meski baru beberapa tahun pemakaian, tidak jarang banyak wallpaper dinding yang sudah terlihat kusam dan usang. Untuk mencegah hal itu terjadi, wallpaper dinding harus rutin dibersihkan terutama dari debu bandel yang menempel di permukaan wallpaper. Kalau dibiarkan lebih lama, ruangan bisa terlihat kusam dan kotor.

Alih-alih memiliki dinding cantik berlapiskan wallpaper, dinding ruangan justru bisa berubah menjadi usang dan jelek jika tidak dirawat dengan baik. Perawatan wallpaper dinding pun harus memperhatikan jenis material dan noda yang menempel di permukaannya.

Berikut ini kami bagikan beberapa trik yang bisa Anda ikuti supaya wallpaper dinding di rumah Anda lebih awet dan tahan lama.

Perhatikan proses pemasangan wallpaper dinding

Merawat wallpaper dinding harus sudah mulai dilakukan dari awal, yaitu pada saat proses pemasangannya. Meskipun terkesan gampang dan sederhana, ada baiknya Anda menyerahkan proses pemasangan wallpaper pada ahlinya yang sudah biasa dan lebih berpengalaman.

Anda bisa langsung meminta bantuan kepada penjual wallpaper dinding karena biasanya mereka juga sekaligus menyediakan jasa pemasangannya. Pasti Anda tidak mau, kan, merugi karena gagal memasang wallpaper dengan baik.

Setelah Anda yakin bahwa kondisi dinding ruangan sudah siap untuk dipasang wallpaper, pemasangan wallpaper harus dipastikan menempel rata pada permukaan dinding.  Jika tidak, wallpaper akan terlihat tidak rapi dan ada titik-titik yang menggelembung. Kondisi ini tidak hanya akan merusak keindahan, tapi juga mengakibatkan wallpaper dinding tidak awet.

Jika ingin mengganti wallpaper dinding lama dengan yang baru, jangan menumpuknya. Anda harus melepaskan wallpaper dinding yang lama terlebih dahulu, lalu menggantinya dengan yang baru.

Periksa kondisi kelembaban dinding

Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan agar wallpaper dinding bisa bertahan lama adalah dengan memperhatikan kondisi dinding sebelum memasangnya. Hindari menempel wallpaper pada dinding yang lembab. Kandungan air dari dinding yang lembab akan membuat wallpaper cepat rusak.

Salah satu cara membuat wallpaper dinding tetap awet adalah dengan memperbaiki kelembaban dinding. Anda bisa mengakalinya dengan melapisi dinding menggunakan cat anti-lembab.

Sebelum memasang wallpaper dinding, pastikan untuk membersihkan permukaan dinding dari debu, kotoran, dan lapisan cat lama. Sedangkan ntuk dinding baru, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah dinding dalam keadaan yang benar-benar kering.

Cek permukaan dinding sebelum memasang wallpaper

Selain memperhatikan kondisi kelembaban dinding yang akan dipasangi wallpaper, ada baiknya Anda juga mengecek permukaan dinding. Pastikan permukaan dinding yang akan dipasangi wallpaper halus dan rata, karena semakin halus permukaan dinding, maka semakin rekat wallpaper dinding kamar menempel.

Jika proses ini luput dari perhatian Anda, bukan tidak mungkin wallpaper dinding yang sudah terlanjur terpasang akan rusak hanya dalam waktu singkat. Jangan sampai hal ini terjadi, ya.

Rutin bersihkan debu pada permukaan wallpaper dengan kemoceng

Debu akan selalu datang dan akan sangat mengganggu bila tidak segera dibersihkan. Sama halnya dengan debu yang menempel pada permukaan wallpaper dinding. Untuk mengusir debu yang membandel itu, Anda bisa menggunakan kemoceng swiffer atau kain elektrostatik kering agar debu yang menempel mudah terangkat sehingga wallpaper bersih seperti semula.

Saat membersihkan debu pada permukaan wallpaper dinding, lakukan dengan gerakan memutar searah jarum jam., supaya debu yang menempel pada wallpaper dinding benar-benar hilang dan bersih dengan sempurna.

Basmi noda membandel pada wallpaper dinding dengan jeruk nipis

Jeruk nipis memang dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang punya banyak manfaat. Tidak hanya untuk dikonsumsi tapi juga untuk urusan rumah. Salah satunya adalah bisa digunakan untuk merawat wallpaper dinding. Ketika wallpaper dinding terkena bercak noda, Anda bisa menggunakan sedikit perasan jeruk nipis untuk mengangkat noda tersebut.

Caranya yaitu dengan memeras jeruk nipis, kemudian air perasan tersebut dimasukkan ke dalam air hangat. Air campuran ini bisa langsung digunakan dengan cara menggosokkannya pada bercak noda yang menempel pada wallpaper dengan menggunakan spons lembut. Setelah itu, cukup didiamkan beberapa saat, kemudian bekas gosokan spons itu boleh dilap memakai kain halus yang kering.

Khusus wallpaper dinding yang terbuat dari bahan kain, Anda dapat menggunakan sikat yang sudah dicelup-celupkan ke perasan air hangat dan jeruk nipis tersebut, lalu gosok sampai bersih. Ingat, begitu Anda sadar ada bercak noda membandel menempel pada wallpaper dinding kesayangan Anda, segera bersihkan sebelum noda tersebut makin mengerak.

Perlakuan khusus untuk merawat wallpaper dinding berbahan kertas

Wallpaper dinding berbahan kertas memang merupakan salah satu yang paling populer dipilih banyak orang. Untuk wallpaper dinding berbahan kertas, Anda harus melakukan perawatannya dengan cukup hati-hati karena bahan kertas mudah rusak.

Anda bisa membersihkan permukaan wallpaper dinding ini menggunakan lap kering. Untuk menjangkau tempat-tempat tinggi, Anda bisa menggunakan sapu yang dibalut dengan kain atau kaos bekas pakai sebagai alternatif. Jangan sampai ada spot satu pun yang luput untuk dibersihkan agar wallpaper dinding Anda awet.

Wallpaper kinclong dengan sabun khusus dan air hangat

Campuran sabun khusus dan air hangat bisa jadi alternative lain untuk membersihkan wallpaper dinding tahan air yang terbuat dari bahan vinyl atau akrilik. Anda tinggal menggosok wallpaper dinding jenis ini dengan air hangat, sabun ringan, dan kemudian menyekanya dengan kain kapas atau spons lembut.

Perlu Anda ketahui bahwa wallpaper yang dilapisi vinyl memiliki lapisan akrilik di atas permukaannya sehingga cukup tahan terhadap noda minyak, suhu lembab, dan lebih toleran dalam proses pembersihan. Namun Anda harus menghindari penggunaan alat pembersih abrasif, spons kasar, atau batu apung karena bisa menyobek lapisan vinyl tersebut.

Pada beberapa jenis wallpaper dinding, ada yang diberi bahan pengisi untuk memberikan efek tebal dan empuk. Khusus wallpaper dinding jenis ini, proses membersihkannya harus dilakukan secara perlahan dan hati-hati, alat yang digunakan juga tidak boleh kasar dan tajam agar tidak merusak permukaan wallpaper. Sebagai sentuhan akhir saat membersihkan wallpaper dinding, Anda boleh menggunakan dry cleaning untuk mengeringkan wallpaper dinding ini dengan cepat.

Rajin bersihkan wallpaper dinding berbahan anyaman serat

Menggunakan wallpaper dinding yang terbuat dari anyaman serat memang unik. Namun, dibanding wallpaper dinding berbahan kertas, wallpaper dari anyam-anyaman terbilang cukup sulit dalam perawatannya.

Kenapa begitu? Wallpaper dinding jenis ini memiliki celah-celah kecil sehingga mudah menyimpan debu. Oleh sebab itu, wallpaper dinding jenis ini harus rajin-rajin dibersihkan. Beberapa jenis serat bisa dibersihkan dengan menggunakan lap yang lembab setelah dibasahi sedikit air.

Jangan tunggu debunya menumpuk karena akan semakin sulit dan lama untuk dibersihkan.

Vacuum cleaner untuk merawat wallpaper dinding berbahan kain

Cara membersihkan wallpaper dinding berbahan kain sebenarnya sama seperti cara membersihkan sofa atau karpet, yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner. Anda juga bisa mengatasi noda yang sulit dibersihkan dengan menyikatnya.

Anda bisa menambahkan sedikit air hangat agar kotoran mudah terangkat. Bila noda masih menempel, bisa jadi noda tersebut mengandung minyak. Anda bisa mencampur air hangat dengan sedikit sabun, lalu gunakan untuk menyikat noda dengan lembut agar tidak merusak permukaan wallpaper atau membuat serat-seratnya tercabut. Pilih sikat yang berbulus halus.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit, kan merawat wallpaper dinding di rumah? Usaha yang dilakukan akan sebanding, kok, dengan hasil yang Anda dapatkan, yaitu membuat wallpaper awet untuk jangka waktu yang lama.

Kesimpulan

Mendekorasi ulang dinding ruangan di rumah Anda kini tidak sulit dengan adanya beragam wallpaper dinding terbaik yang bisa Anda pilih.

Anda bisa bereksperimen dan berkreasi sesuai dengan yang Anda mau untuk mewujudkan rumah idaman yang pantas disebut “home sweet home”. Semoga tips dan rekomendasi yang kami paparkan di artikel ini bisa bermanfaat. Selamat berkreasi!

Artikel terkait:

- Eyeliner Wardah Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *